TOKO PERTANIAN LMGA AGRO, TEMPAT BELANJA ONLINE PETANI MURAH, AMAN DAN PROMO. SEGERA BELANJA! HUBUNGI KAMI DI : SMS / WA : 081 252 22 117, LAYANAN KONSULTASI PERTANIAN GRATIS HP. 082 141 747 141.

KETIK JUDUL/LABEL ARTIKEL YANG DICARI PADA KOLOM DI BAWAH INI

21/11/22

Jadwal Pemupukan Cabe Benih Cabai Terbaik Harga Murah - LMGA Agro

jadwal pemupukan cabe, pupuk cabe, NPK, pupuk kandang, cara menanam cabe, toko pertanian, online, lmga agro
Pupuk NPK Cap Tawon

Jadwal Pemupukan Cabe Benih Cabai Terbaik Harga Murah - LMGA Agro. HP 082141747141 ( telp ) dan 08125222117 ( WA ). Toko pertanian LMGA Agro jual produk pertanian lengkap secara online dan harga murah. 

Toko pertanian LMGA Agro distributor produk pertanian terpercaya dan andalan Petani. Toko pertanian lengkap dengan produk berkualitas terbaik. 

Kami menerima layanan konsultasi gratis seputar permasalahan budidaya pertanian. Sebagai supplier, Toko pertanian LMGA Agro menyediakan beragam jenis benih tanaman sayur dan buah.

Juga menyediakan pupuk berkualitas, pestisida, ZPT hingga alat untuk sarana prasarana pertanian. Beli sekarang produk pertanian lengkap terdekat dan harga murah di Toko pertanian LMGA Agro. 

Kami siap kirim pesanan Anda ke alamat tujuan seluruh wilayah Indonesia. Pengiriman barang oleh JNE, KI8, Pos Indonesia dan ekspedisi lainnya. 

Jadwal pemupukan cabe menunjukkan respon hampir sama semua jenis cabai. Tanaman cabai membutuhkan perawatan dan pemeliharaan intensif terutama jadwal pemupukan cabe. 

Jadwal pemupukan cabe berlangsung dua kali yaitu pupuk dasar dan pupuk lanjutan atau susulan. Tanaman cabe membutuhkan unsur hara untuk tumbuh kembang tanaman dan berproduksi dengan baik melalui pemupukan.  

Jadwal pemupukan cabe berguna menyediakan unsur hara tepat sesuai kebutuhan tanaman dan umur tanaman. Pemupukan kekurangan dan berlebihan memberikan dampak buruk pada tanaman. 

Tujuan pemupukan yaitu meyediakan unsur hara sebagai makanan tanaman agar tumbuh subur, berproduktivitas baik dan berbuah lebat. 

Cabai menjadi kebutuhan rumah tangga, warung makanan, restoran hingga pabrik makanan. Cabai menjadi komoditas usaha bidang pertanian penting dan selalu dibutuhkan setiap musim.  

Jadwal Pemupukan Cabe Agar Berbuah Lebat 

jadwal pemupukan cabe, pupuk cabe, NPK, pupuk kandang, cara menanam cabe, toko pertanian, online, lmga agro
Tanaman Cabe Rawit
Buah Lebat
Pemupukan cabe harus tepat untuk mendapatkan buah tumbuh lebat. Cabai ( Capsicum sp. ) merupakan famili Solanaceae yang memiliki umur panjang ( menahun ) sampai 2 - 3 tahun. 

Mampu tumbuh lama tersebut asalkan mendapatkan pemeliharaan baik dan tercukupi kebutuhan haranya. Cabai berguna sebagai sayur, bumbu masak, bahan asinan hingga untuk obat. 

Budidaya cabai paling penting yaitu perhatikan jarak tanam dan pemupukannya. Dengan umur tanaman cabai yang panjang maka kebutuhan pupuk juga banyak. 

Tanaman cabe lebih cocok tumbuh pada ketinggian tempat 0 - 500 m dpl. Produksi tanaman cabe pada ketinggian lebih dari 500 m dpl tidak jauh berbeda namun umur panen lebih lama. 

Tanaman cabe menyukai tanah gembur, kaya bahan organik dan pH tanah netral 6 - 7. Jadwal pemupukan cabe terdiri dari dua yaitu pupuk dasar dan pupuk susulan/lanjutan. 

