TOKO PERTANIAN LMGA AGRO, TEMPAT BELANJA ONLINE PETANI MURAH, AMAN DAN PROMO. SEGERA BELANJA! HUBUNGI KAMI DI : SMS / WA : 081 252 22 117, LAYANAN KONSULTASI PERTANIAN GRATIS HP. 082 141 747 141.

KETIK JUDUL/LABEL ARTIKEL YANG DICARI PADA KOLOM DI BAWAH INI

14/11/13

Harga Cabe Mahal Hati - Hati Serangan Lalat Buah

harga cabe, harga cabe hari ini, benih cabe, tanaman cabe, budidaya cabe, cara menanam cabe, bibit cabe, lalat buah, lalat buah adalah, lmga agro
Harga cabe hari ini
lagi mahal. Harga cabe yang mahal adalah harapan petani karena semua biaya yang kita keluarkan untuk biaya tanam bisa kembali. Bahkan petani bisa mendapatkan sisa yang lebih banyak. 

Jika anda membutuhkan benih cabe dengan kualitas terbaik segera hubungi toko pertanian Lmga Agro Sms / Wa : 0812 252 22 117.

Harga cabe rawit 1 Kg hari ini bisa mencapai Rp. 80.000, untuk harga cabe merah 1 kg hari ini Rp. 50.000 sedangkan harga cabe keriting hari ini Rp. 65.000. Hampir semua harga cabe naik dari petani. 

Hal ini karena hasil panen pada tingkatan petani banyak yang berkurang akibat tanaman terserang virus serta serangan lalat buah. 

Kerusakan virus gemini menyebabkan usaha budidaya cabe tidak bisa produksi maksimal. Bahkan beberapa tanaman cabe langsung keriting serta kuning tidak mau tumbuh lagi.

Kerusakan buah cabe pada petani juga banyak muncul karena terserang lalat buah. Bahkan serangan lalat buah ini menyebabkan busuk dan cabe tidak laku untuk petani jual. 

Lalat buah (Bractocera dorsalis) adalah hama yang menyerang buah buahan dan sayur termasuk cabe.  Tingkat serangan akibat serangan lalat buah sangat besar dan selalau berulang setiap musim tanam.

Tanaman buah seperti melon, tomat, semangka, mangga, jambu, jeruk, belimbing menjadi komoditas yang sering rusak karena serangan lalat buah.

Klasifikasi lalat buah adalah sebagai berikut : Nama Ilmiah : Diptera, Klas : Panorpida, Kerajaan : Animalia, Daur hidup : 28 hari.

Siklus lalat buah memang pendek yaitu 28 hari. Lalat buah aktif pada siang hari hingga sore hari ( ketika senja tiba ). 

Sedangkan setiap lalat buah bertelur kisaran 15 butir, serta akan menetas dalam waktu 2 hari menjadi larva. 

Larva lalat buah akan hidup dan berkembang dalam daging buah 6 hingga 9 hari. Pada fase ini yang akan menyebabkan buah cabe menjadi busuk. 

Melihat tingkat kerusakan yang demikian besar pada tanaman cabe akibat lalat buah maka petani harus tahu cara pengendaliannya. Rev. 07/09/22.

Kenali Kerusakan Karena Lalat Buah


Pengetahuan cara menanam cabe yang benar juga harus menguasai cara mengatasi kendala yang setiap saat muncul. Hal ini akan banyak menghemat pengeluaran biaya selama kita jalankan usaha mandiri bisnis berkebun ini.

Cabe menjadi salah satu komoditas sayuran hortikultura yang menerima kerusakan paling tinggi akibat dari serangan lalat buah.

Saat ini hujan mulai datang pada beberapa daerah. Biasanya pada saat musim peralihan dari musim kering ke hujan akan banyak serangan hama penyakit. 

Pergeseran serangan Hama dan Penyakit pada tanaman hortikultura ini karena terjadi perubahan suhu lingkungan tenpat kita tanam.

Tak terkecuali tanaman cabe baik itu yang jenis cabe besar, cabe rawit maupun cabe keriting. Selain kerusakan yang akibat oleh jamur seperti cacar buah Antracknose. 

Kerusakan yang tidak kalah parah menyebabkan kerugian pada saat musim hujan adalah serangan lalat buah. Kenapa gangguan untuk tanam cabe ini banyak banget ya ??

Lalat buah yang menyebabkan kerusakan dengan cara melubangi cabe guna meletakkan telurnya pada lapisan epidermis buah cabe. 

Ketika akan bertelur lalat buah dewasa ( Imago ) akan memilih buah yang cocok untuk meletakkan telurnya. Cara meletakkan telurnya dengan ( Ovipositor ) alat penusuk yang kemudian akan ditusukkan pada daging buah.

Saat telur menetas, larva lalat buah akan memakan daging buah, sehingga warna buah menjadi jelek dan tidak bisa kita panen. Buah cabe yang terserang lalat buah akan menjadi kecil hingga akan berubah warna kuning. 

Telur lalat buah tidak hanya diletakkan dalam buah tetapi juga pada bunga  hingga batang. Batang yang diserang akan menjadi bisul. 

Akibat serangan lalat buah, cabe akan gugur sebelum waktunya, hitam mengeras hingga busuk. Kita juga bisa menemukan larva lalat dalam cabe. Hal tersebut berakibat pada berkurangnya kualitas dan kuantitas panen dari petani.

Karugian Karena Lalat Buah


Karena kerugian pada tanaman cabe sangat besar maka petani harus punya cara ampuh yang bisa mengurangi serangan lalat buah. Jangan sampai lalat buah mendapatkan makan dan tempat untuk berkembang.

