TOKO PERTANIAN LMGA AGRO, TEMPAT BELANJA ONLINE PETANI MURAH, AMAN DAN PROMO. SEGERA BELANJA! HUBUNGI KAMI DI : SMS / WA : 081 252 22 117, LAYANAN KONSULTASI PERTANIAN GRATIS HP. 082 141 747 141.

KETIK JUDUL/LABEL ARTIKEL YANG DICARI PADA KOLOM DI BAWAH INI

01/11/22

Jarak Tanam Cabe Satu Baris Hasil Optimal Benih Hibrida Harga Murah

jarak tanam cabe, cabai, benih cabe, tanaman cabe, toko pertanian, toko online, lmga agro
Cabe Rawit 
Jarak Tanam Cabe Satu Baris Hasil Optimal Benih Hibrida Harga Murah. HP 082141747141 ( telepon ) dan 08125222117 ( WA/SMS ). Toko pertanian LMGA Agro online jual benih cabe beragam varietas lengkap harga murah. 

Jual benih cabe beragam varietas dan jenis cabe produk pabrik benih terpercaya. Benih cabe harga murah produk pabrik benih terbaik. 

Benih cabe berkualitas tahan virus dan penyakit terbaik dan terjamin. Toko pertanian LMGA Agro juga menyediakan produk pertanian pupuk, pestisida, ZPT hingga alat pertanian terbaik. 

Beli sekarang produk pertanian kebutuhan bercocok tanam berkualitas. Toko pertanian LMGA Agro belanja online praktis produk pertanian siap kirim pesanan Anda ke seluruh wilayah Indonesia. 

Kami menerima konsultasi gratis pertanian dan membantu permasalahan pertanian Anda. Toko pertanian terdekat LMGA Agro menyediakan varietas benih cabe terbaik. 

Budidaya cabe dengan benih berkualitas hasil optimal dengan jarak tanam cabe satu baris. Cara menanam cabe menggunakan jarak tanam cabe satu baris memudahkan dalam pemeliharaan. 

Jarak tanam tepat untuk usaha pertanian akan banyak memberikan banyak keuntungan baik pemeliharaan dan hasil panen tanaman. Jarak tanam cabe tergantung dari kondisi cuaca. 

Jarak tanam cabe satu baris hasil melimpah dengan benih cabai terbaik di Toko Pertanian LMGA Agro. Jarak tanam cabe sangat penting karena menentukan keberhasilan budidaya cabe. Penentuan jarak tanam cabe sesuai kebutuhan Petani. 

Jarak tanam rapat menyebabkan kondisi lahan menjadi lembab dan situasi tersebut merugikan tanaman. Cendawan akan tumbuh subur karena menyukai tempat yang lembab. 

Cabai merupakan salah satu tanaman sayur favorit dan banyak peminatnya meski rasanya pedas membakar. Keberadaan cabai di pasar selalu laris dan menjadi kebutuhan pokok masyarakat. 

Hasil panen cabai juga tergantung dari cara menanamnya termasuk jarak tanam cabe yang digunakan. Hal ini karena jarak tanam cabe menentukan pertumbuhan tanaman. 

Jarak Tanam Cabe

jarak tanam cabe, cabai, benih cabe, tanaman cabe, toko pertanian, toko online, lmga agro
Benih Cabe Berkualitas | LMGA Agro
Cabe merupakan bahan pokok sayuran dengan banyak peminatnya. Saat budidaya cabai, penting untuk memperhatikan jarak tanam cabe agar tanaman tumbuh maksimal. 

Penentuan jarak tanam cabe menyesuaikan dengan cuaca saat penanaman. Jarak tanam cabe yang tepat memberikan banyak keuntungan pada peluang pasar budidaya cabai. 

Keuntungan tersebut mulai dari pertumbuhan tanaman optimal hingga kesehatan tanaman. Jarak tanam cabe biasanya ada yang rapat dan ada lebar. 

Bila jarak tanam cabe rapat maka kondisi lingkungan menjadi lembab. Hama dan penyakit berkembang lebih cepat dan mengganggu tanaman. 

Organisme pengganggu tanaman yang menyukai lingkungan lembab seperti kutu dan cendawan/jamur sangat menyukai tempat lembab. 

Jarak tanam cabe rapat menyebabkan tanaman satu dengan tanaman lain berhimpitan, cabang tanaman saling menutupi. Sehingga makin lama pertumbuhan tanaman akan terganggu. 

