Selamat Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah, Mohon Maaf Lahir dan Batin. Kami Libur 07 - 21 April 2024.

KETIK JUDUL/LABEL ARTIKEL YANG DICARI PADA KOLOM DI BAWAH INI

06/06/2018

Read

Bibit Terong Ungu Antaboga Cap Kapal Terbang

TERONG UNGU ANTABOGA, BENIH TERONG ANTABOGA, JUAL BENIH TERONG ANTABOGA, BIBIT TERONG ANTABOGA, BIBIT TERONG UNGU, LMGA AGRO, JUAL TERONG ANTABOGA
TerongUngu
Antaboga
Bibit Terong Ungu Antaboga Cap Kapal Terbang. Hubungi pak Budi 082141747141; SMS/WA 08125222117. Jual bibit terong Antaboga cap Kapal Terbang harga murah. Benih terong Antaboga jenis terong ungu bisa kita beli lewat toko pertanian LMGA Agro

Kami siap mengantar pesanan benih terong ungu Antaboga anda dengan cepat ke seluruh wilayah Indonesia. 

Cara menanam terong ungu serta budidaya terong Antaboga F1 harus dikuasai oleh petani hortikultura Indonesia. 

Tanaman terong ungu Antaboga sudah banyak ditanam oleh petani banyak petani. Budidaya terong Antaboga merk bibit terong ungu yang bagus. 

Bila budidaya dilakukan dengan cara yang benar hasil akan tinggi dan memuaskan. Sehingga petani akan mendapatkan keuntungan dari budidaya tanaman bibit terong ungu ini.

Bibit terong ungu Antaboga Cap Kapal Terbang sudah lama jadi favorit petani dalam usaha mandiri bisnis berkebun. Maka jangan heran kalau banyak peluang usaha tanam terong Antaboga pada daerah sentra tanaman hortikultura.

Keunggulan terong Antaboga dari Bisi ini sudah tidak ada keraguan lagi dari banyak petani. Apalagi budidaya terong ungu ini terkenal dengan hasil panen yang tinggi dengan perawatan tanaman yang mudah. 

Bila perlu anda bisa konsultasi pertanian gratis lewat team ahli dari toko pertanian terdekat Lmga Agro. Jadi anda bisa semakin mantap jalankan usaha baru berkebun menggunakan bibit terong ungu Antaboga ini.  Rev. 03/09/22.

Benih Terong Ungu Antaboga


Benih terong Antaboga cap Kapal Terbang termasuk jenis merk bibit terong ungu yang bagus dari PT. Bisi International Tbk. 

Benih terong Antaboga secara resmi sudah terdaftar pada Kementerian Pertanian sejak tahun 2005. Jadi anda tidak perlu lagi meragukan keunggulan benih terong ungu produk PT. Bisi International ini.

Lewat Keputusan Menteri Pertanian No. 98 / Kpts / SR. 120 / 3 / 2005 ( C 252 ), maka benih terong Antaboga sudah bisa kita jual kepada masyarakat petani untuk usaha agrbisnis dan berkebun.

Keunggulan terong Antaboga cocok untuk tanam lokasi dataran rendah hingga menengah. Pertumbuhan tanaman kuat dan memiliki cabang yang banyak.

Tanaman bibit terong ungu Antaboga cepat berbuah dan menghasilkan buah yang lebat. Tanaman toleran terhadap penyakit layu. 

Buah terong ungu Antaboga berbentuk silindris dengan panjang ± 25 cm, diameter ± 4.5 cm. Warna buah berkulit ungu dengan kelopak buah berwarna hijau.

Tanaman bibit terong Antaboga cap Kapal Terbang jenis warna ungu dapat mulai kita panen pada umur  sekitar 60 hari setelah pindah tanam. 

Keunggulan benih terong Antaboga yaitu potensi hasil untuk tiap tanaman menghasilkan buah ± 4 kg/tanaman. 

Kebutuhan benih terong ungu Antaboga ± 200 g/ha. Harga bibit terong Antaboga terjangkau. Jarak tanam bibit terong Antaboga yang dianjurkan adalah 70 x 60 cm.

Baca Juga : Jual Benih Terong Yivita Tahan Virus

Deskripsi Terong Antaboga Bibit Terong Ungu


TerungSolanum melongena di Jawa dikenal dengan sebutan terong adalah tumbuhan penghasil buah yang dimanfaatkan sebagai sayur-sayuran. 

