TOKO ONLINE PERTANIAN LMGA AGRO, TEMPAT BELANJA ONLINE PETANI MURAH, AMAN DAN PROMO. BELANJA SILAKAN HUBUNGI KAMI DI : SMS / WA : 081 252 22 117, LAYANAN KONSULTASI PERTANIAN GRATIS HP. 082 141 747 141.

KETIK JUDUL/LABEL ARTIKEL YANG DICARI PADA KOLOM DI BAWAH INI

26/08/19

MANFAAT CABE BAGI KESEHATAN dan KEMUDAHAN CARA MENANAM CABE



manfaat cabe, benih cabe hibrida, cara menanam cabe, toko pertanian online, lmga agro
Manfaat Cabe Untuk Kesehatan
Manfaat Cabe Bagi Kesehatan dan Kemudahan Cara Menanamnya. HP. 082141747141 ( khusus telepon ) dan 08125222117 ( khusus sms/wa ). Toko Pertanian Online LMGA Agro jual benih cabe harga promo dan benih buah dan sayur lainnya. Tersedia juga pupuk, ZPT, pestisida dan alat pertanian.

Toko Pertanian Online LMGA Agro menerima layanan konsultasi pertanian tentang manfaat cabe dan bagaimana cara menanam cabe. Membantu petani mengatasi permasalahan di lapangan mulai awal tanam hingga panen.

Toko Pertanian Online LMGA Agro siap kirim pesanan Anda ke seluruh wilayah Indonesia. Kami selaku supplier berpengalaman di bidang online shop, dropship, reseller pertanian. Terutama mengenai manfaat cabe dan cara menanam cabe.

Manfaat cabe bagi kesehatan tubuh sudah diketahui oleh banyak orang dan diyakini kebenarannya. Rasanya yang pedas, kadang kurang disukai oleh beberapa orang. Tetapi manfaat cabe penting bagi kesehatan. Hampir semua masakan Indonesia berasa pedas dari adanya tambahan cabe.

MANFAAT CABE DIBALIK RASA PEDASNYA


Siapapun pasti paham bahwa cabe berasa pedas. Namun dibalik rasa pedasnya yang membakar tersebut, tersimpan banyak manfaat bagi tubuh kita. Manfaat cabe ini karena cabe mengandung banyak nutrisi penting bagi tubuh.

Manfaat cabe mengandung beragam nutrisi penting dan bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Nutrisi tersebut antara lain : protein, karbohidrat, gula, serat, lemak, vitamin A, vitamin B6, vitamin C. Selain itu, manfaat cabe juga mengandung zat besi, magnesium, kalium, air dan Capsaicin.

Namun demikian, bukan berarti manfaatnya besar kita dapat seenaknya makan cabe berlebihan. Mengkonsumsi cabe berlebihan malah justru menyebabkan gangguan pencernaan.

Di Indonesia, cabe salah satu tanaman paling penting di Indonesia. Begitu pentingnya, hingga bilaharga cabe naik maka kehebohan pasti dirasakan hingga seluruh wilayah Indonesia. Padahal cabe pedas ini bukan tanaman asli Indonesia.

Cabe atau cabai,  diketahui telah ada sejak sekitar 9000 tahun yang lalu dan tanaman asli dari Peru/Meksiko. Di Meksiko sendiri, jumlah tanaman cabe ada lebih 100 jenis. Tapi hanya 12 jenis yang sering ditanam orang di Meksiko. Secara prinsip, cabe hanya terbagi 2 jenis yaitu cabe pedas dan cabe manis.

Cabe berukuran kecil, memiliki rasa lebih pedas dibandingkan cabe berukuran besar. Ukuran kepedasan cabe dinyatakan dalam satuan Scoville Heat Unit ( SHU ). Secara internasional, 480 ribu SHU merupakan ukuran minimal pedas cabe. Dibawahnya masuk golongan cabe manis.

MANFAAT CABE, TANAMAN FAMILI SOLANACEAE


Cabe atau cabai ( Capsicum sp. ) adalah tanaman perdu famili terong-terongan ( Solanaceae ) banyak dimanfaatkan sebagai bumbu masakan. Awalnya, tanaman cabai merupakan tanaman liar di hutan-hutan.

Cabe termasuk famili Solanaceae ( terong-terongan ), genus Capsicum. Nama species Capsicum frutescens ( cabe rawit ), Capsicum annum var. Longun ( cabe besar dan keriting ). Tanaman cabe memiliki jenis yang banyak berdasarkan tipe pertumbuhan dan bentuk buah. Yaitu antara lain :

  • Cabe rawit
Dalam bahasa Inggris dikenal hot pepper atau hot chili. Memiliki daun tunggal, agak bulat dan melebar. Jumlah percabangan banyak, tinggi tanaman sekitar 50 - 120 cm. Batangnya berbuku-buku dan bertangkai. Bunga keluar dari ketiak daun, bunga tunggal dan berwarna putih atau ungu.

