TOKO ONLINE PERTANIAN LMGA AGRO, TEMPAT BELANJA ONLINE PETANI MURAH, AMAN DAN PROMO. BELANJA SILAKAN HUBUNGI KAMI DI : SMS / WA : 081 252 22 117, LAYANAN KONSULTASI PERTANIAN GRATIS HP. 082 141 747 141.

KETIK JUDUL/LABEL ARTIKEL YANG DICARI PADA KOLOM DI BAWAH INI

30/08/20

Daun Semangka Tumbuh Sehat Tanpa Bercak, Keriting dan Kuning

daun semangka, tanaman semangka, buah semangka, cara menanam semangka, jual benih semangka, toko pertanian, online shop, lmga agro
Daun Semangka Sehat 

Daun Semangka Tumbuh Sehat Tanpa Bercak, Keriting dan Kuning. HP 082141747141 ( khusus telepon ) dan 08125222117 ( khusus SMS/WA ). Toko pertanian online LMGA Agro jual benih hibrida dan unggul, ada pupuk, pestisida, ZPT dan alat pertanian. Sedia benih semangka dan pestisida untuk mendukung daun semangka tumbuh sehat. 

Daun semangka tumbuh sehat dipastikan hasil panen juga akan maksimal. Daun semangka sebagai tempat terjadinya proses fotosintesis pada tumbuhan. Fungsi daun pada tumbuhan sangat penting. Namun ada kalanya usaha budidaya kita mendapat tantangan. 

Hama dan penyakit tanaman seringnya menyerang daun semangka. Akibatnya daun semangka menjadi timbul bercak, menguning, pucat sampai mengeriting dan kering. Segala usaha pencegahan harus dilakukan sejak awal seperti pemilihan benih bebas penyakit. 

Daun semangka sehat diharapkan setiap petani semangka. Banyak penyebab daun semangka menguning, timbul bercak sampai mengeriting. Budidaya semangka tepat dan pemeliharaan baik dan benar kuncinya. 

Toko pertanian LMGA Agro menerima layanan konsultasi gratis pertanian. Anda dapat menanyakan tentang gejala daun semangka sakit atau permasalahan lainnya. Kami juga mengajak kerja sama sebagai dropship dan reseller Toko pertanian. 

Kami siap kirim pesanan Anda ke seluruh wilayah Indonesia bersama jasa ekspedisi terpercaya. Yaitu JNE, KI8, Pos Indonesia dan lain-lain. Kami telah berpengalaman sebagai supplier produk pertanian. Kami didukung oleh banyak pabrik benih terkemuka dan terpercaya di Indonesia. 


Buah Semangka Sehat Kaya Manfaat


Buah semangka terkenal memiliki kandungan air tinggi dan sangat menyegarkan. Tak heran banyak orang memfavoritkan buah ini. Semangka seringkali dijadikan andalan untuk menghilangkan dahaga bila cuaca sedang panas. 

Bila matang sempurna, rasa buah semangka sangat manis dan menyegarkan. Kandungan air dalam buah semangka mencapai 92%. Nutrisi vitamin dan mineralnya antara lain : vitamin A, viatamin B6, C, likopen sampai asam amino. Buah semangka mengandung potassium kadar rendah. 

Manfaat buah semangka juga sudah diakui bagi beberapa orang yang sedang menjalani program diet. Diyakini bahwa semangka cocok dimasukkan menu untuk diet karena bebas lemak dan rendah sodium. 


Beberapa manfaat buah semangka antara lain : 

- Mencegah dehidrasi karena kandungan airnya tinggi. Efektif menurunkan suhu tubuh dan tekanan darah. 

- Mampu melembabkan tubuh saat musim panas sekaligus menyegarkan tubuh. 

- Pelindung sistim saraf karena mengandung Kalium. Seseorang yang kekurangan Kalium dalam tubuhnya, mudah sekali ia terkena kram di malam hari. 

- Membantu tubuh tidak mudah terserang asma. Frekuensi serangan asma akan menurun disebabkan kandungan vitamin C dalam tubuh tinggi. Buah semangka mengandung vitamin C tinggi. 

- Menjaga kesehatan kulit dan rambut karena adanya kandungan vitamin A dan C. Fungsi vitamin A membantu memperbaiki sel-sel kulit yang rusak. 

