SELAMAT DATANG DI LMGA AGRO. UNTUK BERBELANJA SILAKAN HUB KAMI DI : HP 082 141 747 141 (TELP/SMS/WA). LMGA AGRO TOKO ONLINE TERPERCAYA PETANI INDONESIA. KAMI MENYEDIAKAN LAYANAN KONSULTASI GRATIS BUDIDAYA PERTANIAN
SELAMAT BERBELANJA DAN NIKMATI KONSULTASI GRATISNYA

KETIK JUDUL/LABEL ARTIKEL YANG DICARI PADA KOLOM DI BAWAH INI

Sabtu, 04 April 2015

PERANGKAP LALAT BUAH PRAKTIS TINGGAL PAKAI

Hama lalat buah, Perangkap Lalat Buah, Mengatasi Lalat Buah, Lalat buah Cabe, Lalat Buah Jeruk, Harga Murah, Yellow Trap
YELLOW TRAP
WWW.LMGAAGRO.WEB.ID - Saat ini musim hujan masih tinggi dan masih akan berlangsung sampai dengan bulan Mei, bagi petani dan sebagian orang yang mempunyai tanaman Semangka, Melon, Cabai, Gambas, Parea, Pepaya, dan kebun buah perlu sedikit kuatir tapi juga harus waspada dengan meningkatnya serangan hama lalat buah yang ada pada tanaman Budidayanya.


Lalat buah atau  bahasa latinnya  Drosophila melanogaster adalah sejenis serangga bersayap yang masuk dalam Ordo Diptera ( sebangsa lalat ), spesies ini secara umun di kenal dengan nama Lalat Buah dalam buku pustaka dan ilmiah biologi. Golongan Drosophila melanogaster ini menjadi paling di kenal dan populer karena di kenal sangat mudah berkembang biak ( hanya butuh waktu 2 minggu untuk satu silkus daur kehidupan ), mudah pemeliharaannya serta memiliki variasi fenotipe yang mudah di amati, sehingga banyak di gunakan untuk penelitian genetika, fisiologi dan evolusi sejarah kehidupan.

Lalat buah dalam pupulasi tertentu akan menjadi serangga yang sangat merugikan karena mengakibatkan busuk dan gagal panen. Bahkan dalam mengakibatkan kerugian ini, Hama lalat buah termasuk peringkat nomor satu dalam memberi kontribusi kerusakan pada saat musim penghujan, apalagi di daerah Tropik seperti Indonesia yang di kenal sangat bervariasi dan beragam tanaman buah yang ada di Indonesia serta tidak pernah putus sepanjang tahun. Karena intu perlu cara dan strategi untuk mengatasi lalat buah agar Hama Lalat buah ini bisa ditekan populasinya sehingga tidak berubah menjadi  hewan yang sangat merusak dan merugikan. Menekan populasi Hama Lalat buah yang sudah dan sering di lakukan oleh petani hortikultura adalah dengan jalan mengurangi populasi dari Lalat buah jantan sehingga proses reproduksi dari Hewan Lalat Buah ini bisa di kurangi dan alah yang banyak berkurang dan tidak berubah menjadi Hama yang sangat merugikan. Sebenarnya lalat buah yang menjadi Hama dalam tanaman, yang kita pelihara adalah lalat buah dengan jenis Betina.

Serangan Hama Lalat Buah yang selama ini paling di kenal dan banyak dan mudah  di amati adalah yang di Lalat Buah Cabe (Cabai ) dan Lalat Buah Jeruk. Hal ini karena serangan Hama Lalat buah di tanaman cabe dan tanaman jeruk ini dengan mudah bisa di amati ( di buah cabe dan jeruk ) serta serangan sangat tinggi karena populasi dari tanaman cabe dan tanaman jeruk  sendiri di Indonesia cukup banyak.

