TOKO ONLINE PERTANIAN LMGA AGRO, TEMPAT BELANJA ONLINE PETANI MURAH, AMAN DAN PROMO. BELANJA SILAKAN HUBUNGI KAMI DI : SMS / WA : 081 252 22 117, LAYANAN KONSULTASI PERTANIAN GRATIS HP. 082 141 747 141.

KETIK JUDUL/LABEL ARTIKEL YANG DICARI PADA KOLOM DI BAWAH INI

02/09/20

Kalori Melon Rendah, Buah Segar Kaya Manfaat dan Mudah Menanamnya

kalori melon, manfaat melon, cara menanam melon, jual benih melon, toko pertanian, toko online, lmga agro
Kalori Melon dalam Benih F1


Kalori Melon Rendah, Buah Segar Kaya Manfaat dan Mudah Menanamnya. HP 082141747141 ( khusus telepon ) dan 08125222117 ( khusus SMS/WA ).  Toko pertanian online LMGA Agro jual segala kebutuhan bercocok tanam. Tersedia benih hibrida buah melon bebas penyakit. 

Toko pertanian online LMGA Agro sedia berbagai varietas benih hibrida buah dan sayur. Tersedia juga pestisida, pupuk, ZPT dan alat-alat pertanian. Produk lengkap dan Kami juga menerima layanan konsultasi petanian gratis. 

Kalori melon tercatat bernilai rendah dalam daging buahnya. Kalori buah melon menyegarkan dan berasa manis banyak terkandung air. Kalori melon didalamnya rendah dan cocok untuk menu penurun berat badan. 

Kalori melon ini menghadirkan banyak manfaat didalamnya dan pastinya baik untuk kesehatan Anda. Cocok juga dikonsumsi dari mulai anak-anak bahkan bayi hingga orang lanjut usia. Kandungan kalori melon tidak berbahaya meski bagi penderita diabetes maupun obesitas. 

Kalori melon terbilang rendah dan bermanfaat banyak bagi kesehatan tubuh kita. Diantaranya dimanfaatkan sebagai cemilan sehat atau buah segar langsung dimakan. Cara menanamnya mudah bahkan dapat ditanam di lahan sempit

Toko pertanian online LMGA Agro berpengalaman sebagai supplier pertanian untuk produk benih, pupuk, pestisida dan lain-lain. Kami didukung pabrik pertanian terkemuka. Kami juga mengajak bisnis online sebagai dropship dan reseller. 

Toko pertanian LMGA Agro online shop siap kirim pesanan Anda ke seluruh wilayah Indonesia. Barang aman dan sampai tujuan alamat Anda. Kami bekerja sama dengan jasa ekspedisi yaitu JNE, KI8 dan Pos Indonesia. 



Kalori Melon, Kandungan Gizi Vitamin dan Mineral


Kandungan kalori melon memiliki banyak manfaat karena kaya kandungan zat dan vitamin didalamnya. Satu buah melon mengandung kalori melon sampai 60 kalori dan 14 gram gula alami. Meskipun kalori melon rendah namun buah melon dapat memberikan energi bila disantap. 

Buah melon mengandung rendah lemak. Orang menyukai menikmatinya dalam bentuk segar sebagai santapan selingan. Buah melon menyegarkan dinikmati sebelum atau setelah makan. 

Rasanya yang manis dan meyegarkan inilah alasan banyak orang menyukai buah melon. Kandungan gizinya tinggi sehingga selain menyehatkan juga bermanfaat untuk kecantikan wajah dan kulit. 


Kalori Melon Mengandung Tinggi Kandungan Kalium


Tubuh kekurangan Kalium menyebabkan detak jantung tidak teratur sehingga aliran darah menjadi tidak lancar. Satu cangkir buah melon setara 100 gram buah mengandung Kalium cukup untuk memenuhi kebutuhan tubuh. 

Buah melon juga bermanfaat membantu mencegah naiknya tekanan darah. Jadikan setiap pagi buah melon sebagai salad sarapan pagi. 


Kalori Melon dan Vitamin C

Satu cangkir buah melon selain mengandung kalori melon juga cukup untuk memenuhi kebutuhan vitamin C tubuh. Vitamin C bermanfaat untuk meningkatkan sistim kekebalan tubuh dan mencegah penyakit dan infeksi datang. 


