TOKO ONLINE PERTANIAN LMGA AGRO, TEMPAT BELANJA ONLINE PETANI MURAH, AMAN DAN PROMO. BELANJA SILAKAN HUBUNGI KAMI DI : SMS / WA : 081 252 22 117, LAYANAN KONSULTASI PERTANIAN GRATIS HP. 082 141 747 141.

KETIK JUDUL/LABEL ARTIKEL YANG DICARI PADA KOLOM DI BAWAH INI

05/01/20

Peluang Bisnis Pertanian Ini Tidak Sulit Dilakukan

peluang bisnis, usaha pertanian, budidaya tanaman, toko pertanian, online, lmga agro
Usaha Pertanian Budidaya Cabe
Peluang Bisnis Pertanian Ini Tidak Sulit Dilakukan. HP 082141747141 ( telepon ) dan 08125222117 ( SMS/WA ). Toko Pertanian Online LMGA Agro menyediakan benih hibrida, pupuk, pestisida dan lain-lain.


Toko pertanian LMGA Agro jual murah, harga promo dan produk lengkap. Peluang bisnis terpercaya petani dan toko pertanian. Kami menerima juga layanan konsultasi gratis pertanian dan kendala Anda di lahan.

Toko pertanian LMGA Agro membuka kerjasama peluang bisnis dropship dan reseller. Sebagai supplier berpengalaman, Kami didukung perusahan benih dan pestisida terkemuka. Seperti PT BISI, Known You Seed, East West Seed dan lain-lain.

Peluang bisnis pertanian sangat menjanjikan dan tidak sulit dilakukan. Kebutuhan pertanian merupakan kebutuhan pokok sehari-hari masyarakat. Pasti sangat merepotkan bila peluang bisnis pertanian tidak tersedia lagi.

Peluang bisnis harus dikelola dengan baik agar terus menguntungkan dan langgeng. Banyak pengusaha mengalami keuntungan besar di peluang bisnis pertanian. Karena memang tidak sulit menjalankan bisnis di bidang pertanian ini.

Menjalankan Peluang Bisnis Pertanian


Peluang bisnis pertanian dapat dijalankan baik di kota maupun di wilayah pedesaan. Namun kecenderungan masyarakat desa untuk mendirikannya di desanya.

Karena di desa masih banyak lahan kosong luas dan bisa dimanfaatkan. Namun, kini banyak juga peluang bisnis pertanian tidak perlu lahan luas. Karena cukup dijalankan di pekarangan rumah.

Peluang bisnis pertanian tidak hanya bercocok tanam atau budidaya tanaman. Namun bisa juga peluang bisnis alat dan bahan pertanian. Seperti menjual benih hibrida, pupuk pertanian sampai alat-alat pertanian.

Peluang bisnis pertanian sangat banyak dan beragam. Usaha pertanian tidak sulit dilakukan, karena bisa hanya dengan modal kecil. Meski dengan modal kecil, masih bisa menguntungkan dan menjanjikan untuk masa depan. Asalkan tetap dikelola denga baik.

Usaha pertanian menjadi peluang bisnis menjanjikan sekarang dan masa depan. Mengingat permintaan akan hasil pertanian tetap besar seiring bertambahnya jumlah penduduk.


Beberapa usaha pertanian bisa dilakukan tanpa lahan luas atau dikerjakan di rumah. Peluang usaha bidang pertanian bisa dilakukan bila tidak tinggal di pedesaan.

Karena dikota-kota besar, kini mulai ada petani-petani modern. Mereka melakukan budidaya tanaman dengan cara modern. Tidak harus melakukan pengolahan tanah atau membajak lahan. Dan tidak perlu lahan dengan luas berhektar-hektar.


Usaha di bidang pertanian banyak pilihannya. Mulai dari skala atau modal kecil, sedang atau besar. Dibawah ini akan kami jabarkan lengkap peluang bisnis pertanian. Baik menggunakan modal kecil maupun besar.



Trik Agar Sukses Memulai Peluang Bisnis


peluang bisnis, jual alat pertanian, harga promo, toko pertanian, online shop, lmga agro
Sukses Bisnis Jual Alat Pertanian
Pada dasarnya bahwa menjalankan peluang usaha tidak bisa langsung sukses begitu saja. Seorang pebisnis akan jatuh bangun menjalankan bisnisnya. Proses tersebut memang harus dilewati. Proses jatuh bangun tersebut menjadi sebuah pengalaman berharga bagi seorang pebisnis.