- Kandungan likopen pada buah semangka melindungi kulit dari sinar UV matahari. Vitamin C membantu dalam memproduksi kolagen kulit. Kolagen adalah protein yang dapat memperkuat rambut agar tidak mudah rontok. 

- Serat buah semangka tinggi sehingga membuat perut kenyang lebih lama. Kita menjadi tidak sering makan otomatis berat badan menjadi stabil. 

Nama latin semangka adalah Citrullus lanatus dan masuk dapal keluarga Cucurbitaceae. Tanaman berbentuk runcing rendah ke tanah. Tanaman semangka berasal dari Afrika selatan dan tumbuh liar di seluruh wilayah Afrika. Diperkirakan ada 1200 jenis kultivar tersebar di seluruh dunia. 



Hama Penyebab Daun Semangka Rusak  



Kutu Daun Semangka ( Aphids dan Thrips )

Kutu aktif di malam hari dan suka menyerang daun semangka terutama yang muda. Kutu menghisap cairan daun semangka hingga berubah warna seperti perunggu. Kutu menyukai menetap di permukaan daun semangka bagian bawah.

Lama-lama daun semangka akan mengkerut, keriting, kering dan mati. Hama kutu berperan juga sebagai vektor penyebar virus.  


Kumbang/Oteng-Oteng Menyerang Daun Semangka

Nama latinnya ( Aulacophora femoralis ), aktif dimalam hari dan berpindah-pindah dengan gerakan yang cepat. Kumbang menyerang daun semangka dan bunga sampai berlubang semua. Anda dapat menangkapnya langsung dan dimatikan. 


Kutu kebul ( Bermisia tabaci

Kutu kebul menyukai menyerang daun semangka pada masa imago dan nimfa. Caranya menghisap cairan daun semangka sampai sel-sel dan jaringan daun semangka rusak. Daun semangka sampai muncul bercak nekrotik

Begitu dewasa menjadi kutu dan berperan sebagai hama vektor penyebar virus. Hama kutu kebul adalah penyebar virus Gemini penyebab sakit Bulai. Bila sudah terserang, tidak bisa diobati sehingga tanaman harus dicabut lalu dimusnahkan. 


Ulat grayak ( Spodoptera litura

Hama ulat grayak juga menyukai menyerang daun semangka terutama daun muda. Daun semangka hingga menjadi berlubang-lubang dan rusak. Bila ulat grayak sudah menghabiskan daun maka beralih menyerang batang muda hingga buahnya. Ulat aktif di malam hari sehingga harus diberantas di malam hari. 


Liriomyza sp. Penggorok Daun Semangka


Hama Liriomyza menyukai menyerang daun semangka meninggalkan bekas guratan berwarna perak. Serangan akan semakin berat bila guratan di seluruh permukaan daun semangka. Akibatnya proses fotosintesis akan terganggu dan menghambat pertumbuhan tanaman. 


Kepik ( Henosepilachna spp. )

Larva dan imago hama kepik menyukai hidup di permukaan daun semangka sambil memakan jaringan didalamnya. Daun semangka menjadi berlubang-lubang hingga tersisa tulang daunnya. 


Ulat Perusak Daun Semangka 

Ulat bergaris hitam atau hijau ini menyukai makan daun semangka hingga tinggal lapisan lilinnya. Bila dilihat dari jauh tampak daun berlubang-lubang. Ulat dapat diambil satu per satu lalu dimatikan langsung. 


Tungau ( Tetranychus cinnabarinus )

Tungau membuat sarang berupa jaring di bawah permukaan daun semangka. Sambil menghisap cairan tanaman hingga daun semangka menjadi pucat. 


Ulat tanah (Agrotis ipsilon)

Ulat tanah bersembunyi dalam tanah dan bergerak di malam hari. Menyukai menyerang pangkal batang sampai daun semangka. 


Baca Juga : Semangka Inul Kuning Sun Bao Idaman Baru Petani 


Penyakit Penyebab Daun Semangka Layu


Layu Fusarium

Daun semangka akan tampak layu di siang hari meski di pagi dan sore, daun segar. Layu seperti kekurangan air meski warna daun masih hijau namun layu. Kelayuan ini disebabkan lingkungan terlalu lembab hingga tumbuh janur Fusarium oxysporum. Tanaman akan mati, daun semangka akan membusuk dan kering. 


