TOKO ONLINE PERTANIAN LMGA AGRO, TEMPAT BELANJA ONLINE PETANI MURAH, AMAN DAN PROMO. BELANJA SILAKAN HUBUNGI KAMI DI : SMS / WA : 081 252 22 117, LAYANAN KONSULTASI PERTANIAN GRATIS HP. 082 141 747 141.

KETIK JUDUL/LABEL ARTIKEL YANG DICARI PADA KOLOM DI BAWAH INI

14/10/20

Khasiat Terong Bagi Kesehatan, Sederhana Cara Budidayanya

khasiat terong, manfaat terong, terung, jual benih terong, toko pertanian, toko online, lmga agro
Benih Terong Berkualitas

Khasiat Terong Bagi Kesehatan, Sederhana Cara Budidayanya. HP 082141747141 ( khusus telepon ) dan 08125222117 ( khusus SMS/WA ). Toko pertanian online LMGA Agro menyediakan segala kebutuhan bercocok tanam petani lengkap dan berkualitas. 

Toko pertanian LMGA Agro jual benih beragam varietas buah dan sayur hibrida serta unggul. Tersedia pula pupuk, pestisida, ZPT dan alat pertanian. Kami mengajak kerjasama online shop sebagai dropship dan reseller pertanian. Kami menerima layanan konsultasi gratis pertanian. 

Toko pertanian LMGA Agro siap kirim pesanan Anda ke seluruh wilayah Indonesia. Bersama mitra Kami jasa ekspedisi JNE, KI8, Pos Indonesia dan lain-lain. 

Cara budidaya terong mudah dan sederhana. Namun khasiat terong didalamnya tidak sederhana. Kandungan gizi khasiat terong lengkap dan bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Banyak masakan menggunakan sayuran terong sebagai bahan utamanya. Salah satu yang terkenal adalah terong balado. 

Khasiat terong bermanfaat tinggi bagi kesehatan. Khasiat terong mengandung gizi tinggi dan antioksidan untuk menangkal radikal bebas penyebab kanker. Cara budidaya mudah dan dapat ditanam baik di kebun maupun di rumah.   

Khasiat terong juga terdapat pada terong ungu. Terong ungu diolah sebagai menu masakan sehari-hari. Rasanya unik namun khasiat terong beragam bagi kesehatan. Yaitu salah satu khasiat terong untuk mengurangi risiko penyakit jantung. 

Khasiat terong ditunjang oleh nutrisi didalamnya yang kompleks. Tidak hanya mengandung vitamin namun juga ada mineral dan serat menjadi sumber khasiat terong. 


Khasiat Terong Kaya Nutrisi


Khasiat terong padat nutrisi menjadi salah satu sayuran paling diinginkan untuk diambil manfaatnya bagi kesehatan.  Khasiat terong dengan berat sekitar 80 gram mengandung 20 kalori, 3 gram serat, 1 gram protein, 5 gram karbohidrat. Juga ada 5% Folat dari rekomendasi harian, 5% Kalium dari rekomendasi harian, 10% Mangan, 4% vitamin K dan 3% vitamin C. 

Khasiat terong mengandung serat, Kalium, vitamin C. B6 dan fitonutrien dapat menjaga kesehatan jantung. Khasiat terong mengandung antosianin yaitu mampu menurunkan risiko penyakit jantung. 

Khasiat terong tinggi sekali dan baik bila selalu ada dimenu makan harian Kita. Khasiat terong juga dapat membantu mengontrol gula darah dalam tubuh. Kandungan serat khasiat terong mampu menghambat penyerapan gula di tubuh. Penyerapan gula lambat, akibatnya gula darah menjadi stabil. 

Khasiat terong memiliki kalori rendah dan serat tinggi. Hal ini membuat khasiat terong baik untuk menurunkan berat badan. Khasiat terong ini dapat pula digunakan untuk mengganti bahan makanan lain yang tinggi kalori. 

