TOKO PERTANIAN LMGA AGRO, TEMPAT BELANJA ONLINE PETANI MURAH, AMAN DAN PROMO. SEGERA BELANJA! HUBUNGI KAMI DI : SMS / WA : 081 252 22 117, LAYANAN KONSULTASI PERTANIAN GRATIS HP. 082 141 747 141.

KETIK JUDUL/LABEL ARTIKEL YANG DICARI PADA KOLOM DI BAWAH INI

03/11/22

Jarak Tanam Cabe Rawit yang Ideal Benih Berkualitas Terbaik - LMGA Agro

jual benih berkualitas, cabai, cabe rawit, jarak tanam cabe, toko pertanian, toko online, lmga agro
Benih Bhaskara F1
Cabe Rawit Cap Kapal Terbang

Jarak Tanam Cabe Rawit yang Ideal Benih Berkualitas Terbaik - LMGA Agro. HP 082141747141 ( telepon ) dan 08125222117 ( WA/SMS ). Toko pertanian LMGA Agro online jual benih dan produk pertanian lengkap. 

Produk pertanian lengkap termasuk benih cabe rawit dari banyak varietas tersedia di Toko pertanian LMGA Agro. Jual produk pertanian harga murah berkualitas dan terbaik. 

Toko Pertanian LMGA Agro menyediakan beragam benih hibrida tanaman sayur dan buah, pupuk berkualitas, pestisida, ZPT hingga alat pertanian sebagai saran prasarana budidaya tanaman. 

Toko pertanian LMGA Agro menerima konsultasi gratis seputar bercocok tanam. Kami siap kirim pesanan Anda produk pertanian ke alamat tujuan jaminan barang pasti sampai. 

Beli sekarang produk pertanian juga benih cabe rawit terbaik harga murah di toko pertanian terdekat online LMGA Agro. Belanja online pilihan tepat era digital cepat dan praktis. 

Benih dengan jarak tanam cabe rawit yang ideal hasil panen melimpah. Jarak tanam menentukan keberhasilan suatu budidaya. 

Jarak tanam cabe rawit yang ideal dengan perwatan yang benar dapat terus menghasilkan buah sampai umur 2 - 3 tahun. Panen cabe rawit juga berulang kali. Jarak tanam cabe rawit tepat pertumbuhan tanaman bagus sehingga hasil panen dapat maksimal. 

Cabe rawit merupakan tanaman berumur panjang atau menahun untuk usaha pertanian. Penanaman bibit tanaman tepat dapat mendukung pertumbuhan tanaman. 

Tanaman cabe rawit sehat dengan jarak tanam cabe rawit yang ideal dapat menghasilkan hingga umur tanaman 2 tahun. Tanaman dapat panen berkali-kali. 

Jarak tanam cabe rawit yang ideal beserta pemeliharaan yang tepat, tanaman dapat hidup lama dan menghasilkan buah terus menerus. Cabe rawit merupakan salah satu bumbu masakan. 

Cabe Rawit Rasa Pedas

jual benih berkualitas, cabai, cabe rawit, jarak tanam cabe, toko pertanian, toko online, lmga agro
Cabe Rawit
Kecil yang Pedas
Cabe rawit merupakan jenis cabe kecil tingkat kepedasan paling tinggi daripada cabe merah besar. Cabe rawit memiliki nama ilmiah Capsicum frutescens termasuk dalam famili Solanaceae. 

Cabe rawit termasuk tanaman berumur panjang atau menahun karena hidup sampai umur 2 - 3 tahun apabila baik pemeliharaannya dan tercukupi kebutuhan haranya. 

Cabe rawit ada yang berwarna putih, hijau, orange dan merah dengan bermacam ukuran. Umumnya rasanya sangat pedas. 

Cabai rawit bermanfaat sebagai bumbu sayuran, masakan pedas, asinan, makan mentah sampai bahan baku balsem gosok untuk obat nyeri. 

Budidaya cabe rawit tidak berbeda dengan cara menanam cabe merah besar. Perbedaannya pada jarak tanam cabe rawit yang ideal dengan cabe besar serta perbedaan pemupukannya. 

