TOKO PERTANIAN LMGA AGRO, TEMPAT BELANJA ONLINE PETANI MURAH, AMAN DAN PROMO. SEGERA BELANJA! HUBUNGI KAMI DI : SMS / WA : 081 252 22 117, LAYANAN KONSULTASI PERTANIAN GRATIS HP. 082 141 747 141.

KETIK JUDUL/LABEL ARTIKEL YANG DICARI PADA KOLOM DI BAWAH INI

12/11/22

Cara Mempercepat Pertumbuhan Tanaman Cabe Benih Berkualitas - LMGA Agro

tanaman cabe, pertumbuhan tanaman cabe, cabai, benih cabe, toko pertanian, toko online, lmga agro
Tanaman Cabe Menjelang Panen 

Cara Mempercepat Pertumbuhan Tanaman Cabe Benih Berkualitas - LMGA Agro. HP 082141747141 ( telepon ) dan 08125222117 ( WA ). Toko pertanian LMGA Agro jual benih cabe dan produk pertanian lengkap berkualitas. 

Jual benih hibrida berkualitas dengan keunggulan terbaik. Benih tahan virus berbagai jenis cabe di Toko Pertanian LMGA Agro online dan terdekat. 

Jual produk pertanian kebutuhan bercocok tanam seperti pupuk berkualitas, pestisida, ZPT dan alat sarana dan parasarana pertanian. Produk pertanian harga murah lengkap di kios pertanian LMGA. 

Beli sekarang untuk kebutuhan bercocok tanam lengkap dan murah. Distributor produk pertanian terbaik mitra Petani. Kami melayani konsultasi gratis seputar pertanian. 

Jual benih bibit cabe tahan virus terbaik untuk hasil panen maksimal. Dalam artikel kali ini Kami memaparkan cara mempercepat pertumbuhan tanaman cabe agar berbuah banyak dan rutin berbuah. 

Cara mempercepat pertumbuhan tanaman cabe mulai dari pemilihan benih bibit cabe yang bagus dan berkualitas. Selanjutnya cara mempercepat pertumbuhan tanaman cabe dari tempat persemaian.  

Cara mempercepat pertumbuhan tanaman cabe dengan benih terbaik di Toko Pertanian LMGA Agro. Benih berkualitas tahan virus mampu tumbuh dan beradaptasi dengan musim hujan dan kemarau. Hasil panen tinggi dan penampilan buah cabe terbaik. 

Banyak syarat bagi pertumbuhan bibit cabe agar tumbuh sehat, kokoh dan kuat. Bibit cabe tanaman muda harus melewati pemeliharaan yang intensif. 

Penuhi kebutuhan pertumbuhan bibit cabe dengan baik, seperti kebutuhan akan air dan unsur hara. Setelah satu minggu umur bibit cabe, perlahan perkenalkan dengan sinar matahari sekitar 3 jam.  

Kebutuhan makanan bibit cabe sebaiknya berasal dari pupuk organik dan jangan berikan dulu pupuk anorganik. Mengingat tanaman muda masih rentan akan keracunan pupuk. 

Tanaman Cabe Sehat dan Cepat Tumbuh 

tanaman cabe, pertumbuhan tanaman cabe, cabai, benih cabe, toko pertanian, toko online, lmga agro
Panen Cabe Merah
Tanaman cabe ( Capsicum sp. ) merupakan tanaman tropis yang menyukai panas. Sehingga cara mempercepat pertumbuhan tanaman cabe yaitu memenuhi kebutuhannya akan panas atau sinar matahari. 

Tanaman cabe kadang tidak tumbuh secepat harapan kita. Terkadang dapat kita temui ada tanaman cabe yang kerdil atau pertumbuhan lambat karena beberapa masalah saat pembibitan. 

Harapan terbesar yaitu pertumbuhan bibit cabe cepat besar dan cepat berbuah. Sehingga segera dapat memetik hasil dari usaha menanam cabe dan menikmati hasil dari menjual cabe

Petani memiliki cara mempercepat pertumbuhan tanaman cabe selain tentunya harus menggunakan benih cabe terbaik dan berkualitas. 

Secara umum tanaman cabe dapat tumbuh sehat dan cepat bila terpenuhi seluruh kebutuhan tumbuhnya. Tanaman cabe adakah tanaman tropis dan menyukai sinar matahari. 

Sehingga bila kekurangan sinar matahari, tanaman cabe akan melambat pertumbuhannya atau tumbuh kerdil, tidak menjadi tinggi. Namun bila melihat ada cahaya, tanaman akan bergerak menuju cahaya. 