Cabe rawit buahnya tegak, ada juga yang merunduk. Bentuk bulat telur, lurus atau bengkok, ujung meruncing dan panjang 1 - 5 cm. Tangkai cabe rawit panjang dan rasanya pedas. Cabe rawit masak berwarna merah.
Ukuran cabe rawit lebih kecil dibanding cabe keriting dan cabe merah besar. Namun rasa pedasnya lebih dari dua jenis cabe tersebut, cabe rawit juga memiliki biji banyak. Di Indonesia dikenal jenis cabe rawit lokal, antara lain :
  1. Cabe rawit kecil/jemprit. Buah kecil dan pendek, rasa lebih pedas.
  2. Cabe rawit putih/domba. Cabe rawitnya lebih besar dari jemprit dan berwarna putih kekuningan.
  3. Cabe rawit celepik. Ukuran rawit lebih besar dari jemprit namun lebih kecil domba. Pedasnya tidak terlalu pedas dibandingkan rawit jemprit. Waktu muda berwarna hijau dan matangnya berwarna merah cerah.

  • Cabe Keriting


Merupakan jenis cabe merah dan bersifat cabe hibrida. Petani banyak yang menanamnya karena cabe keriting memiliki produktivitas tinggi dan panen lebih cepat. Cabe keriting memiliki adaptasi baik di dataran rendah hingga dataran tinggi.
Cabe keriting relatif tahan penyakit dan panen kurang dari 75 HST. Cabe merah keriting bentuknya memanjang, mengeriting, bergelombang dengan ujung meruncing. Rasanya juga pedas dan berbiji cukup banyak. Cabe keriting muda berwarna hijau dan setelah masak berwarna merah tua.

  • Cabe Besar

Adalah cabe merah dan salah satu jenis hibrida banyak diminati petani. Budidaya cabe besar memiliki nilai ekonomis tinggi. Tanaman produktif berbuah dan pasarannya luas. Ukuran cabe besar relatif lebih besar dari cabe keriting.

Permukaan kulit cabe besar halus dan tidak bergelombang. Namun rasa pedas cabe besar masih kalah dengan cabe keritng dan rawit.

MANFAAT CABE UNTUK KESEHATAN TUBUH KITA


  1. Manfaat Cabe dapat mengatasi hidung tersumbat. Konsumsilah makanan mengandung cabe atau pedas karena dapat membantu melegakan hidung tersumbat. Namun, dianjurkan tidak makan berlebihan karena menyebabkan gangguan perut dan pencernaan ( diare ).
  2. Manfaat Cabe untuk meredakan nyeri. Manfaat cabe mengandung capsaicin dapat meredakan rasa sakit. Karena itulah, capsaicin sering dimasukkan dalam salep atau krim pereda nyeri otot dan sendi.
  3. Manfaat Cabe untuk meningkatkan imunitas tubuh. Kandungan vitamin C dalam manfaat cabe dapat meningkatkan imunitas tubuh. Vitamin C juga mendukung kesehatan kulit kita.
  4. Manfaat Cabe untuk mengurangi resiko sakit jantung. Hubungannya dengan kandungan capsaicin, juga dipercaya mampu menurunkan kadar kolesterol. Capsaicin bermanfaat mencegah terjadinya penyumbatan pembuluh darah penyebab penyakit jantung.
  5. Manfaat Cabe dapat mencegah penyakit kanker. Selain terdapat capsaicin, manfaat cabe juga mengandung karotenoid dan bersifat antioksidan. Karotenoid dapat melawan sel-sel penyebab kanker.
  6. Manfaat Cabe sebagai pembakar lemak tubuh. Konsumsi cabe secukupnya dapat membantu menurunkan berat badan. Kandungan capsaicin pada manfaat cabe mampu meningkatkan pembakaran kalori dan lemak tubuh.
  7. Manfaat Cabe dapat memperpanjang umur. Konsumsi cabe minimal sekali dalam seminggu cenderung dapat memperpanjang umur. Maksudnya badan akan lebih tahan sakit dan tidak mudah sakit. Bila kepedasan setelah makan makanan pedas atau cabe, disarankan makan makanan mengandung tepung atau minumlah susu.


MENGENAL MANFAAT CABE HIJAU YANG JARANG DIKETAHUI


benih cabe hibrida, lmga agro, cara menanam cabe, toko pertanian online
Benih Cabe Hibrida
LMGA Agro
Cabe hijau adalah juga merupakan cabe besar atau keriting yang masih muda. Tidak banyak orang yang mengkonsumsi cabe hijau karena memang belum menyadari manfaat kesehatan dari cabe hijau. Manfaat cabe hijau bubuk lebih baik dari cabe merah bubuk untuk makanan.

