TOKO PERTANIAN LMGA AGRO, TEMPAT BELANJA ONLINE PETANI MURAH, AMAN DAN PROMO. SEGERA BELANJA! HUBUNGI KAMI DI : SMS / WA : 081 252 22 117, LAYANAN KONSULTASI PERTANIAN GRATIS HP. 082 141 747 141.

KETIK JUDUL/LABEL ARTIKEL YANG DICARI PADA KOLOM DI BAWAH INI

05/11/22

Jarak Tanam Cabe Rawit Tanpa Mulsa Benih Terbaik Buah Lebat - LMGA Agro

jual benih, cabe rawit, cabai, jarak tanam cabe, mulsa, manfaat cabe, toko pertanian, toko online, lmga agro
Tanaman Cabe Rawit
Jarak Tanam Cabe Rawit Tanpa Mulsa Benih Terbaik Buah Lebat - LMGA Agro. HP 082141747141 ( telepon ) dan 08125222117 ( WA/SMS ). Toko pertanian LMGA Agro online jual produk pertanian terbaik.

Toko pertanian terdekat online LMGA Agro menyediakan beragam produk pertanian lengkap. Produk pertanian harga murah dan grosir produk berkualitas dari perusahaan terkemuka. 

Sebagai distributor terpercaya Kami menyediakan beragam benih hibrida tanaman sayur dan buah, pupuk berkualitas, pestisida, ZPT hingga alat pertanian. 

Toko pertanian LMGA Agro tempat belanja online terdekat produk pertanian harga murah. Kami menerima layanan konsultasi gratis seputar permasalahan budidaya tanaman

Beli sekarang melayani online kebutuhan bercocok tanam lengkap. Kami siap kirim ke alamat tujuan dan jaminan barang aman dan cepat sampai. 

Jual benih bibit tanaman cabe rawit terbaik dan potensi hasil tinggi. Benih dengan jarak tanam cabe rawit tanpa mulsa tetap mampu maksimal menghasilkan panen terbaik. 

Jarak tanam cabe rawit tanpa mulsa lebih ringan biaya dalam budidayanya mengingat harga mulsa plastik juga tidak murah. Jarak tanam cabe rawit lebar dapat menekan serangan hama dan penyakit. Pemakaian mulsa dapat menekan pertumbuhan gulma. 

Jarak tanam cabe rawit tanpa mulsa benih terbaik dan bebas hama penyakit. Pengaturan jarak tanam cabe rawit tanpa mulsa sesuai kebutuhan tanaman dapat menghasilkan buah banyak. 

Cabe rawit mampu tumbuh pada dataran rendah sampai dataran tinggi. Budidaya tanpa mulsa dapat menekan biaya penanaman cabe terutama biaya pemakaian mulsa plastik hitam perak cukup tinggi. 

Banyak keuntungan dan sisi positif dari penanaman cabe rawit menggunakan mulsa. Namun bagi petani dengan modal kecil, biaya pemakaian mulsa plastik juga tinggi mengingat harganya juga terus naik. 

Cara Menanam Cabe Rawit Tanpa Mulsa

Pengolahan Lahan

jual benih, cabe rawit, cabai, jarak tanam cabe, mulsa, manfaat cabe, toko pertanian, toko online, lmga agro
Alat pH-meter
Pengolahan tanah menggunakan cangkul atau alat bajak. Buat bedengan lebar 100 cm dan panjang sesuai luas lahan atau kebutuhan. 

Buat parit sekitar bedengan sebagai jalan mengalirnya air bila hujan turun agar air tidak menggenang. Cek pH tanah menggunakan alat pH meter. Tingkat keasaman pH antara 6 - 7. 

Semprotkan tanah menggunakan Trichoderma berjarak satu minggu sebelum penanaman. Bersihkan lahan dari rumput-rumput liar dan sisa tanaman. 

Lakukan penyiraman saat musim kemarau karena tanah dapat cepat kering. Semprotkan fungisida dan bakterisida ke bibit dalam tempat persemaian. 

Pupuk dasar berikan pupuk kandang. Pupuk susulan setelah tanaman umur 1 bulan dengan cara tabur mengelilingi batang tanaman. Tutup pupuk dengan tanah agar pupuk tidak cepat menguap. 

