TOKO ONLINE PERTANIAN LMGA AGRO, TEMPAT BELANJA ONLINE PETANI MURAH, AMAN DAN PROMO. BELANJA SILAKAN HUBUNGI KAMI DI : SMS / WA : 081 252 22 117, LAYANAN KONSULTASI PERTANIAN GRATIS HP. 082 141 747 141.

KETIK JUDUL/LABEL ARTIKEL YANG DICARI PADA KOLOM DI BAWAH INI

11/10/20

Cara Menanam Cabe di Rumah, Lahan Sempit dan Panen Memuaskan

cara menanam cabe di rumah, manfaat cabai, cabe rawit, jual benih cabe hibrida, toko pertanian, toko online, lmga agro
Benih Brenggala

Cara Menanam Cabe di Rumah, Lahan Sempit dan Panen Memuaskan. HP 082141747141 ( khusus telepon ) dan 08125222117 ( khusus SMS/WA ). Toko pertanian online LMGA Agro jual kebutuhan cara menanam cabe di rumah. Produk pertanian lengkap dan berkualitas. 

Toko pertanian LMGA Agro menyediakan segala kebutuhan cara menanam cabe di rumah. Sedia benih hibrida dan unggul produk pabrik ternama BISI, East West Seed, Takii Seed, Known You Seed dll. Kami menerima layanan konsultasi gratis tentang cara menanam cabe di rumah juga permasalahan lain. 

Kami mengajak kerja sama sebagai dropship dan reseller pertanian LMGA Agro. Kami siap kirim pesanan Anda ke seluruh wilayah Indonesia. Bersama mitra jasa pengiriman barang JNE, KI8, Pos Indonesia dan lain-lain. 

Cara menanam cabe di rumah dilakukan untuk mensisati bila buah cabe langka di pasaran. Juga harga cabe yang tiba-tiba bisa sangat tinggi. Sehingga dengan cara menanam cabe di rumah, Anda dapat memenuhi kebutuhan sendiri.  

Cara menanam cabe di rumah menjadi hobi berkebun sayuran cocok sebagai usahan rumahan. Peluang usaha kecil ini prospek dengan hasil juga memuaskan. Budidaya cabe tidak rumit dan manfaat dari buah cabe juga banyak.

Cara menanam cabe di rumah dapat dilakukan di lahan sempit baik di tanah maupun di polybag. Kebutuhan cara menanam cabe di rumah tidak rumit. Karena tanaman cabe mudah tumbuh di segala jenis tanah dan kondisi. 


Cabe Rawit


Cabe rawit menjadi jenis cabe yang banyak dipilih ditanam di rumah. Cara menanam cabe rawit di rumah tidak begitu sulit diterapkan. Cabai rawit memang sangat cocok ditanam di daerah tropis Indonesia. 

Orang Indonesia banyak yang menyukai masakan pedas atau memakan cabe rawit secara langsung. Setiap masakan di Indonesia selalu ada cabe rawit sebagai bumbunya. Makan secara langsung, cabe rawit sebagai pendamping menikmati gorengan, yaitu jajanan favorit orang Indonesia. 

Cara menanam cabe rawit di rumah menjadi hobi menyenangkan. Bagi petani, budidaya cabe rawit relatif rendah resikonya dibandingkan menanam cabe merah. Tanaman cabe rawit cenderung tahan serangan hama. Namun hama yang menyerang cabe besar juga bisa menyerang cabe kecil. 

Cara menanam cabe rawit di rumah, pertama adalah persiapan lahan dan menyesuaikan suhu lingkungan. Tempat cara menanam cabe rawit di rumah harus terbuka, tidak ada naungan dan kering. Tanah harus subur, kandungan humus tinggi dan gembur. Cara menanam cabe di rumah menyukai suhu siang hari 25 derajat Celcius. 


Benih Cabe Rawit Untuk Cara Menanam Cabe di Rumah


cara menanam cabe di rumah, manfaat cabe, cabe rawit, jual benih cabe hibrida, toko pertanian, toko online, lmga agro
Benih Rawita F1

1. Benih Pusaka 18 produk Pusaka Agro Sejati dengan merk dagang Cap Tiga Bintang. Rekomendasi untuk dataran rendah sampai tinggi. Tahan di segala musim. Kualitas terbaik tahan penyakit layu. Tanaman kokoh, buah lebat, cabang terdiri 2 buah cabe dan posisi buah tegak menghadap ke atas. Umur panen 83 HST dan potensi hasil kurang lebih 0,7 kg/tanaman. 


