TOKO ONLINE PERTANIAN LMGA AGRO, TEMPAT BELANJA ONLINE PETANI MURAH, AMAN DAN PROMO. BELANJA SILAKAN HUBUNGI KAMI DI : SMS / WA : 081 252 22 117, LAYANAN KONSULTASI PERTANIAN GRATIS HP. 082 141 747 141.

KETIK JUDUL/LABEL ARTIKEL YANG DICARI PADA KOLOM DI BAWAH INI

17/10/20

Tanaman Kacang Panjang, Sayuran Hijau Mudah Cara Menanamnya

tanaman kacang panjang, manfaat kacang panjang, menanam kacang panjang, jual benih kacang panjang hibrida, toko pertanian, online, lmga agro
Benih Katrina 
Tanaman Kacang Panjang

Tanaman Kacang Panjang, Sayuran Hijau Mudah Cara Menanamnya. HP 082141747141 ( khusus telepon ) dan 08125222117 ( khusus SMS/WA ). Toko pertanian LMGA Agro online jual benih tanaman kacang panjang. Tersedia juga benih sayuran lainnya dan pasti berkualitas. 

Toko pertanian LMGA Agro online juga tersedia benih hibrida buah, pupuk, pestisida, ZPT dan alat pertanian. Kami melayani konsultasi pertanian gratis tentang tanaman kacang panjang juga tanaman sayuran hijau lainnya. Konsultasi mengenai cara menanam hingga panen. 

Kami siap kirim pesanan Anda ke seluruh wilayah Indonesia. Bersama mitra Kami jasa pengiriman barang JNE, KI8, Pos Indonesia dan lain-lain. Kami juga mengajak kerja sama jual online sebagai dropship dan reseller pertanian. 

Tanaman kacang panjang merupakan salah satu sayuran hijau dan banyak disukai masyarakat. Tanaman kacang panjang dijadikan sayur tumisan atau lainnya dan paling terkenal sebagai sayur lalapan. Kacang panjang enak sekali dimakan langsung atau dalam bentuk mentah. 

Tanaman kacang panjang bermanfaat tinggi karena memiliki kandungan gizi, serat dan mineral lengkap. Sayuran hijau selalu dicari dan laris di pasaran. Mudah menanamnya dan dapat diusahakan di kebun luas dan di rumah. 

Tanaman kacang panjang tumbuh memanjat atau melilit. Bagian muda dijadikan sayur lalapan karena serat-seratnya masih lunak. Tanaman kacang panjang mudah ditemui di kawasan tropis panas di Asia. 

Sebagai sayuran hijau, kacang panjang bermanfaat tinggi bagi kesehatan. Kandungan gizinya lengkap mulai dari vitamin A dan berbagai mineral. Bentuknya polong-polongan dan memiliki serat yang tinggi. 


Tanaman Kacang Panjang Sayuran Hijau Penuh Gizi


Kacang panjang merupakan sayuran hijau sumber protein yang baik. Memiliki kandungan gizi vitamin A, Vitamin C, Thiamin, riboflavin, besi, fosfor, kalium, folat dan Magnesium.  Sayuran kacang panjang biasanya kerap diolah menjadi menu masakan tumisan, sayur lodeh dan sayur asam. 

Kacang panjang memiliki nama latin Vigna unguiculata dan termasuk tanaman polong-polongan ( leguminosa ). Sayuran kacang panjang bentuk memanjang mulai dari 30 - 120 cm. Tidak seperti buncis, kulit kacang panjang keriput dan itulah sebagai tanda siap untuk dipetik. 

Kandungan nutrisi sayuran kacang panjang disukai dan diyakini masyarakat. Yaitu memiliki efek positif bagi kesehatan. Kandungan gizi tanaman kacang panjang yaitu vitamin A, B9 ( folat ) dan C. Mengandung pula mineral magnesium, mangan dan jenis vitamin mineral lainnya. Sayuran ini juga mengandung antioksidan flavonoid.