Pada kesempatan ini saya akan mengenalkan perangkap lalat yang praktis, murah serta pemakaian di lapangan mudah sehingga kita dengan secepat mungkin bisa terhindar dari serangan Hama Lalat buah. Alat ini sudah terbukti menyelamatkan ribuan tanaman Hortikultura di Indonesia dengan hasil yang memuaskan. Maka tidak salah kiranya kalau permintaan terhadap perangkap Hama Lalat buah yang bernama YELLOW TRAP ini sangat banyak. Alat ini bernama YELLOW TRAP karena alat utamanya berupa tabung, yang berwarna kuning yang banyak di gemari oleh HAMA LALAT BUAH. Dengan adanya tabung yang berwarna kuning ini di harapkan  lalat buah yang masuk dalam jebakan akan lebih banyak. Sehingga Populasi Lalat buah yang mengganggu tanaman kita bisa banyak di tekan semaximal mungkin. Seperti kita ketahui bahwa semua serangga pada dasarnya adalah menyukai warna kuning atau jingga. 

Saya akan jelaskan cara dan aturan aplikasi dan pemakaian dari Perangkap Lalat YELLOW TRAP di lahan ( kebun ) sehingga di peroleh Hasil yang Maximal. Cara aplikasi yang tepat ini akan sangat berguna dalam menekan Populasi Hama Lalat Buah di lapangan sehingga tanaman utama kita terbebas dari Serangga Lalat Buah. Aturan dan cara ini meliputi cara aplikasi, Jarak aplikasi dan Populasi yang Ideal dalam satuan luasan.

Aturan dan cara menggunakan perangkap YELLOW TRAP yang tepat dan hasil maximal :
      1. CARA BENAR MERANGKAI PERANGKAP LALAT YELLOW TRAP :

  • Pasang tutup corong bagian kiri dan kanan tabung sampai rapat dengan cara memutar
  • Pasang pula tutup bagian bawah ( yang tidak memiliki tongkat ) dengan cara memutar
  • Pasang tali di bagian gantungan ( atas tabung )
  • Gantung alat perangkap Yellow Trap di batang tanaman dengan ketinggian 1.5 meter
  • Masukkan Air 300 Cc ke dalam tabung melalui lubang bagian atas
  • Masukkan kapas  bagian atas yang ada tongkatnya dan di beri Metil Eugenol ( Petrogenol )
  • Pasang tutup corong bagian atas dan tabung perangkap lalat Yellow Trap siap di gunakan
     2. CARA TEPAT PEMASANGAN PERANGKAP LALAT YELLOW TRAP :
  • Untuk hasil yang maximal dan memuaskan pasang perangkap Lalat Yellow Trap 20 Biji / Hektar tanaman
  • Pasang Perangkap Lalat Yellow Trap dengan ketinggian ( dari permukaan tanah ) 2 Meter  untuk tanaman buah dan 0.75 Meter untuk tanaman cabai
  • Ganti air dan buang bangkai Lalat buah setiap 3 hari sekali dengan cara membuka tutup tabung Yellow Trap bagian bawah ( sehingga tidak perlu menurunkan Tabung Yellow Trap )
  • Ganti Kapas dan tambahkan Cairan Antractan ( Petrogenol / Metil Eugenol )  sebanyak 2.5 Ml setiap 2 minggu sekali
Demikian sekilas tentang berbagi Ilmu tentang menekan Populasi Lalat Buah ini, semoga bermanfaat bagi petani dan semua pemilik kebun buah serta pembaca yang membacanya. Apabila membutuhkan Perangkap Lalat YELLOW TRAP dan membutuhkan Konsultansi tanaman GRATIS bisa menghubungi Toko Pertanian Online LMGA AGRO selaku ( Agen, Dealer, Distributor, Resmi ) dari Benih, Bibit, Pestisida, Pupuk dan alat pertanian. Kami siap mengirim ke seluruh Indonesia dengan harga terjangkau dan murah serta tepat waktu. Langganan kami sudah banyak tersebar di seluruh Indonesia baik itu berupa Toko Pertanian maupun Praktisi dan petani.  Silakan hubungi LMGA AGRO CP Bpk. Budi Telp. : 082 141 747 141 atau SMS/WA : 0812 5222 117. Terimakasih. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...