TOKO ONLINE PERTANIAN LMGA AGRO, TEMPAT BELANJA ONLINE PETANI MURAH, AMAN DAN PROMO. BELANJA SILAKAN HUBUNGI KAMI DI : SMS / WA : 081 252 22 117, LAYANAN KONSULTASI PERTANIAN GRATIS HP. 082 141 747 141.

KETIK JUDUL/LABEL ARTIKEL YANG DICARI PADA KOLOM DI BAWAH INI

05/09/20

Cara Menanam Pepaya California, Buah dan Daunnya Kaya Manfaat

cara menanam pepaya california, buah pepaya, manfaat pepaya, jual benih pepaya, toko pertanian, toko online, lmga agro
Benih Pepaya California 
Cara Menanam Pepaya California, Buah dan Daunnya Kaya Manfaat. HP 082141747141 ( khusus telepon ) dan 08125222117 ( khusus SMS/WA ). Toko Pertanian LMGA Agro online jual benih hibrida buah dan sayur. Tersedia pula pupuk, ZPT, pestisida dan alat pertanian. 

Toko pertanian LMGA Agro menerima layanan konsultasi pertanian gratis cara menanam pepaya California. Serta permasalahan pada budidaya tanaman lainnya sejak awal tanam hingga panen. Kami siap kirim pesanan Anda ke seluruh wilayah Indonesia. Bersama jasa ekspedisi JNE, KI8, Pos Indonesia dan lain-lain. 

Toko pertanian LMGA Agro juga mengajak kerja sama sebagai dropship dan reseller produk pertanian. Kami telah lama berpengalaman menjadi supplier pertanian bagi petani dan usaha toko pertanian. 

Cara Menanam Pepaya California mudah, umur tanaman genjah dan produktivitas sampai 4 tahun. peluang usaha yang menjanjikan karena banyak diminati masyarakat. Manfaat buah dan daun pepaya cukup tinggi. Kaya vitamin dan mineral penting.  

Cara menanam Pepaya California banyak diminati petani juga para hobiis berkebun. Peluang usaha cara menanam pepaya california menguntungkan. Karena banyak keunggulan dari cara menanam pepaya california ini antara lain buah berumur genjah. Hasil panen juga memuaskan dengan perawatan yang tidak sulit dilakukan.

Manfaat pepaya baik buah maupun daun pepaya banyak sekali. Manfaat daun pepaya meski pahit rasanya, namun banyak orang menyukai makan daun pepaya. Buah pepaya california disukai karena manfaatnya banyak sekali. Rasa buah manis dan daging buahnya kenyal banyak disukai masyarakat. 



Cara Menanam Pepaya California, Buah Asli Indonesia


California adalah nama kota di Amerika Serikat namun pepaya california asalnya bukan dari daerah negara Paman Sam tersebut. Meski namanya pepaya california namun buah manis ini asli buah Indonesia. Benih pepaya california ditemukan peneliti Indonesia. 

Pepaya california buah asli dan murni dari Indonesia. Buah ini merupakan hasil rekayasa genetika oleh Prof. Dr. Ir. Sriani Sujiprihati. Beliau ilmuwan dari Pusat Kajian Buah Tropika di Institut Pertanian Bogor ( IPB ). Dan pepaya california diresmikan tanggal 3 Oktober 2010 oleh Menteri Pertanian, yaitu Dr. Soeswono.

Riset oleh Prof. Sriani menggunakan bibit pepaya lokal dari petani Bogor, Pak Okim. Saat itu Prof. Sriani melakukan riset juga guna mencari bibit buah unggulan di Indonesia. Riset memakan waktu 7 tahun dengan melakukan rekayasa dan berhasil menemukan bibit pepaya unggulan, california. 

Nama california disematkan untuk pepaya temuan Prof. Sriani adalah tidak disengaja. Asal mulanya merupakan jenis pepaya callina. Namun banyak pedagang menganggap sebutan california lebih menjual dan menarik pembeli. Hingga sampai kini, sebutan pepaya california lebih disukai masyarakat.  

