Selamat Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah, Mohon Maaf Lahir dan Batin. Kami Libur 07 - 21 April 2024.

KETIK JUDUL/LABEL ARTIKEL YANG DICARI PADA KOLOM DI BAWAH INI

24/01/2015

Read

Cara Membuat Pupuk Organik Bokashi Anti Layu Yang Baik Dan Benar

Pupuk Bokashi, Pupuk Organik, Manfaat Bokashi, Pembuatan Pupuk Bokashi, Pupuk Organik Padat, Pupuk, Manfaat Pupuk Organik, Lmga Agro
Pupuk Bokashi
Cara membuat pupuk organik Bokashi anti layu yang baik dan benar. Pupuk organik menjadi kebutuhan utama petani agar tanaman bisa sehat serta mengurangi biaya produksi dalam usaha berkebun

Semoga tulisan singkat ini bermanfaat bagi pembaca semua yang selalu ingin sukses dalam menjalankan usaha mandiri bisnis berkebun. 

Permasalahan utama tanaman mulai serangan virus, tanaman layu karena fusarium dan bakteri hingga bunga sering gagal jadi buah.

Serta masih banyak permasalahan lahan yang lain seringkali petani dan para praktisi alami yang berusaha dalam bidang pertanian terutama tanaman yang menghasilkan buah. 

Contoh dari tanaman ini ada tanaman cabe, tomat, melon, semangka, kacang panjang, pepaya, buncis

Melihat kendala saat kita menjalankan peluang usaha agribisnis, toko pertanian Lmga Agro akan membantu tips cara membuat pupuk organik Bokashi anti layu yang baik dan benar.

Kesempatan ini saya akan membuat formula pembuatan pupuk Bokashi baik padat maupun pupuk organik cair yang nantinya kalau petani coba bisa menekan permasalahan  seperti yang saya sampaikan tadi.

Tentu semua itu bertujuan agar produksi petani bisa meningkat serta kerugian budidaya tanaman karena akibat kesalahan pemberian nutrisi tanaman bisa kita cegah sejak awal. Rev. 17/06/23.

Cara membuat pupuk organik cair serta pupuk organik padat tersebut tentu dengan memanfaatkan bahan yang mudah petani dapat pada sekitar lingkungan kita tinggal. Ini tentu akan bisa menekan harga pupuk organik untuk usaha berkebun kita.

Pupuk organik dapat berupa kompos hijau dan kompos buatan yang berasal dari bahan - bahan sisa makluk hidup yang ada pada sekitar kita.

Aplikasi pupuk organik cair terbaik dengan kombinasi pupuk organik padat diharapkan mampu membantu semua kendala tanaman dan mahalnya harga pupuk yang ada saat ini. 

Resep pembuatan pupuk yang akan saya sampaikan akan menghasilkan pupuk organik cair super. Yang tentu bisa anda gunakan pada semua tanaman dalam usaha mandiri bisnis anda.

Harga pupuk npk, pupuk kimia hingga pupuk bersubsidi yang mahal dan susah petani dapat membuat petani harus terampil untuk mengolah pupuk kompos ( Kandang ) sapi, kambing, kerbau, kuda, ayam yang stoknya melimpah.

Masyarakat Indonesia biasanya selain profesi sebagai petani, biasanya setiap keluarga petani akan mempunyai ternak. Maka petani harus paham cara mengolah semua potensi pupuk kandang yang ada secara benar. 

Bokashi: Solusi Praktis untuk Pengomposan Organik yang Efektif


EM4, EM4 Pertanian, Harga EM4,  EM 4, EM4 Adalah, Bokashi, Toko Pertanian, Toko Tani, Toko Pertanian Terdekat
EM4 Pertanian 


Bokashi
merupakan metode pengomposan organik yang semakin populer dalam upaya menjaga lingkungan dan mengurangi limbah. 

Dalam artikel ini, kita akan membahas secara lengkap tentang Bokashi, termasuk pengertian, manfaat, dan langkah-langkah penerapannya.

Bokashi adalah sebuah teknik pengomposan organik yang berasal dari Jepang. Metode ini menggunakan mikroorganisme yang ada dalam Bokashi Starter untuk mendegradasi bahan organik menjadi kompos yang kaya akan nutrisi. 

Dalam proses pengomposan ini, bahan organik seperti sisa makanan, daun, dan serasah dimasukkan ke dalam sebuah wadah khusus yang kedap udara.

Kemudian kita tambahkan dengan Bokashi Starter yang berupa EM 4 pertanian yang mengandung mikroorganisme pengurai.

