TOKO ONLINE PERTANIAN LMGA AGRO, TEMPAT BELANJA ONLINE PETANI MURAH, AMAN DAN PROMO. BELANJA SILAKAN HUBUNGI KAMI DI : SMS / WA : 081 252 22 117, LAYANAN KONSULTASI PERTANIAN GRATIS HP. 082 141 747 141.

KETIK JUDUL/LABEL ARTIKEL YANG DICARI PADA KOLOM DI BAWAH INI

08/09/20

Cabe Merah Keriting Tumbuh Lebat Karena Cara Menanam yang Tepat

cabe merah keriting, cabai, cabai merah, jual benih cabe, toko pertanian, toko online, lmga agro
Tanam Cabe Merah Keriting

Cabe Merah Keriting Tumbuh Lebat Karena Cara Menanam yang Tepat. HP 082141747141 ( khusus telepon ) dan 08125222117 ( khusus SMS/WA ). Toko pertanian Online LMGA Agro menyediakan lengkap keperluan Anda bercocok tanam. Tersedia benih, pupuk, ZPT sampai alat-alat pertanian berkualitas. 

Toko pertanian LMGA Agro menerima layanan konsultasi gratis pertanian. Membantu menjawab permasalahan anda di lapangan. Kami telah berpengalaman sebagai supplier pertanian dan didukung banyak perusahaan benih, pupuk, pestisida dan lain-lain. Kami juga mengajak kerja sama sebagai dropship dan reseller pertanian. 

Kami siap kirim pesanan Anda ke seluruh wilayah Indonesia. Bersama mitra kami jasa pengiriman barang JNE, KI8, Pos Indonesia dan lain-lain. Barang dijamin sampai tujuan alamat Anda dan aman. 

Cabe merah keriting merupakan salah satu komoditas penting. Setiap hari cabe selalu laris dan banyak dibeli. Budidaya cabai dihadapkan pada kendala cuaca dan serangan hama penyakitnya. Cara tanam cabe yang tepat membuat cabe tumbuh lebat.  

Cabe merah keriting merupakan salah satu bumbu wajb banyak masakan di Indonesia. Karena itu, cabe merah keriting juga cukup laris di pasar baik tradisional maupun modern ( swalayan ). Cabe merah keriting juga memiliki rasa pedas dan banyak manfaatnya bagi kesehatan tubuh. 

Budidaya cabe merah keriting sebenarnya tidak terlalu mudah. Banyak tantangan dalam menanam cabe merah keriting. Namun produktivitas hasil panen tinggi dan harga jualnya juga cukup tinggi. Bahkan pernah saat harga cabe rawit turun, harga cabe merah keriting justru naik.   



Jenis Cabai Populer di Indonesia


Cabai Merah Besar

Disebut juga cabe teropong. Cabai merah besar tidak punya rasa pedas sama sekali. Peranan cabai merah besar ini hanya sebagai pemberi warna merah pada masakan. 

Bila resep masakan hanya menggunakan jenis cabai ini, dipastikan tidak ada rasa pedas sama sekali. Hanya masakan berwarna merah merona. 


Cabai Rawit

Cabai rawit menjadi sumber rasa pedas pada masakan. Bila terdapat cabai rawit dalam masakan, dipastikan akan terasa pedas. Satu buah cabai rawit bisa terasa sangat pedas bagi yang tidak terbiasa makan pedas. 


Cabai Merah Keriting

Cabai merah keriting berbentuk panjang namun ramping dibandingkan cabai merah besar. Mempunyai rasa pedas dan pemberi warna merah juga. Namun warna merahnya tidak sebagus pada cabai merah besar. 

Rasa pedasnya tidak sepedas cabai rawit. Karenanya dalam masakan seringkali dikombinasikan cabai rawit dan cabai merah keriting. Atau dengan cabai merah besar bila diinginkan rasa tidak pedas. 





Budidaya Cabe Merah Keriting


cabe merah keriting, cabai, cabai merah, harga cabe, jual benih cabe, toko pertanian, toko online, lmga agro
Budidaya Cabe Merah Keriting Menguntungkan


Budidaya cabe merah keriting ( Capsicum annum L. ) 
merupakan salah satu komoditas sangat menjanjikan. Pada saat tertentu seperti harga cabe rawit turun, harga cabe merah keriting justru melambung tinggi. 

