TOKO ONLINE PERTANIAN LMGA AGRO, TEMPAT BELANJA ONLINE PETANI MURAH, AMAN DAN PROMO. BELANJA SILAKAN HUBUNGI KAMI DI : SMS / WA : 081 252 22 117, LAYANAN KONSULTASI PERTANIAN GRATIS HP. 082 141 747 141.

KETIK JUDUL/LABEL ARTIKEL YANG DICARI PADA KOLOM DI BAWAH INI

20/10/20

Manfaat Sayuran Sawi, Jenis Sayur Hijau yang Mudah Menanamnya

manfaat sayuran sawi, sayur hijau, cara menanam sawi, jual benih sawi, toko pertanian online, lmga agro
Benih Sawi F1

Manfaat Sayuran Sawi, Jenis Sayur Hijau yang Mudah Menanamnya. HP 082141747141 ( khusus telepon ) dan 08125222117 ( khusus SMS/WA ). Toko pertanian online LMGA Agro jual kebutuhan bercocok tanam lengkap dan barang produk berkualitas. 

Toko pertanian online LMGA Agro menyediakan beragam benih sayur dan buah bersertifikat dan tahan penyakit. Tersedia juga pupuk, pestisida, ZPT dan alat-alat pertanian. Kami menerima layanan konsultasi pertanian gratis. 

Toko pertanian online LMGA Agro berpengalaman sebagai supplier toko pertanian dan menjadi mitra petani. Kami juga didukung perusahaan pertanian seperti pabrik benih, alat pertanian, pestisida untuk meyediakan kebutuhan petani. Kami mengajak kerja sama secara online shop sebagai dropship dan reseller pertanian. 

Kami siap kirim pesanan Anda ke seluruh wilayah Indonesia. Bersama mitra jasa pengiriman barang JNE, KI8, Pos Indonesia dan lain-lain. 

Manfaat sayuran sawi memiliki kandungan gizi lengkap dan baik bagi kesehatan tubuh manusia. Manfaat sayuran sawi mudah menanamnya dan cepat umur panennya. Antioksidan dalam manfaat sayuran sawi dapat mencegah radikal bebas di udara penyebab kanker. 

Manfaat sayuran sawi tinggi nutrisi dan lengkap. Manfaat sayuran sawi membantu tubuh kita terhidar dari serangan penyakit. Cara menanam sawi mudah dan umur panen yang cepat. Dapat kita tanam baik di sawah, kebun maupun di rumah. 

Jenis sayur sawi cukup banyak dan kesemuanya memiliki manfaat sama dan baik untuk tubuh kita. Banyak olahan masakan memanfaatkan sayuran sawi sebagai bahan utamanya. 


Antioksidan Dalam Manfaat Sayuran Sawi


Sayuran sawi merupakan famili Brassicaceae ( sawi-sawian ). Tanaman sawi dianggap berasal dari Eropa. Namun sawi sudah tersebar di belahan dunia. India, Nepal, Jepang dan Cina merupakan produsen sayur sawi terkemuka. Namun di AS dan Rusia, tanaman sawi juga ditanam dalam area yang luas.  

Manfaat sayuran sawi sebagaimana sayuran hijau lainnya juga mengandung antioksidan. Manfaat  sayuran sawi yaitu antioksidannya mampu melindungi tubuh dari serangan radikal bebas dan polutan di udara. Manfaat sayuran sawi memiliki cukup serat. 

Serat dalam manfaat sayuran sawi dapat membantu mengatur saluran pencernaan. Serat membantu menurunkan kadar kolesterol tinggi. Manfaat sayuran sawi dipercaya dapat mencegah radang sendi, osteoporosis, asma dan penyakit lainnya. 

Tingkat antioksidan dalam manfaat sayuran sawi sangat tinggi. Beberapa diantaranya mengandung senyawa fenolik, vitamin A dan C. Fungsinya untuk membantu mencegah kerusakan pada sel dan mutasi DNA. 

Dari sebuah penelitian tahun 2017 dari jurnal Molecules menemukan bahwa manfaat sayuran sawi mengandung antioksidan. Yaitu karotenoid, beta karoten, lutein, violaxanthin, neoxanthin, isotiosianat, glukosinolat alifatik dan lain-lain. 