Pemupukan cabe menyesuaikan dengan kondisi spesifik lahan lokasi tanam. Jadwal pemupukan cabe membutuhkan pupuk kandang, Urea, SP-36 atau TSP dan KCl. 

Pemberian pupuk kandang saat pembuatan bedengan dan sebelum penanaman. Pemberian pupuk dasar jadwal pemupukan cabe sebelum bedengan Anda tutup mulsa plastik hitam perak. 

Dosis pemupukan dasar adalah 1/2 dosis dari jumlah pupuk untuk tanaman cabe. Setengah pupuk sisanya pemberiannya saat setelah tanam sampai panen. 

Pupuk susulan bertujuan menyediakan hara bagi tanaman pada fase vegetatif sampai fase generatif awal. cara aplikasi jadwal pemupukan cabe yaitu cara dicairkan terlebih dahulu. 

Pencairan pupuk bertujuan agar unsur hara dalam pupuk cepat tersedia dan tanaman cepat menyerapnya. Sehingga pertumbuhan menjadi baik dan sehat. 

Baca Juga : Peranan Pasar Induk Sayur Dalam Membangun Brand Image Benih

Pemupukan untuk Tanaman Cabe

jadwal pemupukan cabe, pupuk cabe, NPK, pupuk kandang, cara menanam cabe, toko pertanian, online, lmga agro
Pupuk NPK 16-16-16
Cap Pak Tani

Jadwal pemupukan susulan tanaman cabe mulai umur 1 - 4 minggu setelah tanam menggunakan 1/2 dosis sisa dari pemupukan dasar. Jadwal pemupukan cabe pemberiannya secara kocor. 

Setiap tanaman mendapatkan kocoran 150 - 250 ml larutan pupuk. Dan larutan pupuk dengan cara mengencerkan sebanyak 1,5 - 3 kg pupuk kimia per 100 liter air. 

Pemupukan susulan tanaman cabe menggunakan pupuk NPK sebanyak dosis 15 - 30 gram larutkan dalam 1 liter air dan kocorkan sebanyak 200 ml per tanaman. 

Kocorkan pada tanah sekitar tanaman, jangan langsung ke tanaman. Pemupukan susulan tanaman cabe menggunakan pupuk NPK mulai umur 7 HST dan interval 7 hari sekali. 

Memasuki masa berbunga, pemupukan menjadi 2 minggu sekali. Pupuk majemuk NPK dan ZA merupakan jenis pupuk yang sering terpilih untuk memupuk cabai. 

Kebutuhan pupuk tanaman cabe yaitu : pupuk kandang 10 - 30 ton/hektar, Urea 200 - 300 kg/hektar, SP-36 atau TSP 200 - 300 kg/hektar dan KCl 150 - 250 kg/hektar. 

Jadwal pemupukan cabe tersebut 1/2 dosis untuk pupuk dasar dan 1/2 dosis sisa untuk pupuk susulan. Pupuk kandang seluruhnya saat awal tanam. Berikan juga kapur Dolomit saat pembuatan bedengan. 

Pupuk kandang dikonversikan per tanaman sebanyak 1,5 - 1,5 kg/tanaman dengan asumsi populasi tanaman sebanyak 20.000 per satu hektar. 

Pupuk kimia sebagai pupuk dasar cara aplikasi yaitu pemberian dalam larikan berjarak 25 - 30 cm dari tepi bedenan. Jarak antar larikan 70 cm. Taburkan merata pupuk ke larikan. 

Berikan pupuk dasar sebelum bedengan Anda tutup dengan mulsa plastik hitam perak. Dosis pupuk dasar 1/2 dosis pupuk cabe. 

Baca Juga : Cara Menanam Cabe Jacko 99 Tunas Agro

Pupuk Organik Baik untuk Tanaman Cabai

Tanaman cabai akan tumbuh baik bila kebutuhan dasar tanaman terpenuhi yaitu salah satunya pupuk. Pemupukan tanaman berguna untuk menambah kebutuhan unsur hara tanaman. 

Beberapa kebutuhan hara tanaman tidak dapat disediakan oleh alam/tanah. Tanah dapat memenuhi kebutuhan hara bila terjaga kesuburannya. Tanah kaya bahan organik menjadi kebutuhan utama. 

Menambahkan bahan organik ke tanah sangat penting dalam menjaga kesuburan tanah. Bahan organik mampu meningkatkan ketersediaan air dan unsur hara bagi tanaman. 

