TOKO PERTANIAN LMGA AGRO, TEMPAT BELANJA ONLINE PETANI MURAH, AMAN DAN PROMO. SEGERA BELANJA! HUBUNGI KAMI DI : SMS / WA : 081 252 22 117, LAYANAN KONSULTASI PERTANIAN GRATIS HP. 082 141 747 141.

KETIK JUDUL/LABEL ARTIKEL YANG DICARI PADA KOLOM DI BAWAH INI

08/11/22

Bibit Cabai Besar Paling Bagus Benih Berkualitas Terbaik - LMGA Agro

jual benih, cabai besar, cabe merah, cabe keriting, bibit cabai, toko pertanian, toko online, lmga agro
Benih Cabai Besar
Bibit Cabai Besar Paling Bagus Benih Berkualitas Terbaik - LMGA Agro. HP 082141747141 ( telepon ) dan 08125222117 ( WA/SMS ). Toko Pertanian LMGA Agro online jual benih bibit cabai besar paling bagus dan berkualitas. 

Harga murah benih bibit cabai besar paling bagus lengkap di Toko pertanian LMGA Agro distributor produk pertanian terpercaya. Supplier benih bibit cabai besar paling bagus tahan virus dan terbaik. 

Toko pertanian LMGA Agro terdekat melayani belanja online praktis dan cepat produk pertanian berkualitas. Lengkap menyediakan benih terbaik tanaman sayur dan buah. 

Menyediakan juga pupuk berkualitas, pestisida, ZPT hingga alat pertanian untuk sarana prasarana budidaya tanaman. Kami menerima layanan konsultasi gratis pertanian. 

Beli sekarang benih cabai besar tahan virus terdekat dan berkualitas harga murah di Toko pertanian LMGA Agro melayani online. 

Benih bibit cabai besar paling bagus tumbuh baik saat musim hujan dan kemarau. Benih berkualitas dengan adaptasi luas dan pertumbuhan sehat serta kokoh. 

Bibit cabai besar paling bagus berkualitas dan murah di Toko pertanian LMGA Agro. Benih bibit cabe besar keluaran pabrik benih terpercaya. Benih rekomendasi dengan adaptasi tumbuh cukup luas. Hasil panen tinggi mulai 23 ton/hektar. 

Beli produk harga murah namun berkualitas benih terbaik dan lengkap di Toko pertanian LMGA Agro. Produk terpercaya dan menjadi andalan Petani karena poitensi hasil yang tinggi. 

Bibit cabai merah tumbuh sehat dengan perlakuan pemeliharaan yang tepat akan menghasilkan panen maksimal. Benih terbaik dengan banyak keunggulan menjadi pilihan selalu petani setiap musim tanam. 

Kualitas benih produk terbaik pabrik benih yang telah bertahun-tahun menjadi kepercayaan petani. Bibit cabai bagus tahan virus dan hasil buah dengan penampilan kuat dan tahan penyimpanan lama. 

Bibit Cabai Besar Paling Bagus 

Cabai Besar Baja F1

Benih cabai besar terbaru dari PT East West Seed Indonesia ( EWINDO ) Cap Panah Merah. Rekomendasi benih untuk dataran rendah sampai menengah. 

Potensi hasil panen 1 - 1,5 kg/tanaman. Hasil panen 1 kg menghasilkan 70 - 80 buah. Buah cabe Baja F1 panjang 14 cm berdiameter 1,5 - 1,6 cm. 

Umur panen mulai 75 - 80 HST. Benih tahan penyakit Layu bakteri ( Pseidomonas solanacearum ), busuk batang cabai ( Phytopthora capsici ) dan ketahanan medium terhadap Gemini virus. 

Budidaya cabai besar lakukan pengaturan pupuk P dan K saat fase generatif mampu meningkatkan kualitas warna merah buah. 

Cabai Besar Columbus F1 cap Kapal Terbang

jual benih, cabai besar, cabe merah, cabe keriting, bibit cabai, toko pertanian, toko online, lmga agro
Benih Columbus F1

Bibit cabai besar paling bagus produk PT BISI ini vigor tanaman kokoh dan banyak percabangan. Adaptasi luas pada dataran rendah sampai tinggi. 