Khasiat terong mengandung polifenol dan kandungan ini dipercaya dapat mencegah kanker. Khasiat terong dapat melindungi sel dari kerusakan akibat radikal bebas. Khasiat terong mampu mencegah pertumbuhan sel tumor dan penyebaran sel kanker.

Khasiat terong memiliki kandungan asam klorogenik yang mampu menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Antosianin merupakan salah satu jenis antioksidan dalam khasiat terong. Antosianin dipercaya mampu melindungi organ hati dari racun penyebab penyakit. 

Khasiat terong mengandung antioksida berpotensi melindungi sel-sel otak dari kerusakan akibat radikal bebas. Khasiat terong antioksidannya mencegah terjadinya peradangan pada sel saraf dan membantu melnacarkan aliran darah ke otak. 





Khasiat Terong Berisiko Bila Berlebihan


khasiat terong, manfaat terong, terong ungu, jual benih terong, toko pertanian, toko online, lmga agro
Benih Terong Ungu Terbaik

Mengkonsumsi terong berlebihan dapat menimbulkan khasiat terong yang berdampak negatif bagi tubuh kita. Khasiat terong bila dikonsumsi berlebihan dapat mengganggu penyerapan zat besi. Khasiat terong terdapat komponen bernama nasunin. Nasunin dapat mengikat zat besi dan mengeluarkannya dari sel tubuh. 

Nasunin tidak berdampak khasiat terong yang negatif bila dikonsumsi oleh orang tidak berlebihan zat besi. Ada juga komponen lain dalam khasiat terong yaitu solanin. Berlebihan solanin berakibat memicu terjadinya inflamasi atau peradangan jaringan. Meski masih diteliti, namun ada baiknya tidak makan terong berlebihan. 

Komponen oxalate dalam khasiat terong dapat memicu terbentuknya batu ginjal. Sebaiknya, orang-orang berisiko mengalami bantu ginjal, mengkonsumsi terong sewajarnya saja. 

Khasiat terong semakin sempurna bila diolah dengan benar. Sebelum dimasak, terong dicuci bersih lalu potong kedua ujungnya. Untuk menghilangkan rasa pahit pada khasiat terong, taburkan garam lalu biarkan kurang lebih 30 menit. 



Terong Ungu dan Terong Hijau


Terong merupakan sayuran paling mudah ditemui di pasar. Selain mudah diolah, harga terong juga murah. Di Indonesia paling populer adalah terong berukuran panjang dan terdapat 2 warna. Yaitu hijau dan ungu. Keduanya memiliki khasiat terong yang tinggi bagi kesehatan. 

Menurut penelitian dalam 80 gram terong ungu maupun terong hijau memiliki kandungan gizi khasiat terong yang sama. Antara lain mengandung khasiat terong 1 gram Protein, 5 gram Karbohidrat dan 3 gram serat. Selain itu khasiat terongnya mengandung asam folat, zat besi, magnesium dan vitamin C dan K. 

Terong ungu memiliki keunggulan khasiat terong dalam hal kandungan antosianin. Antosianin memberikan warna ungu pada buah terong. Antosianin adalah antioksidan dan berkhasiat melawan dan mencegah radikal bebas. Khasiat terong antosianin mencegah penyakit kanker. 

Terong ungu memiliki alkaloid, flavonoid, tanin, saponin dan glikosida. Khasiat terong pada semua kandungan tersebut mampu mencegah kanker, tekanan darah tinggi, hepatitis dan gangguan pernapasan. Disarankan tidak mengupas kulit terong saat mengolahnya. Mengingat kandungan khasiat terongnya tinggi. 

Khasiat dalam terong hijau sebenarnya tidak kalah dengan khasiat terong ungu. Namun bila ada terong ungu, disarankan untuk memilih terong unggu. Dikarenakan manfaat terong ungu lebih besar. 