Pertumbuhan tanaman tidak bisa maksimal sehingga mempengaruhi produksi cabai. Ukuran cabai kecil, bunga tidak bisa menjadi buah karena rontok dan serangan hama serta penyakit. 

Jarak tanam cabe satu baris yaitu besarnya 60 - 70 cm. Satu baris tanaman cabe menjadi memudahkan dalam pemeliharaan dan tanaman dapat tumbuh leluasa. 

Tetap lakukan pemangkasan untuk mencegah terlalu rimbunnya percabangan pohon cabai. Umumnya Petani menggunakan jarak tanam 50 - 60 cm untuk jarak antar lubang.

Untuk jarak tanam antar barisan menggunakan 60 -70 cm. Namun dengan menggunakan jarak tanam cabe tersebut, tanaman masih terserang penyakit layu dan busuk buah. 

Jarak tanam cabe tersebut di atas, tanaman masih mengalami penyakit keriting daun. Artinya bahwa jarak tanam tersebut tidak menguntungkan bagi tanaman karena masih cukup rapat. 

Kondisi lingkungan lahan masih lembab, penetrasi sinar matahari tidak lancar dan menjadi wilayah kesukaan jamur untuk berkembang biak. 

Sehingga karena jarak tanam tersebut belum optimal memberikan dampak positif maka gunakan jarak tanam yang lebih besar lagi. Jarak tanam cabe lebih lebar, tanaman tidak saling berebut unsur hara. 

Baca Juga : Modernisasi Pertanian Ringankan Pekerjaan Petani

Pengaruh Jarak Tanam Cabe 

jarak tanam cabe, cabai, benih cabe, tanaman cabe, toko pertanian, toko online, lmga agro
Pengaruh Jarak Tanam 

Jarak tanam cabe satu baris jarak antar lubang 100 cm. Jarak tanam besar membuat tanaman tidak akan saling berebut unsur hara dalam tanah. 

Sehingga pertumbuhan menjadi lebih optimal apalagi bila terdapat satu baris per bedengan. Perebutan antar tanaman biasanya adalah air, makanan hingga cahaya matahari. 

Jarak tanam terlalu rapat, tanaman satu dengan yang lain berdekatan dan daun tanaman saling menaungi. Biasanya tanaman lebih pendek tidak dapat menerima cahaya matahari dengan baik. 

Sinar matahari kebutuhan primer tanaman karena salah satu sumber energi untuk proses fotosintesis. Pengaruh jarak tanam cabe yaitu sinar matahari tidak dapat optimal. 

Akibatnya tanaman tumbuh kerdil dan tanaman lebih besar dapat terus tumbuh. Terjadilah persaingan memperebutkan sinar matahari. Tanaman kecil biasanya akan terisolir tercabut keluar. 

Jarak tanam cabe satu baris antar tanaman maksimal yaitu 70 atau 60 cm. Jarak tersebut cukup ideal untuk pertumbuhan cabang tanaman dan penetrasi sinar matahari dapat merata. 

Petani kadang juga menggunakan jarak hingga 100 cm untuk mendapatkan hasil optimal dari per tanaman.  

Akibat jarak tanam cabe satu baris terlalu rapat maka pertama yaitu kondisi kebun menjadi sangat lembab. Suhu kebun lembab pastinya dapat mengundang datangnya jamur penyebab penyakit. 

Datangnya jamur dan hama kutu dapat menyebabkan penyakit busuk, layu hingga keriting daun. Pertumbuhan cabai tidak akan baik karena kondisi tanaman yang saling berhimpitan. 

Pertumbuhan batang dan cabang tanaman terganggu. Tanaman saling berebut makanan dan nutrisi dalam tanah. Satu dua tanaman mungkin tidak menerima suplai cahaya matahari secara optimal. 

Akibatnya akan mempengaruhi produksi cabai menjadi terhambat. Pemberian pupuk tidak dapat maksimal oleh tanaman cabe. 

Baca Juga : Jual Benih Cabai Keriting Jinawi F1 Hasil Tinggi 

Tumpang Sari dan Jarak Tanam Cabe 

Petani cabe menggunakan jarak tanam cabe dengan lebar bedengan 1, 25 meter. Jarak antar baris 50 cm dan dalam barisan 80 cm. Bila jarak tanam cabe satu baris berarti berjarak 80 cm. 