Tentunya hal ini memang tidak berlaku bila Anda berasal dari keluarga kaya raya. Kesulitan dan proses jatuh bangun mungkin tidak pernah dialami.

Trik pertama, menemukan ide terlebih dahulu. Ide dari sebuah bisnis disesuaikan dengan bakat atau hobi Anda. Ide bisnis juga disesuaikan kemampuan pelakunya.

Peluang bisnis yang dijalankan sesuai passion akan serius dijalankan. Anda akan lebih bersemangat juga dalam bekerja. Berbeda bila, ide muncul karena ikut-ikutan. Melihat orang lain sukses dengan bisnis tersebut lalu Anda menjadi ikut-ikutan pula.

Trik kedua, pilih peluang bisnis dengan modal kecil. Bagi Anda yang ingin segera berbisnis tapi minim modal. Lakukan saja dengan penuh keberanian memulai bisnis dengan modal kecil atau tanpa modal.
Tujuannya adalah untuk melatih diri menjadi pengusaha dan memiliki mental bisnis. Sambil mengumpulkan modal lebih besar lagi.

Seiring waktu, kita akan belajar dari pengalaman. Bagaimana untuk mengembangkan peluang bisnis menjadi semakin maju. Asalkan kita terus bekerja dengan serius dan niat yang kuat.

Trik ketiga, kuatkan visi dan misi tujuan menjalankan peluang bisnis. Bila memiliki visi dan misi, pasti kita ingin membuat beberapa rencana menjalankan bisnis. Sadari bahwa setiap usaha atau bisnis pasti memiliki resiko. Semua tergantung kita yang menjalankannya.

Trik keempat, jangan ragu untuk segera mempraktekkan bila sudah menyusun rencana. Tentunya dengan pemikiran dan perencanaan yang matang. Praktek menjadi penentu dan penting setelah kita menemukan ide peluang bisnis.

Jangan lupa untuk selalu belajar bisnis dari orang yang sudah berhasil. Kita bisa belajar dari pengalaman mereka dalam menjalankan bisnis. Lebih baik belajar dari pebisnis behasil dan terbukti berhasil serta sukses.

1. Peluang Bisnis Sayuran Organik

Sayuran organik adalah sayuran yang dibudidayakan tanpa ada pemberian bahan kimia. Baik saat dipupuk dan penyemprotan pestisida.

Hasilnya, penampilan sayuran organik lebih segar, lezat dan renyah dibandingkan sayur non-organik. Sayuran organik banyak dicari orang terutama para vegetarian dan vegan.

Peluang bisnis sayuran organik bisa dilakukan di lahan sempit. Juga bisa di pekarangan rumah kita dan ditanam dengan sistim vertikultur. Pastikan bahwa tanah untuk medianya bersifat subur.

Benih sayuran ada lewat persemaian dulu dan ada benih langsung ditanam. Sayuran berdaun dan merambat, benihnya bisa langsung ditanam. Contohnya : bayam, selada dan lain-lain.

Sayuran organik seperti tomat, terong harus disemaikan dulu. Tujuan persemaian agar tanaman bisa tumbuh lebih baik. Tidak mudah roboh oleh hujan dan angin.

Perawatan budidaya sayuran organik lebih intens. Selalu lakukan pengamatan setiap hari pada tanaman. Terutama bila ada serangan hama dan penyakit. Mengingat sayuran organik tidak boleh menyemprotkan pestisida.

Peluang bisnis jualan sayuran organik ini menguntungkan. Karena sayuran organik dapat dipanen dua kali dalam seminggu. Sehingga keuntungan cepat bisa diterima berulang-ulang.

Kita bisa panen berulang-ulang dalam waktu berdekatan. Agar keuntungan bisa besar, tanamlah sayuran organik mahal. Seperti sayuran bayam merah, selada dan daun basil.



2. Peluang Bisnis Tanaman Hidroponik


peluang bisnis, jual benih hibrida, harga promo, toko pertanian, online, lmga agro
Benih Sayuran Hidroponik
Peluang bisnis tanaman hidroponik dapat berupa sayuran maupun tanaman hias. Hidroponik merupakan budidaya tanaman dengan memanfaatkan air. Dan tanpa tanah sebagai media tanamnya.

