TOKO ONLINE PERTANIAN LMGA AGRO, TEMPAT BELANJA ONLINE PETANI MURAH, AMAN DAN PROMO. BELANJA SILAKAN HUBUNGI KAMI DI : SMS / WA : 081 252 22 117, LAYANAN KONSULTASI PERTANIAN GRATIS HP. 082 141 747 141.

KETIK JUDUL/LABEL ARTIKEL YANG DICARI PADA KOLOM DI BAWAH INI

21/06/19

MANFAAT TOMAT DAHSYAT BAGI TUBUH DAPAT DITANAM DALAM POT

manfaat tomat, menanam tomat, jual benih, lmga agro
Manfaat Tomat Bagi Tubuh
Manfaat Tomat Dahsyat Bagi Tubuh Dapat Ditanam Dalam Pot. Hubungi 082141747141 ( telepon ) dan 08125222117 ( SMS/WA ). Menanam tomat, sayur buah memiliki manfaat besar bagi tubuh. Buah  dan sayur ini juga bisa ditanam pada pot. Toko Pertanian Online LMGA Agro jual benih tomat hibrida tahan virus berbagai varietas terbaik dari pabrik benih di Indonesia.


Toko Pertanian Online LMGA Agro menyediakan juga keperluan menanam tomat seperti pupuk, pestisida dan alat kocor, mulsa plastik dan lain-lain. Kami juga melayani konsultasi pertanian tentang seputar budidaya tomat yang baik dan benar.

Manfaat tomat sangat besar bagi kesehatan tubuh kita. Tomat dahulunya di ributkan masuk kategori buah atau sayur karena ternyata ini berhubungan dengan pajak penjual buah dan sayur berbeda.

Tomat tetaplah buah juga merupakan sayur bagi masyarakat. Manfaatnya besar karena tomat mengandung gizi tinggi pula. Karena itu, tomat sering dicampurkan untuk masakan Indonesia. Tomat mengandung air cukup tinggi karena itu tomat segar juga bila dimakan langsung tanpa diolah.

MANFAAT TOMAT BESAR KARENA KAYA KANDUNGAN GIZI


Tomat adalah buah dan sering dimanfaatkan sebagai campuran sayuran seperti capcay, sayur sop, sayur asam dan lain-lain. Tomat juga biasa diuleg bersama cabe merah untuk membuat sambal tomat. Tomat digunakan untuk menambah warna merah pada masakan.

Manfaat tomat mengandung sumber kuat antioksidan dan vitamin C. Tomat membantu melawan radikal bebas pencegah penyakit kanker. Tomat mengandung zat lycopene tinggi. Lycopene membantu tubuh mencegah penyakit kanker.

Kandungan gizi lain pada buah tomat yaitu kolin, potassium, serat dan vitamin C. Manfaatnya membantu meningkatkan fungsi jantung. Inilah manfaat dari buah tomat yang terbaik.

Nama latin dari tomat Lycopersicum esculentum, dan bahasa Inggris disebut Tomato merupakan tanaman berry. Tomat masuk keluarga Solanaceae atau suku terung-terungan, bersama tanaman terong, cabai, dan ranti.

Tomat asli berasal dari wilayah Amerika tengah dan Selatan. Tomat bisa dimakan segar ataupun dimasak dulu menjadi hidangan bernutrisi tinggi. Secara teknis, tomat berbentuk buah namun digolongkan menjadi sayuran.  Tomat matang biasanya berwarna merah, namun ada juga berwarna kuning, hijau dan jingga.

Kandungan gizi tomat adalah lycopene sebagai antioksidan, vitamin C, Kalium/potassium, Folat dan vitamin K. Juga terkandung unsur beta-karoten, naringenin dan Asam Glorogenik. Manfaat tomat lebih banyak untuk menurunkan resiko penyakit jantung dan kanker.

