TOKO PERTANIAN LMGA AGRO, TEMPAT BELANJA ONLINE PETANI MURAH, AMAN DAN PROMO. SEGERA BELANJA! HUBUNGI KAMI DI : SMS / WA : 081 252 22 117, LAYANAN KONSULTASI PERTANIAN GRATIS HP. 082 141 747 141.

KETIK JUDUL/LABEL ARTIKEL YANG DICARI PADA KOLOM DI BAWAH INI

04/04/15

Perangkap Lalat Buah Praktis Tinggal Pakai

Hama lalat buah, Perangkap Lalat Buah, Mengatasi Lalat Buah, Lalat buah Cabe, Lalat Buah Jeruk, Harga Murah, Yellow Trap
YELLOW TRAP
Perangkap lalat buah praktis hingga tinggal pakai kini jadi favorit petani saat berkebun. Apalagi saat banyak musim buah dan harga cabe lagi mahal seperti saat ini. Rev. 25/06/22.

Saat ini musim hujan masih tinggi dan masih akan berlangsung sampai dengan bulan Mei. Tingkat serangan lalat buah hingga larva lalat buah akan muncul saat musim seperti ini.

Bagi petani dan sebagian orang yang mempunyai tanaman semangka, melon, cabe, oyong, pare, pepaya, dan kebun buah perlu sedikit kuatir karena biasanya dengan musim seperti ini serangan lalat buah akan tinggi.

Namun petani juga harus tetap waspada dengan meningkatnya serangan hama lalat buah yang ada pada tanaman budidaya. Serangan lalat buah tinggi menyebabkan berbagai kerusakan dan menyebabkan kerugian.

Lalat buah atau  bahasa latinnya  Drosophila melanogaster adalah sejenis serangga bersayap yang masuk dalam Ordo Diptera ( sebangsa lalat ). 

Spesies ini secara umun dikenal dengan nama Lalat Buah dalam buku pustaka dan ilmiah biologi. Golongan Drosophila melanogaster ini menjadi paling dikenal dan populer karena dikenal sangat mudah berkembang biak ( hanya butuh waktu 2 minggu untuk satu silkus daur kehidupan ).

Mudah pemeliharaannya serta memiliki variasi fenotipe yang mudah di amati, sehingga banyak digunakan untuk penelitian genetika, fisiologi hingga evolusi sejarah kehidupan.

Lalat buah dalam populasi tertentu akan menjadi serangga yang sangat merugikan karena mengakibatkan busuk hingga gagal panen. Hama lalat buah ini sudah banyak menyebabkan kerugian pada berbagai komoditas. 

Bahkan dalam mengakibatkan kerugian besar jika kita tidak tahu cara mengatasi dan mengurangi tingkat serangan. Ikuti ulasan dari team pertanian Lmga Agro agar anda mendapat solusi bagaimana menangani serangan lalat buah pada tanaman anda.


Lalat Buah, Hama Yang Susah Kita Kendalikan


Hama lalat buah termasuk peringkat nomor satu dalam memberi kontribusi kerusakan pada saat musim penghujan, apalagi di daerah Tropik seperti Indonesia yang dikenal sangat bervariasi dan beragam tanaman buah yang ada di Indonesia serta tidak pernah putus sepanjang tahun. 

Karena intu perlu cara dan strategi untuk mengatasi lalat buah agar hama lalat buah ini bisa ditekan populasinya sehingga tidak berubah menjadi  hewan yang sangat merusak dan merugikan. 

Menekan populasi hama lalat buah yang sudah dan sering dilakukan oleh petani hortikultura adalah dengan jalan mengurangi populasi dari lalat buah jantan. 

Populasi lalat jantan yang berkurang akan mengurangi proses reproduksi dari hewan lalat buah ini. Harapannya populasi lalat berkurang dan tidak berubah menjadi hama yang sangat merugikan. 

Sebenarnya lalat buah yang menjadi hama bagi tanaman kita  adalah lalat buah dengan jenis betina. Jika kita bisa mengendalikan jumlah lalat buah betina maka tingkat kerusakan akan makin berkurang.

Serangan hama lalat buah yang selama ini paling dikenal dan banyak dan mudah  diamati adalah yang di Lalat Buah Cabe (Cabai ) dan Lalat Buah Jeruk

Hal ini karena serangan hama lalat buah di tanaman cabe dan tanaman jeruk ini dengan mudah bisa diamati ( di buah cabe dan jeruk ) serta serangan sangat tinggi.

Populasi  tanaman cabe dan tanaman jeruk sendiri di Indonesia cukup banyak. Hal ini juga menyebabkan larva lalat buah akan terus punya tempat untuk hidup dan memiliki tempat sepanjang tahun. 

Tanaman cabe yang ada sepanjang tahun menyebabkan lalat buah pada cabai akan terus ada. Larva lalat buah ini akan berkembang jadi lalat buah kecil dengan waktu yang singkat dan cepat.

Pengendalian lalat buah secara umum petani lakukan dengan memasang perangkap lalat buah yang akan dikombinasi dengan penyemprotan insektisida lalat buah paling ampuh. 

Racun lalat buah cabe dengan berbagai bahan aktif pengusir lalat buah saat ini sudah banyak bisa kita temukan. Semua obat lalat buah cabe ini hanya berfungsi sementara, jika aroma dari insektisida sistemik untuk lalat buah hilang maka lalat bauah akan menyerang tanaman lagi.

Membasmi lalat buah akan susah kita lakukan. Karena sifat nya aktif bergerak serta memiliki kecepatan berkembang biak. Kendalikan pada fase hingga jumlah yang benar sehingga populasi tidak pada tingkat merugikan. 