Dibawah ini akan kami jabarkan beberapa manfaat cabe hijau untuk kesehatan tubuh kita. Yaitu antara lain :

  1. Manfaat Cabe hijau sebagai pelindung dari penyakit kanker. Manfaat cabe hijau kaya akan antioksidan sehingga dapat dijadikan sebagai pelindung tubuh dari radikal bebas. Manfaat cabe hijau dapat memberikan kekebalan alami bagi tubuh. Manfaat cabe hijau dapat memperlambat proses penuaan.
  2. Manfaat Cabe Hijau yaitu meningkatkan kekebalan tubuh karena cabe hijau juga kaya vitamin C. Kandungan vitamin C dapat meningkatkan kekebalan alami tubuh dari penyakit.
  3. Manfaat Cabe hijau menyediakan minyak untuk kulit tubuh kita. Manfaat cabe hijau kaya juga akan vitamin E yang bermanfaat dalam produksi minyak kulit alami.
  4. Manfaat Cabe hijau baik untuk menurunkan berat badan. Karena cabe hijau tidak mengandung kalori sehingga baik untuk membantu program diet kita.
  5. Manfaat Cabe hijau dapat mengurangi tingkat gula darah dalam tubuh kita. Manfaat cabe hijau mampu menyeimbangkan kadar gula darah kita. Manfaat cabe hijau yaitu mencegah penyakit diabetes.
  6. Manfaat cabe hijau dapat memperbaiki suasana hati. Saat kita mengkonsumsi cabe hijau, tubuh akan bereaksi melepaskan hormon endorfin. Hormon ini bertugas memberikan perasaan gembira atau bahagia pada tubuh kita.


MENGENAL MANFAAT CABE JAWA YANG BUKAN CABE


Cabe Jawa adalah bukan jenis cabe. Cabe jawa adalah sejenis rempah dan masih satu jenis dengan lada atau kemukus. Cabe Jawa asli tumbuhan Indonesia, termasuk keluarga Piperaceae atau sirih-sirihan. Cabe Jawa juga disebut dengan lada jawa, cabe puyang, cabe jamu dan lainnya.

Tanaman cabe jawa mempunyai batang berwarna hijau dan menjalar. Daun cabe jawa  mirip daun sirih namun ukuran daun cabe jawa lebih lebar. Bentuk buah cabe jawa memanjang. Buah berwarna hijau saat masih muda. Cabe jawa berubah berwarna merah kehitaman saat sudah matang dan mengering.

Kandungan senyawa dalam manfaat cabe jawa mengandung zat pedas Piperine, Chavicine, Palmitic acids, piperidin dan masih banyak lagi. beberapa kandungan senyawa cabe jawa, bermanfaat bagi kesehatan manusia.

Senyawa/zat dalam cabe jawa menurut dunia medis, berfungsi sebagai berikut :

  • Manfaat cabe jawa bersifat anti piretik, yaitu sebagai penurun demam/panas dalam tubuh.
  • Manfaat cabe jawa bersifat analgesik, yaitu meredam dan mengurangi rasa sakit dan nyeri.
  • Manfaat cabe jawa bersifat anti inflamasi, yaitu mencegah dan mengatasi peradangan.
  • Manfaat cabe jawa sebagai obat herbal mengatasi penyakit beri-beri dan mencegah anemia.
  • Manfaat cabe jawa untuk melegakan sistem pernapasan seperti sesak napas dan nyeri di dada.
  • Manfaat cabe jawa, bunganya digunakan untuk mengatasi kejang perut, mual, muntah, kembung dan mulas. Mengobati diare dan disentri.

Manfaat cabe jawa juga terkadang digunakan sebagai tanaman hias. Sesuai namanya, cabe jawa banyak dibudidayakan di daerah Jawa. Manfaat cabe jawa juga dijadikan salah satu bumbu dapur untuk memasak makanan nikmat dan lezat.



MANFAAT CABE PAPRIKA, SALAH SATU KELUARGA BESAR CABE


Paprika merupakan salah satu keluarga besar cabe sehingga saat makan paprika terasa ada sensasi pedasnya. Bentuk paprika unik begitu juga rasanya yang sedikit ada manis-manisnya.

Paprika, karena masuk keluarga cabe maka memiliki pula manfaat cabe bagi kesehatan manusia. Khasiat kesehatan dari paprika antara lain :

