TOKO PERTANIAN LMGA AGRO, TEMPAT BELANJA ONLINE PETANI MURAH, AMAN DAN PROMO. SEGERA BELANJA! HUBUNGI KAMI DI : SMS / WA : 081 252 22 117, LAYANAN KONSULTASI PERTANIAN GRATIS HP. 082 141 747 141.

KETIK JUDUL/LABEL ARTIKEL YANG DICARI PADA KOLOM DI BAWAH INI

18/11/22

Benih Cabe Rawit Unggul Tahan Penyakit Cabai Kaliber Terbaru Wiji Tani

Benih Cabe Rawit Unggul Tahan Penyakit Cabai Kaliber Terbaru Wiji Tani. HP 082141747141 ( telepon ) dan 08125222117 ( WA ). Toko Pertanian LMGA Agro jual benih cabe rawit unggul tahan penyakit. 

Cabai Kaliber benih cabe rawit unggul tahan penyakit terbaru dan berkualitas. Benih Kaliber terbaru produk Wijitani dari CV. Jogja Horti Lestari. 

Beli sekarang benih cabe rawit unggul tahan penyakit cabai Kaliber terdekat di Toko online pertanian LMGA Agro. Belanja online praktis harga murah produk pertanian lengkap. 

Toko pertanian LMGA Agro jual harga murah produk pertanian lengkap. Tersedia berbagai varietas atau jenis benih tanaman sayur dan buah. 

Tersedia juga pupuk, pestisida, ZPT hingga alat pertanian sarana prasarana budidaya tanaman. Kami juga menerima konsultasi gratis pertanian. 

Benih cabe rawit unggul tahan penyakit hasil panen tinggi. Benih cabe rawit unggul tahan penyakit antara lain penyakit akibat serangan virus dan penyakit layu. 

Benih cabe rawit unggul tahan penyakit andalan Petani dengan produksi tinggi. Benih cabai Kaliber jenis unggul adaptasi luas mulai dataran rendah sampai tinggi. Umur panen mulai 95 HST, tekstur buah keras dan tahan penyimpanan serta pengangkutan. 

Benih cabe rawit Kaliber terbaru produk berkualitas. Panjang buah cabai Kaliber adalah 4 - 5 cm dan diameter 1 - 1,5 cm. 

Cabe rawit dapat panen berkali-kali sampai produktivitas tanaman menurun. Umur panen cabe rawit Kaliber mulai 95 HST. 

Benih unggul Kaliber cabai dengan buah semi tegak meggantung. Adaptasi tanaman luas karena dapat tumbuh baik mulai dataran rendah sampai tinggi. 

Benih Cabe Rawit Unggul Kaliber 

Cabai Kaliber benih cabe rawit unggul tahan penyakit terbaru. Produk benih Wiji Tani dari CV. Jogja Horti Lestari. 

Benih cabe rawit panjang 4 - 5 cm dan diameter 10 - 15 mm. Cabai Kaliber benih cabe rawit unggul tahan penyakit panen umur mulai 95 HST sampai 100 HST. 

Penampilan buah cabe rawit Kaliber menarik dengan semi tegak menggantung. Benih Kaliber cabe unggul ini tumbuh baik mulai dataran rendah sampai tinggi. 

Cabe rawit membutuhkan suhu udara berkisar antara 18 - 30 derajat Celcius agar tumbuh baik dan berproduksi tinggi. 

Tanaman cabe memiliki toleransi tinggi terhadap suhu panas maupun suhu dingin. Budidaya tanaman cabai dapat Anda lakukan baik daerah kering maupun daerah dengan curah hujan tinggi. 

Cabe rawit merupakan tanaman terna atau setengah perdu. Tingginya mulai 50 - 120 cm dan mampu tumbuh sampai 3 tahun lamanya.  

Meski buah berukuran lebih kecil dari jenis cabe lainnya namun rasa pedas khas cabai adalah paling pedas pada cabe rawit. Tingkat rasa pedas cabe rawit mencapai 50.000 - 100.000 skala Scoville. 

