TOKO PERTANIAN LMGA AGRO, TEMPAT BELANJA ONLINE PETANI MURAH, AMAN DAN PROMO. SEGERA BELANJA! HUBUNGI KAMI DI : SMS / WA : 081 252 22 117, LAYANAN KONSULTASI PERTANIAN GRATIS HP. 082 141 747 141.

KETIK JUDUL/LABEL ARTIKEL YANG DICARI PADA KOLOM DI BAWAH INI

16/11/22

Bibit Cabe Rawit Kaliber Unggul Tahan Penyakit Benih Harga Murah

jual benih, cabe rawit, Kaliber, cabai, bibit cabe, cara menanam cabe, toko pertanian, toko online, lmga agro
Benih Kaliber
Cabe Rawit Unggul

Bibit Cabe Rawit Kaliber Unggul Tahan Penyakit Benih Harga Murah. HP 082141747141 ( Telepon ) dan 08125222117 ( WA ). Toko pertanian LMGA Agro online jual benih bibit cabe rawit Kaliber unggul dan tahan penyakit. 

Benih bibit cabe rawit Kaliber harga murah dan terdekat di toko online LMGA Agro. Kami menyediakan berbagai varietas benih cabai terbaik dan berkualitas dengan hasil panen tinggi. 

Beli sekarang benih bibit cabe rawit Kaliber unggul dan tahan penyakit. Benih Kaliber harga murah dan berkualitas dengan produktivitas tinggi.

Toko pertanian LMGA Agro terdekat dan online jual berbagai kebutuhan bercocok tanam lengkap. Kami menyediakan benih berkualitas, pupuk, pestisida, ZPT hingga alat sarana prasarana pertanian. 

Bibit cabe rawit Kaliber adaptasi luas dan potensi hasil panen tinggi. Cabe rawit berkualitas produk WIJI Tani Yogyakarta. 

Benih unggul cabai rawit Kaliber tipe tanaman yang tinggi dangan banyak percabangan. Produktivitas tanaman tinggi dan sangat baik sifat toleran terhadap serangan virus. 

Bibit cabe rawit Kaliber bekih unggul berkualitas dan tahan penyakit. Tekstur buah menarik dan padat sehingga tidak mudah rusak dan tahan penyimpanan serta pengangkutan. Hasil panen tinggi dan tanaman berbuah lebat. 

Pohon cabe rawit Kaliber buah lebat mulai bawah hingga ujung tanaman. Penampilan buah sangat disukai pedagang pasar sayur induk. 

Tekstur buah tahan penyimpanan dan tidak mudah rusak selama distrinusi jarak jauh. Cabe Rawit Kaliber panjang 5 cm dan diameter 1 cm. Buah matang berwarna merah menyala. 

Keunggulan cabe rawit kaliber favorit petani dan pedagang pengepul cabai. Tekstur kuat dan tahan pengiriman jarak jauh serta buah tidak mudah busuk. 

Benih Cabe Kaliber

jual benih, cabe rawit, Kaliber, cabai, bibit cabe, cara menanam cabe, toko pertanian, toko online, lmga agro
Tanaman Cabe

Benih cabe Kaliber cabai rawit unggul dengan tipe tanaman tinggi. Percabangan cabe rawit Kaliber banyak sehingga produktivitasnya tinggi. 

Benih cabe rawit Kaliber memiliki toleran terhadap serangan virus sangat bagus. Pertumbuhan pohon cabe rawit Kaliber kuat dan kokoh hingga buah tumbuh lebat mulai dari bagian bawah sampai ujung. 

Penampilan buah cocok dengan keinginan konsumen dan permintaan pasar. Ukuran buah cabe rawit Kaliber panjang 5 cm dan diameter 1 cm. 

Tipe buah keras dan berwarna merah menyala saat matang. Buah tahan penyimpanan lama dan pengiriman jarak jauh. 

Isi kemasan benih cabe rawit Kaliber berat 10 gram dan isi sekitar 2000 benih. Cabe Kaliber terbaru kualitas terbaik produk CV Jogja Agro Lestari. 

Merk benih Wiji Tani cabe rawit Kaliber memiliki fisik tanaman yang kokoh. Batang tanaman beruas pendek, tegak dan cabang-cabang yang produktif. 