Budidaya cabe merah keriting memang tidak mudah. Kendala dan tantangannya adalah harga kadang naik turun tiba-tiba dan cuaca tidak menentu. Ditambah serangan hama dan penyakit yang tidak diduga sebelumnya. Biaya produksi juga terkadang sangat tinggi.  

Karenanya, setiap kali melakukan budidaya cabe merah keriting, Kita harus merawatnya dengan baik dan benar. Tanaman cabe berasal dari Benua Amerika dengan iklimnya tropis dan subtropis. Selanjutnya bibit cabai menyebar ke berbagai penjuru dunia termasuk wilayah Indonesia. 

Tanaman cabai dapat tumbuh di dataran rendah maupun pada dataran tinggi. Syarat tumbuh tanaman cabai paling utama adalah iklim dan jenis tanah. Sehingga iklim bila tidak sesuai kebutuhan tanaman akan mempengaruhi hasil panen hingga gagal panen. Jenis tanah tidak sesuai kebutuhan juga menyebabkan hasil panen sedikit sampai gagal panen.  

Tanaman cabe merah keriting dapat tumbuh di dataran rendah maupun di pegunungan dengan ketinggian 2000 m dpl. Budidaya cabe merah keriting idealnya di iklim tropis dan bersuhu lembab. Cabe merah keriting menyukai suhu 16 - 23 derajat Celcius.  

Semua jenis tanah dapat dipakai untuk budidaya cabe merah keriting. Tanah sebaiknya kaya bahan organik, gembur, subur dan tidak mudah menggenang. Tanah bersifat porous. Tanah subur tidak terserang penyakit. Nilai pH tanah sekitar 5,5 - 6,8. 



Bibit Untuk Cara Menanam Cabe Merah Keriting 


Sebelum memulai menanam cabe merah keriting, Anda harus sudah menentukan dan memilih benih untuk bibitnya. Bibit berkualitas berasal dari benih terbaik dan berkualitas juga. Cara menanam cabe dimulai dari pemilihan bibit berkualitas dan penyemaian tepat. 

Persiapan lahan, proses penanaman, perawatan hingga waktu panen. Semua proses harus dilakukan dengan baik dan benar. Begitu juga dengan langkah awal yaitu memilih bibit berkualitas. Karena kualitas bibit mejadi faktor utama gagal tidaknya proses cara menanam cabe merah keriting.  

Pemilihan bibit cabe merah keriting disesuaikan dengan lokasi penanaman. Bibit cabai berkualitas tinggi menentukan hasil panen. Bibit berkualitas juga memudahkan proses penanaman. Toko Pertanian Online LMGA Agro menerima layanan konsultasi gratis. 

Konsultasi mengenai jenis bibit dan benih cabe merah keriting yang sesuai kondisi tempat menanam atau jenis benih yang diinginkan. Konsultasi juga mengenai benih tanaman lainnya dan permasalahan lain di lapangan. 

Setelah menemukan dan memilih benih yang tepat, selanjutnya proses penyemaian benih cabe merah keriting. Benih dapat direndam minimal 3 jam di air hangat. Persiapkan wadah semai polybag, plastik putih atau tray semai. 

Proses pembibitan benih lebih baik di tempat terpisah. Persemaian di bedeng semai, benih cenderung berhimpitan sehingga jumlah bibit tumbuh sedikit. Wadah semai polybag ditanam 1 benih sehingga bibit akan tumbuh lebih baik, sehat dan kokoh. 





Persiapan Menanam Bibit Cabe Merah Keriting


cabe merah keriting, cabai, cabai merah, harga cabe, jual benih cabe, toko pertanian, online shop, lmga agro
Tray Semai Pembibitan Benih
Pembibitan benih cabe merah keriting memakai media campuran dari tanah + arang sekam + kompos = 2 : 1 :1 . Atau bisa juga memakai tanah + kompos saja dengan perbandingan 1 : 1. Tempat pembibitan harus dipasang pelindung dari hama, serangga, cahaya matahari dan air hujan.  