Manfaat tomat mengandung kalori dan lemak jumlah kecil ( rendah ). Namun tomat kaya vitamin dan mineral, yaitu vitamin A, C, K, Folat, Karotenoid, Lutein, gula dan Kalium. Serta sejumlah besar vitamin B6 dan Thiamin.

INILAH MANFAAT TOMAT YANG BESAR UNTUK TUBUH KITA


1. Manfaat Tomat Mengatasi Peradangan


Manfaat tomat untuk mengatasi peradangan pada tubuh kita karena tomat mengandung tomatine. Tomat juga bermanfaat mengangkat lemak dan debu-debu di wajah. Karena Tomat memiliki kandungan asam sitrat didalam buahnya. Antioksidan pada tomat karena mengandung vitamin C dan beta-karoten.

2. Manfaat Tomat Menjaga Kesehatan Kulit


Dari hasil penelitian, lycopene bermanfaat meningkatkan kemampuan kulit untuk melindungi tubuh kita dari paparan sinar UV. Kandungan gizi manfaat tomat menyebabkan kulit tampak awet muda.

Manfaat tomat dan kandungan vitamin C-nya berfungsi sebagai perangsang kolagen. Antioksidan tomat bermanfaat mencegah kerusakan kulit. Sebagian besar disebabkan dari paparan sinar matahari, polusi dan asap kendaraan bermotor atau dari pabrik. Manfaat tomat untuk wajah membantu mencegah kerutan halus dan tekstur kulit secara keseluruhan.

Tidak banyak orang tahu, manfaat tomat juga bisa untuk mengobati bisul dan jerawat pada kulit Anda. Tempelkan potongan buah tomat pada bisul yang sakit. Untuk mengatasi jerawat, tomat bermanfaat dijadikan sebagai masker wajah. Lakukan masker tomat setiap 1 bulan sekali.



3. Manfaat Tomat Menjaga Kesehatan Mata


Manfaat tomat bisa membuat mata lebih sehat karena kandungan beta-karoten pada tomat. Beta-karoten atau vitamin A tomat sangat tinggi. Vitamin A bermanfaat meningkatkan produktivitas retina terutama untuk minim pencahayaan. Juga meningkatkan ketajaman mengintrepretasikan warna dan meningkatkan perkembangan mata.

Vitamin A  tomat  bermanfaat pula untuk menangkal radikal bebas dan mencegah terjadinya rabun senja serta degenerasi makula. Makula adalah daerah kecil berbentuk bulat dan letaknya di belakang retina. Makula mudah terlihat karena bebas dari pembuluh darah retina.

4. Manfaat Tomat Mengatasi Penggumpalan Darah


Penggumpalan darah disini artinya bahwa manfaat tomat adalah untuk mengatasi kelelahan dan menyembuhkan keseleo. Hancurkan tomat bersama wijen menggunakan blender. Kemudian tomat hasil blender dipanaskan sampai keluar minyak dan selanjutnya digunakan untuk pijat disebabkan karena keseleo.

5. Manfaat Tomat Menjaga Kesehatan Sistem Pencernaan


Manfaat tomat adalah menjaga sistem pencernaan tetap sehat yaitu mencegah terjadinya semebelit dan diare. Serat untuk manfaat buah tomat dapat merangsang gerakan peristaltik oleh otot pencernaan halus. Selanjutnya melepaskan cairan lambung sehingga meningkatkan kesehatan pencernaan secara menyeluruh.

Gerakan peristaltik adalah gerakan otot-otot saluran pencernaan yang menimbulkan gerakan mirip gelombang. Dan selanjutnya timbul efek menyedot/menelan makanan masuk dalam saluran pencernaan.

Manfaat tomat untuk memulihkan fungsi liver, mengatasi gangguan pencernaan, penyakit empedu dan mencegah kolera.