Tanaman terong berkerabat dekat dengan kentang dan leunca. Tanaman terong merupakan tanaman asli dari India dan Srilanka.

Terong Antaboga memiliki banyak biji yang kecil dan lembut. Biji itu dapat kita makan tetapi rasanya pahit karena mengandung nikotin, yaitu sejenis alkaloid  yang banyak terkandung pada tembakau.

Terong termasuk keluarga Solanaceae yang pernah dianggap beracun bagi sebagian orang yang mengkonsumsinya. 

Karena bagi sebagian orang, tubuh mereka tidak dapat menerima ( peka )terhadap zat yang terkandung dalam terong. 

Hal ini karena ternyata menimbulkan rasa pahit yang dapat mengiritasi perut hingga gastritis. Sama halnya dengan tanaman kentang yang satu kelurga dengan terong.

Baca Juga : Terong Pertiwi Umur Genjah

Mengenal Manfaat Terong Ungu ANTABOGA


Bibit Antaboga terong ungu adalah terong yang kulitnya berwarna ungu. Kulit Antaboga terong ungu lebih tebal bila kita bandingkan terong hijau. 

Manfaat terong ungu diyakini bisa meningkatkan stamina hingga merangsang antibodi untuk aktif menangkal penyakit. 

Kandungan terong ungu juga berfungsi sebagai antioksidan yang dapat menghindarkan tubuh kita dari infeksi dan gangguan penyerapan gizi.

Manfaat terong ungu banyak sekali, beberapa diantaranya yang penting adalah :
  • Mengobati nyeri perut. Mengkonsumsi terong ungu diyakini dapat mengurangi nyeri perut akibat karena maag atau sebab yang lain.
  • Mengontrol asam lambung agar tidak berlebihan. Dengan mengkonsumsi terong ungu, kita tidak khawatir lagi asam lambung kita akan naik.
  • Mencegah penuaan dini. Kabar gembira bagi kaum hawa, penuaan dini yang ditandai dengan kusamnya kulit, muncul keriput pada wajah dan sering lupa, dapat kita cegah dengan konsumsi terong ungu.
  • Meningkatkan ketajaman mata. Mengkonsumsi terong ungu, gangguan yang berhubungan dengan syaraf penglihatan, tidak lagi kita rasakan.
  • Memperbaiki suasana hati. Karena terong ungu mengandung zat ant-stress.
  • Mengatur kadar trigliserida. Dapat menurunkan kadar trigliserida yang merupakan lemak penyebab penyakit diabetes.
  • Terong ungu Antaboga mengandung protein yang bagus untuk kesehatan otot kita.

Budidaya Terong Antaboga


Permintaan pasar terhadap terong ungu Antaboga cenderung tinggi mengingat manfaat terong yang banyak dan terong sebagai sayur-sayuran dapat kita olah menjadi beragam masakan. 

Resep terong ungu bisa dengan mudah kita peroleh saat kita akses Google hingga You Tube. Mulai dimasak sebagai sayuran terong, dibuat untuk lalapan hingga dapat dibuat sebagai jus. 

Bahkan kini kita dengan mudah mendapatkan materi manfaat terong ungu bagi kesehatan lewat cara online.

Budidaya terong ungu tergolong mudah, sehingga bukan hanya petani yang tertarik menanam terong ungu, bahkan ibu-ibu pun menanam terong ungu di pekarangan rumah mereka.

Syarat Tumbuh Budidaya Benih Terong Antaboga

  • Iklim tropis, curah hujan ideal adalah 85 - 200 mm/bulan dan harus merata. Suhu optimum yang baik adalah 25 - 30 °C dan mendapatkan sinar matahari yang cukup.
  • Media tanah. Tekstur tanah yang dibutuhkan adalah gembur, air tidak menggenang dan mengandung kandungan hara yang cukup bagi tanaman.
  • Derajat keasaman normal 5.5 - 6, jenis tanah yang ideal adalah latosol, regosol dan andosol yang merupakan jenis tanah lempung ringan dengan daya ikat air yang kuat.
  • Ketinggian tempat. Secara umum dapat tumbuh pada datarn rendah hingga dataran tinggi sampai ketinggian 1000 m dpl.