Namun beberapa Petani menggunakan jarak tanam cabe satu baris 100 cm. Jarak antar barisan 1,5 meter. Jika ingin menanam secara tumpang sari maka lebarkan ukuran bedengannya.

Tempat lain dalam budidaya cabe menggunakan jarak tanam cabe satu baris 50 cm dan jarak tanaman sekitar 15 - 20 cm dari pinggir bedengan.  

Penentuan jarak tanam cabe satu baris dapat Anda sesuaikan dengan kebutuhan. Sebaiknya bila ingin menanam tumpang sari maka lebarkan bedengan cabainya. 

Jarak dari pinggir bedengan sekitar 25 cm. Hal tersebut penting karena tanaman cabai tinggi dan besar sehingga jarak tanam harus lebar untuk menghindari kelembaban dan tanaman optimal tumbuh. 

Pengaturan jarak tanam cabe harus benar-benar melalui perhitungan yang matang. Karena tanaman membutuhkan sinar matahari. Namun bila terlalu lebar juga memboroskan lahan. 

Tentukan jarak tanam sesuai kebutuhan dalam budidaya cabai Anda. 

Jika telah menentukan jarak tanam maka segera buat lubang tanam untuk tempat menanam bibit cabai. Pilih bibit berpenampilan baik yaitu segar dan kuat. 

Permasalahan pada menanam secara tumpang sari yatu adanya kompetisi untuk mendapatkan nutrisi dalam tanah. Seperti memperebutkan air, unsur hara, mineral hingga cahaya matahari. 

Untuk meminimalisir kompetisi dalam tumpang sari maka perlu pengaturan jarak tanam cabe dan populasi tanaman dalam tumpang sari tersebut. 

Penelitian tumpang sari cabai dan oyong hasil paling baik pada jarak tanam cabe 100 x 70 cm dan oyong dengan jumlah populasi 5500 tanaman per hektar. 

Baca Juga : Cara Menanam Cabe Merah Bibit Hibrida

Manfaat Cabe Bagi Kesehatan Tubuh

jarak tanam cabe, cabai, benih cabe, tanaman cabe, toko pertanian, toko online, lmga agro
Cabe Rawit Segar

Tanaman cabai ( Capsicum frutescens L. ) merupakan salah satu tanaman hortikultura bernilai ekonomis tinggi. Buah cabe mempunyai nilai gizi tinggi. 

Cabe mengandung vitamin A dan C serta memiliki minyak atsiri berasa pedas dan disukai masyarakat terutama di Asia. Mengkonsumsi cabe ternyata mempunyai banyak manfaat cabe, antara lain : 

1. Manfaat Cabe Bagi Kesehatan Jantung

Penelitian menunjukkan orang dengan makan cabe 4 kali seminggu memiliki 1/3 kemungkinan terserang penyakit jantung lebih kecil daripada orang tidak pernah makan pedas. 

Hal ini karena cabe memiliki efek panas dari senyawa bernama capsaicin dan mampu meredam peradangan dan proses berbahaya lain  yang terlibat dalam penumpukan plak lemak pada arteri. 

2. Manfaat Cabe Menurunkan Gula Darah

Mengkonsumsi cabe membantu menurunkan detak jantung dan mengurangi jumlah insulin kebutuhan untuk mengontrol gula darah. Manfaat cabe terasa bagi penderita diabetes terkait gaya hidup. 

Cabai mampu mengendalikan gula dara dan mengurangi faktor resiko kardiovaskular. 

3. Manfaat Cabe Membunuh Sel Kanker

Capsaicin terkandung dalam cabe terbukti mampu menekan tumor untuk kanker prostat. Capsaicin berpotensi menekan pertumbuhan sel karsinoma prostat manusia secara in vitro dan in vivo. 

4. Manfaat Cabe Penghilang Rasa Sakit

Cabe mampu mengeluarkan zat endorfin yang berfungsi sebagai penghilang rasa sakit. Saat endorfin melepas, rasa sakit tubuh dapat hilang. 

Capsaicin bekerja sama dengan reseptor rasa sakit sehingga muncul sensasi rasa panas dan membuat ujung saraf berhenti mengirim sinyal sensasi rasa sakit. 