Kelembaban tinggi akan berpengaruh pada pertumbuhan tajuk tanaman cabai rawit. Pertumbuhan tanaman menjadi layu dan daun gugur sebelum waktunya. 

Kelembaban udara tinggi menyebabkan pembusukan akar dan kelayuan tanaman. Kelembaban menjadikan tanaman rentan serangan hama dan penyakit. 

Kelembaban udara ideal untuk tanaman cabe yaitu 60 - 80%. Tanaman cabe tidak menghendaki curah hujan tinggi karena curah hujan berpengaruh pada pembungaan dan pembuahan. 

Namun cabe tetap dapat Anda tanam saat curah hujan tinggi asalkan perhatikan sistem drainasenya. Jarak tanam juga jangan terlalu rapat. Curah hujan ideal yaitu antara 600 - 1250 mm/tahun.  

Baca Juga : Jual Cabe Helix Cap Kapal Terbang Kualitas Terbaik

Penyemaian Benih Tanaman Cabe 

Tanaman cabe menghendaki tanah bertekstur lempung berpasir. Struktur tanah gembur, mampu mengikat air dan porous ( air mudah merembes ). 

Tanah memiliki daya tahan air yang baik, mampu menahan erosidan mengandung unsur hara tinggi. Untuk tanah struktur liat, tambahkan pupuk kandang cukup banyak. 

Lakukan pengapuran, pengoahan tanah secara intensif dan saluran drainase yang baik. Pupuk untuk menyemai benih tanaman cabe yaitu pupuk TSP, KCL dan Urea/ZA. 

Benih cabe rawit unggul bila persemaian gagal maka tanaman tidak tumbuh maksimal, banyak benih tidak tumbuh atau tumbuh kecil. Tanaman menjadi kurus atau tidak subur. 

Banyak faktor dalam hal menyemai benih cabe rawit unggul tahan penyakit, yaitu kualitas benih, pH tanah, pupuk dan perawatan. 

Benih cabe rawit sebagai bibit harus berkualitas dengan daya tumbuh yang baik. Benih cabe rawit unggul tahan penyakit Anda peroleh di Toko Pertanian. 

Keasaman tanah untuk menyemai benih cabe rawit unggul tahan penyakit yaitu memiliki pH 5 - 7. Bila pH rendah ( asam ) dan pH tinggi ( basa ) maka berbahaya bagi perkecambahan benih. 

Berikan kapur Dolomit untuk menetralkan pH tanah. Campurkan ke tanah secara merata dan berikan dosis sesuai kebutuhan.  

Selama persemaian benih cabe rawit unggul tahan penyakit juga membutuhkan tambahan nutrisi dalam bentuk pupuk. Saat umur tanaman belum 30 HST maka pupuk yang tepat adalah pupuk organik. 

Berikan sekitar tanaman dan ratakan ke tanah. Lalu siramkan air secukupnya agar pupuk cepat terurai dan tanaman dapat menyerap unsur hara dalam pupuk. 

Baca Juga : Pengaruh Keasaman ( pH ) Tanah Terhadap Pertumbuhan Tanaman

Pupuk untuk Benih Cabe Rawit Unggul Tahan Penyakit

Pemupukan proses pemeliharaan penting agar benih cabe rawit unggul tahan penyakit tumbuh baik. Pemeliharaan lainnya meliputi penyiraman, penyiangan dan pengendalian hama penyakit. 

Pemupukan pada bibit cabai bila bibit tampak kurang subur dan kurus. Bila tampak sehat dan segar, maka pemupukan tidak perlu lagi. 

Pupuk untuk bibit cabai sebaiknya lebih banyak pupuk organik dan biasanya menggunakan kompos atau pupuk kandang. Pupuk kandang bisa membuat sendiri asalkan kondisi terfermentasi dengan baik. 

Bila perlu berikan secukupnya pupuk NPK 16-16-16. Gunakan pupuk kandang yang telah kering dan matang serta telah terfermentasi. 

