BELANJA ONLINE, HUBUNGI KAMI : SMS / WA : 081 252 22 117, KONSULTASI PERTANIAN GRATIS HP. 082 141 747 141.

KETIK JUDUL/LABEL ARTIKEL YANG DICARI PADA KOLOM DI BAWAH INI

01/01/2015

Read

Resep Pupuk Tanaman Cabai, Hasil Tinggi, Bebas Virus Dan Layu

Pupuk Tanaman, Pupuk Organik, Pupuk, Jual Pupuk Tanaman Terdekat, Pupuk Buah, Dosis Pupuk, Lmga Agro
Pupuk Tanaman | Pexels

Resep Pupuk Tanaman Cabai, Hasil Tinggi, Bebas Virus Dan Layu
. Tulisan ini sebenarnya adalah kunci rahasia saya untuk bisa sukses menanam cabe selama ini. Praktekkan cara menanam cabe yang saya tulis ini agar anda bisa sukses mandiri bisnis anda.

Harga cabai hari ini yang mahal membuat peluang bisnis komoditas tanaman cabe ini terus jadi primadona petani Indonesia. Ikuti harga cabe yang mahal dengan pemeliharaan yang baik dan benar.

Salah satu bentuk pemeliharaan tanaman yang benar adalah memberi nutrisi tanaman yang kaya akan unsur hara makro dan mikro. Lalu bagaimana agar kita bisa menentukan pupuk tanaman yang tepat.

Materi pupuk cabe ini sangat penting, maka petani hingga pembaca harus praktekan dengan benar. Jika anda benar maka efek tanaman cabai anda akan bebas dari virus hingga layu.

Hal yang mustahil cara menanam cabe yang baik tanpa kita ikuti dengan pupuk tanaman terbaik dengan kandungan kadungan unsur hara makro dan mikro lengkap.

Kombinasikan materi ini dengan cara merawat tanaman cabe anda dari awal tanam hingga panen jadi akan anda akan mendapat produksi tinggi.

Tulisan ini bisa anda manfaat jika anda : tanam cabe rawit, cabe merah hingga cabe merah keriting. Tanaman cabe anda akan bebas penyakit layu fusarium, bakteri hingga serangan virus.

Namun karena adanya permintaan banyak pembaca serta petani Lmga Agro, maka kami berusaha untuk menuangkan pemupukan cabe ini dalam artikel. 

Artikel cara aplikasi pupuk ini saya tulis sebagai kado peralihan tahun baru 2015, tulisan ini sengaja saya tulis pada waktu pergantian tahun 2014 - 2015 jam 00.00 WIB.  

Saat banyak orang lain merayakan malam pergantian tahun baru di luar dengan melihat pesta kembang api dan konser musik. 

Kami asik dan serius untuk membuat artikel lengkap tentang cara menanam cabe dengan harapan bisa menjadi sumber inspirasi bagi petani hingga pembaca semua.

Semoga tulisan yang selama ini merupakan rahasia pemupukan saya dalam budidaya tanaman baik itu cabe, tomat, melon hingga semangkaRev. 07/02/23.

Gunakan Formula Pupuk Tanaman Cabe Dengan Benar


Semua pelaku usaha bisnis tanaman cabe pasti berharap kondisi tanaman yang kita rawat sehat dari serangan hama serta penyakit. Hal ini tentu jadi target utama hampir semua petani.

Hanya lewat tanaman cabe yang sehat maka akan bisa memberi hasil produksi yang tinggi. Juga akan berefek pada parameter hasil tanaman.

Tentu dengan hasil tanaman terbebas dari serangan Virus, Layu Jamur & Bakteri dengan hasil yang tinggi.

Setelah saya unggah melalui website Lmga Agro ini bisa membawa kesuksesan dalam menjalankan peluang usaha mandiri bisnis petani Indonesia.. 

Sebenarnya saya menulis artikel ini adalah atas permintaan salah satu pelanggan saya yang berasal dari Sragen Jawa Tengah yang bernama Bapak Edi ( maaf bapak yang baru bisa menuangkan permintaan bapak malam ini ).