Antraknosa

Penyebabnya adalah jamur Colletotrichum lagenarium yang menyukai kondisi lembab di kebun. Permukaan daun semangka tampak bercak kecoklatan berubah memerah lalu mati. 


Layu bakteri

Disebabkan oleh bakteri Erwinia tracheiphila. Semua daun semangka layu permanen dan jika batang dipotong melintang tampak pembuluh xylemnya menghitam. Cabut tanaman, bakar dan dibuang agar tidak menular ke tanaman lain. Semprotkan bakterisida Agrimicin dan Fungisida berbahan aktif Tembaga ( Cu ). 


Embun Tepung ( powdery mildew )

Disebabkan oleh jamur dan mengakibatkan daun semangka dan batangnya dilapisi semacam tepung putih. Semakin lama, batang dan daun semangka menjadi berwarna coklat dan mengkerut. Tanaman menjadi lemah dan kerdil. 


Watermelon Virus ( WMV )

Disebabkan oleh virus yang disebarkan hama Aphids dan Thrips. Akibatnya, daun semangka melepuh, belang-belang, berubah bentuk dan mengkerut. Tanaman menjadi kerdil karena proses fotosintesis terganggu.  


Bercak Daun

Penyebabnya adalah spora cendawan patogen dari bibit penyakit tanaman lain dan terbawa oleh angin. Akibatnya daun semangka timbul bercak-bercak bulat berwarna kuning. Lalu berangsur berubah menjadi warna coklat kehitaman dan menyebar. Daun semangka kering lalu mati.  


Karat Daun

Penyebabnya yaitu oleh virus, dibawa oleh hama yang menetap di daun semangka. Aibatnya, daun semangka melepuh, belang-belang dan cenderung berubah bentuk. Tanaman menjadi kerdil. Pengendalian difokuskan ke hama vektornya. 





Cara Pengendalian Penyebab Daun Semangka Rusak


daun semangka, buah semangka, tanaman semangka, jual benih semangka, toko pertanian, toko online, lmga agro
Pestisida Pengendalian Hama dan Penyakit

Penanaman Tanaman Semangka Serempak.
Menurut pengalaman petani di lahan pasir pantai, penanaman tidak serempak ( ada yang menanam lebih dulu ). Maka bagi yang tanam belakangan akan berisiko tinggi terserang hama dan penyakit dari penanaman sebelumnya yang pindah tempat. 

Sehingga disepakati harus tanam serempak bila ada yang mendahului akan dicabuti bersama-sama sebagai sanksi sosial. 

Penyakit bercak daun semangka sering terjadi di musim hujan dan jarang ditemui di musim kemarau. Penyebabnya yaitu jamur dan bakteri patogen yang banyak menyerang daun semangka. Jamur bermunculan bila kelembaban lingkungan tinggi. 

Jamur dan bakteri mudah muncul di keadaan lembab ditambah kadar Nitrogen bebas yang tinggi akibat dari air hujan. Gejala tampak pada daun semangka terdapat bercak warna kuning dan hitam. Lama kelamaan bercak meluas hingga mematikan daun semangka. Akibatnya proses fotosintesis terganggu karena klorofil daun rusak. 

Bercak berwarna kuning biasanya disebabkan jamur maka pengendalian menggunakan fungisida kontak. Bercak berwarna hitam disebabkan oleh bakteri sehingga pengendalian menggunakan bakterisida. Bila semain berat, lakukan penyemprotan fungisida sistemik berbahan aktif difekonazol setiap 1 minggu sekali. 


Mengatasi Penyakit Antraknosa Tanaman Semangka


Sering terjadi di musim hujan dan penyebabnya adalah jamur patogen. Antraknosa tanaman semangka sama dengan pada tanaman cabai. Gejalanya ada bercak busuk pada daun semangka dan buahnya. Sering disebut busuk buah semangka. 

Ciri khasnya yaitu ada bercak kehitaman di daun semangka atau lesi busuk di buah. Bentuk lesi melingkar mirip sarang laba-laba. Antraknosa mudah menyebar lewat percikan hujan. Penyakit ini ditakuti Petani semangka dan menjadi momok penanaman di musim hujan. 