Proses menyemaikan benih dimulai dengan memasukkan benih setelah perendaman tadi. Benih dibenamkan pada media sedalam 0,5 cm. Tutup lubang tempat benih dibenamkan dengan menggunakan kompos/pupuk kandang.

Siram media semai dengan air hingga basah agar kelembaban tetap terjaga. Tutup dengan koran setelah disiram. Lakukan rutin penyiraman dan siramkan air di atas permukaan koran. Setelah benih tumbuh, lepas koran. 

Sambil menunggu bibit tumbuh, lakukan persiapan lahan dengan cara lahan dicangkul atau dibajak. Tanah dicangkul sampai kedalaman 20 - 40 cm. Singkirkan semua rumput-rumput liar, sisa akar tanaman terdahulu sampai batu-batuan besar atau pun kecil. 

Buatlah bedengan menanam cabe merah keriting tinggi 30 - 40 cm dan lebar 1 meter. Jarak antar bedengan 60 cm dan panjang bedengan maksimal adalah 15 meter. 


Secara Lengkap Proses Pengolahan Lahan Cabe Merah Keriting


Lahan cara menanam cabe merah keriting sebaiknya lahan berporositas baik dan gembur. Cangkullah tanah terlebih dahulu kedalaman 20 - 40 cm. Bersihkan gulma, sampah, bebatuan dan lain-lain. 

Setelah tanah dicangkul dan membuat bedengan, cek pH-nya. Tanah terlalu asam ( pH rendah ) tanaman mudah terserang virus dan pucat. Tanah terlalu asam mudah ditumbuhi rerumputan. 

Untuk menurunkan pH tanah ke normal, berikan kapur Dolomit dosis 2 - 4 ton/hektar. Pemberian kapur saat tanah dicangkul atau saat membuat bedengan. 

Pupuk dasar cabe merah keriting diberikan merata setiap bedengan menggunakan pupuk kandang atau kompos. Luasan 1 hektar membutuhkan kurang lebih 20 ton pupuk kandang/kompos. Tambahkan juga KCl 200 kg/hektar dan Urea 350 kg/hektar.  

Agar pemeliharaan cabe merah keriting lebih efektif, tutuplah permukaan bedengan menggunakan mulsa plastik hitam perak. Meski biaya membeli mulsa plastik hitam perak cukup mahal namun fungsinya besar sekali. Mulsa plastik hitam perak tersedia di Toko Pertanian online LMGA Agro. 

Bedengan tertutup mulsa dapat mencegah erosi tanah, menjaga kelembaban, kebersihan dan mengendalikan pertumbuhan gulma. Di permukaan mulsa dibuat lubang tanam. Menggunakan alat pelubang mulsa dan alat tersedia di Toko pertanian LMGA Agro

Lubang tanam dibuat zig-zag dengan jarak 60 - 70 cm. Jarak tanam zig-zag dapat membantu mengatur penetrasi sinar matahari dan sirkulasi udara. Diameter dan kedalaman lubang tanam adalah 10 cm. 


Pemupukan Cabe Merah Keriting


Proses pemupukan susulan diberikan untuk menambah unsur hara dalam tanah bagi pertumbuhan tanaman. Cara menanam cabe merah keriting haruslah rajin memberikan pupuk. Pemupukan menggunakan pupuk organik baik pupuk kandang atau kompos. Juga bisa menggunakan pupuk cair agar pupuk cepat diserap tanaman. 

Pemberian pupuk organik membuat tanaman cabe merah keriting Anda lebih sehat alami. Sayuran organik lebih aman bagi tubuh kita. Pemupukan dimulai umur 2 minggu setelah pindah tanam dan ulangi setiap 2 minggu sekali. 

Pemupukan kurang lebih diulang sebanyak 8 kali sampai panen.  Dan pemupukan diulang lagi setiap selesai panen sampai produktivitas tanaman menurun. 

Pemupukan menggunakan pupuk cair. Siramkan sebanyak 100 ml di setiap tanaman. Tambahkan juga pupuk NPK agar pertumbuhan tanaman semakin baik. Pupuk organik diberikan sebanyak 500 - 700 gram/tanaman. 