2. Benih Sigantung dari Bintang Asia. Tipe buah menggantung, percabangan banyak dan aktif berbunga. Rekomendasi untuk dataran rendah hingga tinggi. Toleran terhadap layu, thrips, dan antraknosa. Buah sangat lebat, rasa sangat pedas dan panjang 4 - 5 cm. Potensi hasil 1,2 - 1,5 kg/tanaman. Umur panen 80 - 95 HST. 


3. Benih Super Sae unggul dari benih Cap Sebelas. Tipe buah tegak dan ramping, panjang 5 - 5,5 cm. Percabangan banyak, produktif berbunga dan per tangkai 2 - 3 cabe. Cocok di dataran rendah, potensi hasil tinggi 1 - 1,2 kg. Umur panen 98 - 135 hari. 


4. Benih Rawita F1 produk Panah Merah. Tanaman kuat dan adaptif di dataran tinggi. Tahan penyakit layu bakteri. Rasa sangat pedas dan bobot buah 3 - 4 gram/buah. Panen umur 109 - 113 dan potensi hasil 10 - 14 ton/ha. 


5. Benih Raga 2 F1 produk Cap Kapal Terbang. Cocok untuk dataran rendah hingga tinggi. Mudah perawatannya, tanaman tegak dengan ruas pendek. Buah lebat, menghadap ke bawah sehingga mudah dipetik. Panjang 6 cm dan panen umur 66 HST. Potensi panen 20 ton/ha. 


Baca Juga : Cabai Besar



Manfaat Cabe Bagi Kesehatan Tubuh


1. Meningkatkan Fungsi Penglihatan. Cabe rawit memiliki kandungan vitamin A tinggi, lebih dari cabe hijau dan cabai merah. Manfaat dan fungsi vitamin A sangat banyak dan penting bagi tubuh kita. Salah satunya menjaga dan meningkatkan ketajaman penglihatan. Selain itu dapat mencegah infeksi akibat virus. 

2. Mengatasi Sariawan dan Gusi Bengkak. Bahwa vitamin C dalam 1 ons cabe cukup untuk memenuhi kebutuhan harian kita. Namun tidak dianjurkan mengkonsumsi cabe terlalu banyak dalam satu hari. Cukup dengan porsi kecil, manfaat cabe dapat optimal untuk mengobati sariawan, dan gusi bengkak. 

3. Mengurangi Lemak Dalam Tubuh. Rajin mengkonsumsi cabe atau makanan pedas dapat mencegah penimbunan lemak. Vitamin C dalam cabai dapat mempercepat proses pencernaan. Cabai mampu meningkatkan energi termogenik dan mempercepat aktivitas metabolisme. Sehingga lemak tidak menumpuk dalam tubuh. 

4. Mencegah Gangguan Usus.Cabai merupakan stimulan paling murni dan khasiatnya terbaik diantara herbal dan makanan alami lain. Mengkonsumsi cabai memberikan rasa hangat. Akibatnya sirkulasi darah menjadi lancar, mengurangi lemah lambung dan mencegah gangguan usus. 

5. Memberikan Efek Mendinginkan dan Menghangatkan. Saat kondisi tubuh dingin, cabai mampu menghangatkan badan Anda. Dan saat tubuh panas, mampu mendinginkan badan. Hal tersebut telah lama dipercaya masyarakat. 

6. Cabe mengandung Capsaicin yang memiliki banyak manfaat. Semakin pedas cabe, kandungan capsaicin semakin tinggi. Manfaat lain adalah melancarkan peredaran darah. Yaitu dilihat dari menurunnya kadar kolesterol sehingga peredaran darah semakin lancar. 

7. Cabe Penurun Tekanan Darah Tinggi. Mengkonsumsi cabe menurunkan kadar kolesterol dan membersihkan pembuluh darah. Tekanan darah dapat menurun juga kadar kolesterol tubuh. Sekaligus dapat mencegah penyakit jantung koroner. 