Bahkan petani juga menyeprotkan bahan dengan bau yang tidak disukai lalat buah. Jika sudah kehabisan dana bahkan petani seringkali menggunakan molto pewangi untuk mengusir lalat buah. 

Menggunakan molto pewangi ini sebagai langkah sementara menunggu datangnya insektisida lalat buah paling ampuh yang kita beli. Penggunakan insektisida sistemik untuk lalat buah karus kita pilih yang mempunyai aroma kuat dan tidak mudah hilang.

Perangkap Lalat Buah Terbaik Bagi Petani


Pada kesempatan ini saya akan mengenalkan perangkap lalat yang praktis, murah serta pemakaian di lapangan mudah. Sehingga kita dengan secepat mungkin bisa terhindar dari serangan hama lalat buah. 

Alat ini sudah terbukti menyelamatkan ribuan tanaman hortikultura di Indonesia dengan hasil yang memuaskan. Apakah anda penasaran dengan car kerja perangkap lalat buah ini ?

Maka tidak salah kiranya kalau permintaan terhadap perangkap hama lalat buah yang bernama Yellow Trap ini sangat banyak. Alat ini bernama Yellow Trap karena alat utamanya berupa tabung, yang berwarna kuning yang banyak di gemari oleh hama lalat buah. 

Dengan adanya tabung yang berwarna kuning ini diharapkan lalat buah yang masuk dalam jebakan akan lebih banyak. 

Sehingga populasi lalat buah yang mengganggu tanaman kita bisa banyak di tekan semaksimal mungkin. Seperti kita ketahui bahwa semua serangga pada dasarnya adalah menyukai warna kuning atau jingga. 

Saya akan jelaskan cara dan aturan aplikasi dan pemakaian dari Perangkap Lalat Yellow Trap di lahan ( kebun ) sehingga diperoleh hasil maksimal. 

Cara aplikasi yang tepat ini akan sangat berguna dalam menekan populasi lalat buah di lapangan sehingga tanaman utama kita terbebas dari Serangga Lalat Buah


Penggunaan Yellow Trap Yang Benar


Kita harus mengetahui hingga memasang perangkap lalat dengan mengikuti aturan yang benar agar hasil bisa maksimal. 

Usaha kita ikuti dan baca petunjuk yang ada sebelum pasang peramgkap lalat buah ini. Berikut ini adalah tata cara penggunaan Yellow Trap yang benar :
  1. Aturan dan cara ini meliputi cara aplikasi dan pemasangan perangkap Yellow Trap.
  2. Jarak aplikasi dan populasi yang ideal dalam satuan luasan.
  3. Aturan dan cara menggunakan perangkap Yellow Trap yang tepat dan hasil maximal.
Penjelasan satu demi satu akan saya ulas sebagai berikut.

      1. Cara Benar Merangkai Perangkap  Lalat Yellow Trap

  • Pasang tutup corong bagian kiri dan kanan tabung sampai rapat dengan cara memutar.
  • Pasang pula tutup bagian bawah ( yang tidak memiliki tongkat ) dengan cara memutar.
  • Pasang tali pada bagian gantungan ( atas tabung ).
  • Gantung alat perangkap Yellow Trap pada batang tanaman dengan ketinggian 1.5 meter.
  • Masukkan air 300 Cc ke dalam tabung melalui lubang bagian atas.
  • Masukkan kapas  bagian atas yang ada tongkatnya dan kita beri Metil Eugenol ( Petrogenol ).
  • Pasang tutup corong bagian atas dan tabung perangkap lalat Yellow Trap siap kita gunakan.

     2. Cara Tepat Pemasangan Perangkap Lalat  Yellow Trap

  • Untuk hasil yang maximal dan memuaskan pasang perangkap Lalat Yellow Trap 20 Biji / Hektar tanaman.
  • Pasang Perangkap Lalat Yellow Trap dengan ketinggian ( dari permukaan tanah ) 2 Meter  untuk tanaman buah dan 0.75 Meter untuk tanaman cabe.
  • Ganti air dan buang bangkai lalat buah setiap 3 hari sekali dengan cara membuka tutup tabung Yellow Trap bagian bawah ( sehingga tidak perlu menurunkan Tabung Yellow Trap ).
  • Ganti kapas dan tambahkan cairan Antractan ( Petrogenol / Metil Eugenol )  sebanyak 2.5 Ml setiap 2 minggu sekali.
Demikian sekilas tentang berbagi imu tentang menekan populasi lalat buah ini, semoga bermanfaat bagi petani dan semua pemilik kebun buah serta pembaca semua. 

Jual Perangkap Lalat Buah Yellow Trap Praktis Harga Murah


Apabila membutuhkan perangkap lalat buah Yellow Trap dan membutuhkan konsultasi pertanian gratis bisa menghubungi toko pertanian online LMGA AGRO selaku ( Agen, Dealer, Distributor, Resmi ) dari Benih, Bibit, Pestisida, Pupuk dan alat pertanian. 

Kami siap mengirim ke seluruh Indonesia dengan harga terjangkau dan murah serta tepat waktu. Langganan kami sudah banyak tersebar di seluruh Indonesia baik itu berupa toko pertanian maupun praktisi dan petani.  

Silakan hubungi toko pertanian Lmga Agro CP Bpk. Budi Telp. : 082 141 747 141 atau SMS/WA : 0812 5222 117. Kami memberi jaminan barang shopping online anda pasti datang dan aman.


RELATED POSTS

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jika anda ingin komentar Gunakan alamat email yang jelas ( Jangan Anonymous ). Mohon komentar secara bijak dan sesuai bahasan.