Jenis pepaya california hingga kini merajai pasar buah pepaya di Indonesia. Banyak petani menyukai usaha budidaya cara menanam pepaya california. Karena banyak keunggulannya, mudah pemeliharaannya juga hasil menguntungkan. 





Mengenal Keunggulan Pohon Pepaya California


cara menanam pepaya california, buah pepaya, manfaat pepaya, jual benih pepaya, toko pertanian, toko online, lmga agro
Buah pepaya Menyegarkan
Cara menanam pepaya california
merupakan jenis pohon pepaya dengan bibit unggul hasil rekayasa genetika Prof. Sriani. Cara menanam pepaya california ini menghasilkan buah pepaya lebih menjanjikan dan banyak disukai masyarakat. Selain karena manfaat buah pepaya sangat banyak juga rasa buahnya manis. 

Cara menanam pepaya california sudah mulai muncul bunga pada umur 3 bulan. Buah pepaya california dapat dipanen umur 7 - 9 bulan. Hingga pohon pepaya ini dapat terus mengeluarkan buah hingga umur 4 tahun. Dan dalam satu tahun dapat dipanen hingga 4 kali. Sangat menguntungkan. 

Cara menanam pepaya california menghasilkan buah dengan penampilan menarik. Warna kulitnya hijau cerah. Warna kekuningan disekitar tangkainya bila mulai menjelang buah matang. 

Daging buah berwarna merah cerah dan tekstur tidak lembek. Bagian tengah buah berlubang dan berbentuk bintang lima. Rasa buah pepaya california manis. Buah akan tahan disimpan selama 5 hari tanpa perlu diawetkan. 

Tanaman pepaya mempunyai nama latin Carica papaya L. berasal dari Meksiko bagian Selatan dan Nikaragua. Bibit pohon pepaya menyebar hingga dibudidayakan di negara-negara tropis termasuk Indonesia. 

Cara menanam pepaya california mudah karena tanaman ini mudah tumbuh dan memiliki adaptasi luas. Cara menanam pepaya california idealnya ditanah berhumus bercampur pasir. Lahan cara menanam pepaya california harus cukup sinar matahari dan drainasenya baik dan benar. Dengan syarat tersebut, dipastikan cara menanam pepaya california menghasilkan tanaman yang subur.  





Usaha Cara Menanam Pepaya California Menjanjikan


Cara menanam pepaya california merupakan salah satu jenis bibit pepaya yang banyak diminati oleh petani. Usaha cara menanam pepaya california mulai banyak dilakukan petani karena dirasa sangat menjanjikan keuntungan. 

Usaha cara menanam pepaya california terdapat keunggulan dari buah ini. Antara lain : buah tidak terlalu besar dan bobot sekitar 0,8 - 1,5 kg/buah. Buah berkulit hijau dan tebal serta mulus. 

Cara menanam pepaya california menghasilkan buah berbentuk lonjong dan saat matang berwarna kuning. Rasa buahnya manis dan daging buahnya kenyal. 

Pepaya california merupakan bibit unggul berumur genjah. Pohon pepayanya tidak bisa tinggi atau tubuh kerdil ( batangnya antique ). Tinggi batang jenis pepaya california lebih pendek dibanding jenis pepaya lainnya. 

Tinggi pohon 1,5 - 2 meter dan panen cara menanam pepaya california setelah berumur 8 - 9 bulan. Cara menanam pepaya california mampu berbuah sampai umur 4 tahun. Setiap bulan waktu panen buah pepaya california sampai 4 kali. 

Masa panen cara menanam pepaya california ketika berumur 7 - 9 bulan dan umur produktifnya selama 4 tahun. Setiap bulan panen dilakukan 4 kali. Setiap pohon saat panen menghasilkan buah 10 - 20 pepaya. 

Hal ini menandakan bahwa cara menanam pepaya california menghasilkan produksi cukup tinggi. Serta merupakan jenis pepaya dengan produktivitas tinggi. Jika Anda budidaya luasan 1 hektar maka bisa dihasilkan 2 ton pepaya california.   

