TOKO PERTANIAN LMGA AGRO, TEMPAT BELANJA ONLINE PETANI MURAH, AMAN DAN PROMO. SEGERA BELANJA! HUBUNGI KAMI DI : SMS / WA : 081 252 22 117, LAYANAN KONSULTASI PERTANIAN GRATIS HP. 082 141 747 141.

KETIK JUDUL/LABEL ARTIKEL YANG DICARI PADA KOLOM DI BAWAH INI

19/04/21

Pupuk Cabe Rawit Musim Hujan Hortigro Calcium Fertilizer CNO

pupuk cabe rawit, pupuk musim hujan, cabe, hortigro, kalsium, jual pupuk, toko pertanian, toko online, lmga agro
Hortigro Calcium
Pupuk Cabe Rawit Musim Hujan Hortigro Calcium Fertilizer CNO. HP 082141747141 ( telepon ) dan 08125222117 ( SMS/WA ). Toko pertanian online LMGA AGRO jual pupuk Kalsium yaitu Calcium Fertilizer CNO. Dapat dijadikan sebagai pupuk cabe rawit musim hujan sebagai pupuk Kalsium untuk tanaman cabe.

Toko pertanian online LMGA AGRO jual berbagai kebutuhan bercocok tanam. Tersedia benih hibrida dan unggul tanaman sayuran dan buah. Juga ada pupuk, pestisida, ZPT dan alat pertanian. Kami juga menerima layanan konsultasi pertanian gratis tentang pupuk cabe rawit musim hujan. 

Kami siap kirim pesanan Anda secara online ke seluruh wilayah Indonesia. Bersama jasa ekspedisi barang JNE, KI8 dan Pos Indonesia. Kami mengajak kerja sama sebagai dropship dan reseller pertanian pupuk cabe rawit musim hujan. 

Hortigro Calcium Fertilizer CNO merupakan pupuk Kalsium untuk tanaman. Kandungan didalamnya juga ada Nitrogen. Aplikasinya dengan cara disemprotkan sehingga cepat diserap tanaman. Pemberian pupuk di musim hujan sebaiknya dengan cara kocor. 

Pupuk cabe rawit musim hujan sesuai dosis anjuran dan tidak boleh berlebihan terutama unsur Nitrogen, Hortigro Calcium Fertilizer penting bagi tanaman cabe rawit. Peran Kalsium untuk menambah daya tahan. 

Pupuk cabe rawit musim hujan penting untung diketahui karena menanam cabe di musim hujan banyak sekali tantangannya. Pemeliharaan harus tepat dan benar sehingga tanaman bisa menghasilkan panen yang sesuai harapan. 

Pemberian pupuk cabe rawit musim hujan harus seimbang dan diperhatikan. Cabe rawit musim hujan rawan serangan penyakit. Beberapa langkah untuk mengantisipasi, yaitu salah satunya memakai benih cabai tahan hujan. 


Pupuk Kalsium Hortigro Calcium Fertilizer CNO


Hortigro pupuk Kalsium, Calcium Fertilizer CNO mengandung Nitrogen dan Kalsium Nitrat yang 100% larut dalam air. Pupuk Kalsium Hortigro mudah sekali diserap tanaman. Fungsinya mencegah kekurangan ( defisiensi ) unsur Kalsium pada tanaman. 

Tanda-tanda tanaman kekurangan Kalsium adalah buah pecah, daun rontok, buah rontok dan tepi daun menguning/busuk. Tanaman menjadi layu dan kemudian batang menjadi lemas. Pupuk Hortigro Calcium Fertilizer juga bisa untuk tanaman hidroponik karena bersifat mudah larut dalam air.  

Kandungan unsur dalam Hortigro CNO adalah : 

N 15,5%

NO3-N 14,4%

NH4-N 1,1%

P2O5  0%

K2O  0%

CaO  26,5%

Manfaat Hortigro Calcium Fertilizer CNO bagi tumbuhan adalah : untuk mencegah penyakit busuk pangkal dan ujung buah serta infeksi jamur. Peran Kalsium dalam Hortigro CNO dapat mengeraskan permukaan buah agar tidak mudah pecah. 

Peran Hortigro Calcium Fertilizer CNO sebagai pupuk cabe rawit musim hujan juga untuk meningkatkan pertumbuhan akar dan mencegah kemasaman tanah. Aplikasi pupuk cabe rawit musim hujan ini dipalikasikan lewat daun dan cara disemprotkan. 

Cara kocor juga bisa lewat akar dengan cara disiramkan ke tanah. Pupuk cabe rawit musim hujan juga bisa untuk tanaman hidroponik karena pupuk mudah larut dalam air.  

