TOKO ONLINE PERTANIAN LMGA AGRO, TEMPAT BELANJA ONLINE PETANI MURAH, AMAN DAN PROMO. BELANJA SILAKAN HUBUNGI KAMI DI : SMS / WA : 081 252 22 117, LAYANAN KONSULTASI PERTANIAN GRATIS HP. 082 141 747 141.

KETIK JUDUL/LABEL ARTIKEL YANG DICARI PADA KOLOM DI BAWAH INI

19/11/19

JUAL BENIH BARU CABAI BAJA MC F1 - PANAH MERAH

benih baja mc, benih cabai, panah merah, toko pertanian, toko online, lmga agro
Baru Benih Cabai
Baja MC F1
Jual Benih Baru Cabai Baja MC F1 - Panah Merah. HP 082141747141 ( telepon ) 08125222117 ( SMS/WA ). Toko Pertanian Online LMGA Agro jual harga promo dan bersaing. Baru benih cabai Baja MC F1 Hibrida. Benih cabai merah besar produksi Cap Panah Merah.

Baja MC F1 dari Panah Merah merupakan cabai merah besar. Toko pertanian LMGA Agro online shop melayani konsultasi gratis pertanian. Kami ikut serta membuka peluang usaha bagi dropship, reseller, petani dan toko pertanian. Kami berpengalaman sebagai online shop toko pertanian dan didukung perusahaan pertanian terkemuka.

Online shop Toko pertanian LMGA Agro siap kirim produk ke seluruh wilayah Indonesia. Bekerja sama dengan jasa pengiriman barang JNE, POS PERTANIAN, KI8, TIKI dan lain- lain. Kami menjamin barang aman dan pasti datang.

Budidaya cabai Baja F1 saat ini jadi usaha yang menjanjikan bagi petani. Cabai Baja F1 produk benih cabai terbaru dari East West yang cocok untuk  usaha agribisnis dan berkebun.

Baru benih cabai Baja F1 hibrida produk cap Panah Merah. Cabai merupakan salah satu komoditas penting di Indonesia. Setiap hari cabai dicari oleh masyarakat dan selalu laris. Terutama cabai merah besar digunakan sebagai pewarna merah masakan Indonesia. Manfaat cabai merah sangat baik untuk kesehatan karena mengandung gizi yang tinggi.

Deskripsi Benih Baru Cabai Baja MC F1


Benih Baja MC adalah cabai besar. Direkomendasikan untuk ditanam di dataran rendah sampai menengah. Tanaman merupakan tipe pertumbuhan tegak dengan potensi hasil antara 1 - 1,5 kg/tanaman. 

Umur panen cabai Baja MC bervariasi tergantung dari dataran daerah tanamnya. Rata-rata cabai Baja MC mulai dipanen umur 80 HST sampai 82 HST. Jumlah buah per tanaman sebanyak 84 - 94 buah. Berat buah per tanaman 1,12 - 1,18 kg. Hasil panen cabai Baja MC per hektar adalah 20 - 21,63 ton. 

Cabai Baja MC merupakan benih cabai hibrida tahan dari berbagai penyakit utama cabai. Diantaranya layu bakteri ( Pseudomonas solanacearum ), Busuk batang ( Phytopthora capsici ). Benih cabai Baja MC cukup tahan terhadap Gemini Virus. 

Cabai Baja MC permukaan kulit buah merah cerah berbeda dibandingkan cabai benih Baja. Sehingga saat pemupukan unsur P dan K perlu diatur terutama saat fase generatif. Umur berbunga mulai umur 26 - 29 HST ( fase generatif ). 

Tinggi tanaman cabai Baja MC adalah 61,7 - 63,1 cm. Bentuk buah silindris, panjang 13,7 - 14,5 cm. Diameternya 1,21 - 1,25 cm. Warna buah saat muda hijau. Warna buah saat tua merah. Tebal kulit cabai Baja MC 0,32 - 0,45 cm. Rasa buah pedas. Berat per buah 16,4 - 17 gram/buah. 