Penyiraman Cara Menanam Cabe Merah Keriting


cabe merah keriting, cabai, cabe merah, harga cabe, jual benih cabe, toko pertanian, toko online, lmga agro
Benih Hai-Lux F1


Penyiraman tanam cabe merah keriting dilakukan setiap hari. Terlebih saat musim kemarau karena tanah lebih kering. Kekeringan pada tanah menyebabkan tanaman cabai bisa mati. Selain penyiraman setiap hari, bedengan juga dapat di-leb. Penggenangan bedengan ( di-leb ) dilakukan setiap 2 minggu sekali. 

Untuk tanaman yang masih muda dan belum begitu kuat, penyiraman dilakukan dengan hati-hati agar tanaman tidak roboh. Penyiraman menggunakan alat gembor. 




Penyulaman

Dua minggu pertama setelah pindah tanam, lakukan pengamatan terhadap pertumbuhan tanaman. Bila ada tanaman mati atau sakit segera lakukan penyulaman diganti dengan tanaman yang sehat. Tanaman mati dan sakit segera dicabut dan ganti dengan tanaman baru. Lebihkan bibit 10% dari kebutuhan tanam untuk persediaan penyulaman. 


Penyiangan

Perhatikan pertumbuhan gulma atau tanaman lain di sekitar tanaman cabe merah keriting. Pertumbuhan gulma dapat mengganggu pertumbuhan cabe merah keriting. Pertumbuhan gulma menyebabkan persaingan dalam menyerap nutrisi dan unsur hara. 

Gulma diberantas dengan mencabutnya langsung menggunakan tangan. Atau bisa menggunakan alat cangkul kecil sambil melakukan pembumbunan. Saluran drainase juga harus dibersihkan dari rumput agar air dapat mengalir lancar. 


Ajir Penopang Tanaman Cabe Merah Keriting


Ajir atau lanjaran diperlukan untuk menopang tanaman cabe merah keriting agar tidak roboh. Ajir dibuat dari sebilah bambu menopang tanaman agar berdiri tegak. Ajir ditancapkan dengan jarak 4 cm dari pangkal batang. 

Waktu penancapannya sebaiknya saat tanaman masih belum tinggi. Tepatnya hari ke-7 setelah pemindahan bibit ke lahan. Penancapan saat tanaman masih kecil dan akarnya belum panjang. Sehingga saat ajir ditancapkan tidak sampai melukai akar. Dan bila akar terluka, menjadi jalan masuknya penyakit. 

Setelah tanaman tinggi, batang diikatkan pada ajir, yaitu sekitar umur 1 bulan. Pengikatan menggunakan tali salaran khusus untuk tanaman dan tidak melukai batang. Tali salaran dapat dibeli di Toko Pertanian Online LMGA Agro. 


Pemangkasan Tunas Cabe Merah Keriting

Proses pemotongan tunas pada umur 3 minggu untuk tanaman cabe di dataran rendah. Sedangkan cabe di dataran tinggi, pemotongan tunasnya umur 1 bulan. 

Buang tunas-tunas yang tumbuh di bagian ketiak daun. Pemotongan tunas dilakukan sampai terbentuk cabang utama dari tanaman cabe merah keriting. Cabang utama terbentuk ditandai dengan munculnya bunga pertama. 


Proses Panen Cabe Merah Keriting


Umur panen cabe merah keriting sekitar 75 - 85 HST. Sebaiknya panen cabe merah keriting saat buah sudah matang kisaran 80 - 90%. Waktu panen sebaiknya pagi hari sekitar pukul 5 - 7 pagi. 

Proses panen cabe merah keriting setiap 2 - 5 hari sekali. Caranya dengan mencabut cabai hingga ke tangkainya. 



Cara menanam Cabe Merah Keriting di Lahan Perkebunan


Cara menanam cabe merah keriting di lahan perkebunan sangat berbeda dengan menanam di lahan sawah atau pegunungan. Perbedaannya terletak pada tekstur tanah sekaligus kandungan unsur hara dalam tanah tersebut.

