TOKO PERTANIAN LMGA AGRO, TEMPAT BELANJA ONLINE PETANI MURAH, AMAN DAN PROMO. SEGERA BELANJA! HUBUNGI KAMI DI : SMS / WA : 081 252 22 117, LAYANAN KONSULTASI PERTANIAN GRATIS HP. 082 141 747 141.

KETIK JUDUL/LABEL ARTIKEL YANG DICARI PADA KOLOM DI BAWAH INI

10/11/22

Pemupukan Cabe Setelah Tanam Jenis Benih Cabai Terbaik - LMGA Agro

pemupukan cabe, pupuk cabe, cabai, benih cabe, cara menanam cabe, toko pertanian, toko online, lmga agro
Pupuk NPK Mutiara 
Pemupukan Cabe Setelah Tanam Jenis Benih Cabai Terbaik - LMGA Agro. HP 082141747141 ( telepon ) dan 08125222117 ( WA ). Toko pertanian LMGA Agro online jual produk pertanian lengkap dan murah berkualitas. 

Jual produk pertanian lengkap mulai dari benih hibrida tanaman sayur dan buah, pupuk berkualitas, pestisida, ZPT hingga alat sarana prasarana budidaya pertanian. 

Harga murah produk pertanian berkualitas. Toko pertanian LMGA Agro online terdekat siap kirim pesanan Anda. Barang terjamin sampai alamat tujuan. 

Beli sekarang kebutuhan bercocok tanam berkualitas murah dan grosir di kios pertanian supplier produk terbaik LMGA Agro. 

Pemupukan cabe menjadi perhatian penting dalam budidaya cabe. Pemupukan cabe berlangsung dua kali proses yaitu sebelum tanam dan pemupukan cabe setelah tanam. 

Sebelum tanam bersamaan dengan persiapan lahan dan proses paling lama dan membutuhkan perhatian tinggi yaitu pemupukan cabe setelah tanam

Karena pemupukan cabe setelah tanam ini berlangsung berkali-kali sampai muncul buah bahkan setelah panen pun, pemupukan tetap ada. Sampai produktivitas tanaman menurun. 

Pemupukan cabe setelah tanam dapat mulai saat umur 7 - 10 hari setelah tanam. Tanaman masih muda lebih membutuhkan banyak pupuk organik karena tanaman masih rentan keracunan pupuk. Pupuk kimia sebaiknya mulai setelah umur 30 HST. 

Panen cabe ini berlangsung sampai 15 kali bahkan lebih tergantung dari kesuburan tanaman dan setiap selesai panen, biasanya Petani memberikan pupuk agar buah tetap bisa maksimal. 

Pemupukan berfungsi membuat tanaman cabe berbuah banyak, lebat, besar dan rajin berbuah sampai panen berakhir. Tanaman cabe merupakan jenis tanaman menahun dan dapat hidup sampai 2 tahun. 

Interval panen 3 - 5 hari sekali. Apalagi bila menggunakan bibit dari benih berkualitas cabe dan pupuk terbaik. Pemupukan juga harus memperhatikan dosis, cara pemberian dan waktu pemberian. 

Pupuk dan Pemupukan Cabe

pemupukan cabe, pupuk cabe, cabai, benih cabe, cara menanam cabe, toko pertanian, toko online, lmga agro
Tanaman Cabe Rawit
Pemupukan cabe bertujuan untuk mendapatkan buah lebat, banyak, berukuran besar dan tanaman rutin berbuah. Tanaman cabe memang akan terus menerus berbuah sampai habis. 

Jenis pupuk cabe harus menyesuaikan kondisi dan usia tanaman. Kesalahan pemupukan dalam jumlah takarannya dapat mengakibatkan sampai kematian tanaman. 

Sangat tepat kiranya mengetahui cara memberikan pupuk cabe mulai dari umur 1 hari. Tanaman cabe umur satu hari  sampai 30 hari sangat rentan. 

Tanaman muda sebelum umur 30 hari, akar tanaman masih belum berkembang maksimal dan daya hidup sangat kurang. Sehingga sebaiknya tidak memberikan pupuk pada umur kurang dari 30 hari. 

Tingkat pH pupuk juga belum cocok dengan bibit cabai sebelum umur 30 hari. Pemberian pupuk justru dapat mengganggu pertumbuhan tanam dan membuat tanaman layu hingga kematian. 

Berikan pupuk kimia pada tanaman cabe saat umur lebih dari satu bulan. Akar tanaman cabai umur lebih dari 30 hari telah mampu beradaptasi baik dengan kondisi lingkungannya. 

