BELANJA ONLINE, HUBUNGI KAMI : SMS / WA : 081 252 22 117, KONSULTASI PERTANIAN GRATIS HP. 082 141 747 141.

KETIK JUDUL/LABEL ARTIKEL YANG DICARI PADA KOLOM DI BAWAH INI

08/02/2017

Read

Mengenal Pupuk Nitrogen

Pupuk Nitrogen, Manfaat Pupuk Nitrogen, Pupuk Sumber Nitrogen, Fungsi Pupuk Nitrogen,  Pupuk Urea, Pupuk Za, Lmga Agro
Mengenal pupuk Nitrogen menjadi salah satu pelajaran penting dalam pertanian. Petani serta praktisi pertanian harus tahu dengan lengkap bagaimana fungsi serta cara tanaman mengambil Nitrogen untuk kelangsungan hidupnya.

Pertumbuhan tanaman yang subur adalah dambaan setiap petani. Bukan hanya petani, tapi juga bagi orang – orang yang hanya sekedar hobi dalam dunia pertanian.
 
Pertumbuhan subur pada tanaman tidak luput dari peran hara. Hara tanaman ini harus cukup secara seimbang tidak berlebihan dan tidak kekurangan. 

Hara yang dibutuhkan tanaman dibedakan menjadi dua macam, yaitu hara makro dan hara mikro

Hara makro adalah nutrisi yang dibutuhkan tanaman dalam jumlah yang banyak, sedangkan hara mikro adalah nutrisi yang dibutuhkan tanaman dalam jumlah yang sedikit. Tanaman memiliki zat-zat penyusun yang sangat penting bagi kelangsungan hidupnya. 

Zat tersebut terdiri atas unsur – unsur esensial dan unsur – unsur non esensial. Unsur hara esensial yaitu unsur – unsuryang mutlak diperlukan oleh segala macam tanaman (16 unsur). Unsur- unsur ini disebut unsur hara makro dan mikro

Unsur-unsur makro (diperlukan dalam jumlah banyak) yaitu C, H O, N, P, K, Ca, Mg dan S. Sedangkan unsur-unsur mikro (zat hara tambahan) yaitu Fe, Mn, Cu, Mo, Co, Zn, dan B. 

Unsur - unsur  non esensial, yaitu unsur tambahan yang hanya diperlukan oleh jenis tumbuhan tertentu, baik dalam jumlah besar maupun kecil. Antara lain Na, Cl, Al, Si.

Ketersediaan unsur hara esensial makro sangat penting bagi tanaman dalam proses pertumbuhan dan perkembangan yang sempurna. Pemberian hara pada tanaman umumnya dilakukan pada saat aplikasi pupuk

Pupuk adalah semua bahan yang ditambahkan pada tanah dengan maksud untuk memperbaiki sifat fisik, kimia dan biologis. Sebagai tempat tumbuhnya tanaman, tanah harus subur, yaitu memiliki sifat fisis, kimia, dan biologi yang baik. 

Sifat fisis menyangkut kegemburan, porositas, dan daya serap. Sifat kimia menyangkut pH serta ketersedian unsur- unsur hara. 

Sedangkan sifat biologis menyangkut kehidupan mikro organisme dalam tanah. Seperti makhluk hidup yang lain, tumbuhan memerlukan nutrisi baik zat organik maupun zat anorganik

Nutrisi organik diperoleh melalui proses fotosintesis, sedangkan nutrisi anorganik semuanya diperoleh melalui akar dari dalam tanah dalam bentuk zat-zat terlarut berupa kation dan anion yang mampu masuk ke dalam pembuluh xilem akar. 

Informasi Pupuk Nitrogen


Diantara banyak hara / nutrisi yang diperlukan tanaman, adalah nitrogen. Nitrogen (N) diserap oleh akar dalam bentuk ion nitrat NO3- atau ion ammonium NH4+ yang berasal dari penguraian sisa-sisa organisme serta senyawa nitrogen hasil fiksasi nitrogen oleh bakteri dan petir. 