Jika hasil penelitian perusahaan benih sudah menghasilkan benih antivirus terbaik, bahkan hingga benih yang sudah tahan layu jamur hingga bakteri. Sampai dengan tanaman cabe yang sudah toleran cekaman Kalsium.

Namun hingga saat ini belum ada satupun perusahaan benih nasional yang berani menyatakan bahwa varietas cabe yang mereka produksi tahan serangan lalat buah.

Kerugian akibat serangan lalat buah pada tanaman sangat besar, bahkan ada data yang menyampaikan kerugian ini hingga 4.790 Ha lahan terserang. Kerugian yang timbul mencapai 21,99 miliar.

Maka jangan heran kalau hama lalat buah ini bisa kita temukan pada berbagai tanaman hingga berbagai lokasi. Mungkin anda adalah salah satu korban yang usaha tanaman anda gagal panen gara - gara serangan lalat buah ini.

Jika serangan lalat buah parah bisa menyebabkan petani gagal panen. Kerusakan lalat buah akan tinggi saat musim hujan tiba juga meningkat persamaan dengan musim buah. Lalu bagaimana cara mengusir lalat buah ????

Pengendalian lalat buah bisa kita lakukan dengan cara penggunaan insektisida, pemanfaatan musuh alami, penggunaan flovonoid hingga bioinsektisida. 

Lalat buah sangat tidak menyukai mau yang tajam, bila dari tanaman seperti : daun mint, daun pandan, daun kemangi. 

Sedangkan musuh alami dari lalat buah adalah : laba - laba, semut, kumbang carabid, kumbang penjelajah, kepik penghisap serta masih ada yang lain.

Hasil pengendalian lalat buah akan optimal jika petani menerapkan penggabungan berbagai metode pengendalian tersebut.

Gunakan insektisida lalat buah yang paling ampuh sedini mungkin. Obat lalat buah ini kini bisa anda beli cara online lewat toko pertanian Lmga Agro. Kombinasikan dengan perangkap lalat buah dengan jumlah serta hitungan yang benar.

Pilih insektisida yang mempunyai bau tajam serta menyengat.  Kedua aroma ini jadi bau yang tidak disukai oleh lalat buah

Jika kita perlukan satu atau dua kali aplikasikan molto pewangi untuk mengusir lalat buah dari sekitar tanaman. Salah satu bahan aktif insektisida untuk lalat buah yang kini jadi favorit petani adalah dimetoat.

Tips Pengendalian Lalat Buah Pada Cabe


Petani harus kombinasi antara insektisida sistemik untuk lalat buah dengan insektisida kontak.  Hal ini bertujuan agar pengendalian bisa lebih maksimal hasilnya.

Yang tidak kalah penting adalah bahwa petani harus hapal dan memahami bahan aktif untuk pengusir lalat buah yang ada dalam insektisida. Sehingga tidak salah dalam aplikasi.

Salah satu cara yang mudah, ramah lingkungan dan praktis adalah penggunaan perangkap lalat buah Yellow Trap

Perangkap lalat buah hanya sebagai jebakan buat lalat jantan. Karena ada feromon berupa metil eugenol. Namun jika ingin berfungsi sebagai perangkap lalat buah betina bisa kita tambah dengan air.

Perangkap lalat buah Yellow Trap terdiri dari tabung perangkap, petrogenol 10 cc, kapas kasa serta tali penggantung

Cara aplikasi Yellow Trap sangatlah mudah. Tabung Yellow Trap digantung pada dahan atau ranting pohon setinggi 1,5 meter dari permukaan tanah. 

Kemudian air 300 - 500 ml masukkan ke dalam perangkap. Terakhir, kapas yang sudah kita tetesi petrogenol kita letakkan pada tongkat tutup perangkap. 

Perangkap lalat buah yellow trap siap menjalankan fungsinya.
     
Adapun untuk bisa mencegah serangan lalat buah secara optimal pada  area tanaman cabe idealnya jumlah Perangkap Lalat Yellow Trap yang digunakan adalah 20 Biji / Hektar. 

Apabila ada yang berminat terhadap Yellow Trap lengkap bisa di pesan di Toko Pertanian Online LMGA AGRO, dengan menghubungi CP Bpk. Budi Telp. : 082 141 747 141 atau SMS/WA : 0812 5222 117.


Jangan sampai petani dan pembaca semua tidak bisa menikmati harga cabe hari ini atau saat anda panen mahal gara - gara buah cabai rusakdan busuk karena serangan lalat buah.

Baca, pahami, mengerti serta langsung praktekkan semua tulisan tentang bagaimana kita mengendalikan lalat buah saat usaha tanaman cabe. Sehingga tanaman cabe kita bisa menjadi peluang usaha serta mandiri bisnis yang menjanjikan.

Demikian tadi adalah ulasan singkat bagaimana petani bisa mengendalikan lalat buah pada tanaman cabe yang benar. 

Kami berharap informasi ini bisa berguna bagi petani agar tanaman cabe nya berkurang dari serangan lalat buah. Sehingga kualitas buah cabe yang petani panen baik dan bisa melimpah dan tidak rusak.

Kerusakan buah saat panen menyebabkan harga cabe jadi jatuh bahkan tidak laku untuk kita jual. Sampai bertemu lagi dengan artikel dari team toko pertanian terdekat Lmga Agro.


RELATED POSTS

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jika anda ingin komentar Gunakan alamat email yang jelas ( Jangan Anonymous ). Mohon komentar secara bijak dan sesuai bahasan.