Tanah lahan perkebunan biasanya bertekstur keras dan padat. Bila tidak tersedia air yang cukup, maka dapat mengganggu pertumbuhan tanaman cabe merah keriting. Ditambah lagi bila ditanam di musim kemarau, tanah akan semakin padat dan keras.  

Karenanya menanam cabe merah keriting di lahan perkebunan menggunakan pola tanam semi intensif. Bedengan dipasang mulsa plastik hitam perak untuk mengatasi kekurangan air. Biasanya bedengan berukuran lebar 50 cm dan panjang 10 m menghabiskan satu gulung mulsa plastik. 

Mulsa plastik hitam perak dapat menjaga tanah tetap lembab lebih lama. Tanah juga tidak cepat kering/padat. Air dapat disimpan di bawah batang pohon cabai. Bila tanah lembab memudahkan akar cabai menyerap air dan nutrisi untuk pertumbuhan dan produksi.  

Di permukaan mulsa lastik dibuat lubang tanam untuk menanam bibit cabe merah keriting. Jarak tanam cabe merah keriting di lahan perkebunan adalah 30 x 40 cm. Begitu selesai bibit dipindahkan, pasang lanjaran sebagai penyangga tanaman bila sudah tinggi.

Ajir atau lanjaran ditancapkan 5 cm dari pangkal batang. Ajir juga dapat menahan tanaman bila terjadi hujan atau angin kencang. Batang diikatkan ke ajir agar batang tidak patah. 

Ajir sebagai penyangga terbuat dari belahan batang bambu. Juga bisa menggunakan dahan kayu yang kuat dan lurus. Panjang ajir disesuaikan dengan tinggi tanaman cabe merah keriting, sekitar 100 cm- 120 cm. Sepanjang 10 - 20 cm ditancapkan ke tanah. 




Persiapan Lahan Menanam Cabe di Lahan Perkebunan


Persiapan lahan yaitu pengolahan tanah, awal sebelum mulsa plastik dipasang dan penanaman bibit. Tanah diolah dengan cara dicangkul atau dibajak terlebih dahulu sampai lahan gembur. Tanah dicangkul tidak perlu terlalu dalam, yaitu sampai tanah sudah bisa dibuat bedengan. Tanah diolah sampai bisa ditarik dan dibuat gundukan. 

Setelah tanah diolah, guna meningkatkan kesuburannya maka perlu diberikan pupuk atau kapur pertanian bila pH-nya < 5,5. Berikan pupuk sebagai nutrisi dalam tanah sesuai kebutuhan cabai. 

Pupuk organik lebih baik karena bersifat alami. Bisa menggunakan pupuk dari kotoran sapi atau pupuk kompos. Membuat sendiri atau membeli jadi dipasaran. Untuk luasan 1 hektar, kebutuhan pupuk kandang/kompos sebanyak 100 kg. 

Pupuk kandang/kompos ditaburkan merata ke seluruh bedengan. Setelah selesai pemupukan dasar tadi, biarkan lahan selama 1 minggu sebelum penanaman. Paling baik didiamkan selama 15 hari. Nantinya unsur-unsur nutrisi pada pupuk dapat tersedia dan diserap oleh tanaman cabe merah keriting. 

Sambil menunggu lahan didiamkan, siapkan bibit cabe merah keriting. Saat lahan siap ditanami, bibit cabai juga sudah kuat untuk dipindahkan. Pada tahap pembibitan dan pindah tanam, petani harus pintar menetukan waktu dan cuaca yang tepat. 


Penanaman Bibit Cabai di Lahan Perkebuan 


Penanaman bibit cabai ke lahan perkebunan sebaiknya dilakukan sore hari. Yaitu saat cuaca berkurang teriknya. Tidak juga dilakukan pada saat hujan turun. Cuaca panas atau saat hujan menyebabkan bibit yang baru ditanam mudah mati. 

Setelah penanaman, sebaiknya segera disiram dengan air bersih secukupnya, tidak terlalu sedikit namun juga tidak terlalu banyak. Tidak semua bibit dapat bertahan hidup dengan sedikit air. Karena akarnya belum merekat tanah, maka percikan air terlalu deras menyebabkan bibit bisa roboh.  