Manfaat sayuran sawi mampu menangkal radikal bebas. Radikal bebas sangat berbahaya bagi sel dan jaringan tubuh. Radikal bebas menyebabkan berkembangnya kanker, penyakit neuro-degeneratif dan penuaan dini. 

Antioksidan dalam manfaat sayuran sawi dapat melindungi tubuh dari masalah kesehatan. Juga mengurangi kerusakan akibat radikal bebas, mengurangi peradangan dan melindungi sel-sel sehat. Sel-sel sehat terutama di seluruh sistem pencernaan, pernapasan, kardiovaskular dan sistem saraf. 

Manfaat sayuran sawi mendukung kesehatan organ hati. Manfaat sayuran sawi memiliki efek anti-inflamasi dan mengandung klorofil tinggi berkaitan dengan untuk detoksifikasi. Manfaat sayuran sawi mampu menetralkan logam berat, bahan kimia dan pestisida dalam tubuh. 

Tanaman hijau seperti sawi termasuk sumber makanan penghasil turunan klorofil. Sehingga manfaat sayuran sawi berperan penting dalam mencegah kanker. 


Manfaat Sayuran Sawi Untuk Kesehatan Jantung


manfaat sayuran sawi, sayur hijau, cara menanam sawi, jual benih sawi, toko pertanian online, lmga agro
Manfaat Sayuran Sawi

Manfaat sayuran sawi
mampu meningkatkan pengikatan empedu terutama saat dimasak. Penderita kolesterol tinggi, tidak memiliki cukup empedu. Atau mereka mengalami kesulitan mengubah kolesterol menjadi asam empedu. 

Hal tersebut disebabkan kandungan lemak tinggi dan kurangnya serat sayur hijau manfaat sayuran sawi dalam menu makanan. Sehingga terjadi disfungsi hati atau usus besar. Manfaat sayuran sawi mampu menurunkan kolesterol jahat. 

Pengikatan asam empedu berpengaruh pada peningkatan risiko kanker. Manfaat sayuran sawi mampu mengikat asam empedu sehingga mampu membantu menurunkan risiko penyakit jantung dan kanker. 

Manfaat sayuran sawi yang telah dikukus meningkat perannya dalam menurunkan kolesterol tubuh. Hal ini signifikan hasilnya bila dibandingkan manfaat sayuran sawi dimakan mentah. 

Folat dalam manfaat sayuran sawi terkait erat dengan penyakit jantung. Folat mencegah peningkatan homosistein, yaitu penanda inflamasi risiko penyakit kardivaskular. Manfaat sayuran sawi sebagai makanan nabati mengandung bahan kimia alami, yaitu fitonutrien.

Peran fitonutrien manfaat sayuran sawi adalah melindungi tanaman dari kuman, jamur, serangga dan gangguan lainnya. Ahli Gizi menyebutkan diet makanan tinggi fitonutrien menurunkan risiko terkena kanker dan penyakit jantung. Fitonutrien manfaat sayuran sawi mencegah diabetes dan obesitas serta memperlambat proses penuaan otak. 

Manfaat sayuran sawi mengandung kelompok senyawa glukosinolat. Jumlah kandungan glukosinolat di manfaat sayuran sawi tergantung dari kesegaran sayuran, penyimpanan dan cara mengolah sayur sawi. 

Glukosinolat dipecah menjadi indol dan isotiosianat dalam tubuh. Dan manfaat sayuran sawi terbukti mampu melindungi sel dari kerusakan DNA dan mengimbangi efek zat penyebab kanker ( karsinogen ).  


Manfaat Sayuran Sawi Mengandung Serat Tinggi


Bahan makanan tinggi serat terdapat dalam manfaat sayuran sawi. Serat manfaat sayuran sawi tinggi dan terbukti bermanfaat membantu mengontrol kadar kolesterol. Serat manfaat sayuran sawi membantu pergerakan dalam usus halus. Sehingga tidak mudah terkena penyakit wasir, sembelit dan penyakit usus besar ( kanker ). 

Manfaat sayuran sawi mengandung serat tidak larut. Peranannya mampu menarik air dan membantu melunakkan tinja. Sehingga manfaat sayuran sawi dapat melancarkan pencernaan ( BAB ). 

Jumlah serat tinggi manfaat sayuran sawi dapat menurunkan jumlah racun dalam organ pencernaan tubuh kita. Juga dapat menurunkan tekanan darah tinggi dan menormalkan kadar kolesterol. 

