TOKO ONLINE PERTANIAN LMGA AGRO, TEMPAT BELANJA ONLINE PETANI MURAH, AMAN DAN PROMO. BELANJA SILAKAN HUBUNGI KAMI DI : SMS / WA : 081 252 22 117, LAYANAN KONSULTASI PERTANIAN GRATIS HP. 082 141 747 141.

KETIK JUDUL/LABEL ARTIKEL YANG DICARI PADA KOLOM DI BAWAH INI

29/07/20

Cabe Merah Very Well F1 Keriting Benih Hibrida Terbaik Tunas Agro

cabe merah very well, cabai, budidaya cabe, jual benih cabe hibrida, toko pertanian, online shop, lmga agro
Benih F1 Cabe Very Well 
Cabe Merah Very Well F1 Keriting Benih Hibrida Terbaik Tunas Agro. HP 082141747141 ( khusus telepon ) dan 08125222117 ( khusus SMS/WA ). Toko pertanian Online LMGA Agro jual benih cabe Very Well Hibrida F1 dari Tunas Agro. Tahan penyakit dan produksi tinggi.


Toko pertaniani LMGA Agro online shop jual segala kebutuhan  bercocok tanam petani dan hobiis berkebun. Tersedia benih hibrida dan unggul buah dan sayur, pupuk, pestisida, ZPT dan alat pertanian. Produk tersedia lengkap, murah dan berkualitas terbaik.

Kami didukung oleh perusahaan pertanian terkemuka. Seperti pabrik benih cap Kapal Terbang, cap Panah Merah, Takii Seed, Known You Seed, Benih Pertiwi dan lain-lain. Kami mengajak Anda dalam online shop sebagai dropship dan reseller produk pertanian.

Benih terbaik cabe merah Very Well F1 keriting dari Tunas Agro. Produktivitas tinggi, daya tumbuh kuat dan tahan penyakit. Cabe lentur, kuat tidak mudah rusak dalam pengemasan. Tahan simpan lama dan pengangkutan jarak jauh.

Toko pertanian LMGA Agro melayani konsultasi pertanian gratis. Kami siap kirim pesanan Anda ke seluruh wilayah Indonesia. Bersama mitra Kami jasa pengiriman barang JNE, KI8, Pos Indonesia dan lain-lain.

Cabe merah Very Well F1, benih hibrida cabai keriting dari Tunas Agro. Benih terbaik mempunyai daya tahan tumbuh kuat dan tahan penyakit. Mudah berbuah dan poduktivitasnya tinggi. Cabai keriting Very Well F1 memiliki manfaat tinggi bagi kesehatan.

Harga cabai merah keriting Very Well F1 tidak seekstrim dan fluktuatif harga cabe rawit. Cabe merah Very Well F1 juga banyak dicari masyarakat sebagai bahan olahan masakan. Peluang usaha menanam cabe Very Well F1 menguntungkan dan menjanjikan. Karena cabe selalu dibutuhkan masyarakat setiap hari.



Karakteristik Cabe Merah Very Well F1 Tunas Agro


Benih Very Well Hibrida F1 merupakan benih cabe merah keriting produk Tunas Agro terbaik. Cabai mempunyai daya tahan tumbuh kuat dan tahan penyakit yang biasa menyerang cabe. 

Tanaman cabe Very Well F1 mudah berbuah dan memiliki produksi panen tinggi. Berat cabe +- 6,5 gram dengan panjang +- 16 cm. Cabe merah Very Well F1 sangat cocok untuk konsumen di Indonesia. Buah tahan penyakit dan tahan di penyimpanan. Isi bersih : 10 gram. 

Budidaya cabe Very Well F1 cocok ditanam di dataran rendah sampai dataran tinggi. Cabe memiliki kulit hijau saat masih mudan dan berubah menjadi merah saat tua. Tanaman cabe merah Very Well F1 mempunyai percabangan banyak. 

Cabe merah Very Well F1 panen tinggi super keriting dengan ukuran buah besar. Umur panen 85 HST, ukuran panjang 16 cm dan diameter buah 1,1 cm. Berat buah 6,5 gram. Persentase bunga menjadi buah sangat tinggi. Buah lentur sehingga tidak mudah rusak saat pengepakan dan dikemas. 