  1. Manfaat cabe paprika mengandung sangat rendah kalori. Secangkir penuh paprika, hanya terdapat 45 kalori di dalamnya. Dengan jumlah porsi tersebut, manfaat paprika sudah dapat memenuhi kebutuhan vitamin A dan C harian tubuh kita.
  2. Manfaat cabe paprika kaya akan vitamin C. Mengkonsumsi paprika bermanfaat menjaga kesehatan sistem imun dan keremajaan kulit. Diantara warna paprika yang beragam, paprika merah paling banyak mengandung vitamin C.
  3. Manfaat cabe paprika terutama berwarna merah, mengandung phytochemical  dan betakaroten. Keduanya merupakan jenis antioksidan dan bersifat anti inflamasi cukup baik.
  4. Manfaat cabe paprika juga mengandung capsaicin memiliki khasiat bagi kesehatan manusia. Capsaicin dapat menurunkan kolesterol jahat, mengontrol gula darah ( diabetes ) dan meredakan nyeri ( inflamasi ).
  5. Paprika yang dimasak sebentar pada api kecil, rasanya akan lebih manis. Manfaat cabe paprika mengandung nutrisi flavonoid di dalamnya secara maksimal.
  6. Manfaat cabe paprika memiliki kandungan sulfur  yang dapat melawan beberapa jenis kanker tertentu.
  7. Manfaat cabe paprika kaya akan vitamin E yang mampu menjaga kesehatan kulit dan kecantikan wajah secara alami dari dalam.
  8. Manfaat cabe paprika mengandung vitamin B6. Berkhasiat untuk menjaga kesehatan sistem saraf dan regenerasi sel.
  9. Manfaat cabe paprika mengandung beberapa enzim tertentu seperti lutein. Manfaat paprika juga dapat melindungi kesehatan mata dari penyakit katarak di usia senja.

MANFAAT CABE dan CARA MENANAM CABE DI RUMAH


alat pertanian, toko online, lmga agro, jual, cara menanam cabe
Alat Kocor Siram
Cabe diakui sebagai bumbu masak yang hampir selalu ada di semua masakan Indonesia. Hal ini karena, orang Indonesia sebagian besar menyukai rasa pedas. Sehingga saat harga cabe naik, sudah dipastikan timbul kehebohan di dalam negeri.

Saat tulisan ini dibuat, harga cabe di pasar sudah mencapai Rp. 140.000/kg. Situasi ini diperkirakan karena musim kemarau yang panjang di beberapa sentra tanaman cabe. Di Indonesia, jenis cabe yang paling favorit adalah jenis cabe rawit dan cabe merah baik besar maupun keriting.

Bagi Anda yang menggemari cabe atau masakan pedas, harga cabe naik tentu merepotkan. Apalagi bila keberadaan cabe di pasaran sangat minim. Sehingga solusinya adalah mencoba menanam cabe sendiri di rumah. Menanam cabe di rumah tidak membutuhkan lahan luas. Berikut cara menanam cabe di rumah :

CARA MENYEMAI BIBIT CABE DAN PENANAMANNYA


Cara menanam cabe pastinya semua harus diawali dengan bibit yang bagus. Pilihlah bibit cabe berkualitas untuk mendapatkan hasil yang bagus pula. Bibit cabe sehat berasal dari benih yang sehat dan berkualitas.

Benih cabe berkualitas dapat Anda peroleh di Toko Pertanian Online LMGA Agro. Tersedia benih cabe segala jenis cabe dan berbagai varietas hibrida. Benih cabe hibrida tahan penyakit dan virus.

Persemaian benih cabe menggunakan polybag ukuran kecil sebagai wadah media semainya. Siapkan tanah dan pupuk organik dan perbandingan jumlah yang sama, campur jadi satu lalu masukkan ke polybag. Sampai setinggi polybag isi medianya.

Rendam benih dalam air hangat selama 3 jam. Setelah polybag diisi media tanah, benamkan benih sedalam 1 cm kemudian siram setiap hari. Letakkan polybag semai ditempat terlindung dari hujan dan sinar matahari ± selama 1 minggu.


Lalu letakkan benih pada polybag. Tutupi benih dengan tanah kira-kira 1 cm saja kedalamannya. Dan tunggu hingga benih berkecambah. Setelah berkecambah, mulai pelan-pelan dikenalkan dengan sinar matahari langsung.

Bibit berumur 4 minggu sudah cukup kuat untuk dipindahkan ke polybag yang lebih besar. Penanaman bibit cara menanam cabe di rumah juga bisa di lahan tanah sempit. Jangan lupa lahan digemburkan dulu lalu diberi pupuk. Bibit harus dikeluarkan dari polybag semai dengan hati-hati. Jangan sampai akar bibit rusak saat mengambilnya dari polybag semai.


Jika untuk membesarkan bibit pada polybag, gunakan polybag lebih besar. Yaitu polybag berdiameter minimal 30 cm. Atau bisa juga ember bekas yang sudah dibersihkan, sebagai pengganti polybag. Media tanam menggunakan campuran tanah, pupuk dan sekam mentah ( 3 : 2 : 1 ).



PERAWATAN CARA MENANAM CABE DI RUMAH


Perawatan cara menanam cabe di rumah dilakukan dengan sederhana dan mudah. Bukan seorang petani profesional pun dapat melakukannya.  Seperti dalam hal pemupukan.