Kalori Melon Baik Untuk Diet

Serat dan kalori melon berperan untuk memperlancar proses pencernaan. Serta bermanfaat menurunkan kolesterol tubuh secara keseluruhan. Rutin mengkonsumsi buah melon dapat mencegah ganggunan pencernaan seperti sembelit. 

Kalori melon sesuai bagi Anda yang sedang menjalani program diet. Kalori melon membantu menjaga kestabilan berat badan. Selain itu juga berkhasiat menghindarkan tubuh dari hipertensi dan penyakit kanker. 


Kalori Melon Kaya Kandungan Vitamin B6

Vitamin B6 dalam buah melon berfungsi sebagai koenzim sebagai pengaktif proses kimia dalam tubuh. Salah satu fungsi enzim adalah untuk metabolisme protein. 

Khasiat Vitamin B6 dalam tubuh adalah mengatur mood Anda dan membuat tidur lebih nyenyak. Vitamin B6 dapat mengubah kandungan homosistein menjadi asam amino yang baik untuk tubuh. Homosistein harus dirubah karena berkaitan dengan masalah kardiovaskular. Selain ada B6, juga ada B1 dan B3 dalam kalori buah melon. 




Kalori Melon Baik untuk Ibu Hamil


Kalori melon baik untuk kehamilan seorang ibu. Disamping kebutuhan akan vitamin dan mineral juga akan meningkat. Hal ini karena daya imunitas ibu hamil lebih lemah dari biasanya. 

Selain kalori melon aman bagi ibu hamil, sejumlah nutrisi dalam buah melon penting bagi kesehatan ibu hamil. Kalium menjaga kesehatan jantungnya, vitamin C berkhasiat menguatkan sistim kekebalan tubuh. 

Potassium dalam buah melon berkhasiat mencegah sakit kram, mual dan nyeri. Terutama nyeri perut saat haid datang, konsumsi buah melon dapat melancarkan aliran darah saat datang bulan. 

Kalori melon juga mengandung vitamin A yang baik untuk pertumbuhan rambut dan mencegah rambut rontok. Vitamin A baik juga untuk kesehatan mata Anda, dipercaya dapat mencegah katarak dan melindungi mata dari sinar UV. 



Kalori Melon dan Jenis Ragam Buahnya


kalori melon, buah melon, manfaat buah melon, cara menanam melon, jual benih melon, toko pertanian, online shop, lmga agro
Kalori Melon Benih Merlin F1 

Kalori melon
tersedia di semua jenis melon karena ragam buah melon banyak sekali. Melon memiliki nama latin Cucumis melo L sejenis tanaman menghasilkan buah dengan nama yang sama. Tanaman melon termasuk dalam suku labu-labuan atau Cucurbitaceae. 

Hasil buahnya lebih sering dimakan sebagai buah meja atau diiris-iris sebagai campuran es buah. Bagian daging buahnya disebut mesokarp mengandung kalori melon rendah. Tekstur daging buah lunak dengan warna ada putih sampai oranye tergantung kultivarnya. 

Tanaman rendah kalori melon merupakan jenis tanaman semusim, merambat tapi menjalar bukan memanjat ke atas. Daun berbentuk menjari dengan lekuk moderat seperti lingkaran bersudut. Batang tanaman melon tidak berkayu. 

Buah rendah kaori melon ini berdaging tebal, manis dan aromanya harum. Pemuliaan tanaman benih melon diarahkan mendapatkan buah dengan kriteria manis, tebal dan harum tersebut.

Ada 3 jenis buah melon di Indonesia yaitu Cantalupensis, termasuk juga blewah dalam kelompok ini. Reticulatus, melon paling banyak dikenal dan kulit buahnya berjala. Inodorus, adalah buah melon madu ( honeydew ) dengan bentuk oval dan kulit berkerut. 

Buah melon meski jenisnya berbeda-beda dan warna daging berbeda pula. Namun semua buah melon rendah kalori melon dan mengandung vitamin serta mineral yang sangat dibutuhkan tubuh. 



Rendah Kalori Melon Bermanfaat untuk Program Diet


Kalori melon dalam 100 gram buah adalah sebanyak 33,7 kcal termasuk rendah dan cocok sebagai menu diet. Kalori buah melon mengandung vitamin antara lain vitamin A, B6, B1, B3 dan C. 