Beliau selama ini sudah sudah Budidaya Tanaman Cabai namun belum bisa mendapat hasil yang optimal dari cabai yang kita tanam. 

Karena itu saya berusaha menuangkan tulisan ini dan semoga bisa bermanfaat bagi semua masyarakat yang ingin memperbaiki hasil tanaman cabai. Salah satunya lewat memperbaiki sistem pemupukan yang efektif dan efisien.

Pupuk adalah produk yang berisi kandungan nutrisi bagi tanaman dengan tujuan mendapatkan produksi tinggi bagi petani. Tanaman membutuhkan sumber pupuk yang sifatnya unsur harga makro dan mikro.

Pupuk itu sendiri bisa memiliki sifat organik hingga an organik. Pembaca semua tentu sudah seringkali dengan istilah dalam pertanian yang saya sebutkan tadi. 

Pada kesempatan ini saya akan berbagi materi serta pengalaman yang isinya adalah perkaitan dengan pupuk tanaman anda.

Tulisan ini akan saya tuangkan lewat resep pupuk cabe yang selama ini saya simpan. Formula yang selama ini saya rahasiakan sehingga dalam budidaya tanaman cabe bisa terus bertahan.

Formula ini menjadi salah satu kunci bagaimana tanaman cabe saya menjadi tanaman antivirus terbaik, yang berasal dari kultur teknis yang kami terapkan.

Efek positifnya usaha mandiri bisnis online saya selalu bisa terhindar dari serangan virus serta layu bakteri hingga jamur yang parah. 

Walau dalam bentuk sederhana dan singkat, semoga para pembaca dan petani semua bisa mencoba langsung ke tanaman cabe yang sedang sedang anda budidayakan

Resep Pupuk Cabe Formula Rahasia Lmga Agro


Toko pertanian terdekat Lmga Agro kini sudah menjadi bagian besar dari petani Indonesia. Maka kami juga punya kewajiban hingga tanggung jawab untuk terus bisa update serta sharing informasi yang sifatnya bisa meningkatkan petani sukses.

Salah satunya adalah tentang bagaimana aplikasi hingga penggunaan pupuk cabe yang tepat bisa meningkatkan petani sukses dalam usaha agribisnis tanaman cabe anda saat berkebun.

Melihat perkembangan banyak pelanggan toko pertanian kami yang sering bertanya : Pupuk apa yang bagus untuk cabe?, Berapa hari pemupukan cabe setelah tanam?, Bagaimana agar cabe cepat berbuah?. Pupuk cabe saat berbunga? Pupuk untuk cabe rawit agar berbuah lebat? Pemupukan cabe rawit terbaik?.

Sebenarnya formula rahasia pupuk cabe yang saya berikan ini mampu menjawab semua pertanyaan petani yang ada di atas. Maka kuasai cara budidaya cabe yang saya tulis kali ini.

Namun ini juga dipengaruhi oleh pembaca semua mau tidak membuat formula pupuk untuk cabe seperti yang saya lakukan.

Pada pokok budidaya tanaman cabe ini saya akan membagi menjadi beberapa tahapan pemupukan serta dosis aplikasi dan cara membuat formula khusus sesuai pengalaman yang sudah saya lakukan selama ini :


1. Pupuk Dasar Tanaman Cabe


Pupuk ini berfungsi untuk menyediakan kebutuhan nutrisi tanaman cabai selama hidupnya. Baik itu yang sifatnya sebagai unsur hara makro maupun unsur hara mikro.

Aplikasi pupuk ini bernama pupuk dasar maka aplikasi pupuk ini bisa petani lakukan pada tahap awal sebelum penutupan mulsa plastik

Pupuk yang saya berikan biasanya adalah Za, SP 36, KCl serta Dolomit hingga Pupuk Kandang. Petani jangan sampai salah : dosis, jenis, waktu hingga cara dalam aplikasi pupuk tanaman cabe ini.

Dosis saya berikan untuk pupuk dasar untuk luas 1 Ha lahan ini apabila kita tanam musim penghujan ( Tanam pada bulan September - April ).