Benih cabe rawit akan tumbuh sekitar 5 - 7 hari setelah persemaian. Penanaman benih harus menggunakan penutup dan setelah benih berkecambah, penutup tidak digunakan lagi. 

Biarkan bibit cabe rawit Kaliber terbuka kena sinar matahari langsung sampai umur 20 - 30 hari. Selanjutnya dapat Anda pindahkan ke kebun atau pot polybag. 

Sebelum pemindahan bibit cabe rawit Kaliber, biasanya perlu penyiraman agar mudah pemindahan. Penyiraman sampai media jenuh atau basah. 

Cara menanam cabe rawit menggunakan jarak tanam 70 x 70 cm atau 60 x 70 cm. Buat lubang tanam pada permukaan mulsa plastik menggunakan alat pelubang mulsa. 

Jenis cabe rawit ada dua yaitu cabai rawit merah dan cabai rawit hijau. Cabai rawit merah memiliki cita rasa sangat pedas dan tajam. Cabai rawit merah terkenal mempunyai tingkat kepedasan yang tinggi. 

Baca Juga : Cabai Keriting Djitu Umur Genjah Potensi Hasil Tinggi

Bibit Cabe Rawit Kaliber Benih Unggul   

jual benih, cabe rawit, Kaliber, cabai, bibit cabe, cara menanam cabe, toko pertanian, toko online, lmga agro
Alat Sprayer Untuk Bibit

Sebelum penanaman, Anda harus merendam benih dalam air hangat bersuhu 35 - 45 Celcius selama 3 jam. Selanjutnya semai benih pada tempat kena sinar matahari langsung. 

Lakukan penanaman dan perawatan dengan baik dan benar. Perendaman dalam air hangat bertujuan mematahkan masa dormansi benih. Sehingga benih siap tumbuh dan cepat berkecambah. 

Sebaiknya gunakan air bersih untuk merendam benih yaitu air kemasan atau air matang/air minum. Setelah selesai perendaman selama 3 jam, tiriskan benih biarkan dalam udara terbuka. 

Benih nanti akan kering sendiri atau bisa Anda gunakan kipas angin untuk mengeringkan. Saat merendam benih, akan ada benih terapung dan tenggelam. 

Benih terapung berpeluang kecil mengeluarkan tunas namun bukan tidak mungkin akan keluar tunas. Sehingga pisahkan benih terapung dengan tenggelam. 

Pastikan Anda merendam sampai akhir agar megetahui mana benih terapung dan mana benih tenggelam. 

Bila persediaan benih Anda cukup untuk kebutuhan penanaman, maka buang saja benih terapung. 

Anda dapat memanfaatkan benih terapung dan tidak rusak bila kebutuhan benih masih kurang. Karena ada kemungkinan benih terapung masih dapat berkecambah. 

Proses selanjutnya yaitu mempersiapkan wadah semai mengguanakan tray semai, polybag, plastik es dan lain-lain. 

Pastikan bahwa bagian dasar wadah ada lubang cukup untuk mengalirkan air sisa siraman dari penyiraman menggunakan sprayer

Kelebihan air penyiraman harus keluar agar media semai tidak becek atau air berlebihan. Untuk polybag, buat lubang juga pada bagian samping untuk memperlancar sirkulasi air.  

Baca Juga : Usaha Kecil-Kecilan Bidang Pertanian Tingkatkan Keuntungan Petani

Media Semai Benih Bibit Cabe Rawit Kaliber

Media semai bibit cabe rawit Kaliber berupa campuran tanah, pasir atau sekam bakar, kompos atau pupuk kandang perbandingan 1 : 1 : 1 atau 2 : 1 : 1. 

Anda bisa gunakan media persemaian benih yang sudah jadi atau media tanam tunggal berisi campuran tanah dan lain-lain. 

Media tunggal dapat Anda beli di Toko pertanian dan langsung gunakan untuk menyemai benih. Bila menggunakan media semai jadi, buka terlebih dahulu kemasannya dan jemur selama satu hari. 

Penjemuran media pada tempat terlindungi dari hujan dan sinar matahari langsung. Tujuan penjemuran adalah mendinginkan hawa panas dalam kemasan sehingga aman bagi benih untuk berkecambah. 