Nutrisi lainnya juga tak kalah penting dalam mendukung kalori melon. Yaitu potasium, likopen, karotenoid, betakaroten, asam folat, niasin, proteim, karbohidrat, thiamin dan lain-lain. Nutrisi kalori melon baik untuk tubuh kita. 

Seperti halnya juga kandungan Niasin. Niasin berfungsi memperlancar pencernaan dan mengubah protein, lemak dan karbohidrat menjadi energi bagi tubuh. 

Kalori melon dalam jumlah rendah baik untuk program diet. Seratnya bermanfaat melancarkan pencernaan. Buah melon memberikan nutrisi dengan kandungan kalori melon yang aman bagi tubuh. Selain itu, juga kaya akan antioksidan sehingga mampu menurunkan berat badan lebih cepat. 

Kandungan kalori melon menyebabkan tahan kenyang lebih lama dan menunda rasa lapar. Kandungan air tinggi mengandung kalori melon yang menyebabkan tidak cepat merasa lapar. Adanya kalori melon sangat membantu kinerja sistim pencernaan.



Kalori Melon Dalam Buah Segar Menyehatkan


kalori melon, buah melon, cara menanam melon, jual benih melon, toko pertanian, toko online, lmga agro
Benih Melon Hijau F1

Menanam buah rendah kalori melon dapat tumbuh baik dan sehat sebaiknya harus memenuhi syarat tumbuhnya. Syarat tumbuh ini sifatnya wajib karena bila salah satu tidak terpenuhi maka pertumbuhan menjadi tidak optimal. 

Cara menanam melon sangat optimal pada ketinggian 250 - 800 meter di atas permukaan laut. Iklim hujan ideal adalah 1500 - 2500 mm/tahun. Kelembaban udara yang disukai yaitu 50 - 70 %. Jenis tanah disukai tanah andosol atau tanah liat berpasir dan memiliki kandungan organik tinggi. 

Mendapatkan buah melon terbilang cukup mudah. Setiap saat kita mendapati buah melon tersedia di pasar. Di Indonesia terdapat 3 jenis melon terkenal di pasar-pasar baik tradisional maupun modern. 



1. Melon Hijau ( Sky rocket ) 

Melon sky rocket mudah ditemui di pasaran. Jenis melon ini banyak dipilih untuk dibudidayakan. Bentuk buah bulat, kulit tebal dan permukaan buah berwarna hijau. Kulit bersisik jaring berwarna kelabu. 

Melon Sky rocket berdaging buah warna hijau, tekstur lebih lembek dan berair. Kalori melon jenis Sky Rocket menyehatkan dan cocok dibuat jus atau dimakan langsung. 


2. Melon Kuning

Disebut juga rock melon dengan bentuk mirip melon hijau ( sky rocket ). Melon kuning kulitnya berjaring lebih jarang. Namun jaring lebih tegas dan kasar. Kalori melon daging buahnya berwarna oranye dan rasa lebih manis. 

Kalori melon jenis rock melon mengandung air lebih sedikit sehingga tekstrur daging lebih kering. Jenis ini juga cocok diolah sebagai minuman jus atau dimakan langsung. 


3. Golden Melon

Kulit buah melon jenis ini berwarna kuning keemasan. Permukaan kulit tidak berjaring, yaitu halus. Daging buah berwarna putih, tekstur buah renyah dan manis. Cocok disajikan dalam bentuk salad buah. 



Harga Melon Juga Bisa Fluktuatif


Harga melon ternyata juga bisa mengalami kenaikan dan menurun secara drastis seperti pada harga cabe. Harga melon sering kali berubah bila sewaktu panen dekat dengan bulan Ramadhan. Situasi demikian membuat rentan perekonomian petani dan pedagang bernasib tak tentu. 

Adanya pandemi Covid 19 membuat harga panen petani baik sayur dan buah menjadi turun baik harga maupun penjualan. Pengaruhnya bisa ke seluruh wilayah Indonesia. 

Situasi pasar menjadi sepi karena pelarangan ke luar rumah dan bergerombol. Ditambah minat konsumen belum pasti karena banyak orang tidak lagi bekerja dan tidak mampu membeli buah. 

Harga melon saat panen di musim kemarau panjang membuat Petani dapat bernafas lega. Pasalnya panen di musim kemarau panjang membuat harga melon meningkat dibanding bulan-bulan kemarin. Bila sedang panen raya, harga buah dan sayur apa pun cenderung menurun. 

