TOKO ONLINE PERTANIAN LMGA AGRO, TEMPAT BELANJA ONLINE PETANI MURAH, AMAN DAN PROMO. BELANJA SILAKAN HUBUNGI KAMI DI : SMS / WA : 081 252 22 117, LAYANAN KONSULTASI PERTANIAN GRATIS HP. 082 141 747 141.

KETIK JUDUL/LABEL ARTIKEL YANG DICARI PADA KOLOM DI BAWAH INI

10/04/19

JUAL BENIH BUAH SEMANGKA INUL REDIN 09



buah semangka, semangka inul redin 09, jual murah benih, lmga agro
BENIH HIBRIDA SEMANGKA
REDIN 09
Jual Benih Buah Semangka Inul Redin 09. HP. 082141747141 ( telepon ) 08125222117 ( SMS/WA ). Toko Online Pertanian LMGA Agro jual murah benih hibrida Redin 09. Benih buah semangka bentuk lonjong ( inul ) dari PT BISI International, Tbk.




Toko Online Pertanian LMGA Agro jual murah benih hibrida F1 buah dan sayur, berbagai jenis pupuk dan pestisida serta alat-alat pertanian. Kami juga menerima layanan konsultasi tentang berbagai hal budidaya buah semangka dan tanaman lainnya.

Toko Online Pertanian LMGA Agro siap mengirim pesanan Anda ke seluruh wilayah Indonesia cepat dan tepat waktu. Kami mengirim pesanan Anda secara online melalui jasa ekspedisi seperti JNE, KI8, POS INDONESIA, TIKI dan lain-lain.

Redin 09 merupakan benih hibrida buah semangka inul memiliki bentuk buah lonjong. Di pasaran, buah semangka inul lebih disukai dibandingkan semangka berbentuk bulat. Semangka inul rasanya lebih manis dari semangka bulat.

Bentuk buah semangka inul lonjong tampak unik dan eksotik. Membawa buah semangka inul juga terasa lebih mudah dan praktis dibandingkan membawa semangka bulat.

KANDUNGAN DAN MANFAAT BUAH SEMANGKA


Buah semangka kaya kandungan air. Buah semangka mengandung zat likopen sebagai penghasil warna merah pada buah semangka. Berikut di bawah ini akan dijabarkan 7 zat yang terkandung pada buah semangka beserta manfaatnya.

1. Likopen 
Zat Likopen dalam buah semangka bermanfaat meningkatkan fungsi jantung. Zat likopen dapat mencegah kerusakan dalam tubuh kita karena adanya radikal bebas di udara.
Zat likopen juga bermanfaat untuk kesehatan tulang kita terutama penyakit osteoporosis. Likopene juga mampu menekan risiko terserang penyakit kanker seperti kanker prostat, payudara, paru-paru, uterus dan kolon. Konsumsilah buah semangka 1 cangkir setiap hari, cukup untuk memberikan banyak manfaat bagi hidup kita.

2. Potasium
Buah semangka mengandung potasium tinggi yang dapat mengurangi risiko serangan jantung. Buah semangka menekan kolesterol, membantu peredaran darah dan menjaga detak jantung. Potasium dapat menjaga kalsium dan dapat menjaga tulang tetap sehat dan kuat.

3. Vitamin A
Secangkir buah semangka mengandung 46 kalori  dan cukup memenuhi 17% kebutuhan vitamin A kita setiap hari. Vitamin A bagus untuk kesehatan mata, kesehatan kulit dan sitem imun tubuh kita.

4. Vitamin C
Vitamin C dalam buah semangka sangat tinggi. Untuk secangkir buah semangka dapat memenuhi 20% kebutuhan harian vitamin C kita. Vitamin C dapat memperkuat sistim imun kita, melindungi tubuh dari radikal bebas. Vitamin C dapat mempercepat proses penyembuhan luka.

5. Vitamin B6
Vitamin B6 sangat dibutuhkan untuk memproduksi beberapa zat kimia dalam otak kita. Zat-zat kimia dalam otak tersebut nanti dapat mempengaruhi suasana hati dan perilaku kita. Bila tidak seimbang maka dapat terjadi ketidakstabilan emosi, stress hingga depresi dan menderita sakit Parkinson.

6. Antioksidan
Antioksidan dalam buah semangka seperti betakaroten, lutein, zeaxanthine dan vitamin C. Antioksidan tersebut baik untuk kesehatan mata karena bertambahnya usia seperti rabun senja dan glukoma.

