TOKO ONLINE PERTANIAN LMGA AGRO, TEMPAT BELANJA ONLINE PETANI MURAH, AMAN DAN PROMO. BELANJA SILAKAN HUBUNGI KAMI DI : SMS / WA : 081 252 22 117, LAYANAN KONSULTASI PERTANIAN GRATIS HP. 082 141 747 141.

KETIK JUDUL/LABEL ARTIKEL YANG DICARI PADA KOLOM DI BAWAH INI

14/03/20

Jual Semangka BALI FLOWER F1 Benih Terbaru Cap Kapal Terbang

semangka bali flower, jual benih terbaru, benih cap Kapal terbang, toko pertanian, online, lmga agro
Semangka Bali Flower
 cap Kapal Terbang
Jual Semangka BALI FLOWER F1 Benih Terbaru Cap Kapal Terbang. HP 082141747141 ( telepon ) dan 08125222117 ( SMS/WA ). Toko pertanian Online LMGA Agro jual benih terbaru Cap Kapal Terbang. Semangka Hibrida F1 Bali Flower.


Toko pertanian online LMGA Agro jual segala kebutuhan pertanian. Yaitu benih hibrida, pupuk, pestisida, hormon pertumbuhan dan alat pertanian. Produk lengkap dan harga promo. Kami menerima layanan konsultasi pertanian gratis.

Toko pertanian LMGA Agro berpengalaman sebagai supplier benih dan produk pertanian lainnya. Kami juga mengajak kerjasama untuk peluang usaha dropship, reseller dan online shop pertanian.

Kami siap kirim pesanan Anda ke seluruh wilayah Indonesia. Barang dijamin pasti sampai dan aman tiba di tujuan Anda. Kami bekerja sama denagan jasa ekspedisi JNE, Pos Indonesia, KI8 dan masih banyak lagi.

Semangka Bali Flower, benih hibrida F1 produk terbaru Cap Kapal Terbang. Benih semangka Bali Flower diproduksi oleh PT Bisi International, Tbk. Benih juga toleran terhadap penyakit Downey Mildew.

Peluang usaha budidaya semangka menjanjikan dan petani dipastikan mendapatkan untung tinggi. Semangka termasuk salah satu produk hortikultura dengan nilai ekonomis tinggi.

Hampir setiap orang menyukai mengkonsumsi buah semangka. Karena buah semangka mengandung banyak air ( hampir 92% kandungan air ). Semangka sangat menyegarkan di konsumsi di musim panas terutama di bulan Ramadhan.

Deskripsi Semangka Bali Flower F1


Toko pertanian LMGA Agro jual benih semangka Bali Flower F1 cap Kapal Terbang. Benih terbaru produksi PT Bisi International, Tbk. Benih toleran penyakit Downey Mildew.

Tanaman semangka Bali Flower F1 pertumbuhan kuat, seragam dan mudah dalam perawatannya. Selama perkembangannya, semangka Bali Flower mudah dalam pembentukan buah.

Buah semangka Bali Flower bentuknya oval dan kulit buah berwarna hijau cerah. Kulit bergaris/lurik hijau gelap. Buah memiliki toleran sinar matahari yang terik.

Semangka Bali Flower F1 daging buah berwarna merah, rasa manis dengan kadar gula 10% Brix. Buah berkulit tebal dan kuat sehingga tahan pengangkutan jarak jauh.

Semangka Bali Flower memiliki berat buah 6 - 9 kg/buah. Umur panen 60 hari setelah pindah tanam. Kebutuhan benih sebanyak 210 - 250 g/ha.

Jual benih semangka Bali Flower F1 isi kemasan benih ± 480 benih. Jarak tanam dianjurkan 60 x 300 cm.

Semangka Bali Flower F1 termasuk dalam keluarga Cucurbitaceae. Semangka Bali Flower adalah tanaman merambat dengan bentuk buah bulat oval. Kulit semangka tebal dan daging buah tebal merah atau kuning.

Secara umum, semangka memiliki biji meskipun kini sudah banyak diusahakan petani semangka tanpa biji. Semangka bibi usia panennya lebih cepat dibandingkan semangka tanpa biji.