Tanaman Terong ( Solanum melongena


khasiat terong, manfaat terong, terong hijau, terong ungu, jual benih terong, toko pertanian, toko online, lmga agro
Benih Sri Long 

Tanaman terong
merupakan jenis sayuran tahunan semusim. India diketahui merupakan asal tanaman terong. Namun Indonesia juga disebut negara asal tanaman terong. 

Tanaman terong banyak dijumpai tumbuh liar di hutan-hutan Indonesia. Kini tanaman terong sudah dibudidayakan secara luas di seluruh negara di dunia. 

Di Indonesia, diketahui banyak ragam terong telah dibudidayakan petani. Ada jenis terong lokal seperti terong gelatik, terong kopek, terong bogor, terong medanhingga jenis terong impor. Seperti terong Jepang. 

Di Indonesia bentuk dan warna terong cukup beragam yaitu mulai warna putih, hijau dan ungu. Bentuk ukuran terong ada bulat, lonjong besar sampai lonjong ujung lancip. 

Khasiat terong menyukai kondisi tanah bersifat lempung berpasir. Kisaran pH 6,5 - 7. Khasiat terong dapat berproduksi maksimal di kisaran suhu 22 - 30 derajat Celcius. Khasiat terong terpenuhi bila sinar matahari diterima dalam jumlah cukup. Sebaiknya penanaman di musim kemarau. 

Tanaman terong masih satu famili dengan tanaman cabai, tomat dan kentang. Karena satu famili maka hama dan penyakit cenderung sama. Salah satu mencegahnya adalah tidak melakukan pergiliran ( rotasi ) tanaman dengan tanaman famili sama. 

Benih berkualitas baik untuk penyemaian akan memiliki daya tumbuh lebih dari 75%. Dan perhitungan kebutuhan benih menanam terong luas 1 hektar adalah sebanyak 300 - 500 gram. 



Khasiat Terong Tanaman Jenis Perdu


Khasiat terong berasal dari tanaman jenis perdu setahun  ( annual ). Masuk kategori famili Solanaceae dan tumbuh baik pada ketinggian hingga 1200 meter di atas permukaan laut. 

Khasiat terong terdapat pada tanaman dengan tinggi hingga 40 - 150 cm, daun berukuran panjang 10 - 20 cm dan lebar 5 - 10 cm. Bunga terong putih hingga ungu dan memiliki 5 mahkota bunga. Varietas terong bermacam-macam. Perbedaan terletak pada bentuk, ukuran dan warna kulitnya. 

Terong memiliki kedekatan keluarga dengan tanaman kentang, tomat dan paprika. Selama ini khasiat terong banyak dijadikan sebagai sayur lodeh, tumisan dan lalapan bernilai gizi tinggi. 

Penyebaran tanaman terong mulanya terkonsentrasi dibeberapa wilayah seperti Karibia, Malaysia, Afrika Barat, Afrika Tengah, Afrika Timur dan Amerika Selatan. Selanjutnya diketahui terong sudah menyebar ke seluruh dunia. Yaitu negara dengan iklim panas ( tropis ) dan iklim sedang ( sub-tropis ). 

Paling pesat khasiat terong ini berkembang di Asia Tenggara yaitu termasuk Indonesia. Periode tahun 60-an sampai 70-an, luas areal tanaman terong nasional sekitar 19200 hektar. Tahun 1991 meningkat sebanyak 46791 hektar. 

Budidaya terong menjadi salah satu andalan sayuran dataran rendah. Hampir seluruh propinsi di Indonesia tahun 1991 terdapat pertanaman terong. Sentra kebun terong terpusat di Pulau Jawa dan Sumatra. 


Khasiat Terong Dari Benih Berkualitas


Terong Hijau

1. Terong hijau Tavi F1 produk Benih Inti. Adaptasi luas, tahan layu bakteri dan Gemini Virus. Pertumbuhan sangat kuat, warna hijau mengkilat, bentuk silindris, buah keras. Panjang 25 - 30 cm dan berat 250 - 300 gram/buah. Umur panen 50 - 60 HST dan potensi hasil 3 - 5 kg/tanaman atau sekitar 50 ton/ha. 