5. Manfaat Cabe Melegakan Hidung Tersumbat

Peran capsaicin mampu melegakan hidung tersumbat yaitu bekerja secara alami membuka saluran hidung dan membuat lendir terbuka. 

Rasa pedas membantu meredakan nyeri sinus, mengurangi peradangan dan melepas lendir tersumbat. 

6. Manfaat Cabe Menurunkan Berat Badan

Capsaicin kembali berperan dalam menurunkan berat badan dan mampu mengurangi asupan kalori. 

7. Bermanfaat Sebagai Detoksifikasi

Cabe dapat membantu detoksifikasi gastrointestinal dalam mencerna makanan dan membuang zat-zat tak penting untuk tubuh. Cabai mampu meningkatkan pasokan nutrisi dalam jaringan tubuh. 

8. Manfaat Cabe Menjaga Kesehatan Kardiovaskular

Cabai mampu mengurangi kolesterol dalam darah dan level trigliserida. Terbukti orang memakan cabe dalam satu bulan memliki kadar kolesterol dan trigliserida rendah. 

9. Manfaat Cabe Menjaga Kesehatan Lambung

Manfaat cabe mampu mengurangi peradangan dan mengobati infeksi lambung. Makanan pedas karena cabe mampu menenangkan usus dan menjaga usus tetap sehat. 

Capsaicin masuk dalam perut akan merangsang produksi lendir lambung dan memeprcepat pencernaan. 

Namun jangan berlebihan mengkonsumsi cabe karena capsaicin berlebihan mampu mengikat reseptor rasa sakit dan menyebabkan sensasi terbakar yang hebat. 

Baca Juga : Kemana Petani Beli Kebutuhan Pertanian

Cara Menanam Cabe dari Biji Benih Hibrida

jarak tanam cabe, cabai, benih cabe, tanaman cabe, toko pertanian, toko online, lmga agro
Pupuk NPK Cap Pak Tani

Cara  menanam cabe dari biji agar cepat tumbuh yaitu perama media tanam harus Anda siram sampai basah. Siapkan benih cabe terbaik dan tanamkan ke tanah dalam polybag. 

Tanam benih cabe sebanyak 1 benih per polybag karena harga benih hibrida mahal dan pasti tumbuh maka tanam cukup satu biji saja. 

Tutup biji menggunakan tanah dan tutup semua polybag temapat menanam menggunakan plastik bening. Tujuannya agar suhu dalam polybag stabil dan tanah tetap lembab. 

Persiapan media tanamnya. Media tanam cara menanam cabe dari biji yaitu menggunakan tanah campur pupupk kandang. Bisa juga menggunakan pupuk Urea dan KCl. 

Campurkan tanah dan pupuk hingga merata lalu ayak sampai halus. Masukkan dalam polybag setinggi 2/3 polybag. Pastikan media tanam gembur dan tidak padat.   

Lakukan penyiraman setiap hari sampai tanaman tinggi. Lakukan perawatan maksimal, gemburkan tanah sekitar tanaman dan tinggikan untuk menahan tegaknya batang tanaman. 

Lakukan penyiangan gulma dekat tanaman dan sekitarnya. Buang daun-daun rontok untuk mencegah adanya cendawan. 

Benih harus Anda rendam dalam aur hangat minimal selama 3 jam untuk mempercepat perkecambahan. Tanam benih satu persatu dan jangan cara sebar karena biji akan saling bertumpukan. 

Untuk menunggu pertumbuhan bibit, letakkan semua polybag dalam tempat yang ada pelindung bisa terbuat dari plastik bening. Plastik bening melindungi bibit dari hama, cahaya matahari dan hujan. 

Cara menanam cabe dari biji ini berikut penyiraman secukupnya. Bertujuan untuk menjaga kelembaban tanah. Tutup dengan kertas koran bagian atas bibit dan siramkan air dari atas koran setiap hari. 

Baca Juga : Cabe Keriting Djitu Umur Genjah Potensi Hasil Tinggi

Pemeliharaan Tanaman Cabe Agar Cepat Berbuah

jarak tanam cabe, cabai, benih cabe, tanaman cabe, toko pertanian, toko online, lmga agro
Tray Semai Benih Cabai

Bibit cabe dapat pindah tanam ketika umur memasuki 21 - 24 hari setelah tanam. Biasanya saat tersebut, bibit sudah ada 3 - 4 helai daun. 