Karena berumur panjang maka cabe rawit membutuhkan pemupukan lebih banyak. Biasanya tanaman cabe rawit lebih kuat dan tahan serangan penyakit dariapada jenis cabe lainnya. 

Syarat tumbuh untuk cabe rawit yaitu cocok tumbuh pada dataran rendah sampai dataran tinggi. Namun paling baik cabe rawit tumbuh pada ketinggian 0 - 500 m dpl. 

Produksi hasil panen pada ketinggian lebih dari 500 m dpl tidak jauh berbeda dengan ketinggian kurang dari 500 m dpl. Hanya saja menanam cabe pada dataran tinggi, waktu panennya lebih panjang. 

Tanaman cabe rawit menyukai tanah yang gembur, kaya bahan organik dan pH netral 6 - 7.  

Baca Juga : Jual Benih Baru Cabai Baja MC F1 - Panah Merah

Budidaya Tanaman dengan Jarak Tanam Cabe Rawit yang Ideal

Persemaian

Jarak tanam cabe rawit yang ideal dalam luasan satu hektar membutuhkan 100 - 125 gram benih cabe. Pengaturan bedeng untuk persemaian benih yaitu arah utara selatan menghadap ke timur. 

Bedeng persemaian menggunakan media tanam dari campuran tanah dan kompos steril dengan perbandingan 1 : 1. 

Atur dan tatalah benih pada permukaan media dan usahakan benih tidak saling bertumpuk karena benih tidak akan bisa tumbuh. 

Tutup benih pada permukaan tanah dengan tanah secukupnya lalu siram air menggunakan alat siram sprayer. Lalu tutup permukaan persemaian menggunakan daun pisang. 

Daun pisang dapat Anda buka tutup secara bertahap. Setelah umur bibit dari benih hasi persemaian sudah tumbuh sekitar 7 hari, pindahkan ke polybag

Sebelumnya polybag telah berisi tanah dan kompos/pupuk kandang matang ( 1 : 1 ). Rawatlah sampai benih tumbuh besar dan muncul daun sampai sekitar umur 30 - 35 hari. 

Bibit sudah siap pindah tanam ke lapangan dan bibit memiliki 5 - 6 helai daun.  

Baca Juga : Cabe Merah Pilar F1 Cap Panah Merah

Persiapan Lahan dan Penanaman Bibit

jual benih berkualitas, cabai, cabe rawit, jarak tanam cabe, toko pertanian, toko online, lmga agro
Tanaman Cabe Rawit

Bila lahan menanam merupakan lahan tegalan kering maka sebaiknya lakukan penggemburan tanah. Yaitu cangkul atau bajak tanah menggunakan alat bajak. 

Bolak balik tanah sampai tidak ada tanah berbentuk bongkahan-bongkahan besar. Bila perlu lakukan penggenmburan tanah lebih dari satu kali

Buang sisa-sisa tanaman sebelumnya agar tidak menjadi sumber penyakit. Pembuatan bedengan dengan lebar 1 - 1,2 meter dan tinggi 40 - 50 cm. 

Sesuaikan bedengan dengan kondisi tanah bila musim hujan. Bedengan tetap ada kelengasan tanah terjaga baik tanpa ada air menggenang bila hujan turun.   

Panjang bedengan menyesuaikan luas lahan. Jarak antar bedengan kurang lebih 40 - 50 cm. Jarak antar bedengan ini menyesuaikan mudah tidaknya pemeliharaan tanaman nanti. 

Usahakan saluran air drainase berlangsung baik. Lakukan cek pH tanah menggunakan alat pH meter. Nilai pH tanah rendah ( terlalu asam ) maka berikan kapur Dolomit saat pengolahan tanah. 

Setelah pemberian kapur Dolomit, biarkan lahan selama 2 - 3 minggu. Kapur Dolomit dapat Anda taburkan merata pada permukaan tanah.

Selanjutnya berikan pupuk kandang saat pengolahan tanah. Setelah itu tutup bedengan dengan mulsa plastik hitam perak dan biarkan selama 1 minggu. 

Selanjutnya yaitu membuat lubang tanam. Jarak tanam cabe rawit yang ideal yaitu 70 x 70 cm dan 60 x 60 cm. 