Usaha hidroponik menekankan pemenuhan nutrisi bagi tanaman. Menanam secara hidroponik dapat dilakukan di lahan sempit dan menggunakan wadah tanaman. Wadahnya tergantung ukuran tanaman yang dibudidayakan.

Peluang bisnis ini bisa dilakukan di rumah dan memanfaatkan peralatan seadanya. Seperti toples, ember, botol air mineral, pipa dan lain-lain. Wadah bening ini harus dilapisi aluminium foil, plastik atau dicat.

Tujuannya untuk menolak cahaya masuk dan mencegah tumbuhnya lumut. Hidroponik tanpa ada pemakaian pestisida karena tanaman sudah ditunjang kebutuhan nutrisi. Sehingga serangan hama dan penyakit menjadi minim.

Beberapa jenis sayuran bisa pula ditanam secara hidroponik. Dan sayuran ini otomatis masuk kategori sayuran organik. Pangsa pasar sayuran organik dan hidroponik adalah restoran dan supermarket.

Sayuran hidroponik sasarannya adalah masyarakat kelas menengah ke atas. Otomatis harga jual jenis sayuran ini cukup mahal.

Peluang bisnis tanaman hidroponik bisa dipakai untuk hiasan. Karena beberapa orang menanam hidroponik sekedar hobi. Dijadikan hiasan rumah dan memberikan kesan mewah namun sederhana.

3. Peluang Bisnis Toko Pertanian


Peluang bisnis toko pertanian lebih dibutuhkan di daerah pedesaan. Menyediakan semua kebutuhan dalam bercocok tanam atau berkebun. Antara lain benih hibrida, pupuk, hormon tanaman, pestisida dan alat pertanian.

Lokasi toko pertanian dianjurkan berada di lokasi mudah dijangkau pembelinya. Untuk semakin mendekatkan ke konsumen, toko pertanian bisa melayani secara online. Sehingga dapat melayani petani maupun masyarakat luas hingga ke pelosok indonesia.

Pelayanan ramah mutlak diberikan ke pengunjung toko meskipun tidak membeli barang. Selalu menjawab setiap pertanyaan konsumen dengan sabar. Jawaban juga diberikan dengan jelas.

Untuk meningkatkan penjualan, peluang bisnis toko pertanian biasanya melakukan promo. Promo berupa potongan harga/diskon atau harga promo untuk barang terbaru.

Pastikan usaha toko pertanian ini menyediakan produk lengkap. Terutama untuk kebutuhan petani seperti benih hibrida tahan penyakit. Saat tiba waktu pemupukan, keberadaan pupuk sudah ada dan selalu tersedia.



4. Peluang Bisnis Pengepul Hasil Pertanian


Peluang bisnis menjadi pengepul hasil pertanian sangat menjajnjikan. Bagi Anda yang tertarik usaha di bidang pertanian, bisnis pengepul sangat menjanjikan. Peluang bisnis ini membantu petani lebih mudah menjual hasil panennya.

Pengepul disebut juga tengkulak atau pedagang perantara. Pengepul ini membeli hasil panen dari petani lalu dijual kembali.

Di daerah pertanian atau pedesaan, peran pengepul penting. Pengepul digunakan untuk mendistribusikan hasil produksi usaha pertanian.

Usaha pengepul dapat dimulai dengan sederhana dan disesuaikan modal kita. Seiring waktu, sebagai pengepul pemula akan belajar menjadi pebisnis sukses. Ada 3 keuntungan menjadi pengepul hasil pertanian.

Pertama, peluang bisnis pengepul ikut membantu petani. Selain itu pastinya usaha ini menguntungkan. Pengepul menyediakan tempat bagi petani menjual hasil panennya.

Kedua, mendapatkan keuntungan karena hasil produk tersebut dijual kembali oleh pengepul. Dijual kepada pengusaha besar dan pengepul menjual dengan harga lebih tinggi.

Ketiga, dengan menjadi pengepul memberi kesempatan kita untuk bertemu pengusaha besar. Tidak menutup kemungkinan, sebagai pengepul kita mempunyai banyak kenalan pengusaha besar.

