TOKO ONLINE PERTANIAN LMGA AGRO, TEMPAT BELANJA ONLINE PETANI MURAH, AMAN DAN PROMO. BELANJA SILAKAN HUBUNGI KAMI DI : SMS / WA : 081 252 22 117, LAYANAN KONSULTASI PERTANIAN GRATIS HP. 082 141 747 141.

KETIK JUDUL/LABEL ARTIKEL YANG DICARI PADA KOLOM DI BAWAH INI

16/11/19

Pupuk Pertanian Penyedia Unsur Hara Bagi Budidaya Tanaman


pupuk,pertanian,unsur hara,budidaya,lmga agro
Pupuk Pertanian
Pupuk Pertanian Penyedia Unsur Hara Bagi Budidaya Tanaman. 082141747141 ( Khusus telepon ) 08125222117 ( Khusus SMS / WA ). Toko Pertanian Online LMGA Agro merupakan usaha yang bergerak di bidang pertanian. Kami menyediakan berbagai benih buah dan sayuran varietas unggul, pupuk, pestisida, ZPT, dan alat pertanian.

Toko Pertanian Online LMGA Agro mendukung usaha pertanian di wilayah desa maupun di kota. Kami telah berpengalaman sebagai toko pertanian, supplier usaha dropship, reseller, dan online shop. Kami jual produk pertanian dengan harga murah dan promo.

Toko Pertanian Online LMGA Agro menerima konsultasi mengenai pertanian dan cara bisnis online pertanian untuk usaha rumahan. Juga menerima konsultasi mengenai kendala yang terjadi pada lahan pertanian. Serta masalah dan kendala pada tanaman yang sedang dibudidayakan.

Kami menyediakan benih unggul produksi pabrik – pabrik benih terkemuka dan terpercaya. Benih unggul produksi dari BISI, EWINDO, Known You Seed, Takii Seed dan lain – lain. Juga tersedia pupuk, pestisida, dan alat pertanian kualitas unggul.

Kebutuhan pangan di negara Indonesia mayoritas diisi dengan jenis buah dan sayuran yang bisa dimanfaatkan sebagai bahan masakan atau minuman. Kebutuhan ini bisa dipenuhi oleh para petani di Indonesia dengan melakukan usaha budidaya tanaman. Usaha budidaya tanaman yang dilakukan oleh petani juga memerlukan beberapa komponen pendukung untuk meningkatkan kualitas hasil panen.

Komponen pendukung ini meliputi beberapa produk pertanian seperti pupuk, pestisida, dan zat pengatur tumbuh. Pupuk merupakan komponen yang paling penting bagi pertumbuhan tanaman buah maupun sayur. Pupuk pertanian mempunyai kandungan unsur hara yang memiliki manfaat bagi pertumbuhan tanaman.

Pupuk Pertanian Menguntungkan Budidaya Tanaman


Pupuk adalah material yang ditambahkan pada media tanam atau tanaman untuk mencukupi kebutuhan hara yang diperlukan tanaman. Material pembentuk komponen pertanian ini bisa berupa bahan organik maupun bahan anorganik. Bahan organik ini bisa berasal dari limbah sayuran maupun kotoran hewan ternak, sedangkan bahan anorganik berasal dari bahan kimia.

Usaha budidaya tanaman yang dijalankan oleh para petani sangat membutuhkan pasokan pupuk sesuai dengan dosisnya. Dosis dari komponen pertanian ini juga harus sesuai dengan tanaman yang sedang ditanam. Bila pemberiannya tidak sesuai dosis maka ditakutkan hasil panen tidak sesuai dengan harapan.

Keuntungan pemberian pupuk pada lahan budidaya tanaman adalah memberikan unsur hara tambahan bagi tanaman. Efek dari pemberian komponen ini akan memperbaiki struktur tanah dan membuat tanah menjadi subur. Kapasitas penyerapan air pada tanah juga akan meningkat, dan tanaman menjadi mudah mencari air.

Selain itu unsur hara yang terdapat pada rabuk tanaman juga bisa memperbaiki habitat hewan maupun mikroorganisme yang hidup di tanah. Perbaikan habitat ini berlaku pada ketersediaan makanan bagi hewan yang tinggal didalam tanah. Pupuk juga mengandung mikroba yang mempunyai tugas untuk mengurai bahan – bahan organik.