Pemupukan susulan selanjutnya tanaman cabe rawit yaitu umur 60 HST menggunakan cara tabur sekitar pangkal batang. Cara tabur akan efektif saat musim hujan dan tanah lembab. 

Pemupukan susulan ketiga yaitu umur 90 HST atau setelah melakukan pemanenan. Bersihkan gulma sekitar tanaman dan buang keluar kebun. 

Jarak tanam cabe rawit tanpa mulsa biasanya petani menanam 70 x 70 cm. Penyiraman saat musim kemarau harus lebih sering karena tanah lebih cepat kering. 

Penyiraman boleh Anda lakukan sampai 2 kali sehari atau sesuai kebutuhan.  

Baca Juga : Jual Benih Cabai Keriting Laju F1 Terbaru Panah Merah Harga Murah

Jarak Tanam Cabe Rawit 

jual benih, cabe rawit, cabai, jarak tanam cabe, mulsa, manfaat cabe, toko pertanian, toko online, lmga agro
Tanaman Cabe Sehat

Beberapa penelitian mengenai jarak tanam cabe rawit menyebutkan bahwa jarak tanam 100 x 80 cm berpengaruh pada bobot basah buah per tanaman dan merupakan jarak tanam paling baik. 

Pemberian pupuk kandang untuk budidaya cabe rawit yaitu berasal dari kotoran kambing matang dan sebesar 10 ton/hektar. 

Jarak tanam cabe rawit tanpa mulsa menggunakan 50 x 70 cm juga sudah dapat mendapatkan panen maksimal. 

Jarak tanam cabe rawit tanpa mulsa ini juga dapat Anda gunakan yaitu 60 x 60 cm dan berikan EM-4 konsentrasi 300 liter/hektar. 

Pemberian pupuk kandang sebanyak 1,5 kg dengan jarak tanam cabe rawit tanpa mulsa yaitu 50 x 60 cm mendapatkan hasil paling baik. 

Tanaman cabe rawit mampu berproduksi baik dataran rendah maupun dataran tinggi. Cabe rawit juga relatif lebih tahan dari serangan hama dan penyakit daripada jenis cabe lainnya. 

Manfaat cabe berperan sebagai zat pembangun tubuh, zat pengatur dan zat penambah tenaga. Kandungan nutrisi dalam buah cabe mampu membentuk sel-sel jaringan tubuh. 

Berperan mengganti sel-sel tubuh rusak dan menyediakan tenaga cukup bagi tubuh. Cabe rawit mengandung paling banyak yaitu vitamin A daripada jenis cabe lain seperti cabe besar dan cabe keriting. 

Cabe rawit segar mengandung 11.050 SI vitamin A sedangkan cabe rawit kering hanya 1000 SI vitamin A. 

Baca Juga : Pupuk NPK 16-16-16 Super Star Cap Tawon, Tanaman Cepat Berbunga 

Jarak Tanam Cabe Rawit Tanpa Mulsa dan Hasil Panen

Jumlah populasi tanaman cabe rawit salah satu faktor penting hasil buah cabe maksimal. Dan jumlah populasi tanaman tergantung dari jarak tanam cabe rawit. 

Jarak tanam cabe rawit semakin rapat maka jumlah populasi lebih banyak. Namun karena jarak antar tanaman saling rapat dan berdekatan maka tejadi persaingan antar tanaman. 

Persaingan tanaman adalah memperebutkan unsur hara dalam tanah, air dan cahaya matahari. Tanaman semakin berdekatan, tidak semua tanaman menerima cahaya matahari dengan maksimal. 

Jarak tanam cabe rawit tanpa mulsa juga sering menjadi pilihan Petani. Mulsa berfungsi sebagai pelindung tanaman. 

Keberadaan mulsa cukup pentung antara lain untuk menjaga kelembaban tanah dan menekan pertumbuhan gulma. Adanya mulsa dapat menekan serangan penyakit tanaman. 

Mulsa untuk tanaman terdapat dua macam yaitu berdasarkan bahan asalnya ada mulsa organik dan mulsa anorganik. 

Mulsa organik merupakan mulsa dari bahan alami dan mudah terurai. Yaitu dari sisa-sisa tanaman, jerami dan alang-alang. 

Mulsa anorganik yaitu jenis mulsa berasal dari bahan-bahan sintetis dan tidak teruarai. 