Sayur kacang panjang memiliki kandungan fitoestrogen alias hormon estrogen alami. Fungsinya mirip pada hormon estrogen pada manusia. Mampu merangsang pertumbuhan sel-sel epitel pada payudara sehingga menjadi besar. 

Vitamin A dalam 100 gram kacang panjang mengandung sekitar 28% - 40% dari total kebutuhan vitamin A per hari. Vitamin C-nya mampu mengurangi risiko kulit kering dan selalu memberikan efek kulit sehat. Vitamin C juga dapat meningkat daya tahan tubuh sehingga kita tidak mudah sakit.  

Vitamin C dan antioksidan bersama dalam menangkal radikal bebas. Per 100 gram kacang panjang mengandung magnesium 44 mg. Mampu mengatasi masalah hiperaktif, kecemasan dan membuat tidur lebih nyenyak.

Folat penting bagi kesehatan janin bagi ibu hamil. Kacang panjang mengandung folat didalamnya. Khasiatnya mencegah bayi lahir cacat bawaan. 



Manfaat Kacang Panjang


Pengontrol Kadar Gula Darah

Tanaman kacang panjang mengandung serat tinggi, kalori yang rendah dan karbohidrat baik dikonsumsi oleh penderita diabetes.  


Pereda nyeri

Tanaman kacang panjang memberikan efek analgesik. Yaitu mampu meredakan nyeri pada tubuh. Tanaman kacang panjang mengandung Mangan, bermanfaat membantu mengatasi keluhan nyeri haid.  


Menjaga kesehatan kulit

Tanaman kacang panjang mengandung vitamin C tinggi dan bermanfaat menjaga kulit lebih sehat dan cerah. Mencegah munculnya kerutan dan kekeringan pada kulit. Juga mampu memperlambat proses penuaan.  

Mencegah Radikal Bebas dan Kanker

Tanaman kacang panjang mengandung vitamin C dan antioksidan tinggi. Khasiatnya tentu mencegah radikal bebas penyebab penyakit kanker. Vitamin C meningkatkan kekebalan tubuh sehingga tidak mudah sakit. 


Menjaga Kesehatan Jantung

Antioksidan tanaman kacang panjang dapat menangkal radikal bebas sehingga organ tubuh terlindungi dari kerusakan. Peredaran darah menjadi lancar sehingga meningkatkan kesehatan jantung. 


Baik Bagi Kesehatan Janin

Folat baik bagi kesehatan ibu hamil terkait dengan kesehatan janin bayi. Folat nutrisi penting dan selalu dibutuhkan selama kehamilan. Folat berhubungan dengan perkembangan sel dan DNA bayi. 


Mengatasi Anemia

Kondisi kurang darah, tanaman kacang panjang mampu mengatasinya. Karena kandungan zat besi dan mineral lainnya dapat meningkatkan perkembangan sel darah merah. 


Menurunkan Risiko Rematik

Bila mengalami encok atau sakit di persendian dan otot, vitamin C mampu mengatasinya. Sakit sendi akibat tingginya kadar asam urat dapat diturunkan dengan makan kacang panjang. 


Tipe Tanaman Kacang Panjang 


tanaman kacang panjang, manfaat kacang panjang, menanam kacang panjang, jual benih kacang panjang hibrida, toko pertanian, online, lmga agro
Benih Kanton Tavi
Panah Merah

Tanaman kacang panjang
berbentuk semak, tumbuh menjalar dan tinggi hingga 2,5 meter. Tanaman kacang panjang berasal dari Afrika. Dan konon tanaman kacang panjang cocok ditanam di negara-negara beriklim tropis.   

Tanaman kacang panjang tumbuh baik di dataran rendah. Menyukai suhu udara optimal 15 - 24 derajat Celcius. 

Tanaman kacang panjang terbagi menjadi 2 jenis berdasarkan pertumbuhannya. Dua jenis tersebut adalah tipe merambat dan tipe tegak. 

Tanaman kacang panjang tipe merambat membutuhkan lanjaran untuk membantu menopang batangnya. sedangkan untuk tipe tegak tidak memerlukan lanjaran. 

