TOKO PERTANIAN ONLINE LMGA AGRO, TEMPAT BELANJA PETANI MURAH, AMAN SERTA NYAMAN. BELANJA SILAKAN HUBUNGI KAMI DI : SMS / WA : 081 252 22 117, LAYANAN KONSULTASI PERTANIAN GRATIS HP. 082 141 747 141.

KETIK JUDUL/LABEL ARTIKEL YANG DICARI PADA KOLOM DI BAWAH INI

13/05/14

CARA PEMBIBITAN PADA BUDIDAYA SEMANGKA NON BIJI

     Buah semangka adalah salah satu buah yang sangat digemari. Khasiat semangka untuk kesehatan sudah banyak diulas diberbagai tulisan mengenai manfaat buah semangka. Warna merah pada buah ini menandakan bahwa buah ini mengandung berbagai nutrisi, vitamin, mineral, dan serat yang dibutuhkan oleh tubuh. Menghadapi musim kemarau, permintaan akan buah semangka pada umumnya meningkat. Kandungan daging buah semangka yang terdiri dari 90% air, sangat cocok dikonsumsi pada saat udara terasa sangat panas. Permintaan yang meningkat menjadikan budidaya  semangka menjadi salah satu budidaya buah yang banyak diminati selain budidaya cabai dan budidaya tomat.


     Jenis semangka non biji yang ditanam saat ini banyak jenisnya, dari buah semangka non biji lonjong hingga yang bulat buahnya. Semangka non biji lonjong diantaranya Semangka F1 Prime, Semangka F1 Juve, Semangka F1 Lentera, Semangka F1 Depe, Semangka F1 Elena, Semangka F1 Wihsmeluck, Semangka F1 Lazio, Semangka F1 Valentino, Semangka F1 Dinar dan Semangka F1 Unipolar. Sedangkan untuk semangka berbuah bulat diantaranya Semangka F1 Quality, Semangka F1 Setabindo, Semangka F1 Classic, Semangka F1 Amara, Semangka F1 Winner, semangka F1 Yonex dan Semangka F1 Pluto.

     Cara pembibitan pada budidaya semangka non biji sangat berpengaruh pada keberhasilan budidaya semangka non biji. Berikut ini beberapa tips dan cara pembibitan semangka non biji

  1. Terlebih dahulu harus kita ketahui tentang sifat penting dari benih tanaman semangka non biji. Benih semangka non biji sulit berkecambah secara alami, jadi harus dibantu. Benih semangka non biji mudah busuk dan mati bila direndam terlalu lama.
  2. Langkah berikutnya adalah merendam benih semangka non biji dalam air hangat kuku selama 1 jam untuk pelunakan. Perendaman tidak boleh lebih dari 1 jam, agar benih tidak menjadi busuk. Setelah direndam, benih ditiriskan.
  3. Setelah proses perendaman, dilakukan penjepitan benih semangka non biji untuk membuka sebagian kulit benih agar air mudah diserap dan benih cepat berkecambah. Caranya dengan memasukkan benih ke ruang belakang poros gunting kuku dengan posisi miring. Kemudian jepit sampai terdengar bunyi "tik", yang berarti kulit biji sudah retak. Kegiatan ini sangat membantu proses perkecambahan benih semangka non biji. Penjepitan harus hati-hati jangan sampai merusak ujung daging tempat titik tumbuh benih.
  4. Langkah berikutnya, atur benih berjajar diatas kertas merang yang lembab, tutup dengan kain handuk basah dan letakkan didalam kardus. Beri lampu 5 watt dengan jarak 30 cm dari benih. Peram selama satu malam. Selama pemeraman, dijaga kelembabannya dengan cara menyemprotkan air pada handuk dan kertas. Pemeraman dilakukan untuk mendapatkan kecambah benih semangka non biji yang seragam. Setelah pemeraman, akan terlihat benih yang mulai berkecambah (bakal kecambah).
  5. Setelah diperam satu malam, pilih benih yang terlihat mulai berkecambah (bakal kecambah) dan pindahkan ke polybag semai. Media polybag semai terdiri dari campuran tanah ayak dan pupuk kandang dengan perbandingan 5:1. Polybag ditata  ditempat terbuka yang mendapat pencahayaan matahari penuh dari pagi hingga sore. 
  6. Persemaian ditutup dengan plastik transparan seperti rumah kaca mini. Plastik penutup dibuka saat jam 7 pagi - 11 siang, kemudian ditutup dan dibuka lagi pada jam 2 siang - 4 sore, setelah itu ditutup lagi. Penggunaan plastik penutup ini untuk melindungi bibit dari cahaya matahari yang terlalu terik dan melindungi bibit dari serangan penyakit phytium.
  7. Pemeliharaan selama pembibitan hanya melakukan penyiraman air setiap pagi dan sore hari. Pembibitan pada budidaya semangka non biji dilakukan selama 8 hari, setelah itu bibit siap untuk pindah tanam ke area penanaman.
     Proses pembibitan pada budidaya semangka non biji yang benar akan sangat menunjang keberhasilan budidaya semangka non biji. Karena dengan pembenihan yang benar akan diperoleh bibit yang seragam dan tanaman yang seragam dengan hasil panen yang tinggi. Untung besar dari budidaya semangka non biji akan mudah didapat dari proses pembibitan dan budidaya yang benar.
      Untuk konsultasi mengenai cara pembibitan pada budidaya semangka non biji, bisa menghubungi TOKO ONLINE LMGA AGRO  di CP Bpk. Budi Telp. : 082 141 747 141 atau SMS/WA : 0812 5222 117.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon untuk berkomentar secara bijak dan sesuai bahasan.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...