Pemupukan cabe menanam di rumah menggunakan pupuk kompos. Tujuan menggunakan pupuk organik, agar tanaman menjadi lebih organik. Bila tampak kurang subur, dapat ditambahkan pupuk kimia majemuk seperti NPK.

Lakukan penyiraman cabe setiap hari. Seringlah melakukan pengamatan terhadap tumbuh kembang tanaman. Pengamatan dapat mengetahui lebih dini, adanya tanaman yang sakit atau tumbuh abnormal. Jika ada, segera cabut dan dimusnahkan dengan cara dibakar.

Cabe atau cabai merupakan salah satu sayuran yang banyak diminati masyarakat. Manfaat cabe dijadikan sebagai pelengkap makanan seperti gorengan, sayuran dan sambal. Hal ini karena, kebanyakan orang Indonesia menyukai makanan pedas dan konsumsi cabe segar.



MANFAAT CABE RAWIT, MENCOBA MENANAM DI POLYBAG


jual alat pertanian, toko online, lmga agro, cara menanam cabe
Mulsa Plastik
Hitam Perak
Cabe rawit salah satu jenis cabe yang mudah ditemui. Ukurannya kecil, tapi rasa pedasnya paling pedas dibandingkan jenis cabe lainnya. Harga cabe rawit di pasaran ini sering mengalami fluktuasi atau naik turun. 

Harga cabe rawit fluktuatif terutama sering disebabkan karena cuaca/musim. Bila musim kemarau panjang, cabe banyak yang mati hingga produksi panen menurun. Akibatnya permintaan naik, namun persediaan cabe langka sehingga harga menjadi naik.

Bagi penggemar cabe atau makanan pedas, harga cabe rawit naik dipastikan menjadi kebingungan. Terutama bagi pemilik warung makan/depot yang setiap hari harus belanja cabe rawit. Cara menanam cabe rawit sendiri dapat Anda coba. Tujuannya untuk mensiasati bila harga cabe rawit naik atau cabe rawit langka.

Bila tidak mempunyai halaman luas, anda dapat menanam cabe rawit di polybag, sangat mudah dan praktis. Cara menanam cabe rawit di polybag cukup Anda siapkan benih cabe rawit hibrida, polybag dan media tanahnya.

Cara menanam cabe rawit di polybag juga melalui proses penyemaian dulu. Benih disemaikan dalam polybag atau pada bedengan dengan jarak tanam 8 x 10 cm. Media semai campuran tanah halus ( telah diayak ) dan pupuk kandang dengan perbandingan 1 : 1.

Setelah menyiapkan media tanam, buat lubang tanam menggunakan kayu dan letakkan benih dalam lubang. Tutup dengan tanah sedikit untuk menutupi benih. Setelah itu, polybag ditutup karung goni basah atau mulsa plastik hitam perak selama 3 hari.

Setelah 3 hari, tutup polybag bisa dilepas. Kemudian benih akan berkecambah dalam 7 hari setelah disemaikan. Bibit cabe rawit tadi dapat Anda rawat sampai umur 5 - 6 minggu dan telah muncul daun 6 - 8 helai.

Pemeliharaan berupa penyiraman sebanyak sampai 2 kali sehari. Penyiraman menggunakan alat siram gembor. Biarkan bibit cabe rawit terpapar sinar matahari 5 hari sebelum ditanam. Tujuannya agar tanaman dapat terbiasa terpapar sinar matahari dan menjadi kokoh.

Manfaat cabe dengan menanamnya di polybag cukup diletakkan di teras rumah dan kena sinar matahari secukupnya. Dijamin tanaman cabe rawit akan tumbuh baik dan dapat berbuah. Anda dapat memanen cabe rawit sendiri di rumah. Dan tak perlu kebingungan lagi saat harga cabe rawit naik.

MANFAAT CABE LEWAT MENANAM SECARA HIDROPONIK


Cara menanam cabe hidroponik juga sama dengan menanam non hidroponik. Yaitu terlebih dahulu melakukan penyemaian benih. Benih disemaikan sampai bibit muncul 2 - 3 helai daun dan akar sudah kokoh.

Penyemaian bisa dilakukan pada polybag kecil, baki atau petakan tanah. Media semai menggunakan tanah humus, arang sekam dan pupuk kandang kering ( 3 : 1 : 1 ), campur secara merata. Kemudian isikan kedalam polybag tempat semai sesuai keinginan Anda.

Lalu benih ditanam pada tempat semai. Usahakan tidak saling berdekatan apalagi saling menumpuk. Bibit nantinya harus tumbuh dengan ruang yang cukup lebar agar tidak lembab dan sirkulasi udara berjalan baik. Lakukan penyiraman pagi dan sore hari. Bibit akan tumbuh dalam 25 - 30 hari kedepan.