Cabe merah Very Well F1 toleran dari serangan hama Thrips dan Mite. Kedua hama juga merupakan vektor dari penyakit pada cabai. Potensi hasil mencapai 27 ton/ha. Dalam 1 hektar membutuhkan benih 130 gram. 

Cabai dipercaya berasal dari Meksiko. Dari Meksiko, cabai dibawa ke India, China hingga ke Turki dan tersebar ke seluruh dunia . Yaitu sekitar abad ke-16 dan ke-17. 

Cabe merah Very Well F1 adalah jenis cabe keriting. Masuk kategori cabe merah dengan bentuk panjang dan ramping. Tekstur cabe merah Very Well F1 keriting, berwarna merah saat tua atau matang. 

Rasa cabe keriting pedas dan didalamnya terdapat biji sangat kecil namun keras. Biji-biji inilah pemberi rasa pedas pada cabai. 





Peluang Usaha Menanam Cabe Menguntungkan


cabai, cabe merah very well, manfaat cabe, toko pertanian, jual benih cabe, lmga agro, online shop
Peluang Usaha Menanam Cabe Merah Very Well F1
Hingga kini, cabai menjadi salah satu tanaman komersil paling diminati orang. Sejak diperkenalkan, cabai menjadi makanan pokok dari banyak ragam masakan. Buah cabe merah Very Well F1 dapat dimakan secara mentah, dimasak dan dikeringkan. 

Cabai merah Very Well F1 memiliki nama latin Capsicum annum L. Kini produksi cabe diolah menjadi bumbu bubuk cabe dan peminatnya banyak sekali. Masyarakat menyukai sebagai variasi dalam menikmati masakan selain dalam bentuk saus sambal. 

Cabe merah dan jenis cabe lainnya seperti cabe rawit oleh masyarakat dibuat sebagai pemeriah bumbu masakan. Cabe keriting Very Well masuk kategori cabe merah dan memiliki banyak kandungan gizi baik bagi tubuh.

Peluang usaha menanam cabe merah Very Well F1 menjanjikan dan menguntungkan. Terutama bila harga cabe tinggi dikarenakan persediakan di petani lebih sedikit daripada permintaan pasar. Persediaan cabe di tingkat petani selama ini dipengaruhi oleh cuaca dan cara pemeliharaannya. 

Peluang usaha menanam cabe nerah Very Well F1 dapat ditanam di pekarangan atau lahan sempit. Menanam cabe di pekarangan merupakan usaha sampingan yang dapat Anda lakukan dirumah. Hasil panennya bisa dijual juga di pasar dekat rumah. Bisa juga dijual sendiri dengan membuka usaha kecil-kecilan di rumah. 

Budidaya cabe merah Very Well F1 mudah dilakukan asalkan kita mengikuti tahap-tahap pelaksanaannya. Syarat tumbuh tanaman cabe merah Very Well F1 sama dengan cabe rawit dan cabe jenis lainnya. 

Cabe merah Very Well F1 menyukai tanah gembur, subur, banyak mengandung humus dan berdrainase baik. Kisaran pH antara 6 - 7. Ketinggian tempat tanaman cabai adalah 0 - 1300 m dpl. 

Curah hujan ideal adalah berkisar 600 - 1250 mm/tahun. Suhu optimal cabe merah Very Well F1 yaitu 20 - 25 derajat Celcius. Kelembaban udara sedang antara 50 - 60 %. Menyukai ditanam di tempat terbuka dan kena sinar matahari langsung sampai 7 jam/hari.  



Kandungan Gizi Cabe Merah Keriting Very Well F1


Cabe merah Very Well F1 dikenal banyak mengandung vitamin A dan C. Vitamin A berkhasiat untuk meningkatkan sistim penglihatan manusia. Vitamin C membantu tubuh menangkal radikal bebas penyebab penyakit kanker. 

Cabe merah Very Well F1 memiliki rasa pedas alami. Rasa pedas berasal dari zat alkaloid aktif bernama Capsaicin. Semakin banyak capsaicin dikandung cabai maka semakin pedas rasa cabai tersebut. Namun rasa pedas cabai bervariasi tergantung kondisi pertumbuhannya dan jenis cabai.

Selama ini, cabai paling pedas adalah kategori jenis cabe rawit. Artinya kadar Capsicin dalam cabe rawit paling tinggi diantara cabe besar dan cabe keriting. Untuk mengukur tingkat kepedasan atau kadar Capsicin bukan dengan dicicipi langsung ke lidah.

