TOKO PERTANIAN LMGA AGRO, TEMPAT BELANJA ONLINE PETANI MURAH, AMAN DAN PROMO. SEGERA BELANJA! HUBUNGI KAMI DI : SMS / WA : 081 252 22 117, LAYANAN KONSULTASI PERTANIAN GRATIS HP. 082 141 747 141.

KETIK JUDUL/LABEL ARTIKEL YANG DICARI PADA KOLOM DI BAWAH INI

30/11/17

Kunci Sukses Menanam Tomat Servo di Musim Hujan

KUNCI SUKSES MENANAM TOMAT SERVO DI MUSIM PENGHUJAN LMGA AGRO
Tomat Servo
Kunci Sukses Menanam Tomat Servo di Musim Hujan. HP 082141747141 ( khusus telepon ) dan 08125222117 ( SMS/WA ). Toko pertanian online LMGA Agro jual benih Tomat Servo F1. Tomat Servo tumbuh baik di musim hujan. Rev. 24 / 03 / 21.

Judul artikel ini saya tulis dalam rangka menyambut musim hujan yang sebentar lagi akan datang. 

Bukan rahasia umum kalau kita menanam tomat di musim hujan akan menemui banyak masalah terutama dalam hal serangan penyakit

Karena itu kunci sukses menanam tomat Servo di musim hujan ini akan saya tulis jelas dan singkat sehingga bisa dimengerti dan bisa dipraktekkan oleh teman  petani semua. 

Permasalahan penyakit varietas tomat musim hujan terkadang susah dikendalikan kalau kita sejak dari awal  tidak melakukan kultur budidaya. 

Namun kita tidak perlu takut karena harga panen saat kita melakukan budidaya tanaman tomat di musim hujan harga kemungkinan bisa tinggi. 

Kendala saat tanam varietas tomat musim hujan tidak perlu ditakutkan saat kita memahami dan mengerti kunci sukses menanam tomat Servo di musim hujan

Bahkan ada kalanya musim penghujan dijadikan kesempatan bagai petani tomat yang sudah mengetahui dan memegang tips kunci sukses menanam tomat, memperlebar luas penanaman tomat. 

Karena mereka yakin produksi tomat dalam musim hujan tidak akan banyak rendemen bahkan seringkali banyak mengalami gagal panen. Maka terjadi harga panen tomat Servo akan 2 - 3 kali lipat lebih mahal dibandingkan musim kemarau.

Kunci sukses menanam tomat Servo di musim hujan harus kita lakukan sebaik-baiknya. Benih tomat Servo F1 tahan dan tumbuh baik di musim hujan. Benih juga tahan hama dan penyakit yang biasa menyerang di musim hujan.

Untuk menunjang sukses budidaya tanaman tomat kita harus tahu tata cara budidaya, kultur teknis dan penyakit yang menyerang pada tanaman tomat serta cara pengendaliannya. Termasuk cara pemupukan tomat Servo, bibit tomat yang cocok di musim hujan.  

Beberapa langkah berani harus ditempuh dalam budidaya tanaman tomat sehingga akan membawa keberhasilan saat budidaya tanaman varietas tomat musim hujan


Kunci Sukses Menanam Tomat Servo LMGA Agro


Menaman Tomat Servo, Kunci Sukses, Musim Hujan, Benih Tomat Servo, Bibit Tomat Servo, Jual Benih Tomat Servo, Benih Cap Panah Merah, Bibit Cap Panah Merah, Harga Murah, Benih Anti Virus, Antivirus Terbaik, Lmga Agro
Buah Tomat Servo
Menentukan varietas tomat untuk musim hujan menjadi hal yang sangat penting sebelum kita menanam. 

Varietas tanaman yang sesuai musim tanam akan sangat berpengaruh terhadap kebijakan cara menanam tomat dalam usaha berkebun kita.

Kenapa saya memilih tomat Servo sebagai bahan bahasan kali ini? Bukan  saya dibayar oleh PT East West Seed Indonesia selaku produsen dari benih tomat antivirus Sevo.  

Pertimbangan kami adalah benih tomat Servo saat ini menjadi benih tomat jenis sayur yang banyak dipelihara dan untuk usaha mandiri bisnis petani Indonesia. 

Bibit tomat yang cocok di musim hujan adalah tomat hibrida Servo produk Cap Panah Merah. 

Alasan kedua adalah benih tomat Servo mempunyai ketahanan hama serta penyakit yang terbaik saat ini. Maka tidak salah kalau bibit tomat menjadi pilihan tulisan artikel saya tentang kunci sukses menanam tomat Servo musim hujan yang segera lagi datang. 

