TOKO ONLINE PERTANIAN LMGA AGRO, TEMPAT BELANJA ONLINE PETANI MURAH, AMAN DAN PROMO. BELANJA SILAKAN HUBUNGI KAMI DI : SMS / WA : 081 252 22 117, LAYANAN KONSULTASI PERTANIAN GRATIS HP. 082 141 747 141.

KETIK JUDUL/LABEL ARTIKEL YANG DICARI PADA KOLOM DI BAWAH INI

05/08/20

Pohon Semangka SF-5656 F1 Terbaik Daging Kuning Known You Seed


semangka inul, semangka kuning, pohon semangka, semangka SF-5656, jual benih semangka, toko pertanian, online, lmga agro
Benih Semangka
SF-5656
Pohon Semangka SF-5656 F1 Terbaik Daging Kuning Known You Seed. HP 082141747141 ( khusus telepon ) dan 08125222117 ( SMS/WA ). Toko pertanian LMGA Agro online shop jual benih semangka SF-5656 berbiji daging kuning. Buah sangat manis dan pohon semangka yang kokoh dari KYS.


Toko pertanian LMGA Agro online sedia berbagai keperluan bercocok tanam di lahan luas maupun sempit di pekarangan rumah bagi hobiis. Kami sediakan ada benih hibrida dan unggul buah dan sayur. Pupuk berkualitas, hormon pertumbuhan, pestisida dan alat-alat pertanian.

Toko pertanian LMGA Agro juga menerima layanan konsultasi gratis permasalahan anda di lapangan. Konsultasi tentang persiapan tanam, penanaman, perawatan dan pengendalian hama serta penyakit.

Toko pertanian LMGA Agro sedia benih hibrida pohon semangka kuning SF-5656. Pohon semangka SF-5656 kokoh, kuat dan tahan penyakit. Buah hasil pohon semangka SF-5656 berbentuk lonjong ( inul ). Semangka berdaging kuning dan sangat manis.

Pohon semangka SF-5656 F1 Berbiji. Semangka kuning inul terbaik dan berkualitas produk Known You Seed. Bobot buah 4 - 5 kg, tahan penyakit dan cocok sebagai bunga jantan. Rasa sangat manis 13 Brix. 

Manfaat semangka besar karena mengandung gizi lengkap baik vitamin dan mineral. Hal ini menjadikan buah semangka banyak disukai masyarakat dan dicari. Semangka sangat laris terutama di musim kemarau dan bulan Puasa.

Peluang usaha menanam pohon semangka SF-5656 menguntungkan dan menjanjikan. Harga jual buah semangka cukup tinggi dan stabil dibandingkan dengan komoditas buah lainnya. Budidaya  pohon semangka dapat dilakukan baik di musim hujan dan kemarau. 



Karakteristik Semangka SF-5656 dari Known You Seed


Benih semangka SF-5656 produk Known You Seed ( KYS ) merupakan pohon semangka hibrida terbaik. Pohon semangka SF-5656 hibrida menghasilkan buah bentuk lonjong ( inul ). Jenis semangka berbiji dan cocok sebagai sumber serbuk sari untuk penyerbukan.

Pohon semangka SF-5656 dapat ditanam di dataran rendah sampai menengah. Tanaman tahan penyakit dan buah berdaging kuning. Berat rata-rata buah pohon semangka SF-5656 antara 4 - 5 kg. Tingkat kemanisan 13 Brix, sangat manis. 

Budidaya pohon semangka SF-5656 panen umur 75 hari setelah semai. Buah bertekstur renyah dan manis. Tahan penyimpanan dan pengangkutan jarak jauh. Kemasan benih berat 10 gram per sachet ( sekitar 300 - 350 benih ).  

Semangka kuning ( Citrullus vulgaris Schard ) bentuk lonjong SF-5656 produk Known You Seed dikalangan petani disebut juga semangka inul. Semangka inul sangat istimewa, ukuran buah tidak terlalu besar yaitu antara 2,5 - 3,5 kilogram per buah. 

Ukuran buah tidak terlalu besar ini justru banyak disuka karena cocok dijadikan buah meja. Nama " inul " diberikan untuk jenis semangka berukuran kecil dan berbentuk lonjong. Semangka lonjong merupakan semangka hibrida. Buah berkulit warna hijau gelap dengan daging buah bisa merah atau kuning. 

Pohon semangka ( Citrullus lanatus ) merupakan salah satu jenis tanaman buah merambat. Tanaman semangka berasal dari famili Cucurbitaceae. Asal semangka adalah dari wilayah setengah gurun di Afrika Selatan. 





Peluang Usaha Menanam Pohon Semangka SF-5656


semangka kuning, manfaat buah semangka, semangka SF-5656, jual benih semangka, toko pertanian, online, lmga agro
Peluang Usaha Menanam Semangka
                           

Pohon semangka SF-5656 merupakan jenis semangka inul berbiji produk Known You Seed. Dikalangan petani, peluang usaha menanam semangka ditanam untuk memanfaatkan lahan persawahan mereka setelah panen padinya. 