Jarak tanam cabe rawit yang ideal bertujuan mendapatkan pertumbuhan bagus dan hasil panen maksimal. Lubang tanam pada permukaan mulsa plastik menggunakan alat pelubang mulsa. 

Jarak tanam cabe rawit yang ideal tadi sedalam 15 - 20 cm. Sebaiknya buat juga lubang pupuk samping tanaman berjarak 5 cm dan juga menggunakan alat pelubang mulsa khusus untuk lubang pupuk. 

Setelah membuat lubang tanam, biarkan lahan selama 1 - 2 hari dan biarkan bila kena air hujan. 

Baca Juga : Manfaat Cabe Bagi Kesehatan 

Pemeliharaan Tepat Jarak Tanam Cabe Rawit yang Ideal

jual benih berkualitas, cabai, cabe rawit, jarak tanam cabe, toko pertanian, toko online, lmga agro
Jarak Tanam Cabe Tepat
Buah Lebat

Pemeliharaan cabe rawit meliputi penyulaman, pemasangan ajir, penyiraman, pengaturan drainase, penyiangan, penggemburan dan pemupukan. 

Setelah 7 hari pindah tanam bibit cabe ke lahan tetap, lakukan penyulaman yaitu mencabut dan mengganti bibit layu dengan bibit baru yang sehat. Lakukan cara penanaman sama seperti awal. 

Penyulaman ini hanya sampai umur tanaman 2 minggu agar pertumbuhan dan panen dapat bersamaan semua tanaman. Selanjutnya lakukan pemasangan lanjaran tinggi 1 - 1,5 meter dekat tanaman. 

Penyiraman harus setiap hari terutama bila musim kemarau dan hindari tanaman sampai kekeringan karena kekurangan air. Bila musim hujan, penyiraman sesuaikan dengan kondisi. 

Adanya mulsa plastik hitam perak melindungi tanaman dari air hujan saat musim hujan dan saat musim kemarau dapat menjaga kelembaban tanah. 

Mulsa plastik hitam perak juga dapat meminimalisir serangan hama dan penyakit. Saat musim hujan, perhatikan kondisi saluran air atau drainase karena rentan terjadi erosi tanah. 

Jaga agar lahan tidak tergenang lama oleh air karena dapat mengakibatkan tanah terlalu lembab dan akar mudah rusak. 

Biasanya petani mulai penyiangan gulma pada tanaman cabe rawit saat umur 1 bukan setelah tanam. Penyiangan gulma berfunsi agar kebun selalu bersih dari gulma. 

Pertumbuhan gulma menyebabkan terjadinya kompetisi dengan tanaman cabe dalam hal unsur hara, air dan cahaya matahari. Gulma juga menjadi tempat inang hama dan penyakit utama tanaman cabe rawit hijau

Baca Juga : Cabai Besar F1 Pilar Raja Cabai Dataran Tinggi

Jarak Tanam Cabe Rawit yang Ideal Memudahkan Pemupukan Cabe

jual benih berkualitas, cabai, cabe rawit, jarak tanam cabe, toko pertanian, toko online, lmga agro
Benih Dewata F1
Cabe Cap Panah Merah

Pemupukan juga menyesuaikan dengan kondisi lahan tempat budidaya dengan jarak tanam cabe rawit yang ideal. Kebutuhan pupuk kandang tanaman cabe sebanyak 10 - 30 ton/hektar. 

Untuk pupuk anorganik membutuhkan Urea 200 - 300 kg/hektar, TSP atau SP-36 200 - 300 kg/hektar dan KCl 150 - 250 kg/hektar. 

Pupuk kandang bersama kapur Dolomit pemberian saat pengolahan tanah atau pembuatan bedengan sebagai pupuk dasar cabe rawit. 

Pupuk anorganik sebagai pupuk dasar cara pemberiannya dalam larikan berjarak 25 - 30 cm dari tepi bedengan. Jarak antar larikan yaitu 70 cm. 

Taburkan pupuk anorganik tadi merata pada larikan lalu tutup dengan tanah. Pemberiannya sebelum bedengan ada mulsa plastik hitam perak. 

Jumlah dosis yaitu 1/2 dari dosis anjuran pupuk Urea SP-36 dan KCl. Sisa 1/2 lagi berikan sebagai pupuk susulan. 