Kedua alasan mendasar tersebut kalau di kombinasi dengan pengetahuan kita tentang kunci sukses menanam tomat Servo di musim penghujan. Maka pundi - pundi rupiah pasti kita dapatkan.

Bibit Tomat Servo Cocok di Musim Hujan


Ketahanan bibit tomat yang cocok di musim hujan terhadap becak daun, hawar daun hingga serangan busuk bakteri tomat. Yaitu benih Servo produk Panah Merah sudah terbukti. 

Selain itu ketahanan terhadap serangan layu bakteri dan jamur juga dimiliki oleh varietas tomat hibrida Servo. 

Keunggulan tomat Servo East West Seed saya sebutkan adalah baru saat kita tanam pada musim hujan. Namun tidak ada salahnya kita mengetahui keunggulan tomat Servo saat kita tanam kemarau.

Tanam tomat Servo F1 juga sangat unggul jika kita tanam pada saat musim kemarau. Keunggulan tomat Servo yang utama adalah terbukti menjadi tomat antivirus terbaik yang saat ini jadi favorit petani.

Bibit tomat Servo saat ini bahkan menjadi benih tomat yang sudah menguasai pasar benih jenis tomat sayur untuk area tanam dataran rendah hingga menengah.

Pertanyaan yang ada petani yang ada pada dataran rendah lebih baik menanam tomat buah atau sayur?? Menurut hemat kami jika petani semua bisa mendapatkan benih tomat buah yang antivirus terbaik maka jauh lebih baik. Karena tomat buah akan mempunyai potensi hasil yang lebih tinggi.

Mari kita kembali ke bahasan utama artikel kali ini yaitu bagaimana serta tips hingga trik apa saja yang harus kita terapkan agar kita sukses menanam tomat Servo di musim hujan?

Tentu cara standar budidaya tanaman tomat ini harus kita lakukan sejak awal persiapan lahan, perawatan tanaman hingga cara panen buah tomat harus kita lakukan dengan cara benar.

Adapun tata cara  ( kultur teknis )  yang menjadi kunci sukses menanam tomat Servo di musim hujan  antara lain adalah :

Pemilihan Varietas Kunci Sukses Menanam Tomat


Pemilihan varietas benih tomat untuk budidaya di musim hujan akan mempengaruhi kesuksesan budidaya tomat. Hati - hati serta jangan salah menentukan kualitas benih yang akan kita tanam.

Parameter ketahanan penyakit harus lebih diutamakan. Selain rendemen produksi dan mudah perawatan. Saya ini saya merekomendasikan untuk menggunakan benih tomat Servo yang terbukti paling tahan.

Berdasarkan pengalaman kami dengan menggunakan benih Cap Panah Merah Servo F1 kita sudah menjatuhkan pilihan yang tepat dalam budidaya tanaman tomat. 

Bibit Panah Merah memang sudah terbukti mempunyai standart ketahanan penyakit yang lebuh tinggi bila kita bandingkan dengan benih yang lain. Maka tidak salah kalau benih tomat Servo kita jadi favorit petani dalam menjalankan usaha mandiri berkebun.

Penentuan Jarak Tanam


Penentuan jarak tanam tomat yang ideal jangan diremehkan saat menanam tomat di musim penghujan. Jarak tanam harus dipastikan tanaman tomat yang kita tanam bisa mendapatkan sirkulasi udara bebas.

Cahaya bisa masuk merata hingga bisa diterima tanaman tomat akan terjaga dari kelembaban tanaman yang terlalu tinggi. Ini tentu sangat berkaitan dengan tingkat serangan hama penyakit dan hasil panen.

Jarak tanam tomat Servo yang kita tanam akan menghemat penggunaan fungisida untuk tomat di musim hujan. Cara menanam tomat saat musim hujan jarak tanam yang ideal adalah 65 x 65 cm atau bisa 70 x 70 cm. 

Menanam tomat di musim hujan yang menerapkan jarak tanam tomat yang saya sebutkan tadi kedepannya akan sangat membantu mencegah tingkat serangan penyakit.

Penyakit tomat pada musim hujan biasanya tinggi saat bulan Desember hingga Maret tahun berjalan. Kebutuhan serta aplikasi  fungisida untuk tomat di musim hujan akan sangat tinggi pada bulan ini.