Cara pemberiannya dosis pupuk Kalsium untuk cabe dianjurkan sebanyak 10 - 15 gram sebanyak 2 - 3 sendok lalu dilarutkan dalam 10 liter air bersih. Hortigro Calcium Fertilizer 15,5 - 0 - 0 - 26,5 ( CNO ) telah teruji dan terpercaya. Berikan secara bergantian atau selang-seling. Dapat juga dicampur pestisida non-alkalis. Pemberian pada pagi atau sore hari saat tidak hujan. 


Manfaat Jenis Pupuk Kalsium  


pupuk cabe rawit, hortigro, calcium fertilizer, pupuk kalsium, jual pupuk, toko pertanian, toko online, lmga agro
Alat pH meter | LMGA AGRO
Jenis pupuk Kalsium penting bagi tanaman budidaya. Tanaman selama hidupnya membutuhkan nutrisi atau makanan yang seimbang sesuai kebutuahnnya. Secara garis besar, unsur kebutuhan tanaman dibagi 2 yaitu unsur hara makro dan unsur hara mikro.  

Kalsium termasuk unsur hara makro dan penting bagi tanaman, bersama unsur  lain yaitu N, P, K, Mg dan S. Unsur hara makro dibutuhkan tanaman dalam jumlah cukup, tidak kurang dan tidak berlebihan. Jika kekurangan atau kelebihan, pertumbuhan tanaman menjadi tidak normal. 

Pupuk Kalsium terbaik untuk cabe sebagai pupuk cabe rawit musim hujan dapat memperkuat daya tahan tanaman. Unsur Kalsium memiliki peran penting dalam pertumbuhan tanaman. Kekurangan Kalsium menyebabkan tanaman mudah terserang penyakit. Dosis pupuk Kalsium untuk cabe diberikan dengan kadar cukup dan tidak berlebihan. 

Cara pemberian pupuk cabe rawit musim hujan Hortigro bisa sebagai pupuk dasar, pupuk susulan atau bersama pemberian air. Sebelum Hortigro Calcium Fertilizer diberikan, lakukan pengecekan pH tanah. Bila pH rendah berikan kapur pertanian Dolomit sesuai kebutuhan. 

Peran Kalsium pupuk cabe rawit musim hujan penting terutama untuk titik-titik tumbuh tanaman seperti pada pucuk muda dan ujung akar. Kekurangan Kalsium menyebabkan pertumbuhan terhambat dan menurunkan kualitas buah. 

Gejala fisiologis kekurangan Kalsium yaitu pecah buah, busuk lunak hingga ujung dan tepi daun mengering seperti terbakar. Busuk ujung buah, bunga dan buah mudah gugur hingga tanaman mudah terserang penyakit jamur dan bakteri. 

Gejala kekurangan Kalsium mudah dideteksi karena sifat unsur Kalsium tidak mudah berpindah dari daun tua ke daun muda. Gejala awal tampak pada pucuk atau daun muda yang mengering seperti terbakar. Busuk pada ujung buah dan pertumbuhan akar terhenti. 




Menanam Cabe di Musim Hujan 


Menanam cabe di musim hujan menggunakan pupuk cabe rawit musim hujan berpotensi mendapatkan untung tinggi juga resiko yang besar. Menanam cabe di musim hujan membutuhkan teknik budidaya lebih intensif dibandingkan menanam di musim kemarau. 

Musim hujan bukan kondisi cuaca yang mendukung tanaman cabe. Beberapa langkah dilakukan agar tanaman bisa sampai berproduksi dan buah muncul dalam kondisi baik. Antara lain :   

Bedengan dibuat tinggi. Penyebaran spora seperti patogen antraknosa menyebar lewat percikan air hujan. Bedengan tinggi juga untuk mengantisipasi bila air menggenang sehingga air cepat merembes ke tanah. 

Curah hujan tinggi menyebabkan tanah sangat basah dan padat. Kondisi lembab sangat disukai jamur/cendawan. Sebaiknya tinggi bedengan dibuat > 20 cm dan air akan cepat menghilang. 

Pupuk dasar sedikit menggunakan Pupuk Nitrogen. Karena air hujan mengandung Nitrogen sehingga nitrogen bebas di udara cukup tinggi. Akibat terjadinya reaksi kimia pada awan lalu terbawa oleh air hujan. 

Unsur Nitrogen sangat bagus sebagai pupuk cabe rawit musim hujan untuk pertumbuhan daun dan pucuk batang tanaman. Pupuk cabe rawit musim hujan mengandung Nitrogen tinggi menjadi berlebihan. Bila tidak segera diserap tanaman, akan menyuburkan jamur penyebab penyakit. 

Pupuk cabe rawit musim hujan sebaiknya tidak memberikan pupuk ZA dan Urea. Namun gunakan pupuk cabe rawit musim hujan yaitu pupuk NPK 15-15-15 sebagai pupuk dasar. Bila perlu tambahkan TSP dan KCl. 