Manfaat sayuran sawi dengan kandungan serat tinggi menimbulkan risiko rendah terhadap penyakit. Yaitu penyakit jantung koroner, stroke, hipertensi, diabetes, obesitas hingga penyakit pada pencernaan. 

Manfaat sayuran sawi juga mencegah kenaikan berar badan atau obesitas. Karena kualitas isian dan kepadatan kalori manfaat sayuran sawi rendah. Manfaat sayuran sawi dapat dipakai dalam menu segala jenis. Seperti diet rendah karbohidrat, diet keto, diet vegan dan lain-lain. 




Kandungan Vitamin dalam Manfaat Sayuran Sawi


Manfaat sayuran sawi memberikan 3 - 5 kali nilai kandungan viatmin K kebutuhan harian. Fungsi vitamin K terlibat dalam mineralisasi tulang dan pembekuan darah. Vitamin K manfaat sayuran sawi mendukung kesehatan otak dan metabolisme. Vitamin K juga pelindung tubuh dari penyakit kanker.

Vitamin K dapat menghentikan pengeroposan tulang lebih lanjut pada penderita osteoporosis. Vitamin K nutrisi penting dalam mengurangi peradangan dan pelindung sel yang melapisi pembuluh darah. Vitamin K mampu mengurangi nyeri perut saat haid dan bisa menyembuhkan memar pada tubuh.  

Vitamin C terkandung dalam manfaat sayuran sawi dan berkhasiat mendukung sistem kekbalan tubuh, kulit, mata dan lain-lain. Vitamin C mampu memperbaiki dan memelihara gigi dan tulang Anda. Vitamin C memperlambat dan mencegah kerusakan sel dalam tubuh dan menjaga jaringan tubuh sehat. 

Vitamin C meningkatkan sistem kekebalan tubuh, membantu melawan radikal bebas, membangun kolagen dan membantu menjaga pembuluh darah. 

Vitamin A dalam manfaat sayuran sawi mengandung lebih dari seluruh nilai harian kebutuhan harian. Fungsi vitamin A adalah menjaga kesehatan penglihatan, berperan dalam fungsi neurologis dan kulit. Vitamin A ikut terlibat dalam mengurangi peradangan.  

Mengkonsumsi manfaat sayuran sawi dengan vitamin A tinggi ditambah antioksidan mampu membantu memperlambat penuaan secara alami. Serta untuk daya tahan tubuh dari infeksi, flu dan lain-lain. 

Vitamin A sangat penting untuk kesehatan dan umur panjang. Baik untuk kesehatan mata, meningkatkan kekebalan tubuh, untuk melawan kanker kulit serta membantu pertumbuhan sel. Vitamin A dan C membantu membersihkan jerawat dan masalah kulit lainnya. 


Baca Juga : Sawi Manis Shinta Rasa Renyah 


Sayur Hijau Sawi


Sawi merupakan sayuran hijau yang tak kalah populer dengan bayam dan kangkung. Ada banyak jenis kategori sayur sawi-sawian. Manfaat sayuran sawi sering diolah sebagai sayur tumisan, sayur kuah, asinan atau dicampur dalam nasi goreng dan mie. 

Manfaat sayuran sawi tidak hanya berwarna hijau namun ada jenis berwarna lainnya seperti putih kehijauan dan hijau gelap. Klasifikasi sawi, masuk dalam genus Brassica dan famili sayuran Cruciferous. Tanaman sawi masih satu famili dengan kelompok kubis-kubisan. Sama-sama mengandung senyawa anti kanker. 

Sayuran sawi berkerabat dengan sayuran populer lainnya yaitu brokoli, kale dan kembang kol. Terdapat beberapa jenis sayuran Cruciferous, yaitu : 

1. Sawi Hijau 

Memiliki nama latin Brassica rapa cv. group caisin. Nama lain sayuran ini adalah sawi bakso dan caisim. Bagian daun berwarna hijau namun bagian tulang daun hijau keputihan. tulang daun semakin mengecil dengan warna sama. 

Caisim memiliki daun oval tunggal, lebar dan panjang. Daun caisim terhubung dengan batang dan bagian ujungnya menempel dengan batang lainnya. Caisim mengandung nutrisi lengkap dan penting bagi tubuh. 

Diantaranya ada protein, lemak, karbohidrat dan serat. Caisim mengandung kalsium, Fosfor, besi, kalium, natrium dan lain-lain. Caisim juga mengandung antioksidan dan vitamin. 