Pemupukan susulan adalah setelah pindah tanam dan pemupukan pertama saat umur satu bulan setelah tanah. Berikan sisa dari pupuk dasar yaitu dari pupuk Urea, SP-36 dan KCl tadi. 

Petani juga membuat pupuk kocor dari 1/2 sisa pupuk dasar. Lalu kocorkan pupuk ke tanah sekitar tanaman sebanyak 200 - 250 ml menggunakan gelas aqua. 

Larutan pupuk susulan yaitu encerkan 1.5 - 3 kg ( Urea + SP-36 + KCl ) pupuk dalam 100 liter air. Karena dapat tumbuh dan berbuah sampai 3 tahun maka tetap berikan pupuk agar buah cabe maksimal. 

Pemupukan cabe saat tanaman umur 1 - 30 hari setelah tanaman lebih aman dengan memberikan pupuk organik. Mengingat tanaman masih muda sehingga pupuk kimia dapat mengganggu pertumbuhan. 

Baca Juga : Tanam Cabai Rawit Tanjung Dijamin Untung

Pupuk Berkualitas untuk Tanaman Cabe

jual benih berkualitas, cabai, cabe rawit, jarak tanam cabe, toko pertanian, toko online, lmga agro
Benih Sonar F1
Cap Kapal Terbang

Pupuk organik terbaik dari kotoran ayam campurkan dengan tanah sebagai media tanam dalam polybag. Perbandingan tanah dan pupuk kandang ayan yaitu 3 : 1. 

Hal ini karena kotoran ayam mengandung amoniak dan bersifat asam. Pada kondisi tertentu menyebabkan tanaman menjadi busuk. 

Untuk tanaman cabe umur kurang dari 30 HST maka hindari dahulu pemberian pupuk kimia seperti Urea, TSP dan KCl. Terutama juga bagi tanaman baru pindah tanam yang masih proses adaptasi. 

Tingkat keasaman dari pupuk kimia tidak baik untuk perkecambahan tanaman sehingga tanaman dapat mengalami layu hingga kematian. Pupuk kimia/anorganik untuk tanaman umur lebih dari satu bulan. 

Akar-akar tanaman tersebut sudah kuat, tahan pada cuaca, perubahan suhu dan pH. Saat umur sudah 30 HST, tanaman siap menerima unsur hara dari pupuk kimia. 

Pupuk anorganik berperan merangsang tanaman muncul bunga dan cepat menjadi buah. Tanaman juga menjadi menumbuhkan buah lebih besar. Namun pemberian pupuk organik tidak boleh berhenti. 

Hal tersebut karena pemberian pupuk kimia juga dapat menurunkan kesuburan tanah. Sehingga pupuk kandang/kompos dapat menambah kesuburan tanah secara alami. 

Pupuk organik dapat menggemburkan tanah sehingga cocok berikan saat ingin menggemburkan tanah. Biasanya Petani menghentikan pupuk kimia saat fase pembungaan dan penyerbukan tanaman cabe. 

Cara pemupukan pada fase pembungaan agar bunga tidak rontok yaitu berikan dalam bentuk larutan. Berikan pupuk organik cair dan larutan pupuk Phonska cair sesuai anjuran. 

Pemberian pupuk kandang dengan menggali tanah sekitar area tanaman. Jarak tanam cabe rawit yang ideal memudahkan pemberian unsur hara dari pupuk dan melancarkan sirkulasi udara dalam tanah. 

Baca Juga : Tanaman Cabai Hibrida Lado Andalan Petani

Jarak Tanam Cabe Rawit yang Ideal pada Serangan Hama dan Penyakit 

jual benih berkualitas, cabai, cabe rawit, jarak tanam cabe, toko pertanian, toko online, lmga agro
Benih Nirmala F1
Cabe Rawit Cap Panah Merah

Salah satu hama yang sering menyerang tanaman cabai yaitu Thrips ( Thrips parvispinus ). Serangan hama thrips menimbulkan kerugian cukup besar baik kuantitas maupun kualitas. 

Hama thrips menyerang tanaman dengan menghisap cairan permukaan bawah daun terutama daun-daun muda. Serangan menimbulkan tanda bercak keperak-perakan.  