Cara menanam pepaya california menjadi salah satu komoditas pertanian daerah tropis yang memiliki peluang sangat besar. Peluang cara menanam pepaya california tinggi untuk pengembangan pertanian Indonesia. Selain itu juga sebagai usaha agribisnis dengan prospek menjanjikan. 





Syarat Tumbuh Ideal Cara Menanam Pepaya California 


Cara menanam pepaya california, buah pepaya, manfaat buah pepaya, jual benih pepaya, toko pertanian, toko online, lmga agro
Cara Menanam Pepaya California dari Bibit Terbaik

Keberhasilan cara menanam pepaya california berasal dari bibit sehat dan berkualitas. Bibit sehat karena berasal dari benih terbaik dan berkualitas. Cara menanam pepaya california di Kota Pontianak, Propinsi Kalimantan Barat menghasilkan produksi tinggi. 

Yaitu hasil panen per bulan berkisar 7,6 ton - 14,4 ton. Populasi tanaman sebanyak 1.200 tanaman per hektar. Cara menanam pepaya california di lahan gambut berhasil dikembangkan di kota Pontianak. Tujuan penanaman tersebut adalah sebagai upaya mengoptimalkan lahan kosong. 

Kota Pontianak sebagian besar adalah berlahan gambut dan belum banyak dimanfaatkan sebagai lahan pertanian. Lewat pengembangan cara menanam pepaya california, lahan gambut dioptimalkan fungsinya. 

Yaitu sebagai lahan dan bertujuan untuk mengurangi polusi udara akibat kebakaran lahan gambut. Tujuan mengoptimalkan lahan gambut juga sebagai cara meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan petan atau penduduk setempat. 

Benih pepaya berupa butiran berbentuk lonjong dan kecil. Tinggi pohon pepaya termasuk ukuran kerdil yaitu 1,5 - 2 meter. Batang beruas pendek dan berpelepah. Bunga terdiri dari 2 jenis yaitu bunga tidak bisa berbuah dan bunga bisa berbuah. Untuk bunga yang dapat berbuah, kebanyakan muncul ditangkai. Yaitu muncul setelah umur 3 bulan.

Tanaman pepaya mampu berbuah lebat sampai 25 hingga 30 buah. Warna kulit hijau cerah dan menjelang matang muncul warna kekuningan di sekitar tangkai. Daging buah berwarna merah cerah dan bagian tengah berlubang seperti bintang. Rasa buah manis dan tahan 5 hari dalam penyimpanan tanpa diberi bahan pengawet. 

Cara menanam pepaya california tumbuh baik di tanah subur dan sedikit berpasir. Menyukai lahan terbuka sehingga dapat melakukan proses fotosintesis dengan maksimal ( full fotocintesis ). Drainase lahan baik, pH tanah 6 - 7 dan suhu berkisar 25 - 30 derajat Celcius. 


Persemaian Benih Bibit Cara Menanam Pepaya California


Bibit cara menanam pepaya california menyukai tumbuh di ketinggian tempat 300 - 500 m dpl. Curah hujan tahunan ideal 1000 - 2000 mm/tahun. Kelembaban udara sekitar 40%.   

Bibit untuk cara menanam pepaya california dihasilkan dari menyemaikan benihnya. Benih terbaik untuk hasil maksimal dan toleran penyakit, sebaiknya benih dibeli di toko pertanian. Toko pertanian LMGA Agro online shop jual benih berkualitas pepaya california hibrida tahan penyakit.  

Benih yang akan disemai dapat direndam dalam air semalaman. Amati benih, benih yang dipakai dan bagus adalah benih tenggelam. Bila benih sudah dipilih selanjutnya peram dalam kertas koran atau kain basah selama seminggu. Jaga kertas koran jangan sampai kering sehingga harus rutin diberi air.