Harga melon bisa turun drastis sampai Rp. 1500 per kilogram jika panen raya. Hal ini pasti membuat petani tidak bisa balik modal. Namun berangsur naik hingga Rp. 5000 per kilogram bila tidak musim panen raya. 

Namun ada juga saat memasuki bulan Ramadhan dan bersamaan dengan panen raya. Justru harga melon bisa tinggi. Karena buah melon banyak diserbu warga untuk kebutuhan akan buah segar dibuat untuk berbuka puasa. 

Meski panen raya di bulan puasa, Petani melon ada yang bisa merasakan harga melon cukup tinggi. Hal ini karena permintaan di pasar lokal meningkat. Masyarakat menyukai melon oranye jumbo dan laris manis di pasar lokal. 

Harga melon di tingkat konsumen mencapai Rp. 11.000 sampai Rp. 12.000 per kilogram. Sedangkan di hari biasa, di luar bulan Ramadhan, harga melon hanya Rp. 9000 sampai Rp. 10.000 per kilogram. Harga semangka juga naik menjadi Rp. 5000 per kilo dari harga biasa Rp. 3000 per kilogram. 





Cara Budidaya Melon, Buah Berkalori Rendah


Kalori melon, buah melon, cara menanam melon, jual benih melon, toko pertanian, online shop, lmga agro
Menanam Melon 
Menguntungkan

Panen raya buah melon
seringnya terjadi di pertengahan musim kemarau. Karena awal musim kemarau dimanfaatkan Petani menanam melon. Tepatnya di bulan Mei sampai Agustus. Saat dirasakan intensitas turun hujan mulai menurun dan jarang terjadi hujan. Petani mulai menanam melon. 

Tanaman melon meski banyak mengandung air dan rendah kalori melon, namun tidak suka curah hujan deras selama pertumbuhannya. Kadar kemanisan dalam kalori melon dipengaruhi jumlah air yang diserap. Terutama saat fase pematangan buah. Yaitu sekitar tanaman berumur 50 - 55 HST. 

Kalori melon memiliki kadar kemanisan tinggi, yaitu sekitar 12 - 14 Brix. Karenanya, begitu tanaman memasuki fase pematangan buah maka aktivitas pengairan dihentikan. 

Budidaya melon di awal musim kemarau, Kita dapat mengatur jumlah debit air untuk meyiram tanaman. Sejak awal penanaman benih sampai menjelang panen. Di musim hujan, turun hujan deras tanpa bisa kita atur maupun terka kapan datangnya. Buah melon kadang terasa hambar dan kurang manis. 

Budidaya melon dapat diatur berdasarkan posisi pertumbuhannya dan ada 2 jenis caranya. Cara pertama yaitu posisi pertumbuhan merambat keatas secara vertikal dengan bantuan lanjaran. Cara kedua, pertumbuhan tanaman dibiarkan menjalar ke permukaan tanah ( horisontal ). 

Proses perawatan dengan cara dirambatkan vertikal lebih mudah perawatannnya dibandingkan menjalar. Dirambatkan secara vertikal cocok untuk lahan sempit dan jumlah tanaman juga bisa tetap banyak. 

Lanjaran dibuat dari bambu karena bambu memiliki serat yang kuat dan bisa dipakai berulang-ulang. Biaya untuk membuat lanjaran dari bambu juga tidak mahal. Cara membuatnya pun mudah bila dibandingkan jenis kayu lainnya. 



Langkah-Langkah Cara Menanam Melon


Persiapan Lahan 

Sama dengan jenis tanaman dari famili Cucurbitaceae atau timun-timunan, maka tanaman melon menyukai kondisi lahan dan tanah hangat. Sehingga lebih cocok ditanam di dataran rendah sampai sedang yaitu dari 0 - 600 m dpl. 

Persiapan lahan menanam melon yaitu membuat bedengan berukuran lebar 120 cm, tinggi 30 cm dan panjang 10 m atau panjang disesuaikan luas lahan. Jarak antar bedengan idealnya adalah 60 cm. Pembuatan bedengan sebisa mungkin cahaya matahari dapat diterima tanaman agar proses fotosintesis bisa maksimal.  

Juga tak kalah penting adalah sirkulasi udara berlangsung lancar agar tanaman terhindar dari serangan jamur. 