Sampai pada tahap penanam bibit di lahan perkebunan, proses tanam cabe merah keriting ini selesai dilaksanakan. Selanjutnya merawat dan memeliharanya dengan baik dan benar. Tidak jauh berbeda dengan perawatan cabai di pegunungan atau lahan sawah. 

Pemeliharaan tanaman bersamaan dengan kontrol tanaman secara rutin. Penyiraman cabai setiap hari disesuaikan kondisi tanah. Penyulaman dilakukan bila ada tanaman mati sampai umur 7 hari setelah penanaman. 



Peluang Usaha Cabe Merah Keriting


Usaha menanam cabe merah keriting merupakan sektor agribisnis yang juga berprospek cukup tinggi bila diusahakan secara serius dan tekun. Peluang usaha cabe merah keriting sangat menjanjikan. Meskipun budidayanya dilakukan di lahan tidak terlalu luas namun cabe merah keriting dapat tumbuh lebat. Sehingga dapat menghasilkan pendapatan besar.

Bila panen bertepatan dengan harga jual yang tinggi maka dipastikan hasil panen cabai memberikan keuntungan. Bahkan keuntungannya mencapai 30% dari modal yang telah dikeluarkan. Namun untuk menjual tepat harga cabai bagus, sulit ditentukan kapan waktunya. 

Karena harga jual cabai sulit diprediksi. Petani profesional pun kadang tidak bisa tepat 100%. Petani hanya bisa memperkirakan dengan waktu tanam yang tepat. Minimal dapat keuntungan 30% dari modal. 

Petani cabe merah keriting biasanya menggunakan strategi memperoleh keuntungan besar. Yaitu dengan memilih waktu tepat memulai menanam. Petani berharap strategi tersebut dapat menghasilkan buah cabe tumbuh lebat. Dan hasil panen sesuai dengan permintaan pasar. 

Selain jeli melihat peluang pasar, Kita juga harus menggunakan pola tanam atau teknik budidaya cabe merah keriting agar buah cabai tumbuh lebat. Dalam usaha agribisnis penting memiliki pengetahuan cukup tentang ilmu budidaya dan pemeliharaan tanaman. 



Harga Cabe di Pasaran


Harga cabe tidak selamanya sama untuk semua jenis cabe. Pastinya tergantung dari banyaknya permintaan dari tiap jenis cabe, Harga cabe rawit disuatu waktu bisa tiba-tiba turun, seperti dari harga Rp. 60.000 menjadi Rp. 40.000/kg. 

Namun ternyata, harga cabe merah keriting justru naik, seperti dari harga Rp. 35.000 menjadi Rp. 50.000 per kilogram. Kenaikan harga cabai selama ini dipengaruhi curah hujan tinggi. Bila daerah pemasok cuaca hujannya tinggi, dipastikan harga cabe naik. 

Uniknya, meski harga cabe naik, justru pembelinya juga meningkat. Dalam sehari pedagang cabai rata-rata bisa menjual sampai 20 kg - 30 kg per harinya. Harga cabe naik maupun turun, peminat sayuran pedas ini tetap banyak. Karena cabai sering digunakan sebagai bumbu hampir semua masakan di Indonesia. 

Demikian artikel Kami judul : Cabe Merah Keriting Tumbuh Lebat Karena Cara Menanam yang Tepat. Hubungi nomer kontak Kami di 082141747141 ( khusus telepon ) dan 08125222117 ( khusus SMS/WA ). Toko pertanian LMGA Agro online shop jual benih hibrida dan unggul buah dan sayur. 

Selain ada benih juga tersedia pupuk, ZPT, pestisida dan alat-alat pertanian. Produk lengkap, murah dan berkualitas terbaik. Kami juga menerima layanan konsultasi gratis pertanian. Kami mengajak kerjasama sebagai dropship dan reseller pertanian. 

Semoga artikel Kami bermanfaat dan menambah pengetahuan tentang cabe merah keriting. Bila cara menanamnya tepat maka hasilnya akan tumbuh lebat. Peluang usaha cabe merah keriting menjanjikan dan menguntungkan meski di lahan tidak luas. Salam sukses...


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon untuk berkomentar secara bijak dan sesuai bahasan.