Umumnya tanaman kacang panjang memiliki warna polong berwarna hijau. Namun kini berhasil dibuat, tanaman kacang panjang dengan warna polong yaitu merah. Warna merah polong mengandung antosianin sehingga kandungan gizinya lebih tinggi. 

Tanaman kacang panjang sering disebut tanaman dwiguna. Karena selain menghasilkan sayuran hijau dengan khasiat tinggi. Tanaman kacang panjang juga penghasil unsur Nitrogen yang berfungsi sebagai penyubur tanah alami. 

Selain dimanfaatkan sebagai sayuran olahan dan lalapan, khasiat sayur kacang panjang juga sebagai obat herbal. Kandungan gizi kacang panjang mencegah kanker payudara, kanker darah ( leukimia ), batu ginjal, gangguan saluran kencing dan lain-lain. 





Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Kacang Panjang 


Klasifikasi tanaman kacang panjang adalah seperti berikut : 

Kingdom : Plantae

Divisio : Spermatophyta. 

Kelas : Angiospermae

Subklas : Dicotyledonae

Ordo : Rosales

Famili : Leguminocecae

Genus : Vigna

Species : Vigna sinensis L. 


Tanaman kacang panjang berbentuk perdu/semak, ada tipe menjalar namun ada tipe menggantung. Tanaman kacang panjang berkembang hinggi tinggi mencapai 2,5 meter. Tipe tanaman semusim, bentuk batang tegak dan silindris.   

Akar tanaman kacang panjang adalah tunggang, warna coklat muda dan berrbentuk cabang. Akar berperan untuk menyerap nutrisi hara dan air dalam tanah. Akar dapat tumbuh hingga panjang mencapai 30 cm dari permukaan tanah. 

Tanaman kacang panjang sebagai tanaman leguminosa dapat menghasilkan Nitrogen yang berasal dari bintil-bintil akarnya. Nitrogen ini dapat menyuburkan tanah secara alami. 

Batang tanaman kacang panjang mencapai hingga 2,5 meter. Batang tegak, berbentuk silinder, warna hijau, lunak dan permukaan kulit batang cenderung licin. Karena sifatnya menjalar, maka batang perlu lanjaran guna menopang batangnya.   

Batang tanaman kacang panjang unik. Menurut peneliti, batangnya memiliki pembuluh batang terbuka dan kambium. Sehingga memungkinkan batang bercabang meski diameter batang sangat kecil yaitu 1,5 cm. 

Daun tanaman kacang panjang mirip jantung hati, runcing di bagian ujung dan ruas daun bercabang. Tulang daun bentuk menyirip. Warna daun hijau dan berjenis majemuk. Panjang 6 - 8 cm dan lebar 3 - 4,5 cm.   

Bunga tanaman kacang panjang termasuk kategori bunga sempurna. Dalam bunga terdapat alat kelamin jantan dan betina. Bunga muncul di ketiak daun. Berwarna putih atau kebiru-biruan. Bentuk mirip kupu-kupu. Dalam satu tangkai bunga muncul sebanyak 4 - 6 kuntum bunga. 

Polong kacang panjang inilah yang dikonsumsi berbentuk ramping atau pipih. Panjang mencapai 15 - 25 cm. Dalam satu tangkai muncul 1 - 3 buah kacang panjang. Warna hijau muda hingga hijau gelap. 


Syarat Tumbuh Menanam Kacang Panjang


tanaman kacang panjang, manfaat kacang panjang, jual benih kacang panjang, cara menanam kacang panjang, toko pertanian, online, lmga agro
Benih Perdana 
Bintang Asia

Tanaman kacang panjang
berasal negara India dan Afrika lalu menyebar ke berbagai wilayah Asia Tropika termasuk Indonesia. Tanaman kacang panjang mudah tumbuh dengan baik. Yaitu mudah tumbuh di berbagai jenis lahan baiklahan sawah, tegalan maupun pekarang rumah. 

Di lahan luas, petani menanam kacang panjang di tanah sawah atau tegalan. Tanaman kacang panjang ditanam baik secara monokultur maupun sebagai tanaman sela. Tanaman Kacang panjang juga banyak ditemui ditanam di pinggir pematang disamping tanaman padi. 