Daun terserang berubah warna menjadi cokelat tembaga, mengeriting atau mnjadi keriput dan akhirnya mati. Serangan thrips berat menyebabkan daun, tunas dan pucuk menggulung ke dalam. 

Pada daun tumbuh benjolan seperti tumor, pertumbuhan terhambat, tanaman menjadi kerdil sampai pucuk tanaman mati.   

Biasanya petani menggunakan insektisida kimia mengendalikan hama Thrips. Namun meski telah melakukan pengendalian secara intensif, frekuensi penyemprotan dan dosis meningkat. 

Hama Thrips tidak menjadi berkurang tetapi malah bertambah banyak. Salah satu cara menekan serangan hama, Petani menggunakan jarak tanam cabe rawit yang ideal. 

Pengaturan jarak tanam ini karena sayap hama Thrips sangat lemah dan kesulitan untuk berpindah dari satu tanaman ke tanaman lain. 

Jarak tanam berdekatan menyebabkan perkembangan populasi hama meningkat karena tanaman tempat makanan hama tersedia banyak. Karena berdekatan, hama mudah untuk berpindah tempat. 

Semakin banyak populasi karena jarak tanam dekat maka tanaman inang tersedia banyak juga. Jarak tanam cabe semakin lebar hama kesulitan untuk berpindah sehingga makin lama populasi hama berkurang. 

Hama Thrips memiliki kemampuan berpindah tempat dengan cara berlari, melompat dan terbang sabgat lemah. Jarak dekat memudahkan hama Thrips berpindah-pindah. 

Sedangkan bila jarak tanam lebar maka hama kesulitan berpindah-pindah. Hama Thrips juga akan berpindah tempat bila terjadi persaingan sesama hama dan akan mencari inang yang berlimpah.

Semakin banyak tanaman inang hama dan semakin berdekatan jarak tanam cabe rawit maka persentase serangan hama meningkat. Hal tersebut berlaku sebaliknya bila jarak tanam cabe rawit lebar. 

Cabe Rawit Benih Berkualitas Toko Pertanian LMGA Agro

Cabe rawit Hibrida Dewata 43 cap Panah Merah produk East West Seed Indonesia ( EWINDO ). Rekomendasi benih untuk dataran rendah sampai tinggi. 

tanaman tumbuh menyemak dan umur panen mulai 70 HST. Potensi hasil 0,8 kg/tanaman dan satu kilogram berisi 500 cabe rawit. 

Cabe Rawit Nirmala F1 cap Panah Merah. ertumbuhan seragam dan buah tumbuh lebat. rekomendasi penanaman pada dataran rendah sampai tinggi. 

Umur panen mulai 75 HST dan berpotensi hasil panen 10 - 12 ton/hektar. Tanaman toleran iklim panas. 

Cabe Rawit Sonar F1 produk PT BISI International. Tanaman memiliki adaptasi luas mulai dataran rendah sampai tinggi. 

Cabe saat muda berwarna putih dan umur panen mulai 64 HST. Potensi hasil 0,8 kg/tanaman. Saat panen, buah rusak sebaiknya segera dimusnahkan. 

Buah cabe sehat segera masukkan dalan karung berjala. Letakkan pada tempat kering, sejuk dan bersirkulasi udara baik. 

Demikian artikel Kami tentang Jarak Tanam Cabe Rawit yang Ideal. Benih cabe rawit berkualitas tersedia di Toko pertanian online LMGA Agro. 

Harga murah produk pertanian lengkap dan terdekat di Toko pertanian LMGA Agro. Silahkan hubungi kontak Kami di 082141747141 ( telp ) dan 08125222117 ( WA/SMS ). 

Beli sekarang produk pertanian harga murah dan benih cabe rawit terbaik dengan cara belanja online di Toko Pertanian LMGA Agro. Kami menerima layanan konsultasi gratis pertanian. 

Semoga artikel Kami menambah wawasan tentang jarak tanam cabe rawit yang ideal dalam budidaya tanam cabe rawit. Salam sukses... 

RELATED POSTS

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jika anda ingin komentar Gunakan alamat email yang jelas ( Jangan Anonymous ). Mohon komentar secara bijak dan sesuai bahasan.