Tanaman cabai umur lebih dari satu bulan sudah tahan terhadap perubahan suhu dan pH. Terbaik dalam pemupukan cabe setelah tanam yaitu menggunakan pupuk organik lebih banyak sebelum umur 30 hari. 

Berikan pupuk organik baik pupuk kandang maupun kompos. Pupuk kandang bisa berbahan kotoran ayam yang telah terfementasi dengan baik. Jemur kotoran ayam sampai berkurang kelembabannya. 

Campurkan kotoran ayam dengan tanah perbandingan 3 bagian tanah : 1 bagian kotoran ayam. Bila sudah jadi, masukkan pupuk pada bagian atas polybag. Atau sebarkan mengelilingi tanaman. 

Jangan membuat pupuk kandang kotoran ayam dengan perbandingan lebih dari 3 : 1 tadi. Hal tersebut karena kotoran ayam mengandung ammonia bersifat asam dan dapat menyebabkan busuk akar.   

Baca Juga : Tanki Sprayer Elektrik CBA Kuat Tahan Lama Disukai Petani Indonesia

Pemupukan Cabe Setelah Tanam Agar Cepat Berbuah

pemupukan cabe, pupuk cabe, cabai, benih cabe, cara menanam cabe, toko pertanian, toko online, lmga agro
Tanaman Cabe Besar

Setelah pemberian pupuk organik pada awal umur tanaman, maka baru tanaman dapat menerima baik unsur hara dari pupuk kimia. 

Pupuk kimia atau anorganik ini membuat tanaman cabe cepat berbuah dan ukuran buah bisa besar. Berikan pupuk anorganik agar cepat berbuah yaitu pupuk Urea, Phonska cair, NPK dan TSP. 

Jangan berhenti memberikan pupuk kandang/kompos karena dapat memperbaiki kesuburan tanah yang berkurang karena pemberian pupuk anorganik

Pupuk organik dapat menggemburkan tanah sampai tanaman berbuah nanti. Memasuki fase generatif dan waktu berbuah, hentukan pemupukan cabe menggunakan pupuk kimia. 

Terutama saat tanaman memasuki masa berbunga dan penyerbukan. Berikan pupuk organik cair dan pupuk Phonska dalam bentuk larutan. 

Pupuk kandang berikan dengan cara membuat alur mengelilingi tanaman. Pupuk berguna untuk memberikan unsur hara dan melancarkan  sirkulasi udara dalam tanah.   

Pemupukan cabe setelah tanam bermaksud untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tanaman sehingga tanaman tumbuh subur dan berbuah lebat. 

Setiap petani cabe berbeda dalam melakukan pemupukan cabe setelah tanam. Tidak ada waktu paling tepat memberikan pupuk setelah tanam cabe. 

Sebagian besar Petani melakukan pemupukan cabe setelah tanam saat umur 7, 10 atau 15 hari setelah tanam. Dan semua pupuk bagus untuk tanaman cabe baru tanam. 

Selain tentunya pupuk organik juga baik untuk tanaman baru pindah tanam. Setelah umur 7 - 10 hari, berikan pupuk susulan menggunakan NPK baik Phonska maupun 16-16-16. 

Pemupukan cabe setelah tanam dapat pula menggunakan pupuk tunggal mengandung unsur N, P dan K yaitu pupuk Urea, ZA, TSP/SP-36 dan KCl.  

Baca Juga : Cara Menanam Cabe Hai-Lux Tahan Virus dan Thrips

Pemupukan Susulan Tanaman Cabe 

pemupukan cabe, pupuk cabe, cabai, benih cabe, cara menanam cabe, toko pertanian, toko online, lmga agro
Pupuk NPK 
Cap Tawon

Pemupukan susulan menggunakan pupuk NPK perlu penambahan pupuk kimia lain seperti TSP atau SP-36 dan KCl. Awal pertumbuhan tanaman cabe membutuhkan unsur P tinggi. 

Peran unsur P untuk tanaman cabe yaitu merangsang pertumbuhan akar dan pembentukan batang. 

Pemupukan cabe setelah tanam umur 7 - 15 hari setelah tanam, dimana akar dan batang belum cukup kuat dan tanaman rentan keracunan pupuk. 

Sampai umur 15 hari setelah tanam, pemupukan tidak perlu menggunakan dosis yang banyak. Berikan takaran dosis sebanyak 3 gram per tanaman atau 3 kg pupuk untuk 1000 tanaman. 