Setelah diperam selama 1 minggu, bibit sudah siap disemai dalam wadah semai ( Polybag, bedeng semai, plastik putih atau tray semai ). Komposisi media semai cara menanam pepaya california adalah tanah dan kompos ( 2 : 1 ). Media harus diayak sampai halus dan gembur. 

Tanamkan bibit dan rawatlah dengan rajin menyiramnya setiap hari. Bibit siap dipindah ke lahan tetap setelah berumur 1 - 1,5 bulan. 


Persiapan Lahan Cara Menanan Pepaya California


Pengolahan tanah dimaksudkan untuk mempersiapkan lahan agar kondisinya sesuai dengan kebutuhan cara menanam pepaya california. Kegiatan persiapan lahan yaitu membersihkan lahan dari bebatuan, kerikil, rumput liar ( gulma ) dan lain-lain. 

Lahan lalu dicangkul atau menggunakan alat bajak sampai tanah gembur. Dan bisa dilakukan berulang-ulang bila tanah masih berbentuk bongkahan besar. Lalu tanah diratakan dan dicampurkan pupuk kandang atau kompos. Buat juga drainase air dengan baik. 

Buatlah lubang tanam pada tanah dimana tanah bagian atas diletakkan disisi kanan. Sedangkan tanah bagian bawah diletakkan disisi kiri. Gunanya adalah saat penanaman nanti, timbunan tanah bagian bawah dimasukkan lebih dulu. Lalu dilanjutkan dengan menimbun tanah bagian atas. 

Setelah membuat lubang tanam, biarkan diangin-anginkan selama 1 - 2 minggu. Tujuannya mengurangi kemasaman dan untuk kandungan air. Ukuran lubang tanam cara menanam pepaya california adalah 60 x 60 x 50 cm. 

Jarak antar lubang sama dengan jarak tanam yaitu 2,5 x 2,5 m atau 2,5 x 2,75 m. Banyaknya jumlah pohon cara menanam pepaya california untuk 1 hektar adalah 1400 - 1600 pohon. Lubang tanam diberi campuran tanah dan pupuk kandang. 

Bedengan cara menanam pepaya california dibuat lebar 1 - 1,5 m, tinggi bedengan untuk tahun pertama adalah 30 - 40 cm. Jarak antar bedengan 1 meter dan arah bedengan disesuaikan arah aliran air. Sebelum bibit dimasukkan lubang tanam, lubang dialiri air. Cara menanam pepaya california bibit sebaiknya ditanam sore hari.

Untuk penanaman bibit di lubang tanam sebaiknya sebayak 2 bibit sekaligus sebagai cadangan sulam. Yaitu apabila ada bibit mati atau sakit maka segera dicabut dan pelihara bibit sampingnya yang masih sehat. 



Pemeliharaan Pohon Pepaya California


Langkah-langkah pemeliharaan cara menanam pepaya california tidak berbeda dengan budidaya tanaman lain. Pemeliharaan umumnya terdiri dari kegiatan penyiraman, penyiangan, penyulaman, pemupukan sampai panen.  

Penyiangan cara menanam pepaya california harus dilakukan rutin. Yaitu mencabut gulma disekitar tanaman karena gulma merupakan sumber hama dan penyakit. Penyiraman cara menanam pepaya california dilakukan sesuai kondisi tanaman asalkan lahan tidak sampai kekeringan. 

Pupuk untuk cara menanam pepaya california menggunakan pupuk kandang atau kompos. Dosis pupuk 40 kg/tanaman. Pemberian pupuk diulang kembali menggunakan pupuk NPK setelah tanaman umur 2 minggu. 

Umur 2 minggu, berikan pupuk NPK dosis 200 gram/pohon pepaya. Umur 3 bulan, berikan pupuk NPK 300 gram/pohon. Berikan juga pupuk kandang. 

Umur 6, 9 dan 12 bulan, pemupukan selanjutnya menggunakan pupuk kandang dan NPK tiap 3 bulan sekali. Takaran pupuk adalah 500 gr NPK/pohon + 40 kg pupuk kandang/pohon. 