Syarat tumbuh semangka biji menyukai tanah gembur berpasir dan beriklim hangat. Suhu ideal adalah antara 20 - 30 °C. Budidaya semangka Bali Flower membutuhkan sinar matahari di sepanjang hari minimal 7 jam/hari.

Suhu saat perkecambahan yang baik adalah 25 - 30 °C. Suhu saat pertumbuhan adalah 20 - 25 °C. Dan saat pembungaan dan penyerbukan, menyukai suhu antara 25 - 30 °C. Tanah memiliki pH antara 6 - 7.


Persiapan Lahan Menanam Semangka Bali Flower


semangka bali flower, jual benih hibrida, budidaya semangka, toko pertania, alat pertanian, lmga agro
Alat pelubang Mulsa 
Persiapan lahan menanam semangka Bali Flower cap Kapal Terbang dengan cara membajak atau mencangkul untuk penggemburan. Setelah tanah gembur, dibuat bedeng-bedeng ganda dan parit kecil di tengah. Lebar bedengan 70 - 80 cm dan tinggi disesuaikan kondisi lahan.

Penanaman di lahan landai, tinggi bedeng tidak perlu tinggi sedangkan di lahan datar, tinggi minimal 30 cm. Jarak antar bedengan 3 - 4 meter. Sistim bedengan ganda ini dapat memudahkan kita saat perawatan dan penyiraman dengan cara di-leb.

Jika nilai pH tanah dibawah 6 maka perlu ditaburkan dolomit sampai pH tanah normal. Lalu setelah ditaburi Dolomit, lahan dibiarkan selama 7 - 10 hari. Setelah pemberian dolomit, bedengan diberi pupuk kandang sebanyak 1 - 1.5 kg/tanaman.

Tambahkan juga pupuk kimia yaitu TSP : KCl : ZA = 1 : 1 : 2 sebanyak 100 gram per tanaman. Lalu aduk sampai pupuk tercampur rata dengan tanah, biarkan terkena air hujan atau bisa Anda siram sampai basah. Biarkan selama 7 hari kemudian lahan bisa siap ditanami bibit.

Jika Anda ingin memasang mulsa plastik pada bedengan semangka Bali Flower maka bisa dilakukan segera setelah bedengan tersiram hujan. Bila tidak ada hujan, lakukan penyiraman pada bedengan hingga lembab.

Mulsa sebaiknya dipasang pada siang hari di bawah teriknya sinar matahari. Di siang hari, mulsa plastik mudah dipasang dan mulsa kuat mentupi bedengan.

Setelah mulsa terpasang, buat lubang tanam menggunakan alat pelubang mulsa. Alat ini dapat Anda beli di Toko Pertanian Online LMGA Agro. Lubang tanam dibuat di tengah bedengan dengan jarak 80 - 90 cm.



Persemaian Semangka Bali Flower


Benih semangka Bali Flower direndam dalam air hangat + hormon pertumbuhan ( atau air bawang merah ) selama 3 - 5 jam. Tujuannya untuk mempercepat perkecambahan. Setelah direndam, benih ditiriskan dan dikecambahkan dalam kain basah atau kertas koran.

Biasanya benih akan berkecambah setelah 2 - 3 hari. Lalu benih disemai di media polybag kecil dengan media tanah dicampur pupuk kandang. Setelah berumur 10 hari, bibit siap ditanam di lahan tetap.

Bibit siap dipindahkan setelah berumur 10 hari atau telah muncul 3 daun. Sebaiknya penanaman dilakukan sore hari dan dilakukan serentak harus selesai dalam satu hari.

Sehari sebelum penanaman bibit, lubang tanam disiram air. Tanamlah bibit pada lubang tanam lalu siram air. Kemudian tutup dengan tanah disekeliling lubang tanam agar bibit tidak layu. Terutama disiang hari dan cara tersebut dapat meminimalkan gangguan jangkrik.

Pemeliharaan Tanaman Semangka Bali Flower


alat pertanian, jual benih semangka bali flower, toko pertanian, lmga agro
Alat Kocor Tanaman
Pemeliharaan pertama, kita melakukan penjarangan dan penyulaman. Langkah penjarangan dilakukan bila tanaman terlalu lebat. Caranya dengan memotong atau memangkas daun/batang yang tidak diperlukan.

