TOKO ONLINE PERTANIAN LMGA AGRO, TEMPAT BELANJA ONLINE PETANI MURAH, AMAN DAN PROMO. BELANJA SILAKAN HUBUNGI KAMI DI : SMS / WA : 081 252 22 117, LAYANAN KONSULTASI PERTANIAN GRATIS HP. 082 141 747 141.

KETIK JUDUL/LABEL ARTIKEL YANG DICARI PADA KOLOM DI BAWAH INI

22/02/20

Jual benih Gambas Oyong F1 Esenza Plus Terbaru

jual benih gambas, benih f1 esenza plus, cap kapal terbang, benih terbaru, toko pertanian, lmga agro
Jual Benih Gambas
F1 Esenza Plus 
Jual benih Gambas Oyong F1 Esenza Plus Terbaru. HP 082141747141 ( telepon ) dan 08125222117 ( SMS/WA ). Toko pertanian online LMGA Agro jual benih hibrida F1 murah dan lengkap. Benih terbaru dan harga promo.

Toko pertanian LMGA Agro jual online shop segala kebutuhan pertanian seperti benih, pupuk, pestisida dan alat pertanian. Kami menerima layanan konsultasi gratis cara bercocok tanam segala tanaman. Kami siap membantu permasalahan Anda di lahan.

Toko pertanian LMGA Agro berpengalaman sebagai supplier pertanian dan didukung banyak pabrik benih dan pestisida. Jual  Benih Gambas Oyong F1 Esenza Plus merupakan salah satu benih terbaik. Benih terbaru dijual murah.

Benih hibrida F1 Esenza Plus diproduksi PT BISI International dan merk dagang Cap Kapal Terbang. Salah satu dari pabrik benih yang banyak mendukung kami. Selain itu ada East West Seed, Takii Seed, Known You Seed dan lain-lain.

Gambas biasa disebut juga oyong merupakan tanaman dari famili Cucurbitaceae. Sayuran gambas merupakan komoditi sayuran minor.

Gambas F1 Esenza Plus bisa ditanam di pekarangan. Selain itu juga ditanam di sebagian ladang yang sedang kosong. 

Jual benih gambas oyong F1 Esenza Plus cocok ditanam di dataran rendah sampai menengah. Benih hibrida F1 Esenza Plus tahan virus Gemini.

Jual Benih Gambas Oyong F1 Esenza Plus


Deskripsi benih F1 Esenza Plus cap Kapal Terbang merupakan benih hibrida gambas atau oyong. Benih terbaru direkomendasikan untuk dataran rendah sampai menengah.

Pertumbuhan tanaman seragam dan mudah dalam perawatannya. Benih gambas oyong F1 Esenza Plus terbaik tahan dari virus gemini.

Ukuran buah gambas F1 Esenza Plus panjang 55 cm dan diameter 4,6 cm. Warna buahnya hijau dan rasa gambas tidak pahit.

Berat gambas F1 Esenza Plus ± 300 gram dan potensi hasil ± 40 ton/ha. Gambas oyong F1 Esenza Plus mulai dipanen umur ± 40 hari setelah pindah tanam.

Jual benih gambas oyong F1 Esenza Plus kemasan berat 10 gram. Kebutuhan benih sebanyak 100 gram/ha. Jarak tanam gambas 80 x 200 cm.

Nama latin gambas/oyong adalah Luffa acutangula. Termasuk suku labu-labuan ( Cucurbitaceae ) dan merupakan komoditi sayuran minor.

Tanaman gambas dipetik buahnya sebelum tua dan dimasak sayur bening serta dicampur sayur bayam. Gambas juga dimasak sayur sup dan dicampur misoa dan wortel. Tak jarang, gambas juga dimasak tumis.

Selain buah muda gambas, daun muda dan kuncup bunganya sering kali dimanfaatkan sebagai sayuran. Gambas seringkali ditanam di pekarangan juga bisa di bagian lahan yang tidak ditanami tanaman lain.

Gambas/oyong 100 gram mengandung 1,09 g protein, 17 mg kalsium. Mengandung zat besi 1,6 mg, vitamin A 5,6 IU dan vitamin C 7 mg.

Bentuk gambas bulat dan panjang. Warna buah gambas berwarna hijau. Bentuknya mirip sayur terong atau timun. Tekstur buahnya renyah, garing pada kulit namun lembut di bagian tengah dan biji.


