TOKO PERTANIAN LMGA AGRO, TEMPAT BELANJA ONLINE PETANI MURAH, AMAN DAN PROMO. SEGERA BELANJA! HUBUNGI KAMI DI : SMS / WA : 081 252 22 117, LAYANAN KONSULTASI PERTANIAN GRATIS HP. 082 141 747 141.

KETIK JUDUL/LABEL ARTIKEL YANG DICARI PADA KOLOM DI BAWAH INI

07/12/13

Tips dan Kiat Sukses Menanam Cabe dan Tomat di Musim Penghujan

benih cabe, benih tomat, cara menanam cabe, cara menanam tomat, buiddaya cabe, budidaya tomat, pohon cabe, jual benih cabe, budidaya musim hujan, tips dan trik, lmga agro
Cara menanam cabe dan tomat saat ini jadi peluang usaha baru yang manarik banyak minat petani untuk berkebun. Maka jangan heran kalau saat ini permintaan terhadap benih cabe serta tomat terus bertambah.

Namun kini budidaya cabe dan tomat tidak semudah dulu. Banyak sekali tantangan yang harus petani lewati jika harus sukses dalam meraih peluang usaha dari tanaman hortikultura ini.

Agar kita bisa sukses menanam cabe dan tomat apalagi jika kita tanam di musim hujan, membutuhkan tips dan kiat cara budidaya yang benar. Menguasai tips dan trip cara menanam cabe dan tomat jadi kebutuhan yang harus petani kuasai.

Pada tulisan sebelumnya kami membahas cara petani sukses budidaya cabe. Kali ini kami akan sedikit mengulas tips menanam cabe dan tomat di musim penghujan. 

Budidaya cabe dan tomat di musim hujan membutuhkan strategi jitu yang tentunya kita sesuaikan dengan tatangan dari tanaman. Jika petani mampu beradaptasi dengan baik maka akan bisa sukses.

Kita ketahui cabe dan tomat adalah satu suku/famili, yaitu famili solanaceae, sehingga memiliki jenis penyakit yang hampir sama. 

Ikuti terus ulasan dari team toko pertanian Lmga Agro sehingga pembaca semua bisa mandapatkan ilmu yang sangat bermafaat ini.

Penanaman cabe dan tomat dimusim penghujan disebut bertanam di luar musim (off season). Tanam cabe dan tomat pada luar musim memiliki peluang gagal lebih tinggi. 

Namun jika kita sukses taklukkan maka harga cabe dan tomat bisa kita pastikan akan mahal saat panen. Harga cabe hari ini yang mahal saat panen jadi harapan banyak petani. Rev. 08/09/22.

Budidaya Cabe Dan Tomat Musim Hujan Banyak Tantangan


Budidaya cabe dan tomat yang sulit saat musim hujan jangan membuat petani menyerah ! Justru dengan adanya banyak tantangan akan banyak peluang harga mahal saat panen.

Adanaya peluang usaha dari hasil panen yang mahal ini  jadikan motivasi serta penyemangat bagi kita. Petani harus terus up date dan up grade cara tanam dan budidaya yang lebih baik.

Apalagi kini cara menanam cabe dan tomat ini bisa dengan mudah kita dapatkan lewat jaringan internate. Bermodal jaringan kita bisa akses Google hingga YouTube guna mendapatkan cara menanam terbaru.

Pada bulan apakah musim penghujan terjadi di Indonesia? Pertanyaan ini sering muncul dan jadi pekerjaan rumah bagi petugas prakiraan cuaca ( BMKG ). Petani harus terus update bagaimana cuaca sekitar kita tanam.

Musim hujan di Indonesia terjadi pada bulan Desember - Mei. Tentu ini juga tergantung lokasi daerah anda tinggal. Salah satu tanda musim hujan di Indonesia akan tiba ada hujan kecil yang biasa kita sebut gerimis.

Jika sudah masuk musim penghujan maka kondisi cuaca jadi tidak menentu. Kita akan sulit untuk prediksi cuaca besok hujan atau panas. Bahkan petugas prakiraan cuaca pun tidak bisa secara valid beri informasi cuaca hari ini.