6. Manfaat Tomat Mengendalikan Kolesterol dan Menjaga Kesehatan Jantung


Antioksidan lycopene dalam buah tomat dipercaya bermanfaat mengatasi penyakit jantung. Bermanfaat menurunkan faktor risiko penyakit jantung. Kalium dan lycopene dalam manfaat tomat bisa menurunkan kadar kolesterol jahat ( LDL ). Tomat juga bermanfaat menjaga kestabilan irama jantung.

Nutrisi pada manfaat tomat mampu mengurangi peradangan terkait dengan risiko penyakit jantung, stroke terutama bagi orang dengan masalah obesitas.

Konsumsi rutin buah tomat akan menurunkan kadar kolesterol LDL dan trigliserida dalam darah. Menekan kandungan lipid/lemak penyebab penyakit kardiovaskular dimana kaitannya langsung pada jantung dan pembuluh darah.

Kalium atau potassium buah tomat bermanfaat menurunkan kolesterol dan tekanan udara. Kadar kolesterol tinggi dan tekanan darah tinggi menyebabkan serangan jantung dan stroke.



7. Manfaat Tomat Cocok untuk Diet dan Mencegah Stress


Manfaat tomat juga bisa untuk menurunkan berat badan berlebih. Kandungan nutrisi tomat lengkap memberikan kecukupan nutrisi tubuh saat diet. Cocok bagi seseorang menginginkan langsing.

Manfaat tomat juga dipercaya memberikan perasaan dan suasana hati bahagia. Buah tomat mengandung Asam Folat bermanfaat untuk mencegah kelebihan Homosistein di tubuh kita.

Homosistein berlebih bermanfaat menghambat darah dan nutrisi lain mencapai otak. Homosistein berlebih juga mengakibatkan mengganggu pembentukan hormon bahagia. Seperti hormon serotonin, dopamine dan norepinephrine pengatur suasana hati, tidur dan nafsu makan.

Stress bahkan depresi membuat orang selalu merasa sedih, putus harapan dan tiak ada motivasi hidup. Apalagi termotivasi untuk beraktivitas atau bekerja.

8. Manfaat Tomat Mencegah Kanker


Sejumlah penelitian melaporkan, kandungan lycopene tomat tinggi bermanfaat mengurangi risiko terkena kanker prostat, kanker kolorektal dan kanker perut. Lycopene merupakan antioksidan alami bekerja efektif untuk memperlambat pertumbuhan sel kanker.

Kandungan lycopene ternyata lebih banyak dikandung oleh tomat telah dimasak dibandingkan tomat segar. Kandungan nutrisi buah tomat yang lengkap sangat baik pula untuk ibu hamil. Manfaat tomat tidak hanya mengandung asam folat, buah tomat juga mengandung banyak vitamin A, C, B6, Thiamin, Niasin dan lycopene.

Manfaat tomat mengandung juga mineral seperti kalium, magnesium, fosfor dan tembaga. Secara alami, manfaat tomat ini mengandung sodium, lemak jenuh dan kolesterol rendah.

Meskipun rasanya masam karena vitamin C-nya tinggi, tomat anam bagi ibu hamil. Manfaat tomat bisa dirasakan secara mentah, dengan direbus, atau diolah bersama bahan makanan lain.

Ibu hamil disarankan memanfaatkan tomat dengan cara dimasak/diolah dulu. Hal tersebut untuk mengurangi potensi adanya substansi berbahaya dan menempel pada tomat.

MANFAAT TOMAT MENURUNKAN BERAT BADAN ( DIET )


manfaat tomat, menanam tomat, jual benih, lmga agro
Benih Tomat Hibrida SERVO
Manfaat tomat banyak sekali bagi kesehatan termasuk untuk menurunkan berat badan. Untuk mendapatkan manfaat maksimal, tomat hendaknya dikonsumsi  rutin pada pola makan kita secara teratur.

Jadikan tomat sebagai salah satu menu makanan sehat kita. Lakukan kebiasaan inin secara rutin. Maka manfaat tomat untuk diet dan menurunkan berat badan, dapat segera kita rasakan.