Manfaat mulsa yaitu meningkatkan kelembaban tanah dan suhu tanah dalam keadaan tetap optimal. Mulsa juga dapat mencegah serangan hama seperti siput. 

Jarak tanam cabe rawit tanpa mulsa rapat dapat menimbulkan persaingan antar tanaman. Yaitu dalam hal bersaing menyerap air, unsur hara dan penggunaan cahaya matahari. 

Jarak tanam cabe rawit tanpa mulsa lebar, persaingan kecil kemungkinan terjadi bahkan tidak nyata terjadi persaingan. 

Jarak tanam cabe rawit tanpa mulsa yang tepat mengakibatkan tanaman mampu menerima cahaya matahari dengan baik. Sehingga juga berakibat pada proses fotosintesis berlangsung lancar. 

Tanaman Cabe Rawit Tumbuh Sehat dan Berbuah Lebat

jual benih, cabe rawit, cabai, jarak tanam cabe, mulsa, manfaat cabe, toko pertanian, toko online, lmga agro
Buah Cabai Lebat

Tanaman cabe tumbuh baik mulai dari lingkungan tempat tumbuhnya yang baik juga. Termasuk dengan jarak tanam cabe rawit tanpa mulsa bila terlalu rapat. 

Jarak antar tanaman terlalu rapat maka akar tanaman akan saling berkaitan dan membelit satu sama lain karena memperebutkan unsur hara dalam tanah. 

Akibatnya penyerapan zat hara tidak maksimal dan mengganggu pertumbuhan tanaman pada fase generatif. Bunga terlambat tumbuh dan buah tidak maksimal. 

Jarak tanam cabe rawit berdekatan, tanaman saling menutup sehingga lebih sedikit menerima sinar matahari. 

Karena daun cabang tanaman dan daun saling menutupi maka hasil fotosintesis kurang maksimal. Tanah tempat tumbuh tanaman cabe menjadi salah satu aspek penting kebutuhan hidupnya. 

Tanah menyimpan banyak unsur hara dan bahan organik penting bagi tanaman. Unsur-unsur hara tersebut seperti mineral, air dan udara. 

Tanaman cabe cocok pada berbagai jenis tanah. Petani perlu mengetahui karakter tanah tempat menanam tanaman cabe agar dapat tumbuh baik. 

Bila menegathui tanah akan budidaya cabe adalah tanah liat maka harus lebih intensif dalam pemeliharaan tanaman. Karakteristik tanah liat adalah lengket, mudah berubah bentuk saat basah. 

Namun tanah liat dapat menggumpal keras bila kering. Menanam cabai pada lahan dengan tipe tanah liat, cara menanam Petani yaitu dengan jarak tanam cabe rawit tanpa mulsa plastik hitam perak. 

Pada tipikal tanah liat pilihan menggunakan jarak tanam cabe rawit tanpa mulsa adalah lebih aman bagi pertumbuhan tanaman. Bila memaksa memakai mulsa plastik, akan berdampak kurang baik bagi cabe. 

Baca Juga : Tanaman Cabe Santa 32 Andalan Petani

Budidaya Cabe Tanpa Mulsa Plastik

Jenis tanah liat untuk budidaya cabe tanpa mulsa akan lebih aman. Saat turun hujan kena ke tanah liat, air akan terserap tanah liat dan tingkat kelembaban meningkat. 

Air tanah tertutup mulsa plastik tidak dapat cepat kering karena tertutup mulsa dan jenis tanah liat yang mengikat air. Tingkat kelembaban air sekitar akar juga ilut tinggi. 

Akibat selanjutnya akan cepat muncul jamur-jamur patogen karena pada dasarnya menyukai tempat-tempat lembab. Jamur/cendawan patogen cepat berkembang biak pada tempat terlalu basah. 

Jamur/cendawan akan membawa penyakit seperti busuk akar, busuk batang hingga tanaman menjadi layu. Akibat semakin parah yaitu kematian pada tanaman. 

Jarak tanam cabe rawit tanpa mulsa membuat pertumbuhan tanaman meningkat pesat dan buah tumbuh lebat. 

Namun kelemahan jarak tanam cabe rawit tanpa mulsa ini adalah pertumbuhan gulma yang cepat. Gulma terlalu lebat juga dapat merugikan tanaman. 