Dosis pupuk dasar maka dosisnya sebagai berikut : Za 150 Kg : SP36 400 Kg : KCl 400 Kg : Dolomit 3 Ton : Pupuk Kandang 6 Ton

Apabila budidaya tanaman cabai pada bulan Mei - September ( musim kemarau ) maka kami biasa memberikan dosis pupuk dasar dalam luasan 1 Ha sebagai berikut : Za 200 Kg : SP36 350 Kg : KCl 350 Kg : Dolomit 2 Ton : Pupuk Kandang 5 Ton

Perbedaan pemberian pupuk dasar ini saya lakukan karena adanya perbedaan respon tanaman pada kedua musim. 

Tanaman cabe anda akan memberi respon hama dan penyakit yang berbeda saat anda tanam cabe pada musim penghujan dengan kemarau. 

Berdasarkan pengalaman penulis pupuk kandang terbaik untuk tanaman cabai adalah dari kotoran kambing. 

Tentu material pupuk organik kotoran kambing ini sudah kita haluskan ( di giling ) dan kita proses Fermentasi. 

Anda bisa proses fermentasi materi pupuk anda dengan menggunakan EM4 Pertanian ( Cara membuat pupuk Fermentasi nanti akan saya tulis tersendiri ).

Cara aplikasi dari pupuk dasar tersebut adalah dengan cara menyebarkan rata pada permukaan bedengan.

Selanjutnya pupuk kita aduk serta kita letakkan pada kedalaman tanam 15 hingga 20 Cm. Kedalaman ini ada letaknya perakaran tanaman akar cabai berada.

Pupuk, Pemupukan, Cara membuat pupuk, Cara Fermentasi pupuk, Resep pupuk tanaman Cabai, Formula pupuk rahasia, Lmga Agro
Ilustrasi Drum
Setelah pupuk dasar kita sebar rata dalam bedengan maka biarkan bedengan kurang lebih 2 hingga 3 minggu.

Jemur tanah ( kelantang panas matahari ) hingga pupuk dasar tersebut campur serta larut terdegradasi oleh tanah. 

Kemudian bedengan baru kita tutup  dengan plastik mulsa hitam perak.  Proses  penjemuran akan membuat kondisi tanah lokasi tanam cabe anda menjadi baik.

Penutupan plastik Mulsa hitam perak harus kita lakukan siang hari ketika matahari terik sehingga bisa kita peroleh pemasangan plastik yang kencang dan kuat.


2. Pupuk Susulan Tanaman Cabai


Pemupukan cabe susulan kita lakukan setelah tanaman cabai mulai berumur 10 HST. Pada umur ini tanaman cabe anda sudah mulai bangun ( istilah jawa Nglilir ). 

Hal ini karena kondisi perakaran tanaman cabai sudah mulai adaptasi dan tumbuh pada lahan yang baru. 

Pemupukan cabe pertama yang kita lakukan sebelum 10 HST terkadang menyebabkan akar tanaman terbakar dan luka karena pupuk. Makanya petani semua harus hindari waktu pemupukan cabe yang terlalu dini.

Hal ini akan menyebabkan tanaman menjadi stagnan dan bahkan bisa menjadi kerdil pertumbuhannya. Ini adalah efek jika kita salah dalam aplikasi pupuk. 

Perlu saya jelaskan bahwa dalam pengenceran pupuk untuk cabe ini, saya menggunakan DRUM Volume 200 Liter dan gelas penyiram gelas AQUA 200 Cc untuk 1 ( pokok ) tanaman  cabai. Sehingga dalam 1 Drum larutan pupuk bisa kita gunakan untuk 1.000 batang tanaman cabai

Adapun pupuk dan dosis susulan ( 1 DRUM ) yang saya berikan pada tanaman cabe adalah sebagai berikut :

- Pemupukan Cabe I ( Umur 10 HST ) aplikasi pada pangkal pohon


Dosis pemberian pupuk untuk pemupukan pertama adalah : Za 250 Gram : NPK  2 Kg : KNO3 Merah 500 Gram : SP 36 500 Gram 

- Pemupukan Cabe 2 ( Umur 17 HST ) aplikasi pada lubang pupuk 15 Cm dari lubang tanam