Pertumbuhannya pun tidak maksimal karena kekurangan cahaya. Bunga tidak segera muncul dan terlambat berbuah. 

Kebutuhan temperatur cara mempercepat pertumbuhan tanaman cabe harus terpenuhi dengan baik. Suhu ideal untuk cara mempercepat pertumbuhan tanaman cabe yaitu kisaran 20 derajat Celcius. 

Paparan sinar matahari langsung mengenai tanaman. Kebutuhannya minimal 8 jam sehari menjadi kebutuhan tanaman cabe agar tumbuh sehat. 

Kebutuhan air juga menyesuaikan dengan kebutuhan tanaman dan cuaca. Penyiraman tidak tepat menjadp salah satu penyebab pertumbuhan bibit cabe lambat. 

Terlalu banyak air atau terlalu sedikit dapat mengganggu dan menghambat pertumbuhan tanaman cabe. 

Begitu juga dengan kondisi tanah yang buruk, adanya hama dan penyakit, pemangkasan tidak benar hingga stres tanaman setelah pindah tanm ke lehan atau tempat baru. 

Kesemuanya dapat menjadi sebab pertumbuhan bibit cabe lambat. Lakukan pengamatan dan kontrol tanaman setiap hari pada bibit cabe. 

Baca Juga : Cabai Kecil Hibrida Dewata 43 Andalan Petani Cap Panah Merah

Cuaca Ideal Cara Mempercepat Pertumbuhan Tanaman Cabe

tanaman cabe, pertumbuhan tanaman cabe, cabai, benih cabe, toko pertanian, toko online, lmga agro
Benih Kaliber
Cabe Rawit

Cara mempercepat pertumbuhan tanaman cabe yaitu menyediakan suhu ideal kebutuhannya. Tanaman masih bibit cabe di persemaian masih tidak banyak membutuhkan panas. 

Karenanya bibit cabe harus berada pada tempat teduh. Panas berlebihan membuat tanaman stres dan penguapan menjadi tinggi. Untuk bibit cabe setelah pindah tanam biasaya sudah tahan panas matahari. 

Pertumbuhan bibit cabe untuk pembesaran membutuhkan suhu siang hari ideal yaitu antara 21 - 29 derajat Celcius. Suhu ideal malam hari harus diatas 15 derakat Celcius. 

Suhu kurang dari 13 derajat Celcius dapat memperlambat petumbuhan bibit cabe secara signifikan. Sebelum bibit cabe pindah tanam, usahakan tempat persemaian benih bersuhu hangat. 

Suhu hangat merupakan cara mempercepat pertumbuhan tanaman cabe selama persemaian benih. Biasanya tempat persemaian menggunakan tutup pastik transparan. 

Sinar matahari tidak langsung mengenai tanaman. Plastik naungan memberikan suhu ruangan menjadi lebih hangat dan dapat mempercepat pertumbuhan. 

Suhu lingkungan dalam ruangan seringkali terlalu rendah sehingga perlu menambahkan panas tambahan agar tanaman dapat tumbuh baik. 

Kondisi iklim Indonesia cocok untuk budidaya cabe dengan sinar matahari yang bersinar penuh. Tanaman cabe mampu tumbuh mulai dataran rendah sampai dataran tinggi sampai ketinggian 1400 m dpl. 

Pada dataran tinggi, tanaman cabe masih dapat tumbuh baik namun produksi buah cabe tidak bisa maksimal. tanaman cabe masih dapat tumbuh pada musim kemarau asal pengairannya cukup. 

Curah hujan ideal tanaman cabe berkisar 800 - 2000 mm/tahun. Kelembaban ideal yaitu 80%. Tanaman cabai membutuhkan cahaya matahari sepanjang hari dengan intensitas penyinaran > 70%. 

Jika kurang penyinaran, tanaman akan tumbuh lebih tinggi namun daun dan batangnya lemas. Umur panen lebih lama dan produksi rendah. 

Baca juga : Cara Mempercepat Pertumbuhan Bibit Cabe F1 Rawita Panah Merah

Nutrisi Untuk Mempercepat Pertumbuhan Bibit Cabe

Cara mempercepat pertumbuhan bibit cabe yaitu dengan memberikan nutrisi yang cukup. Pemberian banyak nutrisi dapat mempercepat pertumbuhan. Tanaman menjadi kuat dan sehat. 

Banyak nutrisi tanaman akan tumbuh maksimal. Pemberian banyak pupuk organik baik pupuk kandang atau kompos sangat baik bagi tanaman. 