Gulma dapat menghambat pertumbuhan tanaman cabai serta gulma dapat menjadi sarang tempat hama dan penyakit tinggal. Gulma menjadi tempat inang hama, jamur dan bakteri. 

Jarak tanam cabe rawit tanpa mulsa, petani harus lebih sering membersihkan gulma sekitar tanaman dengan benar dan membuangnya jauh dari kebun lalu membakarnya. 

Pengolahan Lahan Budidaya Cabe Musim Hujan

jual benih, cabe rawit, cabai, jarak tanam cabe, mulsa, manfaat cabe, toko pertanian, toko online, lmga agro
EM-4 Penyubur Tanah

Untuk pengolahan lahan, jarak tanam cabe rawit tanpa mulsa sebagai pupuk dasar tidak memberikan pupuk kandang terutama bila menanam saat musim hujan. 

Pilihan yaitu memberikan pupuk kimia sebagai pupuk dasar antara lain pupuk SP-36 karena berbentuk granul atau butiran sehingga dapat cepat larut terkena air hujan dan tanaman cepat menyerapnya. 

Pupuk SP-36 banyak mengandung Phospat dan berfungsi untuk memacu pertumbuhan perakaran tanaman. Juga berperan untuk mempercepat terbentuknya bunga menjadi buah. 

Pupuk SP-36 meningkatkan kemampuan tanaman dari serangan hama dan penyakit. 

Pupuk NPK ( Phonska Plus ) juga berbentuk granul atau butiran-butiran kecil berwarna putih. Sifat pupuk Phonska Plus adalah higroskopis atau mudah larut dalam air. 

Pupuk NPK mengandung unsur makro antara lain : Nitrogen 15%, fosfat 15% 9 P2O5, Kalium 15%, Sulfur ( S ) 9% dan Zink ( Zn ) 2.000 ppm. 

Phnska Plus lebih spesifik mengandung hara sulfur dan zink. Peran Sulfur yaitu membentuk struktur dan fungsi enzim pada jaringan daun juga turut membantu pertumbuhan tunas. 

Peran Zinc yaitu dalam hal pemanjangan sel dan ruas batang juga dalam membentuk hormon IAA. Hormon IAA untuk membentuk jaringan  xylem, floem sekaligus untuk perkembangan akar. 

Pupuk dasar juga memberikan kapur Dolomit untuk jarak tanam cabe rawit tanpa mulsa. Dolomit berbentuk tepung/bubuk namun tekstur lebih padat. 

Dolomit mengandung Kalsium ( CaO ) dan magnesium ( MgO ). Petani biasa menggunakan Dolomit untuk menaikkan pH dan menetralkan keasaman tanah. 

Tanah terlalu asam atau pH rendah, tanaman mudah terserang patogen pengganggu dan tanah mudah tumbuh alang-alang. 

Baca Juga : Cara Menanam Cabe Jacko 99 Tunas Agro

Peran Mulsa untuk Tanam Cabe

Bedengan untuk jarak tanam cabe rawit tanpa mulsa yaitu lebar sekitar 150 cm. Jarak tanam cabe menggunakan satu lajur atau baris. 

Metode jarak tanam cabe satu baris ini cocok untuk penanaman saat musim hujan. Budidaya cabe satu baris akan meminimalisir perkembangan cendawan. 

Budiaya cabe saat musim hujan dengan dua baris tiap bedengan akan beresiko kelembaban tanaman meningkat. Apalagi bila jenis tanah adalah tanah liat yang akan selalu basah saat musim hujan. 

Untuk pemilihan satu baris atau lajur akan lebih efektif dalam pemeliharaan dan produktivitas tanaman juga tinggi. Mudah dalam hal sanitasi kebun seperti penyiangan gulma dan pembumbunan. 

Produktivitas budidaya cabe tinggi dengan menggunakan varietas terbaik dan berkualitas. Juga selain itu dengan teknik budidaya yang baik. 

Cara menanam cabe dengan mulsa efektif saat musim kemarau karena mulsa dapat mempertahankan kelembaban dan menekan pertumbuhan gulma. 

Peran mulsa plastik hitam perak antara lain adalah mengendalikan suhu, menjaga kelembaban tanah dan mengurangi serangan hama dan penyakit. 