Saluran Drainase Lahan Budidaya Tomat


Saluran drainase harus disiapkan dari awal agar lancar sehingga tida ada air yang menggenang selama hujan deras. Pastikan air yang ada cepat tuntas dan lancar.

Air yang menggenang akan menyebabkan tingginya serangan layu dari bakteri hingga jamur yang akan menyerang tanaman tomat Servo.

Jaga dan cek agar kemiringan saluran drainase benar, minimal dengan kemiringan 5 %. Perhitungan saluran drainase lengkap dan benar akan sangat berpengaruh terhadap kebutuhan air tanaman tomat.

Sempurnakan saluran irigasi serta lengkapi dengan bak kontrol saluran drainase sehingga mempermudah pengawasan tata kelola air ke kebun kita.

Jangan lupa cek selalu penutup saluran drainase agar tidak tertutup kotoran yang terbawa oleh air. Tanaman tomat akan tumbuh normal jika kebutuhan air mulai awal tanam hingga panen cukup. Hal ini hanya bisa terpenuhi jika perencanaan saluran drainase bisa kita siapkan sejak awal persiapan lahan.

Buat serta  rencanakan saluran drainase yang benar dari awal menjadi kunci sukses menanam tomat Servo di musim hujan. Pastikan aktivitas ini sebelum melangkah ke yang lain.

Pengaturan Ukuran Bedengan 


Salah satu kunci sukses menanam Tomat Servo dimusim hujan adalah pengaturan bedengan tanaman. Cara membuat bedengan untuk tanaman tomat Servo saat musim hujan harus petani pahami.

Bedengan tanah untuk tanaman tomat yang terlalu sempit akan membuat kita akan kesulitan dalam mengatur jarak tanam yang sesuai musim. Kesimpulannya adalah kita harus membedakan lebar bedengan budidaya tomat Servo saat musim hujan dengan kemarau.

Pengaturan ukuran bedengan tanah yang ideal untuk tanaman tomat saat musim hujan seperti ini. Lebar bedeng 120 Cm, Lebar saluran air 50 Cm dengan kedalaman saluran air minimal 40 Cm dan kedalaman saluran keliling terluar 50 Cm.

Cara membuat bedengan dengan cangkul bisa kita lakukan dengan mudah serta cepat. Cara pembuatan bedengan bisa kita lakukan setelah tanah kita traktor dan rotari secara merata.

Jika anda kurang jelas tentang cara membuat ukuran bedengan tanah untuk menanam tomat Servo saat musim hujan segera hubungi!! Toko pertanian Lmga Agro, kami siap membantu kesulitan anda.

Ukuran bedengan tanah saat musim kemarau bisa menggunakan lebar 100 Cm, Lebar saluran 40 Cm dengan kedalaman saluran tengan 20 Cm saluran keliling terluar 30 Cm.

Bendengan menjadi salah satu kunci sukses tanaman tomat Servo yang kita tanam saat musim hujan bisa sukses dengan hasil produksi tinggi.

Pengaturan Ketinggian Bedengan Tanaman Tomat


Ketinggian bedengan yang ideal yang menjadi kunci sukses menanam tomat servo di musim penghujan adalah 40 Cm dari batas normal area tertinggi. Batasan ini berfungsi agar tanaman tomat Servo F1 yang kita tanam tidak tergenang.

Air memang sangat penting bagi kesehatan,pertumbuhan serta menjaga kesehatan saat kita menjalankan usaha agribisnis tanaman tomat. Namun jika berlebih akan sangat mengganggu dan merugikan bagi kelangsungan hidup tanaman.

Pemakaian Pupuk Dasar Dan Pupuk Kandang


Cara pemupukan tomat Servo untuk pupuk dasar menggunakan pupuk kandang terbaik saat menanam tomat di musim penghujan. Cara pemupukan tomat Servo adalah dengan mengurangi pupuk yang mengandung Nitrogen ( N ).

Lebih penting lagi adalah pupuk kandang harus fermentasi terlebih dahulu. Kami merekomendasikan pupuk kandang yang digunakan adalah pupuk kandang kambing. 

Kami tidak rekomendasi penggunaan pupuk kandang ayam saat menanam tomat Servo musim penghujan. Cara pemupukan tomat Servo untuk dosis aplikasi bisa konsultasi langsung di LMGA AGRO.

Pupuk dasar tomat untuk luas tanah 1 Ha, tanam tomat Servo musim hujan bisa menggunakan : Za : 150 Kg, TSP : 350 Kg, KCl : 350 Kg, Pupuk kandang 5 Ton, Dolomit 3 Ton. Pemupukan tomat Servo yang tepat mencegah kita gagal.