Jamur baik seperti Trichoderma, Gliocladium menjadi obat alami fungisida untuk cabe di musim hujan. Karena jamur baik tersebut bersifat antagonis bagi cendawan patogen. Atur juga jarak tanam cabe di musim hujan minimal 50 cm, 60 cm atau 75 cm. Maksudnya untuk memperlancar sirkulasi udara dan cahaya matahari merata sampai dasar dan sela-sela tanaman.  


Pemberian Pupuk Cabe Rawit Musim Hujan 


pupuk cabe rawit, pupuk kalsium, hortigro, calcium fertilizer, jual pupuk, toko pertanian, toko online, lmga agro
Mulsa Plastik Hitam Perak 
Pemberian pupuk cabe rawit musim hujan berkurang atau tidak sama saat musim kemarau yaitu sekitar 85% saja. Hal tersebut dikarenakan, di musim hujan jumlah air melimpah. Karena hujan, pupuk cabe rawit musim hujan mudah larut di bedengan. 

Pupuk cabe rawit musim hujan sebaiknya diberikan tidak terlalu banyak karena unsur N sudah dapat diperoleh bebas di udara. Kelebihan unsur N menyebabkan tanaman banyak mengandung air ( sukulen ). Bila terjadi demikian, tanaman akan mudah terserang hama dan penyakit. 

Pupuk kandang diberikan saat 70% hampir selesai persiapan tanam. Pemberian pupuk cabe rawit musim hujan pada bedengan dan satu tanaman diberi 1 kg. Setelah pupuk kandang ditebarkan lalu dicangkul pelan-pelan agar pupuk menyatu dengan tanah. Biarkan selama 2 minggu jarak  waktu untuk pemberian pupuk kimia. 

Bila saatnya akan memberi pupuk kimia, kondisi bedengan harus basah oleh air hujan atau telah tergenangi air semalaman. Pupuk lalu ditebarkan merata dan bedengan dirapikan menggunakan bambu. Setelah bedengan rapi saatnya diberi mulsa plastik hitam perak. 

Menanam cabe di musim hujan sebaiknya memasang mulsa plastik menutupi bedengan. Tujuannya menghalagi air hujan langsung meresap ke tanah. Air hujan akan mengalir jatuh ke saluran drainase dan tidak langsung ke tanah. Percikan air hujan dapat menyebarkan jamur penyebab Antraknosa. 

Air hujan memang baik untuk penyiraman dan dapat dijadikan pupuk cabe rawit musim hujan karena mengandung Nitrogen. Air hujan tidak mengandung klorin sehingga baik untuk penyiraman. Namun hujan terlalu sering menimbulkan kelembaban tinggi akibatnya gulma menjadi tumbuh subur. 

Di musim hujan, penyiangan semakin sering dilakukan ditambah penggemburan karena hujan membuat tanah cepat padat. Gulma yang tumbuh subur menyebabkan kelembaban tinggi dan mengundang tumbuhnya cendawan. 




Pemupukan Cabe Rawit di Musim Hujan


Penyiraman saat musim sedang panas, penyiraman dilakukan 1 - 2 kali sehari. Tetapi bila curah hujan sedang tinggi maka penyiraman tidak sering dilakukan. Bunga dan buah di musim hujan rentan untuk rontok dan penyiraman dapat menjadikan bunga dan buah rontok.  

Pemberian pupuk cabe rawit musim hujan sebagai nutrisi harus terpenuhi agar tanaman dapat tumbuh subur. Pupuk cabe rawit musim hujan sebaiknya menggunakan pupuk NPK. Hortigro Calcium Fertilizer CNO diberikan untuk menambah daya tahan tanaman terhadap serangan patogen di musim hujan. 

Hortigro CNO mengandung Kalsium dan Nitrogen diberikan dengan cara disemprotkan ke tanaman. Agar benar-benar terhindar dari penyakit Patek, gunakan fungisida untuk mengendalikan penyakit Patek. 

Pupuk cabe rawit musim hujan menggunakan pupuk kandang sebagai pupuk susulan saat tanaman cabe umur 1 bulan. Pupuk kandang sebagai pupuk cabe rawit musim hujan dipakai yang sudah masak betul. Karena pupuk kandang belum matang artinya masih terjadi proses pengiraian. Tandanya yaitu masih berbau amoniak yang menyengat.  

Pupuk kandang jadi sudah siap jadi berbentuk mirip tanah dan struktur tanahnya gembur. Pupuk kandang belum jadi membuat tanah disekitar akar panas dan bulu-bulu akar menjadi kering. Tanaman tidak bisa menyerap air sehingga tanaman menjadi layu.  