Cara Menanam Cabai Baja MC


benih baja mc, benih cabai panah merah, toko pertanian, toko online, lmga agro
Mulsa Plastik Hitam Perak
Cabai atau cabe ( Capsicum annum L.). Secara umum cabai atau cabe dapat ditanam di dataran tinggi maupun dataran rendah. Ketinggian tempat antara 500 m dpl sampai 1200 m dpl. Budidaya cabai kebanyakan dilakukan di pulau Jawa. Meskipun sudah meluas ke seluruh wilayah Indonesia. 

Cabai merupakan tanaman yang memiliki daya adaptasi luas. Cocok ditanam hampir di semua jenis tanah dan tipe iklim yang berbeda. Pertumbuhan tanaman membutuhkan intensitas cahaya yang cukup. Membutuhkan sinar matahari sepanjang hari namun tidak terik. 

Untuk perkecambahan benihnya membutuhkan suhu ideal adalah 25 - 30 derajat Celcius. Untuk pertumbuhannya, cabai Baja MC menyukai suhu 24 - 28 derajat Celcius. Suhu terlalu rendah dapat menghambat pertumbuhan tanaman. Pertumbuhan dan perkembangan bunga dan buah juga menjadi kurang baik. 

Pada pertanaman cabai Baja MC, kelembaban lingkungan sangat penting. Karena berhubungan dengan perkembangan mikroorganisme pengganggu. Kelembaban relatif untuk budidaya cabai adalah 80%. Curah hujan tinggi menjadi penyebab meningkatnya kelembaban lingkungan. 

Curah hujan tinggi dan iklim basah seringkali menyebabkan tanaman mudah terserang penyakit. Namun bila cuaca sangat kering menyebabkan pertumbuhan tanaman terhambat. Selain itu juga dapat mempengaruhi pertumbuhan ukuran buah. 

Cabai Baja MC seperti juga jenis cabai lain sensitif terhadap sinar matahari. Namun juga menghendaki penyinaran penuh sepanjang hari. Cabe rentan terhadap hujan yang terlalu deras dan cuaca mendung. Namun justru toleran terhadap naungan hingga 45%. Cabe membutuhkan sinar minimal 8 jam sehari. 

Tanaman cabe harus mengandung cukup bahan organik, unsur hara dan air. Dapat tumbuh di berbagai jenis tanah asalkan terdapat aerasi dan drainasenya baik. Lahan penanaman harus bebas gulma, nematoda dan bakteri layu. Kisaran pH ideal antara 5,5 - 6,8. Kurang atau lebih dari angka tersebut akan menghasilkan sedikit hasil produksinya. 


Persiapan Lahan Menanam Cabai Baja MC F1


Kemudian bedengan bisa ditutup mulsa plastik hitam perak dan dibiarkan 1 minggu. Pada mulsa dibuat lubang tanam dengan jarak 50 x 40 cm ( single row ) atau 60 x 50 cm ( double row ). Lubang tanam dibuat zig zag tidak berjajar. 

Persiapan lahan dilakukan pertama kali sebelum budidaya cabe. Setelah persiapan lahan, tanah dibiarkan 3 - 4 minggu. Dan waktu tersebut dapat dimanfaatkan melakukan persemaian benih. 

Persiapan tanah dengan cara tanah dicangkul atau dibajak sampai kedalaman 40 cm. Kemudian tanah olahan tadi dibiarkan selama 1 minggu. Gunanya untuk memutus rantai hidup organisme pengganggu dalam tanah. 

Tanah dibalik menggunakan cangkul atau rotary. Kemudian campurkan pupuk kandang 30 - 40 ton/ha. Tambahkan juga kapur pertanian sesuai kebutuhan lalu tanah dibiarkan 1 minggu. Sambil dibiarkan, dapat dipersiapkan persemaian benih. 