Nitrogen berfungsi untuk bahan síntesis asam amino, protein, asam nukleat, klorofil, merangsang pertumbuhan vegetatif. Membuat bagian tanaman menjadi lebih hijau karena mengandung butir hijau (klorofil) yang penting dalam proses fotosíntesis.  

Pupuk Nitrogen juga mempercepat pertumbuhan tanaman, menambah tinggi tanaman, dan merangsang pembentukan tunas, memperbaiki kualitas, terutama kandungan protein hingga menyediakan bahan makanan bagi mikroba (jasad renik)

Nitrogen diserap dalam tanah berbentuk ion nitrat atau ammonium. Kemudian, didalam tumbuhan bereaksi dengan karbon membentuk asam amino, selanjutnya berubah menjadi protein. 

Nitrogen termasuk unsur yang paling banyak dibutuhkan oleh tanaman karena 16-18% protein terdiri dari nitrogen.

Dampak Kelebihan Dan Kekurangan N Bagi Tumbuhan


  • Kelebihan Nitrogen dapat menghambat pembentukan bunga dan pembuahan.  Penggunaan urea berlebihan dalam kurun waktu yang berdekatan akan mengurangi proses tumbuhnya kecambah dari suatu bibit dan mengurangi daya serap akar. 
  • Kekurangan unsur hara Nitrogen (N) akan berdampak buruk pula bagi pertumbuhan tanaman budidaya. Ciri - ciri tanaman yang kekurangan hara nitrogen antara lain warna daun hijau agak kekuning-kuningan, jaringan daun mati dan inilah yang menyebabkan daun selanjutnya menjadi kering dan berwarna merah kecoklatan, pertumbuhan tanaman lambat dan kerdil, perkembangan buah tidak sempurna atau tidak baik, seringkali masak sebelum waktunya, dapat menimbulkan daun penuh dengan serat, hal ini dikarenakan menebalnya membran sel daun sedangkan selnya sendiri berukuran kecil-kecil, dan dalam keadaan kekurangan yang parah, daun menjadi kering, dimulai dari bagian bawah terus ke bagian atas.
Baca Juga : Aplikasi Pemupukan Pada Tanaman 

Macam - Macam Pupuk Sumber Nitrogen

  1. Pupuk urea (CO(NH2)2) yang mengandung 47% nitrogen (paling tinggi dibandingkan dengan pupuk nitrogen jeni lain). Urea sangat mudah larut dalam air dan juga mudah diubah menjadi ion nitrat (NO3-) yang mudah diserap oleh tumbuh-tumbuhan.
  2. Pupuk ZA (Zwavel Ammonium) atau ammonium sulfat ((NH4)2SO4) yang mengandung 21% nitrogen.
  3. Pupuk ammonium klorida (salmiak) atau NH4Cl, mengandung 20% nitrogen.
  4. Pupuk ASN (ammonium Sulfat Nitrat) atau [(NH4)3(SO4)(NO3)], mengandung 23-26% nitrogen.
  5. Pupuk natrium nitrat atau sodium nitrat (NaNO3), mengandung 15% nitrogen
Baca Juga :   Manfaat dan Jenis Pupuk 

Sekian pembahasan kali ini tentang Mengenal Pupuk Nitrogen. Semoga dapat bermanfaat bagi pembaca dan para petani semua. 

Apabila ada penjelasan yang kurang jelas, bisa segera berkonsultasi ke Toko Pertanian Online LMGA AGRO. Toko Online LMGA AGRO menyediakan layanan konsultasi gratis budidaya tanaman hortikultura

Kami juga menyediakan aneka jenis pupuk, pun juga benih, pestisida, dan sarana pertanian lengkap dengan harga murah dan terjangkau. Silakan hubungi Toko Pertanian LMGA AGRO di CP Bpk. Budi Telp. 082 414 747 414 atau SMS/WA 0812 5222 117.

LMGA AGRO

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jika anda ingin komentar Gunakan alamat email yang jelas ( Jangan Anonymous ). Mohon komentar secara bijak dan sesuai bahasan.