Cabe Kaya Antioksidan 


Cabai terbukti kaya antioksidan, salah satunya adalah capsaicin. Cabe memiliki senyawa alami capsaicin yang berkhasiat menurunkan kadar gula darah. Capsaicin memiliki kemampuan cukup efektif dapat merangsang metabolisme karbohidrat. Sehingga tubuh menyerap jumlah gula tidak banyak. 

Cara menanam cabe di rumah efektif karena cabe mampu mencegah dan menyembuhkan kanker. Meski tidak secara langsung namun antioksidan dalam cabe paling tidak dapat memberikan efek demikian. Peran antioksidan juga diteliti ada pada keluarga terung-terungan yang memiliki antioksidan solanin

Peran solanin sebagai anti kanker telah terbukti nyata. Selain memiliki solanin, cabe juga mengandung antioksidan antosianin. Antosianin ampuh untuk melawan kanker. 

Cara menanam cabe dirumah berfungsi menjadikan cabe sebagai bumbu pemberi rasa pedas. Rasa pedas ini dapat menambah nafsu makan. Hal ini tak lepas dari peran Capsaicin pemberi rasa pedas buah cabe. 

Cara menanam cabe di rumah membiasakan Anda mengkonsumsi cabe dengan mudah. Tinggal petik dan dimakan langsung atau dibuat sambal. Mengkonsumsi cabe dapat meningkatkan nafsu makan. Rasa pedas cabe bersifat stomakik yaitu dapat meningkatkan nafsu makan. 

Cara menanam cabe di rumah membantu Anda mengurangi rasa sakit. Karena antioksidan capsaicin mampu merangsang produksi hormon endorfin. Khasiat hormon endorfin dalam cabe adalah mengurangi rasa sakit. Orang dengan keluhan sakit kepala dan nyeri haid akan berkurang bila mengkonsumsi makanan pedas. 

Rasa pedas yang dikeluarkan Capsaicin dapat menghalangi aktivitas otak ketika menerima sinyal rasa sakit dari pusat sitem saraf. Terhambatnya perjalanan sinyal tersebut dapat mengurangi rasa sakit yang dirasakan. 

Cara menanam cabe di rumah bermanfaat karena cabe dapat mengencerkan lendir saat Anda pilek. Selain itu dapat melonggarkan penyumbatan di tenggorokan dan hidung bagi hidung tersumbat. 


Baca Juga : Cabai Keriting



Cara Menanam Cabe di Atap Rumah 


cara menanam cabe di rumah, manfaat cabe, cabe rawit, jual benih cabe hibrida, toko pertanian, toko online, lmga agro
Benih Cabe Hibrida
dan Unggul

Cara menanam cabe di atap rumah
dapat mungkin dilakukan bagi Anda yang tinggal di pusat kota. Yaitu dengan memanfaatkan atap sebagai kebun cara menanam cabe di rumah dengan hasil melimpah. 

Bagi Anda yang menyukai berkebun sayuran dan hobi cara menanam cabe di rumah ini terbentur lahan yang tidak banyak tersedia di kota besar. Maka area atap rumah dapat dijadikan alternatif membuat kebun cara menanam cabe di rumah. 

Caranya yaitu dengan meletakkan plastik-plastik polybag cara menanam cabe di rumah dan mengelilingi area atap rumah. Selanjutnya cabe dapat ditanam dalam polybag-polybag tersebut. 

Pohon cabai dapat segar dan rimbun bila pupuk diberikan secara rutin. Tanaman juga dijaga agar tidak terkena air hujan terlalu banyak. Serangan hama harus diperhatikan pula. 

Sebaiknya untuk pupuk dan pestisida menggunakan sepenuhnya dari bahan alami. Sehingga cara menanam cabe di rumah ini bisa masuk kategori cabe organik. 

Hasil panen rata-rata diperoleh 2,5 kg cabe per tanaman dan terus menerus dapat panen selama 2 tahun. Selain dikonsumsi sendiri, hasil panen dapat dijual ke pedagang sayur di pasar. 



Lokasi Tanam Cara Menanam Cabe di Rumah


Kebutuhan hidup tanaman cabe tidak terlalu rumit. Cabe dapat ditanam di dataran rendah hingga dataran tinggi. Kebutuhan tanaman cabe hanya kondisi tanah harus subur, kaya unsur hara dan gembur.