2. Terong hijau Hitavi F1 produk Cap Panah Merah. Cocok untuk dataran rendah, tahan layu bakteri dan Gemini Virus. Warna kulit hijau cerah, bentuk silindris dan buah mudah jadi. Panjang 26 - 30 cm dan berat 230 - 250 gram per buah. Umur panen 52 - 53 HST dan potensi hasil 65 - 70 ton/ha. 


khasiat terong, terong hijau, terong ungu, manfaat terong, jual benih terong, toko pertanian, online, lmga agro
Terong Raja Ijo
3. Terong Raja Ijo F1 produk PT Namdhari Seeds Indonesia. Tanaman kokoh, kuat, percabangan banyak dan produktif. Potensi hasil 4 - 5 kg/batang. Warna kulit hijau terang dan panjang 26 - 28 cm. Berat sekitar 180 - 220 gram. Umur panen 60 - 66 HST. 

4. Terong Ratih Hijau 1 produk cap Kapal Terbang telah banyak ditanam petani dan diakui hasilnya oleh pedagang. Percabangan banyak, produktif berbuah dan potensi hasil 4 kg/batang. Panjang 28 cm, tanaman tahan serangan bakteri, daging buah keras dan buah mudah jadi. Umur panen 60 HST. 


5. Terong F1 Hijau Kuat produk Known You seed Taiwan. Percabangan banyak, produktif berbuah dan hasil tinggi untuk jenis terong hijau. Potensi hasil 5,5 kg/batang, panjang 28 cm dan umur panen 60 HST. 


Benih Terbaik Terong Ungu


1. Terong Yuvita F1 produk Cap panah Merah dan cocok untuk dataran rendah, tanaman tahan layu bakteri dan serangan Gemini Virus. Warna kulit ungu gelap, buah besar, panjang dan daging keras. Panjang 28 - 32 cm dengan berat 255 - 310 gram per buah. Umur panen 50 - 51 HST potensi hasil 51 - 56 ton/ha. 

2. Terong F1 Lezata produk Cap Panah Merah. Potensi hasil 4 - 5 kg/batang. Disukai petani dan diakui pedagang sebagai hasil terbaik. Toleran serangan bakteri dan panen umur 55 HST. 

3. Terong Yumi F1 produk Cap Panah Merah banyak ditanam petani dan hasil pemasaran diakui pedagang. Tanaman produktif berbuah dan potensi hasil 4 kg/batang. Panjang 27 cm, tahan serangan bakteri dan umur panen 60 HST. 

4. Terong Antaboga produk Cap Kapal Terbang memiliki potensi hasil 5,5 kg/batang. Panjang buah 27 cm, bentuk silindris dan buah mudah jadi. Umur panen 60 HST. 

5. Terong F1 Mustang produk Cap Panah Merah banyak ditanam petani dan pemasaran hasil diakui pedagang. Banyak percabangan dan produktif berbuah. Potensi hasil 4,5 kg/batang, panjang 27 cm. Tahan serangan bakteri, daging keras dan mudah jadi. Umur panen 60 HST.  





Tahapan Budidaya Terong


Cara Persemaian Benih

Benih terong sebaiknya melalui proses pembibitan dulu agar diperoleh bibit yang sehat dan kuat sampai panen nanti. Persemaian benih terong dimulai dengan menyiapkan tempat untuk menyemai benih.  

Menyemai benih pada bedengan semai lebar 1 meter dan tinggi 20 cm. Bedengan dibuat dari campuran tanah, arang sekam dan kompos ( perbandingan 1 : 1 : 1 ). Buat naungan untuk melindungi tempat persemaian dari air hujan dan terik matahari. 

Sebelum benih khasiat terong ditanam, rendam dalam air hangat selama 10 - 15 menit. Kemudian bungkus benih dalam kain basah dan biarkan selama 24 jam.