Namun menggunakan cara khusus, aman dan akurat yaitu menggunakan skala Scoville ( SHU ). Di Indonesia, cabe rawit salah satu jenis cabai terpedas. Mengutip dari laman Tempo, cabe rawit memiliki nilai 100 ribu Skala Scoville. Cabe merah besar hanya 30 ribu - 50 ribu SHU.   

Capsaicin dalam cabe merah Very Well F1 tidak sebanyak cabe rawit namun potensi manfaatnya sama. Yaitu menerdakan rasa sakit dan meningkatkan daya tahan tubuh untuk melawan infeksi. Hasil penelitian menyebutkan efek Capsaicin dapat mendorong kerja metabolisme tubuh 5% lebih cepat. Terutama dalam membakar lebih banyak lemak.

Capsaicin juga efektif menurunkan kadar kolesterol jahat LDL. Sekaligus dapat meningkatkan kadar kolesterol baik HDL dalam tubuh. Meski bermanfaat, Capsaicin juga berisiko bila kita mengkonsumsi berlebihan.

Terlalu berlebihan makan cabai, kebanyakan orang mengalami sakit perut atau mulas, mulut dan tenggorokan panas seperti terbakar. Hidung beringus, keringat deras hingga menitikkan air mata. Hal ini karena Capsaicin memicu terjadinya iritasi sel pada membran mulut, tenggorokan hingga mata.





Manfaat Cabe Merah Very Well F1 Untuk Kesehatan 


Cabe merah Very well F1 memiliki manfaat besar karena mengandung Capsaicin. Yaitu zat alkaloid aktif pemberi rasa pedas dalam buah cabe.


Bermanfaat Untuk Mencegah Penyakit Kanker. Capsaicin memiliki kekuatan membunuh leukemia dan sel kanker. Sama seperti kerja kunyit, cabe dapat menghambat pertumbuhan tumor dan kanker. 


Cabe baik untuk penderita anemia. Anemia dan kelelahan disebabkan tubuh kekurangan zat besi. Cabe kaya zat besi dan tembaga dan penting dalam pembentukan sel darah baru. Cabe juga kaya asam Folat dan dapat membantu dalam memproduksi sel darah merah dan melawan anemia. 


Berkhasiat sebagai penghilang rasa sakit alami. Capsaicin dapat menghilangkan rasa sakit akibat dari aterosklerosis, yaitupemyempitan dan penebalan arteri tubuh. Cabe dapat melemahkan reseptor sensorik dan memiliki efek anti inflamasi. 


Mampu menyembuhkan hidung tersumbat karena flu. rasa pedas panas dari cabe mampu merangsang sekresi dan mengeluarkan lendir dari hidung tersumbat. Capsaicin bersifat anti-bakteri dan mampu memerangi infeksi sinus kronis. 


Baik untuk kesehatan mata. Cabe mengandung vitamin A tinggi yang baik untuk kesehatan mata. memiliki kemampuan meningkatkan penglihatan kita. Juga mencegah kebutaan malam hari dan degenerasi makula. 


Mampu mengurangi sakit migrain. Sakit kepala migrain terjadi dibagian setengah kepala. Rasa sakit kepala migrain sangat kuat bahkan banyak orang tidak kuat mengatasinya bila sudah muncul. Makan cabe pedas memunculkan imajinasi untuk fokus mengkonsumsi cabe dan melupakan rasa sakit kepala. 


Bermanfaat untuk penurun berat badan. Sensasi pedas dari Capsaicin mampu mendorong stimulasi lemak sehingga kinerja metabolisme tubuh meningkat. Metabolisme meningkat dapat menghasilkan pembakaran lemak yang optimal. namun tetap jangan berlebihan dalam mengkonsumsi cabe. 



Persiapan Lahan Budidaya Cabe Merah Very Well F1


cabai, cabe very well, jual benih cabe, budidaya cabe, toko pertanian, online shop, lmga agro
Persiapan Lahan Menanam Cabe
Tanaman cabe merah Very Well F1 tidak mengenal musim untuk berbuah. Tanaman cabe dapat berbuah kapanpun. Tanaman cabe merah Very Weel F1 menyukai tempat terbuka terkena sinar matahari penuh. 

