TOKO ONLINE PERTANIAN LMGA AGRO, TEMPAT BELANJA ONLINE PETANI MURAH, AMAN DAN PROMO. BELANJA SILAKAN HUBUNGI KAMI DI : SMS / WA : 081 252 22 117, LAYANAN KONSULTASI PERTANIAN GRATIS HP. 082 141 747 141.

KETIK JUDUL/LABEL ARTIKEL YANG DICARI PADA KOLOM DI BAWAH INI

21/06/20

Jual Benih Cabe Besar Panex 100 F1 Terbaik Cap Panah Merah


cabe besar, cabe merah, benih panex 100, jual benih panah merah, toko pertanian, toko online, lmga agro
Benih Panex 100 F1
Jual Benih Cabe Besar Panex 100 F1 Terbaik Cap Panah Merah. HP 082141747141 ( khusus telepon ) dan 08125222117 ( khusus SMS/WA ). Toko Pertanian Online LMGA Agro menyediakan kebutuhan bercocok tanam pertanian. Produk lengkap, berkualitas dan terbaik.


Toko Pertanian LMGA Agro melayani online shop pembelian benih hibrida dan unggul buah dan sayur. Serta ada pupuk, pestisida, hormon tanaman dan alat-alat pertanian. Kami juga menerima layanan konsultasi gratis pertanian.

Toko pertanian online LMGA Agro sedia benih cabe besar Panex 100 F1 Produk Cap Panah Merah. Benih produk PT East West Seed Indonesia ( EWINDO ). Kami selaku distributor produk pertanian telah berpengalaman lama dan didukung oleh pabrik-pabrik pertanian.

Benih Hibrida terbaik Cabe besar Panex 100 F1 cap Panah Merah. Benih produksi PT East West Seed Indonesia. Produksi tinggi, benih tahan penyakit layu dan busuk batang. Produksi 50 - 70 buah per tanaman. 

Kami mengajak Anda dalam usaha online dropship dan reseller produk pertanian. Kami siap kirim pesanan Anda ke seluruh wilayah Indonesia. Bekerja sama dengan jasa ekspedisi JNE, KI8, Pos Indonesia dan masih banyak lagi.

Benih Panex 100 F1 merupakan benih cabe merah besar cap Panah Merah toleran suhu panas. Direkomendasikan untuk ditanam di dataran menengah sampai tinggi. Benih juga mempunyai ketahanan terhadap layu bakteri dan busuk batang.

Cabe besar Panex 100 kualitas super menjadikan peluang usaha pertanian semakin menguntungkan bagi petani. Banyak masyarakat menyukai makanan pedas karena konsumsi cabai banyak memberikan manfaat bagi tubuh.



Karakteristik Cabe Merah Besar Benih Panex 100 F1 


Benih Panex 100 F1 merupakan benih cabe merah besar Cap Panah Merah. Benih direkomendasikan untuk ditanam di dataran menengah sampai tinggi. Cabai besar Panex 100 F1 merupakan tipe pertumbuhan memayung. Potensi hasil antara 1 - 1.5 kg per tanaman. 

Cabe besar Panex 100 sebanyak 1 kg terdapat sebanyak 50 - 70 buah. Panjang cabe rata-rata 17 cm dan diameternya 2 - 2.1 cm. Umur panen cabe besar Panex 100 bervariasi menurut ketinggian tempat menanamnya.  Rata-rata umur panen cabe besar Panex 100 yaitu antara 100 - 110 HST. 

Cabe besar Panex 100 memiliki ketahanan terhadap layu bakteri ( Pseudomonas solanacearum ) dan penyakit busuk batang ( Phytopthora capsici ). Cabe besar Panex 100 dapat dipanen hijau maupun sudah merah. Panen bisa dimulai umur 80 HST. 


Cabe besar Panex 100 F1 toleran suhu panas dan tipe tanaman melebar. Buah agak gepeng, toleran pecah dan toleran ujung buah kuning. Potensi hasil 1 - 1.5 kg/tanaman atau 16 - 25 ton/ha. Bobot 21 - 22 gram/buah. 

Tanaman cabai besar ( Capsicum annum L. ) tergolong tanaman semak dan batang berkayu. Tinggi tanaman mencapai 100 - 120 cm dan lebar 100 cm. Struktur perakaran diawali dari akar tunggang dan sangat kuat. Akar terdiri atas akar utama ( primer ) dan lateral ( sekunder ). 

Daun tergolong daun tunggal berbentuk oval dan pertulangan menyirip. Daun berwarna hijau atau hijau tua. 