Buat alur dengan jarak 5 - 10 cm diatas bedengan tempat benih nanti ditanam. Benih diletakkan teratur dan jangan saling berhimpitan. Tutup dengan tanah secukupnya dan tutupi bedengan dengan daun pisang sampai benih berkecambah. 

Pemberian air dilakukan diatas daun pisang agar tidak kena benih langsung. Setelah benih berkecambah, daun pisang lebih baik dilepas. Sekitar 2 - 3 hari benih berkecambah. Selanjutnya, benih bisa disiram setiap hari dengan hati-hati. 

Setelah hari ke-10 hingga ke-15, bibit dipindahkan ke dalam bumbunan daun pisang atau polybag kecil ( ukuran 9 x 10 cm ). Satu wadah berisi satu bibit. Isi wadah semai tadi dengan tanah dicampur kompos ( 1 : 1 ). 

Perawatan bibit adalah penyiraman setiap hari sampai bibit umur 1 - 1,5 bulan atau minimal sudah ada 4 helai daun. Saat tersebut bibit dapat dipindah ke lahan terbuka yang sebelumnya sudah diolah tanahnya. 


Pengolahan Tanah dan Penanaman Terong


Pengolahan tanah dikerjakan disela-sela membuat bibit terong. Lahan untuk budidaya terong dicangkul atau dibajak sampai kedalaman 30 cm. Tanah dibersihkan dari gulma dan kerikil-kerikil. 

Selanjutnya dibuat bedengan dengan lebar 1 meter dan tinggi bedengan 30 cm. Panjang disesuaikan bentuk lahan. Jarak antar bedengan dibuat 40 cm. 

Pemupukan dasar sebelum tanam yaitu menggunakan pupuk kandang/kompos sebanyak 15 ton/hektar. Pupuk ditaburkan di atas bedengan lalu aduk sampai merata. Untuk nilai pH tanah sekitar 5 -6. Jika pH kurang dari 5, berikan kapur pertanian Dolomit sebanyak 1 - 2 ton/hektar. Lalu biarkan lahan selama 1 minggu. 

Lubang tanam menanam terong dibuat secara berbaris sebanyak 2 baris. Jarak tanam antar lubang adalah 60 cm dan jarak antar baris adalah 70 cm. Diameter lubang tanam disesuaikan dengan diameter polybag. 

Persiapan bibit dipindahkan, siram polybag dan bedengan hingga basah. Karena agar tanaman tidak stress dan tanaman terong cenderung tidak tahan kekeringan. Pindahkan satu per satu bibit ke lubang tanam yang sudah dibuat. 

Satu lubang untuk satu tanaman. Hati-hati dalam memindahkan bibit, jaga agar tanah jangan pecah karena akar bisa rusak.  


Langkah Pemeliharaan Budidaya Terong

khasiat terong, alat pertanian, tanki air, jual alat pertanian, toko pertanian, online, lmga agro
Tanki Penyiraman 
- Penyulaman bibit mati atau sakit dilakukan sampai tanaman berumur 1 minggu setelah pindah. Cabut tanaman yang mati atau tampak sakit atau abnormal. Cabut tanaman beserta tanahnya. Lalu ganti dengan bibit baru yang sehat dan kuat. 

- Pemupukan susulan dimulai setelah 2 minggu pindah tanam. Bila budidaya terong organik, berikan pupuk orgnik seperti pupuk kandang/kompos. Pupuk kandang yang matang bisa Anda gunakan. Berikan sebanyak satu genggam tangan untuk tiap tanaman. 

- Bila menggunakan pupuk kimia, gunakan pupuk Urea 80 kg/ha dan KCl sebanyak 45 kg/ha. Ulangi pemupukan susulan pada minggu ke-5 dan ke-7 setelah penanaman bibit.  

- Anda bisa melakukan penyiangan gulma sambil melakukan pemupukan. Juga melakukan pendangiran/pembumbunan. Bersihkan rumput-rumput disekitar tanaman dan buang sampah atau batu bila ada. 