Salah satu manfaat utama dari Bokashi adalah kemampuannya dalam mendaur ulang limbah organik dengan cepat dan efektif. 

Proses fermentasi yang terjadi dalam Bokashi membantu mengurai bahan organik lebih cepat jika kita bandingkan dengan metode pengomposan tradisional

Hasilnya adalah kompos yang kaya akan nutrisi, yang dapat digunakan sebagai pupuk organik untuk tanaman.

Selain manfaat pengomposan yang efektif, Bokashi juga memiliki kelebihan lainnya. Metode ini tidak menghasilkan bau yang tidak sedap, sehingga bisa anda gunakan dalam ruangan. 

Selain itu, Bokashi juga dapat mengurangi jumlah limbah organik yang dikirim ke tempat pembuangan akhir, sehingga membantu mengurangi dampak negatif terhadap lingkungan.

Dalam kesimpulan, Bokashi adalah solusi praktis untuk pengomposan organik yang efektif. Dengan menggunakan metode ini, Anda dapat mendaur ulang limbah organik dengan cepat, menghasilkan kompos yang kaya akan nutrisi, dan menjaga kebersihan lingkungan sekitar Anda. 

Dengan langkah-langkah penerapan yang sederhana, siapapun dapat memanfaatkan Bokashi untuk mengelola limbah organik dengan lebih baik. 

Mulailah menerapkan Bokashi dan nikmati manfaatnya bagi lingkungan dan kehidupan Anda.

Keuntungan Menggunakan Pupuk Organik Bokashi 


Keterampilan pembuatan pupuk bokashi menjadi keuntungan tersendiri bagi petani. Pembuatan pupuk organik akan banyak mengurangi biaya pengeluaran pembelian pupuk kimia yang terus naik dan mahal.

Jenis pengolahan pupuk kandang dengan menggunakan EM4 ini hasilnya dinamakan pupuk Bokashi. Jenis EM4 yang kita gunakan adalah yang ada dalam kemasan botol kuning yaitu EM4 Pertanian. 

Pengolahan dan pembuatan pupuk bokashi untuk tanaman dibagi menjadi 2 jenis yaitu bokashi padat dan bokashi cair ( pupuk cair ). Keduanya sangat dibutuhkan tanaman.

Untuk cara pembuatan bokashi cair rahasia dengan Metode  LMGA AGRO sudah saya tulis di Artikel saya tanggal 1 Januari 2015 ( Silakan Baca Artikel Resep Pupuk cabai hasil tinggi, bebas layu dan virus )

Kedua pupuk tersebut yaitu Bokashi Padat dan Bokashi Cair aplikasinya pada tanaman hortikultura harus dilakukan secara bersamaan dan kompak sehingga hasil tanaman yang kita peroleh menjadi berbeda nyata dan hasil tinggi.

Pada kesempatan ini saya akan membahas cara pembuatan pupuk Bokashi Padat dengan Metode LMGA AGRO yang sudah nyata - nyata terbukti, bisa mengurangi permasalahan saat petani budidaya.

Budidaya tanaman jenis ( cabai, tomat, melon, semangka ) akan banyak gangguan berupa layu karena fusarium dan bakteri. Serangan virus karena kutu kebul / White Fly ( Bemesia tabaci ) serta mengurangi bunga dan buah rontok.
Alat, Pengukur, Suhu, Thermometer, Termometer, Bokhasi, Fermentasi, Tanah, Pertanian, Tanaman, Lmga Agro, Harga murah, Media, Toko Pertanian, Toko Pertanian Terdekat, Toko Tani, Pupuk
Termometer

Cara pembuatan pupuk bokashi padat yang saya bahas ini adalah untuk pembuatan dengan ukuran 1 ton Pupuk Bokashi. Sehingga apabila ingin membuat dengan bahan yang lebih banyak tinggal pakai perbandingan standar ini. 

Cara membuat pupuk organik padat dengan EM4 ini cukup mudah dengan hasil yang sangat cocok untuk tanaman petani. 

Manfaat pupuk bokashi anda tidak perlu ragu lagi. Sudah banyak pelanggan toko pupuk pertanian terdekat Lmga Agro yang lebih sukses dan bisa meningkat hasil panen setelah aplikasi pupuk hasil formula dari Lmga Agro ini.