Jaga selalu kebersihan lahan dari gulma liar dan perhatikan drainase air. Pengendalian dengan disemprot fungisida kontak berbahan aktif propineb atau klorotalonil setiap 3 hari sekali berturut-turut. Kemudian dilanjutkan fungisida sistemik berbahan aktif difekonazol. 


Mengatasi Penyakit Daun Semangka Keriting


Penyakit daun semangka keriting lebih dominan terjadi di musim kemarau. Penyebabnya bisa bermacam-macam namun lebih sering disebabkan oleh hama Thrips. Hama vektor penyebab penyakit daun semangka keriting adalah Thrips. 

Penyebab lainnya daun keriting adalah defisiensi unsur Nitrogen dalam tanah. Juga bisa adanya infeksi virus yang dibawa serangga jenis kutu daun. 

Musim kemarau dan suhu tinggi serta kelembaban rendah membuat telur kutu daun dan thrips mudah menetas. Sehingga terjadi ledakan populasi hama dan mengancam tunas muda tanaman semangka. 

Hama Thrips menghisap cairan pucuk tunas dan daun-daun semangka muda. Konsentrasi air liur dan virus yang dibawa hama Thrips membuat sel daun semangka rusak. Akibatnya daun semangka menggulung dan tunas gagal tumbuh sehingga tanaman menjadi kerdil. 

Daun semangka keriting sulit diobati. Namun Anda bisa mencoba kombinasi ZPT Auksin dan Sitokinin dengan interval 3 - 5 hari. Lakukan bersamaan penyemprotan pupuk daun yang nutrisinya lengkap. Tambahkan juga kocoran NPK plus Boron guna mendorong pertumbuhan tunas baru yang sehat.  


Tentang Daun Semangka Menguning


Daun semangka menguning merupakan tanda ada sesuatu hal serius terjadi dan sulit diatasi. Beberapa sebab daun semangka berubah kuning, antara lain : 

- Tanaman kekurangan Nitrogen. Daun muda dan tua tanaman semangka menunjukkan tanda-tanda kekurangan Nitrogen. Yaitu dengan berubahnya warna daun dari hijau berangsur lebih terang hingga kuning. Sering terjadi di musim kering dan kekurangan unsur hara. 

Anda harus menambah pemberian air bila cuaca kering, gunakan mulsa platik hitam perak untuk menjaga kelembaban dan pemupukan teratur. 

- Fusarium Wilt. Yaitu jamur penyebab layu tanaman, sulit diobati dan serangannya lambat namun ada. Jamur akan masuk ke jaringan tumbuh dan mengganggu jalannya air dan unsur hara. Sehingga tanaman tidak mendapatkan makanan sama sekali hingga daun semangka menguning dan tanaman mati. 

Tidak bisa melakukan apa-apa kecuali tanaman harus dicabut. Selanjutnya mulai melakukan rotasi tanaman untuk melindungi musim tanam selanjutnya. 

- Southern Blight. Bila daun semangka menguning dan buah membusuk maka dipastikan terserang hawar Selatan. Cara menyerangnya mirip Fusarium Wilt, menyerang jaringan tanaman dan mengeringkan dari dalam. Serangan hawar Selatan lebih cepat dan tidak bisa diobati. Tanaman harus dicabut. 




Tentang Daun Semangka Berwarna Coklat


Umumnya daun semangka muncul bintil coklat atau area berwarna coklat. Penyebabnya antara lain : 

- Alternaria Leaf Blight. Yaitu daun semangka bintik-bintik dan diawali bintik kecil. Lalu berkembang cepat menjadi bintik-bintik coklat tidak teratur sebesar 3/4 inci. Alternaria adalah cendawan patogen, biasanya menyebar dan seluruh daun akan berwarna coklat lalu mati.

- Sudut Daun Spot. Bintik-bintik di sudut, tidak bulat dan mengikuti urat daun semangka. Akhirnya jaringan rusak dari daun semangka dan meninggalkan pola lubang tidak teratur. Pengendalian menggunakan fungisida mengandung Cu dapat memperlambatnya. 

- Phytopthora Blight. Daun semangka selain menjadi warna coklat juga kuning dan serangan berat tanaman dapat mati. 