Semua varietas benih cabe memiliki adaptasi luas dan dapat ditanam di segala musim. Demikian salah satu keistimewaan menggunakan bibit dari benih cabe hibrida dan unggul. 

Suhu ideal cara menanam cabe di rumah adalah 24 - 27 derajat Celcius. Tanaman cabe tidak menyukai kelembaban terlalu tinggi. Syarat tanah harus gembur, kaya unsur hara dan persediaan air cukup. 

Lokasi lahan cara menanam cabe di rumah harus terkena sinar matahari langsung selama 7 - 8 jam per hari.  Tanah memiliki pH antara 5 - 7. 


Persemaian Benih


Pertama, siapkan wadah plastik polybag cara menanam cabe di rumah untuk menyemai benih. Siapkan media tanam tanah : pupuk kandang = 3 : 1. Tanah dan pupuk kandang diayak hingga halus lalu campur sampai merata dan masukkan ke polybag hingga 2/3 dari tinggi polybag. 

Usahakan polybag wadah semai cara menanam cabe di rumah tidak terkena air hujan dan sinar matahari langsung selama sedikitnya 1 minggu. Hal ini karena bibit masih muda dan masih rentan gagal hidup. 

Sebelum benih ditanam, benih cara menanam cabe di rumah direndam selama 3 jam. Benih lalu ditanam dalam polybag dan tutup tanah di sekitarnya. 

Setelah benih berkecambah, mulai perlahan tanaman cara menanam cabe di rumah diperkenalkan dengan cahaya matahari langsung. Bibit dipelihara sampai berumur 4 minggu. Kemudian bibit dipindahkm ke wadah polybag lebih besar. 

Media tanam cara menanam cabe di rumah sama dengan saat persemaian. Satu yang perlu diperhatikan adalah saat melepaskan bibit dari polybag semai. Lakukan dengan hati-hati dan usahakan akar tidak rusak, media tanah tidak pecah. Media untuk penanaman cara menanam cabe di rumah juga bisa menggunakan tanah + pupuk + sekam mentah = 3 : 2 : 1. 


Media Tanam Cara Menanam Cabe di Rumah


cara menanam cabe di rumah, manfaat cabai, cabe rawit, jual benih cabe hibrida, toko pertanian, toko online, lmga agro
Tray Semai Bibit Cabe  
Media tanam cara menanam cabe di rumah adalah campuran tanah dan pupuk kandang atau kompos. Perbandingannya 1 : 1. Jika tanah cara menanam cabe di rumah masih padat, bisa ditambahkan sekam bakar atau sekam yang sudah lapuk. 

Perbandingan untuk cara menanam cabe di rumah tanah : pupuk kandang/kompos : sekam = 3 : 2 : 1.  Ukuran polybag dianjurkan adalah 40 x 50 cm. 

Penanaman atau pemindahan bibit dari polybag kecil ke polybag besar dianjurkan dilakukan sore hari. Karena bibit akan lebih mudah menyesuaikan diri bila di malam hari. 

Cara menanam cabe di rumah untuk pemindahkan bibit yaitu setelah berumur 20 - 30 HST atau memiliki daun 4 - 5 lembar. Sebelum dipindah, bibit harus disiram air hingga medianya lembab. 

Lalu bibit cara menanam cabe di rumah dikeluarkan dari wadah semai secara hati-hati. Tanam ke pot/ember bekas besar atau polybag ukuran besar. Jaga media jangan sampai pecah. 


Pemeliharaan Cara Menanam Cabe di Rumah


Pemeliharaan menjadi kunci keberhasilan cara menanam cabe di rumah. Meski diusahakan di rumah, pemeliharaan tetap dijalankan secara disiplin. Kegiatan meliputi penyiraman, penyiangan dan pemupukan. 

Penyiraman cara menanam cabe di rumah dilakukan setiap hari pada pagi dan sore bila tidak ada hujan. Penyiangan dilakukan 2 minggu sekali bila gulma cukup banyak. Buang rumput liar menjauh dari kebun dan bisa dibakar. 

Pemangkasan cara menanam cabe di rumah yaitu pada tunas samping. Juga untuk daun-daun tanaman sampai ketinggian 15 - 25 cm dari permukaan tanah. Pemangkasan cara menanam cabe di rumah bertujuan untuk menghindari percikan air saat penyiraman menempel pada daun. 