Bibit cabe masih rentan dan sensitif dengan bahan kimia seperti dari pupuk anorganik. Sehingga pemberian pupuk organik bersifat alami. 

Pupuk organik lambat menguraikan unsur-unsur hara bagi tanaman sehingga bibit cabe akan menyerapnya dalam bentuk sedikit dan cukup untuk pertumbuhannya. 

Kompos bersifat perlahan memberi makan tanaman, dengan demikian bibit cabe tumbuh dengan baik. Nitrogen dalam kandungan pupuk organik membantu pertumbuhan bibit cabe dengan cepat.

Media tanam bibit cabe harus kaya humus, gembur dan memiliki pH netral. Jika tanah terlalu asam atau terlalu basa akan menghambat penyerapan nutrisi oleh tanaman. 

Nutrisi cara mempercepat pertumbuhan tanaman cabe dapat terurai dan tanaman dapat memanfaatkannya bila tanah cukup air. Tanah tidak boleh kekeringan sehingga tanaman sulit menyerap unsur hara. 

Penyiraman menyediakan air yang cukup dan tepat untuk pertumbuhan. Air akan menguraikan unsur hara dalam pupuk menjadi tersedia bagi tanaman.

Berikan air secukupnya dan jangan sampai tanaman tergenang air karena akan membuat akar cepat membusuk. Perawatan penting untuk bibit cabe adalah penyiraman saja sudah cukup.

Penyiraman rutin setiap hari pagi dan sore hari mampu meningkatkan pertubuhan bibit cabe. Juga sekaligus mencegah tanaman dari serangan hama dan penyakit. 

Baca Juga : Cabai Besar F1 Pilar Raja Cabai Dataran Tinggi

Bibit Cabe Sehat Awal Pertumbuhan Bagus Sampai Panen

tanaman cabe, pertumbuhan tanaman cabe, cabai, benih cabe, toko pertanian, toko online, lmga agro
Pohon Cabe Sehat

Bibit cabe sehat dengan perawatan rutin dan intensif salah satunya yaitu penyiraman. Berikan air secukupnya karena terlalu banyak air membuat sistem akar melemah. 

Tanah tergenang air juga menyebabkan busuk akar. Budidaya cabe favorit setiap orang baik petani maupun sekedar ingin menanam di pekarangan rumah. 

Buah cabe merupakan sayuran penting dan kebutuhan setiap hari hingga saat ketersediaan cabe langka sehingga harga cabe tinggi, membuat perekonomian terguncang. 

Cabe juga menjadi komoditas penting karena menumbuhkan perekonomian petani. Budidaya cabe menjadi peluang usaha menjanjikan dan menguntungkan. 

Keberhasilan budidaya cabe yaitu mulai dari proses pertumbuhan bibit cabe semakin besar dan memasuki masa berbuang dan berbuah. Budidaya cabe akan mengalami panen berkali-kali hingga habis. 

Bibit cabe dapat tumbuh pada berbagai macam media baik lahan bedengan, polybag, pekarangan rumah, kebun, hidroponik dan ember bekas sebagai potnya. 

Pertama kali kunci keberhasilan pertumbuhan bibit cabe yaitu pemilihan benih cabe dan cara menanam benih cabe. Proses menanam benih cabe penting hingga menjadi bibit cabe siap tanam dan berbuah. 

Cara mempercepat pertumbuhan tanaman cabe yaitu dengan menanam benih cabe yang tepat. Cara menanam benih cabe ada dua cara yaitu cara tabur atau menanam pada wadah semai.

Bibit cabe akan tumbuh paling baik menggunakan wadah semai seperti polybag, plastik es, tray semai dan wadah lainnya. Cara tabur membuat benih cabe bertumpukan dan tidak tumbuh maksimal. 

Cara tabur akan menyulitkan dan beresiko besar saat bibit cabe harus pindah tanam. Karena proses pemindahan akan menyebabkan akar putus dan merusak bibit cabe sebelahnya. 

Baca Juga : Cara Menanam Cabe Red Lava F1 Produk Takii Seed

Cara Mempercepat Pertumbuhan Tanaman Cabe dalam Wadah Semai

tanaman cabe, pertumbuhan tanaman cabe, cabai, benih cabe, toko pertanian, toko online, lmga agro
Tray Semai Benih Cabe
Toko pertanian LMGA Agro menyediakan benih cabe berkualitas dan terbaik. Tersedia berbagai macama jenis varietas cabe yaitu cabe rawit, cabe besar dan cabe keriting. 