Penggunaan pupuk tanaman juga membuat kesuburan tanah meningkat dan menambah ketersediaan unsur hara di dalam tanah. Jika kesuburan tanah meningkat, maka pertumbuhan tanaman budidaya akan menjadi lebih baik. Jika pertumbuhan tanaman baik, maka hasil panen akan menguntungkan bagi para petani di Indonesia.

Toko Pertanian Online LMGA Agro menyediakan dan jual jenis pupuk pertanian unggulan dengan harga terjangkau. Juga menyediakan varietas benih unggulan dari jenis buah dan sayuran. Toko Pertanian LMGA Agro juga melayani konsultasi mengenai kendala yang terjadi pada budidaya tanaman secara gratis.


Kandungan Hara Makro Pada Pupuk Pertanian

unsur hara,pupuk,pertanian,unsur hara makro,lmga agro
Unsur Makro dan Mikro Pada Pupuk Pertanian
Pupuk yang digunakan untuk kebutuhan budidaya tanaman telah terbukti dapat meningkatkan hasil panen. Setelah mengetahui keuntungan bahwa pemberian pupuk menguntungkan, maka para petani perlu tahu kandungan unsur makro didalamnya. Unsur makro merupakan unsur yang dibutuhkan tanaman dalam jumlah yang banyak.

Pupuk mempunyai jenis dan kandungan unsur makro yang berbeda, setiap unsur yang terkandung memiliki manfaat yang berbeda. Dalam pemberian pupuk juga harus mengetahui kandungan unsur makro dan manfaat yang akan terjadi pada tanaman. Dibawah ini akan dijelaskan beberapa kandungan unsur makro yang terdapat dalam pupuk pertanian.

Nitrogen


Nitrogen adalah unsur kimia yang paling banyak dan melimpah yang terdapat di atmosfer bumi. Unsur ini disimbolkan dengan huruf N dan mempunyai manfaat yang penting untuk tumbuhan karena komponen utama dalam klorofil. Tumbuhan juga mampu menyerap unsur nitrogen yang terkandung di dalam tanah.

Selain komponen utama dalam klorofil, nitrogen juga mempunyai peran untuk pembentukan sel tanaman dan organ tanaman. Unsur nitrogen dibutuhkan oleh tanaman pada saat memasuki fase vegetatif pada masa pertumbuhan. Pertumbuhan tanaman secara keseluruhan juga membutuhkan pasokan unsur nitrogen yang cukup besar.

Walaupun mempunyai manfaat yang sangat membantu tanaman dalam proses pertumbuhan, pemberian nitrogen dalam bentuk pupuk juga harus sesuai dosisnya. Jika pemberian nitrogen terlalu sedikit maka akan memberikan dampak pada tanaman, seperti pertumbuhan tanaman terhambat. Selain pertumbuhan tanaman terhambat dan menjadi lambat, kekurangan nitrogen juga menjadikan tanaman menjadi kurus kerdil.

Jika pemberian pupuk nitrogen secara berlebihan juga tidak baik bagi pertumbuhan tanaman yang dibudidayakan. Dampak buruk dari kelebihan nitrogen ini dapat menyebabkan produksi biji – bijian menjadi berkurang. Selain itu juga memperlambat pemasakan atau penuaan buah dan dapat menjadikan pemupukan kurang efektif.

Fosfor


Fosfor adalah unsur yang mempunyai lambang P, dan mempunyai fungsi untuk membentuk enzim dan protein. Selain itu fosfor juga memiliki manfaat bagi pertumbuhan tanaman secara keseluruhan. Fosfor berperan penting untuk menjadikan akar mempunyai daya serap nutrisi menjadi lebih baik.

Dalam pemberian pupuk yang memiliki kandungan fosfor juga harus sesuai dosis, tidak boleh terlalu banyak maupun terlalu sedikit. Jika pemberian fosfor melebihi dosis, maka akan menyebabkan tanaman mengalami gangguan dalam penyerapan unsur hara lain. Gejala dari gangguan ini tidak bisa terlihat secara langsung pada fisik tanaman.

Kekurangan fosfor juga akan merugikan petani karena mempengaruhi perkembangan tanaman secara keseluruhan. Dampak dari kekurangan fosfor ini bisa menyebabkan warna daun berubah menjadi lebih tua dan tampak mengkilap. Selain itu buah yang dihasilkan mempunyai bentuk yang kecil dan bermutu jelek.