Pindahkan tanam cabe ke lahan lebih besar agar tumbuh maksimal. Cara menanam cabe dari biji jarak tanam cabe satu baris harus menanam pada tanah berporositas baik dan gembur. 

Cangkul dan gemburkan tanah sampai kedalaman 20 - 40 cm. Lalu buat bedengan tingginya 30 - 40 cm dan lebar 1 meter. 

Jarak tanam cabe satu baris dengan antar bedengan berjarak 60 cm sebagai saluran airnya. Panjang bedengan jarak tanam cabe satu baris maksimal yaitu 15 meter. 

Tutup bedengan menggunakan mulsa plastik perak hitam. lakukan penyiangan gulma rutin agar tidak mengganggu pertumbuhan tanaman cabe. 

Lakukan penyiraman rutin secukupnya dan jangan sampai air menggenangi tanaman. Agar hasil melimpah dan cepat berbuah, lakukan pemupukan teratur dan berimbang pada tanaman cabe. 

Pupuk organik akan membuat tanaman cabe lebih organik. Pupuk organik bisa Anda menggunakan pupuk kandang atau kompos. 

Selanjutnya berikan pupuk susulan setelah pindah tanam. Yaitu kisaran tanaman telah berumur satu bulan. Setiap selesai panen, lakukan pemupukan. 

Pemupukan terus menerus merupakan tips keberhasilan cara menanam cabe dari biji untuk hasil melimpah. 

Berikan tambahan pupuk cair sesuai anjuran pada kemasan. Kocorkan ke tanaman sebanyak 100 ml. Pupuk organik berikan sebanyak 500 - 700 gram per tanaman. 

Pupuk kimia untuk budidaya cabe yang baik adalah menggunakan pupuk NPK dan Urea. 

Perawatan Baik Mendapatkan Panen Maksimal

Perawatan tanaman cabe dengan rajin penyiraman setiap hari. Terutama saat musim kemarau karena tanah akan lebih cepat kering. 

Jika tanah terlalu kering maka tanaman cepat mati meskipun sebenarnya tanaman cabe paling bagus saat tanam musim kemarau. 

Lakukan penyiraman dengan cara kocor atau sistem di-leb atau penggenangan. Penggenangan cukup dua minggu sekali. 

berikan lanjaran untuk menopang tegaknya tanaman cabe. Gunakan lanjaran dari bambu sepanjang 200 cm lalu tancapkan berjarak 4 cm dari pangkal batang. 

Lanjaran Anda tancapkan saat tanaman umur 7 hari setelah tanam dan tanaman belum tinggi sehingga lanjaran tidak mengenai perakaran. 

Panen cabe dengan jarak tanam cabe satu baris lakukan saat pagi hari. Jarak tanam cabe satu baris memudahkan perwatan dan pemanenan. 

Umur cabe siap petik biasanya setelah umur 70 hari. Petiklah buah cabe beserta tangkainya menggunakan gunting tajam. 

pemetikan sebaiknya pada pagi hari dan berlangsung setiap 2 - 5 hari sekali sampai tanaman tidak berbuah lagi. Setelah panen, berikan pupuk organik atau anorganik.  

Demikian artikel Kami judul : Jarak Tanam Cabe Satu Baris Hasil Optimal Benih Hibrida Harga Murah. Toko pertanian LMGA Agro online jual produk pertanian lengkap. 

Hubungi kontak Toko Pertanian LMGA Agro di 082141747141 ( telp ) dan 08125222117 ( WA/SMS ). Harga murah kebutuhan bercocok tanam barang berkualitas terbaik. 

Tersedia beragam verietas benih, pupuk, pestisida, ZPT dan alat pertanian sebagai sarana prasarana bercocok tanam. 

Beli sekarang harga murah dan grosir produk pertanian berkualitas terbaik produk pabrik pertanian terkemuka. Benih cabe untuk jarak tanam cabe satu baris terbaik ada di sini. 

Toko pertanian LMGA Agro online menerima layanan konsultasi gratis. Siap kirim pesanan Anda ke alamat tujuan jaminan barang sampai dan aman. Semoga bermanfaat dan sama sukses.... 

RELATED POSTS

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jika anda ingin komentar Gunakan alamat email yang jelas ( Jangan Anonymous ). Mohon komentar secara bijak dan sesuai bahasan.