- Gummy Stem Blight. Daun semangka menjadi warna coklat ( browning ) mulai dari tepi daun dan bergerak ke dalam. Pemyakit ini sering menyerang di seluruh tanaman merambat dan sulit diobati. Rotasi tanaman harus dilakukan untuk memutus siklus hidup penyakit ini. 



Fungsi Daun Semangka Untuk Tumbuhan 


daun semangka, tanaman semangka, buah semangka, cara menanam semangka, jual benih semangka, toko pertanian, toko online, lmga agro
Mulsa Plastik Hitam Perak 

Daun semangka
salah satu organ tumbuh bagian dari ranting. Berwarna hijau karena mengandung klorofil. Daun semangka berfungsi sebagai penangkap energi dari sinar matahari dan energi tersebut digunakan untuk fotosintesis. 

Daun semangka organ penting bagi tanaman semangka. Tempat berlangsungnya hidup tanaman. Daun harus memasok kebutuhan energinya sendiri melalui konversi cahaya matahari diubah menjadi energi kimia.  

Daun sempurna terdiri dari 3 bagian yaitu pelepah, tangkai dan helai daun. Dan helai daun bagian terpenting dan paling dominan bekerja. Bentuk helai daun bermacam-macam, ada helaian tipis dan ada yang tebal. 

Warna hijau daun berasal dari kandungan klorofil daun. Klorofil adalah pigmen berperan menyeleksi panjang gelombang cahaya yang energinya diambil dalam fotosintesis. Selain klorofil, daun juga mengandung pigmen lain. Yaitu karoten ( jingga ), xantofil ( kuning ) dan antosianin ( merah, biru, ungu tergantung pH ). 

Daun semangka gugur bila kehilangan klorofil dan berubah warna menjadi kuning atau merah. Fungsi dari daun antara lain : 

- Sebagai tempat terjadinya proses fotosintesis.
- Sebagai organ pernapasan.
- Tempat terjadinya transpirasi. 
- Tempat terjadinya gutasi.
- Daun sebagai alat perkembangbiakan vegetatif ( tanaman cocor bebek ).  

Struktur Daun Semangka, antara lain : 

- Epidermis adalah lapisan daun semangka terluar dan berfungsi melindungi jaringan di bawahnya. 

- Jaringan Mesofil terdiri dari jaringan tiang dan mengandung banyak kloroplas. Fungsinya dalam proses pembuatan makanan. Ada jaringan bunga karang sebagai tempat menyimpan cadangan makanan. 

- Berkas Pembuluh angkut terdapat xylem ( pembuluh kayu ) dan floem ( pembuluh tapis ) dan mempunyai fungsi sendiri-sendiri yang sangat penting. 

- Stomata adalah organ daun sebagai alat pernapasan ( respirasi ). Stomata mengambil CO2 dari udara dan dijadikan bahan fotosintesis. Stomata lalu mengeluarkan hasil fotosintesis yaitu O2 yang lalu dihirup makhluk-makhluk lainnya untuk hidup. Itulah udara segar dari tumbuhan. 


Baca Juga : Semangka F1 Maduri Benih Unggul dari Bintang Asia


Daun Semangka Proses Kehidupan Tanaman


1. Tempat Terjadinya Fotosintesis

Daun semangka berfungsi sebagai tempat mengolah zat makanan untuk proses kehidupan tanaman. Proses penting ini disebut fotosintesis. Fotosintesis merupakan proses biokimia pembentukan karbohidrat dari bahan anorganik. Kususnya dilakukan oleh daun mengandung zat hijau daun atau klorofil. 

Proses fotosintesis daun semangka terjadi penyerapan cahaya matahari oelh klorofil daun semangka. Energi cahaya matahari diubah menjadi energi kimia, dalam bentuk karbohidrat atau senyawa organik lain. 


2. Sebagai Organ Pernapasan

Fungsi daun semangka bagi tumbuhan selanjutnya adalah sebagai organ pernapasan. Daun semangka dan daun tanaman lainnya pasti memiliki stomata. Fungsi stomata dalam daun adalah sebagai organ respirasi. 

Stomata mengambil CO2 dari udara sebagai bahan baku proses fotosintesis. Lalu mengeluarkan O2 sebagai hasil fotosintesis. Umumnya, letak stomata ada di permukaan bawah daun semangka. Namun ada juga di permukaan atas daun. 