Cara menanam cabe hidroponik dipilih karena tidak perlu menggunakan lahan luas. Anda perlu menyiapkan media tanam untuk hidroponik. Biasanya media tanam yang digunakan adalah cocopeat dan campuran arang sekam. Diperlukan juga tempat menanam hidroponiknya yaitu dari potongan pipa dan botol minuman.

Cara menanam cabe hidroponik juga perlu adanya sumbu dan nantinya digunakan untuk penyerapan nutrisi air. Sumbu sebaiknya dibuat dari kain flanel karena daya serapnya tinggi.

Penanaman bibit dari persemaian ke wadah hidroponik, yaitu tanah semai harus dihilangkan dengan menggunakan air. Setelah media tanahnya terlepas dari akar bibit, masukkan segera ke media hidroponik menggunakan cocopeat. Siram dengan air bersih secukupnya.

Cara hidroponik memiliki keterbatasan dalam ketersediaan unsur hara bagi tanaman. Sehingga perlunya penambahan nutrisi untuk menunjang dan menjaga pertumbuhan cabe secara maksimal.

Pemberian nutrisi tambahan dilakukan sebelum bibit dipindahkan. Jangan diberikan langsung begitu bibit baru dipindah, karena bisa menyebabkan bibit akan stress dan kaget. Sebaiknya diberikan 10 hari setelah bibit dipindahkan ke media hidroponik. Nutrisi untuk cara hidroponik dapat Anda beli di toko pertanian.

Pemeliharaan cara hidroponik ini difokuskan pada ketersediaan nutrisi. Yaitu selalu mengontrol nutrisi pada medianya dan kelembaban media.

MANFAAT CABE DIPEROLEH DARI BENIH-BENIH HIBRIDA BERKUALITAS


BENIH CABE BESAR HIBRIDA

  1. Benih Cabe F1 BEAUTIFUL 497 adalah benih cabe besar hibrida produk Oriental seed. Benih tahan penyakit. Vigor, tanaman tumbuh kokoh, memiliki banyak cabang dan beradaptasi baik di dataran rendah - tinggi.
  2. Benih cabe F1 COLUMBUS adalah benih cabe besar hibrida produk Cap Kapal Terbang. Benih tahan penyakit layu bakteri, fusarium dan medium resisten terhadap Gemini Virus.
  3. Benih Cabe F1 NAPOLI adalah benih cabe besar hibrida, tahan layu fusarium dan bakteri. Benih toleran dari Gemini virus dan bercak daun. Benih medium resitant terhadap Thrips dan Mite.
  4. Benih cabe F1 BAJA adalah cabe besar hibrida dari Cap Panah Merah. Benih direkomendasikan untuk dataran rendah dan di musim kemarau.
  5. Benih cabe F1 TM SCARLET adalah cabe besar hibrida yang direkomendasikan untuk dataran rendah hingga menengah. Tanaman kuat, toleran dari penyakit Antraknose dan layu.
  6. Benih cabe F1 ARIMBI 85 memiliki karakteristik kuat, tanaman kokoh, banyak cabang dan buah yang lebat.
  7. Benih cabe F1 ARIMBI adalah benih cabe hibrida unggulan Cap Kapal Terbang. Cabe memiliki kulit buah hijau dan berubah merah saat tua.
  8. Benih cabe F1 IMOLA adalah benih cabe hibrida unggulan terbaru dari Eston Seed. cabe memiliki kulit buah hijau dan berubah menjadi merah saat tua.
  9. Benih cabe F1 GADA MK adalah benih cabe besar hibrida unggulan Cap Panah Merah. Cabe ini mempunyai kuli buah hijau dan berubah menjadi merah bila tua. Direkomendasikan ditanam di musim kemarau.
  10. Benih cabe F1 HOT BEAUTY adalah benih cabe besar hibrida unggulan petani dari Known You Seed.
  11. Benih cabe F1 IMPERIAL 10 adalah benih cabe besar hibrida terbaru Cap Kapal Terbang.
  12. Benih cabe F1 GADA adalah benih cabe besar Cap Panah Merah.