Kalium


Kalium merupakan unsur yang mempunyai peran yang sangat penting dalam pertumbuhan tanaman, terlebih lagi dalam proses fotosintesis pada daun. Fotosintesis merupakan proses yang sangat penting dalam pertumbuhan tanaman karena menghasilkan sumber energi bagi tanaman. Selain itu kalium juga memiliki fungsi untuk mengatur distribusi air dalam jaringan dan sel tanaman.

Bila tanaman kekurangan kalium akan mempunyai ciri daun yang mempunyai kerut dan berbentuk keriting. Selain bentuk daun yang tidak normal, pada permukaan daun terdapat bercak merah dan bila daun dibiarkan akan kering lalu mati. Buah hasil tanaman yang kurang kalium juga tidak bisa tumbuh sempurna, mutu yang tidak bagus, dan mempunyai daya simpan yang tidak lama.

Selain itu jika pemberian pupuk kalium melebihi dosis yang dianjurkan, juga akan berdampak pada pertumbuhan tanaman. Resiko pemberian kalium secara berlebihan pada tanaman adalah beresiko mengganggu penyerapan unsur kalsium dan magnesium. Pertumbuhan tanaman juga akan terganggu dan terhambat serta akan mengalami defisiensi atau penurunan nilai jual tanaman.

Magnesium


Magnesium merupakan unsur yang sering terdapat pada pupuk pertanian, karena memiliki manfaat yang cukup banyak pada pertumbuhan tanaman. Manfaat yang diberikan dari penggunaan kalium antara lain dapat membantu pembentukan klorofil dan senyawa yang dibutuhkan oleh tanaman. Selain itu juga sebagai transportasi fosfat ke seluruh bagian tanaman.

Tanaman yang kekurangan magnesium dapat terlihat dari daun tanamannya. Daun tanaman yang sudah tua akan mengalami kerusakan dan mempunyai bercak coklat, seringkali warna daun berubah menjadi kuning dan pucat. Daya tumbuh biji tanaman juga berkurang dan kualitasnya juga kurang baik.

Kalsium


Kalsium merupakan unsur yang memiliki fungsi sangat penting bagi pertumbuhan tanaman, yaitu untuk merangsang pertumbuhan akar. Selain sebagai unsur yang membantu pertumbuhan akar, kalsium juga mempermudah penyerapan unsur kalium. Kalsium juga memiliki peran untuk mengatur distribusi hasil fotosintesis ke seluruh bagian tanaman.

Gejala dari tanaman yang mengalami kekurangan kalsium adalah daun yang mengalami perubahan bentuk. Perubahan bentuk yang terjadi adalah daun menjadi keriting, kecil, hingga pada akhirnya rontok. Selain itu pertumbuhan bunga akan terhambat, apabila bunga bertumbuhpun resiko gugur juga lebih besar.


Kandungan Hara Mikro Pada Pupuk Pertanian


Selain memiliki kandungan hara makro, pupuk pertanian juga memiliki kandungan hara mikro yang dibutuhkan oleh tanaman. Unsur hara mikro merupakan unsur yang diperlukan oleh tanaman dalam pertumbuhannya namun dengan jumlah yang sedikit. Unsur hara mikro juga memberikan manfaat yang cukup signifikan walaupun dosis yang dibutuhkan tidak terlalu banyak.

Jenis dari unsur hara mikro juga bermacam – macam mulai dari boron, tembaga, zat besi, mangan, zinc, dan molibdenum. Zat yang telah disebutkan sebelumnya dapat bermanfaat bagi pertumbuhan tanaman. Dibawah ini akan dijelaskan manfaat dari unsur hara mikro serta dampak dari kekurangannya.

Boron


Boron merupakan unsur hara mikro yang terdapat pada beberapa produk pupuk. Manfaat yang didapatkan dengan pemberian boron sesuai dosis adalah membantu bagian tanaman untuk tumbuh aktif. Selain membantu pertumbuhan bagian tanaman, boron juga berperan penting dalam mengangkut karbohidrat ke dalam tubuh tanaman.

Bila tanaman kekurangan unsur boron gejala yang cukup terlihat adalah bentuk daun muda yang tumbuh kerdil dan berwarna hitam. Tepi daun tanaman juga menjadi layu, kering, dan bila berlangsung lama akan membuat daun mati. Pada tanaman jagung gejala kekurangan boron akan terlihat dengan tongkol yang tidak berbiji.