Tanaman semangka menyukai tumbuh di daerah dengan curah hujan 40 - 50 mm/bulan. Seluruh kebun menanam semangka harus mendapatkan sinar matahari sejak terbit sampai matahari tenggelam. Bila tanaman kekurangan sinar matahari maka biasanya umur panen menjadi mundur. 

Budidaya semangka dapat tumbuh berkembang dan berbuah pada suhu kurang lebih 25 derajat Celcius. Menyukai kelembaban udara yang cenderung rendah yaitu udara kering dan miskin uap air. 

Semangka adalah tanaman asli dari daerah kering padang pasir dan berhawa kering. Kelembaban tinggi mendorong pertumbuhan jamur patogen.  Menyukai tanah gembur dan kaya bahan organik. Tidak menyukai tanah asam dan tanah kebun atau persawahan yang dikeringkan. 



Cara Budidaya Semangka 


Daun semangka, tanaman semangka, buah semangka, cara menanam semangka, jual benih semangka, toko pertanian, toko online, lmga agro
Peluang Usaha Menanam Semangka Menguntungkan

Syarat tumbuh
tanaman semangka menyukai keasaman ( pH ) tanah antara 6 - 6,7. Jika pH < 5,5 ( masam ) maka perlu dilakukan pengapuran menggunakan dosis yang tepat sampai pH netral. 

Budidaya tanaman semangka sebaiknya di tanah porous ( sarang ) sehingga air mudah hilang tidak sampai menggenang. Namun tanah yang mudah dan cepat mengalirkan air juga kurang bagus untuk tanaman semangka. 

Tanaman semangka menyukai tumbuh di ketinggian tempat 100 - 300 m dpl. Tanaman semangka juga dapat tumbuh di daerah dekat pantai dengan ketinggian < 100 m dpl. Juga bisa tumbuh di lahan perbukitan dengan ketinggian > 300 m dpl. 

Benih untuk pembibitan semangka sebaiknya dari benih hibrida bebas penyakit. Benih hibrida dikeluarkan pabrik benih terkemuka dan terpercaya. Ada jenis benih semangka triploid ( non biji ) dengan kulit biji sangat keras. Atau jenis benih semangka haploid ( berbiji ).  

Benih semangka hibrida dari jenis triploid harus disayat benihnya menggunakan alat bantu. Benih semangka direnggangkan sedikit sehingga benih akan mudah berkecambah. Benih direnggangkan menggunakan alat gunting kuku. 

Alat gunting berbentuk segitiga panjang dan berukuran kecil. Sedangkan untuk jenis berbiji ( haploid ) mudah disemai karena benih tidak keras. Benih semangka haploid mudah membelah pada waktu berkecambah. 

Pembibitan benih dilakukan pada polybag persemaian. Polybag-polybag diletakkan berderet pada tempat yang terkena sinar matahari penuh sejak terbit sampai tenggelam. Tempat pembibitan sebaiknya diberi perlindungan plastik transparan. Mirip rumah kaca dan salah satu ujungnya terbuka dan penutup dapat dibuka tutup. 



Perawatan Bibit Sampai Penanaman 


Perawatan bibit selama persemaian yaitu Anda dapat menyemprotkan pupuk daun. Tujuannya untuk memacu perkembangan bibit. Penyemprotan pupuk untuk daun semangka setiap 3 hari sekali. Setelah umur 14 hari, bibit semangka bisa dipindahkan ke lahan yang sudah diolah sebelumnya. 

Bibit disemaikan dalam kantong polybag ukuran 12 cm x ( 0,2 - 0,3 ) mm. Satu polybag ditanam satu benih dan bagian dasar dan samping dibuat lubang tempat keluarnya air. Media persemaian 1 bagian tanah dan 1 bagian pupuk organik. Tanah dan pupuk harus diayak halus. Gunakan pupuk organik yang matang. 

Bibit dipelihara dengan baik, setelah umur 12 - 14 hari, dapat dipindah ke lahan tetap. Saat tersebut tanaman dianggap sudah kuat dan mampu beradaptasi dengan lingkungan baru. Tanaman semangka juga sudah memiliki daun semangka sebanyak 2 - 3 helai. 