7. Citruline
Citruline dalam buah semangka dapat membantu melenturkan pembuluh darah.

DESKRIPSI BUAH SEMANGKA BENIH HIBRIDA REDIN 09


Semangka merupakan tanaman merambat. Semangka merupakan tanaman asli dari daerah sekitar gurun di Afrika Selatan. Buah semangka masih satu kerabat dengan labu-labuan, melon dan mentimun.

Semangka Redin 09 adalah semangka inul, bentuknya lonjong, semangka tanpa biji golongan varietas hibrida F1. Pertumbuhannya kuat dan seragam serta mudah dalam perawatannya.

Semangka Redin 09 memiliki kulit buah kuat dan tidak mudah pecah. Warna buahnya hijau, kulit buah berlorek-lorek hijau warna kehitaman. Daging buah berwarna merah, rasanya renyah dan manis ( 10 - 12% Brix ).

Berat buah semangka Redin 09 sekitar 3 kg/buah. Umur panen kurang lebih adalah 58 hari setelah dipindah tanam. Kebutuhan benih sekitar 230 - 260 gram/ha. Jarak tanam ideal adalah 60 x 300 cm.

Istilah semangka inul merupakan nama lain dari semangka pepaya hibrida. Buah semangka inul berbentuk dan berukuran persis seperti buah pepaya. Semangka inul berbentuk lonjong dan rata-rata warna kulit buah hijau gelap.

Berat buahnya rata-rata adalah 2,5 - 3,5 kg/buah. Tampilan buah semangka inul unik, membawa semangka inul praktis karena buahnya lebih ramping tidak bulat. Mengkonsumsi semangka inul memberikan kesan menarik karena bentuknya lonjong.

Beberapa keuntungan dari budidaya semangka inul menurut dari pengalaman petani, adalah :

  • Menanam buah semangka inul dapat menghemat lahan. Karena tanaman semangka inul lebih pendek dibandingkan menanam semangka bulat.
  • Perawatan semangka inul mudah dan peluang bakal buahnya positif dapat tumbuh lebih tinggi daripada semangka bulat.
  • Menanam semangka inul dapat membuahkan 2 - 3 buah semangka sekaligus setiap tanaman.
  • Buah semangka inul lebih praktis dibawa karena bentuknya lonjong.

MENANAM BUAH SEMANGKA INUL REDIN 09


budidaya semangka inul, buah semangka redin 09, jual benih murah, lmga agro
ALAT KOCOR MENANAM
BUAH SEMANGKA REDIN 09
Budidaya buah semangka inul sangat cocok pada ketinggian 2 - 500 m dpl. Lokasi penanaman terpapar sinar matahari langsung. Lahan penanaman tidak dinaungi pohon-pohon besar. Tanaman mendapatkan sinar matahari minimal 8 jam/hari.

Jenis tanah adalah gembur, kaya akan unsur hara, tidak jauh dari sumber air untuk memudahkan penyiramannya. Tanah memiliki pH normal 5,5 - 7,5. Lokasi penanaman agak jauh dari tepi pantai untuk mencegah terkena aerosol air asin.

Kriteria seperti diatas kebanyakan berada pada dataran rendah. Jenis tanah di dataran rendah kebanyakan mengandung pasir dan lebih mudah untuk digemburkan. Pengolahan tanah menanam buah semangka inul menggunakan cara dibajak atau dicangkul lebih dahulu.

Pengolahan tanah dilakukan bertujuan untuk menggemburkan tanah dan mencampur unsur-unsur hara dalam tanah. Proses penggemburan sekalian dibuat alur-alur tanam dengan kedalaman 20 - 30 cm.

Alur-alur tanam kemudian akan dijadikan bedengan lebar 1 meter dan tinggi 0,5 meter. Bedeng untuk menanam buah semangka inul ini terdiri dari sepasang alur-alur dan jarak antar bedeng kurang lebih 2 meter. Sepasang alur tadi diberi jarak kurang lebih 30 cm untuk lewatnya air.

Selanjutnya alur-alur yang sudah dibuat, dibiarkan selama sekitar 3 hari atau lebih bila hujan turun. Tujuan pembiaran tersebut adalah membiarkan tanah lahan terpapar sinar matahari sehingga dapat mematikan siklus hidup bakteri dan jamur patogen.