Cara Menanam Cabe Merah Besar Panex 100 


cabe besar, cabe merah, budidaya cabai, jual benih panah merah, toko pertanian, toko online, lmga agro
Budidaya Cabe Besar
Panex 100 F1, cabai merah masuk dalam suku terong-terongan ( Solanaceae ). Buah cabai banyak mengandung vitamin A dan C. Selain itu juga mengandung minyak atsiri Capsaicin. Capsaicin menjadi penyebab rasa pedas pada cabai. Rasa pedas ini memberikan kehangatan panas bila diolah sebagai bumbu dapur ( rempah-rempah ). 

Cara menanam cabe merah besar sebaiknya pada tanah kaya humus, gembur dan sarang. Tanah tidak mudah tergenang air, pH tanah ideal sekitar 5 - 6. Bila di lahan kering, waktu tanam sebaiknya di akhir musim hujan, 

Namun bila ingin mendapatkan harga cabai yang tinggi, menanam cabe besar Panex 100 yaitu di bulan Oktober. Nantinya berarti akan panen bulan Desember walaupun dengan risiko kegagalan. 

Serangan lalat buah merupakan salah satu kendala dalam cara menanam cabe. Hama lalat buah sering menjadi penyebab gagal panen cabe. Kerusakannya dapat mencapai 35%. 

Buah cabai yang terserang tampak sehat dan utuh dari luar. Namun setelah dilihat didalamnya, buah membusuk dan terdapat larva lalat. Gejala awal serangan lalat buah ( Bactrocera carambolae ) tidak tampak jelas. Lalat buah menjadi hama pengganggu ditakuti Petani dan sering menjadi penghambat ekspor cabai.  

Hama lain selain lalat buah, yaitu kutu daun ( Myzus persicae ). Kutu daun merupakan salah satu hama penting pada budidaya cabai. Serangan kutu daun dapat menyebabkan kerugian hingga 80%.



Manfaat Cabe Besar Panex 100



Cabai merah besar Panex 100 mengandung vitamin A, B, C, E dan mineral baik untuk tubuh. Vitamin C dalam cabai tujuh kali lebih banyak dibandingkan dalam buah jeruk. Cabe merah lebih cepat membakar kalori sehingga cocok bagi yang ingin tetap langsing. Kondisi ini menyebabkan metabolisme kita dalam kondisi baik. 

Vitamin A dan C dalam cabe merupakan antioksidan yang baik untuk meningkatkan imunitas tubuh. Antioksidan bermanfaat sebagai penangkal radikal bebas termasuk penyakit yang disebabkan oleh tekanan/stress.

Cabe dapat menstimulir hormon endorfin sebagai penawar rasa sakit alami. Keluhan otot pegal dan nyeri sendi dapat diatasi oleh ekstrak cabe pada balsem atau koyo. 

Cabe besar Panex 100 mengandung zat Capsaicin yang banyak manfaatnya. Antara lain dapat merangsang otak untuk mengeluarkan endorfin. Endorfin memberikan rasa puas saat mengkonsumsi cabe. 

Kandungan nutrisi dalam cabe hingga memberikan manfaat besar, antara lain : protein, karbohidrat, gula, serat dan lemak. Serta terdapat nutrisi vitamin A, B6, C, zat besi, Magnesium, Kalium, air dan capsaicin. 

Cabe besar Panex 100 mengandung vitamin B6, asam folat, potassium dan betakaroten bermanfaat mencegah dari serangan jantung. Serangan jantung umumnya disebabkan tekanan darah tinggi. Manfaat cabe menjaga tekanan darah dalam kondisi stabil. Jantung dapat bekerja optimal dan mencegah datangnya kolesterol jahat. 

Capsaicin bermanfaat juga untuk mengatasi sakit kepala. Capsaicin memberikan sensasi pedas dan baik untuk stimulasi otak. Ditambah tingginya vitamin C dan antioksidan pada cabe juga turut mempercepat turunnya rasa sakit di kepala. 

Vitamin B2 dalam cabe bagus untuk kesehatan mata. Vitamin C dapat mempercepat sembuhnya luka pada kulit kita. Vitamin C membantu terbentuknya kolagen, yaitu protein struktural pembentuk kulit yang terluka. 





Syarat Tumbuh Menanam Cabe Panex 100


Ketinggian Tempat

Cabe besar Panex 100 direkomendasikan ditanam di dataran menengah sampai tinggi. Umumnya cabe merah ditanam pada ketinggian mulai 250 - 1200 m di atas permukaan laut. Penanaman di daerah dataran tinggi masih terbatas. Peluang usaha menanam cabe lebih dikembangkan di daerah sedikit dibawah 800 m di atas permukaan laut.