Tembaga


Tembaga adalah unsur hara mikro yang berperan penting untuk kelancaran fotosintesis karena membantu dalam pembentukan klorofil atau zat hijau daun. Klorofil dalam pertumbuhan tanaman merupakan komponen yang sangat penting. Selain itu unsur tembaga juga memiliki peran penting dalam membantu tanaman dalam menjalankan fungsi reproduksi.

Kekurangan unsur tembaga juga akan mempengaruhi perkembangan dari tanaman. Bagian daun akan terlihat tidak merata dan mengalami kerusakan hingga daun layu. Selain itu pertumbuhan tanaman menjadi terhambat dan mengurangi kualitas tanaman.

Zinc


Zinc atau seng adalah unsur yang dibutuhkan didalam tanah dan mempunyai manfaat bagi pertumbuhan tanaman. Fungsi dari zinc bagi pertumbuhan tanaman adalah dapat mengaktifkan beberapa jenis enzim. Selain itu zinc juga berperan penting dalam pemanjangan sel dan ruas batang.

Bila tanaman kekurangan unsur zinc maka gejala yang bisa terlihat adalah perubahan pada warna daun menjadi kekuningan dan kemerahan. Selain itu bentuk fisik daun juga bisa berlubang, menjadi kering, dan akhirnya mati. Bentuk tanaman juga menjadi kerdil, ruas batang menjadi pendek, dan bentuk daun mengecil.

Zat Besi


Zat besi mempunyai peran yang aktif dalam proses pembentukan protein sebagai salah satu bahan pembentuk zat hijau daun atau klorofil. Selain itu zat besi juga berperan penting dalam proses fotosintetis dan respirasi. Unsur zat besi juga bisa menjadi aktivator beberapa enzim yang terdapat dalam tanaman.

Tanaman bila kekurangan unsur zat besi bisa terlihat dari perubahan warna daun dari hijau menjadi kekuningan. Selain itu warna daun muda menjadi putih dikarenakan kekurangan klorofil. Akar juga bisa menjadi rusak apabila kekurangan zat besi, bila tanaman diangkat akan terlihat potongan akar yang mati.

Molibdenum


Molibdenum adalah unsur hara mikro yang dibutuhkan oleh makhluk hidup terutama tanaman. Manfaat dari molibdenum untuk tanaman adalah dapat membantu tanaman mengikat nitrogen dari udara bebas. Selain mengikat nitrogen dari udara bebas, molibdenum juga berperan dalam mengaktifkan enzim nitrogenase.

Gejala tanaman yang kekurangan unsur molibdenum terlihat dengan daun yang berubah warna, keriput, dan menjadi kering. Selain itu pertumbuhan tanaman dapat terhenti karena kekurangan unsur mikro ini. Kekurangan molibdenum pada tanaman ini juga dapat mengakibatkan tanaman menjadi mati.

Mangan


Unsur hara mikro mangan dalam pupuk mempunyai manfaat untuk pembentukan zat protein. Kondisi daun yang berwarna hijau juga bisa terjaga dengan pemberian mangan sesuai dosisnya. Selain itu juga berperan penting dalam proses pernapasan tanaman dan fotosintesis tanaman.

Gejala dari tanaman yang kekurangan unsur mangan dapat terlihat dari perubahan warna dan struktur daun. Warna daun akan berubah secara periodik dari warna hijau kemudian kuning dan selanjutnya menjadi putih. Selain itu pertumbuhan tanaman akan menjadi terhambat karena kekurangan unsur mangan.


Jenis Pupuk yang Beredar di Sektor Pertanian

Pupuk,pertanian,budidaya,pupuk pertanian,lmga agro
Jenis Pupuk Pertanian
Tidak dapat dipungkiri lagi bahwa budidaya tanaman yang dilakukan oleh petani maupun pelaku usaha sangat membutuhkan pupuk pertanian. Pupuk pertanian digunakan oleh petani untuk memberikan unsur hara tambahan kepada tanaman. Jika pemberian pupuk sesuai dosisnya, pertumbuhan tanaman akan menjadi lebih baik dan hasil panennya dapat menguntungkan para petani.

Pupuk yang sudah beredar di kalangan petani Indonesia memiliki beberapa jenis, mulai dari sumber bahannya hingga unsur hara yang dikandungnya. Selain itu beberapa pupuk pertanian juga bisa berupa cairan. Dibawah ini akan dijelaskan mengenai jenis – jenis pupuk yang sudah beredar di toko pertanian terdekat.