Tanaman kacang panjang menyukai jenis tanah latosol atau lempung berpasir, subur dan gembur. Tanah harus banyak mengandung bahan organik dan berdrainase baik. Tanah ber-pH sekitar 5,5 - 6,5. 

Tanaman kacang panjang menyukai kondisi iklim kering. Suhu udara 20 - 30 derajat Celcius. Curah hujan antara 600 - 1500 mm/tahun. Tanaman kacang panjang cocok ditanam di ketinggian optimal dibawah 800 m dpl. Waktu tanam sebaiknya awal atau akhir musim hujan. 

Petani menanam kacang panjang umumnya di musim hujan. Namun penanaman lebih cocok dilakukan di musim kemarau. Kacang tanam ditanam di musim hujan sebagai alternatif pengganti tanaman yang kurang cocok di musim hujan. Yaitu seperti tanaman cabai dan melon. 

Tidak terlalu sulit untuk mendapatkan hasil optimal menanam kacang panjang. Karena perawatan tanaman kacang panjang tidak rumit dan cukup dilakukan dengan baik dan benar. 




Persiapan Lahan Menanam Kacang Panjang


Persiapan lahan dilakukan lebih dulu dalam budidaya kacang panjang. Terutama bila ingin menanam kacang panjang dan tanaman lainnya di lahan yang sama. 

Bila lahan menanam bekas dari tanaman sebelumnya maka penanaman kacang panjang bisa langsung dilakukan tanpa tanah dicangkul. Namun bila ada tenaga kerja untuk menggemburkan tanah maka tanah bisa diolah agar hasil lebih bagus lagi. 

Lubang bekas tanaman lain bisa digunakan dalam menanam kacang panjang. Bila lahan menanam adalah lahan baru maka lakukan penggemburan tanah menggunakan cangkul atau traktor. Lakukan pengolahan tanah secara maksimal agar tanaman kacang panjang dapat tumbuh optimal. 

Bersihkan lahan dari rumput liar. Tanah dicangkul sampai kedalaman 30 cm dan tanah menjadi gembur. Buat parit keliling lalu tanah dikeringkan selama 15 - 30 hari. Setelah dibiarkan saatnya membuat bedengan.  

Selanjutnya bila tanah sudah gembur maka waktunya membuat bedengan tanaman kacang panjang. Bedengan berukuran 60 x 30 cm dan jarak antar bedengan 30 cm. 


Pemupukan Dasar Cara Menanam Kacang Panjang


tanaman kacang panjang, manfaat kacang panjang, cara menanam kacang panjang, jual benih kacang panjang, toko pertanian, online, lmga agro
Mulsa Plastik hitam Perak 

Bila menggunakan lahan bekas menanam tanaman lain sebelumnya, maka tidak perlu pupuk dasar diberikan. Hal ini karena tanaman kacang panjang dapat menyerap sisa-sisa pupuk dari penanaman sebelumnya. Tanaman kacang panjang juga bisa menyediakan Nitrogen sendiri bagi pertumbuhannya. 

Namun bila penanaman dilakukan mulai dari awal maka berikan pupuk dasar dari pupuk kandang. Lalu tambahkan juga pupuk Phonska, Kalsium bubuk dan insektisida. 

Pemupukan dasar dimaksudkan guna mencegah serangan larva uret yang biasanya ada di tanah bedengan. Bila pemupukan dasar selesai, tutup bedengan dengan mulsa plastik hitam perak. Mulsa dapat menekan pertumbuhan gulma di bedengan. 


Cara Penanaman Benih Tanaman Kacang Panjang

Selesai membuat bedengan, selanjutnya adalah membuat lubang tanamnya. Kedalaman lubang yaitu 5 cm. Benih kacang panjang hibrida dan telah terjamin akan menghasilkan panen yang optimal. Benih tanaman kacang panjang dapat Anda beli di Toko pertanian LMGA Agro online. 