Pengolahan Tanah Kebun Semangka


Cara menanam semangka di areal bekas kebun, persiapan tanah yaitu membersihkan tanah dari sisa akar tanaman sebelumnya. Untuk tanah sawah, biasanya harus dikeringkan dulu beberapa hari sampai tanah dapat dicangkul atau dibajak. Selanjutnya cek pH tanah menggunakan pH-meter. 

Pengolahan tanah yaitu berupa pembalikan tanah dan menghancurkan tanah hingga menjadi bongkahan kecil-kecil. Selanjutnya dilakukan perataan tanah. Bekas tanaman atau akar dibuang, juga segala jenis bebatuan juga disingkirkan dari kebun. 

Budidaya tanaman semangka membutuhkan bedengan agar air baik air hujan atau pentiraman dapat mengalir. Air tidak menggenang yang mengakibatkan kelembaban tinggi sehingga jamur patogen mudah tumbuh. Saluran drainase untuk mengalirnya air harus dalam keadaan baik. 

Jumlah bedengan budidaya tanaman semangka tergantung jumlah baris tanam semangka yang dikehendaki si penanam. Bentuk baris tanam dalam bedengan ada yang ganda ada bentuk tunggal. Lebar bedengan adalah 7 - 8 meter dan tinggi bedengan minimal 20 cm.

Pengapuran dilakukan bila pH tanah rendah. Pemberian jenis kapur pertanian yaitu mengandung unsur Calsium dan Magnesium. Sifat kedua unsur tersebut adalah menetralkan keasaman tanah dan menetralkan racun dari ion logam dalam tanah. 

Petunjuk pemberian kapur Dolomit per 1000 m : 

- pH tanah 4 - 5 diperlukan 150 - 200 kg Dolomit. 

- pH tanah 5 - 6 diperlukan 75 - 150 kg Dolomit. 

- pH > 6 dibutuhkan 50 kg Dolomit. 

Pupuk dasar menggunakan pupuk organik yang dibuat sendiri. Pupuk kandang berasal dari kotoran sapi atau kerbau. Pupuk kandang harus dipakai yang sudah matang dan teksturnya mirip tanah. Pupuk kandang bermanfaat membantu memulihkan kondisi tanah yang kurang subur. Dosis 2 kg/bedengan. 


Baca Juga : Toko Pertanian Online Murah Pelanggan Puas


Cara Tanam Bibit Semangka


daun semangka, tanaman semangka, buah semangka, jual benih semangka, toko pertanian, toko online, lmga agro
Bibit Sehat dari Benih Hibrida
Bebas Penyakit
Bedengan
dihaluskan dan diratakan sebagai persiapan tanam semangka. Perataan bedengan menggunakan cangkul. Pemasangan mulsa plastik hitam perak untuk menghambat penguapan air dan pertumbuhan gulma. 

Satu minggu sebelum penanaman bibit, permukaan mulsa dilubangi sampai kedalaman 8 - 10 cm. Membuat lubang tanam pada permukaan mulsa menggunakan alat pelubang mulsa. Alat pelubang mulsa dapat dibeli di Toko Pertanian LMGA Agro. 

Jarak tanam semangka yaitu 20 - 30 cm dari tepi bedengan. Jarak antar lubang tanam semangka sekitar 80 - 100 cm tergantung dari tinggi bedengan. Setelah membuat lubang tanam, areal kebun digenangi supaya tanah siap untuk ditanami bibit. Bedengan di-leb sampai setinggi 3/4 dari tinggi bedengan. Dan biarkan air meresap. 

Bibit di polybag juga perlu disiram agar mudah saat pemindahan. Sobek perlahan polybag agar tidak merusak akar. Tanam bibit beserta tanahnya dan usahakan media tanah tidak pecah. Masukkan ke lubang tanam yang sudah disiapkan sebelumnya. 

Tutup celah-celah lubang tanam menggunakan tanah. Tekan tanah perlahan agar bibit tidak mudah roboh. Beri sedikit air agar media bibit menyatu denga tanah. 



Cara Pemeliharaan Tanaman Semangka


Pemelihaaraan terutama untuk bibit semangka yang baru ditanam sampai hari ke-7 setelah pindah tanam. Penyulaman perlu dilakukan bila ada tanaman mati atau sakit, tumbuh abnormal. Ganti dengan bibit baru yang sehat dan kuat dari tempat persemaian. 

