SELAMAT DATANG DI LMGA AGRO. UNTUK BERBELANJA SILAKAN HUB KAMI DI : HP 082 141 747 141 (TELP/SMS/WA). LMGA AGRO TOKO ONLINE TERPERCAYA PETANI INDONESIA. KAMI MENYEDIAKAN LAYANAN KONSULTASI GRATIS BUDIDAYA PERTANIAN
SELAMAT HARI RAYA IDUL FITRI 1439 H, SEGENAP TEAM LMGA AGRO MENGUCAPKAN MOHON MAAF LAHIR DAN BATIN
SELAMA HARI RAYA, KAMI LIBUR MULAI 10 - 24 JUNI 2018

KETIK JUDUL/LABEL ARTIKEL YANG DICARI PADA KOLOM DI BAWAH INI

Sabtu, 08 Oktober 2016

TOMAT FORTUNA 23 TAHAN GEMINI VIRUS

tomat fortuna 23, fortuna 23, benih tomat fortuna 23
www.lmgaagro.web.id - Tomat merupakan salah satu komuditas hortikultura unggulan yang memiliki prospek pasar yang baik. Permintaannya terus meningkat seiring dengan bertambahnya jumlah penduduk. Penduduk yang makin bertambah menyebabkan tingkat konsumsi tomat di masyarakat juga semakin tinggi. Keberadaan tomat sangat populer di kalangan masyarakat. Selain sebagai sayuran, tomat sering dikonsumsi sebagai buah-buahan segar maupun dibuat jus tomat. Buah tomat kaya akan kandungan vitamin dan mineral yang sangat berguna bagi pertumbuhan dan kesehatan. Beragam dari khasiat buah tomat ini tak jarang juga dimanfaatkan oleh para wanita/ibu-ibu sebagai bahan baku perawatan kecantikan seperti masker tomat. Buah tomat sungguh mempesona, baik dari manfaatnya juga dari warnanya yang merah cerah dan rasa yang asam manis menyegarkan memberi daya tarik tersendiri yang membuat konsumen maupun produsen jatuh hati padanya. Maka tak heran jika buah tomat ini memiliki banyak penggemar dimana-mana.

Tomat buah yang populer hingga saat ini. Jenis yang beredar pun sudah sangat bermacam-macam mulai dari tipe pertumbuhannya, bentuk buah, hingga dari penggunaan buahnya. Jenis-jenis tomat tersebut adalah sebagai berikut :

1. Tomat berdasarkan tipe pertumbuhan
  • Tipe Determinate. Ciri - ciri : pertumbuhan tanaman diakhiri dengan adanya bunga, umur panen singkat, pertumbuhan batang cepat, dan umumnya ditanam petani di dataran rendah maupun untuk tanaman hias.
  • Tipe Indeterminate. Ciri - ciri :  petumbuhannya memanjang pada tunas aksial yang pucuknya diakhiri oleh bunga/buah, ukuran tanaman dan buah besar, siklus hidup lama, dan biasa ditanam di lahan maupun di rumah kaca.
  • Tipe Semideterminate. Tipe pertumbuhan ini merupakan hasil persilangan dari tomat jenis determinate dan indeterminate sehingga tomat ini menghasilkan tomat varietas hibrida yang mempunyai sifat kedua tipe tomat tersebut. Pertumbuhan tanaman sedang dan tidak terlalu cepat.
2. Tomat berdasarkan bentuk buahnya
  • Tomat Buah : tomat yang berukuran besar, bentuk bulat dengan pangkal buah mendatar dan mencangkup.
  • Tomat Sayur : tomat yang berukuran sedang dan padat, biasanya digunakan sebagai olahan masakan.
  • Tomat Chery : tomat yang memiliki ukuran kecil dan tersusun berangkai pada tangkai buah yang memanjang dengan bentuk buah mirip buah chery.
3. Tomat berdasarkan penggunaan buahnya
  • Tomat konsumsi segar. Ciri - ciri : pertumbuhan cepat, hasil tinggi, buah besar, kualitas eksternal dan internal buah baik serta daya simpan lama.
  • Tomat untuk industri. Ciri - ciri : tipe pertumbuhan determinate, bentuk, warna dan ukuran buah seragam, buah keras dan tahan pecah, waktu panen serempak, dan tingkat keasaman rendah.
Jenis tomat yang beragam serta tingginya tingkat konsumsi tomat di masyarakat membuat petani terdorong untuk melakukan budidaya tomat. Budidaya tomat masih terbuka lebar peluangnya untuk menghasilkan keuntungan. Karena hal tersebut, para petani selalu berusaha untuk terus meningkatkan produksi tanaman tomat dengan menggunakan teknik budidaya yang baik dan benar. Namun dibalik itu semua, para petani tomat masih terganjal oleh berbagai kendala seperti cuaca yang tidak menentu serta serangan dari hama dan penyakit. Serangan hama dan penyakit menjadi kendala utama dalam budidaya tomat salah satunya yaitu disebabkan karena serangan Gemini Virus.