Penyulaman dilakukan dengan cara mengganti bibit mati dengan bibit sehat dan segar. Sambil melakukan langkah-langkah tersebut, dilakukan penyiraman dan penyiangan.

Penyiraman rutin dilakukan setiap 3 hari sekali atau disesuaikan dengan kondisi tanaman di lahan. Aturlah posisi ranting tanaman. Batang utama dan ranting diatur pada sisi bedengan. Penataan seperti ini memudahkan dalam pemeliharaan.

Pemberian pupuk setelah penanaman bibit ( pupuk susulan ). Pemberian pupuk pertama dilakukan pada umur 10 HST. Dengan cara dikocor pupuk NPK 16-16-16 dosisnya 5 gram NPK per 300 ml air per tanaman.


Pemupukan susulan berikutnya setiap 4 - 5 hari sekali dan dosisnya diberikan secara berkala. Perawatan berikutnya adalah penyiangan. Yaitu membersihkan gulma yang tumbuh dan mengganggu pertumbuhan semangka Bali Flower.

Perempelan buah pada buah yang tidak normal dan buah diantara daun pertama samapai daun ke-13. Sedangkan buah di daun ke-14 ke atas dianjurkan untuk dipelihara. Agar besar bisa maksimal, sisakan 2 - 3 buah tiap tanaman.



Hama dan Penyakit Tanaman Semangka


Hama


  1. Gangsir ( Brachytripes portentosus Licht ) menyerang batang tanaman muda yang baru ditanam. Gangsir bergerak di malam hari dengan cara memotong batang. Pengendalian dengan sanitasi lingkungan dan menyemprotkan insektisida berbahan Deltamethrin.
  2. Ulat perusak daun ( Spodoptera litura ) berwarna hijau, bergaris hitam atau bergaris kuning. Menyerang daun sampai berlubang dan rusak serta melubangi buah. Pengendalian dengan rotasi tanaman, memanfaatkan musuh alaminya dan penyemprotan insektisida.
  3. Tungau merah ( Tetranychus cinnabarinus Boisduval ), Tungau Kuning ( Polyphagotarsonemus latus Bank ). Ciri-ciri berukuran kecil, berwarna merah agak kekuningan/kehijauan. Tungau mengisap cairan tanaman dan menjadi hama vektor. Pengendalian dengan mencabut tanaman dan sanitasi kebun. Penyemprotan akarisida.
  4. Henosepilachna spp. Larva dan imago hidup di permukaan daun, makan jaringan daun hingga daun berlubang. Pengendalian yaitu sanitasi kebun, memangkas daun-daun mati, memasang perangkap yellow trap dan memanfaatkan musuh alaminya. Penyemprotan menggunakan insektisida.
  5. Thrips Berukuran kecil ramping, warna kuning pucat dan kehitaman. Thrips juga menjadi hama vektor. Thrips bergerak di malam hari, menyerang daun muda hingga mengeriting. Pengendalian rotasi tanaman, sanitasi kebun  dan menyemprotkan insektisida.
  6. Lalat buah ( Dacus spp. ) menyerang pada buah muda hingga buah busuk dan rontok. Lalat menusukkan telurnya ke buah dan menjadi larva yang merusak buah. Pengendalian dengan cara eradikasi buah terserang, memanfaatkan musuh alaminya, memasang perangkap racun mengandung metil eugenol. Penyemprotan insektisida.
  7. Ulat Tanah ( Agrotis ipsilon Hufn. ) berwarna hitam, berbintik-bintik/bergaris, panjang tubuh 2 - 5 cm dan aktif merusak di malam hari. Menyerang daun, tunas-tunas muda. Pengendalian penanaman serentak pada daerah yang berdekatan untuk memutus siklus hidup hama.
  8. Kutu aphids ( Aphids gossypii Glover )

Aphids muda berwarna kuning, sedangkan aphids dewasa mempunyai sayap dan berwarna agak kehitaman. Kutu ini juga sebagai vektor virus. Daun menjadi menggulung dan pucuk tanaman mengeriting karena cairan daun dihisap hama. Tampak juga getah cairan mengandung madu dan mengkilap dari kejauhan.