BENIH CABE RAWIT HIBRIDA


jual benih hibrida, cabai, lmga agro, toko pertanian online, cara menanam cabe
Benih cabe hibrida
LMGA Agro
  1. Cabe ORI 212 merupakan benih cabe rawit produk Aura Seed Indonesia, dengan merk dagang Aura Seed. Cabe ORI 212 adaptasi baik di dataran rendah, dapat ditanam baik di musim hujan maupun musim kemarau.
  2. Cabe PUSAKA 18 merupakan cabe rawit unggul produksi Pusaka Agro Sejati, dengan merk dagang Cap Tiga Bintang.
  3. Benih cabe DOMBA IJO adalah cabe rawit unggul dengan tipe buah cabe merunduk.
  4. Benih cabe SAKA GENI adalah benih cabe rawit hibrida, tahan virus dan hasil lebih besar dari cabe Halbanero.
  5. Cabe F1 MARUTI adalah benih cabe rawit dari PT Agri Makmur Pertiwi. Benih adaptasi baik di dataran menengah dengan ketinggian 200 - 775 m dpl.
  6. Cabe F1 RAWITA adalah cabe rawit hibrida Cap Panah Merah. Tanaman kokoh, kuat dan adaptasi baik di dataran tinggi.
  7. Benih cabe F1 DEWATA adalah benih cabe rawit hibrida Cap Panah Merah. Direkomendasikan ditanam di dataran rendah sampai tinggi. Mudah perawatannya.
  8. Benih cabe rawit F1 RAGA 2 adalah produk benih cap Kapal Terbang. Benih cocok ditanam di dataran rendah sampai tinggi. Mudah juga perawatannya.
  9. Benih cabe F1 SONAR adalah benih Cap Kapal Terbang. Benih cocok ditanam di dataran rendah sampai tinggi. Perawatan tanaman mudah.
  10. Benih cabe F1 NIRMALA adalah benih cabe rawit hibrida cap Panah Merah. Perawatan tanaman mudah.
  11. Cabe F1 PELITA 8 adalah benih cabe rawit Cap Panah Merah. Benih tahan penyakit Antraknose, Bacterial wilt dan virus.
  12. Benih cabe F1 PELITA merupakan benih Cap Panah Merah. Benih cocok ditanam di dataran rendah sampai tinggi. Perawatan tanaman mudah.
  13. Benih cabe F1 BHASKARA adalah benih cabe Cap Kapal Terbang, sudah terbukti dan dikenal unggul berkualitas.
  14. Benih cabe rawit F1 CENTIL adalah produk Known You Seed Taiwan. Benih direkomendasikan untuk ditanam di dataran rendah sampai tinggi. Perawatan tanaman mudah.
  15. Cabe F1 RINTA adalah cabe rawit hibrida dari Bintang Central Asia. Cabe rawit RINTA lebat menggantung. Cabe rawit berukuran panjang 7 - 8 cm dan diameter 0,9 cm.


BENIH CABE RAWIT UNGGUL ADA DI TOKO PERTANIAN LMGA AGRO


  1. Benih cabe unggul VINOTY adalah jenis cabe rawit putih produk dari PT Agrindo Hartha Mekar. Tipe cabe rawit menggantung.
  2. Benih vabe unggul BARA adalah benih cabe rawit Cap Panah Merah. Benih direkomendasikan ditanam di dataran rendah sampai tinggi. Perawatan tanaman mudah.
  3. Benih cabe unggul CAKRA PUTIH adalah produk benih cap Kapal Terbang. Benih untuk ditanam di dataran rendah sampai tinggi. Perawatan tanaman mudah.
  4. Benih cabe TANJUNG adalah benih cabe rawit unggul dan tipe cabe rawit menggantung. Benih direkomendasikan untuk dataran rendah sampai tinggi.
  5. Benih cabe unggul MAHAMERU cocok ditanam di dataran rendah sampai tinggi. Perawatan tanaman mudah. Tipe tanaman tegak, ruas pendek dan buah lebat.
  6. Benih cabe unggul TARUNA adalah benih cap Panah Merah. Benih cocok ditanam di dataran rendah sampai tinggi. Perwatan tanaman mudah.
  7. Benih cabe unggul MADUN dari Mutiara Bumi. Tipe tanaman tegak, beruas pendek dan buah lebat. Tipe buahnya menggantung ( gandul ).
  8. Benih cabe rawit unggul TM RAWIT adalah produk Tani Murni. Benih cocok untuk ditanam di dataran rendah sampai tinggi. Perawatan tanaman mudah.
  9. Benih cabe rawit unggul MHANU. Benih cocok ditanam di dataran rendah sampai tinggi. Perawatan tanaman mudah.
  10. Benih cabe MHANU F1 ( Mhanu Prayit ) adalah benih cabe rawit hibrida produk dari Halbanero. Warna buah hijau saat muda, cerah lalu berubah berwarna merah oranye saat tua.
  11. Benih cabe SHYPOON adalah cabe rawit hibrida. Benih merupakan cabe rawit berangkai produk terbaru dari Halbanero.