Suhu Udara   

Pertumbuhan optimal cabe menyukai iklim tropis hangat dan lembab. Suhu ideal berkisar antara 18 - 32 derajat Celcius. Pembentukan buah cabe pada suhu antara 15.5 - 21 derajat Celcius. Suhu < 15.5 derajat Celcius dan > 32 derajat celcius, kurang baik untuk pertumbuhan.  

Suhu tinggi di siang hari menyebabkan tanaman layu dan gugurnya bunga. Viabilitas serbuk sari menurun pada suhu > 30 derajat Celcius. Perkecambahan biji cabai menyukai suhu optimum sekitar 30 derajat Celcius. 


Curah Hujan   

Tanaman cabe besar Panex 100 tidak tahan curah hujan tinggi dan iklim basah. Tanaman akan mudah terserang penyakit. Namun curah hujan rendah menyebabkan pertumbuhan cabe terhambat dan mempengaruhi ukuran buah. Intensitas curah hujan ideal cabe besar Panex 100 adalah 600 - 1250 mm/tahun.  


Intensitas Cahaya Matahari

Cabe besar Panex 100 cukup sensitif dengan sinar matahari yang terik. Namun juga menghendaki penyinaran penuh sepanjang hari. Rentan terhadap hujan terlalu deras dan cuaca mendung. Toleran naungan sampai 45%. 

Membutuhkan penyinaran matahari minimal 8 jam per hari. Bila kekurangan cahaya, menyebabkan tanaman lemah, pucat dan pertumbuhan cenderung memanjang. 


Jenis Tanah

Daya adaptasi cabe besar Panex 100 luas, dapat tumbuh di semua jenis tanah. Asalkan aerasi dan drainase berjalan baik. Jenis tanah lempung berpasir menyebabkan panen cabe besar panex 100 lebih cepat. Sebaliknya, tanah liat ( berat ) panen lebih lambat. 

Tanah mengandung cukup bahan organik, unsur hara dan air. Tanah juga bersih dari gulma, nematoda dan bekteri penyebab layu. Kisaran pH antara 5.5 - 6.8. 



Persiapan Cara Menanam Cabe Besar Panex 100


1. Tanah dipersiapkan dengan cara dicangkul atau ditraktor. Lalu tanah dibiarkan selama 1 minggu. Sambil menunggu 1 minggu kedepan, kita mulai mempersiapkan membuat persemaian benih. Hal ini bertujuan untuk menghemat waktu dan memanfaatkan waktu seefektif mungkin.


2. Ini yang harus kita persiapkan untuk persemaian sambil menunggu melanjutkan persiapan tanah di lahan. Mempersiapkan wadah polybag untuk persemaian. Lalu mempersiapkan media semai, berupa tanah dan pupuk kandang ( 1 : 1 ). Persemaian dapat dilakukan juga dalam media tray semai. Tray semai dapat Anda beli di Toko Pertanian Online LMGA Agro. 


3. Media setelah diayak halus lalu dicampur merata. Masukkan dalam polybag-polybag. Letakkan di tempat teduh dan terlindung dari air hujan. Biarkan selama 1 minggu. 


4. Setelah 1 minggu, tanah dibolak-balik kembali menggunakan rotary atau cangkul. Berikan campuran pupuk kandang 2 - 4 ton/ha dan kapur pertanian ( Dolomit ) sesuai kebutuhan. Biarkan kembali 1 minggu. 


5. Persiapan benih untuk ditanam dalam wadah polybag, sambil menunggu lahan digemburkan lagi nanti. Benih cabe besar Panex 100 dapat Anda tanam langsung pada media semai. Sebelumnya media harus lembab/dibasahi secukupnya. Benih yang sudah dicoating, lebih baik tidak diperam. 


6. Sambil perawatan bibit, seperti penyiraman, lanjutkan mempersiapkan lahan dengan membolak-balik tanah lagi. Buat bedengan lebar : 1 meter, tinggi : 30 - 40 cm dan jarak antar bedengan 60 cm. Panjang maksimal 15 meter. 


7. Pupuk dasar berikan di tiap bedengan, pupuk organik 20 ton/ha. Tambahkan pupuk urea 350 kg/ha dan KCl 200 kg/ha. Lalu tutup dengan mulsa plastik hitam perak. Biarkan lagi 1 minggu. 