Saat daun-daun semangka sudah mulai tumbuh dan rimbun, bila terlalu lebat maka lakukan penjarangan. Penjarangan tanaman yaitu melakukan pemangkasan daun semangka dan batang bila diperlukan. Daun semangka yang rimbun dapat menghalangi sinar matahari masuk. 

Buah semangka yang dipelihara cukup 2 buah setiap tanaman. Cara mendapatkan buah yaitu mengatur cabang primer dan dipelihara 2 - 3 cabang tanpa memotong ranting sekunder. 

Pemangkasan terhadap ranting yang tidak berguna. Ujung cabang sekunder juga dipangkas dan disisakan 2 daun semangka. Cabang sekunder yang tumbuh pada ruas dimana muncul buah juga harus dipangkas.

Pengaturan cabang primer dan cabang sekunder agar daun semangka tidak saling bertumpuk dan menutupi. Usahakan daun semangka tidak menghalangi sinar matahari ke tanaman. Karena dapat mempengaruhi pertumbuhan pohon dan buahnya. 

Pemupukan pada daun semangka perlu diberikan pada fase vegetatif tanaman. Berikan pupuk daun ( Topsil D ). Fase generatif perlu diberikan pupuk Topsil B untuk meningkatkan kualitas buahnya. Daun semangka disemprot pupuk bersamaan dengan penyemprotan insektisida dan fungisida. 

Daun semangka disemprotkan pupuk daun mulai umur 7 dan diberikan dengan interval 7 hari sekali. Pupuk untuk buah diberikan mulai umur 45 HST dan 55 HST. Pupuk kimia NPK dan ZA ( 1 : 1 ) diberikan pada umur 21 HST sebanyak 300 ml. 

Pupuk susulan menggunakan NPK dan ZA diberikan umur 25 HST dan 55 HST sebanyak 400 ml. Budidaya semangka membutuhkan banyak air terus menerus selama pertumbuhannya. Pemberian air jangan sampai tanaman kekeringan karena menyebabkan buah tumbuh kecil-kecil. 



Perawatan Daun Semangka


Daun semangka seringkali pertama diserang oleh organisme pengganggu. Petani melakukan penyemprotan tanaman pada umur > 20 HST. Penyemprotan pengendalian organisme pengganggu dilakukan tiap 5 hari sekali higga umur 70 HST. 

Penyemprotan tanaman semangka dengan menggunakan sprayer bila areal kebun tidak terlalu luas. Alat kocor tanaman dapat dipakai untuk penyemprotan untuk luasan ribuan hektar. Penyemprotan tanaman semangka dilakukan pagi dan sore hari tergantung kebutuhan dan kondisi cuaca. 

Seleksi calon buah semangka dibiarkan 1 - 2 buah untuk menjadi besar. Saat buah kira-kira seberat 2 kg, harus dibolak balik untuk menghindari warna putih pada buah semangka. Warna yang berbeda tersebut akibat pada sisi tersebut tidak terkena sinar matahari. 

Panen buah semangka umumnya dilakukan setelah umur 70 - 100 HST tergantung jenis varietasnya. Ciri-ciri buah semangka matang adalah terjadi perubahan warna buah. Batang buahnya sudah mengecil sehingga buah sudah bisa dipetik. 

Panen buah semangka sebaiknya dilakukan saat cuaca cerah. Cuaca tidak sedang mendung apalagi hujan. Cuaca cerah membuat buah semangka yang dipetik dalam keadaan kering permukaan kulitnya. Buah semangka demikian dapat tahan lama dalam penyimpanan sampai ditangan pengecer atau konsumen. 

Demikian artikel Kami judul : Daun Semangka Tumbuh Sehat Tanpa Bercak, Keriting dan Kuning. Hubungi nomer kontak kami di 082141747141 ( telepon ) dan 08125222117 ( SMS/WA ). Toko pertanian online LMGA Agro sedia segala kebutuhan bercocok tanam. Produk Kami lengkap dan terbaik.

Kami siap kirim pesanan Anda ke seluruh wilayah Indonesia. Bersama jasa ekspedisi JNE, KI8, Pos Indonesia dan lain-lain. Semoga artikel Kami dapat bermanfaat dan menambah wawasan tentang cara mendapatkan daun semangka sehat dan bebas penyakit. Sukses selalu....


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon untuk berkomentar secara bijak dan sesuai bahasan.