Bibit Terong Ungu Antaboga


Untuk mendapatkan bibit  terong unggulan maka pilihlah benih yang unggul pula. Benih akan tumbuh 10 hari sejak disemaikan. Langkah-langkah pembibitan terong ungu Antaboga yaitu :
  1. Sebelum semai, benih terong ungu Antaboga  kita rendam dalam air hangat kuku ditambah Vitaflora dosis 22 cc/liter selama 30 menit.
  2. Setelah kita rendam, benih kita bungkus dalam kain/kertas merang basah lalu masukkan dalam kardus bekas ( kardus aqua ). Dipasangkan lampu 5 watt dengan jarak 30 cm dari benih dan diperam selama 24 jam hingga berkecambah. Bila kain tampak kering, disemprotkan air menggunakan sprayer kecil ( 1 liter ).
  3. Benih ditanam dalam media, atau bila menggunakan bedengan, benih disebar menurut barisan dengan jarak antar barisan 10 - 15 cm.
  4. Bila di polybag, menggunakan media campuran tanah dan pupuk kandang halus dengan perbandingan 2 : 1.
  5. Permukaan semai bedengan untuk tanaman terong ungu Antaboga  kita tutup dengan daun pisang sampai benih berkecambah.
  6. Sirami persemaian bibit terong ungu Antaboga pagi dan sore hari agar tanah tetap lembab.
  7. Bibit terong ungu Antaboga yang siap kita pindah ke lahan tetap saat berumur 30 hari atau telah keluar 4 helai daun.

Persiapan Lahan Menanam Terong Ungu Antaboga


Pengolahan tanah untuk menanam benih terong Antaboga  dilakukan dengan cara tanah dicangkul 2 - 3 kali atau dibajak sampai kedalaman 20 - 30 cm. Lahan dibersihkan dari gulma dan sisa-sisa tanaman juga bebatuan.

Bedengan lahan tanam untuk terong ungu Antaboga  dibuat dengan lebar 120 - 140 cm dan panjang sesuai luas lahan. 

Jarak antar bedengan yang kita gunakan sebagai saluran air adalah 30 - 40 cm. Kedalaman parit 20 - 30 cm. Apabila pH tanah kurang dari 5.5 maka kita tambah dolomit.

Menyebarkan pupuk kandang sebanyak 15 - 20 ton/ha pada permukaan bedengan secara merata, lalu dicampurkan dengan tanah. 

Bedengan juga kita beri pupuk dasar, yaitu campuran ZA 150 kg, TSP 300 kg dan KCL 300 kg. Dicampurkan merata pada semua bedengan lalu diaduk dengan tanah. Pengadukan pupuk sampai kedalaman 10 cm.

Langkah berikutnya bedengan dapat ditutup dengan mulsa plastik hitam perak. Biarkan selama 1 minggu sebelum tanam. 

Selanjutnya dibuat lubang tanam menggunakan alat pelubang tanam ( tersedia di Toko pertanian Online LMGA Agro ). Jarak tanam yang disarankan untuk terong ungu Antaboga 70 x 60 cm.


Penanaman Bibit Terong Ungu ANTABOGA


Bibit yang siap tanam adalah yang telah berumur 4 minggu atau telah keluar 4 helai daun. Waktu tanam yang baik pada musim kering. Bibit yang dipilih adalah yang sehat dan segar, pertumbuhan seragam.

Bibit ditanamkan pada lubang tanam secara tegak dan tanah sekitar tanaman dipadatkan. Bibit yang baru pindah, disirami air perlahan agar lembab.