Pemangkasan juga bertujuan untuk membuat batang lebih kokoh dan kuat. Pertumbuhan bagian atas tanaman menjadi lebih sempurna dan melancarkan sikulasi udara. 

Pemasangan ajir/lanjaran cara menanam cabe di rumah dilakukan sedini mungkin yaitu saat tanaman masih muda dan belum tinggi. Ajir dibuat dari sebatang bilah bambu atau kayu asalkan bahan ajir cukup kuat. 

Pemberian pupuk cara menanam cabe di rumah setelah penanaman diberikan setelah umur 1 bulan. Pupuk cara menanam cabe di rumah menggunakan pupuk NPK dan dibuat larutan. 

Disiramkan ke tanaman sebanyak 200 ml per polybag atau per tanaman. Penyiraman pupuk setiap 10 hari sekali. Cara menanam cabe di rumah dianjurkan menggunakan pupuk organik. 




Pengendalian Hama dan Penyakit


Serangan hama dan penyakit menjadi tantangan cukup berat dalam menanam cabe baik di kebun dan di rumah atau lahan sempit. Langkah awal untuk mencegah dan meminimalisir serangan hama dan penyakit adalah benih hibrida bersertifikat. 

Benih hibrida dan unggul juga memiliki sifat toleran penyakit. Sehingga perawatan yang Anda lakukan bisa efektif. Beberapa penyakit akibat virus tidak bisa dikendalikan menggunakan pestisida. Sehingga Anda hanya bisa mencegahnya dengan benih berkualitas dan pengendalian teknis. 

Hama yang menyerang bisa Anda kendalikan secara alami. Yaitu mengambil langsung hama dan membuangnya atau dimatikan di tempat. Pengamatan dan kontrol cara menanam cabe di rumah dilakukan terus untuk mengetahui adanya hama. 

Pengendalian hama terpadu cara menanam cabe di rumah yaitu melakukan budidaya secara sehat. Pemilihan varietas tahan penyakit, benih bebas penyakit, penyiraman secara rutin, pemangkasan, sanitasi lahan dan lain-lain. Lakukan pengamatan rutin setiap pagi dan sore hari. 

Bila Anda merasa perlu melakukan penyemprotan pestisida, dapat berkonsultasi bersama Kami Toko Pertanian LMGA Agro. 


Panen dan Pasca Panen Cara Menanam Cabe di Rumah

cara menanam cabe di rumah, manfaat cabe, cabe rawit, jual benih cabe hibrida, toko pertanian, toko online, lmga agro
Tanaman Cabe Mendekati Panen

Panen cabe rata-rata cara menanam cabe di rumah mulai umur 80 - 90 HST. Tergantung dari varietas cabai dan ketinggian tempat tumbuh cara menanam cabe di rumah. Saat panen memetik cabe lebih baik cuaca sedang cerah. Tidak dianjurkan saat mendung atau hujan. 

Pemetikan panen cabe ditanam di rumah bisa dilakukan seminggu sekali atau sesuai kebutuhan Anda. Jika budidaya sudah tepat selama ini maka tanaman mampu berproduksi hingga 2 - 3 tahun. 

Potensi hasil cara menanam cabe di rumah memuaskan karena tanaman berbuah lebat. Rata-rata percabangan tanaman cabe banyak. Semua jenis cabe dapat tumbuh rimbun dan vigor tanaman kokoh. 

Bila cara menanam cabe rawit di rumah maka panen bisa dimulai umur 60 HST tergantung kebutuhan. Pemetikan menggunakan tangan atau bisa Anda lakukan menggunakan gunting tajam dan bersih. Bila untuk dijual, pilih cabe matang namun tidak terlalu tua. 





Peluang Usaha di Desa Budidaya Cabe


Salah satu permasalahan di kota besar adalah jumlah penduduk yang padat. Ditambah dengan terbatasnya lapangan pekerjaan di kota. Hal ini membuat sebagian masyarakat yang tinggal di desa mencoba peluang usaha di desa.  

Peluang usaha di desa sebenarnya juga cukup banyak dan dapat diandalkan bagi kehidupan di masa depan. Keuntungan yang diperoleh juga dapat menopang hidup di desa bahkan lebih baik dari hidup di kota. 