Mengkonsumsi tomat segar atau minum jus tomat maka sebanyak 15 mg zat Lycopene masuk ke tubuh kita. Kandungan nutrisi tomat memang melimpah. Nutrisi terkandung di tomat bermanfaat untuk meningkatkan fisik Anda.

Lycopene, antioksidan penangkal radikal bebas. Lycopene menyebabkan terjadinya oksidasi sehingga bermanfaat untuk menunda penuaan.

Pektin, serat  sangat besar manfaatnya bermanfaat mempercepat gerakan peristaltik usus tubuh.

Glutamin dan asam aspartat memberikan rasa asam. Manfaatnya untuk memperkuat rasa makanan.

Kalium, kalsium, magnesium, zat besi dan seng bermanfaat meningkatkan kemampuan tubuh menyerap vitamin.

Asam sitrat dan asam malat bermanfaat meningkatkan nafsu makan dan untuk mengurangi kelelahan fisik.

Glukosa buah tomat bermanfaat memberi suplai energi sehingga cepat diserap tubuh. Tubuh akan tidak mudah lelah.

Kandungan vitamin bermanfaat mencegah berbagai penyakit termasuk menjaga kesehatan kulit kita. Lycopene buah tomat bermanfaat mencegah kekeringan kulit.

Untuk menurunkan berat badan, manfaat tomat adalah mempercepat pelepasan hormon pertumbuhan selama tidur. Juga bermanfaat meningkatkan metabolisme tubuh. Jika dikonsumsi dengan rutin, tomat bermanfaat menjadi suplemn nutrisi penting bagi tubuh.



TOMAT : MANFAAT BESAR DAN MUDAH BUDIDAYANYA


Tomat merupakan tanaman sayuran bermanfaat besar yang masuk famili Solanaceae. Tomat sering ditanam petani di dataran tinggi, dataran sedang dan dataran rendah. Tomat merupakan tanaman semusim, hanya berumur sekitar 4 bulan.

Budidaya tomat mudah dilakukan, karena tomat mudah tumbuh di segala media. Menanam tomat bisa dilakukan di lahan sawah, tegal, lahan pekarangan atau pada lahan sempit di teras rumah.

Menanam tomat juga bisa dilakukan menggunakan pot atau biasa dikenal tanaman buah dalam pot ( Tabulampot ). Juga bisa ditanam secara hidroponik.

Menanam tomat menggunakan pot lebih banyak menggunakan media pupuk kandang. Pupuk kandang dimasukkan pada pot dan benih hibrida tomat ditanam media tanahnya.

Petani tomat di Indonesia masih didominasi menanam tomat di lahan sawah atau tegal yang luas dan terbuka. Namun beberapa orang  suka makan tomat karena sudah mengetahui manfaatnya yang besar untuk kesehatan. Mereka berusaha belajar bagaimana cara menanam tomat di pekarangan halaman rumah mereka.

Menanam tomat menggunakan polybag, pot atau hidroponik dilakukan oleh sebagian kecil masyarakat. Bertanam tomat dalam pot, sebagai sayuran, memiliki banyak sekali keuntungan. Terutama masyarakat perkotaan, menanam dalam pot merupakan hobi tersendiri melepas penat.

MANFAAT MENANAM TOMAT DALAM POT


Menanam tomat dalam pot akan memudahkan kita menikmati kesegaran tomat langsung dari pohonnya. Ada kebanggaan tersendiri saat kita berhasil menanam tomat sendiri dan memanfaatkannya dengan baik.

Menanam tomat di rumah sendiri, kita dapat menikmati kesegaran tanaman di halaman rumah kita. Menanam tomat sayuran di pekarangan rumah merupakan usaha turut serta menciptakan lahan hijau kota. Apalagi kebanyakan kota di Indonesia tidak banyak tumbuh hijaunya tanaman. Sehingga udara kota menjadi kurang bersih dan segar bagi kesehatan penduduknya.