Benih cabe produksi pabrik benih terpercaya dan telah menjadi favorit petani karena keunggulannya. Benih tahan virus, hama dan penyakit. Tekstur buahnya juga bagus, kuat dan tidak mudah rusak. 

Membeli benih pada toko pertanian akan lebih terjamin karena benih telah bersertifikat dan bebas penyakit. Benih bebas dari virus yang terbawa dalam benih. 

Benih hibrida terjamin keberhasilannya dan hasil panen pasti maksimal. Anda dapat mempersiapkan benih dengan merendamnya dalam air berisi bawang putih sudah dihaluskan. 

Perendaman selama sekitar 1 malam lalu pilih benih yang tenggelam dan jangan gunakan benih terapung. Tiriskan dan jemur sebentar dengan cukup diangin-anginkan. 

Gunakan tray semai atau polybag kecil untuk pembibitan cabe serta menggunakan media semai dari tanah bercampur dengan pupuk kandang atau kompos. Campur semua bahan dan ayak sampai halus. 

Masukkan media tanam dalam wadah semai dan jangan dipadatkan. Pertumbuhan tanaman tidak dapat maksimal bila tanah terlalu padat. 

Sebelum penanaman benih, lakukan penyiraman pada media tanam agar tanah menjadi basah. Pastikan bahwa tanah benar-benar basah merata. 

Masukkan benih satu per wadah dan bila untuk digunakan sendiri maka dapat Anda tanam 2 - 3 benih satu polybag/pot. Tutup pot tempat menanam benih dengan daun pisang atau karung goni. 

Anda dapat menyiram benih dengan membuka tutup atau menyiramnya dari atas tutup pot tadi. Lepaskan tutup setelah berjalan satu minggu karena benih sudah mulai berkecambah. 

Baca Juga : Cabai Keriting Djitu Umur Genjah Potensi Hasil Tinggi

Pertumbuhan Lambat Pohon Cabe

tanaman cabe, pertumbuhan tanaman cabe, cabai, benih cabe, toko pertanian, toko online, lmga agro
Buah Cabe Siap Panen

Seringkali menemui ternyata pohon cabe yang Anda tanam tumbuh lambat. Pertama pertumbuhan pohon cabe lambat karena tidak mendapatkan cahaya matahari cukup.

Tanaman cabe merupakan tanaman tropis dimana cahaya matahari kebutuhan penting untuk pertumbuhannya. Tanpa mendapatkan sinar matahari cukup, pasti tanaman akan tumbuh lambat. 

Kebutuhan suhu pohon cabe yaitu kisaran 20-an derajat Celcius dan paparan sinar matahari lansung setidaknya 8 jam sehari. 

Penyiraman tidak tepat dapat menjadi penyebab pertumbuhan bibit cabe lambat. Yaitu penyiraman terlalu banyak atau terlalu sedikit dapat menghambat pertumbuhan. 

Faktor lain penyebab pertumbuhan tanaman lambat yaitu kondisi tanah buruk, adanya hama dan penyakit serta pemeliharaannya seperti pemangkasan. 

Terkadang pertumbuhan bibit cabe tiba-tiba lambat karena stres tanaman oleh kondisi lingkungan yang baru. Stres saat perpindahan tanam menyebabkan perkembangan tanaman terhambat.  

Tanaman cabe membutuhkan suhu ideal pada siang dan malam hari. Suhu siang hari idealnya adalah 21 - 29 derajat Celcius. Bila lebih dari itu, tanaman mengalami penguapan tinggi dan lambat tumbuh. 

Malam hari, suhu ideal yaitu lebih dari 15 derajat Celcius bila kurang dari itu dapat memperlambat pertumbuhan tanaman langsung.  

Tanaman cabe tidak menyukai adanya naungan pohon besar menghalangi tanaman menerima sinar matahari. Bila terjadi maka tanaman akan lambat tumbuh.  

Pada tanaman cabe harus rajin melakukan pemangkasan untuk merangsang pertumbuhan tanaman. Pemangkasan akan merangsang tanaman tumbuh lebat. 

Karena pohon cabe tidak dipangkas akan membutuhkan waktu lama untuk tumbuh dan berbuah. Cara mempercepat pertumbuhan tanaman cabe yaitu memberinya banyak nutrisi. 