Ketersediaan air dan hara yang cukup bagi tanaman dapat menyuburkan tanaman dan meningkatkan produktivitas tanaman. Pupuk organik seperti pupuk kandang mampu menurunkan intensitas hama. 

Aplikasi pupuk kandang dengan mencampurkan ke tanah sesuai kebutuhan tanaman. Penanaman dalam polybag, Petani akan mencampur pupuk kandang dan tanah 1 minggu sebelum tanam. 

Selama satu minggu sebelum tanam tersebut, siaram tanah setiap hari untuk mempercepat tercampurnya pupuk dengan tanah. 

Pemupukan menggunakan pupuk NPK adalah satu minggu setelah tanam. Sebarkan pupuk melingkari tanaman lalu tutup dengan tanah untuk mengurangi kehilangan pupuk karena penguapan. 

Penambahan bahan organik/pupuk organik adalah upaya meningkatkan ketersediaan unsur Nitrogen. Sekaligus memperbaiki kualitas tanah dan memperbaiki sifat fisik, kimia dan biologi tanah. 

Bahan organik merupakan sumber koloid organik yang mampu menyediakan hara makro dan mikro dan meningkatkan kapasitas menyangga air. 

Pupuk organik merupakan sumber energi bagi aktivitas organisme tanah dan bersifat ramah lingkungan. 

Baca Juga : Jual Cabe Rawit Super Sae Sebelas Unggul

Pohon Cabe Berproduksi Hasil Tinggi 

jadwal pemupukan cabe, pupuk cabe, NPK, pupuk kandang, cara menanam cabe, toko pertanian, online, lmga agro
Tanaman Cabe Besar
Lebat

Kebutuhan unsur hara organik dalam pupuk kandang sebanyak 20 ton/hektar. Tambahkan juga pupuk anorganik NPK Mutiara 16-16-16 sebanyak 200 - 250 kg/hektar. 

Pupuk anorganik berikan satu minggu setelah tanam dengan cara tugal. Bila Anda menanam benih cabe dalam polybag, Anda bisa berikan kompos. 

Masing-masing 25 gram kompos per polybag sebagai pupuk dasar dan diamkan selama 4 hari sebelum penanaman. 

Pemupukan cabe dengan NPK sebanyak 3 kali pemberian yaitu saat 7 hari setelah tanam, umur 1 bulan dan 2 bulan setelah tanam. 

Saat musim hujan, jadwal pemupukan cabe cara tugal lebih efektif karena air hujan akan cepat melarutkan pupuk menjadi tersedia bagi tanaman. 

Cara larikan dengan mengelilingi tanaman sedalam 5 cm dan berjarak 6 cm dari tanaman. Taburkan pupuk lalu tutup dengan tanah. Selanjutnya siram air secukupnya. 

Keberhasilan pohon cabe selain karena faktor pemupukan juga karena faktor cuaca. Tingginya curah hujan dapat mempengaruhi kadar air tanah, aerasi tanah dan kelembaban udara. 

Kelembaban tinggi dan lebih dari 80% dapat memicu pertumbuhan cendawan dan berpotensi merusak tanaman. Cahaya matahari mempengaruhi pertumbuhan tanaman lewat lamanya penyinaran. 

Panjang hari lamanya penyinaran berpengaruh terhadap pembungaan tanaman. Cahaya matahari tentang kualitas, intensitas dan fotoperiodisme. 

Indonesia sebagai negara beriklim tropis dimana panjang siang dan malam hampir sama. Yaitu lama penyinaran yaitu 12 jam. 

Baca Juga : Jual Benih Cosmos 29 BISI Murah Varietas Cabai Tahan Antraknosa 

Pupuk Cabe Agar Tanaman Berbuah Lebat

jadwal pemupukan cabe, pupuk cabe, NPK, pupuk kandang, cara menanam cabe, toko pertanian, online, lmga agro
 Bedengan Cabe
dengan Mulsa Plastik

Tanaman cabai merupakan kelompok tanaman hari netral yaitu dapat berbunga sepanjang tahun baik hari pendek maupun panjang. 

Pupuk cabe lewat akar atau pupuk akar yaitu menaburkan pupuk agar masuk tanah dan akar tanaman dapat menyerap pupuk. 