Berdasarkan Senyawa Penyusun


Senyawa penyusun dari pupuk pertanian bisa digolongkan menjadi 2 jenis, yaitu pupuk yang disusun dari senyawa organik dan senyawa anorganik. Senyawa organik berasal dari sisa – sisa atau limbah makhluk hidup seperti hewan dan tumbuhan. Sedangkan senyawa anorganik berasal dari campuran bahan kimia yang mempunyai manfaat untuk membantu pertumbuhan tanaman.

Pupuk organik adalah pupuk yang berasal dari berbagai pelapukan sisa – sisa makhluk hidup seperti limbah tanaman dan kotoran hewan. Pupuk dengan bahan baku organik ini dapat berbentuk padat maupun cair. Contoh dari pupuk organik ini adalah pupuk kandang dan kompos.

Sedangkan untuk jenis anorganik merupakan pupuk yang mempunyai bahan baku yang berupa bahan kimia. Bahan – bahan ini dicampurkan menjadi satu kesatuan dan memiliki manfaat untuk membantu pertumbuhan tanaman. Contoh dari pupuk anorganik ini adalah UREA, NPK, ZA, dan lain sebagainya.

Berdasarkan Bentuk Fisik


Bentuk fisik dari komponen budidaya tanaman ini bisa dibagi menjadi 2 macam, yaitu berbentuk padat maupun cair. Bentuk fisik ini tidak terpaku pada unsur pembentuknya, baik itu senyawa organik maupun anorganik. Bentuk ini dimaksudkan untuk memudahkan dalam penggunaan pada lahan pertanian.

Pupuk yang mempunyai bentuk fisik padat biasanya memiliki rupa butiran, tablet, maupun berbentuk seperti tepung. Pupuk ini pada umumnya lebih memiliki unsur hara makro didalamnya seperti nitrogen, fosfor, dan kalium. Pupuk padat ini sudah banyak tersedia di toko pertanian terdekat maupun toko pertanian online.

Pupuk yang mempunyai bentuk cairan dimaksudkan untuk mempermudah penggunaan pada lahan pertanian yang luas. Penggunaan pupuk ini dapat dilarutkan dalam air kemudian disemprotkan menggunakan alat. Pupuk cair ini biasanya terdiri dari unsur hara mikro yang dibutuhkan oleh tanaman.

Toko Pertanian Online LMGA Agro menyediakan pupuk pertanian untuk pertumbuhan tanaman lengkap dari yang berbentuk padat dan cair. Jenis yang tersedia juga mencakup jenis organik dan kimia dengan harga yang terjangkau. Toko Pertanian LMGA Agro juga menyediakan beragam kebutuhan pertanian lengkap mulai dari benih tanaman hingga alat pertanian dengan harga terjangkau.

Berdasarkan Kandungan Unsur Hara


Kandungan unsur hara pada pupuk bisa berbentuk tunggal maupun majemuk. Pupuk dengan unsur hara tunggal biasanay berupa unsur yang bersifat makro. Contoh dari pupuk tunggal ini adalah pupuk urea dengan kandungan nitrogen.

Sedangkan untuk pupuk majemuk adalah rabuk yang memiliki kandungan unsur hara lebih dari satu. Unsur hara ini bisa berupa campuran antara nitrogen, fosfor, dan kalium atau biasa disingkat NPK. Fungsi dari pupuk majemuk juga sama yaitu membantu pertumbuhan tanaman.

Demikian artikel tentang Pupuk Pertanian Penyedia Unsur Hara Bagi Budidaya Tanaman. Hubungi nomor HP 082141747141 ( Khusus telepon ) dan 08125222117 ( Khusus WA/SMS ). Toko Pertanian Online LMGA Agro sebagai supplier recommended usaha dropship, reseller, online shop, petani, dan toko pertanian.

Toko Pertanian Online LMGA Agro memberikan peluang usaha bisnis jual varietas benih unggul dan hibrida, pupuk, ZPT, pestisida dan alat pertanian. Terpercaya dan harga promo bersaing. Kami siap kirim hingga ke seluruh wilayah indonesia. Bersama jasa ekspedisi mitra kami yaitu JNE, TIKI, KI8, POS dan ekspedisi lainnya.

Semoga artikel tentang pupuk pertanian ini bermanfaat bagi pembaca, baik pembaca di desa maupun di kota, baik berprofesi sebagai petani maupun bukan petani. Salam sukses selalu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon untuk berkomentar secara bijak dan sesuai bahasan.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...