Media semai harus gembur dan bila perlu lakukan pengayakan pada semua bahan lalu campur menjadi satu. Media semai gembur membuat perakaran dapat bergerak leluasa dan tumbuh dengan baik. 

Masukkan media tanah dan bahan-bahan lain dalam wadah persemaian dan biarkan satu hari satu malam. Pastikan media tidak padat dan jangan ditekan-tekan. 

Setelah satu hari satu malam, benih dapat Anda tanam dan satu polybag satu benih. Wadah menggunakan baki tray semai lebih memudahkan dalam menanam benih dan praktis. 

Tutup benih dengan tanah secukupnya saja kemudian siram benih menggunakan alat semprot sprayer berbutiran air yang halus. 

Tutup wadah semai menggunakan plastik bening dan buat 4 - 5 lubang untuk lewatnya aliran udara sehingga kelembaban media tanam terjaga. 

Semprotkan air menggunakan alat sprayer dengan butiran air yang halus. Buka tutup plastik saat akan melakukan penyiraman dan tutup kembali selesai penyiraman. 

Bila benih sudah muncul tunas atau kecambah, lepas tutup plastik dan jangan menggunakan tutup lagi. Buat tempat khusus untuk membuat persemaian benih yang terlindung dari hujan dan panas matahari. 

Perawatan Tepat Bibit Cabe Rawit Kaliber 

jual benih, cabe rawit, Kaliber, cabai, bibit cabe, cara menanam cabe, toko pertanian, toko online, lmga agro
Perawtan Tepat Tanaman Sehat

Perawatan saat persemaian bibit cabe rawit Kaliber yaitu antara lain : penyiraman, penjarangan bibit dan pencegahan hama dan penyakit. 

Bibit cabe rawit Kaliber pada tempat persemaian harus mendapatkan pemeliharaan yang intensif mengingat tanaman masih muda dan tentan mati. 

Kebutuhan penting bibit cabe rawit Kaliber yaitu air cukup dan teratur untuk pertumbuhannya. Lakukan penyiraman dan jaga agar media tanah tidak kering dan tidak terlalu basah. 

Penyemprotan terbaik menggunakan alat sprayer dengan butiran air halus. Lakukan 1 - 2 kali setiap hari pagi dan sore. Jika kondisi tanah lembab maka penyiraman cukup satu kali sehari atau 2 hari sekali. 

Lebih membahayakan tanaman bila kelebihan air daripada kekurangan air. Air berlebih membuat akar tidak dapat bekerja dengan baik dan akar cepat busuk. 

Rentang waktu 3 - 9 hari, benih akan berkecambah. Waktu tiap benih berkecambah bisa jadi tidak bersamaan tergantung dari kualitas masing-masing benih. 

Kondisi lingkungan sekitar benih juga turut menentukan perkecambahan benih. Pembibitan pada wadah tray semay, bibit tumbuh dengan jarak sama dan tidak berhimpitan sehingga dapat tumbuh maksimal. 

Penanaman bibit cabe rawit kaliber dalam polybag juga memiliki kelebihan sama dengan menggunakan tray semai. Bibit akan mudah nanti dalam proses pindah tanam. 

Penyakit yang biasa menyerang bibit cabai yaitu busuk daun dan busuk akar. Anda melakukan pencegahannya dengan tidak menyiram secara berlebihan sehingga tanah terlalu basah. 

Semprotkan pestisida yang sesuai untuk mengatasi serangan penyakit pada bibit cabai. Gunakan dosis sesuai anjuran pada kemasan dan lakukan konsultasi kepada ahlinya. 

Baca Juga : Cabe Merah Keriting Kopay Hasil Tinggi Andalan Petani 

Cara Menanam Cabe Dalam Polybag

jual benih, cabe rawit, Kaliber, cabai, bibit cabe, cara menanam cabe, toko pertanian, toko online, lmga agro
Tali Salaran

Cara menanam cabe dalam polybag dengan memindah bibit cabe saat sudah memiliki 4 - 6 helai daun. Polybag sebagai wadah tanamnya harus ada lubang bagian dasar. 

Tujuan bagian dasar berlubang agar kelebihan air dapat keluar sehingga tidak membuat tanah terlalu lembab. Letakkan beberapa batu-batu kecil atau pecahan genting di dasar polybag. 