Termasuk pupuk akar yaitu Urea, TSP, KCL, ZA, kompos, pupuk kandang dan lain-lain dengan kandungan unsur makro paling dominan. 

Pupuk daun untuk jadwal pemupukan cabe yaitu pemberiannya lewat daun dengan cara menyemprotkan pupuk. 

Tanaman lebih cepat dapat menyerap pupuk lewat daun dalam bentuk semprotan daripada pupuk akar. Karena penyemprotan pupuk daun langsung masuk lewat stomata/mulut daun. 

Kandungan hara pupuk daun lebih lengkap karena mengandung unsur makro dan mikro. Pupuk daun akan menyuburkan pertumbuhan tanaman semakin sehat. 

Pupuk daun sebagai pupuk tambahan selain pupuk lewat akar. Jenis pupuk saat tanaman fase pertumbuhan vegetatif aktif ( daun dan tunas ) yaitu pupuk daun kadar Nitrogen tinggi. 

Yaitu Gandasil D, Gandasil B, Bayfolan dan lain-lain. Jadwal pemupukan cabe untuk pupuk daun yaitu antara 10 - 14 hari sekali. Berikan dosis atau konsentrasi seperti tertera dalam kemasan pupuk. 

Fase pertumbuhan bunga dan buah ( generatif ) perlu pemberian pupuk daun dengan kandungan P dan K tinggi. 

Untuk merangsang munculnya bunga dan buah, tanaman cabai setelah umur 50 HST berikan pupuk sususlan menggunakan pupuk NPK. Atau bisa pupuk campuran dari ZA, Urea, TSP dan KCl ( 1 : 1 : 1 : 1 ). 

Berikan sebanyak 4 sendok makan atau lebih yaitu dengan melubangi mulsa satu lubang antara 4 tanaman. Masukkan pupuk dalam lubang dan aduk-aduk dengan tanah lalu siramkan air. 

Air akan cepat melarutkan unsur hara dalam pupuk dan mersapkan dalam tanah. Pemupukan susulan berikan saat pertumbuhan tanaman kurang subur karena serangan hama/penyakit. 

Baca Juga : Fungisida Bion M dari Syngenta Pengendali Cendawan Tanaman

Penyemaian Benih Cabe dan Penanaman

Penyemaian benih cabe menggunakan wadah semai berisi media dari tanah, pupuk kandang dan sekam padi perbandingan 1 : 1 : 1. 

Sebelum penanaman benih, siram dulu media campuran tanah tadi hingga basah. Rendam benih dalam air hangat kuku selama 4 jam. 

Selanjutnya lakukan penanaman benih cabe sebanyak satu benih dalam satu polibag. Penanaman bendih sedalam kurang 0,5 cm lalu tutup benih dengan tanah halus. 

Perawatan saat menyemai benih yaitu penyiraman setiap pagi dan sore hari. Sampai bibit berumur 6 minggu dan siap untuk pindah tanam.

Penanaman bibit cabe sebaiknya sore hari saat cuaca tidak terlalu panas. Cara penanaman bibit cabe yaitu keluarkan bibit dari wadah semai. 

Cara menanam cabe dalam polybag yaitu tanam bibit sampai kedalaman kurang lebih 10 cm dalam polybag berukuran 30 x 40 cm. 

Isi polybag dengan media tanam berat 10 kg per polybag. Tanam satu bibit per polybag. 

Jadwal pemupukan cabe dalam polybag menggunakan pupuk NPK. Larutkan sebanyak 4 - 5 kg kedalam air 200 liter air atau satu drum. 

Cara pemberian dengan sistem kocor setiap tanaman sebanyak 300 - 500 cc tergantung kebutuhan.

Untuk bedengan tertutup mulsa plastik hitam perak menggunakan selang atau alat corong panjang 0,5 - 1 meter. Masukkan selang ke dalam lubang mulsa plastik dekat pangkal batang cabai. 

Alirkan air larutan pupuk tadi sebanyak takaran penyiraman. Pengocoran pupuk ini lakukan 2 minggu sekali. 

Jadwal pemupukan cabe setelah panen yaitu dengan pupuk NPK atau campuran ZA, Urea, TSP dan KCl dengan perbandingan 1 : 1 : 1 : 1. 

Takaran pupuk campuran tadi sebanyak 2 sendok per tanaman dan berikan antar 2 tanaman pada bagian kanan dan kiri. 