Setelah pohon pepaya sudah berbuah, tambahkan pupuk KCl untuk meningkatkan daya tahan pertumbuhan tanaman. Pupuk KCl berfungsi menambah rasa manis buah pepaya. 

Cara menanam pepaya california membutuhkan pupuk organik cukup banyak untuk mendapatkan hasil maksimal. Umur 2 minggu setelah tanam, semprotkan pupuk daun dengan interval 1 minggu sekali. 

Kegiatan pembumbunan cara menanam pepaya california juga penting untuk menutup akar di permukaan tanah sekaligus dapat merangsang pertumbuhan akar baru. Pembumbunan dapat memperkuat batang pohon pepaya agar tidak mudah roboh. pembumbunan dilakukan setelah penyiangan dan bersamaan pemberian pupuk. 



Hama dan Penyakit Tanaman Pepaya 


Hama Kutu Putih dan Kutu-Kutuan

Cara menanam pepaya california, buah pepaya, manfaat pepaya, jual benih pepaya, toko pertanian, toko online, lmga agro
Benih Pepaya
Bebas Penyakit

Kutu berwarna putih, tubuhnya ditutupi selaput benag lembut. Kutu putih berkembang biak secara bergerombol. Penyebarannya yaitu bersama angin dan berkoloni dengan semut. 

Kutu putih menyerang dengan cara menghisap cairan sel jaringan daun, batang dan buah menggunakan mulutnya. Kemudian daun akan mengecil karena kehabisan cairan. Daun pepaya menjadi rusak lalu mati. Jika menempel pada buah pepaya, hama akan bergerombol dan menyerap cairan buah. 

Pengendalian dengan cara disemprotkan insektisida. Bila serangan parah campurkan dengan detergen. Pangkas bagian pohon pepaya yang terserang parah lalu dibakar. 


Tungau merah / coklat/ ijo

Tungau merah bentuknya mirip laba-laba berukuran sangat kecil ( < 1 mm ). Tungau menghisap daun pucuk pohon pepaya dan tunas mudanya. Bagian yang diserang meninggalkan luka berupa bintik kuning, lalu menghitam. Bagian tanaman terserang akan mengkerut. 

Cara pengendalian menggunakan tepung belerang dihembuskan ke permukaan daun pepaya terserang. Penyemprotan menggunakan akarisida, berikan sesuai dosis pada kemasan. 


Lalat Buah

Lalat buah menusuk menggunakan mulut moncongnya menembus kulit buah dan meletakkan telurnya. Dalam 1 - 20 hari merupakan masa periode telur. Kemudian telur menetas menjadi larva yang menggerogoti buah. Hingga buah rusak dan menjadi benjol-benjol. 




Penyakit Pepaya : Busuk Akar 


Selain busuk pada akar juga bisa terjadi di pangkal batang. Penyebabnya adalah Phytopthora palmivora dan Pythium sp. Gejala awal serangannya yaitu daun bawah layu, menguning dan menggantung di sekitar batang sebelum gugur. Pohon pepaya hanya ada sedikit daun-daun kecil di pucuknya.  

Pengendalian yaitu memperbaiki drainase kebun, gulma-gulma dibersihkan dan melakukan rotasi tanaman. Penyemprotan menggunakan fungisida berbahan aktif tembaga atau mankozeb. 


Penyakit bakteri Erwinia papaya

Gejala tampak di tanaman muda yang menguning dan daun membusuk. Beberapa lama kemudian, tanaman bagian atas mati dan diikuti seluruh tanaman. 

Pengendalian dengan cara memotong bagian tanaman terinfeksi lalu dibakar. Karena penyakit ini cepat menyebar. Pemeliharaan cara menanam pepaya california sebaik-baiknya dan kurangi kelembaban lingkungan. 


Bercak Cincin Pepaya

Bercak cincin pepaya ini disebabkan oleh virus. Daun pepaya menjadi belang dan terjadi perubahan bentuk daun pepaya. Daun menjadi mengkerut. Pada buah pepaya terdapat cincin dan bercak. Tangkai dan batang terdapat garis hijau tua. 