Baca Juga : Cara Belanja di Toko Pertanian LMGA Agro

Manfaat Gambas Esenza Plus


Sayur gambas diyakini mampu menurunkan kadar gula darah. Oyong ini biasa dikonsumsi masyarakat Jawa Barat sebelum berangkat haji.

Manfaat gambas ini berasal dari kandungan Cucurbitasin dalam biji gambas. Gambas baik untuk dikonsumsi penderita diabetes. Selain itu juga dapat menyembuhkan penyakit radang usus dan asma.

Bagi ibu menyusui, gambas mampu meningkatkan jumlah air susu ibu. Manfaat gambas dapat pula mencegah pilek, meredakan radang sendi, nyeri otot serta menormalkan siklus menstruasi.

Gambas merupakan sayuran kaya serat, sehingga bermanfaat untuk :
  • Melancarkan peredaran darah.
  • Membantu menyembuhkan radang usus dan radang tenggorokan.
  • Menyembuhkan radang rongga telinga.
  • Menyembuhkan cacingan

Sayur gambas merupakan jenis sayuran dengan kandungan nutrisi tinggi. Kandungan lemak, karbohidrat dan kalori rendah dalam gambas. Cocok untuk dikonsumsi untuk program diet.
Inilah kandungan gizi dalam sayuran gambas. Antara lain :

1.Vitamin A dalam gambas cukup tinggi. Dalam 100 g sajian sayur gambas terdapat 380 IU vitamin A.

Manfaat vitamin A antara lain : menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh. Vitamin A membantu merawat kesehatan mata. Dapat memperhalus kulit, menangkal penyakit malaria, zat anti penuaan dan antioksidan.

2. Vitamin B1 tidak terlalu banyak pada sayur gambas. Dalam 100 g sayur gambas terdapat 0,03 mg vitamin B1.

Manfaat Vitamin B1 : membantu proses oksidasi dalam tubuh, memberi energi untuk tubuh dan menjaga daya tahan tubuh.

3. Vitamin C dalam gambas cukup tinggi meskipun tidak setinggi pada buah-buahan. Dalam 100 gram sayur gambas mengandung 8 mg vitamin C bagi tubuh.

Manfaat vitamin C untuk menjaga daya tahan tubuh, mempercepat penyembuhan luka dan mencegah sariawan dan panas dalam. Vitamin C juga dapat menurunkan kandungan kolesterol dan mencegah penyakit jantung, kanker, diabetes dan hipertensi.

Manfaat Kandungan Mineral Gambas F1 Esenza Plus


  1. Zat Besi. Dalam 100 gram sayur gambas terdapat 1 mg zat besi. Manfaat zat besi menambah daya tahan tubuh kita.
  2. Kalsium. Kandungan kalsium memang tidak sebanyak dalam susu. Dalam 100 gram sayur gambas mengandung 19 mg kalsium. Manfaat kalsium : nutrisi untuk tulang, menjaga kesehatan tulang dan gigi dan mencegah osteoporosis.
  3. Fosfor. Dalam 100 gram sayur gambas terdapat 33 mg Fosfor. Manfaat fosfor : membantu menjaga kekuatan tulang, mencegah osteoporosis dan membantu pertumbuhan tulang dan gigi.
  4. Dalam jumlah sedikit, mengandung protein, karbohidrat dan lemak. Bermanfaat untuk menambah tenaga, membantu pertumbuhan otot dan sebagai sumber kalori untuk beraktivitas.

Peluang Usaha Budidaya Gambas


jual benih hibrida, gambas, oyong, benih esenza plus, toko pertanian, lmga agro
Peluang Usaha Jual Benih Hibrida
Gambas mudah tumbuh dimana saja. Gambas merupakan tumbuhan merambat, membutuhkan iklim panas dan ketersediaan air sepanjang musim. Lingkungan tumbuh yang ideal adalah bersuhu 18 - 24 °C dan kelembaban 50 - 60%.

Gambas merupakan jenis sayuran cukup populer di masyarakat. Gambas atau oyong kerap dimasak sayuran bening, tumisan maupun untuk obat.

Namun demikian, gambas dianggap sebagai komoditas sayuran minor. Tidak banyak orang membudidayakan gambas seperti pada kacang panjang, timun dan pare.