MANFAAT CABE DALAM BENIH CABE KERITING F1 | LMGA AGRO


  1. Benih cabe keriting RED LAVA F1 produk dari Takii Seed. Benih dapat beradaptasi baik di dataran rendah hingga menengah. Umur panennya genjah.
  2. Benih cabe keriting F1 PHOENIX 55 adalah cabe keriting produk andalan Royal Agro Seed. Tipe tanaman tinggi, kokoh dan rimbun. Banyak cabang dan perakarannya.
  3. Benih cabe keriting JACKO 99 F1 adalah benih bermutu dari Tunas Agro Seed. Direkomendasikan ditanam di dataran rendah hingga tinggi.
  4. Benih cabe keriting HAI_LUX F1 adalah cabe keriting produk PT Agrotech Sinarindo ( AGSI ). Merk dagang Eston Seed. Benid cocok ditanam di dataran rendah sampai tinggi.
  5. Benih cabe JINAWI F1 merupakan benih cabe keriting produk Tunas Agro Seed. benih direkomendasikan untuk ditanam di dataran rendah sampai tinggi.
  6. Cabe LENTUR F1 adalah benih cabe keriting Cap Panah Merah. Benih direkomendasikan untuk dataran tinggi. Tipe tanaman kuat dan kokoh, tahan serangan layu bakteri dan Phytopthora.
  7. Cabe keriting LAJU F1 Cap Panah Merah, generasi baru yang berproduksi tinggi. Benih direkomendasikan untuk dataran rendah.
  8. Cabe F1 LABA adalah cabe keriting dari Panah Merah. Benih cocok untuk dataran rendah sampai menengah. Benih cabe tahan penyakit layu bakteri dan busuk batang.
  9. Cabe RED KRISS adalah benih cabe keriting dari Takii Seed. Benih tahan dari Patek/antraknose dan layu bakteri.
  10. Benih cabe keriting F1 RIMBUN 3 adalah benih dari Cap Kapal Terbang. Kulit cabenya berwarna hijau saat muda dan berwarna merah saat matang.
  11. Benih cabe F1 KASTILLO adalah benih cabe keriting hibrida Cap Panah Merah. Benih direkomendasikan untuk dataran menengah sampai tinggi.
  12. Benih cabe keriting F1 FLASH 750 adalah benih unggulan cap Kapal Terbang.
  13. Cabe keriting F1 IGGO benih cabe hibrida Cap Kapal Terbang. toleran penyakit layu bakteri, tahan virus, hama Thrips dan Aphid.
  14. Cabe F1 OR TWIST 42 banih cabe hibrida dari Oriental Seed Indonesia. Tipe kanopi rapat dan tinggi mencapai 110 - 123 cm.
  15. Benih cabe keriting F1 VERY WELL dari Tunas Seed. Benih untuk ditanama di dataran rendah sampai tinggi.

MANFAAT CABE DIPEROLEH SAAT PANEN DAN PASCA PANEN


Panen merupakan saat paling ditunggu-tunggu dalam setiap budidaya pertanian, baik buah maupun sayur. Begitu juga untuk panen cabe, cara petik panen cabe berperan begitu besar menentukan kualitas cabe. Cara yang tidak tepat, menyebabkan buah cabe rusak atau tidak tahan simpan lama.

Panen cabe umumnya umur 60 - 90 HST dari persemaian tergantung dari jenis cabe dan varietasnya. Cara menanam cabe di dataran tinggi, waktu panennya lebih lama sampai 15 hari dibandingkan di dataran rendah.

Panen cabe dilakukan berkali-kali sampai buah cabe habis. Menanam cabe di dataran rendah, panen dilakukan setiap 2 - 3 hari sekali. Bila di dataran tinggi, panen dilakukan setiap 6 - 10 hari sekali.

Cara panen cabe dilakukan menggunakan tangan dan dilakukan dengan hati-hati agar cabe tidak rusak. Jika buah cabe rusak, pasti akan menurunkan harga jual nanti. Waktu pemanenan juga dilakukan pagi hari/sore saat cuaca cerah dan tidak hujan.

Ciri cabe masak adalah cabe telah berwarna merah, tingkat kekerasan sedang dan panjang maksimal. Pemetikan buah cabe disertakan tangkainya dan hati-hati untuk tidak merontokkan buah cabe yang masih hijau.

Pisahkan buah cabe yang sehat ( tidak rusak ) dengan buah yang busuk/rusak. Buah yang busuk lebih baik dibakar ( dimusnahkan ).

Buah yang sehat, dikumpulkan dan dimasukkan wadah keranjang terbuat dari bambu. Alas wadah diberi koran supaya cabe tidak berceceran. Teknik pasca panen cabe antara lain meliputi penyortiran dan grading, curing, penyimpanan, pengemasan lalu pemasaran.

Demikian artikel judul Manfaat Cabe Bagi Kesehatan dan Kemudahan Cara Menanam Cabe. Hubungi kami di 082141747141 ( khusus telepon ) dan 08125222117 ( khusus SMS/WA ). Toko Pertanian Online LMGA Agro siap kirim pesanan benih, pupuk, ZPT, pestisida dan alat pertanian. Kami siap kirim ke alamat Anda di seluruh wilayah Indonesia.

Semoga artikel Kami tentang Manfaat Cabe dan Cara Menanam Cabe dapat bermanfaat bagi pembaca. Kami menerima layanan konsultasi pertanian gratis tentang cara menanam hingga perawatan tanaman. Selamat bercocok tanam pertanian dan salam sukses...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon untuk berkomentar secara bijak dan sesuai bahasan.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...