Tangkai daun memendek dan tanaman tumbuh kerdil. Tanaman menghasilkan sedikit buah. Pengendalian menyemprotkan serangga vektornya menggunakan insektisida. Jaga selalu kebersihan kebun cara menanam pepaya california dari gulma dan daun-daunan rontok. 


Panen dan Pasca Panen Buah Pepaya


cara menanam pepaya california, buah pepaya, manfaat daun pepaya, jual benih pepaya, toko pertanian, toko online, lmga agro
Benih Pepaya
Known You Seed

Cara menanam pepaya california
mulai panen saat tampak ada semburat berwarna kuning di ujung buah. Panen cara menanam pepaya california yaitu bagian tangkai buah dipotong. Alat potong menggunakan gunting pangkas atau pisau tajam. 

Buah pepaya setelah dipetik lalu diletakkan di ruangan tidak terkena sinar matahari langsung. Beri alas plastik atau koran bekas. 

Panen cara menanam pepaya california dilakukan 10 hari sekali dan setelah pohon pepaya berumur 8 - 9 bulan. Bila untuk pengangkutan jarak jauh, buah pepaya dipetik setelah muncul semburat kekuningan < 25% di kulit ujung buah. Pemotongan tangkai buah harus hati-hati dan jangan sampai buah terluka atau memar. 

Juga usahakan saat dipetik buah tidak sampai jatuh. Biasanya bila pohon pepaya tinggi, pemetikan cara menanam pepaya california menggunakan tangga. Untuk buah cacat dan terdapat bercak jamur, dipisahkan dari buah yang mulus dan sehat. 

Setelah disortir, buah sehat dikemas dalam peti kayu atau keranjang dilapisi kertas hingga bobotnya 25 - 30 kg. Keranjang bisa membawa 12 - 20 buah. Angkat keranjang hati-hati agar buah tidak bergesekan dan terjadi pelukaan. 

Pada tahun pertama panen cara menanam pepaya california, rata-rata bobot buah pepaya adalah minimal 0,8 kg/buah. Untuk tahun kedua, bobot buah mencapai 1,5 kg/buah. Cara menanam pepaya california dapat menjadi peluang usaha dengan keuntungan besar. 





Manfaat Daun Pepaya



1. Untuk mengobati Demam Berdarah. Zat aktif daun pepaya memiliki kandungan anti malaria dan demam berdarah. Rebus 5 lembar daun sampai matang lalu diidnginkan sebelum diminum. 

2. Memperbaiki saluran pencernaan. Karena daun pepaya mengandung zat karpin. Zat karpin dapat membasmi mikroorganisme jahat pengganggu pencernaan. Bila rutin dikonsumsi, dapat mengobati gangguan pencernaan. 

3. Meredakan kram menstruasi. Rebusan daun pepaya, sedikit garam dan asam jawa dapat mempercepat reaksi dalam perut. 

4. Memperlancar ASI ibu menyusui.

5. Mencegah risiko kanker. Daun pepaya mengandung antioksidan tinggi dan sangat baik untuk menangkal radikal bebas. Dimana radikal bebas inilah penyebab timbulnya kanker dalam tubuh. 

6. Mengobati jerawat. Dengan cara memblender daun pepaya untuk dijadikan masker. 

7. Meneyhatkan rambut. Daun pepaya mengandung magnesium yang mampu menguatkan rambut sampai ke dalam kulit kepala. 

8. Meningkatkan daya tahan tubuh. Daun pepaya mengandung phytonutrient tinggi. Khasiatnya melindungi tubuh dari penyakit kardiovaskular, kanker, penuaan, alergi dan infeksi perut. 

9. Menjaga kesehatan kulit. Daun pepaya kaya vitamin A, C dan E berkhasiat menutrisi kulit dan menjaga kelembaban kulit. 

10. Sebagai pengontrol Tekanan darah

11. Menghambat peradangan pada luka. Daun pepaya mengandung papain dan chymopapain dipercaya dapat meredakan peradangan pada luka, seprti luka bakar pada kulit. 