Serangan Gemini Virus sangatlah mengganggu pertumbuhan tanaman. Tanaman tomat yang sudah terserang virus ini memiliki gejala yang ditandai dengan daun tanaman menggulung, mengeras, bertekstur kasar dan lebih tebal dibandingkan daun pada tanaman normal. Tak lama daun tanaman kemudian akan berubah warna menjadi kekuning-kuningan dan mengkerut/keriting. Para petani biasa menyebut serangan virus ini dengan penyakit Keriting Bule/Bulai. Serangan Gemini Virus akan berdampak pada penurunan produktivitas tanaman dan apabila tidak segera ditangani serangan virus akan menyebar ke tanaman luas dengan cepat dan bisa mengakibatkan gagal panen yang sangat merugikan.

Untuk itu, perlu kiranya para petani tomat untuk memilih solusi tepat agar serangan virus dapat dicegah yaitu dengan cara pemilihan benih tomat yang tahan virus. Salah satu  benih tomat tahan virus adalah benih Tomat F1 Fortuna 23 Cap Kapal Terbang. Benih Tomat Fortuna 23 adalah varian benih tomat hibrida dengan tipe pertumbuhan semideterminate hasil produksi dari perusahaan benih terkenal PT Bisi Internatonal Tbk dengan trade mark Cap Kapal Terbang. Tomat F1 Fortuna 23 Cap Kapal Terbang ini memiliki ciri - ciri sebgai berikut :
  1. Tomat Fortuna 23 merupakan tomat hibrida tipe pertumbuhan semideterminate
  2. Cocok ditanam di dataran rendah
  3. Tanaman Tomat Fortuna 23 tahan terhadap serangan Gemini Virus
  4. Buah berwarna merah
  5. Bentuk buah bulat-oval, keras, seragam 
  6. tahan pengangkutan jarak jauh
  7. Ukuran buah Fortuna 23 sedang dengan berat buah 70 gram/buah
  8. Umur panen 65 HST
  9. Potensi hasil 2,5 kg/tanaman
  10. Kebutuhan benih 85 - 90 gram/Ha dengan jarak tanam 60 x 60 cm
Selain ketahanan virusnya yang tinggi, Tomat Fortuna 23 ini juga memiliki potensi hasil panen yang tinggi. Kapanpun masa tanamnya baik musim kemarau maupun penghujan produktivitas Tomat Fortuna 23 tak pernah menurun. Daya adaptasinya sangat kuat. Buah Fortuna 23 keras dan berbobot sehingga saat berada dalam pengangkutan tidak mengalami pecah buah. Hal ini tentu sangatlah disukai oleh para petani yang membudidayakannya. Konsumen pun juga merasa puas karena tomat yang diproduksi sesuai denga permintaan mereka mulai dari warna, bentuk, ukuran dan rasa buah. Dengan begitu antara produsen maupun konsumen tomat sama-sama diuntungkan dengan Tomat F1 Fortuna 23 Cap Kapal Terbang ini.

Tomat Fortuna 23 Tahan Gemini Virus sangat cocok menjadi pilihan bagi para petani yang ingin memulai berbisnis budidaya tomat. Fortuna 23 juga telah terbukti oleh banyak petani di sentra - sentra budidaya tomat dengan keuntungan yang memuaskan dan menjanjikan. Apabila petani berminat Benih Tomat F1 Fortuna 23 Cap Kapal Terbang bisa Anda dapatkan di Toko Pertanian Online LMGA AGRO. Toko Online LMGA AGRO menyediakan benih, pupuk, pestisida, dan sarana pertanian dengan harga murah dan terjangkau. LMGA AGRO siap mengirim ke seluruh wilayah Indonesia melalui jasa ekspedisi terpercaya seperti JNE, POS, TIKI, KI8, dsb. Kami juga menyadiakan lanyanan konsultasi gratis budidaya tanaman hortikultura. Silakan hubungi Toko Pertanian LMGA AGRO di CP Bpk. Budi Telp. : 082 141 747 141 atau SMS/WA : 0812 5222 117.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...