Tanaman tomat dalam pot bermanfaat memberikan keindahan bila diletakkan di lingkungan rumah. Bila tanaman dirawat denganbaik dan benar, tanaman akan tumbuh dengan baik dan segar. Hingga menghasilkan buah lebat dan sehat.

Menanam tomat dalam pot kebanyakan dilakukan di pekarangan rumah atau kebun berukuran tidak terlalu luas. Dilakukan hanya untuk menyalurkan hobi berkebun saja bagi yang sudah purna/pensiun atau bisa juga usaha bisnis rumahan menjual bibit tomat.

Menanam tomat dalam pot bermanfaat meningkatkan kreatifitas kita dan menggali potensi bahwa berkebun bisa dilakukan siapa saja. Cara ini juga sekaligus untuk mengajarkan keluarga tentang pentingnya mencintai tanaman. Dan memanfaatkan ruangan untuk menanam sayuran di rumah.



TOMAT TANAMAN SAYUR BERBENTUK BUAH


manfaat tomat, menanam tomat, jual benih, lmga agro
Benih Tomat Hibrida SAKURA
Tomat masuk kategori sebagai sayuran meskipun secara struktur berbentuk buah. Tomat cocok tumbuh di dataran rendah maupun dataran tinggi. Mulai ketinggian tempat 0 - 1500 meter dpl tergantung dari varietas tomat. Tomat menyukai tanah subur dan gembur dan ber-pH sekitar 5,5 - 7.

Bila tomat tumbuh alami berbentuk perdu, ketinggian mencapai 3 meter. Bila dibudidayakan, tanaman tomat tidak lebih dari 2 meter. Biasanya batangnya ditopang oleh lanjaran/ajir agar tidak roboh atau pohon bisa berdiri tegak.

Tanaman tomat dapat tumbuh baik di berbagai media seperti lahan terbuka yang luas, ditanam hidroponik maupun dalam pot/polybag. Dikenal ada 4 golongan tomat dan banyak beredar di pasar. Yaitu :

  • Tomat buah/granada berbentuk bulat dan pangkalnya datar.
  • Tomat gondol berbentuk lonjong dan biasanya digunakan sebagai bahan pembuatan saos tomat.
  • Tomat sayur bertekstur keras dan berasa agak masam.
  • Tomat cherry berbentuk kecil dan berasa manis agak masam.

PROSES TANAM TOMAT DALAM POT


Manfaat tomat akan kita peroleh juga bila kita menanam tomat sendiri di rumah. Tomat juga diperoleh mudah sekali di pasar. Bertanam tomat di pekarangan rumah dapat dilakukan menggunakan pot atau polybag plastik.

Beberapa keuntungan diperoleh dengan menanam menggunakan pot, terutama menanam sayuran seperti tomat. Yaitu antara lain :

  • Menanam di dalam pot dapat dilakukan pada pekarangan sempit.
  • Menanam di pot digunakan alternatif lain mengatasi tanah yang kurang subur. Menanam dalam pot memudahkan untuk dipindahtempatkan.
  • Tidak terpengaruh pada kondisi tanah dan iklim lokasi tanam. Karena dilakukan dalam pot maka masalah tanah dan cuaca bisa diminimalisir.
  • Penanaman di pot sekaligus dimanfaatkan menjadi tanaman hias.

PERSIAPAN PEMBIBITAN BENIH TOMAT


Benih ini nanti harus disemaikan melalui persemaian atau pembibitan. Tempat pembibitan benih tomat harus terlindung dari air hujan. Tempat tidak mendapat sinar matahari langsung. Gunakan naungan untuk mengurangi paparan sinar matahari dan untuk melindungi tanaman dari serangan lalat buah.