Pemupukan cabe setelah tanam dapat Anda berikan dengan cara kocor atau cara tabur sekeliling tanaman. Aplikasi tabur pemupukan cabe setelah tanam yaitu, berikan pupuk melingkari tanaman. 

Jarak alur pupuk yaitu 5 - 10 cm dari pangkal batang kemudian tutup pupuk dengan tanah. Selanjutnya lakukan penyiraman agar pupuk cepat terserap oleh tanaman. 

Aplikasi pemupukan cabe cara kocor yaitu sebanyak 3 gram NPK larutkan dalam 200 ml liter air atau 3 kg NPK larutkan dalam 200 liter air. Kocorkan ke tanaman sebanyak 200 ml per tanaman. 

Pemupukan cabe setelah tanam dapat Anda mulai mulai hari ke-7, ke-10 atau ke-15. Ulangi lagi pemupukan setiap 7, 10 atau 15 hari sekali. 

Setiap bertambah umur pemupukan cabe, tambahkan sedikit demi sedikit dosis pupuk. Karena semakin bertambah umur maka kebutuhan pupuk juga semakin banyak. 

Pemupukan cabe setelah tanam ini dapat Anda lakukan berkali-kali sampai tanaman berbuah dan setiap kali panen. Hentikan setelah buah sudah mulai berkurang dan tanaman tidak berbunga lagi. 

Tidak ada batasan pemupukan cabe setelah tanam. Selama tanaman cabe masih muncul buah maka berikan pupuk baik organik dan anorganik. 

Baca Juga : Tanaman Hortikultura Untuk Peluang Usaha Budidaya

Dosis Pemupukan Cabe Setelah Tanam

pemupukan cabe, pupuk cabe, cabai, benih cabe, cara menanam cabe, toko pertanian, toko online, lmga agro
Benih Cabe Besar 
Sios Tavi F1

Hasil penelitian perlakuan pemupukan berdasarkan kebutuhan hara tanaman hingga status hara tanah. Paling baik yaitu pemupukan 150 Nitrogen + 150 kg Fosfor + 15 ton pupuk kandang per hektar. 

Rekomendasi pemupukan cabai oleh Balitsa pada lahan kering yaitu 151 kg K/hektar, 69 kg P2O5/hektar dan 120 kg K2O/hektar. 

Pemupukan cabe saat musim hujan  sebesar 60,3 kg N/hektar, 69 kg P2O5/hektar dan 100 kg K2O/hektar. 

Tanaman cabe merupakan tanaman memiliki rasa sensitif tinggi terhadap kelebihan dan kekurangan air. Curah hujan tinggi menyebabkan terjadinya genangan air pada lahan penanaman. 

Akibatnya aerasi tanah memburuk dan tidak menguntungkan bagi pertumbuhan akar tanaman. Pemupukan cabe setelah tanam umur 10 - 30 HST sebaiknya intensif berikan pupuk Urea. 

Kandungan Nitrogen dalam pupuk Urea dapat merangsang tunas-tunas baru pada tanaman cabai. Beda pupuk Urea dan NPK yaitu kandungan Nitrogen dalam pupuk Urea lebih tinggi daripada dalam NPK. 

Pupuk Urea mengandung 46% unsur Nitrogen yang berarti dalam 100 kg pupuk terdapat 46 kg kandungan Nitrogen. Pupuk Urea berbentuk butir-butir kristal putih.   

Pupuk NPK mengandung 3 unsur makro tanaman yaitu Nitrogen, Fosfor dan Kalium. Pupuk NPK ini salah satu pupuk majemuk paling banyak penggunaannya. 

Pada pupuk NPK, terdapat peringkat atau label berdasarkan kadar komposisi N, P dan K. Nilai besar N merupakan persentase unsur Nitrogen dari berat pupuk. 

Sedangkan nilai unsur P dan K mewakili bentuk oksidanya yaitu P2O5 untuk unsur P dan K2O untuk unsur K. 

Baca Juga : Pentingnya Pengendalian Gulma Terhadap Pertumbuhan Tanaman

Pemupukan Cabe Setelah Tanam Merangsang Bunga dan Buah

pemupukan cabe, pupuk cabe, cabai, benih cabe, cara menanam cabe, toko pertanian, toko online, lmga agro
Pupuk NPK
Phonska Plus

Pemupukan cabe setelah tanam terdapat pupuk khusus merangsang pertumbuhan bunga dan buah. Gunakan pupuk MKP sebagai pupuk perangsang bunga dan buah tanaman cabe. 