Persiapan lahan menanam cabe merah Very Well F1 dengan membersihkan lahan dari rumput liar, semak-semak, bebatuan di area kebun. Tanah dicangkul 1 - 2 kali dengan kedalaman 25 cm. Tanah berbongkah dipecah/dihaluskan. Buang akar, gulma dan sisa tanaman sebelumnya. 

Setelah gembur lalu tanah dibuat bedengan dengan lebar 1 - 1,2 m dan panjang disesuaikan luas lahan. Tinggi 30 cm dan jarak antar bedengan 60 cm. 

Setelah bedeng jadi, selanjutnya diberikan pupuk dasar di setiap bedengan yang sudah dibuat. Pupuk dasar menggunakan pupuk kandang 20 ton/ha. Tambahkan juga pupuk KCl 200 kg/ha dan Urea 350 kg/ha. Campurkan dengan tanah lalu biarkan selama 1 minggu.  





Cara Pembibitan Cabe Merah Very Well F1


Sebelum menjadi bibit, perlu disemaikan benih cabe merah Very Well F1 terlebih dahulu. Benih disemaikan dalam polybag 5 x 10 cm. Media tanam menggunakan campuran tanah, kompos dan arang sekam perbandingan 1 : 1 : 1. Media tanam diayak sampai halus. 

Setelah diayak, dicampur menjadi satu dan dimasukkan ke polybag setinggi 2/3 bagian. Sambil menyiapkan media tanam, benih cabe merah Very Well F1 dapat kita rendam dalam air hangat sekitar 6 jam. 

Setelah direndam, benih ditiriskan dalam kain atau kertas kemudian tanam dalam media tanam. Benamkan benih cabai sedalam 1,5 cm lalu tutup dengan media tanam. Lakukan penyiraman setiap hari. 

Tempat persemaian sebaiknya diberi naungan agar terhindar dari teriknya sinar matahari langsung. Naungan juga melindungi bibit dari terpaan angin dan derasnya hujan.

Bibit cabai dipelihara sampai berumur 4 - 5 minggu sudah siap ditanam di lahan tetap. Bila Penanaman dilakukan di polybag maka dapat mulai dipindah ke polybag ukuran lebih besar. Pemindahan bibit setelah tanaman memiliki 3 -  5 helai daun. 

Persiapan penanaman dengan menutup bedengan menggunakan mulsa plastik hitam perak. Lalu lubangi mulsa plastik menggunakan alat pelubang mulsa dan dapat dibeli di Toko Pertanian LMGA Agro online. Lubang tanam cabe merah Very Well F1 dibuat zig-zag, tidak sejajar. 

Alat pelubang mulsa ada 2 jenis berdasarkan diameternya. Lubang tanam menggunakan diameter lebih besar sekitar 10 cm. Penanaman bibit bahwa satu bibit untuk setiap lubang tanam. Penanaman bibit ke lahan dilakukan serentak dan selesai dalam satu hari. Waktunya pagi atau sore agar tanaman tidak stress saat dipindahkan. 



Perawatan Tanaman Cabe Merah Very Well F1


cabai, cabe merah very well, budidaya cabe, jual benih cabe, toko pertanian, online shop, lmga agro
Alat Siram Kocor Elektrik
Setelah penanaman bibit ke lahan tetap, selanjutnya tanaman dipelihara selama masa pertumbuhan fase vegetatifnya. Pemeliharaan awal biasanya melakukan penyulaman sampai satu minggu setelah tanam. 

Penyulaman dilakukan dengan mengganti tanaman yang tampak sakit, tumbuh abnormal atau mati sampai hari ke-7 setelah pindah tanam. Tanaman yang akan diganti langsung dicabut dan digantikan bibit baru dari tempat persemaian. 

Pilih bibit baru yang baik dan lakukan prosedur penanaman sama seperti pindah tanam. Lubang tanam diperbaiki lagi dan beri obat jamur ( Furadan ) untuk mencegah serangan penyakit. Lalu siram air setelah pindah tanam. 

Setelah hari ke-7, pasanglah ajir untuk menyangga batang tanaman nanti setelah tinggi. Ajir dari bilah bambu harus ditancapkan saat masih muda. Karena saat muda, akar belum panjang dan bila sudah dewasa, ajir ditancapkan bisa mengenai akar dan menimbulkan luka terbuka. Daerah terbuka tersebut bisamenjadi jalan masuknya jamur atau bakteri. 