Pemberian Pupuk Dasar

Tanaman rendah kalori melon ini masuk dalam tanaman berumur pendek. Selama tumbuhnya membutuhkan air dan unsur hara baik makro maupun mikro. Tiap satu tanaman bisa menghasilkan buah melon 2 - 4 buah dengan bobot 2 - 3 kg. 

Pupuk dasar budidaya melon berupa campuran pupuk kandang kotoran sapi atau kambing yang telah kering. Yaitu pupuk kandang sebanyak 850 - 1 kg per tanaman. Tambahkan juga pupuk kimia yaitu NPK 25 gram/tanaman, ZA 10 gram/tanaman dan SP 36 yaitu 10 gram per tanaman. 

Semua bahan pupuk dicampur lalu diberikan ke bedengan secara merata. Cek pH tanah bila kurang dari 6 maka berikan Dolomit ditiap bedengan sebanyak 5 - 7 kg. Pasang juga mulsa plastik hitam perak atau mulsa jerami untuk mempertahanka kelembaban tanah. 




Benih Melon Hibrida Untuk Pembibitan


Benih melon hibrida menghasilkan kalori melon berkualitas baik berasal dari pabrik benih terpercaya. Dapat Anda peroleh lengkap di Toko Pertanian Online LMGA Agro. Tersedia melon berbagai varietas dari jenis melon hijau, melon oranye ( rock melon ) dan golden melon.  

Benih melon produksi pabrik terjamin kualitasnya dan dipastikan menghasilkan produksi maksimal. Benih hibrida memiliki keunggulan tahan penyakit akibat jamur, bakteri bahkan virus. Tanaman lebih tahan dari serangan hama. 

Pembibitan sebaiknya diberi penutup pelindung dari plastik transparan yang dapat dibuka tutup. Pembibitan melon dilakukan selama 1 minggu dapat di polybag kecil atau baki semai. Media semai berupa campuran pupuk kandang dan tanah ( 1 : 1 ). 


Pindah tanam

Setelah bibit melon umur 1 minggu dan memiliki daun 3 helai daun. Maka bibit dapat dipindahkan ke lahan tetap dimana telah disiapkan sebelumnya. Jarak tanam untuk melon adalah 50 - 60 cm antar tanaman. Penanaman bibit dilakukan pagi dan sore hari saat matahari tidak terik sekali. 

Penanaman bibit ke bedengan dilakukan dengan hati-hati. Usahakan untuk tidak merusak akar bibit saat pindah tanam ke bedengan. Sebelum dan sesudah penanaman, harus dilakukan penyiraman untuk memudahkan proses pemindahan tanam bibit. 




Pemeliharaan Tanaman Melon


kalori melon, buah melon, tanaman melon, cara menanam melon, jual benih melon, toko pertanian, online shop, lmga agro
Pupuk Berkualitas | LMGA Agro
Penyiraman
dilakukan agar tanaman melon dapat tumbuh dengan baik. Perawatan lainnya yang juga tak kalah penting adalah pemupukan susulan. Kebun harus selalu dibersihkan dari tumbuhan liar atau gulma dan sampah disekitar tanaman. 

Pada budidaya melon, tanaman umur 0 HST sampai umur 24 HST, penyiraman dilakukan setiap pagi hari. Setelah melewati umur 24 HST, penyiraman menjadi lebih jarang yaitu 3 kali seminggu sampai tanaman umur 50 - 55 HST. 

Pupuk susulan budidaya melon dilakukan secara berkala setiap 1 minggu sekali. Pemberian pupuk dengan cara kocor lebih baik bila untuk musim kemarau. Pupuk lebih cepat diserap tanaman dan tidak banyak pupuk terbuang karena menguap. 

Pupuk diberikan sebanyak 250 ml per tanaman. Jadwal pemberian pupuk anatara lain :

- Umur 7 HST menggunakan pupuk NPK 3 gr/tanaman dan ZA 2 gram/tanaman. 

- Umur 14 HST NPK 3 gram/tanaman, ZA 2 gram/tanaman + Boron 0,5 gram/tanaman. 

- Umur 28 HST menggunakan NPK 3,5 gram/tanaman, ZA 2,5 gram/tanaman dan TSP 2 gram/tanaman. 

- Umur 42 HST yaitu NPK 4 gram/tanaman, TSP 3 gram/tanaman dan KCl 3 gram/tanaman.

- Umur 49 HST NPK 4 gram/tanaman, TSP 3 gram/tanaman dan KNO3 3 gram/tanaman.