Harga jual gambas memang terbilang rendah dibandingkan sayuran lain. Namun bila banyak petani tidak budidaya gambas maka keberadaan gambas tidak banyak di pasaran.

Kondisi tersebut justru mengakibatkan harga jual gambas cukup tinggi karena banyak dicari oleh konsumen. Kondisi ini menjadikan peluang usaha budidaya gambas sangat bagus sekaligus prospek yang cerah.

Peluang bisnis sayuran yang jarang ditemui di pasar merupakan peluang usaha yang tidak pernah mati. Demikian juga peluang menanam gambas akan menjadi salah satu bisnis menguntungkan.

Memulai budidaya gambas tidaklah sulit dan bisa dimulai menggunakan modal kecil. Begitu pun menanam gambas bisa dilakukan pekarangan maupun di sebagian lahan kita yang tidak ditanam.

Menanam gambas bisa menjadi pilihan bisnis yang bisa dilakukan baik oleh petani maupun bukan petani. Asalkan ada kemauan dan minat tinggi, peluang bisnis budidaya gambas ini dapat dilakukan dengan mudah.

Konsumen sayur gambas juga cukup mudah. konsumen gambas bisa dimulai dari konsumen rumah tangga sampai usaha kuliner. Gambas dapat dijual di pasar desa, pasar grosir, rumah makan sampai hotel/restoran.

Syarat Tumbuh Menanam Gambas


Tanaman gambas merupakan salah satu komoditas memiliki adaptasi tinggi terhadap lingkungan. Gambas dapat tumbuh diberbagai jenis tanah.

Tanaman gambas menyukai suhu rata-rata 18 - 24 °C. Gambas rentan kekeringan namun dapat tumbuh baik bila didukung udara yang cukup.

Bila kekurangan air tanaman akan tumbuh kerdil, berbatang kecil, bunga dan buah rontok. Hasil produksi juga tidak dapat maksimal.

Tanaman gambas tumbuh dan berproduksi maksimal di tanah subur, gembur, aerasi dan drainase baik. Tanah memiliki pH 5,5 - 6,8 ( netral ). Kelembaban rata-rata antara 50 - 60%.

Menanam gambas tidak dipengaruhi oleh musim. Karena gambas mudah tumbuh dan mudah perawatannya. Gambas memiliki adaptasi tinggi terhadap lingkungan dan bisa tumbuh di berbagai jenis tanah.

Tanaman gambas tumbuh merambat. Sehingga syarat tumbuhnya perlu lanjaran ( para-para ). Memang gambas kalah populer dibandingkan sayuran pare, timun atau kacang panjang.

Banyak petani tidak tertarik menanam gambas karena hasil panen tidak memuaskan dibandingkan timun atau kacang panjang.

Cara Menanam Tanaman Gambas


jual benih terbaru, gambas esenza plus, toko pertanian, lmga agro
Alat Pelubang Mulsa
Cara menanam tanaman gambas bisa langsung benih gambas F1 Esenza Plus langsung ditanam. Yaitu memasukkan 2 benih ke dalam lubang sampai dalam 1 - 2 cm. Setelah itu tutup dengan tanah.

Sebelum menanam, persiapkan lahan dengan cara dicangkul. Bersihkan lahan dari gulma dan rumput liar. Setelah bersih, selanjutnya adalah membuat bedeng. Lebar bedeng 80 - 100 cm, tinggi dan panjang disesuaikan kondisi lahan.

Jika ditanam di lahan datar atau sawah, bedeng dibuat agak tinggi. Tujuannya agar air hujan tidak menggenang dan merendam akar tanaman. Karena tanaman gambas tidak tahan air terlalu basah oleh genangan air. Jarak antar bedeng dibuat 2 - 2,5 m.

Lakukan pengecekan pH tanah, bila < 5,5 tanah perlu diberi kapur pertanian ( Dolomit ). Dolomit harus ditaburkan 7 - 10 hari sebelum pemberian pupuk dasar. Dan biarkan tanah tersiram air hujan dulu.

Pupuk dasar diberikan untuk menyediakan nutri untuk tanaman. Karena kadangkala meskipun sudah disediakan oleh tanah namun belum mencukupi kebutuhan tanaman.

Pupuk dasar menggunakan pupuk kandang, TSP, KCl, ZA atau Urea. Perbandingan pupuk TSP : KCl : ZA = 2 : 1 : 1. Taburkan pupuk secara merata ke seluruh bedeng. Pupuk kemudian diaduk hingga rata dengan tanah atau ditutup saja.