Batang nanti diikatkan ke ajir saat berumur 15 HST. Penyiraman diperlukan saat musim kemarau saja dan jangan sampai pohon cabe merah Very Well F1 mati akibat kekeringan. Perendaman bedengan dilakukan 2 minggu sekali. Penyiangan untuk lahan tertutup mulsa tidak begitu sering dilakukan. 

Pohon cabe merah Very Well F1 juga perlu dilakukan proses pemotongan/pemangkasan tunas. Pohon cabe merah Very Well F1 di dataran tinggi pemangkasan tunas setelah umur 30 HST. Sedangkan pemangkasan tunas cabe merah Very Well F1 dataran rendah setelah umur 3 minggu. 

Tunas dipangkas adalah tunas letaknya pada ketiak daun. Tunas dipotong secara rutin sampai terbentuk cabang utama dan ditandai munculnya bunga pertama dan kedua.  



Pemupukan Budidaya Cabe Merah Very Well F1


Pupuk dasar pada pengolahan tanah menggunakan jenis pupuk kandang dari kotoran ayam. Pupuk kandang yang paling baik adalah dari kandang ayam petelur karena mengandung N tinggi. Pemupukan dasar budidaya cabe merah Very Well F1 dipilih yang mengandung N lebih banyak. 

Teknik aplikasinya : cara disebar, dosisnya 10 - 20 ton/ha. Berikan juga kapur Dolomit dosis 100 kg/ha. Semua pupuk ditabur merata diatas bedengan. Tambahkan juga Urea 500 kg/ha, TSP 250 kg/ha dan KCl 250 kg/ha. 

Pemberian pupuk diberikan dua kali yaitu pupuk susulan setelah penanaman di lahan. Pupuk susulan diberikan karena unsur hara dari pupuk pertama ( dasar ) sudah habis. Pupuk susulan dapat mencegah tanaman kekurangan unsur hara selama pertumbuhan hingga panen.

Selama pemeliharaan, pasti ada unsur hara yang hanyut atau menguap karena terkena panas sianar matahari. Sehingga perlu ditambahkan pupuk setelah penanaman bibit. Unsur hara juga berkurang karena diserap tanaman. 

Unsur hara yang mudah tercuci oleh penyiraman atau air hujan adalah unsur hara di pupuk kimia ( Urea, TSP, KCl, ZA dan lain-lain ). Karena itu, pemberian pupuk susulan perlu dilakukan. Pupuk susulan diberikan mulai hari ke-7 setelah pindah tanam dan dilakukan setiap 2 minggu sekali.  

Agar lebih praktis, pupuk susulan sebaiknya menggunakan pupuk cair sebanyak 100 ml  lalu diencerkan dan diberikan langsung ke tanaman. Tambahkan juga pupuk NPK dalam larutan pupuk. 

Atau gunakan pupuk NPK dosis 100 kg/ha dan dicairkan dengan konsentrasi 5 gram pupuk NPK dalam 1 liter air. Kocorkan ke tanaman sebanyak 200 ml per tanaman. 





Hama dan Penyakit pada Tanaman Cabe Merah


Ulat Grayak ( Spodoptera litura )

Sering disebut juga dengan ulat tentara karena cara menyerangnya secara berkelompok/bergerombol dalam jumlah sangat banyak. Ulat grayak menyerang daun muda sampai daun tua. Hingga daun berlubang dan meranggas. Serangan parah dapat menyerang sampai menghabiskan seluruh daun tanaman.

Pencegahan yaitu selalu jaga kebersihan kebun dari gulma, daun-daun yang rontok dan lain-lain. Pengendalian yaitu menyemprotkan insektisida kimia seperti Curacron, Regent dan lain-lain.


Kutu Kebul ( Bemisia tabaci )

Hama berwarna putih, memiliki sayap dan tubuh diselimuti serbuk putih mirip lilin. Hama menyerang dan menghisap cairan daun sampai merusak sel-sel dan jaringan tanaman. Kutu kebul merupakan hama vektor utama virus Gemini penyebab penyakit Bulai. 

Pencegahan yaitu melakukan sanitasi kebun. Pengendalian menggunakan insektisida berbahan aktif abamectin, imidakloprid atau tiamektoksam.