Benih bibit cabai besar yang tahan penyakit layu bakteri, fusarium dan medium resistan dari Gemini virus. 

Buah mudah terbentuk juga saat penanaman musim penghujan. Panjang buah cabe Baja F1 ini kurang lebih 17 cm dan diameter 1,5 cm. 

Buah cukup lentur sehingga tidak beresiko rusak atau patah saat pengemasan, penyimpanan dan pengangkuran. Umur panen mulai 75 HST. Potensi hasil sekitar 25 ton/hektar. 

Baca Juga : Bisnis Bidang Pertanian Ini Layak Dicoba

Cabe Besar Horison 97 cap Kapal Terbang

Rekomendasi benih untuk dataran rendah sampai tinggi. Perawatan mudah, pertumbuhan sangat kokoh dan toleran penyakit layu. 

Buah mudah terbentuk meski kondisi cuaca kurang baik. Panjang cabai besar sekitar 16 cm dan diameter 1,5 cm. Buah lentur dan tahan penyimpanan lama serta pengangkutan jarak jauh. 

Umur panen mulai 75 HST dengan potensi hasil 33 ton/hektar. 

Cabe Besar Imola F1 Eston Seed

Benih bibit cabai besar cocok untuk dataran sampai tinggi. Benih tahan Gemini virus, layu fusarium, layu bakteri dan layu Phytopthora. 

Buah cabai besar yang panjang dan besar dengan potensi hasil 1 - 2 kg/tanaman. Umur panen mulai 72 HST. 

Cabe Besar Imperial Ijo F1

Benih bibit cabe besar tahan virus produk PT BISI International. Rekomendasi untuk dataran rendah dengan tipe pertumbuhan tegak. 

Benih tanaman tahan layu bakteri, busuk batang dan virus Gemini. Umur panen mulai 75 HST dan panjang cabe sekitar 17 - 18 cm. Buah berdiameter 1,3 cm. Potensi hasil 20 - 27 ton/hektar. 

Cabe Besar BF 105 - 2121 F1

Benih tahan layu anti virus produk Known You Seed. Benih rekomendasi untuk dataran rendah sampai tinggi. 

Tipe tanaman tegak dan cocok untuk musim hujan sampai kemarau. Umur panen mulai 90 - 100 HST. Panjang 16 - 17 cm diameer 2 cm. Poensi hasil 1,5 kg/tanaman atau 26 - 30 ton/hektar. 

Baca Juga : Tanaman Cabai Santa 32 Andalan Petani

Media Tanam Terbaik Bibit Cabai Besar Paling Bagus

jual benih, cabai besar, cabe merah, cabe keriting, bibit cabai, toko pertanian, toko online, lmga agro
Benih Imola 

Media tanam berguna sebagai tempat menumbuhkan tanaman. Media tanam tempat akar atau bakal akar tumbuh dan berkembang. 

Media tanam berfungsi bagi tanaman sebagai tempat akar mencengkeram sehingga tajuk tanaman dapat tegak dan kokoh berdiri. Media tanam mengandung unsur hara untuk menghidupi tanaman. 

Hampir semua jenis tanah cocok untuk budidaya cabai besar. Namun terbaik adalah tanah humus dan kaya unsur hara. Tanah memiliki drainase yang baik juga aerasi tanahnya. 

Air harus cukup tersedia selama pertumbuhan dan perkembangan tanaman. Media tanam untuk tanaman cabe besar dalam polybag atau pot terdiri dari tanah dan pupuk organik. 

Pupuk organik dapat menggunakan pupuk kandang aau kompos dan perbandingan tanah : pupuk organik = 1 : 1. Jika tanahnya padat tambahkan sekam bakar atau sekam lapuk. 

Perbandingan tanah : pupuk organik : sekam = 3 : 2 : 1. Tanaman cabe memiliki syarat tumbuh sebagai berikut, yaitu : tumbuh baik pada dataran rendah sampai tinggi. 