Adapun alat dan bahan  yang perlu di siapkan sebagai berikut :

- Alat Dan Bahan Pembuatan Pupuk Bokashi

  • Cangkul, Terpal 6 x 6 Meter, Timba volume 30 Liter, Termometer,   - BAHAN 
  • Pupuk kandang kambing 800 Kg
  • Kapur pertanian ( Dolomit ) 30 Kg
  • Dedak 30 Kg
  • Tepung Jagung 30 Kg
  • Sekam bakar 100 Kg
  • KNO3  5 Kg
  • Magnesium Sulfat 2 Kg
  • MKP 2 Kg
  • NPK 5 Kg
  • Cairan fermenter pertanian EM4 4 liter
  • Gula merah 4 kg
  • Ragi tape 20 biji
  • Kecambah baru muncul 3 Kg
  • Arashi 10 Sachet ( 500 Gram )
      

 - Cara Pembuatan Pupuk Bokashi Padat :

  1. Siapkan Gula Merah sebanyak 4 Kg dan rebus dalam air volume 5 liter sampai Gula Merah larut semua, biarkan air dingin.
  2. Larutan Fermentasi EM4 sebanyak 4 liter ditampung dalam timba dan tambahkan Ragi tape sebanyak 20 biji yang sudah dihaluskan kemudian tambahkan larutan gula merah aduk dan biarkan selama 5 hari.
  3. Ambil pupuk kandang kambing 800 Kg, Dolomit 30 Kg, Tepung Jagung 30 Kg, Dedak 30 Kg, Sekam bakar 100 Kg, KNO3 5 Kg, Magnesium Sulfat 2 Kg, MKP 2 Kg, NPK 5 Kg, aduk dan  campur secara merata dan biarkan 2 hari.
  4. Larutan EM4 yang sudah ditambah gula merah, ditambah sampai air mencapai 30 liter.
  5. Aduk kembali pupuk kandang kambing yang sudah tercampur dengan dolomit, sekam, tepung jagung, dedak, pupuk dll sambil ditambah air EM4 dan aduk sampai rata, kadar air ditandai dengan dikepal dengan tangan masih bisa membuka kembali ( tidak sampai ada tetesan air ).
  6. Aduk kembali bahan dan larutan EM4 sampai rata dan tutup campuran pupuk dengan Terpal yang sudah disiapkan.
  7. Buka terpal penutup pupuk kandang, Ukur suhu pupuk kandang di kedalaman 20 Cm dengan Termometer dan lihat suhu tercantum maksimal 45 Derajat Celcius
  8. Apabila sudah mencapai 45 Derajat Celcius aduk dan balik kembali tumpukan pupuk dengan cangkul sampai rata dan tutup kembali dengan terpal.
  9. Biasanya pengadukan harus dilakukan 3 hari sekali dengan lama proses Fermentasi 21 hari ( Biar Bohkasi terbentuk secara sempurna ).
  10. Pada hari ke 18 tambahkan 500 Gram obat anti layu ARASHI yang sudah dilarukan dalam 50 Liter air dan aduk, kemudian campur air larutan  Arashi dengan tumpukan pupuk sampai rata  kemudian biarkan selama 3 hari ( sampai hari 21 ).
  11. Buka terbal dan pupuk BOKASHI siap siap digunakan di lahan pertanian anda.
  12. Pupuk Bokhasi bisa digunakan sebagai pupuk dasar atau tambahan.
Demikian tulisan singkat tentang cara membuat Pupuk Organik Bokashi dengan EM4 ini kami sampaikan dengan jelas. Jika anda ingin anda sukses segera praktek dan gunakan hasilnya pada tanaman anda.

Pupuk organik padat ini sekaligus berfungsi untuk mengendalikan Layu Fusarium Layu Bakteri, Serangan Virus karena Kutu Kebul dan mencegah dan mengurangi rontok bunga dan buah.

Hasil pupuk organik fermentasi ini cocok untuk tanaman cabe, tomat, kacang panjang, melon, semangka DLL. 

Penasaran dengan hasil dari penggunaan pupuk organik Bokashi pada ini, segera buat dan aplikasikan  pada tanaman anda.

Pastikan anda membuat pupuk Bokashi mengikuti tahapan yang sudah kami tulis diatas dengan benar. Setelah sukses pastikan anda menggunakan pupuk dengan cara yang benar.

Apabila ada yang kurang jelas dan pembaca semua membutuhkan bahan - bahan yang dibutuhkan untuk membuat pupuk Organik Bokashi bisa hubungi toko pertanian LMGA AGRO CP Bpk. Budi Telp. : 082 141 747 141 atau SMS/WA : 0812 5222 117.

LMGA AGRO

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jika anda ingin komentar Gunakan alamat email yang jelas ( Jangan Anonymous ). Mohon komentar secara bijak dan sesuai bahasan.