Hama Jangkrik dan Gangsir

Jangkrik dan gangsir seringnya menyerang di musim hujan. Hama memakan pangkal batang tanaman muda sampai putus. Paling rentan adalah tanaman yang baru dipindah tanam. 

Pencegahan yaitu tutuplah rapat lubang tanam terutama bedengan yang bermulsa plastik. Usahakan tidak ada rongga antara mulsa dan tanah. Cara ini dapat meminimalisir serangan jangkrik dan gangsir. Pengendalian menggunakan insektisida berbahan aktif fipronil di sore hari. 


Ulat Buah ( Helicoverpa sp. )

Ulat buah biasanya menyerang buah cabai muda dan masih hijau. Ulat buah membuat lubang lalu memakan daging buah. Bagian daging buah lalu menguning dan rontok. 

Pencegahan yaitu melakukan sanitasi kebun secara rutin. Pengendalian menggunakan insektisida seperti Regent, Matador, Metindo atau lainnya. 


Hama Lalat Buah

cabe merah very well, cabai, budidaya cabe, jual benih cabe hibrida, toko pertanian, online shop, lmga agro
Perangkap Lalat Buah Yellow Trap
Lalat buah menyerang buah cabai yaitu dengan menusukkan ovipositor ke dalam buah untuk menyimpan telur. Lalu telur akan menetas menjadi larva dan memakan daging buah. Sehingga menyebabkan buah membusuk, menguning dan rontok. 

Pengendalian : memasang perangkap lalat buah dalam bentuk atraktan atau lem perangkap. Penyemprotan menggunakan insektisida di pagi hari, yaitu Santoat/Curacron dicampur Metindo. 



Penyakit yang Sering Menyerang Tanaman Cabe


Layu Bakteri ( Pseudomonas solanacearum )

Penyebabnya bakteri parasit Pseudomonas dan menyerang area perakaran tanaman cabai. Juga menyerang daerah pangkal batang, tunas dan seluruh bagian tanaman. Gejala terkena layu bakteri yaitu : tanaman segar dipagi hari. Layu disiang haru dan kembali segar disore hari. 

Gejala segar dan layu tersebut akan berlangsung beberapa hari saja sampai kemudian tanaman mengering dan mati. Bakteri parasit menginfeksi akar dan pangkal batang cabe. Akibatnya aliran nutrisi dan air dari akar ke batang dan daun terhambat dan tanaman menjadi layu. Akar dan pangkal batang menjadi busuk hingga akhirnya tanaman mati. 

Cara pencegahan dan pengendalian layu bakteri : 
- Cara pengolahan tanah harus tepat, seperti bedengan dibuat tinggi. 
- Melakukan pengapuran untuk mendapatkan pH netral.
- Penggunaan benih hibrida cabe merah tahan penyakit.
- Pupuk kandang dipilih yang sudah matang atau terfermentasi.
- Pemupukan berimbang. Nitrogen berlebihan menyebabkan tanaman rentan penyakit. 
- Pengocoran PGPR di area perakaran seminggu sekali.
- Tanaman terserang harus segera dicabut lalu dibakar.
- Tidak dianjurkan pemberian air menggunakan cara di-leb ( penggenangan ). Cara tersebut menyebabkan bakteri cepat menyebar ke tanaman lain.


Penyakit Layu Fusarium 

Penyebabnya adalah jamur/cendawan Fusarium oxysporum. Gejala serangan penyakit layu bakteri : daun-daun tua layu lalu menyebar keatas yaitu daun muda hingga pucuk. Serangan menyebabkan bagian tanaman menguning, layu kemudian mati. 

Bila tanaman dicabut, tampak akarnya membusuk dan berwarna kecoklatan. Pencegahan dan pengendalian layu fusarium : 

- Pengapuran untuk mendapatkan nilai pH tanah netral.
- Aplikasi Trichoderma pada lahan sebelum pindah tanam. 
- Memperbaiki drainase saluran air agar air tidak mudah menggenang bila turun hujan.
- Tanaman terserang harus segera dicabut lalu dibakar.


Penyakit Antraknosa 


Penyebabnya adalah jamur/cendawan Capsicum capsici. Menyerang tanaman dan menginfeksi jaringan buah. Lalu muncul bercak coklat kehitaman dan meluas menjadi busuk lunak. Serangan berat menyebabkan buah mengering dan keriput seperti jerami. 