Perawatan Tanaman Terong Ungu Antaboga

  1. Pengairan. Kita lakukan setiap hari terutama saat tanaman terong ungu Antaboga  pada fase awal pertumbuhan, bibit baru kita pindah dan saat cuaca kering. Pengairan dapat dengan cara di-leb atau kita siram menggunakan gembor.
  2. Penyulaman. Kita lakukan sampai umur 15 hari, tanaman terong ungu Antaboga  yang disulam adalah bibit yang pertumbuhannya abnormal, mati atau yang terserang hama dan penyakit.
  3. Pemasangan ajir/turus. Lebih baik bila kita lakukan sejak awal agar tidak merusak akar tanaman. Ajir terbuat dari sebilah bambu panjang 80 - 100 cm dan lebar 2 - 4 cm.
  4. Ajir kita tancapkan mendekati batang, lalu batang diikatkan pada ajir. ( Tali salaran khusus untuk mengikat batang, tersedia pada toko online pertanian LMGA Agro ).
  5. Penyiangan terhadap gulma yang tumbuh liar dan mengganggu pertumbuhan tanaman.
  6. Pemupukan terong, umur 15 hst yaitu pupuk ZA 75 kg/ha, SP-36 50 kg/ha. Umur 25 hst yaitu pupuk ZA 75 kg/ha dan KCL 75 kg/ha. 
  7. Umur 35 hst yaitu pupuk ZA 75 kg/ha dan KCL 100 kg/ha. Umur 45 hst yaitu pupuk ZA 75 kg/ha dan KCl 75 kg/ha.
  8. Pupuk kita aplikasikan setiap tanaman dengan cara meletakkan dengan jarak 20 cm dari batang tanaman, sebanyak 10 gram campuran pupuk. 
  9. Dapat juga dberikan dalam bentuk cairan sebanyak 3.5 gram per liter air dan diberikan sebanyak 250 cc per tanaman ( 1 gelas aqua ).
  10. Perempelan tanaman terong ungu Antaboga terhadap tunas-tunas liar yang tumbuh pada ketiak daun pertama hingga bunga pertama. Bertujuan untuk merangsang tunas-tunas baru dan bunga lebih produktif tumbuh.

Hama dan Penyakit Tanaman Terong Ungu ANTABOGA


Hama yang sering menyerang budidaya terong ungu Antaboga adalah kutu daun, kutu kebul, pengorok daun dan oteng-oteng. 

Pengendalian hama dengan menggunakan perangkap kuning sebanyak 40 buah/ha. Jika menggunakan insektisida, dosis dan komposisi sesuai petunjuk pada kemasan produk.

Penyakit yang sering terjadi pada budidaya terong adalah layu bakteri, busuk buah, bercak daun, antraknose, busuk akar dan rebah semai.

Pemanenan Terong Ungu ANTABOGA


terong ungu antaboga, bibit terong ungu antaboga, bibit terong antaboga, benih terong antaboga, budidaya terong antaboga, harga bibit terong antaboga, harga benih terong antaboga, harga terong antaboga, keunggulan terong antaboga, jual benih terong antaboga, jual bibit terong antaboga, bisi, bisi international, terong ungu, lmga agro
Terong Ungu Antaboga
Panen terong ungu Antaboga  bisa kita lakukan umur ± 60 hari setelah pindah tanam. Ciri-ciri terong yang siap panen adalah ukuran telah maksimum dan masih muda. 

Waktu panen kita lakukan pada pagi hari sebelum matahari terik. Cara panen terong ungu Antaboga  yaitu buah kita petik bersama tangkainya menggunakan tangan atau pisau/gunting.

Pemetikan buah terong ungu Antaboga  kita lakukan bertahap, setiap 3 - 7 hari sekali dengan memilih buah yang siap petik.

Demikian ulasan kami tentang benih bibit terong Ungu panjang ANTABOGA cap kapal Terbang. Ulasan kami juga tentang budidya terong ungu yang baik dan benar. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Jual Benih Terong Antaboga F1 Terbaru Harga Murah


Tertarik ingin budidaya terong ungu ANTABOGA, benih tersedia lewat toko pertanian online LMGA Agro, dengan menghubungi  pak Budi 0821 4174 7141; SMS/WA 0812 5222 117. 

Kami juga melayani konsultasi pertanian secara gratis. Jika anda ada kesulitan bagaimana cara menanam terong Antaboga yang baik dan benar segera konsultasi dengan kami.

Harga benih terong ungu Antaboga walaupun kami jual murah, namun kami berani memberi jaminan barang asli serta original pabrik.

Jual bibit terong Antaboga sudah kami lakukan bertahun - tahun sehingga kami kini jadi toko pertanian terdekat petani. 

Jaminan dari toko tani kami tidak sebatas kualitas produk, namun juga jaminan barang pasti datang atau uang anda kembali 100 %.

LMGA AGRO juga menyediakan benih sayuran dan buah, pestisida, alat sarana dan prasarana pertanian lengkap. 

Kami siap mengirim dan mengantar pesanan bibit terong Antaboga Cap Kapal Terbang pesanan Anda ke seluruh  wilayah Indonesia dengan cepat dan tepat. Kami memberi jaminan pesanan barang anda pasti datang.


LMGA AGRO

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jika anda ingin komentar Gunakan alamat email yang jelas ( Jangan Anonymous ). Mohon komentar secara bijak dan sesuai bahasan.