8. Persemaian bibit 18 - 28 hari. Setelah 1 minggu, pada mulsa dibuat lubang tanam jaraknya 50 x 40 cm ( single row ) atau 60 x 50 cm ( double row ). Lubang tanam dibuat zig-zag. Bibit diletakkan di tempat teduh atau diberi naungan untuk melindungi dari hujan dan terik matahari. 



Penanaman Cabe Besar Panex 100


cabe besar, cabe merah, budidaya cabai, jual benih panah merah, toko pertanian, toko online, lmga agro
Tray Semai Pembibitan
Bibit mulai bisa ditanam dilahan tetap setelah umur 18 - 28 hari. Atau telah tumbuh 5 helai daun sejati. Penanaman dilakukan pagi dan bila belum selesai dilanjutkan sore harinya. 

Penanaman bibit harus selesai dalam satu hari. Penanaman pagi hari untuk menghindari bibit stres karena perubahan media dan tidak kepanasan. 

Setelah penanaman, segera dipasang ajir/turus agar tidak merusak akar tanaman. Bila ditancapkan saat tanaman besar, bisa melukai akar dan menjadi jalan masuknya bakteri penyakit.

Sebelum bibit dipindah tanam, siram dulu permukaan polybag sampai basah. Ini memudahkan bibit diambil dari polybag. Lubang tanam di bedengan juga harus disiram air untuk menjaga kelembaban sebelum dan sesudah bibit ditanam.   

Bibit dalam polybag diambil dengan cara polybag disobek dulu. Keluarkan bibit beserta media tanamnya. Lalu dimasukkan ke lubang tanam yang sudah dipersiapkan. Beri tanah atau pupuk kandang dan tekan-tekan tanahnya. 

Selanjutnya amati terus pertumbuhan tanaman cabe besar Panex 100 dan lakukan penyiraman setiap hari pagi atau sore hari. Bila tanaman masih muda, penyiraman dilakukan hati-hati agar tanaman tidak roboh. 





Pemeliharaan Budidaya Cabe Besar Panex 100


Pemberian air bisa dengan penyiraman menggunakan gembor atau penggenangan 2 minggu sekali. Periksa dan amati pertumbuhan tanaman 1 - 2 minggu pertama. Bila ada tanaman mati atau tumbuh tidak normal, segera cabut dan ganti bibit baru dan sehat. 


Pemupukan Susulan

Pemupukan susulan dilakukan setiap 2 minggu dengan cara pupuk ditabur disekitar tanaman lalu lakukan penyiraman. Pemupukan menggunakan pupuk NPK. 

- Umur 14 HST NPK 25-7-7.
- Umur 28 HST NPK 25-7-7.
- Umur 42 HST NPK 25-7-7, NPK 16-16-16, Calcium dan KCl.
- Umur 56 HST NPK 16-16-16, Calcium dan KCl.
- Umur 70 HST Calcium dan pupuk KP.
- Umur 84 HST pupuk KP.
- Umur 100 HST pupuk KP. 

Bisa juga pemupukan susulan menggunakan pupuk organik cair karena lebih praktis. Siramkan 100 ml larutan pupuk organik cair yang telah diencerkan ke tanaman. 


Pemasangan Ajir 

Ajir pada budidaya cabe besar Panex 100 digunakan untuk menopang tanaman agar dapat berdiri tegak. Tancapkan ajir dengan jarak minimal 4 cm dari pangkal batang. Setelah tanaman berumur 1 bulan, ikatkan batang ke ajir. Pengikatan menggunakan tali salaran dan dapat dibeli online di Toko Pertanian LMGA Agro.


Perempelan

Perempelan yaitu berupa memotong tunas dan dilakukan setelah umur 3 minggu ( dataran rendah ) dan 1 bulan ( dataran tinggi ). Tunas yang tumbuh di ketiak daun dipotong menggunakan tangan bersih. Pemotongan tunas sampai terbentuk cabang utama. Yaitu ditandai dengan munculnya bunga pertama atau kedua. 



Pengendalian Hama dan Penyakit Cabe Besar Panex 100 

cabe besar, cabe merah, cabe panex 100, budidaya cabi, toko pertanian, toko online, lmga agro
Pengendalian Hama dan Penyakit
                         
Tindakan pencegahan dan pengendalian dilakukan untuk melindungi tanaman dari kerusakan yang timbul karena serangan hama penyakit. Akibat dari serangan organisme pengganggu tanaman dapat menurunkan hasil panen bahkan sampai gagal panen. 

Pencegahan serangan hama dan penyakit antara lain dengan selalu membersihkan kebun dari gulma dan tanaman liar sekitar tanaman. Perhatikan selalu irigasi dan drainase di kebun untuk selalu berjalan lancar.  