Benih hibrida tahan penyakit, Anda bisa langsug menanam di bedengan tanpa disemai dulu. Benih juga bisa direndam dulu dalam air dan ditambahkan ZPT Auxin sebanyak 10 tetes. Tujuan guna mempercepat perkecambahan benih dan pertumbuhan yang lebih optimal. 

Tutup lubang menggunakan tanah begitu benih sudah ditanam. Setelah 2 - 4 hari, benih akan mulai tumbuh. Bila menggunakan lahan bekas tanaman sebelumnya, benih bisa langsung dimasukkan dalam lubang tanamnya. Kedalaman lubang sekitar 1 - 2 cm. Tanaman kacang panjang akan berbunga setelah umur 30 HST dan panen umur 45 HST. 


Pemeliharaan Tanaman Kacang Panjang 


Memasang Ajir

tanaman kacang panjang, manfaat kacang panjang, cara menanam kacang panjang, jual benih kacang panjang, toko pertanian, online, lmga agro
Benih Puspita 06

Ajir atau lanjaran mulai ditancapkan saat benih mulai tumbuh. Ditancapkan sedini mungkin untuk menghindari ajir melukai akar. Adanya akar dapat menjadi pintu masuknya jamur, bakteri dan virus penyebab penyakit. 

Ajir berguna untuk menopang batang tanaman kacang panjang dan sebagai media rambatan kacang panjang. Dan nantinya tanaman akan menggantung sehingga memudahkan pemeliharaan tanaman kacang panjang. 

Ajir harus kokoh dan kuat menopang batang dari angin dan hujan. Ajir terbuat dari bilah bambu atau kayu dengan panjang 2 meter. Agar ajir lebih kuat menopang batang, ikatlah batang pada ajir menggunakan tali salaran khusus tanaman. Tali salaran  tanaman dapat dibeli di Toko pertanian LMGA Agro.  


Penyiangan

Penyiangan bisa lebih sering dilakukan bila menanam kacang panjang di musim hujan. Gulma juga akan tumbuh lebih banyak di bedengan tanpa mulsa plastik hitam perak. Rumput gulma tumbuh subur saat musim hujan dan dapat menjadi tempat sembunyi hama.  


Penyulaman dilakukan bila ada benih tidak mau tumbuh atau bibit mati. Penyulaman paling lambat dilakukan sampai hari ke-7 setelah tanam. Penyiraman rutin dilakukan setiap pagi dan sore hari. Caranya air dialirkan disekitar bedengan sampai tanah menjadi lembab. 


Pemangkasan 

Pemangkasan tanaman kacang panjang dilakukan bila daun tumbuh rimbun. Pemangkasan juga dilakukan pada cabang-cabang kurang produktif. Pemangkasan membuat pertumbuhan generatif seperti munculnya buanga dan buah berjalan dengan baik. 

Pemangkasan dilakukan setelah muncul bunga yaitu sekitar umur tanaman 3 - 4 minggu. Tunas bawah jika telalu rimbun juga harus dipangkas. Tanaman kacang panjang terlalu rimbun akan menghambat pertumbuhan bunga dan buahnya. Pemangkasan merupakan cara agar tanaman menghasilkan buah lebat. 


Cara Pemupukan Susulan Tanaman Kacang Panjang

Pemupukan susulan diberikan mulai umur 2 minggu. Pemupukan menggunakan pupuk NPK atau pupuk campuran dari TSP, KCl dan ZA ( 2 : 1 : 1 ). Pemberian pupuk susulan dengan cara dikocor atau ditabur bila di musim hujan. Dosis sebanyak 5 - 10 kg per 1000 tanaman. Pemupukan dilakukan setiap 1 minggu sekali. 

Dosis pupuk susulan budidaya kacang panjang disesuaikan kondisi dan kesuburan tanah. Karena tanaman merupakan tipe yang tidak rakus pupuk. Namun pemberian pupuk tetap diberikan secara berkala dan rutin sesuai kebutuhan tanaman.   

Bila penanaman di musim hujan maka sebaiknya kurangi dosis pupuk Urea dan ZA. Perhatikan kondisi daun. Bila daun tampak hijau dan sehat serta subur maka pemberian pupuk daun sebaiknya ditiadakan. 