Persemaian benih dapat menggunakan polybag ukuran kecil atau menggunakan tray semai ( tersedia di Toko Pertanian Online LMGA Agro ). Media semai menggunakan tanah campuran pupuk kandang perbandingan 1 : 1. Benamkan benih pada media semai dan lakukan penyiraman 2 kali sehari dengan hati-hati agar tidak merusak benih. Setelah 30 hari, benih menjadi bibit tomat yang siap dipindah ke media pot untuk pembesaran tanaman hingga panen.

Bentuk persemaian dapat berupa bedengan, tray semai atau polybag semai. Persemaian di bedengan yaitu membuat larikan di atas bedengan dengan kedalaman 1 cm dan jarak antar larikan 5 cm. Tanamkan benih di sepanjang larikan dengan jarak tiap benih 3 cm. Tutupi dengan tanah dan siram perlahan.

Persemaian benih juga bisa menggunakan polybag atau daun pisang. Benamkan benih sampai kedalaman 1 cm. Lalu ditutup tanah dan siram secukupnya. Setiap polybag ditanam 1 benih.

Pemberian pupuk diberikan setelah 2 minggu menggunakan pupuk organik cair, kompos atau NPK. Perawatan lain selama pembibitan adalah penyiangan. Hindari lahan semai dari tumbuhnya gulma. Persemaian menggunakan polybag dilakukan selama 30 hari atau telah tumbuh 5 helai daun.

Pemberian pupuk di persemaian diberikan saat bibit berumur 14 hari. Pupuk diberikan bermanfaat untuk merangsang pertumbuhan bibit. Pupuk yang digunakan bisa berupa pupuk kompos atau pupuk kimia buatan pabrik.



PERSIAPAN TANAM BIBIT TOMAT DI POT


manfaat tomat, menamam tomat, jual benih, lmga agro
Manfaat Tomat Alat Kocor Siram
Penanaman tomat di wadah pot, kita perlu menyiapkan medaia tanam yang tepat. Media tanam dibuat dari kombinasi tanah, arang sekam dan kompos ( perbandingan 2 : 1 : 1 ). Media tanam sebaiknya dipersiapkan sebelumnya agar kompos bekerja dulu menyatu dengan tanah.

Media tanam harus ber-pH 5,5 - 7. Memiliki tingkat kesuburan tinggi agar pertumbuhan tidak terhambat. Masukkan media tanah kedalam pot, siram dengan air hinggga tanah lembab. Cabut bibit dari pot persemaian atau bedeng semai dengan hati-hati agar akar tidak putus.

Tanam bibit pada pot baru untuk pembesaran dengan posisi batang tegak lurus. Pemindahan bibit ke pot tetap juga bisa dengan cara diputar. Caranya bibit dicabut beserta media tanahnya. Sedang untuk bibit di bedeng, bibit dicabut diambil dengan cara dicungkil sedalam 10 cm menggunakan sekop atau tangan. Ambil bibit dan pindahkan beserta medianya.

Bibit semai menggunakan polybag yaitu caranya : ambil dan sobek plastik polybag kemudian bibit dipindahkan beserta tanahnya. Polybag semai bisa dipakai lagi berulang-ulang.

PERAWATAN DAN PEMELIHARAAN TOMAT DITANAM DALAM POT


Perlu diketahui bahwa pemeliharaan tomat dalam pot lebih mudah dibandingkan tanam di lahan terbuka. Perhatian kita hanya media tanam jangan sampai kering karena kekurangan air. Lakukan penyiraman rutin setiap hari namun tidak terlalu lembab agar akar tidak membusuk.

Bersihkan media sekitar tanaman dari rumput-rumput yang tumbuh. Pencabutan rumput dilakukan secara manual menggunakan tangan. Bisa juga dilakukan penggemburan tanah menggunakan sekop.

Perawatan tomat selanjutnya meliputi pemangkasan tunas dan pemasangan ajir/lanjaran untuk menopak tegaknya batang tanaman agar tidak roboh. Pemangkasan/perempelan daun tomat dilakukan saat tanaman tomat setinggi 1 meter. Daun tomat yang dipangkas adalah daun pada batang bagian bawah.