2. Sawi Putih

Sawi putih dikenal bahan baku kimchi. Nama lainnya adalah petsai atau sawi cina. Nama latinnya Brassica rapa group pekinensis. Daun sawi putih memiliki warna gradasi. Bagian bawah hijau keputihan dan bagian atas hijau terang. 

Daun petsai bergelombang, tidak rata dan mengikuti tulang daun dengan tepi tidak rata. Bagian batang berwarna putih, bentuk lebar, berserat dan mengerucut di ujung. Petsai juga memiliki nutrisi sama, ada vitamin, mineral, antioksidan dan makro nutrisi. 


3. Pak choy


manfaat sayuran sawi, sayur hijau, cara menanam sawi, jual benih sawi, toko pertanian online, lmga agro
Benih Sawi Panah Merah

Nama latin pak choy Brassica rapa grup chinensis. Bentuknya serupa caisim namun pak choy lebih kecil dan pendek. Bentuk daun pak choy seperti sendok sehingga orang sering menyebut pak choy dengan sawi sendok. 

Bagian batang pak choy hijau keputihan, lebih lebar dari caisim yang memanjang dan kecil. Daun pak choy lebih tebal dan kaku. Pak choy sering dibuat tumisan dan asinan. 


4. Kailan

Kailan sering keliru disebut pak choy. Bentuknya memang mirip pak choy dan dalam bahasa Inggris dikenal dengan nama Chinesse broccoli. Melihat kailan harus diperhatikan benar bentuk dan warnanya.  

Kailan dibaca dengan gailan memiliki warna lebih gelap seperti warna brokoli yang pekat. Bagian batang mirip kangkung yaitu memiliki cabang dengan satu daun. Letaknya bertingkat seperti kangkung. Kailan berbatang pendek, daun lebar. Bentuk kecil seperti pakchoy dan batang kecil seperti caisim. 


Manfaat Sayuran Sawi Pada Benih Terbaik


1. Sawi Daging Pak choy White produk Takii Seed Jepang. Pertumbuhan seragam, tanaman kuat, tangkai daun warna putih, tebal dan bentuk daun sendok. Panen umur 40 - 45 hari setelah semai. Dapat ditanam di dataran rendah sampai tinggi. 


2. Sawi Daging Nauli F1 cap Panah Merah. Pertumbuhan seragam dan kuat. Panen umur 30 HST. Cocok ditanam di dataran rendah sampai tinggi. 


3. Sawi Manis unggul Tosakan produk Cap Panah Merah. Direkomendasikan ditanam di dataran rendah sampai menengah. Tanaman toleran hama dan penyakit. Panen umur 25 - 30 HST. Bobot per tanaman 250 gram dan hasil panen 25 ton/ha. 


4. Sawi manis unggul Shinta produk Cap Panah Merah. Cocok untuk dataran rendah sampai menengah. Tahan hama penyakit dan umur panen 25 - 30 HST. Bobot per tanaman 350 gram dan potensi panen 28 ton/ha. 


5. Sawi pahit unggul Morakot produk Cap Panah Merah. Direkomendasikan untuk dataran rendah sampai menengah. Tanaman toleran hama dan penyakit dan umur panen 25 - 30 HST. Bobot per tanaman 450 gram dengan potensi hasil 27 ton/ha. 


6. Sawi Pahit unggul Majapahit produk Bintang Citra Asia. Direkomendasikam untuk dataran rendah hingga menengah. Umur panen 25 - 30 HST dengan bobot tanaman 400 gram dengan potensi hasil 25 ton/ha. 


7. Sawi putih Nagaoka F1 produk chinesse cabbage terbaik dari Takii Seed Jepang. Direkomendasikan ditanam di dataran menengah sampai tinggi. Tanaman tahan penyakit busuk hitam dan bercak daun. Umur panen 65 HST. Tahan pengangkutan dan berat krop 2 kg/krop.


8. Sawi putih Eikun F1 dari Takii Seed Jepang. Direkomendasikan untuk dataran menengah sampai tinggi. Tahn penyakit busuk hitam dan bercak daun. Panen umur 65 HST. Berat krop 2 kg/krop. 