Alur-alur penanaman juga dibersihkan dari kotoran plastik, sampah dan batu-batu besar dan kecil. Juga dibersihkan dari sisa-sisa akar tanaman sebelumnya atau akar rumput. Setelah lahan bersih, pupuk dapat ditebarkan.


CARA PERSEMAIAN BIBIT BUAH SEMANGKA REDIN 09


Proses persemaian bertujuan untuk mendapatkan bibit tanaman kokoh dan kuat. Dan diharapkan bibit dapat tumbuh berkembang hingga berbuah.

Pertama-tama kita harus menyiapkan tanah humus sebagai media tanam. Siapkan pula plastik pot atau polibag mini.

Sebelumnya tanah media diayak hingga halus. Selanjutnya setelah diayak, tanah dimasukkan pada polibag. Polibag-polibag tadi ditata rapi dalam box.

Untuk persiapan benihnya, benih direndam air bersih semalaman samapi semua benih tenggelam. Esoknya, benih dibungkus menggunakan kain basah selama 12 jam sampai benih berkecambah.

Polibag setelah diisi tanah tadi, kita siram air secukupnya hingga basah agar mudah untuk membenamkan benihnya nanti. Bagian tengah tanah dibuat lubang sedalam 3 cm. Selanjutnya benih yang sudah berkecambah dibenamkan dalam tanah. Lalu tutup benih menggunakan tanah sedikit.

Polibag semai diletakkan pada lokasi/tempat teduh agar terhindar dari paparan sinar matahari langsung. Dalam 2 hari kedepan nanti, benih akan tumbuh lebih tinggi lagi.


CARA PENANAMAN BUAH SEMANGKA INUL


budidaya semangka inul, buah semangka redin 09, jual benih murah, lmga agro
PUPUK BERKUALITAS
BUAH SEMANGKA REDIN 09
Begitu memasuki umur 5 - 7 hari setelah tanam, bibit siap untuk dipindahkan. Satu hari sebelum pemindahan bibit, buatlah lubang tanam dengan jarak tanamnya 60 x 300 cm.

Setiap bedeng terdapat 2 baris dan jarak antar barisan adalah 300 cm. Sedangkan jarak antar lubang tanam adalah 60 cm.

Setelah membuat lubang tanam, selanjutnya adalah memberikan pupuk dasar. Pupuk diberikan yaitu melarutkan pupuk NPK + insektisida + fungisida. Dilarutkan dalam air lalu dikocorkan pada setiap lubang tanam semangka inul.

Sebelum bibit dipindahkan, polibag bibit dan lubang tanam pada bedeng disiram air hingga basah. Tujuannya agar pemindahan dan penanaman bibit menjadi ebih mudah.

Penanaman dilakukan sore hari dan cuaca sedang tidak panas. Tujuannya untuk mencegah bibit tiba-tiba mati/layu karena suhu panas.

Pemindahan harus selesai dalam satu hari secara serempak. Setelah selesai penanaman, bibit disram air agar lembab tidak kekeringan. Lakukan pengamatan secara rutin dan seksama selama 5 hari. Tujuannya untuk mengetahui adanya bibit yang perlu diganti ( penyulaman ).


PERAWATAN DAN PEMELIHARAAN BUDIDAYA SEMANGKA INUL REDIN 09


  • Pemupukan susulan dilakukan minimal 7 hari setelah pemindahan bibit. Pemupukan susulan kedua dan seterusnya dilakukan setiap 7 hari sekali. Pemupukan menggunakan NPK 16-16-16.
  • Pemupukan pertama dan kedua menggunakan dosis sama, yaitu 1 gelas NPK 16-16-16 dilarutkan dalam 35 - 40 liter air.
  • Pemupukan ketiga dan seterusnya, dosis pupuk ditambah menjadi 2 - 3 gelas. Untuk penanaman di musim hujan, interval dilakukan lebih jarang yaitu 10 - 14 hari sekali.
  • Penyiraman rutin dilakukan karena buah semangka membutuhkan banyak air selam hidupnya. Terutama masa-masa pembentukan buah.
  • Pemberian air dengan cara mengalirkan air pada parit diantara bedeng lalu air disiramkan ke tanaman. Atau menyiram air menggunakan alat siram gembor. Pemberian air tidak boleh berlebihan.
  • Kegiatan pemeliharaan penataan sulur penting karena tanaman ini mempunyai banyak sulur. Batangnya terdiri dari sulur utama ( primer ) sebanyak 3 buah dan membentuk huruf " W ".
  • Selain sulur primer, juga ada sulur sekunder yaitu sulur cabang dari 3 sulur utama tadi. Sulur-sulur yang tumbuh kesamping, ditata dan diluruskan ke depan.
  • Perhatikanlah agar jangan ada sulur dan batang tanaman tadi saling mengikat atau gandeng. Pengaturan sulur dilakukan sebelum kita melakukan seleksi bakal buah.
  • Penataan sulur-sulur lebih dini/awal dapat memudahkan seleksi buah nanti.