Seorang pengepul, harus mempunyai modal uang cukup besar. Pengepul harus mudah bergaul dan akrab dengan orang lain. Memiliki pengetahuan tentang konsep pemasaran.

Menjadi pengepul harus jujur, konsisten, pandai melihat peluang dan bertanggung jawab. Pengepul harus rajin ikut kelompok tani. Tujuannya mendekatkan diri ke petani dan warga sekitar. Menawarkan diri untuk membeli hasil panen petani dan mereka mau menjual kepada kita.

Dari kelompok tani, mungkin kita bertemu dengan pengepul lainnya. Jangan anggap pesaing, justru kita bisa belajar pengalaman pengepul-pengepul lain.

Seorang pengepul harus pandai mencari pembeli potensial dari produk yang sudah kita kumpulkan. Bisa juga dengan menyewa kios di pasar induk atau pasar grosir.

5. Peluang Bisnis Tanaman Hias


Peluang bisnis tanaman hias sangat potensial di masa depan. Namun bagi pemula, sebaiknya pelajari dahulu seluk beluk bisnis dengan baik. Jangan samoai terjebak dalam peluang bisnis hanya ikut-ikutan atau mengikuti trend.

Persiapan membuka bisnis tanaman hias hampir sama namun ada beberapa hal khusus didalamnya. Beberapa hal khusus harus diperhatikan dalam memulai peluang bisnis ini.

Satu, pastikan Anda cukup punya pengetahuan tentang tanaman hias. Pengetahuan dasar tentang tanaman hias perlu Anda kuasai. Cara pemeliharaannya dan merawatnya agar tanaman tidak layu.

Informasi cara perawatan tanaman hias dapat dibaca di buku-buku atau di internet. Juga dapat dilihat di video-video tentang perawatan tanaman hias.

Kedua, lokasi harus strategis. Lokasi usaha di tempat yang mudah dijangkau dan ramai. Atau bisa juga memanfaatkan pekarangan rumah untuk bisnis tanaman hias. Pemilihan tempat juga harus disesuaikan dengan suhu yang cocok buat tanaman.

Ketiga, jeli memilih jenis tanaman. Karena bila kita tepat memilih maka bisnis kita akan lancar dan eksis. Jenis tanaman hias banyak sekali, dibagi menjadi 2 yang pokok. Yaitu tanaman hias daun dan bunga.

Bila Anda memilih fokus ke tanaman hias bunga. Maka pilihlah jenis bunga yang cocok tumbuh di lokasi Anda. Juga pilih tanaman bunga yang sering dicari konsumen. Dan juga biaya perawatannya yang tidak mahal.

Media tanam penting juga Anda sediakan dalam peluang bisnis ini. Gunakan media tanam berkualitas untuk menjaga tanaman Anda tetap subur. Pengetahuan tentang media tanam yang baik, harus kita kuasai.

Peluang Bisnis Tanaman Hias Paling Laris


Ada beberapa tanaman hias yang cukup berprospek cerah dijadikan peluang bisnis. Yaitu antara lain :

  • Usaha Tanaman Bunga Mawar.  Ada 3 jenis usahanya yang juga prospek. Yaitu jual bibit bunga mawar dan jual dalam pot. Ketiga dan yang paling laris adalah bunga mawar potong. Bahkan konon, ada pengusaha bisnis bunga mawar potong meraup 20 juta dalam sebulan.
  • Usaha Tanaman Bunga Anggrek. Bunga anggrek lebih banyak ditemui di rumah-rumah dibandingkan bunga mawar. Karena penggemarnya banyak, bisnis bunga anggrek salah satu bisnis yang menguntungkan. Ada 2 jenis usaha bunga anggrek, yaitu jual bibit dan jual bunga anggrek dewasa.
  • Usaha Bunga Matahari. Bunga matahari memiliki penggemar sendiri. Mereka menyukai warnanya yang cerah dan mudah perawatannya. Peluang bisnis bunga matahari tidak sebesar bunga mawar dan anggrek.
  • Usaha Bunga Melati. Bunga melati disukai karena keindahannya dan bentuk bunganya elegan. Peluang bisnisnya cukup potensial seperti bunga mawar. Ada 3 jenis usahanya yaitu jual bibit dan jual sebagai tanaman hias. Ketiga yaitu  jual bunga melati sebagai bunga potong untuk ditabur atau acara tertentu.
  • Usaha Bunga Kamboja. Penampilan bunga kamboja tidak kalah dengan bunga hias lainnya. Bunga kamboja sering ditanama di lokasi pemakaman. Namun sebenarnya juga cantik ditanam di halaman rumah. Kamboja juga bisa dijadikan tanaman bonsai.
  • Usaha Tanaman Bonsai. Peluang bisnis ini paling menguntungkan. harga tanaman bonsai mahal dan pembelinya dari kalangan menengah ke atas.  Model variasi bonsai cukup banyak.
  • Usaha Sewa Tanaman Hias. Tanaman hias seringkali disewakan untuk acara/event tertentu. Seperti resepsi pernikahan, pameran, seminar dan lain-lain. Peluang bisnis ini berprospek bagus. Bagi Anda yang berjiwa bisnis, dapat memanfaatkan peluang ini.

