SELAMAT DATANG DI LMGA AGRO. UNTUK BERBELANJA SILAKAN HUB KAMI DI : HP 082 141 747 141 (TELP/SMS/WA). LMGA AGRO TOKO ONLINE TERPERCAYA PETANI INDONESIA. KAMI MENYEDIAKAN LAYANAN KONSULTASI GRATIS BUDIDAYA PERTANIAN
SELAMAT HARI RAYA IDUL FITRI 1439 H, SEGENAP TEAM LMGA AGRO MENGUCAPKAN MOHON MAAF LAHIR DAN BATIN
SELAMA HARI RAYA, KAMI LIBUR MULAI 10 - 24 JUNI 2018

KETIK JUDUL/LABEL ARTIKEL YANG DICARI PADA KOLOM DI BAWAH INI

Kamis, 14 November 2013

HARGA CABE MAHAL HATI-HATI SERANGAN LALAT BUAH

       Saat ini hujan mulai datang di beberapa daerah dan biasanya pada saat musim peralihan dari musim kering ke hujan seperti ini banyak terjadi pergeseran serangan Hama dan Penyakit di tanaman Hortikultura. Tak Terkecuali tanaman cabe baik itu yang jenis cabe besar, cabe kecil maupun cabe keriting. Selain kerusakan yang di akibatkan oleh jamur seperti cacar buah Antracknose yang tidak kalah parah menyebabkan kerugian pada saat musim hujan adalah serangan lalat buah.


      Lalat buah (Bractocera dorsalis) adalah hama yang menyerang buah buahan dan sayur termasuk cabe. Lalat buah yang menyebabkan kerusakan dengan cara melubangi cabe dan meletakan telurnya dilapisan epidermis buah cabe. Saat telur menetas, larva akan memakan daging buah, sehingga warna buah menjadi jelek dan tidak bisa dipanen. Buah cabe yang diserang akan menjadi kecil dan berwarna kuning. Telur lalat buah tidak hanya diletakkan di dalam buah tetapi juga pada bunga dan batang. Batang yang diserang akan menjadi bisul. Akibat serangan lalat buah, cabe akan gugur sebelum waktunya, hitam mengeras dan busuk. Hal tersebut berakibat pada berkurangnya kualitas dan kuantitas panen.

      Pengendalian lalat buah bisa dilakukan dengan cara penggunaan insektisida, pemanfaatan musuh alami, penggunaan flovonoid dan bioinsektisida. Salah satu cara yang mudah, ramah lingkungan dan praktis adalah penggunaan perangkap lalat buah Yellow Trap. Perangkap lalat buah Yellow Trap terdiri dari tabung perangkap, petrogenol 10 cc, kapas dan kasa serta tali penggantung. Cara aplikasi Yellow Trap sangatlah mudah. Tabung Yellow Trap digantung pada dahan atau ranting pohon setinggi 1,5 meter dari permukaan tanah. Kemudian air 300-500ml dimasukkan kedalam perangkap. Terakhir, kapas yang sudah ditetesi petrogenol diletakkan pada tongkat tutup perangkap. Perangkap lalat buah yellow trap siap menjalankan fungsinya.
     
Adapun untuk bisa mencegah serangan lalat buah secara Optimal di area tanaman Cabe Idealnya jumlah Perangkap Lalat Yellow Trap yang di gunakan adallah 20 Biji / Hektar. Apabila ada yang berminat terhadap Yellow Trap lengkap bisa di pesan di Toko Pertanian Online LMGA AGRO, dengan menghubungi CP Bpk. Budi Telp. : 082 141 747 141 atau SMS/WA : 0812 5222 117.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...