CARA SELEKSI BUAH SEMANGKA TIPE INUL


Buah semangka berumur 1 bulan, akan muncul bunga, terdiri dari bunga jantan dan bunga betina. Bunga jantan mengandung serbuk sari dan bunga betina mengandung putik serta bakal buah.

Pembuahan pada semangka lebih mudah terjadi bila menanamnya di musim kemarau. Pada musim hujan, pembuahan seringkali dibantu oleh manusia secara manual.

Bakal buah yang dipilih adalah buah tersebut berpotensi besar untuk tumbuh menjadi buah kualitas terbaik. Biasanya dipilih buah yang tumbuh jauh dari akar dan tumbuh pada daun ke-11 dan 14. Serta bakal buah tersebut terletak pada 3 sulur-sulur primer ( utama ).

Untuk melakukan seleksi buah, sebaiknya kita menunggu semua buah untuk tumbuh sampai sebesar telur ayam. Tujuannya agar dapat dipastikan bahwa buah benar-benar telah jadi.

Hal tersebut karena seringkali terjadi, saat sudah terlanjur membuang bakal buah di sulur sekunder. Ternyata bakal buah di sulur primer, tidak muncul/tumbuh buah lagi. Artinya tidak ada sisa buah lagi.

Bila diketahui bahwa tidak ada buah lagi tumbuh di sulur utama, maka kita dapat membesarkan buah di sulur sekunder. Buah di dekat akar dapat pula kita pertahankan bila tidak ada buah muncul pada daun ke-11 dan 14.

Pilihlah buah semangka berbentuk dan berukuran proporsional. Setelah kita sudah memilih buah sesuai pilihan kita  ( minimal  2 - 3 buah per tanaman ), selanjutnya melakukan pemangkasan sulur sekunder.

Langkah pemangkasan sulur sekunder dimaksudkan agar nutrisi dalam tanah diarahkan dari akar menuju sulur yang ada buahnya saja. Harapannya agar ukuran buah dapat segera membesar.

Dianjurkan pemangkasan dilakukan pada pagi hari saat cuaca tidak terik. Pemangkasan dilakukan yaitu menyisakan minimal 1 daun pada pangkal sulur sekunder.


CARA MENDAPATKAN PENAMPILAN BUAH SEMANGKA SEMPURNA


budidaya semangka inul, buah semangka redin 09, jual muarah benih, lmga agro
PERANGKAP LALAT BUAH
SEMANGKA REDIN 09
Bila buah semangka sudah tumbuh besar sebaiknya bagian bawah buah diberi alas. Terutama untuk penanaman semangka di dataran rendah dan jenis tanah gembur. Karena kondisi tanah demikian, buah semangka akan mulai membesar dan diserang hama uret dari bawah.

Sedangkan tanah liat pada daerah pegunungan, tidak ditemukan hama uret. Penggunaan alas untuk buah semangka haruslah bersifat kedap air sehingga embun dan air hujan dapat tembus kebawah dan meresap ke tanah. Petani biasanya menggunakan karung/plastik dengan lubang pori di sisinya.

Selain penggunaan alas, untuk mendapatkan buah semangka sempurna dan berkualitas baik, penting untuk melakukan pembalikan buah. Perlakuan ini harus dilakukan secara rutin guna mendapatkan permukaan buah warna buahnya hijau merata.

Kadangkala kita menemui buah dimana salah satu sisinya terdapat warna putih atau kekuningan. Kondisi kulit buah demikian bukan karena buah belum matang.

Namun lebih disebabkan karena pada sisi warna putih tersebut tidak pernah kena sinar matahari. Karena bagian berwarna putih tersebut selalu berada di bawah.