Curah hujan dan kelembaban yang tinggi akan memicu berkembangnya hama dan penyakit, sehingga memperbesar resiko kegagalan panen.

Tips Dan Kiat Menanam Cabe Dan Tomat Di Musim Hujan


Untuk memperkecil resiko kegagalan, beberapa hal yang perlu kita perhatikan dalam budidaya tomat dan cabe adalah sebagai berikut :
  1. Pilih varietas yang tepat untuk bertanam di musim hujan, yaitu varietas yang tahan terhadap serangan busuk daun, bercak bakteri hingga layu fusarium.
  2. Perbaikan saluran drainase. Usahakan air tidak menggenang pada sekitar tanaman, karena air yang menggenang menjadi pemicu berkembangnya penyakit, terutama serangan layu. Pastikan saluran drainase benar - benar bagus sehingga air bisa mengalir lancar.
  3. Tinggikan bedengan untuk mengurangi kelembaban tanah. Usahakan membuat bedengan lebih tinggi jika kita bandingkan pada saat musim kemarau. 
  4. Jika pada musim kemarau bedengan kita buat biasanya setinggi 50 cm, maka pada musim penghujan bisa dibuat setinggi 60 - 70 cm.
  5. Pengaturan jarak tanam. Untuk mengurangi kelembaban serta menambah cahaya matahari masuk pada sela - sela tanaman, maka gunakan jarak tanam lebih lebar. 
  6. Untuk tomat bisa menggunakan jarak 50 hingga 60 cm, untuk cabe 60 - 70 cm. Pengaturan jarak tanam juga akan mengurangi resiko pecah buah.
  7. Menggunakan mulsa hitam perak untuk kontrol kelembaban tanah. Hal ini juga berfungsi mengurangi penyebaran penyakit. Percikan tanah yang terkena hujan, mengandung bibit penyakit atau patogen.
  8. Sanitasi sekitar tanaman dengan cara membersihkan areal pertanaman dari gulma dan tanaman liar. Gulma jadi salah satu inang atau tempat hidup sementara hama dan penyakit
  9. Penggunaan pestisida yang tepat dengan perekat dan perata untuk efisiensi penggunaan pestisida.
  10.  Penggunaan perekat dan perata menjadikan pestisida mempunyai daya rekat serta daya sebar yang tinggi, sehingga pestisida tidak mudah tercuci air hujan.
  11. Beberapa tanaman cabe yang cocok dan cukup adaptasi dengan musim penghujan adalah Cabai Imperial 10, Elegance, Gada F1, Red Lava, Red Kriss, Rimbun, Flash, Sios Tavi, Farux, Cabe  Bhaskara, Cabe Dewata 43 dan Nirmala
  12. Sedangkan tanaman tomat yang cocok kita tanam di musim hujan antara lain adalah : Tomat Mutiara, TM Elisha, TM Marvel, TM Vista, Corona F1, Comodor, Fortuna, Tomat Servo, Gustavi hingga Sakura.

Benih cabe hingga tomat dengan kualitas terbaik serta asli pabrik kini bisa anda beli lewat toko pertanian Lmga Agro. Jika posisi anda jauh anda bisa shopping online kebutuhan pertanian anda.

Toko pertanian terdekat Lmga Agro juga juga jual pestisida, pupuk, alat pertanian hingga spare partnya. Kami sudah pengalaman kirim ke seluruh Indonesia dengan jaminan barang pasti datang. 

Pembaca dan petani semua juga bisa konsultasi pertanian gratis berkaitan dengan tips dan kiat sukses menanam cabe dan tomat di musim penghujan dengan team ahli kami.

Gunakan benih cabe dan tomat dengan varietas yang cocok dengan lokasi serta waktu anda tanam. Pemilihan benih menjadi salah satu kunci sukses anda jalankan usaha mandiri bisnis berkebun saat musim hujan.

Ingin konsultasi pertanian segera hubungi  CP Bpk. Budi Telp. : 082 141 747 141 atau SMS/WA : 0812 5222 117, maka support team akan membantu memilih produk yang sesuai.


RELATED POSTS

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jika anda ingin komentar Gunakan alamat email yang jelas ( Jangan Anonymous ). Mohon komentar secara bijak dan sesuai bahasan.