Pengendalian menggunakan insektisida dan tanaman tersenag segera dicabut lalu dibakar.

9. Kutu Daun menyerang dengan menghisap cairan tanaman terutama daun tanaman muda. Kutu daun mengeluarkan kotoran yang manis sehingga disukai semut. Daun mengalami klorosis ( warna hijau memudar ), menggulung. mengeriting dan tanaman menjadi kerdil. Pengendalian menggunakan insektisida.

10. Kutu Kebul ( Bemisia tabaci ) berwarna putih, bersayap dan selruh tubuhnya diselimuti serbuk putih seperti lilin. Menyerang dengan cara menghisap cairan daun sampai jaringan sel rusak.

Pengendalian melakuan sanitasi kebun, pengaturan jarak tanam tidak terlalu rapat, menggunakan musuh alami dan memusnahkan tanaman mati.Penyemprotan menggunakan insektisida.

Penyakit


  1. Layu Fusarium penyebabnya adalah Fusarium oxysporum. Gejala tanaman tampak layu seperti kekurangan air. Pagi dan sore hari, tanaman tampak segar. Bila dibiarkan maka dalam 2 - 3 hari saja tanaman akan mati, kering, berwarna coklat dan batang mengkerut. Pengendalian rotasi tanaman, menjaga lingkungan tidak terlalu lembab, sanitasi kebun, panjarangan dan menanam di areal yang belum ditanami semangka.
  2. Bercak daun disebabkan oleh spora Pseudoperenospora cubensis rostowzew. penyebaran terbawa angin dari tanaman lain yang sudah terinfeksi. Gejala serangan ada bercak kuning dan selanjutnya akan menjadi coklat akhirnya kering dan mati. Pengendalian sama dengan layu fusarium.
  3. Antraknosa disebabkan Colletotrichum. gejala serangan daun ada bercak coklat dan akhrnya berubah warna kemerahan lalu daun mati. Bila menyerang buah, tampak bulatan berwarna merah jambu dan lama kelamaan akan meluas. Pengendalian melakukan pergiliran tanaman, tanaman terifeksi dibuang, rotasi tanaman dan perbaikan drainase.
  4. Busuk semai disebabkan cendawan Phytium ultimum Trow. Menyerang benih di persemaian. Gejalanya batang bibit berwarna coklat, bibit rebah lalu mati. Pengendalian benih direndam dalam fungisida dan penyemprotan secara periodik.
  5. Busuk Buah disebabkan oleh Phytopthora capsici Leonian. cendawan menginfeksi buah menjelang masak dan terus aktif sampai buah dipetik. Pengendalian dengan menghindari dan mencegah kulit buah rusak selama penyimpanan dan pengangkutan. Pemetikan buah di siang hari dan tidak sedang hujan. Buah disemprot fungisida secara periodik.
  6. Virus ( Watermelon Virus ) disebabkan oleh virus dan dibawa oleh hama yang berada di daun tanaman. Gejalanya daun melepuh, belang-belang, cenderung berubah bentuk, tanaman kerdil dan timbul rekahan membujur di batang. Pengendalian yaitu sanitasi kebun, memusnahkan tanaman terinfeksi dan memasang mulsa plastik hitam perak. Pengendalian terhadap vektor virus menggunakan insektisida.

Panen Semangka Bali Flower F1


cara panen semangka, semangka bali flower, semangka cap kapal terbang, jual muarah, harga promo, toko pertanian, lmga agro
Panen Semangka
Semangka Bali Flower F1 umur panen 60 HST. Buah matang dapat dilihat dengan ciri-ciri warna kulit buah sudah memudar. Sulur pada pangkal tangkai buah sudah mengering.

Pemanenan tepatnya dilakukan saat cuaca cerah yaitu pukul 09.00 dan sedang tidak hujan. Bila baru saja hujan, tunggu cuaca agak panas sampai buah benar-benar sudah kering. Bila buah masih basah dan dipetik, maka buah akan mudah busuk.

Semangka Bali Flower dipetik beserta tangkai buahnya agar bisa bertahan lama selama penyimpanan dan pengangkutan jarak jauh.