Penyemaian Cara menanam Sawi


manfaat sayurasn sawi, sayur hijau, cara menanam sawi, jual benih sawi, toko pertanian online, lmga agro
Benih Petsai Takii seed

Proses penyemaian dalam cara menanam sawi dimaksudkan untuk mendapatkan tunas tanaman sawi berkualitas. Benih sawi Anda rendam dalam air selama 6 - 12 jam. Lalu pilihlah benih yang mengapung. Keringkan benih menggunakan tisu. 

Cara Menanam Sawi dalam Polybag dapat Anda praktekkan di halaman rumah. Kegiatan hobi berkebun ini menyenangkan dan bermanfaat juga bisa menghasilkan tambahan pendapatan. 

Penanaman di polybag gunakan yang berdiameter 15 cm. Masukkan tanah humus atau sub soil ke polybag. Tambahkan kompos atau pupuk kandang untuk hasil lebih bagus lagi. Semai benih sawi ke dalam polybag dan berikan air secara rutin pagi dan sore hari.

Tanaman sawi umur 3 - 4 minggu dapat langsung dipindahkan ke tempat pembesaran sampai panen. Pemindahan dengan cara bibit dikeluarkan dari wadahnya. Usahakan jangan sampai tanah dan bibit rusak. 

Pemupukan cara menanam sawi di polybag menggunakan pupuk organik. Pemberian setiap satu minggu sekali secara rutin. 

Cara yang sama bisa dilakukan untuk cara menanam sawi di pot. Media tanah pada pot menggunakan campuran tanah humus dan pupuk ( 1 : 3 ). Lakukan juga penyiraman 2 kali sehari dan tunggu sampai daunnya muncul. Letakkan pot di tempat sejuk dan terhindar dari sinar matahari langsung. 


Pemeliharaan Sayuran Sawi Dalam Pot


Penyulaman dilakukan pada tanaman sawi yang akarnya membusuk. Ada penyakit kuning pada daun dan hama ulat daun, kutu kumbang dan belalang. 

Penyulaman merupakan cara mengatasi penyakit dan mencegah penularan ke tanaman lain. Jika ditemui ada tanaman rusak oleh penyakit, hama atau layu, tanaman segera dicabut. Lalu tanaman dibakar agar tidak menularkan ke tanaman lain. 

Lakukan hati-hati dalam mencabut tanaman agar tidak merusak tanaman sebelahnya. Lakukan penyemprotan pestisida bila serangan hama dan penyakit semakin parah. sebaiknya penyemprotan 2 minnggu sebelum panen. 





Pengolahan Tanah Menanam Sawi


Lahan untuk menanam bibit sawi yang telah bertunas, harus diolah atau digemburkan terlebih dahulu. Pengolahan lahan tanam dimaksudkan untuk mendapatkan tanah yang gembur sehingga pertumbuhan tanaman akan baik. Pengolahan tanah juga untuk memperbaiki struktur tanah sehingga cocok ditanami sawi. 

Pengolahan lahan dengan cara tanah dicangkul hingga gembur. Gulma atau rumput liar dibersihkan agar tidak mengganggu pertumbuhan sawi. Tanah dicangkul sampai sedalam 20 - 40 cm. Lalu tambahkan pupuk organik sebanyak 10 ton per hektar. 

Pemberian pupuk organik untuk memperbaiki unsur hara tanah. Lahan untuk menanam sawi juga harus terbuka dan tidak ada naungan. 

Jika tanah terlalu asam, lakukan pengapuran untuk menaikkan pH tanah. Pengapuran ini harus dilakukan 2 - 4 minggu sebelum penanaman bibit dan menggunakan kapur Dolomit. Selanjutnya buat bedengan panjang 1 - 3 meter, lebar 80 - 120 cm. Tinggi bedengan 20 - 30 cm. 

Jarak tanam sawi adalah 25 - 30 cm setiap tanaman dan sampai kedalaman 6 - 10 cm. Setelah bibit sudah dimasukkan, timbun dengan tanah hingga sebagian batangnya. Sebaiknya timbun menggunakan kompos atau pupuk kandang. 





Pemeliharaan Menanam Sawi yang Benar


Pastikan tanaman sawi mendapatkan paparan sinar matahari maksimal 7 jam sehari. Sawi harus disiram 2 kali sehari agar tanah tetap basah dan lembab. Namun jika hujan turun, penyiraman dikurangi dan pastikan hujan tidak terlalu lebat. 

Penyiraman dapat dilakukan sekaligus dengan pemupukan. Yaitu air dicampur pupuk organik atau pupuk kimia. 