Ketinggia tempat yang cocok yaitu mulai 1 - 1500 m dpl. Keasaman tanah atau pH antara 5,5 - 6,5. Adaptasi tanaman cabe tumbuh cukup luas. 

Tanaman cabai membutuhkan sinar matahari cukup sepanjang hari dan intensitas penyinaran ideal lebih dari 70%. Bila kekurangan cahaya matahari, tanaman akan tumbuh meninggi. 

Selain itu daun dan batang tanaman lemas. Umur panen menjadi lebih panjang karena fase vegetatif lebih panjang dan tidak segera keluar bunga. Hasil produksi rendah karena tidak banyak buah. 

Baca Juga : Jual Benih Hibrida Cabe Keriting Red Sabel Takii Seed

Media Tanam Penyedia Hara untuk Cabe Besar 

Media tanam menyediakan hara terutama lapisan atas harus mengandung bahan organik. Tanah subur dan gembur menjadi kebutuhan tanaman cabe. 

Media tanam pasir memiliki keunggulan yaitu mudah penggunaannya dan dapat meningkatkan aerasi serta drainase media tanam. sebaiknya harus memiliki butiran agak kasar dan lebih besar. 

Butiran lebih besar bertujuan untuk membantu sirkulasi udara dan membuang kelebihan air. Kelemahan media tanam pasir bibit cabai besar paling bagus yaitu penyiraman dan pemupukan harus intensif. 

Sehingga media tanam pasir harus kombinasi dengan tanah dan pupuk kandang. Sekam padi bakar juga umum sebagai campuran dalam media tanam. 

Sifat sekam padi bakar mampu menyimpan air atau unsur hara, prositas tinggi serta memiliki aerasi dan sistem drainase yang baik. Sekam bakar tidak membutuhkan sterilisasi sebagai media tanam. 

Hal tersebut karena patogen penyebab penyakit telah musnah saat pembakaran. Sekam bakar kaya unsur karbon. Tambahkan dengan pupuk kandang agar struktur media tanam semakin baik. 

Tambahan pupuk kandang dapat meningkatkan jumlah organisme baik dalam media tanam. Sehingga proses penguraian bahan organik semakin baik untuk menjadi unsur tersedia bagi tanaman.  

Pupuk kandang bersifat organik dan bersifat menahan air dalam tanah. Pupuk kandang harus sudah terdekomposisi dan sudah matang. Ciri pupuk kandang yang baik yaitu tekstur remah mirip tanah. 

Warna pupuk coklat, tidak berbau dan tidak panas. bahan pupuk bisa berasal dari kotoran ternak ayam, sapi atau kambing. Pupuk kandang harus melewati proses sterilisasi terlebih dahulu. 

Cara sterilisasi yaitu dengan mengukus selama 30 - 60 menit. Atau bila musim kemarau dengan memanfaatkan sinar matahari, penjemuran sampai kering. 

Baca Juga : Jual Bibit Cabe Keriting Iggo Tahan Layu Bakteri

Penanaman dalam Polybag Bibit Cabai Besar Paling Bagus

jual benih, cabai besar, cabe merah, cabe keriting, bibit cabai, toko pertanian, toko online, lmga agro
Benih Baja F1

Penanaman benih bibit cabai besar paling bagus dalam polybag menggunakan media campuran tanah, pasir dan pupuk kandang ( 2 : 2 : 1 ). 

Atau menggunakan campuran tanah, sekam bakar dan pupuk kandang perbandingan 2 : 1 : 1. Aduk hingga tercampur rata campuran tadi. Lalu cek pH menggunakan alat pH meter atau kertas lakmus. 

Nilai pH ideal untuk tanaman cabe yaitu5,5 - 6,8. Jika pH kurang dari 5 berikan kapur Dolomit dan bila pH lebih dari 7 maka berikan pada tanah pupuk belerang. 

Biarkan selama 1 minggu sampai pH netral. Selanjutnya pemupukan dasar menggunakan pupuk NPK 16-16-16 sebanyak 5 gram/tanaman. 