Di musim hujan, sebaiknya disarankan menggunakan pupuk MKP yang tidak ada kandungan Nitrogen. Bila perlu semprotkan pupuk mikro tanpa ada kandungan Nitrogennya. 

Saat musim hujan, kadar Nitrogen bebas di tanah dan udara cukup tinggi. Bila Nitrogen berlebihan menyebabkan serangan jamur pada tanaman kacang panjang. 

Saat musim kemarau, pemupukan susulan tanaman kacang panjang sebaiknya menggunakan Pupuk NPK 16-16-16. Pupuk NPK menyebabkan pertumbuhan lebih optimal. Penyemprotan pupuk mikro dengan interval 7 hari sekali.    

Bila menggunakan pupuk tunggal, yaitu campurkan TSP 200 kg/ha + KCl 100 kg/ha + Urea 100 kg/ha. Pemupukan diberikan 2 kali yaitu umur 1 minggu dan 3 minggu. Berikan dengan cara ditabur mengelilingi tanaman lalu ditutup tanah. 


Baca Juga : Menanam Kacang Panjang yang Baik dan Benar


Hama dan Penyakit Tanaman Kacang Panjang


- Ulat Bunga ( Maruca testualis ) adalah larna peyerang bunga yang terbuka dan juga menyerang polong kacang panjang. Pengendalian menggunakan insektisida dan rotasi tanaman. 

- Lalat Kacang menyebabkan pertumbuhan tanaman terhambat. Gejalanya : daun menjadi kekuningan, terdapat bintik-bintik putih di sekitar tulang daun. 

- Antraknosa gejalanya terjadi awal perkecambahan. Timbul warna kecoklatan pada batang muda dan keping biji. Bila terjadi pada tanaman dewasa menyebabkan kelayuan lalu tanaman mati. Pangkal batang membusuk hingga perakaran. Pengendalian menggunakan fungisida pada benih sebelum ditanam. Pemakaian benih hibrida dapat mencegah Antraknosa. 

- Kutu Daun ( Aphids ) menyerang pada pucuk batang muda dan daun muda hingga daun mengeriting. Kutu menghisap cairan sel tanaman hingga pertumbuhan menjadi terhambat. Pengendalian menggunakan insektisida. 

- Ulat Grayak ( Spodoptera litura ) dapat menyerang di seluruh bagian tanaman seperti batang, daun, bunga hingga buah. Gejala : daun berlubang, bunga rontok, batang muda rusak, buah dan polong menjadi berlubang. Serangan ulat grayak menghebat saat musim kemarau. Pengendalian menggunakan insektisida dan hama diambil langsung lalu dimatikan. 

- Penyakit Sapu ( Cowpea Stunt Virus ) yaitu virus yang dibawa oleh kutu daun. Gejalanya ruas batang menjadi sangat pendek, tunas ketiak memendek hingga tanaman menjadi kerdil. Pertumbuhan terhambat. Pengendalian dengan membasmi kutu daun menggunakan insektisida. 

- Penyakit Mozaik ( Cowpea Aphids Borne Virus ) gejalanya daun muda terdapat corak seperti mosaik warna hitan atau kecoklatan tidak teratur. Virus ditularkan kutu daun. Pengendalian menggunakan benih tahan virus dan penyemprotan insektisida terhadap hama kutu daun. 

- Penyakit layu bakteri ( Pseudomonas solanacearum ) menyerang tanaman muda dan dewasa. Gejalanya tiba-tiba tanaman akan layu lalu mati. Pangkal batang membusuk dan berwarna kecoklatan. Pengendalian menggunakan fungisida dan tanaman dicabut lalu dibakar. 




Cara Pengendalian Hama dan Penyakit Tanaman Kacang Panjang

Pengendalian dengan melakukan pencegahan dan meminimalisir serangan hama dan penyakit. Antara lain dengan melakukan awal tanam secara serempak, pergiliran tanaman bukan satu famili dan sanitasi limgkungan. Pemasangan mulsa, memanfaatkan musuh alaminya yaitu parasitoid, predator dan entomopatogen. 