Batu-batu tersebut berfungsi sebagai penyangga tanah serta mencegah tersumbatnya lubang drainase. Selanjutnya isi polybag dengan media tanam ( tanah + pupuk kandang ) sampai 2/3 tinggi pot.  

Media tanam cara menanam cabe dalam polybag biasanya adalah tanah, pasir/sekam bakar dan pupuk organik. Anda juga bisa menggunakan media tanam untuk wadah polybag yang sudah jadi. 

Perawatan penting cara menanam cabe dalam polybag yaitu penyiraman rutin secukupnya jangan berlebihan. Terlalu lembab menyebabkan lama kelamaan daun akan menguning mulai bagian bawah. 

Bila tampak daun menguning, hentikan sementara penyiraman. Bila kekurangan air, daun akan tampak layu, mulai kering dan akhirnya rontok. 

Daun tampak layu gejala tanaman kurang penyiraman. Bila daun menguning, pertanda tanaman kelebihan air. Pemupukan cara menanam cabe dalam polybag dengan dosis yang tepat. 

Berikan takaran dosis sesuai petunjuk pada kemasan pupuk. Pemasangan ajir sebagai alat penopang tegaknya tanaman cabe rawit Kaliber. Ajir terbuat dari bambu atau kayu yang kuat. 

Bibit cabe rawit Kaliber tumbuh dengan bersandar pada ajir. Selain itu, ajir juga berguna untuk tempat rebahan atau merambatnya tanaman. 

Ajir untuk tanaman cabe saat tinggi 14 - 20 cm dan jarak ajur 4 - 8 cm dari tanaman. Jika terlambat memasang ajir, resiko dapat merusak akar tanaman cukup besar. 

Tanaman mulai tinggi, segera ikat batang tanaman ke ajir menggunakan tali dan usahakan ikatan tidak merusak batang tanaman. 

Baca Juga : Jual Bibit Cabe Keriting Iggo Tahan Layu Bakteri

Bibit Cabe Rawit Kaliber Tahan Penyakit

Bibit cabe rawit Kaliber tahan penyakit. Namun tidak ada salahnya kita mengetahui penyakit tanaman cabai yang sering menyerang. 

1. Antraknosa

Gejala awal kulit buah mengkilap, selanjutnya timbul bercak hitam dan makin membesar hingga buah membusuk. Pengendalian semprotkan fungisida Kocide 54 WDG konsentrasi 1 - 2 gram per liter air. 

Bergantian dengan fungisida Victory 80 WP dengan konsentrasi 1 - 2 gram/liter. 

2. Penyakit Busuk Phythopthora

Gejala penyakit yaitu bagian terserang terdapat bercak cokelat kehitaman dan lama kelamaan membusuk. Penyakit menyerang bagian daun, batang dan buah cabai. 

Pengendalian semprotkan fungisida Kocide 77 WP dosis 1,5 - 3 kg/hektar. Bergantian dengan fungisida Victory 80 WP konsentrasi 2 - 4 gram/liter campur dengan fungisida sistemik Starmyl 25 WP. 

3. Rebah Semai atau dumping off 

Biasanya akan menyerang bibit cabe rawit saat persemaian. Penyebabnya yaitu jamur Phytium sp. Lakukan tindakan pencegahan serangan penyakit pada bibit cabe rawit. 

Rendam benih dalam fungisida dan lakukan penyemprotan menggunakan fungisida sistemik Starmyl dan saat pindah tanam. Dosis sebanyak 0,5 - 1 gram/liter.

Baca Juga : Jual Benih Sayuran Online

4. Penyakit Layu Fusarium dan Layu Bakteri

Penyakit layu pada tanaman cabai terjadi saat fase generatif. Langkah pencegahan yaitu penyiraman menggunakan fungisida Kocide 77 WP siramkan ke lubang tanam sebanyak 5 gram/liter. 

Siramkan ke lubang tanam 200 ml ( jadi untuk 5 tanaman ) mulai tanaman muncul bunga dan interval 10 - 14 hari sekali. 

5. Penyakit Bercak Daun

Penyebabnya yaitu cendawan Cercospora capsici yaitu gejala berupa bercak bercincin, berwana putih pada bagian tengah dan coklat kehitaman pada bagian tepi. 