- Pasanglah ajir atau lanjaran dari nilah bambu untuk menopang tanaman setelah tanaman berumur 3 minggu. Ajir ditancapkan sedalam 20 cm dengan jarak 5 - 7 cm dari pangkal batang. Penancapan dilakukan hati-hati agar jangan sampai melukai akar tanaman. Luka menyebabkan masukkan jamur dan bakteri penyebab penyakit. 

- Ikat batang tanaman pada ajir menggunakan tali. Bila tidak turun hujan, penyiraman dilakukan 3 hari sekali atau tergantung kondisi sampai tanaman berbunga. Bila sudah berbunga, waktu penyiraman menjadi 2 hari sekali atau tergantung kondisi tanaman. 




Penyakit Penyebab Berkurangnya Khasiat Terong


1. Antraknosa

Penyebab : Jamur Gloesporium melongena . Gejala : terdapat bercak-bercak melekuk, bentuk bulat lalu berkembang menjadi bercak besar dan tak beraturan. Bercak berwarna coklat dengan titik hitam terdiri dari aservulus jamur.


2. Bercak Daun

Penyebab : Jamur Cercospora sp., Alternaria solani dan Botrytis cinerea. Gejalanya adalah adanya bercak-bercak warna kelabu-kecoklatan atau hitam pada daun.


3. Busuk Buah

Penyebab : Jamur Phytophthora sp., Phomopsis vexans, Phytium sp. Gejala : bercak coklat kebasahan pada buah hingga buah menjadi busuk. Awalnya bercak basah dengan diameter sekitar 0,5 cm. Lalu bercak meluas hingga bercak memanjang. 

Pada terong bulat berwarna ungu, bercak tetap berbentuk bulat dan berwarna gelap. Bagian dalam buah berubah warna, menjadi kebasah-basahan dan berbatas coklat tak teratur. Akhirnya buah rontok dari kelopaknya dan menjadi busuk. 


4. Busuk Leher Akar

Penyebab : Sclerotium folfsii. Gejalanya pangkal batang membusuk dan berwarna coklat. 


5. Layu Bakteri

Penyebab : Bakteri Pseudomonas solanacearum. Bakteri Pseudomonas  dapat hidup lama dalam tanah. Serangan semakin hebat bila suhu udara tinggi atau di musim kemarau. 

Gejala yaitu terjadi kelayuan seluruh tanaman secara mendadak. Serangan layu bakteri ini bersifat lokal, yaitu terdapat di pembuluh xylem/pembuluh angkut.  Namun dikarenakan bakteri menyerang akar maka distribusi air dan unsur hara terganggu. Air dan unsur hara bergerak dari tanah ke daun terhambat sehingga muncul gejala kelayuan bersifat sistemik. 


6. Rebah Semai

Penyebab : Jamur Rhizoctonia solani dan Phytium spp. Gejala yaitu batang bibit agak kebasahan lalu bibit akan roboh dan mati. 


Metode Pengendalian Hama dan Penyakit 


1. Pengendalian Secara Fisik adalah usaha untuk mengubah atau menggunakan faktor lingkungan fisik sedemikian rupa hingga terjadi penurunan serangan hama dan penyakit. Contohnya adalah : 

- Pemangkasan batang terkena penyakit.

- Tanaman terserang penyakit dicabut lalu dimusnahkan. 

- Larva dan pupa diambil lalu dikumpulkan dan dimusnahkan. 

- Memperbaiki drainase pada tanah basah. 

- Pengaturan jarak tanam jangan terlalu rapat.  

- Penggenangan lubang-lubang tikus saat menjelang membuat persemaian. 

- Merendam benih dalam air suhu tertentu agar larva/telur dan patogen terbawa benih mati. 

- Penggenangan lahan untuk mengendalikan nematoda dalam tanah.    


2. Pengendalian Secara Kimia. Adalah mengendalikan hama dan penyakit menggunakan zat-zat kimia hingga populasi menurun. Petani menggunakan pestisida sesuai organisme yang menyerang dan menggunakan dosis sesuai anjuran pada kemasan. 