6. Peluang Bisnis Tanaman Obat


Peluang bisnis tanaman obat kedepannya akan menjadi peluang bisnis ekspor yang menjanjikan. Terdapat 14 komoditas jenis rimpang yang berprospek cerah.

Yaitu : jahe, kunyit, legkuas, lempuyang, temu lawak, temu kunci, temu ireng dan dlingo. Semua komoditi tersebut sangat diminatai dan pasarnya bagus.

Permintaan ekspor jahe dan kunyit sangat tinggi. Masih ada lagi tanaman obat jenis non rimpang. Yaitu kapulaga, mengkudu, sambiloto, lidah buaya, mahkota dewa dan lain-lain.

Sebagai langkah awal, Anda dapat menjual tanaman obat di sekitar rumah. Ke tetangga atau rekan kerja yang membutuhkan. Bila dapat berkembang, pemasaran tanaman obat akan ke pabrik obat di dekat rumah kita. Potensi tinggi bila ada pabrik jamu di dekat rumah kita.

7. Peluang Bisnis Pembibitan


peluang bisnis, jual alat pertanian, lengkap, murah, harga promo, toko pertanian, online, lmga agro
Alat Kocor Siram Tanaman
Usaha pembibitan layak dijadikan bisnis bidang pertanian. Karena merupakan bisnis yang praktis dijalankan dan bisa di lahan sempit. Bahkan juga ada yang dijalankan di rumah sebagai usaha sampingan.

Peluang bisnis pembibitan tidak dibatasi masa kadaluarsa. Harga bibit semakin besar juga semakin mahal harganya. bibit biasanya dibutuhkan oleh orang-orang yang hobi berkebun. Juga dibutuhkan untuk ditanam di taman kota, taman rumah perumahan atau kantor-kantor.

Cukup beragam jenis dari peluang bisnis pembibitan ini. Pilih pembibitan dari tanaman yang paling laris di daerah Anda. Pilih juga jenis tanaman yang sedang trend  atau berkembang saat ini.

Peluang bisnis pembibitan cukup prospek di daerah perkotaan. Banyak bibit dicari seperti bibit buah, sayuran sampai tanaman hias. Bibit nantinya akan ditanam di pekarangan halaman mereka.

Keuntungan semakin besar akan kita dapatkan. Yaitu jika menyediakan jenis bibit tanaman unik dan cukup langka di pasaran. Penting bagi seorang pebisnis pembibitan terus meng-up to date informasi bibit paling potensial.

Menjalankan peluang bisnis pembibitan sama dengan membangun sebuah kepercayaan usaha kita. Sekali seorang pembeli puas maka akan terus datang bila membutuhkan bibit.

Maka saat memulai usaha ini, buatlah baik reputasi kita. Tunjukkan bahwa kita dapat dipercaya dengan memberikan bibit-bibit terbaik.



8. Usaha budidaya Jamur Tiram


Budidaya jamur tiram mudah dilakukan dan bisa hanya dengan modal kurang dari Rp. 1 juta. Peluang bisnis yang menguntungkan dan murah sebagai usaha sampingan. Bisa ditanam di lahan sendiri di rumah.

Konsumen jamur tiram cukup banyak mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Jamur tiram diolah dengan cara digoreng garing, ditumis atau masakan lainnya. Jamur tiram mengandung gizi dan vitamin seperti protein, asam amino, antibiotik dan lain-lain.