Semangka Bali Flower merupakan buah sebar dengan banyak manfaat. Kandungan buah 92% air, selain itu mengandung vitamin A, Vitamin C, antioksidan dan asam amino.

Semangka Bali Flower semakin matang maka semakin tinggi kandungan likopene dan beta-karotennya. Bagian putih dekat kulit semangka mengandung lebih banyak Citruline dan asam amino.

Asam amino bermanfaat meningkatkan sirkulasi darah ke jantung sehingga meningkatkan kesehatan jantung. Berikut ini dibawah akan Kami jabarkan 10 manfaat buah semangka Bali Flower.


Manfaat Buah Semangka


  1. Mencegah kanker. Likopene dalam semangka Bali Flower dipercaya dapat mencegah kanker. Likopene menurunkan risiko kanker dengan mengurangi insulin-like growth factor ( IGF ) yaitu protein yang terlibat dalam pembelahan sel.
  2. Meningkatkan kesehatan mata. Likopene melindungi mata dari peradangan dan kerusakan oksidatif. Likopen bekerja sebagai senyawa anti-inflamasi dan antioksidan, dapat mencegah degenerasi makula terkait dengan usia.
  3. Meningkatkan kesehatan jantung. Likopene dalam semangka cukup tinggi dan diyakini dapat menurunkan risiko sakit jantung. Likopene juga dapat mengurangi kolesterol jahat dan tekanan darah tinggi.
  4. Menurunkan tekanan darah. Kandungan citruline dalam semangka yaitu asam amino yang dapat meningkatkan kadar oksida nitrat dalam tubuh. Juga dikenal dapat menurunkan tekanan darah.
  5. Mengurangi nyeri otot. Citruline yang tinggi dalam semangka dapat mencegah terjadinya nyeri otot. Jus semangka juga dapat mengurangi nyeri otot dan meningkatkan sirkulasi darah pada atlet.
  6. Mencegah asma. Vitamin C semangka sangat baik dan membantu menurunkan gangguan asma. Penelitian menunjukkan vitamin C memiliki sifat anti-inflamasi dan anti-oksidan. seseorang mendapat gangguan asma karena kandungan vitamin C dalam tubuhnya rendah.
  7. Meningkatkan pencernaan. Semangka mengandung serat tinggi, sehingga dapat menyehatkan sistim pencernaan. Selain itu menjaga pergerakan usus agar teratur.
  8. Menurunkan peradangan. Kandungan likopene dan vitamin C semangka membantu menurunkan peradangan dan kerusakan oksidatif.
  9. Mencegah dehidrasi tubuh. Mengkonsumsi semangka otomatis tubuh tetatp terhidrasi. Karena semangka mengandung air tinggi dan cocok dikonsumsi di cuaca panas atau musim kemarau.
  10. Meningkatkan kesehatan kulit dan rambut. Vitamin A dan C dalam semangka bermanfaat untuk kesehatan kulit dan rambut. Vitamin C bermanfaat untuk pembentukan kolagen, yaitu protein yang menjaga kulit tetap halus dan rambut tetap kuat. Vitamin A menjaga kesehatan kulit dan memperbaiki sel-sel kulit.
  11. Mengatasi disfungsi ereksi. Semangka adalah sumber citrulin yang baik dan berubah menjadi asam amino disebut arginin. Arginin akan dikonversi menjadi oksida nitrat. Oksida nitrat dapat meningkatkan aliran darah dalam tubuh.

Peluang Usaha Menanam Semangka Bali Flower


Semangka Bali Flower merupakan buah dengan kandungan air tinggi sehingga menyegarkan terutama di siang hari panas. Saat cuaca panas dan haus melanda, begitu melihat potongan buah semangka Bali Flower di dalam kulkas. Siapa tak tergoda tidak mencobanya?

Begitulah kenikmatan mengkonsumsi semangka yang disukai orang banyak. Kandungan airnya yang tinggi juga mengandung banyak gizi baik untuk kesehatan. Dapat dimakan sebagai buah segar atau dibuat jus semangka.

Biji semangka juga dapat diolah sebagai jajanan kuaci. Caranya biji semangka dijemur lalu disangrai. Dan nikmati isi dari biji semangka.