Dosis pemberian pupuk untuk pemupukan ke 2 adalah : Za 500 Gram : NPK 3 Kg : KNO3 Merah 750 Gram : SP36 500 Gram: KCl 500 Gram 

-Pemupukan Cabe 3 ( Umur 25 HST ) aplikasi pada lubang pupuk 15 Cm dari lubang tanam

Dosis pemberian pupuk untuk pemupukan ke 3 adalah : Za 500 Gram : NPK 4 Kg : KNO3 Putih 1 Kg : SP36 1 Kg: KCl 500 Gram : MKP 500 Gram : Calsium Fertilizer 500 Gram

-Pemupukan Cabe 4 ( Umur 35 HST ) aplikasi pada lubang pupuk 15 Cm dari lubang tanam


Dosis pemberian pupuk untuk pemupukan ke 4 adalah : Za 500 Gram : NPK 4 Kg : KNO3 Putih 1 Kg : SP36 1.5 Kg: KCl 500 Gram : MKP 1 Kg : Calsium Fertilizer 750 Gram

-Pemupukan Cabe 5 ( Umur 43 HST ) aplikasi pada lubang pupuk 15 Cm dari lubang tanam


Dosis pemberian pupuk untuk pemupukan ke 5 adalah : NPK 5 Kg : KNO3 Putih 500 Gram : SP36 2 Kg: ZK 2 Kg : MKP 2 Kg : Calsium Fertilizer 1 Kg : Magnesium Sulfat 500 Gram

- Pemupukan cabe selanjutnya ( 50 HST dan ke atas ) bisa kita lakukan setiap Interval 7 hari sekali, walaupun tanaman cabai sudah memasuki fase panen ( Petik ) pemupukan terus tetap kita lakukan.

Hal ini bertujuan agar tanaman cabe bisa terus terbentu daun dan ruas baru bisa muncul dan tidak menyebabkan rontok bunga serta tanaman tidak mudah terserang virus kuning serta keriting. 

Hanya tanaman cabe yang mendapatkan pupuk dengan unsur hara makro dan mikro yang lengkap serta seimbang yang bisa bertahan dari serangan layu fusarium, bakteri hingga virus gemini.
Catatan HST = Hari Setelah Tanam
Adapun untuk dosis pemupukan, menggunakan acuan dosis pupuk 43 HST akan tetapi nanti kita tambahkan larutan Formula Khusus 3 Liter untuk setiap DRUM 200 liter.

Cara membuat pupuk tanaman cabe dengan resep Formula Khusus untuk 1 DRUM sebagai berikut :