Campurkan dengan tanah sebagai media untuk menyemai benih cabe rawit unggul tahan penyakit. Berikan pupuk NPK 16-16-16 dan larutkan dengan 10 liter air. 

Siramkan pada benih cabe rawit baru tanam menggunakan alat semprot sprayer yang berbutiran halus. Gunakan air bersih dan semprotkan sampai basah. 

Sebaiknya berikan pupuk saat sore hari dan sebanyak 1 - 2 kali saja agar bibit tidak terlalu subur. Bila bibit cabai terlalu subur akan mengalami stres saat pindah tanam nanti. 

Gandasil D merupakan pupuk daun dengan kandungan hara lengkap. Gandasil D yaitu pupuk daun yang bagus untuk tanaman cabai, kubis, tomat, tembakau, wortel dan tanaman hias. 

Peran Gandasil D mampu membantu dan mempercepat pertumbuhan tanaman. Pupuk daun membuat daun tanaman tumbuh segar. 

Baca Juga : Cabai Inko 99, Tumbuh Sempurna di Dataran Rendah Hingga Tinggi

Cabe Rawit Tanaman Tropis

Cabe rawit ( Capsicum fritescens ) merupakan tanaman hortikultura yang cocok berkembang pada iklim tropis terutama sekitar khatulistiwa. 

Cabe rawit paling baik tumbuh pada daerah dataran rendah yaitu ketinggian tempat 0 - 500 m dpl. Namun dapat tumbuh baik juga sampai ketinggian tempat 1000 m dpl. 

Namun produktivitas pada dataran tinggi tidak sebagus pada dataran rendah. umur panen juga lebih lama pada dataran tinggi. 

Tanaman tetap dapat berbuah meski pada ketinggian 1000 m dpl namun periode panen lebih sedikit daripada tanam pada dataran rendah. Namun biji cabe lebih sedikit pada dataran tinggi. 

Sehingga rasa agak kurang pedas karena biji cabe ini merupakan sensasi pedas dari cabai. Konsumen memang banyak yang menyukai bila biji tidak banyak namun bagi Petani bobot buah menjadi ringan. 

Budidaya cabe rawit relatif lebih kecil resikonya daripada cabe besar. Tanaman cabe rawit lebih tahan serangan hama meski hama cabe nesar juga menyerang cabe rawit.  

Pilih benih cabe rawit unggul tahan penyakit bersifat sesuai kondisi lahan Anda dan terbaik dapat beli di Toko Pertanian. Meski berharga mahal namun kualitas terjamin dan produksi pasti tinggi. 

Sebelum menyemai benih, sebaiknya rendam dalam air bersih dahulu dan pilih benih yang tenggelam. Benih sehat adalah berisi dan tenggelam saat perendaman. 

Tiriskan benih lalu kering anginkan selama kira-kira 3 hari. Untuk mencegah serangan penyakit, perlakuan benih dengan merendamnya dalam fungisida. 

Benih cabe rawit unggul berkualitas memiliki daya tumbuh sampai 80% dan daya tumbuh akan berkurang bila semakin lama penyimpanannya. 

Baca Juga : Cabai Besar F1 Pilar Raja Cabai Dataran Tinggi

Penanaman Bibit Cabe Rawit

Kebutuhan benih untuk luas satu hektar budidaya cabe rawit adalah sebesar kurang lebih 1/2 kg benih. Tempat menyemai benih harus mendapat naungan untuk melindungi dari hujan dan terik matahari. 

Penyemaian benih menggunakan polybag berukuran 5 - 10 cm. Media semai adalah tanah, arang sekam dan pupuk organik ( 1 : 1 : 1 ). Rendam dulu benih dalam air hangat selama 6 jam. 

Perawatan selama persemaian yaitu penyiraman setiap hari dan agar tidak kena benih langsung. Maka tutup dengan kertas koran dan siram dari atas koran sehingga aur akan menetes ke benih. 

Pada hari ke-7, benih akan mulai berkecambah dan setelah berdaun 4 - 6 helai atau umur sekitar 1 bulan, dapat pindah ke lahan tetap atau tanam ke polybag besar. 

