BELANJA ONLINE, HUBUNGI KAMI : SMS / WA : 081 252 22 117, KONSULTASI PERTANIAN GRATIS HP. 082 141 747 141.

KETIK JUDUL/LABEL ARTIKEL YANG DICARI PADA KOLOM DI BAWAH INI

05/02/2015

Read

Membuat Media Semai yang Baik dan Benar

tray semai, bak semai, persemaian, media semai
TRAY SEMAI
Membuat  Media Semai yang Baik dan Benar. HP 082141747141 ( telepon ) dan 08125222117 ( SMS/WA ). Toko pertanian online LMGA Agro jual alat-alat pertanian untuk media semai dan persemaian.

Bagaimana Cara membuat media semai tanaman hortikultura, kalau kita dengar kelihatannya memang permasalahan sederhana. Terbayang dalam benak dan pikiran kita hanya sebongkah tanah yang digunakan untuk media semai benih pada awal tanam. 

Namun dibalik media semai benih tersebut kalau tidak dipersiapkan secara masak dan seksama kita akan banyak menemui berbagai permasalahan di tanaman kita. 

Beberapa permasalahan yang seringkali tidak kita temui kalau kita melakukan penyemaian benih adalah : Benih tidak mau tumbuh, Benih terserang rebah batang ( Phytium Sp ), Benih tidak seragam, Benih terserang hama, Benih terserang keriting DLL. Itu tadi hanya sekilas permasalahan utama yang seringkali terjadi di persemaian apabila media tidak dipersiapkan dengan baik dan benar.


Bagaimana Cara Membuat Semai Tanaman Hortikultura


Media tanam untuk semai benih dalam ini adalah tanah, kompos dan campuran lain. Media tanam untuk semai benih banyak mengambil peranan dalam permasalahan tersebut di atas. Karena ini untuk mendapatkan media semai yang baik adalah campuran dari dengan komposisi dan  fungsi yang tepat. 

Membuat maca-macam media semai tentunya diperlukan ketrampilan, pengetahuan dan pengalaman agar benih yang disemai tumbuh sehat, kuat dan kokoh. 

Beberapa persyaratan cara membuat media semai tanaman Hortikultura antara lain adalah:
  • Media tanam untuk semai benih harus mampu menopang tanaman secara kokoh, sehingga tanaman mampu berdiri tegak dan tidak mudah roboh. 
  • Media tanam untuk semai benih harus memiliki sifat porous, sehingga mampu mengalirkan kelebihan air yang tidak dibutuhkan. Teknik penyemaian benih membuat tanaman terhindar dari rendaman air dan kelembaban yang tinggi. 
  • Kelembaban yang tinggi dapat mengakibatkan tanaman menjadi busuk dan serangan jamur. Sehingga kita harus dapat membuat media tanam tidak padat dan memiliki rongga atau pori pori, sehingga drainase dan aerasi pada media berjalan baik.
  • Media semai  harus tersedia unsur hara yang dibutuhkan tanaman, baik itu unsur hara makro maupun mikro, sehingga kebutuhan tanaman akan nutrisi dapat terpenuhi. Agar persyaratan tersebut terpenuhi, maka perlu menambahkan pupuk organik atau pupuk kimia pada media tanam.
  • Teknik penyemaian benih tanaman membutuhkan media yang bersih sehat dan tidak terkontaminasi jamur, virus atau tercemar bahan kimia yang dapat mengganggu pertumbuhan tanaman. 
  • Usaha untuk mendapatkan media semai yang sehat bisa dilakukan dengan cara : a) Mengukus media semai atau memasukan media tanam pada oven dengan suhu selama 6 jam. b) Menjemur media semai pada terik matahari selama kurang lebih dua hari. c) Cara lain yang sering digunakan yaitu dengan mengaplikasikan pestisida dan fungisida pada media tanam.

media semai, cara membuat media semai, jual benih hibrida, toko pertanian, toko online, lmga agro
Persemaian Cabe

Sekarang yang menjadi pertanyaan adalah bagaimana cara mendapatkan campuran komposisi contoh media semai yang cocok untuk tanaman yang akan kita tanam. 

Macam-macam media semai  yang baik dan sesuai persyaratan di atas. Media semai yang baik adalah campuran dari tanah dengan pupuk. Biasanya terdiri dari campuran Tanah : Bokashi : Pasir dengan perbandingan 5 : 3 : 1 bagian. 

Perbandingan tersebut adalah merupakan perbandingan ideal untuk media semai cabe, Tomat, Melon, Kubis, Gambas, Semangka, Pepaya, Parea, Gambas, Sengon Laut, Lada

Adapun untuk membuat media semai BOKHASI yang baik dan benar caranya bisa anda baca di tulisan Artikel kami tanggal 24 Januari 2015 yang berjudul : CARA YANG BAIK DAN BENAR MEMBUAT PUPUK ORGANIK BOKASHI ANTI LAYU.

Demikian sekilas info dan cara membuat media semai yang baik dan benar tersebut kami tuangkan. Apabila pembaca semua ada yang kurang jelas bisa menghubungi toko pertanian Online LMGA AGRO selaku ( Agen, Distributor, Dealer, Resmi ) yang menyediakan benih, obat, pupuk, pestisida dan alat pertanian yang siap mengirim ke seluruh Indonesia dengan cepat dan aman. 

Kami juga menyediakan Konsultasi Gratis Budidaya Tanaman hubungi CP Bpk. Budi Telp. : 082 141 747 141 atau SMS/WA : 0812 5222 117.

LMGA AGRO

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jika anda ingin komentar Gunakan alamat email yang jelas ( Jangan Anonymous ). Mohon komentar secara bijak dan sesuai bahasan.