Manfaat dari pemangkasan adalah menghilangkan daun-daun tua sehingga tanaman tidak mudah terserang penyakit. Tomat dalam pot agar berbuah banyak, lakukan pemangkasan cabang yang tidak penting.

Pemangkasan cabang bermanfaat agar unsur hara yang diserap tanaman dapat selalu terpenuhi dan tidak terbagi ke cabang yang tidak penting. Unsur hara diserap tanaman dan menjadi terfokus pada pembentukan buah dan buah tumbuh lebat dan sehat.

Pemberian pupuk tomat tanam dalam pot setelah berumur 1 minggu menggunakan kompos sebanyak 1 genggam tangan tiap 1 polybag. Berikan kompos ini setiap bulannya dan kompos bisa ditambah banyaknya jika tanaman tampak layu. Bila tomat akan muncul buah, tambahkan pupuk buah atau pupuk organik cair.

Jaga selalu agar tanaman terhindar dari serangan hama. Bila tampak ada hama, hilangkan dengan cara manual yaitu mengambili hama yang tampak dan membuang daun serta batang rusak karena digigit hama.

Sebisa mungkin, untuk penanaman di pekarangan rumah yang tidak begitu banyak jumlah tanamannya maka tidak dilakukan penyemprotan insektisida. Mengingat bahwa hasil panen nanti untuk dikonsumsi sendiri.

Dengan menanam dalam pot, kesehatan tanaman tomat lebih mudah terkontrol dan terawasi dengan baik. Tanaman dapat terhindar dari penyakit lewat akar/tanah. Jaga agar tanah tidak terlalu kering, juga tidak terlalu basah agar terhindar dari busuk akar.



MENIKMATI MANFAAT TOMAT SAAT PANEN TOMAT


Penanaman tomat di pot mulai dipanen dan dipetik buahnya setelah berumur 3 bulan setelah tanam. Saat buah tomat setengah matang, penyiraman hendaknya dikurangi frekuensinya. Langkah tersebut dapat membuat buah tomat lebih manis, kadar gula tomat tinggi dan airnya sedikit. Rasa buah juga lebih manis meskipun ini tergantung dari varietasnya.

Tomat yang siap dipanen memiliki ciri warna kekuningan, batang dan daunnya juga kekuningan. Panen buah tomat tidak dapat dilakukan serentak karena buahnya tidak matang serentak. Sehingga biasanya pemetikan tomat dilakukan tiap 2 - 3 hari sekali. Waktu pemetikan yang tepat adalah pagi atau sore hari saat matahari tidak bersinar terik. Pemetikan dilakukan pada buah yang sudah matang saja.

Menanam tomat dalam pot juga lebih aman bila dilakukan saat musim hujan. Perawatan lebih terhadap tanaman di musim hujan, justru tidak terlalu sulit bila tomat ditanam didalam pot. Demikian artikel kami tentang Manfaat Tomat Dahsyat Bagi Tubuh Dapat Ditanam Dalam Pot.

Hubungi 082141747141 ( telepon ) dan 08125222117 ( SMS/WA ) Toko Pertanian Online LMGA Agro menyediakan berbagai keperluan bercocok tanam terutama menanam tomat. Tersedia juga pupuk, pestisida dan alat pertanian seperti alat kocor keperluan perawatan tanaman. Kami juga melayani konsultasi gratis tentang menanam tomat yang baik dan benar baik tanam dalam pot maupun di lahan luas.

Silahkan menghubungi Kami mendapatkan segala kebutuhan Anda bercocok tanam. Kami siap mengantar pesanan Anda bersama jasa ekspedisi yaitu JNE, TIKI, KI8, POS INDONESIA dan lain-lain. Semoga artikel tentang Manfaat Tomat dan cara tanam tomat dalam pot ini bermanfaat bagi pembaca. Salam sukses...




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon untuk berkomentar secara bijak dan sesuai bahasan.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...