Bagian tengah bercak mengering dan tampak kumpulan titik-titik hitam dari koloni cendawan. Petani biasa menyebut penyakit Antraknosa ini adalah patek, api-api dan lain-lain. 

Pencegahan dan pengendalian : 
- Benih cabai direndam air hangat + fungisida, sebelum disemai. 
- Penyemprotan fungisida sejak mulai muncul buah sebagai pencegahan. Fungisida Antracol, Bion-M dan lain-lain.
- Buah terserang segera dipangkas dan dibakar. 
- Jarak tanam tidak terlalu rapat agar lingkungan tidak lembab. 


Penyakit Busuk Phytopthora

Disebabkan oleh cendawan P. capsici atau P. infestans ini dapat menyerang seluruh bagian tanaman. Mulai dari akar, batang, daun dan buah cabai. Gejala serangan : akar membusuk, warna kehitaman dan kulit batang mudah terkelupas. 

Daun membusuk dan berwarna kehitaman. Buah cabai tangkai buahnya membusuk berwarna coklat kehitaman. Akhirnya buah cabai gugur. Pencegahan dan pengendalian : 

- Sanitasi kebun.
- Jarak tanam tidak terlalu rapat bila musim hujan.
- Mencabut dan membakar tanaman terinfeksi.
- Pengendalian menggunakan fungisida kimia seperti Score, Dithane, Antracol dan lain-lain. 

Bila menanam cabe merah Very Well F1 di musim hujan, lakukan perencanaan dengan matang. Meliputi cara pengolahan lahan, pemilihan benih sampai pemeliharaan lebih intensif. Pemantauan dan kontrol perkembangan tanaman juga penting untuk mencegah serangan hama dan penyakit. 

Kontrol pertumbuhan tanaman dapat mengantisipasi lebih dini adanya organisme pengganggu. Sekaligus dapat mencegah terjadinya serangan lebih parah. Insektisida kontak dan sistemik untuk efektifitas pemakaian insektisida. Tambahkan perekat saat musim hujan karena insektisida mudah tercuci saat turun hujan. 



Panen Cabe Merah Very Well F1


Cabe merah Very Well merupakan jenis tipe cabai keriting hinbrida panen umur 85 HST. Cabe  merah Very Well F1 berukuran panjang 16 cm, diameter 1,1 cm dan bobotnya 6,5 gram per buah cabe. Potensi hasil panen tinggi yaitu 27 ton/ha. 

Proses panen cabe merah Very Well F1 dapat dilakukan berkali-kali tergantung jenis cabe, kondisi lahan dan teknik budidaya. Ciri-ciri cabai siap panen adalah warna kulitnya merah sempurna. Bila cabe terlalu cepat waktu panennya, buahnya masih keras. Namun bila terlambat, cabe akan busuk di pohon. 

Budidaya cabe merah Very Well F1 dapat Anda lakukan juga di pekarangan rumah. Anda tak perlu lagi membeli cabe merah karena cukup panen dari hasil kebun sendiri. Bila hasil panen bagus dan melimpah, bisa dijadikan peluang bisnis usaha kecil berkebun cabe. 

Demikian artikel Kami judul : Cabe Merah Very Well F1 Keriting Benih Hibrida Terbaik Tunas Agro. Hubungi nomer Kami di 082141747141 ( telepon ) dan 08125222117 ( SMS/WA ). Toko pertanian online LMGA Agro jual kebutuhan bercocok tanam lengkap dan berkualitas. Kami sediakan hanya produk terbaik. 

Kami siap kirim pesanan Anda ke seluruh wilayah Indonesia dan barang dijamin sampai tujuan. Kami mengajak kerjasama sebagai dropship dan reseller produk pertanian. Kami bekerja sama jasa ekspedisi JNE, KI8, Pos Indonesia dan lain-lain. 

Semoga artikel Kami dapat menambah wawasan dan pengetahuan Anda tentang cabe merah terbaik Very Well F1 produk Tunas Agro. Cara budidaya cabe merah mudah dan layak dicoba sebagai peluang usaha cabe. Harga cabe merah Very Well F1 selalu menguntungkan bagi petani dan dapat diusahakan di pekarangan rumah. Selamat mencoba, salam sukses...



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon untuk berkomentar secara bijak dan sesuai bahasan.