TOKO PERTANIAN ONLINE LMGA AGRO, TEMPAT BELANJA PETANI MURAH, AMAN SERTA NYAMAN. BELANJA SILAKAN HUBUNGI KAMI DI : SMS / WA : 081 252 22 117, LAYANAN KONSULTASI PERTANIAN GRATIS HP. 082 141 747 141.

KETIK JUDUL/LABEL ARTIKEL YANG DICARI PADA KOLOM DI BAWAH INI

Sabtu, 16 April 2016

MENINGKATKAN EFISIENSI PEMUPUKAN DENGAN ALAT SIRAM KOCOR/KEMPU

www.lmgaagro.web.id- Budidaya tanaman adalah usaha atau kegiatan terencana pemeliharaan tanaman pada suatu areal lahan untuk diambil hasil panennya. Kegiatan budidaya tanaman dilakukan untuk pemenuhan kebutuhan akan pangan. Sebagai kebudayaan manusia paling tua, kegiatan budidaya tanaman mengalami perkembangan seiring dengan kemajuan peradaban manusia. Perkembangan budidaya tanaman ditujukan untuk peningkatan produktifitas. Sebagai usaha untuk mendapatkan hasil produksi yang tinggi tersebut dilakukan beberapa upaya yang meliputi penyediaan benih, pengolahan tanah, pengairan, pemupukan dan perlindungan tanaman.


Salah satu faktor penting untuk meningkatkan produktifitas, yaitu pemupukan. Pemupukan dilakukan pada proses budidaya tanaman dengan tujuan untuk meningkatkan pertumbuhan dan mutu hasil pertanian. Berdasarkan pengertian khusus, pemupukan adalah pemberian bahan yang dimaksudkan untuk menyediakan hara bagi tanaman. Pada umumnya pupuk diberikan dalam bentuk cair atau padat kedalam tanah untuk diserap tanaman melalui akar. Pemberian pupuk agar tepat guna bagi tanaman harus memperhatikan umur tanaman, dosis, waktu dan cara aplikasi.

BACA JUGA : DIMANA JUAL PRODUK PANAH MERAH LENGKAP

Pupuk pada umumnya diberikan dalam bentuk butiran atau padatan dengan cara ditugal atau ditabur dan bentuk cairan dengan cara disiram/dikocor atau disemprotkan. Pemberian pupuk dengan cara ditabur banyak dilakukan petani karena cara ini mudah dan tidak membutuhkan waktu dan tenaga yang relatif banyak. Akan tetapi pemberian pupuk dengan cara ditabur memiliki kelemahan yaitu pada cuaca terik, pupuk akan mudah menguap dan pada saat hujan pupuk akan mudah terbawa air.

ALAT SIRAM KOCOR / KEMPU DI BURU PETANI


Untuk mengurangi kehilangan pupuk yang terbuang akibat penguapan dan terbawa air, maka pupuk diberikan dengan cara penyiraman/kocor. Pupuk dilarutkan dalam air dan disiramkan/dikocor. Pemberian pupuk dengan cara disiram/kocor akan mengurangi kehilangan pupuk akibat penguapan atau terbawa air dan lebih cepat diserap oleh tanaman.

kempu, alat siram kocor, grosir alat pertanian
ALAT SIRAM KOCOR/KEMPU
Untuk meningkatkan efisiensi pemupukan dengan cara disiram/dikocor, muncul inovasi peralatan pertanian berupa alat siram kocor/kempu. Alat siram kocor/kempu saat ini banyak digunakan petani karena terbukti lebih efisien. Sebagai perbandingannya, pada area penanaman jagung seluas 1 hektar dibutuhkan 6 orang tenaga kerja untuk sehari melakukan pemupukan dengan cara tebar. Sedangkan penggunaan alat siram kocor/kempu hanya membutuhkan 3 orang tenaga kerja untuk sehari melakukan pemupukan dengan cara disiram/kocor. Dengan segala kelebihan pemupukan dengan cara disiram, penggunaan alat  siram kocor/kempu sangat efisien untuk pemupukan juga pengobatan dengan metode siram/kocor. Alat  siram kocor/kempu dapat menekan waktu dan kebutuhan tenaga kerja yang tentu saja pada akhirnya menekan biaya perawatan tanaman. Meningkatkan efisiensi pemupukan dengan alat siram kocor/kempu patut menjadi pilihan bagi petani yang ingin mendapatkan hasil ekonomi yang lebih baik dari usaha budidayanya.  

Alat siram kocor/kempu bisa dibeli di Toko Pertanian On Line LMGA AGRO. Toko On Line LMGA AGRO menyediakan benih, pupuk, pestisida dan sarana pertanian dengan harga murah dan terjangkau. LMGA AGRO juga melayani konsultasi budidaya tanaman hortikultura GRATIS. Hubungi LMGA AGRO di CP Bpk. Budi Telp. : 082 141 747 141 atau SMS/WA : 0812 5222 117.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon untuk berkomentar secara bijak dan sesuai bahasan.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...