Pemakaian pestisida bila serangan hama dan penyakit sudah melewati ambang batasnya. Terdapat hama  yang menyusahkan petani dalam budidaya tanaman kacang panjang. Yaitu hama penggerek polong ( Maruca testulalis ) dan kutu daun (  Aphis cracivora ) 

Gejala serangan hama penggerek yaitu polong pada bunga dan bakal polong rusak dan gugur. Satu ekor larva selama hidupnya mampu merusak 4 - 6 bunga per tanaman. Gigitan pada polong dapat menyebabkan biji dalam polong rusak. Kulit polong berlubang dan dari lubang muncul serbuk gerek basah bercampur kotoran larva berwarna coklat. 

Kutu daun menyerang tanaman kacang panjang mulai awal pertumbuhan sampai munculnya bunga dan polong. Serangan kutu daun A. cracivora merusak bagian tanaman yang masih muda. Yaitu seperti tunas, daun dan tangkai daun yang masih muda. 

Hama ulat paling sering menyerang terutama sebelum matahari terbit dan di malam hari. Saat terik panas matahari, ulat bersembunyi di rumput. Itulah, bahwa penyiangan sangat penting karena seringnya rumput-rumputan dijadikan sebagai tempat bersembunyi hama. 

Bila serangan hebat, insektisida berbahan aktif metomil atau deltametrin. Sebaiknya penyemprotan dilakukan sore hari. Karena ulat cenderung bersembunyi di pagi dan siang hari. 


Panen Budidaya Tanaman Kacang Panjang


Tanaman kacang panjang mulai dipanen setelah umur 50 - 60 hari. Pilih kacang panjang dipetik yaitu belum terlalu tua. Panen tanaman kacang panjang bisa dilakukan setiap hari terutama cuaca sangat mendukung melakukan panen. Pemetikan kacang panjang bisa dilakukan setiap pagi dan sore. 

Bila pemeliharaan tepat dan tanaman kacang panjang sehat, pemanenan dapat dilakukan hingga kurang lebih 20 kali. Tegantung varietas, musim dan ketinggian tempat menanam kacang panjang. 

Ciri-ciri tanaman kacang panjang panen adalah polong sudah terisi penuh, polong mudah dipatahkan dan warna polong hijau merata. Cara pemetikan yaitu bagian pangkal polong diputar hingga terlepas seluruhnya. 

Setelah pemetikan sudah seluruhnya, kacang panjang dikumpulkan di tempat penampungan utuk disortasi. Kemudian polong-polong diikat setiap 1 kilogramnya ( maksimal ). Selanjutnya kacang panjang bisa diangkut dan langsung dijual ke pasar. 

Demikian artikel Kami dengan judul : Tanaman Kacang Panjang, Sayuran Hijau Mudah Cara Menanamnya. Hubungi nomer kontak Kami di 082141747141 ( telepon ) dan 08125222117 ( SMS/WA ). Toko pertanian LMGA Agro online jual segala kebutuhan bercocok tanam petani lengkap dan berkualitas. 

Toko pertanian LMGA Agro menyediakan beragam varietas benih hibrida buah dan sayur. Tersedia juga pupuk, pestisida, ZPT dan alat pertanian. Kami sudah berpengalaman lama sebagai supplier pertanian dan terpercaya. 

Kami menerima layanan konsultasi gratis tentang menanam tanaman budidaya dan permasalahannya. Kami juga mengajak kerja sama sebagai dropship dan reseller pertanian. Kami siap kirim pesanan Anda dibantu jasa ekspedisi JNE, KI8, Pos Indonesia dan lain-lain. 

Semoga artikel Kami bermanfaat dalam hal budidaya tanaman kacang panjang. Dan menambah wawasan tentang peluang usaha tanaman kacang panjang menguntungkan. Mengingat manfaat kacang panjang tinggi baik bagi kesehatan dan digunakan sayuran sehari-hari. Salam sukses....

 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon untuk berkomentar secara bijak dan sesuai bahasan.