Banyak peluang usaha di desa cukup menantang, menarik dan prospek menguntungkan dan menjanjikan di masa depan. Peluang usaha di desa pastinya juga tidak jauh dari pertanian. Karena pada dasarnya pertanian identik dengan suasana desa. 

Salah satunya dengan budidaya sayuran di rumah yaitu menanam cabe. Karena tanaman cabe setiap hari dibutuhkan orang banyak dan pemasarannya mudah. Usaha menjanjikan tidak hanya yang dapat dilakukan di kota. 

Usaha menjanjikan tidak hanya bagi orang yang tinggal di perkotaan. Namun peluang usaha menjanjikan juga bisa kita jalankan di desa. Banyak kita dengar dan baca kisah sukses pengusaha dari desa. Baik sebagai petani, peternak, pengrajin dan lain-lain. 

Cara  menanam cabe di rumah dapat dijadikan awal usaha rumahan yang kita buka sendiri dan pastinya memiliki kesempatan untuk sukses. Asalkan kita mau berusaha, belajar dan bekerja pantang menyerah untuk terus maju. 


Tips Mencari Ide Usaha Rumahan di Desa


1. Survey

Survey dapat kita lakukan untuk mencari ide peluang usaha di desa. Perhatikan dan cermati apa yang menjadi kebutuhan masyarakat di desa tempat Anda tinggal dan sekitarnya. Amati juga peluang usaha apa yang memiliki prospek tinggi. Survey selain dengan cara pengamatan juga menggunakan cara wawancara dan bertanya kepada teman, saudara dan lain-lain. 


2. Usaha Sesuai Minat

Usaha dipilih karena memang minat kita maka dipastikan akan berdampak positif ke depannya. Karena sudah minta kita maka biasanya akan serius dakam menjalankan bisnis tersebut. Karenanya kita harus memahami minat kita sendiri itu apa. 


3. Amati, Tiru dan Modifikasi ( ATM )

Istilah ATM ini akrab diantara pejuang peluang usaha kini. Bila menginginkan sukses maka harus belajar pada orang tepat. Belajar pada orang yang sudah ahli dan telah lama berkecimpung di bidang tersebut. Tidak belajar pada orang yang bicara teori saja. Setelah mengamati lalu meniru, Anda bisa memodifikasi agar usaha bisa lebih besar. 


Usaha Bibit Dari Cara Menanam Cabe di Rumah


Cara menanam cabe di rumah awalnya merupakan sebuah hobi berkebun bagi Anda. Siapa sangka bila menjadi berkembang menyediakan aneka bibit bagi masyarakat di sekitar tempat tinggal Anda. Kita pun dapat mengusahakan bibit tanaman yang sedang trend di daerah kita. 

Beragam varietas benih berkualitas cara menanam cabe di rumah dapat kita buat menjadi bibit terbaik. Toko pertanian online LMGA Agro menyediakan beragam benih hibrida dan unggul berkualitas buah dan sayur. Benih adalah produk terbaik pabrik benih terkemuka dan terpercaya. 

Seperti benih Bisi Indonesia, East West Seed, Takii Seed, Benih Pertiwi, Known You Seed dan masih banyak lagi. Kami juga menyediakan pupuk, ZPT, pestisida dan alat-alat pertanian untuk menunjang Anda dalam berkebun. Kami menerima layanan konsultasi gratis pertanian. 

Demikian artikel Kami dengan judul : Cara Menanam Cabe di Rumah, Lahan Sempit dan Panen Memuaskan. Hubungi nomer kontak Kami di 082141747141 ( telepon ) dan 08125222117 ( SMS/WA ). Toko pertanian online LMGA Agro jual benih buah dan sayur, pupuk, pestisida, ZPT dan alat pertanian. 

Kami siap kirim pesanan Anda ke seluruh wilayah Indonesia. Kami juga mengajak kerjasama sebagai dropship dan reseller pertanian. Kami menerima layanan konsultasi gratis pertanian. 

Semoga artikel Kami bermanfaat dan dapat menginspirasi dalam cara menanam cabe di rumah. Juga menambah wawasan tentang peluang usaha rumahan cara menanam cabe di rumah. Usaha sampingan dari sekedar hobi berkebun menjadi usaha menghasilkan dan menguntungkan. Salam sukses...



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon untuk berkomentar secara bijak dan sesuai bahasan.