Baca Juga : Tanaman Hortikultura untuk Peluang Usaha Budidaya

NPK Terbaik untuk Jadwal Pemupukan Cabe

Pupuk NPK terbaik dan praktis untuk jadwal pemupukan cabe. Petani menggunakan pupuk NPK saat tanaman cabai mulai berbunga. 

Terdapat dua jenis pupuk yang dapat meningkatkan kesuburan tanaman cabe hingga mampu berbuah lebat. Dua jenis pupuk tersebut adalah Urea dan NPK khususnya NPK 16-16-16. 

Kelebihan pupuk Urea sebaiknya berikan pada tanaman cabe umur 10 - 30 HST. Pupuk Urea dapat merangsang tunas baru tanaman cabe dalam polybag. 

Jadwal pemupukan cabe menggunakan Urea yaitu campurkan satu sendok makan Urea dan larutkan dalam satu liter air. Aduk pupuk sampai larut. 

Kocorkan ke tanaman pupuk Urea cair 200 ml per tanaman. Pastikan jangan menyiramkan langsung ke tanaman dan batang cabe jangan terkena larutan pupuk saat proses penyiraman. 

Untuk penanaman dalam polybag, satu liter larutan pupuk Urea tadi cukup untuk tujuh tanaman. Lakukan proses pemupukan Urea setiap 2 minggu sekali. 

Pupuk NPK untuk tanaman cabe mulai berbunga. Gunakan pupuk NPK 16-16-16 karena sangat baik untuk tanaman umur 30 - 50 HST. 

NPK Mutiara 16-16-16 mampu merangsang pertumbuhan buah atau calon buah. Cara aplikasi NPK Mutiara 16-16-16 yaitu campurkan satu sendok makan NPK dan larutkan dalam satu liter air. 

Aduk hingga larut dan larutan pupuk NPK Mutiara ini cukup untuk menyiram 6 tanaman cabe dalam polybag. Jangan menyiramnya langsung ke tanaman karena membuat tanaman stres, layu atau mati.  

Daun Cabai Berwarna Kuning

Kekurangan unsur hara paling sering terjadi pada tanaman cabe. Perhatikan jadwal pemupukan cabe secara teratur. 

Akibat pemupukan tidak tepat tersebut membuat daun cabai kuning karena kekurangan unsur hara. Biasanya tanaman kekurangan pupuk NPK Mutiara 16-16-16 dan pupuk kandang. 

cara mengatasi daun tanaman cabai menguning yaitu berikan pipik NPK Mutiara 16-16-16 sebanyak satu sendok makan. Larutkan dalam 3 liter air dan aduk sampai pupuk bener-benar tercampur air.  

Kemudian siramkan pupuk ke tanaman yaitu sekeliling tanaman. Pupuk NPK cukup Anda siramkan pada bagian akar atau bawah tanaman. 

Jangan siramkan pupuk pada daun tanaman kecuali khusus pupuk daun. Siramkan satu tanaman sebanyak 200 ml dan lakukan seminggu sekali sampai tanaman segar dan daunnya tidak kuning. 

Pupuk NPK dapat meningkatkan kesuburan tanaman dan buahnya lebat. Setelah penyiraman pupuk NPK, taburkan satu sampai dua genggam pupuk kandang per tanaman.

Taburkan mengelilingi tanaman berjarak 5 cm dan lakukan saat pagi atau sore hari. Lakukan sebelum penyiraman atau saat tanah kondisi kering. 

Demikian artikel Kami tentang jadwal pemupukan cabe untuk hasil buah lebat dan panen tinggi. Hubungi kontak Kami 082141747141 ( telp ) dan 08125222117 ( WA ). 

Toko pertanian LMGA Agro melayani online beli produk pertanian berkualitas dan harga murah. Kami menerima konsultasi gratis pertanian dan seputar tentang pemupukan cabe. 

Toko pertanian LMGA Agro jual beragam benih terbaik, pupuk,pestisida, ZPT hingga alat pertanian sebagai sarana prasarana budidaya tanaman. 

Semoga artikel Kami bermanfaat dan menambah wawasan tentang jadwal pemupukan cabe tepat dan benar. Salam sukses....

RELATED POSTS

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jika anda ingin komentar Gunakan alamat email yang jelas ( Jangan Anonymous ). Mohon komentar secara bijak dan sesuai bahasan.