VIRUS GEMINI

Gejala serangan : daun menguning, mengeriting dan ukuran daun menjadi mengecil. Umumnya serangan virus Gemini membuat tanaman tumbuh kerdil. Ruas-ruas percabangan memendek. 

Seringnya bila menyerang di fase generatif, bunga menjadi berguguran. Penanganan virus gemini dengan mengendalikan hama vektornya yaitu kutu kebul. Semprotkan insektisida berbahan aktif Abamectin, metidatiom, Diafentiuron dan Tiamektosam. 


PATEK/ANTRAKNOSA

Penyebabnya adalah jamur Colletrotichum sp. Gejala : buah berbercak, cekung, busuk basah dan kering. Bercak berwarna hitam atau oranye. Bila ada buah busuk, segera dibuang jauh. Selalu jaga sanitasi kebun dan lingkungan. Lakukan aplikasi fungisida berbahan aktif Kloratalonil, Karbendazim, Propineb dan lain-lain. 


LAYU BAKTERI ( Bakterial Wilt )

Disebabakan oleh bakteri Ralstonia solanacearum. Gejala : tanaman layu namun masih berwarna hijau. Pengendalian dengan cara mencabut dan membuang tanaman terinfeksi. Semprotkan bakterisida berbahan aktif Dazomet, Streptomycine sulfat dan lain-lain. 


HAWAR DAUN/LODOH 

Disebabkan adanya jamur Phytopthora capsici. Gejala terjadi penyempitan pada batang dan seperti tercekik. Batang berwarna hitam. Batang tanaman tersebut harus segera dicabut dan dimusnahkan dengan cara dibakar. 

Jaga selalu kebersihan kebun, membersihkan gulma, drainase yang baik dan jaga jarak tanam lebih lebar. Penyemprotan fungisida berbahan aktif Dimetomorf. Folpet dan Kloratalonil. 





Panen Cabe Merah Besar Panex 100


Panen Cabe merah Besar Panex 100 apabila buah sudah masak dan berwarna merah. Panen dilakukan yaitu memetik buah secara langsung. Rata-rata dapat dipeti setelah umur 100 - 110 HST. Dalam satu tanaman diperoleh sampai 70 buah.  

Panen cabe besar Panex 100 setiap 2 - 5 hari sekali disesuaikan kondisi kematangan buah dan permintaan konsumen/pasar. Cabe besar Panex 100 dipetik beserta tangkainya agar umur simpan bisa lebih lama. Warna cabe yang dipetik adalah oranye sampai warna merah. 

Sebaiknya pemetikan panen cabe dilakukan pagi hari. Potensi hasil panen sebesar 1 - 1.5 kg/tanaman atau 16 - 25 ton/ha. Bobot buah 21 - 22 gram/buah. Panen cabe besar Panex 100 bisa mencapai 30 - 40 kali. Hasil produksi tergantung ketinggian tempat budidaya dan cara perawatan. Setelah panen ketiga, lakukan pemupukan. 

Panen dapat dilakukan sampai umur tanaman 6 bulan. Terkadang juga bisa lebih karena maksimal umur tanaman cabe adalah 24 bulan. Saat panen, usahakan buah cabe tidak terlalu tua yaitu sekitar 80 - 90%. Proses pemanenan di pagi hari setelah embun kering. 

Demikian artikel Kami judul : Jual Benih Cabe Besar Panex 100 F1 Terbaik Cap Panah Merah. Hubungi nomer kami di 082141747141 ( telepon ) dan 08125222117 ( SMS/WA ). Toko pertanian Online LMGA Agro jual benih hibrida dan unggul buah dan sayur. Tersedia juga pupuk, pestisida, ZPT dan alat-alat pertanian. 

Kami melayani konsultasi pertanian gratis. Kami merupakan supplier pertanian berpengalaman lama dan didukung perusahaan pertanian terkenal. Kami juga mengajak usaha online sebagai dropship dan reseller produk pertanian. 

Kami siap kirim pesanan Anda ke seluruh wilayah Indonesia. Bekerja sama dengan jasa pengiriman barang JNE, Pos Indonesia, KI8 dan masih banyak lagi. Semoga artikel Kami dapat menambah wawasan budidaya cabe besar Panex 100. 

Penjabaran Kami membantu peluang usaha menanam cabe besar Panex 100 menguntungkan dan menjanjikan. Selamat mencoba salam sukses...





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon untuk berkomentar secara bijak dan sesuai bahasan.