Lakukan persiapan lahan dengan cara menggemburkan tanah menggunakan cangkul atau alat bajak. Cek pH tanah bila terlalu asam, taburkan kapur Dolomit sekitar 1 - 4 ton/hektar. 

Buat bedengan dengan lebar 100 -110 cm dan tinggi 30 - 40 cm. Jarak antar bedengan sekitar 60 cm. Berikan pupuk kandang sekitar 15 - 20 ton/hektar. 

Bila tanah kurang unsur hara dapat Anda tambahkan pupuk Urea, SP-36 dan KCl secukupnya. Untuk meningkatkan produktivitas hasil dan menjaga kelembaban, pasanglah mulsa plastik hitam perak. 

Bila penanaman saat musim hujan, sebaiknya pasanglah mulsa plastik hitam perak karena dapat membantu meminimalisir serangan hama dan penyakit. 

Bila perkiraan panen saat harga cabe rawit tidak setinggi cabe besar maka pemakaian mulsa plastik bisa merugikan. Gunakan alternatif lain yaitu mulsa jerami namun perlu pengawasan lebih. 

Jarak tanam cabe rawit yaitu 60 x 70 cm dan gunakan jarak tanam lebar saat musim hujan. Lubang tanam dibuat secara zig-zag untuk meningkatkan penetrasi sinar matahari dan sirkulasi udara. 

Baca Juga : Tanaman Hibrida Hasilkan Panen Berkualitas Untungkan Petani

Bahan Organik Bagus untuk Tanaman Cabai Rawit 

Agar budidaya tanaman cabai rawit tidak timbul banyak masalah maka sebaiknya menggunakan teknik budidaya ramah lingkungan. 

Rendahnya kesuburan tanah dapat Anda atasi dengan pemberian bahan organik dalam pupuk organik. 

Dalam pupuk organik juga merupakan pupuk lengkap yang mengandung unsur hara makro dan mikro meski dalam jumlah kecil.  

Untuk mengatasi tingginya penguapan air karena suhu udara dan terik matahari yaitu menggunakan mulsa. 

Pupuk kandang kaya bahan organik berguna untuk memperbaikisifat fisika tanah antara laim kapasitas tanah menahan air, kerapatan massa tanah dan porositas total. 

Pupuk kandang mampu memperbaiki struktur tanah, meningkatkan kapasitas menahan aiar dan meningkatkan kehidupan biologi tanah. 

Bahan organik dalam pupuk kandang menyumbangkan unsur hara bagi tanaman dan meningkatkan daya serap unsur hara oleh tanaman. 

Tanaman sejatinya dapat langsung menyerap bahan organik dan tanaman akan menyimpan sebagian lainnya dalam jangka waktu lama. 

Bahan organik mengalami pelapukan ( dekomposisi ) terlebih dulu sebelum tersedia bagi tanaman.  Penting untuk memberikan bahan organik pada awal tanam bertujuan untuk menambah unsur hara. 

Bahan organik dalam tanah dapat merangsang pertumbuhan vegetatif ( daun, cabang dan batang ) tanaman. 

Pemberian pupuk saat pembungaan berguna untuk merangsang pertumbuhan bunga dan pemasakan buah pada tanaman.  

Bahan organik dalam pupuk organik umumnya berasal dari tumbuh-tumbuhan dan hewan. Bahan organik dalam pupuk adalah sumber hara unsur Nitrogen, Fosfor dan Sulfur dari hewan dan tumbuhan. 

Kendala Produksi Cabe Rawit

Produksi cabe rawit kini semakin berkurang karena Petani sering mengalami gagal panen. Sehingga ketersediaan cabe rawit di pasaran menurun dan harga cabe rawit menjadi merangkak naik. 

Benih cabe rawit unggul tahan penyakit muncul sebagai solusi mengatasi gagal panen dalam budidaya cabe rawit. 

Harapan untuk hasil produksi tinggi dapat terwujud dengan benih cabe rawit unggul tahan penyakit. 