3. Pengendalian Secara Biologi. Pengendalian menggunakan organisme selain tanaman inang dan patogen dimanfaatkan untuk menekan serangan hama dan penyakit. Seperti : 

- Mewujudkan iklim mikro lebih mendukung pertumbuhan dan perkembangan musuh alami dari hama dan penyakit tanaman. 

- Memanfaatkan musuh alami hama yang menyerang. 

- Menanam varietas tahan hama dan penyakit. 

- Menerapkan pola tanam yang menguntungkan bagi musuh alami hama misalnya menanam secara tumpang sari. 

- Mengatur jarak tanam jangan terlalu rapat dan melakukan pergiliran tanaman atau rotasi dengan tanaman bukan satu famili. 



Waktu Pemanenan Terong


Khasiat terong saat panen dinikmati begitu buah terong mulai dipanen. Panen terong pertama dilakukan setelah berumur 70 - 80 HST. Pemanenan selanjutnya dilakukan 3 - 7 hari sekali. Dalam satu kali musim tanam, Pemanenan terong terjadi 10 - 13 kali panen. Atau lebih. 

Waktu pemanenan khasiat terong sebaiknya pada pagi dan sore hari. Bila pagi hari, buah terong yang telah dipetik bisa diangkut ke pasar grosir sayuran untuk dijual. Bila sore hari, bisa juga langsung di jual ke pasar bila tetap buka hingga malam. Biasanya pembeli sayuran banyak berkunjung ke pasar di malam hari untuk dijual esoknya. 

Khasiat terong dapat dipetik langsung beserta tangkainya. Cara tersebut membuat khasiat terong dapat dinikmati lebih lama. Selanjutnya, sebaiknya harus segera dipasarkan agar khasiat terong tetap segar. Sortasi buah terong berdasarkan ukuran dan warna buah. Pemetikan menggunakan pisau atau gunting tajam agar khasiat terong terjaga.  

Pasca panen pemetikan terong meliputi : pencucian dan membuang kotoran yang menempel di buah terong. Lalu lakukan pemilihan dan sortasi berdasarka ukuran dan bobot. Selanjutnya terong dikemas disesuaikan mau kemana terong akan dipasarkan. Selanjutnya penyimpanan dan distribusi jarak jauh. 

Kriteria khasiat terong saat panen yaitu daging belum keras, warna mengkilat, ukuran jangan terlalu besar dan terlalu kecil. Terong bulat biasanya dipanen 10 - 15 hari setelah muncul bunga. Terong bulat panen buah masih kelihatan segar dan warna mengkilat. 




Khasiat Terong Tak Terduga 


Potensi total panen mencapai 21 buah per tanaman. Biasanya setelah panen ke-8, produksi buah terong akan menurun baik kualitas maupun kuantitas khasiat terong. Pemasaran terong ke berbagai tempat seperti pasar swalayan, pasar tradisional, pengepul atau konsumen datang langsung. 

Demikian artikel Kami dengan judul : Khasiat Terong Bagi Kesehatan, Sederhana Cara Budidayanya. Hubungi nomer kontak Kami di 082141747141 ( telepon ) dan 08125222117 ( SMS/WA ). Toko pertanian LMGA Agro online shop jual segala keperluan bercocok tanam. Lengkap dan berkualitas.

Tersedia mulai benih berkualitas, pupuk, pestisida, ZPT dan alat pertanian. Kami juga menerima layanan konsultasi gratis pertanian. Serta mengajak Anda kerja sama sebagai dropship dan reseller pertanian. 

Semoga artikel Kami bermanfaat dan menambah wawasan tentang khasiat terong dan manfaat bagi kesehatan kita. Usaha pertanian menanam terong tidak sulit. Dapat dibudidayakan di kebun maupun di pekarangan rumah. Selamat mencoba salam sukses.... 




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon untuk berkomentar secara bijak dan sesuai bahasan.