Semangka hidupnya tumbuh merambat dan berasal dari daerah setengah gurun di Afrika bagian selatan. Semangka masih kerabat dengan tanaman labu-labuan ( Cucurbitaceae ), melon dan mentimun.

Semangka Bali Flower kulitnya keras, tebal dan cukup tahan di kekeringan terutama bila saat masuk pembentukan buah. Hal ini karena habitat aski tanaman semangka adalah daerah gurun yang kering dan panas.

Buah semangka merupakam buah dengan banyak penggemar di segala lapisan masyarakat. Harga buah semangka dijual per kilogram dan cukup terjangkau oleh masyarakat.  Semangka Bali Flower mudah didapat dipasar dan supermarket.

Kondisi inilah yang membuat peluang usaha menanam semangka Bali Flower menguntungkan dan menjanjikan untuk masa depan. Prospeknya meningkat dari waktu ke waktu.

Harga jual cukup stabil dan masa tanam hingga panennya juga pendek. Sehingga petani budidaya semangka cepat segera mendapat untung dari usaha bisnis semangka ini.

Peluang usaha menanam semangka Bali Flower idealnya di daerah dengan curah hujan berkisar antara 40 - 50 mm/bulan. Suhu siang hari adalah 25 °C. Semangka Bali Flower cocok ditanam di dataran rendah sampai menengah.


Teknik Pasca Panen Semangka Bali Flower


Pasca panen semangka Bali Flower meliputi pengumpulan, pembersihan ( sortasi ), pengkelasan, pelabelan, pengemasan, penyimpanan dan pengangkutan. Panen semangka Bali Flower dilakukan umur 60 HST.

Setelah semangka Bali Flower dipetik, dikumpulkan ditempat terlindungi dari hujan. Menggunakan alas terpal untuk mencegah kontaminasi. Buah dipetik bisa ditata dengan ditumpuk maksimal 4 baris.

Buah setelah dipetik, dimasukkan dalam keranjang ukuran tidak terlalu besar. Hal tersebut untuk memudahkan buah diangkut ke tempat pengumpulan sementara.

Selanjutnya semangka dibersihkan dan sortasi. Tujuan sortasi untuk mendapatkan semangka yang baik untuk dipasarkan. Cara memisahkan harus menggunakan sarung tangan. Pisahkan buah yang sempurna dan bentuknya simetris dari kotoran dan buah cacat karena hama penyakit, kena getah atau rusak, pecah, memar atau tertusuk.

Pisahkan semangka dan dikelompokkan berdasarkan kriteria mutu. Buah terpilih lalu ditimbang sesuai standart mutu yang ditetapkan. Semangka diuji sampel untuk mengetahui kadar gulanya menggunakan refraktometer.

Pelabelan yaitu menempelkan label atau stiker untuk menunjukkan identitas buah, berupa jenis, jumlah, berat, saat masak dan nama produsen. Label ditempel di kotak kemasan dan dibuahnya ditempel stiker kecil.

Pengemasan biasanya disesuaikan permintaan pembeli/konsumennya. Pengemasan bertujuan untuk melindungi buah dari kerusakan juga dapat menambah daya tarik dan harga jual. Kemasan dari bahan aman untuk pangan ( food grade ), ada sirkulasi udara yang baik dan melindungi produk dengan baik pula.

Selanjutnya dipasarkan ke pasar tujuan atau sesuai alamat pemesan. Sebelum dipasarkan, buah akan disimpan dulu di gudang yang bersih, kering, bebas hama gudang dan berventilasi yang baik.

Demikian artikel judul : Jual Semangka BALI FLOWER F1 Benih Terbaru Cap Kapal Terbang. HP 082141747141 ( telepon ) dan 08125222117 ( SMS/WA ). Toko pertanian LMGA Agro jual online segala kebutuhan pertanian. Kami melayani konsultasi gratis pertanian.

Semoga artikel Kami bisa menambah wawasan tentang semangka Bali Flower benih terbaru cap Kapal Terbang. Bermanfaat dalam menambah pengetahuan budidaya semangka. Selamat mencoba dan salam sukses...


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon untuk berkomentar secara bijak dan sesuai bahasan.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...