Pupuk cabe rawit musim hujan menggunakan pupuk kandang harus matang untuk mencegah kelayuan pada tanaman. Hujan intensitas tinggi berpotensi terjadi kebanjiran terutama bila drainasenya buruk. Jika terjadi genangan air dan dalam waktu lama, dimungkinkan terjadi layu. Tanaman akan layu perlahan-lahan dan tampak setelah 4 - 7 hari tergenang. 




Cara Memberi Pupuk Cabe Rawit Musim Hujan


Cara memberikan pupuk cabe rawit musim hujan harus hati-hati dan sesuai waktunya agar pupuk bisa diserap secara efisien. Tidak banyak pupuk menghilang percuma karena hujan. 

Buat lubang kecil sekitar tanaman atau dekat pusat tanaman berjarak sekitar 10 cm dan dalamnya 5 cm. Lubang-lubang tersebut dijadikan tempat meletakkan pupuk. Masukkan pupuk berdasarkan dosisnya beberapa gram per umur tanaman. 

Lalu tutup lubang menggunakan tanah. Sebaiknya memberikan pupuk cabe rawit musim hujan tidak disebar langsung karena hujan tinggi menyebabkan pencucian pupuk. Pupuk yang seharusnya akan diserap tanaman malah terbawa aliran air hujan dan pasti akan sia-sia. 

Pupuk Hortigro Calcium Fertilizer mengandung Kalsium dan terlibat dalam metabolisme tanaman. Kalsium membantu tanaman menyerap unsur penting lainnya dengan baik. 

Unsur Kalsium membantu perkembangan sel tanaman. Kalsium merupakan unsur penting penyusun dinding sel tanaman. Bila kekurangan Kalsium, dinding sel akan rapuh dan lemah mudah dimasuki jamur arau bakteri.  

Pupuk cabe rawit musim hujan mengandung Kalsium berfungsi membantu proses yang berhubungan dengan enzim dan hormon pertumbuhan. Tanaman cukup diberi pupuk cabe rawit musim hujan lebih tahan terhadap stress panas. Buah cabe rawit akan berkualitas cerah dan sehat bila kebutuhan Kalsiumnya terpenuhi. 




Budidaya Cabe Rawit Menguntungkan di Musim Hujan


Saat musim hujan, kurangi pemberian pupuk mengandung Nitrogen seperti Urea dan ZA. Nitrogen bersifat menurunkan pH dalam tanah sehingga cabe rawit rentan terserang penyakit. Pupuk cabe rawit musim hujan diberika seimbang agar tidak kekurangan atau tidak berlebihan.  

Pengamatan atau kontrol tanaman setiap hari dan jangan malas untuk mengunjungi kebun. Manfaat kontrol tanaman terbukti dapat mencegah perkembangbiakan organisme pengganggu tanaman. Pengecekan dilakukan secara intensif dan gunakan pestisida yang tepat.  

Pestisida diberikan dengan cara disemprotkan sesuai waktu yang tepat. Bila musim hujan banyak penyakit cabe rawit yang menyerang sehingga gunakan fungisida tahan hujan. Penyakit patek/antraknosa paling mungkin terjadi di musim hujan. Toko pertanian online LMGA AGRO jual fungisida untuk cabe di musim hujan. 

Kebersihan dan sanitasi lahan saat musim hujan di lahan pertanian cabe rawit sangat penting dilakukan. Curah hujan tinggi sering terjadi ledakan penyakit akaibat jamur dan bakteri. Gulma yang dibiarka tumbuh menjadi penyebab penyakit datang dan ikut menyerap unsur hara dalam pupuk. Sehingga tibul persaiangan antara gulma dan tanaman cabe rawit. 

Gulma juga menjadi sarang hama dan penyakit. Pemberian pupuk cabe rawit musim hujan tidak susah namun harus dikerjakan dengan tepat, rutin dan sabar. Karena biasanya harga cabe rawit di musim hujan menanjak naik setiap harinya. 

Sehingga bila Anda melakukan pemeliharaan dengan tepat meski kelembaban tinggi. Hasil melimpah akan Anda peroleh seiring dengan harga cabe yang tinggi. 

Demikian artikel Kami dengan judul : Pupuk Cabe Rawit Musim Hujan Hortigro Calcium Fertilizer CNO. Hubungi nomer kontak Kami di 082141747141 ( telepon ) dan 08125222117 ( SMS/WA ). Toko pertanian online LMGA AGRO jual benih hibrida dan unggul tanaman sayuran dan buah. Tersedia pula pupuk, pestisida, ZPT dan alat pertanian. 

Kami menerima konsultasi gratis. Semoga artikel Kami bermanfaat dan menambah wawasan tentang pupuk cabe rawit musim hujan. Pemberian Hortigro Calcium Fertilizer CNO mengandung Kalsium tinggi. Salam sukses.....


RELATED POSTS

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon untuk berkomentar secara bijak dan sesuai bahasan.