Lapisan mulsa plastik hitam perak untuk menghadap ke tanah yaitu bagian berwarna hitam dan lapisa menghadap luar adalah warna perak. 

Petani juga banyak memilih memasang mulsa untuk cabe musim hujan. Beberapa petani juga menggunakan mulsa organik untuk mempercepat tanaman dalam berproduksi. 

Mulsa organik lebih murah daripada mulsa pastik hitam perak. Mampu meningkatkan efisiensi penggunaan air dan mencegah erosi tanah hingga mencegah serangan hama dan penyakit. 

Pemakaian mulsa organik seperti mulsa jerami efektif menekan pertumbuhan gulma selain juga biaya mulsa jerami lebih murah daripada mulsa plastik hitam perak. 

Peran mulsa pada umumnya yaitu selain menekan pertumbuhan gulma juga dapat mempertahankan agregat tanah dari pukulan ait hujan langsung. 

Benih Terbaik Jarak Tanam Cabe Rawit

Jarak tanam cabe rawit menggunakan mulsa mampu memperkecil erosi pada permukaan tanah dan pada pinggir bedengan. 

Cocok untuk budidaya cabe musim kemrau karena dapat mencegah penguapan air. Mulsa berperan melindungi tanah dari cahaya matahari yang sangat terik saat musim kemarau. 

Dataran rendah untuk budidaya tanaman memiliki suhu udara lebih tinggi daripada suhu datarn tinggi. Sehingga pada dataran rendah lebih tinggi terjadi penguapan air tanah. 

Mulsa dapat menekan proses penguapan air berebihan dan tanaman cabe memiliki adaptasi luas sehingga toleran dataran rendah maupun dataran tinggi. 

Cabe Rawit Maruti F1 benih Pertiwi terbaik produk Agri Makmur Pertiwi. Buah menghadap ke atas memudahkan saat pemetikan. 

Adaptasi baik pada dataran rendah dan menengah baik musim kemarau maupum musim hujan. Tanaman kokoh, buah lebat dan panen umur mulai 85 HST. 

Benih tahan penyakit dengan potensi hasil 10 - 15 ton/hektar. 

Cabe Kaliber benih cabai anti virus produk Jogja Horti Lestari. Buah semi tegak menggantung. Adaptasi tanaman baik pada dataran rendah sampai tinggi. 

Tumbuh baik saat msuim hujan dan kemarau. Kokoh dan berbuah lebat dengan umur panen mulai 95 HST. Benih tahan penyakit dan potensi panen 1 kg/pohon. 

Cabe Rawit - LMGA Agro

Cabe rawit CRV 211 merupakan benih cabai unggul produk Aura Seed Indonesia. Adaptasi baik pada dataran rendah baik musim kemarau maupun musim hujan. 

Tanaman kokoh dan berbuah lebat dengan lebih dari 60% cabang terdiri dari 2 buah. Umur panen mulai 91 HST dengan potensi panen sekitar 0,6 kg/tanaman. 

Cabe ORI 212 merupakan benih cabai unggul dari Aura Seed Indonesia. Adaptasi terbaik pada dataran rendah sampai menengah baik musim kemarau maupun hujan. 

Buah lebat dan sekitar 60% cabang tumbuh 2 buah dengan posisi menghadap ke atas. Umur panen mulai 91 HST dengan potensi panen sekitar 0,6 kg/tanaman

Demikian artikel Kami judul : Jarak Tanam Cabe Rawit Tanpa Mulsa Benih Terbaik Buah Lebat - LMGA Agro. Hubungi kontak kami : 082141747141 ( telp ) dan 08125222117 ( WA/SMS ). 

Toko pertanian LMGA Agro terdekat dan jual online bermacam produk pertanian terbaik dan berkualitas. Produk pertanian lengkap harga murah siap kirim sesuai alamat tujuan. 

Kami menerima konsultasi gratis pertanian. Semoga artikel Kami bermanfaat dan menambah wawasan tentang jarak tanam cabe rawit tanpa mulsa. Salam sukses...

RELATED POSTS

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jika anda ingin komentar Gunakan alamat email yang jelas ( Jangan Anonymous ). Mohon komentar secara bijak dan sesuai bahasan.