Berikan insektisida sistemik sebanyak 1/2 sendok teh ( Furadan 3G ) berguna untuk mencegah atau mengendalikan hama dalam tanah. Aduk rata insektisida dalam media tanam dan biarkan 2 minggu. 

Setelah 2 minggu, persiapkan wadah polybag, masukkan pecahan genteng atau batu bata merah dan letakkan pada dasar pot. Hal tersebut berguna untuk menegndalikan air siraman. 

Masukkan media tanam yang sudah Anda persiapkan sebelumnya ke dalam polybag sampai setinggi 2/3 tinggi polybag. Biarkan beberapa hari sebelum penanaman bibit cabai besar. 

Bibit cabai besar paling bagus berasal dari benih berkualitas unggul Benih tersebut memiliki produktivitas tinggi, masa panen cepat dan tahan hama atau patogen pengganggu tanaman. 

Benih cabai hibrida berkualitas memiliki daya simpan lama dan cabai dengan tingkat kepedasan tertentu. Penampilan buah berkualitas sesuai permintaan pasar.  

Tanaman Cabe dari Bibit Cabai Besar Paling Bagus

jual benih, cabai besar, cabe merah, cabe keriting, bibit cabai, toko pertanian, toko online, lmga agro
Tanaman Cabe Subur

Bibit cabai besar siap tanam setelah umur 25 - 28 HST. Bibit sudah muncul daun sebanyak 6 termasuk daun semu. Bibit sudah dapat Anda pindah tanam ke lahan tetap.

Persemaian menggunakan tray semai atau bedeng semai/rak dan tempat persemaian menggunakan naungan dari plastik transparan untuk melindungi bibit dari hujan dan terik sinar matahari. 

Campuran media tanam persemaian bibit cabai besar paling bagus yaitu tanah dan pupuk kandang ( 2 : 1 ). Tambahkan dalam persemaian pupuk NPK atau SP-36 dan karbofuran. 

Dua kali ember tanah + 1 ember pupuk kandang + 150 gram NPK + 75 gram Karbofuran menghasilkan sebanyak 300 - 400 kantong polybag semai berukuran 4 x 6 cm. 

Lokasi persemaian harus bersih, tersedia air dengan mudah dan selalu awasi pertumbuhan bibit setiap hari. Jangan berikan pupuk selama persemaian. Berikan insektisida dan fungisida 1/2 dosis anjuran. 

Bila tidak tampak jamur dan hama, jangan lakukan penyemprotan pestisida. Persiapan lahan bila penanaman pada lahan tetap. Persiapan lahan berlangsung 40 hari sebelum penanaman. 

Sehingga lakukan persiapan lahan dahulu sebelum membuat persemaian bibit cabai besar. Lama persemaian cabai adalah 20 - 25 hari. 

Persiapan lahan menggunakan cangkul dan bersihkan gulma. Taburkan pupuk kandang sebanyak 20 ton/hektar. Buatlah bedengan lebar 120 cm dan tinggi 30 - 40 cm. 

Jarak antar bedengan 60 - 70 cm dan panjang bedengan menyesuaikan luas lahan. 

Baca Juga : Benih Cabe Cap Panah Merah Dewata F1 Kualitas dan Hasil Teruji

Cara Menanam Cabe Agar Buah Lebat

jual benih, cabai besar, cabe merah, cabe keriting, bibit cabai, toko pertanian, toko online, lmga agro
Tanaman Cabai Besar
Masih Hijau

Cara menanam cabe sebaiknya saat pagi dan sore hari untuk menghindari terik sinar matahari. Sehari sebelum penanaman, aliri lahan dan buat lubang tanam pada permukaan bedengan. 

Siramkan air juga pada polybag bibit cabai agar mudah melepas bibit  tanpa merusak perakarannya. Tanam pada lubang tanam yang sudah jadi dan berikan air pada bibit yang baru tanam. 

Cara menanam cabe dengan memilih bibit cabai besar yang sehat dan seragam tingginya. Agar nanti hasil panen maksimal dan seragam. 

Pemupukan susulan cara menanam cabe yaitu mulai umur 2 minggu setelah tanam. Masukkan NPK 1/2 gelas dalam air sebanyak 1 ember ( 10 liter ). 

