BELANJA ONLINE, HUBUNGI KAMI : SMS / WA : 081 252 22 117, KONSULTASI PERTANIAN GRATIS HP. 082 141 747 141.

KETIK JUDUL/LABEL ARTIKEL YANG DICARI PADA KOLOM DI BAWAH INI

21/01/2017

Read

Tomat Optima Buah Besar Dan Tahan Virus Di Dataran Tinggi

tomat optima, panah merah, tahan virus, f1 optima
Tomat Optima Buah Besar dan Tahan Virus di Dataran Tinggi. HP 082141747141 ( telepon ) dan 08125222117 ( SMS/WA ). Toko pertanian online LMGA Agro jual benih tomat Optima F1. 

Tomat merupakan salah satu komoditas hortikultura yang sangat populer di kalangan masyarakat. Setiap hari komoditas ini hampir selalu diburu oleh masyarakat. 

Tomat Optima F1 termasuk benih tomat pertanian yang laris manis. Hal ini tentu menjadi keuntungan besar bagi para pedagang maupun petani tomat. 

Tomat yang telah beredar di pasaran dapat dibedakan menjadi dua ada tomat buah dan tomat sayur. Tomat buah memiliki rasa yang manis dan bentuk buah yang besar. Tomat ini sering dikonsumsi secara langsung maupun dibuat jus tomat

Sedangkan tomat sayur memiliki bentuk yang agak kecil serta rasa yang asam sehingga tomat ini sering dijadikan sebagai penyedap dalam masakan. 


Benih Tomat Optima F1


Budidaya tomat merupakan kegiatan menanam tomat untuk diambil keuntungan berupa rupiah. Seiring berjalannya waktu budidaya tomat telah menyebar luas di beberapa daerah tidak hanya di pulau Jawa tetapi juga di beberapa daerah di luar Jawa seperti Sumatera dan Kalimatan. Sehingga kini terbentuklah daerah-daerah sentra budidaya tomat.

Dalam memulai usaha setiap orang pasti akan mengharapkan hasil yang terbaik. Begitu juga dengan para petani tomat.  Untuk mendapatkan hasil panen yang memuaskan baik dari segi kualitas maupun kuantitas, petani haruslah memperhatikan beberapa faktor dalam pembudidayaan tomat

Beberapa faktor tersebut antara lain pemilihan benih, pembibitan, pengolahan tanah, pengairan, pemupukan, penanggulangan hama penyakit, dan penanganan pasca panen. Namun dari kesemua faktor tersebut ada satu yang paling penting, yaitu faktor pemilihan benih.

Pemilihan benih adalah faktor awal penentu kesuksesan dalam budidaya tomat. Jika salah sedikit saja akan berakibat pada kerugian dalam proses budidaya maupun hasil panen. Pemilihan benih yang tepat akan mempengaruhi pertumbuhan dan produktivitas tanaman tomat. 

Cara memperoleh benih tomat yang tepat dapat dilakukan dengan menyesuaikan daya adaptasi benih terhadap ketinggian tempat budidayanya. Berdasarkan ketinggian tempat budidaya, benih tomat dibedakan menjadi dua yaitu:
  • Benih tomat dataran tinggi : tomat TM Vista, tomat TM Marvel, tomat Marta, tomat Warani, tomat Montera, tomat Marta 9, dan tomat Optima.
  • Benih tomat dataran rendah : tomat Tymoti, tomat Permata, tomat Betavilla, tomat Servo, tomat Lentana, tomat Tombatu.
Selain itu, memilih benih tomat dataran tinggi dan memiliki ketahanan terhadap virus sangat dianjurkan. Seperti kita ketahui, tanaman tomat rentan terserang hama dan penyakit terutama pada saat cuaca tidak menentu seperti ini. Terkadang hujan dan terkadang panas terik. 


Tomat Optima F1 Tahan Virus


Saat hujan, kelembaban akan meningkat sehingga resiko terserang bakteri pembawa virus dan cendawan cenderung tinggi yang menyebabkan terjadinya busuk daun dan busuk buah. Sedangkan saat panas terik, tidak baik untuk pertumbuhan tomat dan bisa mengakibatkan kerontokan bunga. 

Jika dalam kondisi demikian, ketahanan tanaman tomat menjadi rapuh dan mudah terserang cendawan dan virus. Serangan dari cendawan dan virus menyebar dengan cepat kala musim hujan tiba. Para petani haruslah waspada jika tidak ingin budidaya jadi rugi karena virus. 

Serangan virus jika tidak segera dicegah dan ditangani maka akan berakibat fatal bagi hasil panen kelak. Hal ini tentu saja sangat merugikan dan petani bisa gagal panen total.

Dengan menggunakan benih tomat dataran tinggi tahan virus, pencegahan dini dapat dilakukan oleh petani sehingga resiko kerugian bisa diminimalisir. Salah satu benih tomat yang tahan terhadap virus yaitu Benih Tomat Optima. 

Tomat Optima merupakan benih tomat tahan virus generasi terbaru. Benih yang dikeluarkan oleh PT East West Seed Indonesia  cap Panah Merah ini adalah jenis benih tomat hibrida unggulan untuk dataran tinggi. 

Buahnya cukup besar dan keras. Hasil panen per satuan luas pun sangat tinggi. Berikut adapun deskripsi dari Tomat Optima cap Panah Merah:
  1. Tomat Optima direkomendasikan untuk dataran tinggi
  2. Tanaman kuat dan kokoh
  3. Tanaman tahan terhadap serangan virus (gemini virus dan phythopthora Infestans)
  4. Buah besar dan keras dengan bobot 147 -162 gram/buah
  5. Buah tomat dapat dipanen pada umur 83 – 85 HST
  6. Potensi hasil panen 87 – 105 ton/ha
Kelebihan dari Tomat F1 Optima cap Panah Merah ini adalah ketahanannya yang kuat terhadap virus seperti gemini virus dan phythopthora infestans. Serangan virus tersebut menjadi masalah utama para petani tomat di dataran tinggi.  

Selain itu buah Tomat Optima cukup besar sehingga dapat memiliki harga jual yang tinggi dan memuaskan konsumen maupun petani. 

Buahnya yang keras sangat menguntungkan karena akan tahan dalam pengangkutan jarak jauh. Tomat Optima F1 buah besar dan tahan virus di dataran tinggi ini diharapkan mampu menjadi solusi bagi petani dalam membudidayakan tomat.

Apabila berminat Benih Tomat F1 Optima Cap Panah Merah bisa anda dapatkan di Toko Pertanian Online LMGA AGRO. Toko Online LMGA AGRO menyediakan benih, pupuk, pestisida, dan sarana pertanian lengkap dengan harga terjangkau. 

LMGA AGRO siap mengirimkan pesanan ke seluruh wilayah Indonesia melalui jasa ekspedisi terpercaya seperti JNE, POS, TIKI, KI8, dsb. Kami juga melayani konsultasi gratis budidaya tanaman hortikultura. 

Silakan hubungi Toko Pertanian LMGA AGRO di CP Budi Telp. 082 141 747 141 atau SMS/WA 0812 5222 117.

LMGA AGRO

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jika anda ingin komentar Gunakan alamat email yang jelas ( Jangan Anonymous ). Mohon komentar secara bijak dan sesuai bahasan.