Sanitasi Lahan Kunci Sukses Menanam Tomat Servo Musim Penghujan


Kunci sukses budidaya tomat tidak hanya terletak pada teknik cara pemupukan tomat yang benar. Namun juga bagaimana petani bisa menjaga sanitasi lahan tomat saat musim hujan datang.

Lahan yang kurang bersih akan digunakan sebagai tempat dan inang yang sesuai untuk perkembangan penyakit. Berdasarkan pengalaman kami selama ini lahan tanaman tomat Servo yang kurang bersih baik untuk karena gulma ( rumput liar ) atau  sampah tanaman.

Pewiwilan Tunas Air Saat Budidaya Tanaman Tomat


Tunas air harus sedini mungkin dihilangkan, sehingga kelembaban di sekitar daun tanaman akan terjaga. Pewiwilan tunas air yang terlambat akan menyebabkan kelembaban tinggi dan jamur serta bakteri akan mudah berkembang dan menyerang tanaman.

Tanam tomat Servo untuk wiwil tunas air dilakukan pada semua tunas yang tumbuh pada bagian bawah cabang Y. Jangan menunggu tunas air besar karena ini akan mengganggu penyerapan nutrisi oleh batang utama tanaman.

Jika diperlukan kita juga bisa mengurangi jumlah buah per tangkai. Khusus untuk tanaman tomat Servo F1 Cap Panah Merah bisa sisakan maksimal 7 buah per tangkai. Hal ini bertujuan untuk mendapatkan ukuran buah yang ideal dan sesuai dengan permintaan pasar.

Perlakuan budidaya tomat Servo saat musim hujan yang menerapkan wiwil tomat yang tepat akan membantu petani sukses dalam menjalankan mandiri bisnis berkebun dengan hasil yang tinggi.

Penggunaan Mulsa saat menanam tomat


Penggunaan mulsa hitam perak adalah salah satu kunci sukses menanam tomat Servo di musim penghujan.

Mulsa berfungsi untuk menekan Gulma bedengan tanaman tomat sehingga tidak mudah tumbuh dan tanaman tidak ada inang. Selain itu mulsa hitam perak berfungsi untuk menjaga kelembaban dan suhu tanah sehingga tetap sesui dengan kebutuhan tanaman tomat.

Menanam Tomat Servo, Musim Hujan, Perekat Pestisida, Pestisida, Jual Perekat Apsa, Lmga Agro
Perekat
Seperti yang saya tulis di awal paragraf bahwa sukses budidaya tomat servo di musim penghujan adalah tentang bagaimana kita memahami jenis penyakit yang menyerang tanaman tomat.  

Kita juga harus memahami fungisida apa yang cocok digunakan sehingga mempunyai daya basmi yang tinggi terhadap penyakit. 

Perpaduan aplikasi fungisida bersifat kontak dan sertemik perlu dilakukan saat musim penghujan.

Selama budidaya di musim penghujan penggunaan fungisida harus lebih tinggi dan mempunyai bahan aktif yang kuat. 

Kita harus keluar dari zona nyaman dalam penggunaan Fungisida di musim kemarau. Ketepatan pemakaian Fungisida apabila ada yang kurang paham bisa konsultasi dengan Toko Pertanian Online LMGA AGRO. 

Jangan lupa untuk selalu menggunakan perekat yang bagus dan bermutu baik selama musim penghujan. Perekat dengan mutu rendah akan mempengaruhi hasil kerja dari fungisida yang kita aplikasi.

Baca Juga Benih Servo Merajai Pasar Tomat Sayur

Kunci Sukses Menanam Tomat Servo Hasil Tinggi


Apabila ada yang kurang jelas bisa anda tanyakan lebih lanjut dengan cara konsultasi secara online di Toko Pertanian LMGA AGRO. 

Bisa menghubungi toko pertanian LMGA AGRO di telepon langsung CP. Budi Hp. 082 141 747 141, sedangkan layanan khusus SMS / Wa ada di Hp 0812 5222 117. Kami dengan senang hati akan membantu memberi solusi permasalahan anda. 

Demikian tulisan Kunci Sukses Menanam Tomat Servo di Musim Hujan kami sajikan dalam menyambut musim tanam tomat tahun ini. Harga bibit tomat Servo terjangkau. Segera beli!! Benih tomat Servo Cap Panah Merah lewat toko Lmga Agro.


RELATED POSTS

1 komentar:

Mohon untuk berkomentar secara bijak dan sesuai bahasan.