Semangka inul untuk tujuan ekspor, petani seringkali rajin dan rutin melakukan pembalikan buah semangka. Pembalikan bertujuan mendapatkan kulit buah semangka berwarna hijau merata tanpa ada bagian berwarna pucat. Pembalikan buah ini dilakukan 4 - 7 hari sekali.

Pemupukan untuk tujuan membesarkan buah juga penting dilakukan dalam budidaya semangka inul. Pemupukan ini dilakukan yaitu 7 - 10 hari sebelum panen, yaitu tanaman berumur sekitar 40 hari.

Cara pemberian pupuk yaitu  menaburkan pupuk NPK 16-16-16 di sela-sela bedengan dan diberikan bersamaan penyiraman. Selanjutnya biarkan pupuk larut dan meresap di seluruh bedengan dan ini akan membuat buah semangka cepat tumbuh besar.


BACA JUGA : PERANGKAP LALAT BUAH PRAKTIS TINGGAL PAKAI

MENGENAL JENIS HAMA PADA BUAH SEMANGKA


  • Jangkrik/gangsir : memakan pangkal batang terutama pada tanaman muda. Pencegahannya seperti selalu menjaga kebersihan sekiar tanaman. Menutup lubang mulsa dengan  diberi tanah atau potongan bambu/ajir. Pengendalian kimiawi dengan menggunakan insektisida Curacron, decis, Santoat atau Regent.
  • Pengerek Daun menyerang daun hingga batang tanaman muda. Daun menjadi berlubang hingga tinggal tulang daunnya. Pencegahan yaitu menanam jauh dari lahan tanam terong, gambas, timun, melon dan lainnya. Pengendalian kimia menggunakan Curacron atau Regent.
  • Ulat grayak menyerang daun terutama daun muda, juga batang muda. Pengendalian kimiawi menggunakan insektisida Santoat, Curacron atau Regent.
  • Ulat Tanah adalah hama bergerak aktif di malam hari. Hama ini menyerang pangkal batang sampai daun. Penyemprotan sebaiknya dilakukan malam hari menggunakan Curacron atau Prevathon.
  • Lalat buah menyerang buah masih kecil/muda dengan cara memasukkan telurnya. Telur-telur tersebut akan menetas menjadi larva dan menggerogoti daging buah hingga habis lalu buah menjadi busuk. Buah menjadi busuk dan akhirnya rontok jatuh ke tanah. Pengendalian memasang perangkap lalat buah dan penyemprotan insektisida Curacron atau Santoat.
  • Aphids dan Thrips merupakan hama jenis kutu-kutuan dan menyerang daun tanaman muda. Hama menyerang dengan cara menghisap cairan daun hingga daun menjadi mengkerut atau keriting. Pencegahan selalu menjaga kebersihan kebun terutama gulma inangnya. Penyemprotan menggunakan akarisida berbahan aktif abamektin yaitu Bamex, Demolish atau Agrimec.
  • Kumbang daun aktif di malam hari dan menyerang daun serta bunga. Daun dan bunga yang diserang menjadi berlubang-lubang. Pengendalian menggunakan insektisida berbahan aktif diafentiuron, tiodikarb, profenofos dan metidation.
  • Kutu KebulBemisia tabaci )menyerang daun hingga daun rusak, terdapat bercak nekrotik karena sel dan jaringan daun yang rusak. Kutu kebul juga berperan sebagai vektor utama virus Gemini penyebab penyakit bulai/kuning. Pengendalian mekanis yaitu mencabut dan memusnahkan tanaman yang terinfeksi. Pengendalian kimia menggunakan akarisida berbahan aktif abamektin.