Toko Pertanian LMGA Agro jual pupuk MKP Cap Pak Tani. Pupuk MPK merupakan singkatan Mono Kalium Phosphate. 

Pupuk MPK mengandung 52% Fosfat dan 35% Kalium. Peran unsur Fosfat yaitu merangsang pembungaan. Peran unsur Kalium yaitu menguatkan tanaman dan buah. 

Intinya bahwa pupuk MKP untuk merangsang pertumbuhan akar dan pembungaan sekaligus mencegah kerontokan bunga dan buah. 

Cara aplikasi pupuk MPK untuk merangsang bunga dan buah menggunakan dua cara yaitu kocor dan semprot. 

Sistem kocor aplikasi pupuk MKP yaitu campurkan dengan pupuk KNO3 Putih. Fungsi pupuk KNO3 Putih untuk meningkatkan hasil panen tanaman berbuah seperti cabai. 

Masukkan 3 sendok makan pupuk MKP dalam 10 liter air, tambahkan 5 sendok makan pupuk KNO3 Pitih. Aduk kedua bahan sampai larut merata. 

Setelah larut, kocorkan atau siramkan pada tanah dekat tanaman. Jangan siramkan pupuk langsung ke tanaman. Dosis takaran 10 liter lautan pupuk tadi untuk 50 tanaman cabai. 

Aplikasi cara semprot yaitu larutkan sebanyak 2 - 4 sendok makan pupuk MKP atau 5 - 10 gram pupuk larutkan dalam 2 liter air. Semprotkan secukupnya pada tanaman cabai. 

Berikan pupuk MKP saat tanaman mulai muncul pentil-pentil bunga atau Anda berikan saat muncul buah cabe.

Aplikasi pupuk MKP ini harus Anda berikan saat tanaman mulai ada bunga yaitu sekitar umur 42 HST. Pemupukan berlangsung sebanyak 7 - 9 kali sampai panen selesai dan interval seminggu sekali. 

Baca Juga : Cari Benih Cabe Lado Panah Merah Susah, Hubungi LMGA AGRO

Pupuk Organik untuk Pemupukan Cabe Setelah Tanam 

Pupuk organik memberikan pengaruh besar terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman cabai. Dosis paling baik untuk tanam cabai yaitu 15 ton/hektar pupuk organik.

Dosis tersebut memberikan hasil tinggi dari tinggi tanaman, jumlah cabang produktif, berat buah per tanaman dan produksi tanaman. 

Pupuk organik antara lain yaitu pupuk kandang dari kotoran ternak ayam mengandung Nitrogen tinggi dibandingkan jenis pupuk kandang lain. 

Penambahan pupuk kandang pada tanaman menyebabkan ketersediaam unsur hara dalam tanah semakin besar. Memungkinkan tanaman lebih banyak menyerap Nitrogen. 

Pupuk kandang ayam berkombinasi dengan pupuk Urea mengandung N tinggi dibandingkan pupuk kandang sapi. 

Pupuk organik mengandung unsur hara makro ( N, P dan K ) serta unsur mikro semakin meningkat kandungan hara dalam pupuk. 

Proses pengomposan dan pembakaran pupuk mempengaruhi pada kualitas hara tanah. Pertumbuhan cabai sangat bergantung pada ketersediaan unsur-unsur hara yang cukup dan berimbang. 

Unsur hara dalam tanah berasal dari biomassa daun, ranting dan vegetasi yang mengalami pelapukan. Karena itu pupuk organik bersifat alami dan cocok untuk persiapan lahan sebelum tanam. 

Pupuk organik merupakan bahan alami untuk memperbaiki kondisi tanah rendah unsur hara karena pemakaian pupuk kimia terus menerus. 

Pemakaian pupuk anorganik memang mampu meningkatkan produktivitas tanah namun hanya dalam waktu singkat. Selanjutnya berakibat kerusakan pada struktur tanah. 

Tanah menjadi keras hingga menurunkan produktivitas tanaman. Pupuk organik mampu memperbaiki struktur tanah dan tanah dengan bahan organik tercukupi akan mampu mengikat air dengan baik. 

Pemupukan Cabe Setelah Tanam Hasil Maksimal

pemupukan cabe, pupuk cabe, cabai, benih cabe, cara menanam cabe, toko pertanian, toko online, lmga agro
Benih Cabe Rawit Maruti 
Pertiwi

Pemupukan susulan saat tanaman telah tanam pada lahan tetap atau untuk penanaman polybag berukuran besar. Pemupukan cabe setelah tanam menggunakan pupuk NPK dengan takaran 5 gram.