Lakukan pencegahan dengan menyemprotkan fungisida Kocide 54 WDG konsentrasi 1,5 - 3 gram/liter. Bergantian dengan fungisida Victory 80 WP konsentrasi 2 - 4 gram/liter. Interval seminggu sekali. 

6.  Penyakit Mozaik dan sampai saat ini obat untuk mengendalikan penyakit mozaik belum ada. Anda dapat lakukan langkah pencegahan yaitu pengendalian hama pembawa virus tersebut yaitu Aphids. 

Masa Panen Cabe Rawit

Panen cabe rawit Kaliber mulai umur 70 - 135 HST dan waktu panen pertama tanaman cabai meski varietas kadang tidak sama. 

Panen pertama tergantung dari kondisi benih awal, kondisi lingkungan saat benih mulai bertunas dan tumbuh juga perawatan masing-masing tanaman. 

Panen cabai rawit harus tepat karena menentukan kualitas buah. Saat panen tepat waktu tergantung tingkat kematangan buah. 

Panen paling baik saat buah cabai sudah berwarna merah dan buah juga padat akan kuat selama distribusi jarak jauh. Secara kimia, cabai tua berwarna merah mengandung capsaicin lengkap. 

Biasanya Petani melakukan panen cabai sesuai permintaan pasar sayur yaitu dapat panen saat muda/berwarna hijau, kuning atau sudah matang ( merah ). 

Kualitas cabai baik bila panen sudah terjadi perubahan warna menjadi kuning atau kemerahan. Hindari terjadinya luka dan patah cabang/rantingnya saat pemetikan buah. 

Pisahkan segera buah busuk untuk mencegah penularan mikroba ke buah yang sehat. Jangan masukkan hasil panen ke karung plastik. Segera bawa ke tempat teduh setelah pemetikan. 

Panen cabai tergantung dari jenis dan varietas cabai dan lingkungan tempat tanam. Dataran rendah biasanya lebih cepat umur panennya yaitu mulai umur 75 - 80 HST. Panen berikutnya 2 - 3 hari sekali. 

Sedangkan daerah pegunungan dataran tinggi, panen pertama mulai umur 90 - 100 HST dan pemetikan setiap 6 - 10 hari sekali. Masukkan hasil panen ke wadah dan kumpulkan pada tempat penampungan. 

Baca Juga : Peluang Usaha Bidang Pertanian Bagi Pebisnis Pemula

Bibit Cabe Rawit Kaliber Panen Menguntungkan

Bibit cabe rawit Kaliber produk benih unggul dapat panen sesuai kondisi pasar. Hasil buah cabe rawit Kaliber favorit masyarakat dan pedagang pengepul cabe rawit. 

Panen cabe rawit dapat menyesuaikan permintaan pasar dan harga cabe rawit. Bila pasar kurang baik dan harga cabe rendah sebaiknya tunda dulu panen sampai benar-benar tua. 

Panen bisa agak lama sampai harga beranjak naik dan Petani memperoleh keuntungan. Sebaliknya bila keadaan pasar cabe rawit menguntungkan, Petani dapat panen meski cabe masih muda. 

Terkadang karena ketersediaan sedikit di pasaran, pasar pun masih mencari cabai yang muda untuk diolah menjadi masakan. Asalkan berikan perawatan maksimal agar buah cabai tidak rusak. 

Demikian artikel Kami judul : Bibit Cabe Rawit Kaliber Unggul Tahan Penyakit Benih Harga Murah. Hubungi kontak Kami di 082141747141 ( telp ) dan 08125222117 ( WA ). 

Toko pertanian LMGA Agro jual produk pertanian berkualitas dengan harga murah. Belanja online kebutuhan bercocok tanam lengkap antara lain benih tanaman sayur dan buah.

Menyediakan juga pupuk, pestisida, ZPT hingga alat sarana prasarana lengkap. Beli sekarang produk pertanian terbaik harga murah dan terdekat. 

Semoga artikel Kami bermanfaat dan menambah wawasan. Bibit cabe rawit Kaliber benih unggul hasil menguntungkan. Salam sukses....    


RELATED POSTS

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jika anda ingin komentar Gunakan alamat email yang jelas ( Jangan Anonymous ). Mohon komentar secara bijak dan sesuai bahasan.