Lahan penanaman dibersihkan dari sisa akar tanaman dan segala macam gulma yang tumbuh. Untuk lahan berukuran cukup luas dan ditumbuhi banyak gulma, dapat disemprotkan herbisida sistemik. Herbisida berbahan aktif Isopropil Amina Glifosat dengan dosis 2 - 4 liter per hektar. 

Tanah dibalik kembali dan selanjutnya dibuat bedengan. Berikan pupuk dasar lalu taburkan merata pada bedengan. Ukuran bedengan lebar 100 - 110 cm. Tinggi bedengan 40 - 60 cm dan jarak antar bedengan sebagai saluran air lebar 80 cm. Panjang bedengan 10 - 12 meter atau disesuaikan luas lahan.

Dari Kementan Indonesia menyebutkan jumlah per hektar Baja MC adalah 22.222 tanaman. Wilayah adaptasinya di dataran rendah pada musim kemarau. 


Cara Persemaian Benih Cabai Baja MC Hibrida Panah Merah


benih baja mc, benih cabai, panah merah, toko pertanian, toko online, lmga agro
Tali Salaran Untuk Mengikat
Tanaman ke Ajir
Tanaman cabe tidak tahan hujan terutama saat berbunga karena bunganya akan mudah gugur. Jika tanah becek atau kebanyakan air, tanaman akan mudah terserang penyakit layu. Oleh karena itu, waktu tanam cabe sebaiknya awal musim kemarau. 

Persemian benih cabe dilakukan dalam polybag selama 18 - 28 hari. Menggunakan media semai campuran tanah dan pupuk kandang/kompos perbandingan 1 : 1. Jangan lupa untuk membuat naungan di tempat persemaian benih. Fungsi naungan untuk menghindari terik matahari dan air hujan. 

Susun polybag berisis media semai dalam naungan tersebut. Rendam biji cabe dalam air hangat kurang lebih 3 jam. Pilih benih yang tenggelam untuk dijadikan bibit. Benamkan benih dalam media semai sedalam 0,5 cm. Tutup dengan kompos halus. Siram dengan air agar media semai terjaga kelembabannya. 

Penyiraman bibit setiap pagi dan sore tergantung kelembaban dan cuaca. Sebaiknya saat benih baru ditanam, tutup permukaan tanah dengan kertas koran. Kemudian siram hingga basah. Selang 3 hari, benih akan berkecambah dan kertas koran bisa disingkirkan. 

Bibit cabe siap dipindahkan bila sudah ada 3 - 4 helai daun sejati. Lebihkan sebanyak 10% dari kebutuhan bibit. Sebanyak 10% ini dapat digunakan untuk proses penyulaman tanaman. 


Penanaman Bibit Cabe Merah


Bibit cabe mulai dipindahkan ke lahan tetap setelah bibit umur sekitar 3 minggu. Atau sudah memiliki 3 - 4 helai daun permanen. Penanaman bibit sebaiknya dilakukan pagi dan sore hari dalam waktu satu hari selesai. Hal ini untuk mencegah tanaman menjadi stress karena kepanasan atau perubahan lingkungan. 

Cara memindahkan bibit dari polybag adalah sobeklah dulu plastik polybag. Sedangkan di bedengan telah siap lubang tanam menanam cabai Baja MC. Masukkan bibit langsung ke lubang tanamnya dan jangan sampai tanah perakarannya pecah. Beri tanah dan tekan secukupnya. Setelah penanaman semuanya selesai, lakukan penyiraman hingga basah. 

Kemudian setelah 1 bulan pemindahan bibit, lakukan pemupukan susulan. Pupuk merupakan campuran Urea, TSP dan KC dengan perbandingan 1 : 2 : 1 sebanyak 10 g/tanaman. Jadi seluruhnya diperlukan 150 kg Urea, 300 kg TSP dan 150 kg KCl. 
Untuk tanah tandus, pupuk Urea diberikan sampai 200 kg/ha. Pupuk diberikan di sekeliling tanaman dengan jarak 5 cm dari batang. Setelah tanaman berumur 2 bulan diberikan pupuk Urea susulan 150 kg/ha. 