MENGENAL JENIS PENYAKIT PADA BUAH SEMANGKA


  • Rebah semai ( dumping-off  ) terjadi di persemaian bibit. Gejalanya : batang berwarna coklat, bibit rebah lalu mati. Pencegahan menggunakan aplikasi fungisida karbendazim pada benih atau penyemprotan menggunakan fungisida Antracol.
  • Layu Fusarium disebabkan oleh cendawan Fusarium oxysporum. Gejala : tanaman tampak segar pagi hari lalu layu saat siang hari. Tanaman akan segar kembali di sore hari namun kembali layu di malam hari. Kejadian tersebut akan berlangsung beberapa hari sampai tanaman akhirnya mati. Pencegahannya menggunakan benih tahan penyakit layu, penggunaan mulsa, drainase yang baik, rotasi tanaman dan aplikasi Thrichoderma. Pengendalian teknis seperti mencabut dan memusnahkan tanaman terinfeksi, pengocoran Thrichoderma atau fungisida.
  • Antraknose menyebabkan daun terdapat bercak-bercak coklat dan lama-kelamaan menjadi kemerahan dan akhirnya mati. Jika buah yang diserang, buah akan menjadi busuk. Muncul bercak bulat berwarna merah jambu dan lama-kelamaan akan meluas. Pengendaliannya : mengambil buah rusak/busuk lalu dibuang jauh-jauh. Penyemprotan menggunakan fungisida Antracol, Dithane dan lain-lain.
  • Layu bakteri menyebabkan tanaman menjadi layu permanen. Jika batangnya dipotong melintang tampak pembuluh xylem berubah menjadi menghitam. Pengendalian yaitu mencabut dan memusnahkan tanaman terinfeksi. Penyemprotan menggunakan bakterisida seperti Agrimicin.
  • Embun tepungPowdery mildew ) menyebabkan daun dan batang yang terserang terdapat lapisan seperti tepung putih. Bila seluruh daun dan batang terinfeksi penyakit ini maka akan berubah menjadi warna coklat dan mengkerut. Tanaman menjadi lemah, kerdil dan lambat tumbuh. Penyemprotan menggunakan fungisida berbahan aktif benomyl, pradimefon, oksitioquinoks dan tembaga.
  • Penyakit virus WMV ( Water Melon Virus ) menyerang daun hingga melepuh, belang-belang, daun berubah bentuk dan mengkerut. Tanaman menjadi kerdil dan terdapat rekahan membujur pada batang. Pengendalian mekanis : memusnahkan tanaman terinfeksi dan melakukan rotasi tanaman. Pengendalian terhadap Aphids dan Thrips sebagai hama vektornya menggunakan Demolish, Agrimec, Alfamex atau Bamex.
  • Bercak daun menyebabkan timbulnya bercak-bercak hitam kecoklatan, berbentuk bulat lalu menyebar hingga daun menjadi kering. Bercak dun disebabkan oleh cendawan patogen. Pencegahan adalah melakukan pergiliran tanaman, menjaga kebersihan kebun dan jarak tanam tidak terlalu rapat.

PANEN BUAH SEMANGKA INUL


Panen buah semangka inul Redin 09 dilakukan saat memasuki umur kurang lebih 58 hari setelah pindah tanam. Buah semangka matang  dan siap dipanen ditandai gagang buah semangka sudah tampak mengering.

Buah semangka inul dipanen hanya sekali saja kemudian tanaman akan mati setelah melewati masa panennya. Buah semangka matang, warna kulitnya memudar. Sulur pada pangkal tangkai buah juga mengering.

Setelah buah dipetik, tanaman semangka akan layu dan mati. Waktu panen buah semangka inul idealnya dilakukan bila embun sudah kering. Yaitu sekitar pukul 9 pagi, cuaca sedang cerah dan tidak turun hujan.

Cuaca cerah akan membuat kulit buah semangka menjadi kering. Sehingga buah semangka tidak cepat membusuk terutama bila buah disimpan atau saat dipasarkan ke tempat agak jauh/keluar kota.

Buah semangka dipetik beserta tangkai buahnya akan dapat bertahan lama. Terutama bila buah semangka harus dipasarkan diluar kota atau disimpan dulu dalam ruang penyimpanan.

Pengemasan dan pengepakan juga harus dilakukan dengan hati-hati. Agar tidak merusak buah semangka. Buah semangka yang penampilannya tidak mulus dapat menurunkan harga jual atau kualitas dari buah semangka.

Demikian artikel tentang Jual Beli Benih Buah Semangka Redin 09. Hubungi 082141747141 ( telepon ) 08125222117 ( SMS/WA ). Toko Online Pertanian LMGA Agro jual murah segala benih hibrida F1 buah dan sayur.

Toko online Pertanian LMGA Agro juga menyediakan jenis-jenis pupuk, pestisida dan alat-alat pertanian. Kami juga menerima layanan untuk berkonsultasi tentang budidaya buah semangka dan cara pemeliharaannya.

Semoga artikel tentang buah semangka ini bermanfaat dan selamat mencoba. Toko Online Pertanian LMGA Agro melayani penjualan secara online melalui jasa ekspedisi seperti JNE, POS, TIKI, KI8 dan lain-lain.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon untuk berkomentar secara bijak dan sesuai bahasan.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...