Gagal panen cabe rawit terjadi karena beberapa kendala antara lain kesuburan tanah, perkembangan hama saat kelembaban udara tinggi hingga tanaman menjadi mati. 

Bunga banyak yang rusak sehingga tidak muncul buah dan akhirnya mengakibatkan gagal panen. 

Upaya Petani adalah melakukan peningkatan hasil produksi cabe rawit dengan melakukan pemupukan kimia. Pupuk kimia mampu meningkatkan produktivitas tanaman. 

Pupuk kimia mampu menyediakan zat hara bagi tanaman lebih cepat dan kandungannya tinggi. Kelemahan pupuk kimia ini sering langka di pasaran sehingga harga pupuk melonjak tinggi. 

Pupuk kimia menyebabkan pencemaran tanah, menurunkan pH tanah, hara cepat terserap sehingga tanah menjadi miskin hara. 

Unsur hara mikro menjadi kebutuhan penting tanaman untuk meningkatkan hasil dan daya tahan dari serangan hama dan penyakit. 

Dalam penggunaan pupuk, petani harus mengetahui pasti tentang takaran dosis pertama, kedua dan selanjutnya. Petani juga harus memahami interval pemupukan menyesuaikan media tanamnya. 

Sehingga pupuk dapat mengoptimalkan pertumbuhan dan produktivitas tanaman. 

Pemberian pupuk tidak sesuai dosis terutama pupuk kimia dapat menimbulkan kerusakan sifat fisik, kimia dan biologi tanah. 

Benih Cabe Rawit Unggul Tahan Penyakit

Benih cabe rawit Kaliber umur panen mulai 85 HST. Periode panen cabe rawit berlangsung selama 6 bulan dan bisa lenih. Umur tanaman cabe rawit dapat mencapai 24 bulan. 

Frekuensi panen selama periode masa panennya berlangsung 15 - 18 kali. Namun semakin tua maka produktivitas tanaman semakin berkurang dan tidak akan ekonomis lagi untuk terus tumbuh. 

Biasanya Petani memelihara tanaman cabe rawit sebagai peluang usaha sampai intensif umur 12 bulan. Dan total produksi mencapai 30 ton/hektar. 

Pemetikan panen cabe rawit sebaiknya pada pagi hari. Petik cabe rawit beserta tangkainya. Pilih bentuk ramping, padat berisi biasanya rasa cabenya sangat pedas. 

Cabe rawit tanaman hortikultura dari famili Solanaceae memiliki nilai ekonomis yang tinggi. Selain itu cabe rawit memiliki kombinasi warna, asa dan nilai nutrisi lengkap. 

Cabe rawit bermanfaat sebagai bumbu masakan dan bahan obat. Dengan tingkat kepedasan yang bervariatif, merupakan sayuran favorit makan mentah/langsung atau olahan memasak. 

Buah cabai rawit mengandung zat gizi antara lain lemak, protein, karbohidrat, kalsium, fosfor, besi, vitamin A, B1, B2, C dan senyawa alkaloid. 

Demikian artikel Kami judul : Benih Cabe Rawit Unggul Tahan Penyakit Cabai Kaliber Terbaru Wiji Tani. Toko pertanian LMGA Agro jual benih cabai rawit Kaliber tahan penyakit. 

Hubungi kontak Kami di 082141747141 ( telp ) dan 08125222117 ( WA). Kami menerima konsultasi gratis seputar budidaya cabe rawit Kaliber dan permasalahannya. 

Harga murah produk pertanian lengkap dan berkualitas di kios pertanian terdekat LMGA Agro. Belanja online kebutuhan bercocok tanam mudah dan praktis. 

Semoga artikel Kami beranfaat tentang benih cabe rawit unggul tahan penyakit Cabai Kaliber terbaik. Hasil produksi tinggi dan tekstur buah cabai yang kuat. Selamat mencoba salam sukses....

RELATED POSTS

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jika anda ingin komentar Gunakan alamat email yang jelas ( Jangan Anonymous ). Mohon komentar secara bijak dan sesuai bahasan.