Pemeliharaan dan Perawatan Tanaman Cabe

benih baja mc, benih cabai, panah merah, toko pertanian, toko online, lmga agro
Alat Kocor Siram
Pemeliharan dan perawatan tanaman selanjutnya berupa : 
Penyiraman. Sangat diperlukan saat cuaca kering. Menggunakan alat siram gembor atau penggenangan air di parit. Saat penyiraman menggunakan gembor, harus hati-hati karena tanaman masih muda. Penggenangan dilakukan 2 minggu sekali.

Periksa dan amati selama 1 - 2 minggu setelah penanaman. Bila ada bibit mati atau layu, segera lakukan penyulaman. Tanaman dicabut dan diganti bibit yang sehat dan segar.

Cara menanam cabe butuh sebuah ajir atau turus. Gunanya untuk menopang tanaman dapat berdiri tegak. Ajir ditancapkan dengan jarak minimal 4 cm dari pangkal batang. Pemasangan ajir sebaiknya paling lambat hari ke-7 setelah penanaman bibit. 

Pemasangan ajir saat tanaman besar dikhawatirkan melukai akar tanaman. Luka pada akar tanaman menyebabkan tanaman mudah terserang penyakit. Setelah tanaman cukup tinggi atau berumur diatas 1 bulan, tanaman diikatkan pada ajir. 

Pengikatan ke ajir menggunakan tali salaran. Tali salaran dapat dibeli di toko pertanian online LMGA Agro. Harga promo dan bersaing.

Perempelan atau pemangkasan. Pemangkasan terutama pada tunasnya. Dilakukan setelah 3 minggu penanaman ( dataran rendah ). Untuk umur 1 bulan penanaman di dataran tinggi. Caranya dengan memotong tunas yang tumbuh di ketiak daun. Tunas dipotong menggunakan tangan bersih. Perempelan sampai terbentuk cabang utama yaitu ditandai munculnya bunga pertama atau kedua.  

Pemupukan susulan dilakukan setiap 2 minggu sekali. Atau total minimal 8 kali sampai panen terakhir. Cara pemupukan cabai Baja MC F1 dengan menaburkan pupuk NPK. Penaburan di sekitar tanaman lalu tanaman disiram. 

Pemupukan NPK dilakukan pada umur : 
  • 14 HST menggunakan NPK ( 25-7-7 )
  • 28 HST menggunakan NPK ( 25-7-7 )
  • 42 HST menggunakan NPK ( 25-7-7 ), Pupuk Kalsium dan KCl.
  • 56 HST menggunakan NPK ( 16-16-16 ), pupuk Kalsium dan KCl.
  • 70 HST menggunakan pupuk Kalsium dan KP. 
  • 84 HST dan 100 HST menggunakan KP. 

Pengendalian Hama dan Penyakit


Pencegahan dan pengendalian hama dan penyakit merupakan upaya melindungi tanaman dari kematian. Kematian tanaman otomatis menurunkan produksi dan lebih berat lagi yaitu gagal panen. 

Upaya pencegahan antara lain membersihkan sekitar tanaman dari gulma. Gulma ini juga dapat berperan sebagai tanaman vektor bagi penyakit. Pencegahan lain yaitu membuat sistim irigasi dan drainase yang teratur.

Hama yang sering menyerang tanaman cabe adalah Lalat buah ( Cacus ferrugenius ). Ada juga kutu daun ( Myzus persicae ) dan tungau merah ( Tertranychus sp. ). Lalat buah merusak buah cabe hingga menyebabkan gugur. Pemberantasan dilakukan dengan menyemprotkan Kelthane 0,1 - 0,2.