- Umur 56 HST yaitu NPK 4,5 gram/tanaman dan KNO3 dosis 4 gram/tanaman. 


Pemangkasan 


Pemeliharaan tanaman melon perlu dilakukan pemangkasan cabang agar nutrisi yang diserap akar tanaman dapat dimanfaatkan secara optimal. Biasanya cabang yang dipelihara sampai tanaman menghasilkan sebanyak 2 cabang sekunder. 


Penyerbukan Buatan 

Penyerbukan buatan dilakukan pleh si penanam. Biasanya bunga jantan dan betina muncul pada umur 28 - 35 HST. Setelah muncul bunga, Kita bisa melakukan penyerbukan buatan. Caranya, benang sari pada bunga jantan kita oleskan ke putik bunga betina. Sebaiknya pilih putik yang tumbuh mulai ruas daun ke-8. 


Seleksi Buah

Seleksi buah yaitu dengan cara membuang bakal buah yang berukuran kecil dan cacat. Seleksi buah dilakukan saat ukuran buah sebesar telur ayam. Jumlah buah sampai panen yang dipelihara hingga besar adalah sebanyak 2 - 4 buah per tanaman. 

Bila sudah terbentuk bakal buah dan sehat maka bakal buah sebaiknya digantung. Yaitu dengan mengikat cabang pangkal buah dengan menggunakan tali salaran atau rafia. Tali salaran khusus untuk mengikat tanaman tersedia di Toko Pertanian LMGA Agro. 

Setelah cabang pangkal buah diikat, selanjutnya memangkas cabang tersier. Sisakan 2 helai daun yang tumbuhnya dari batang bakal buah. Lakukan juga pemangkasan pucuk daun. Tujuannya agar supaya buah melon nanti memiliki kadar kemanisan tinggi. 

Pemangkasan pucuk daun membuat nutrisi yang diserap dari tanah akan fokus untuk pematangan dan pembesaran buah. Pemangkasan pucuk daun atau tanaman setelah jumlah ruas di masing-masing cabang sekunder sebanyak 25 ruas. 


Cara Panen Buah Melon 


Buah melon siap dipanen setelah berumur 65 - 75 HST. Ciri-ciri melon siap dipetik memiliki kalori melon yang maksimal. Buah melon matang mengeluarkan aroma khas dan harum. Kalori melon juga sudah dapat bermanfaat bila kita konsumsi. Perubahan kulit buahn menjadi warna kekuningan. 

Cara memetik buah melon menggunakan gunting pangkas. Sisakan 2 cabang masing-masing panjangnya 2,5 cm sampai 5 cm. 

Buah melon menjadi cemilan dengan kalori melon bernilai rendah. Sepotong buahnya memiliki kalori melon sekitar 88 kalori. Kalori melon kategori rendah karena banyak mengandung air. Meskipun rendah kalori melon, namun kandungan airnya banyak mengandung serat. 

Juga mengandung Kalium, Vitamin C, beta karoten dan likopen. Kalori melon rendah, kandungan air dan serat tinggi dapat Anda manfaatkan untuk menurunkan berat badan. Lakukan kegiatan fisik dan olahraga secara rutin dan mengurangi makan siap saji. Agar manfaat kalori melon berdampak pada kesehatan kita. 

Demikian artikel Kami judul : Kalori Melon Rendah, Buah Segar Kaya Manfaat dan Mudah Menanamnya. Hubungi nomer kontak Kami di 082141747141 ( telepon ) dan 08125222117 ( SMS/WA ). Toko Pertanian Online LMGA Agro menyediakan kebutuhan bercocok tanam lengkap dan barang berkualitas. 

Kami juga menerima layanan konsultasi pertanian gratis bagi Anda baik Petani profesional maupun para hobiis berkebun. Anda juga bisa bergabung bersama Kami sebagai dropship dan reseller produk pertanian Toko Online LMGA Agro. 

Semoga artikel Kami bisa menambah wawasan pengetahuan pembaca tentang manfaat melon dengan kalori melon yang bermanfaat tinggi. Cara menanam melon juga dapat dilakukan di lahan sempit atau pekarangan rumah. Sebagai usaha dalam pemenuhan kalori melon setiap harinya. Selamat mencoba, salam sukses...


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon untuk berkomentar secara bijak dan sesuai bahasan.