Manfaat Buah Pepaya 


1. Mencegah penyakit kanker. Buah pepaya mempunyai likopen, yaitu sejenis antioksidan yang dapat mengurangi radikal bebas dan mencegah pertumbuhan sel kanker. 

2. Meningkatkan kesehatan jantung. Likopen dan vitamin C dalam buah pepaya bermanfaat mencegah penyakit jantung. 

3. Menyembuhkan peradangan. Peradangan kronis merupakan biang penyakit jantung, stroke dan kanker. 

4. Melancarkan pencernaan. Adanya enzim papain buah pepaya membuat protein lebih mudah dicerna. Buah pepaya mengandung serat tinggi dan dapat mencegah sembelit. 

5. Melindungi kesehatan kulit. Terutama kulit wajah dan seluruh tubuh terlihat lebih kencang dan awet muda. 

6. Mencegah gangguan penglihatan pada manula. Antioksidan zeaxanthin dalam buah pepaya mampu menyaring sinar cahaya biru yang berbahaya untuk mata. Konsumsi buah pepaya akan melindungi mata dari kerusakan akibat paparan cahaya biru. 

7. Mencegah asma. Peran betakaroten dapat menurunkan risiko terkena asma. 

8. Menjaga kesehatan tulang. Vitamin K berperan menjaga kesehatan tulang. Kekurangan vitamin K rentan tubuh mudah mengalami patah tulang. Vitamin K membnatu penyerapan kalsium dan membuat tulang lebih kuat. 

9. Menjaga kestabilan gula darah. Makanan kaya serat dapat menurunkan kadar gula darah penderita diabetes tipe 1 dan tipe 2. 

10. Menjaga kesehatan rambut. Buah pepaya mengandung vitamin A yang dibutuhkan untuk produksi sebum dan berguna menjaga kelembaban rambut dan seluruh kulit tubuh kita. 


12. Pasalnya, buah ini merupakan salah satu buah sehat yang banyak disukai orang dan permintaan pasarnya yang tinggi, sehingga akan banyak orang yang mencarinya.


Cara Menanam Pepaya California Menguntungkan


Cara menanam pepaya california banyak diminati petani sebagai usaha pertanian menguntungkan. Hal ini karena penjualan buah pepaya california laris dan banyak diminatai masyarakat. Banyak petani mulai tertarik mengusahakan menanam buah ini. 

Cara menanam pepaya california mudah dan tidak menyusahkan. Umur tanaman genjah dan produktivitasnya tinggi. Cara menanam pepaya california dapat dilakukan pada tanah subur, gembur dan bersifat porous. 

Manfaat keseluruhan bagian tanaman sangat baik untuk kesehatan tubuh kita. Manfaat daun pepaya baik sekali bila dikonsumsi rutin. Salah satu dapat meningkatkan daya tahan tubuh sehingga tubuh tidak akan mudah sakit. 

Manfaat buah pepaya juga banyak bagi kesehatan tubuh dan kecantikan kita. Buah pepaya mengandung vitamin yang baik untuk kesehatan rambut dan kulit kita. 

Demikian artikel Kami judul :  Cara Menanam Pepaya California, Buah dan Daunnya Kaya Manfaat. Hubungi nomer kontak Kami di 082141747141 ( telepon ) dan 08125222117 ( SMS/WA ). Toko Pertanian Online LMGA Agro produk lengkap, murah dan berkualitas.

Toko Pertanian LMGA Agro menyediakan segala kebutuhan bercocok tanam seperti benih, pestisida, pupuk, ZPT dan alat pertanian. Kami juga menerima layanan konsultasi gratis pertanian. 

Semoga artikel Kami bermanfaat dan menambah wawasan tentang cara menanam pepaya california. Usaha pertanian cara menanam pepaya california juga dapat Anda lakukan di pekarangan rumah karena tidak sulit cara merawatnya. Salam sukses...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon untuk berkomentar secara bijak dan sesuai bahasan.