Penjarangan yaitu tanaman sawi dicabut karena tanaman tumbuh terlalu rapat. Penjarangan dilakukan setelah umur 14 - 18 HST. Penyulaman yaitu mencabut tanaman yang rusak atau mati lalu diganti dengan tanaman baru yang kuat, subur dan kokoh. 

Penyulaman dapat dilakukan 2 - 4 kali bila tanaman masih ada yang rusak. Penyiangan dilakukan sebanyak 2 - 4 kali selama masa tanam sawi. Penyiangan dengan mencabut gulma atau rumput liar disekitar tanaman. Tanah lalu digemburkan untuk memudahkan akar bergerak dan menyerap unsur hara. 

Pemupukan diberikan setelah umur 3 minggu setelah tanam. Pemberian pupuk Urea 1 sendok teh dicampur dalam 25 liter air. Siramkan pupuk ke tanaman pada pagi dan sore hari. 

Pengendalian hama yang biasa menyerang tanaman sawi adalah ulat perusak daun, ulat tanah dan ulat grayak. Penyakit pada tanaman sawi adalah bercak daun,penyakit busuk Alternaria, akar gada dan busuk daun. 

Hama dan penyakit menyerang pastinya dapat menurunkan kualitas manfaat tanaman sawi. Sebaiknya penyemprotan pestisida 2 minggu sebelum panen. 

Pemanenan Sawi dilakukan umur 50 - 80 HST tergantung varietas tanaman. Cara panen sawi yaitu tanaman dicabut hingga akrnya. Atau tanaman dipotong sampai batang dan daun saja. Setelah dipanen, bersihkan sawi dari kotoran bila ada yang melekat. Simpan tanaman sawi dengan posisi berdiri dan percikkan sedikit air. 



Manfaat Sayuran Sawi Dapat Dinikmati Setiap Hari 


Manfaat sayuran sawi mungkin belum banyak diketahui masyarakat. Sayuran sawi terdapat beberapa jenis dan semua memiliki manfaat sayuran sawi yang sama. Sayuran sawi sering digunakan sebagai pelengkap sajian bakso, mie ayam bahkannasi goreng. 

Tidak hanya sebagai pelengkap, manfaat sayuran sawi baik untuk kesehatan karena meiliki kandungan nutrisi penting. Manfaat sayuran sawi dapat mencegah serangan penyakit dan menambah daya tahan tubuh kita.  

Manfaat sayuran sawi dapat Anda nikmati setiap hari dan setiap saat dengan menanamnya sendiri. Praktek menanam sawi mudah hingga pemeliharaannya. Tantangan terbesar budidaya sawi adalah mengendalikan serangan hama dan penyakit. 

Karenanya Anda sebaiknya rutin mengontrol tanaman. Bila menemukan ada ulat atau kutu dapat dimatikan langsung sehingga penyemprotan dapat ditekan. Lakukan penyiraman secara rutin karena tanaman sawi menyukai tanah yang lembab. 

Demikian artikel Kami dengan judul : Manfaat Sayuran Sawi, Jenis Sayur Hijau yang Mudah Menanamnya. Hubungi nomer kontak Kami di 082141747141 ( telepon ) dan 08125222117 ( SMS/WA ). Toko pertanian online LMGA Agro jual segala kebutuhan bercocok tanam bagi petani dan hobiis berkebun. 

Toko pertanian online LMGA Agro berpengalaman menjadi supplier bagi petani dan toko-toko pertanian.  Kami menyediakan benih hibrida terbaik, pupuk, pestisida, ZPT dan alat-alat pertanian lengkap. Kami juga menerima layanan konsultasi gratis pertanian. 

Kami siap kirim pesanan Anda ke seluruh wilayah Indonesia. Bersama jasa ekspedisi JNE, KI8, Pos Indonesia dan lain-lain. Kami juga mengajak kerja sama sebagai dropship dan reseller pertanian. 

Semoga artikel Kami bermanfaat dalam menjabarkan manfaat sayuran sawi. Jenis sayuran hijau kaya manfaat dan mudah menanamnya baik disawah, kebun hingga pekarangan rumah. Manfaat sayuran sawi dapat dinikmati setiap hari dengan berbagai bentuk olahannya. Salam sukses.... 
  




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon untuk berkomentar secara bijak dan sesuai bahasan.