Jika Anda menjadi pengusaha petani jamur tiram, tidak sulit dalam memasarkannya. Di jual di pasar atau ditawarkan ke penjual jamur krispi di pinggir-pinggir jalan. Harga jual jamur tiram sekitar Rp. 10.000 per kilogramnya dan cenderung naik.

Budidaya jamur tiram harus cukup lembab. Bila kurang lembab, jamur tidak mau besar. Jamur tiram mudah terserang hama dan penyakit. Karena itu harus selalu rutin mengamati perkembangannya.

Dalam peluang bisnis budidaya jamur tiram juga perlu perhitungan yang tepat. Karena bila salah dapat merugikan bisnis kita. Pengeluaran tidak terkontrol dengan baik dan pemasukan juga tidak dicatat. Distribusi penjualan juga harus dicatat dengan baik.

9. Usaha Perkebunan


Usaha perkebunan ini mengharuskan pelakunya memiliki lahan cukup luas. Tanaman yang diusahakan biasanya dalam bentuk pohon dan ditanam dengan jarak tanam lebar.

Usaha perkebunan merupakan peluang bisnis menggiurkan dan keuntungannya lumayan besar. Usaha perkebunan ini misalnya buah-buahan seperti durian, mangga, jeruk, apel dan lain-lain. Juga bisa usaha perkebunan kopi, cengkeh, lada, merica, teh, karet dan masih banyak lagi.

Peluang bisnis ini bisa diawali dari lahan kecil dan jumlah tanaman yang sedikit. Seiring waktu kita dapat mengembangkan menjadi lebih luas lagi.

Banyak anggapan bahwa peluang bisnis usaha perkebunan cukup beresiko. Terutama dalam hal pemasaran perlu keberanian dan kreativitas.

Kini usaha kebun buah-buahan banyak digunakan juga sebagai obyek wisata. Didalam kebun juga dibangun rumah makan dalam bentuk lesehan atau tempat memancing. Jadi pengunjung dapat berwisata sekaligus bisa memetik buah langsung dari pohonnya.



Peluang Bisnis Pertanian Memanfaatkan Internet


Internet merupakan kemajuan teknologi informasi dan komunikasi yang sangat trend saat ini. Internet telah mengubah gaya hidup masyarakat seluruh penjuru dunia. Bidang pertanian pun ikut memanfatkan internet di setiap proses penggarapannya.

Dengan memanfaatkan internet, seorang petani milenial dan modern dapat menjadi seorang blogger. Lewat blogger seorang petani berhasil dapat membagikan pengalamannya. Blog berupa tulisan artikel tentang tentang pertanian.

Menjadi blogger mudah dan dapat Anda pelajari di internet. Bila berhasil, Anda dapat menerima honor dari tulisan Anda. Selain menjadi blogger, Anda bisa meningkatkan diri menjadi seorang vlogger. Yaitu membuat video tentang pengalaman bertani Anda dan dibagikan ke media sosial.

Peluang bisnis membuka toko pertanian juga bisa dikembangkan dengan cara online. Sistem penjualan online dapat meningkatkan jumlah konsumen. Selain itu, kita juga bisa mengajak kerjasama petani atau masyarakat umum. Yaitu kerjasama dengan sistim dropship atau reseller.

Demikian artikel Kami dengan judul Peluang Bisnis Pertanian Ini Tidak Sulit Dilakukan. Hubungi di nomer HP 082141747141 ( telepon ) dan 08125222117 ( SMS/WA ). Toko Pertanian Online LMGA Agro jual harga promo dan bersaing.

Toko Pertanian LMGA Agro online shop. Menyediakan benih hibrida, pupuk, ZPT, pestisida dan alat pertanian. Kami juga menerima layanan konsultasi gratis pertanian. Konsultasi mengenai permasalahan yang Anda temui di lapangan.

LMGA Agro online shop siap kirim pesanan Anda ke seluruh wilayah Indonesia. Bekerja sama dengan jasa pengiriman barang JNE, KI8, POS INDONESIA dan lain-lain. Semoga artikel Kami tentang peluang bisnis di bidang pertanian ini bermanfaat. Selamat mencoba dan salam sukses...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon untuk berkomentar secara bijak dan sesuai bahasan.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...