Pupuk larutkan dalam 1 liter air dan dosis untuk 5 tanaman yaitu masing-masing sebanyak 200 ml per tanaman. Kemudian larutan pupuk Anda kocorkan ke tanaman dan ulangi 7 - 10 hari sekali.  

Pemupukan cabe setelah tanam cara lain yaitu dosis untuk 1000 tanaman. Pupuk setelah tanam atau pupuk susulan mulai umur 10 HST jumlah dosis 4 kg. 

Larutkan pupuk NPK 16-16-16 sebanyak 4 kg dan larutkan dalam 250 liter air. Aduk sampai merata lalu kocorkan ke tanaman sebanyak 200 - 250 ml per tanaman. 

Pemupukan cabe setelah tanaman saat umur 17 HST sebesar dosis 6 kg. Pemupukan menggunakan cara kocor yaitu pupuk NPK 16-16-16 sebanyak 6 kg.

Larutkan dalam 250 liter air dan kocorkan ke tanaman sebanayk 200 - 250 ml pada tanah dekat tanaman. 

Pemupukan cabe setelah tanam ke-3 yaitu umur 24 HST dosis sebesar 8 kg. Pemupukan ketiga ini menggunakan pupuk tunggal. 

Yaitu 1 kg Urea + 4 kg NPK + 1 kg KNO Putih + 1 kg TSP + 1 kg MKP = 8 kg. Larutkan semua bahan dalam 250 piter air dan kocorkan ke tanaman 200 - 250 ml dalam lubang pupuk. 

Sebelumnya buatlah lubang pupuk pada samping kanan dan kiri tanaman berjarak 15 cm dari pangkal batang. Apabila tidak menggunakan mulsa plastik maka pupuk dapat Anda taburkan langsung. 

Taburkan pupuk pada sekeliling tanaman berjarak 15 cm lalu tutup dengan tanah. 

Baca Juga : Cara Menanam Cabe Red Lava F1 Produk Takii Seed 

Pemupukan Cabe Setelah Tanam Umur 30 HST

Pemupukan susulan keempat jumlah dosis 10 kg terdiri dari 1 kg Urea + 4 kg NPK + 2 kg KNO Putih, 2 kg TSP + 1 kg MKP. Larutkan dalam 250 liter air dan berikan dengan cara kocor. 

Pemupukan cabe setelah tanam umur 40 HST jumlah takarannya 12 kg. Yaitu terdiri dari 6 kg NPK + 2 kg KNO Putih, 2 kg TSP + 2 kg MKP. 

Larutkan juga dalam 250 liter dan berikan cara kocor dengan jumlah dan cara sama dengan pemupukan sebelumnya. 

Pemupukan cabe setelah tanam umur 50 HST jumlah dosis 15 kg. Terdiri dari 8 kg NPK, 2 kg KNO Putih, 3 kg TSP + 2 kg MKP. Larutkan dalam 250 liter air dan kocorkan ke tanaman cara yang sama. 

Selanjutnya dosis dan jenis pupuk sama untuk 10 hari ke depan sampai setelah panen. Berikan juga pupuk organik secara teratur untuk memperbaiki struktur tanah agar tetap subur. 

Setelah panen, tetap berikan pupuk sama agar tanaman tetap menghasilkan buah secara optimal. Bila menunjukkan produktivitas buah menurun maka hentikan pupuk anorganik. 

Demikian artikel Kami judul : Pemupukan Cabe Setelah Tanam Jenis Benih Cabai Terbaik - LMGA Agro. Hubungi kontak Kami 082141747141 ( telp ) dan 08125222117 ( WA ). 

Toko pertanian LMGA Agro online terdekat belanja kebutuhan bercocok tanam lengkap. Menyediakan beragam varietas benih, pupuk berkualitas, pestisida, ZPT dan alat pertanian. 

Harga murah produk pertanian terbaik Kami siap kirim ke alamat Anda. Barang terjamin sampai tujuan. Kami menerima layanan konsultasi gratis pertanian. 

Semoga artikel Kami bermanfaat tentang pemupukan cabe setelah tanam. Jual benih cabe berkualitas di Toko Pertanian LMGA Agro. Salam sukses....

RELATED POSTS

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jika anda ingin komentar Gunakan alamat email yang jelas ( Jangan Anonymous ). Mohon komentar secara bijak dan sesuai bahasan.