  1. Sediakan 2 buah Drum dengan Volume 200 Liter, pada bawahnya sudah kita beri pipa atau kran  untuk mengeluarkan air. Serta satu lubang lagi pada bagian atas yang sudah kita hubungkan dengan selang dan botol Aqua yang sudah kita beri air.
  2. Siapkan 1 buah Drum Volume 200 Liter air yang berfungsi untuk untuk menampung hasil larutan dari ke 2 buah Drum tersebut
  3. Timba dengan volume 10 Liter.
  4. Adapun bahan yang perlu untuk setiap Drum adalah : Kecambah Kacang Hijau berbentuk mata ( pendek baru pecah ) 3 Kg, Pupuk Kandang Kambing 30 Kg. Tepung Jagung 3 Kg, Dedak 3 Kg, Gula Merah 500 Gram, Dolomit 5 Kg, Larutan EM4 sebanyak 1 Botol. Ragi Tape 10 buah, KNO3 Putih  2 Kg, MKP 2 Kg, Magnesium Sulfat 1 Kg,  Calcium Fertilizer 500 Gram. 
  5. Rebus gula merah 500 Gram dengan air 3 liter sampai larut serta tunggu hingga dingin. Kemudian campur  dalam timba dengan EM4 sebanyak 1 Liter ( 1 Botol ) serta tambahkan Ragi Tape 10 buah yang sudah kita hancurkan halus dan biarkan sampai 5 hari.
  6. Kecambah kacang hijau 3 Kg kita hancurkan ( dengan blender ) dan beri air sampai 5 liter air.
  7. Ambil bahan yang berupa kotoran kambing, tepung jagung, dedak, dolomit campur dan aduk sampai merata. 
  8. Masukkan dalam Drum yang sudah ada lubang bawah ( lubang kran kita tutup ) dan selang atasnya.
  9. Beri air sampai mencapai ukuran 100 hingga 125 liter per drum kemudian aduk sampai rata
  10. Masukkan larutan Gula dan EM4 ( yang sudah kita biarkan 5 hari ) tadi ke dalam Drum dan aduk ulang sampai bahan tercampur, 
  11. Tambahkan air kecambah 5 liter ke dalam Drum kemudian aduk kembali sampai rata.
  12. Tutup rapat Drum dengan kuat dan jangan sampai ada udara yang keluar.
  13. Udara hanya boleh keluar lewat ( lubang Drum bagian  atas ) yang sudah terhubung dengan selang, 
  14. Jangan lupa ujung selang masukkan dalam botol AQUA 1.5 Liter yang sudah kita isi air.
  15. Biarkan proses fermentasi itu berlangsung 20 Hari.
  16. Pada hari ke 21 drum kita buka. 
  17. Siapkan timba dan isi dengan air 5 liter dan tambahkan  KNO3 2 Kg, MKP 2 Kg, Magnesium Sulfat 1 Kg dan Calcium Fertilizer 500 Gram, kemudian aduk sampai larut dan pupuk hancur.
  18. Isikan larutan pupuk tersebut ke dalam Drum  Fermentasi dan aduk  terus ( Awas jangan sampai tumpah ) biarkan 2 malam.
  19. Larutan Formula Khusus sudah siap kita gunakan dengan membuka KRAN bawah dan tampung dalam Drum.
  20. Campurkan dengan dosis pupuk pada umur ke 43 HST untuk aplikasi pupuk ke 6 ( 50 HST ) dan seterusnya. 
  21. Buat larutan seperti tersebut sebanyak 2 Drum dan tampung hasil larutan dalam 1 drum yang kosong. 
  22. Larutan Formula khusus tadi juga bisa kita aplikasikan seperti pupuk daun dengan cara mengambil larutan tadi 500 CC  / Tanki. Selamat mencoba dan sukses selalu.
Pastikan dalam membuat pupuk formula khusus ini semua material bahan tersedia jenis hingga jumlah sesuai yang sudah kami tulis.

Catatan khusus : 

Proses 1 drum biasanya akan kita dapat pupuk kurang lebih 90 - 100 liter pupuk siap pakai.


Demikian sukses story pemupukan cabe ini kami tulis. Formula pupuk khusus ini hanya sebagai katalisator agar tanaman cabe anda lebih baik.

Petani dan pembaca semua harus tetap menerapkan tata cara menanam cabe yang baik dan benar mulai dari pengolahan lahan, pemeliharaan hingga panen.

Jika petani serta pembaca semua mau menerapkan pupuk formula khusus ini lakukan dengan benar sesuai petunjuk yang sudah kami tulis. Jangan pernah mengurangi bahan material dan takaran.

Penerapan pupuk formula khusus ini sudah banyak dipraktekkan oleh banyak petani hingga praktisi tanaman dan menyatakan puas terhadap hasilnya. 

Tanaman cabe jadi lebih sehat juga serangan virus serta layu berkurang. Jadi tinggal anda mau kapan ikut sukses bersama mereka ?? Semua keputusan ada pada diri anda !!

Semoga tulisan tentang resep pupuk tanaman cabai ini bermanfaat bagi para petani dan pembaca semua. 

Apabila dan yang kurang jelas dan ingin anda tanyakan bisa menghubungi Toko Pertanian Online harga murah LMGA AGRO lewat CP Bpk. Budi Telp. : 082 141 747 141 atau SMS/WA : 0812 5222 117.  

LMGA AGRO

Related Posts

1 komentar:

  1. Pupuk formula khusus
    Apa bisa untuk di kocor
    Berapa dosisnya per drum?
    Tolong pencerahannya,,?

    BalasHapus

Jika anda ingin komentar Gunakan alamat email yang jelas ( Jangan Anonymous ). Mohon komentar secara bijak dan sesuai bahasan.