Larutan pupuk ini dapat Anda kocorkan pada 40 tanaman. Ulangi pemupukan setiap 10 - 14 hari sekali tergantung kondisi tanaman. Semakin subur tanaman, interval pemupukan semakin lama. 

Tanaman cabe umur 50 - 65 HST dan umur 115 HST berikan pemupukan susulan dengan cara sistem tabur. Taburkan pupuk sebanyak 1 sendok NPK per tanaman. 

Pengendalian hama dan penyakit dengan selalu menjaga kebersihan lahan. Amati juga perkembangan tanaman dan ada tidaknya hama dan penyakit pada tanaman. 

Lakukan tindakan segera begitu ada indikasi serangan hama menggunakan insektisida dan bila serangan penyakit menggunakan fungisida. Berikan dosis sesuai anjuran pada kemasan. 

Gunakan pestisida secara tepat waktu, sasaran, cara dan dosis sesuai gejala pada tanaman. Amati dan ulangi penyemprotan. Lakukan eradikasi atau membuang tanaman atau bagian tanaman yang sakit. 

Tanaman Cabai Lambat Tumbuh, Kenapa ?

Tanaman cabai tidak tumbuh cepat dan terlihat kerdil akibatnya tanaman lambat berbunga dan tidak menghasilkan buah cabai sesuai harapan. 

Beberapa hal dapat menyebabkan tanaman lambat tumbuh adalah lingkungan tumbuhnya kurang cocok. 

Tanaman cabai merupakan tanaman tropis dan menyukai lingkungan hangat, suka paparan sinar matahari langsung dan penyiraman tepat. 

Perhatikan selalu suhu lingkungan tempat tumbuh tanaman. Lingkungan tanaman cabai harus hangat dan kena sinar matahari langsung setidaknya selama 8 jam. 

Suhu siang hari ideal yaitu 21 - 29 derajat Celcius. Sedangkan suhu malam hari sekitar 15 derajat Celcius. 

Jangan sampai suhu malam kurang dari 13 derajat Celciusa karena akan menghambat pertumbuhan tanaman. 

Lakukan pemangkasan untuk mempercepat pertumbuhan tanaman. Karena pemangkasan akan mempercepat tumbuhnya tunas baru pada batangnya dan tanaman semakin lebat. 

Namun pemangkasan ini tidak cocok untuk cabai pada daerah sejuk atau dataran tinggi. Proses pemangkasannya dapat memperpanjang proses pembungaan  dan buah keluar. 

Sehingga masa panen menjadi lebih lama. Pemberian nutrisi pada tanaman cabai agar tumbuh cepat, kuat dan sehat. 

Berikan pupuk organik lebih banyak karena pupuk organik aman buat tanaman dan lingkungan karena mengandung bahan alami. 

Pupuk organik seperti kompos mengandung Nitrogen kebutuhan tanaman agar cepat tumbuh. Perhatikan pH tanah jaga agar tidak telalu asam dan terlalu basa. 

Karena menyebabkan terhambatnya penyerapan nutrisi oleh tanaman sehingga tanaman tidak bisa tumbuh tinggi. 

Perhatikan penyiraman untuk cabai agar tidak berlebihan maupun kekurangan. Akar tanaman lama tergenang air menyebabkan akar membusuk. 

Lakukan penyiraman 2 kali sehari penyiraman sedang dan selalu periksa kondisi tanah. Demikian artikel tentang bibit cabai besar paling bagus. 

Hubungi kontak Kami 082141747141 (telp ) dan 08125222117 ( WA ). Toko pertanian LMGA Agro terdekat dan harga murah jual produk pertanian lengkap. Kami menerima konsultasi gratis. 

Semoga artikel Kami bermanfaat dan selama mencoba bibit cabai besar paling bagus berkualitas. Beli di toko terdekat toko pertanian LMGA Agro. Salam sukses...

RELATED POSTS

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jika anda ingin komentar Gunakan alamat email yang jelas ( Jangan Anonymous ). Mohon komentar secara bijak dan sesuai bahasan.