Penyakit utama tanaman cabe adalah Busuk Buah. Penyakit ini disebabakan cendawan Colletotrichum nigrum. Penyakit gugur daun disebabakan Cendawan Oeidium sp. Penyakit busuk daun disebabkan cendawan Phytopthora capsici. Penyakit busuk daun dan buah dapat dicegah menggunakan Dithane M-45 atau Antracol 0,2.

Sedangkan penyakit utama sampai menyebabkan gagalnya panen pada cabai besar merah. Yaitu penyakit yang disebabakan virus daun keriting ( TMV ). Virus TMV ditularkan oleh kutu daun. Virus menyerang daun muda hingga daun mengeriting, menggulung sampai mengecil. 

Penyakit TMV ini sampai kini belum dapat diberantas. Upaya yang bisa dilakukan adalah mencabut tanaman yang terserang. Tanaman lalu dibakar jauh dari lahan.   


Pemanenan Cabe


Panen Cabai Baja MC F1 dilakukan setelah buah sudah masak dan berwarna merah. Pemetikan dilakukan secara langsung pada cabe. Pemanenan dilakukan 2 - 5 hari sekali. Pemanenan disesuaikan kondisi kematangan buah dan permintaan pasar. 

Pemetikan cabai dilakukan sekaligus tangkainya agar masa simpan bisa lebih lama. Sebaiknya pemetikan dilakukan pagi hari.

Kandungan Gizi dan Manfaat Cabe Baja MC Untuk Kesehatan


Cabe Baja MC kaya akan vitamin A, C dan K dan sangat baik untuk kesehatan. Selama buah cabai dikonsumsi dengan benar dan jumlah tepat. Cabai memang tidak boleh dikonsumsi berlebihan karena sifatnya yang panas. Rasa cabe pedas dan membuat mulut seperti kebakaran. 

Cabai dapat menurunkan tekanan darah tinggi. Bagi penderita tekanan darah tinggi dianjurkan untuk mengkonsumsi cabai namun jangan berlebhan. Capsaicin dalam cabai memiliki kemampuan untuk membantu menyembuhkan beberapa penyakit. Termasuk penyakit darah tinggi. 

Konsumsi cabai baik untuk jantung. Sangat penting bila kita punya kebiasaan makan dan gaya hidup sehat. Konsumsi cabe dapat menurunkan risiko kena serangan jantung. Juga mencegah terjadinya penyumbatan pembuluh darah. 

Cabai membantu menjaga bentuk tubuh. Hal ini diduga karena cabe mengandung vitamin C tinggi. Sehingga dapat membantu menjaga bentuk tubuh. Vitamin C dalam cabai merah berperan sebagai antioksidan. Sebagai pelindung tubuh dari penyakit juga dari stress. Efek vitamin C-nya konon lebih baik daripada buah jeruk. 

Cabe kaya vitamin B6 dan asam folat. Vitamin B6 membantu mengontrol tingkat gula darah dalam tubuh. Asam folat dalam cabai berfungsi sebagai nutrisi otak dan tubuh. 

Demikian artikel Kami tentang benih baru Cabai Baja MC F1 - Panah Merah. HP 082141747141( telepon ) 08125222117 ( SMS/WA ). Jual produk terbaru benih cabai Baja MC hibrida di Toko Pertanian Online LMGA Agro. Harga bersaing dan promo.

Toko pertanian online LMGA Agro menyediakan benih hibrida buah dan sayur. Pupuk, hormon, vitamin, pestisida, spare part dan alat pertanian. Kami menerima layanan konsultasi gratis menanam cabai Baja MC dan budidaya tanaman lainnya. 

Toko Pertanian LMGA Agro online shop membuka kerjasama. Bagi dropship, reseller, petani dan toko pertanian. Kami siap kirim produk ke seluruh wilayah Indonesia. Dijamin pesanan Anda sampai tujuan dan aman. Semoga artikel ini bisa bermanfaat. Selamat mencoba menanam cabai Baja MC dari Panah Merah. salam sukses...




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon untuk berkomentar secara bijak dan sesuai bahasan.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...