Biarkan selama 7 - 10 hari dan biarkan terkena hujan dulu sebelum nanti ditutup mulsa plastik. Pemberian pupuk dasar disesuaikan kesuburan tanahnya.

Agar pemeliharaan nanti lebih efektif, sebaiknya pasang mulsa plastik. Pemasangan mulsa dapat menekan pertumbuhan gulma dan menjaga kelembaban tetap stabil. Terutama saat musim hujan, lahan tidak terlalu lembab.

Perawatan Tanaman Gambas F1 Esenza Plus


Jarak tanam menanam gambas F1 Esenza Plus adalah 80 x 200 cm. Dan dalam satu bedeng dibuat hanya satu baris dan dibuat di tengah bedeng.

Gambas merupakan tanaman merambat dan memiliki banyak cabang dan tunas. Batangnya dapat mencapai sampai setinggi 3 - 4 m.

Oleh karena itu perlu pemasangan lanjaran yang sesuai tanaman. Lanjaran dipasang begitu selesai benih ditanam. Pemasangan para-para atau lanjaran agar cabang dan tunas tidak saling bertumpuk. Bentuk para-para pada gambas sama dengan budidaya pare.

Perawatan tanaman gambas tidak rumit dan mudah dilakukan. Perawatan meliputi penyulaman, penyiraman dan penyiangan.

Pengamatan dilakukan setelah 1 minggu penanaman. Jika ada benih yang tidak tumbuh segera ganti dengan benih baru.

Tanaman gambas akan tumbuh baik jika cukup air. Berikan air sesuai kebutuhan dan kondisi tanaman. Jangan sampai berlebihan juga tidak kekurangan.

Pada masa vegetatif, gambas membutuhkan cukup banyak air. Hal tersebut berlanjut sampai masa generatif. Jika kekurangan air, bunga dan buah gambas bisa rontok dan buah tidak tumbuh normal.

Penyiangan adalah membersihkan lahan dari rumput/gulma. Penyiangan penting dilakukan di awal pertumbuhan. Penyiangan dilakukan seminggu sekali sesuai kondisi lahan.

Pemupukan Susulan Gambas F1 Esenza Plus



Pemupukan susulan gambas lebih praktis bila menggunakan pupuk NPK. Pupuk susulan dimaksudkan untuk menyediakan nutrisi selalu ada dan cukup selama pertumbuhan tanaman.

1. Pupuk susulan I diberikan umur 10 HST. Caranya larutkan 75 g NPK dan 25 gram Urea kedalam 15 l air. Aduk sampai larut dan tercampur. Lalu siramkan ke tanaman sebanyak 250 ml per tanaman. Pupuk disiramkan di pangkal batang, jangan mengenai daun tanaman.

2. Pupuk susulan kedua, umur 30 HST. Pupuk ditaburkan melingkar sekeliling tanaman. Dosis sama pemupukan susulan pertama.

3. Pupuk susulan ketiga diberikan umur 30 HST. Pupuk NPK diberikan melingkar sekeliling tanaman atau menggunakan cara ditugal. Pupuk diberikan sebanyak 5 g per lubang.

4. Pupuk susulan keempat umur 40 HST. Cara dan dosis sama dengan pemupukan ketiga.

5. Pupuk susulan kelima umur 50 HST. Dosis dan cara sama dengan pemupukan ketiga.


Baca Juga : Mengenal Jenis Pestisida

Hama dan Penyakit Tanaman Gambas


Ulat Tanah ( Agrotis ipsilon Hufn. )

Ulat yang hidupnya di tanah biasanya akan menyebabkan pangkal batang patah. Ulat tanah menyerang dengan cara memotong batang tanaman hingga tanaman mati. Diduga munculnya ulat tanah ini dari pemakaian pupuk kandang yang kurang baik.

Bila menyerang tanaman muda menyebabkan rusak pada titik tumbuh ( pucuk ). Tanaman menjadi rebah, pangkal batang terpotong. Lalu dibagian yang terserang akan layu terkulai.

Cara pengendalian secara mekanik yaitu menjaga kebersihan kebun, memusnahkan hama langsung di lahan. Pemakaian pupuk kandang harus yang sudah matang. 

Bila serangan parah, taburkan Furadan dia area pangkal batang. Juga semprotkan insektisida Marshal 200 EC atau Decis 2,5 EC.