Baca Juga : Cara Menanam Cabe di Rumah, Lahan Sempit dan Panen Memuaskan

Bibit Cabe Terbaik Benih Berkualitas

tanaman cabe, pertumbuhan tanaman cabe, cabai, benih cabe, toko pertanian, toko online, lmga agro
Benih Imperial Ijo F1

Cabe Besar Imperial Ijo F1 Tahan Virus

Benih berkualitas dari PT BISI International cocok untuk musim hujan. Rekomendasi benih untuk dataran rendah dan tipe pohon cabe yang tegak. 

Tanaman tahan layu bakteri, busuk batang dan tahan virus. Umur panen mulai 75 HST. Panjang cabe 17 cm dan diameter 1,3 cm. 

Cabe Besar Baja MC F1

Produk berkualitas dari Panah Merah. Rekomendasi benih untuk dataran rendah sampai menengah. tanaman tipe tegak yang tahan layu bakteri, busuk batang dan tahan virus. 

Umur panen mulai 80 HST dengan panjang buah 14 cm dan diameter 1,2 cm. 

Cabe Besar Horison 97 F1

Benih terbaik dari BISI International. Cocok untuk musim hujan dan rekomendasi untuk dataran rendah sampai tinggi. Tipe prtumbuhan tegak, tahan layu bakteri, busuk batang dan tahan virus. 

Umur panen mulai 78 HST, cabe panjang 16 cm dengan diameter 1,5 cm. Potensi hasil 33 ton/hektar.

Cabe Cosmos 29 F1

Benih terbaik cap Kapal Terbang rekomendasi untuk dataran menengah hingga tinggi. enih cocok untuk musim hujan dan kemarau. Umur panen mulai 90 HST dengan panjang buah 17 cm dan diameter 2 cm. 

Cabe Keriting IGGO Tavi F1

Benih terbaik produksi PT BISI International rekomendasi untuk dataran rendah. Umur panen mulai 75 HST dengan panjang 18 cm dan diamter 0,6 cm. Benih tahan patek, alyu bakteri dan anti virus. 

Cabe SIOS Tavi F1

Benih cap Kapal Terbang beradaltasi baik pada dataran rendah. Umur panen mulai 80 HST, tanaman produktif dan hasil panen tinggi. 

Tahan penyakit patek, layu bakteri dan anti virus. Panjang buah 18 cm dan diamter 0,8 cm. Produktivitas 1,2 kg/tanaman. 

Cabe Keriting Nero Tavi F1

Benih terbaik dari Halbanero memiliki adaptasi baik pada dataran rendah. Umur panen 80 cm, panjang 18 cm dan diameter 1 cm. 

Cabe Rawit CRV 211 

Benih cabe rawit unggul produk Aura Seed beradaptasi baik pada dataran rendah dan musim hujan serta kemarau. 

Tanaman kokoh, buah lebat dan buah posisi menghadap atas. Umur panen mulai 90 HST dan produksi hasil sekitar 0,6 kg per tanaman. 

tanaman cabe, pertumbuhan tanaman cabe, cabai, benih cabe, toko pertanian, toko online, lmga agro
Benih ORI 212

Cabe Rawit ORI 212 

Benih unggul produk Aura Seed yang cocok untuk dataran rendah, musim hujan sampai kemarau. 

Tanaman kokoh, cabang terdiri 2 buah cabe dan menghadap ke atas. Umur panen mulai 91 HST dan potensi hasil sekitar 0,6 kg per tanaman. Benih tahan penyakit. 

Cabe Rawit Kaliber

Benih unggul produk Jogja Horti Lestari merk dagang Wiji Tani. Cocok untuk dataran rendah sampai tinggi, saat musim hujan dan kemarau. 

Benih anti virus dan aman dari seragan kuning dan keriting daun. Tanaman berbuah lebat, tahan patek dan posisi buah semi tegakmenggantung. 

Umur panen 95 HST dan potensi panen sekitar 0,9 kg/tanaman. Demikian artikel kami tentang Cara Mempercepat Pertumbuhan Tanaman Cabe dari benih cabe terbaik dan berkualitas. 

Beli harga murah benih terbaik beargam varietas di Toko Pertanian LMGA Agro. Supplier produk pertanian terdekat siap menerima layanan konsultasi gratis. 

Hubungi kontak Kami di 082141747141 ( telp ) dan 08125222117 ( WA ). Semoga artikel Kami bermanfaat dan menambah wawasan cara mempercepat pertumbuhan tanaman cabe. Salam sukses...

RELATED POSTS

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jika anda ingin komentar Gunakan alamat email yang jelas ( Jangan Anonymous ). Mohon komentar secara bijak dan sesuai bahasan.