Kumbang Daun ( Epilachna sparsa )

Menyebabkan daun berlubang-lubang, tanaman rusak hingga tersisa tulang-tulang daun. Hama kumbang menyerang hebat di musim kemarau.

Pengendalian yaitu melakukan pergiliran tanaman. Bila serangan hebat, lakukan penyemprotan insektisida seperti decis atau Curacron.

Ulat Grayak ( Spodoptera litura F. )

Menyebabkan daun berlubang dan ukuran tidak teratur hingga tanaman menjadi gundul. Pengendalian mekanis yaitu untuk selalu menjaga kebersihan kebun terutama dari gulma. Gulma seringkali menjadi tanaman inang hama vektor.

Pengendalian menggunakan sex-pheromone dan menyemprotkan insektisida Decis atau Curacron.

Lalat Buah ( Dacus cucurbita )

Menyebabkan buag berlubang, busuk dan berulat. Lalu buah akan berguguran sebelum waktunya. Lalat buah menusuk buah dan memasukkan telurnya ke dalam gambas.

Pengendalian dengan cara menjaga kebersihan kebun, melakukan rotasi tanaman dan memusnahkan inang hama. Perangkap kimia yaitu memasang perangkap lalat buah dan menyemprotkan insektisida Decis.


Penyakit Embun Tepung ( Powdery mildew )

Penyebabnya adalah jamur diffusa yang umum menyerang daun tanaman. Penyakit ini paling luas sebarannya. Ciri serangan : terdapat warna keputihan merata pada permukaan daun dan batang. Daun dan batang akan mengering lalu mati.

Antraknosa

Merupakan jenis penyakit yang biasa ditemukan di banyak tanaman pohon dan semak. Awal gejala berupa bercak pada daun juga bagian lainnya.

Bercak berbentuk bulat panjang berwarna hitam dan berlanjut pada kematian jaringan. Bercak berwarna coklat kemudian melebar. Hingga daun dan batang menjadi kering.Pengendalian penyakit disebabkan jamur yaitu menyemprotkan fungisida berbahan aktif Propineb.

Busuk Daun ( Embun Bulu )

Gejala serangan : bercak pada permukaan atas daun berwarna kuning. Bila cuaca lembab, sisi bawah bercak muncul bulu agak keunguan. Daun  berwarna kuning berubah menjadi coklat.

Pengendalian mekanis dengan memotong bagian tanaman yang sakit. Menggunakan benih tahan penyakit dan melakukan rotasi tanaman. Pengendalian kimia menggunakan fungisida seperti Dithane M-45.

Pemanenan Gambas F1 Esenza Plus


Panen pada budidaya gambas oyong F1 Esenza Plus umur ± 40 hari setelah tanam. Berat gambas Esenza Plus sekitar 300 gram dengan potensi hasil ± 40 ton/ha.

Umumnya gambas atau oyong dipanen umur 40 - 45 HST. Buah dipanen saat masih muda yaitu kulit berwarna hijau dan tidak mengkilap.

Kulit buah masih lunak, mudah dipatahkan dan belum berserat. Panen gambas dilakukan bertahap dan setiap 2 hari sekali. Dalam satu musim tanam, panen dapat dilakukan hingga 25 - 30 kali tergantung varietasnya.

Demikian artikel kami judul : Jual benih Gambas Oyong F1 Esenza Plus Terbaru, Hubungi nomer kami 082141747141 ( telepon ) dan 08125222117 ( SMS/WA ). Toko pertanian LMGA Agro online shop jual benih terbaru gambas cap Kapal Terbang.

Jual benih gambas oyong F1 Esenza Plus murah dan harga promo. Kami melayani konsultasi gratis pertanian dan cara menanam sayuran dan buah. Mulai dari persemaian, penanaman, perawatan hingga panen.

Toko pertanian online LMGA Agro siap kirim pesanan Anda ke seluruh wilayah Indinesia. Barang dijamin aman dan pasti sampai di alamat Anda.

Semoga artikel Kami bermanfaat untuk mencoba peluang usaha menanam gambas. Anda bisa mencoba usaha budidaya menggunakan benih gambas oyong F1 Esenza Plus terbaru dari Cap Kapal Terbang. Salam sukses...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon untuk berkomentar secara bijak dan sesuai bahasan.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...