Petani melihat peluang usaha menanam semangka inul menggiurkan dan menguntungkan. Petani tertarik menanam semangka inul karena permintaan masyarakat tinggi terutama di musim kemarau. 

Pohon semangka SF-5656 tipe jenis semangka berbentuk lonjong dan memiliki kelebihan dibandingkan semangka jenis lain. Menanam semangka inul mampu menghemat lahan karena ukuran pohonnya lebih pendek dari semangka bulat. 

Usia panen pohon semangka SF-5656 inul lebih cepat 7 hari dibanding umur panen semangka bulat. Pohon semangka SF-5656 mampu membesarkan 2 - 3 buah sekaligus. Bentuk buah yang lonjong praktis dibawa dalam keadaan buah utuh. 

Syarat tumbuh menanam pohon semangka SF-5656 sama dengan semangka lainnya. Cocok ditanam di dataran rendah dengan ketinggian 600 m dpl. Menyukai curah hujan sekitar 40 - 50 mm/bulan dan suhu sekitar 25 - 30 derajat Celcius. Tumbuh baik di tanah berpasir dan pH 6 - 6,7. 

Peluang usaha pohon semangka SF-5656 menjanjikan karena buah semangka mengandung kadar air tinggi juga sarat nutrisi. Masyararakat juga menyukai menikmati buah semangka dalam bentuk jus minuman. Selain dikonsumsi dalam bentuk potongan segar. 

Pohon semangka SF-5656 tahan kekeringan terutama saat memasuki masa pembentukan buah. Hal ini karena habitat asli pohon semangka adalah di gurun kering dan panas. Prospek peluang usaha pohon semangka bersinar dari waktu ke waktu. Masa tanam hingga panennya tidak lama dan harga jual stabil.  



Budidaya Tanaman Semangka SF-5656  



Pemerintah menetapkan kebijaksanaan dalam usaha pertanian hortikultura termasuk usaha menanam semangka. Tujuannya adalah untuk meningkatkan kesehjahteraan petani termasuk petani semangka. 

Pedoman dalam usaha pertanian tanaman hortikultura hendaknya mengutamakan jenis tanaman semangka bernilai ekonomis tinggi. Hal ini diharapkan dapat meningkatkan pedapatan petani semangka baik untuk pasar dalam maupun luar negeri. 

Mengutamakan jenis tanaman yang melibatkan tenaga kerja lebih banyak. Mengutamakan jenis tanaman semangka dengan prospek pasar dan pemasarannya baik. Memilih jenis semangka bertujuan untuk meningkatkan nilai gizi masyarakat. 

Budidaya tanaman semangka ideal ditanam di daerah dengan curah hujan antara 40 - 50 mm setiap bulannya. Suhu siang hari sekitar 25 derajat Celcius. 

Meskipun pohon semangka dapat tumbuh baik di dataran rendah sampai tinggi. Namun perlu diperhatikan tingkat kelembaban udara. Pohon semangka SF-5656 tumbuh subur di lahan relatif kering dan cenderung minim uap air. 

Pohon semangka SF-5656 tumbuh maksimal di lahan lapang dan terbuka serta terkena sinar matahari langsug. Bila terhalang naungan sehingga kurang sinar matahari dapat menghambat perkembangan tanaman. Hingga mengakibatkan tertundanya masa panen. 

Tanah untuk tanam semangka SF-5656 dan tanah kondisi gembur dengan unsur hara tinggi. Nilai pH tanah berkisar 6 - 6,7. Proses pengapuran diberikan pada lahan tanam bila pH tanah < 6. 

Budidaya semangka dilakukan secara monokultur dan jarak tanamnya 5 m x 80 cm. Dalam satu hektar diperoleh jumlah tanaman 3500 tanaman. Pilih benih hibrida seperti semangka SF-5656 produk Known You Seed.



Semangka Merah dan Semangka Kuning



Semangka SF-5656 tipe semangka berdaging kuning berbentuk lonjong. Terdapat perbedaan utama antara semangka merah dan semangka kuning terkait senyawa kimia didalamnya. 

Pigmen yang terkandung dalam semangka merah adalah likopen. Sedangkan senyawa kuning mengandung lebih banyak beta-karoten. Beta-karoten adalah senyawa yang juga ada dalam sayuran wortel. 

Selain perbedaan senyawa dasarnya, semangka kuning terasa lebih manis. Kulit buah semangka kuning lebih tebal dari semangka merah. 

Meski berbeda pigmen warna daging buahnya namun khasiat buah semangka pada dasarnya adalah sama. Yaitu berkhasiat meningkatkan kadar antioksidan tubuh. Serta dapat dikonsumsi dengan cara sama. 

Semangka SF-5656 berdaging kuning baik bagi penderita diabetes. Semangka kuning SF-5656 kaya vitamin dan mineral. Dalam buahnya terkandung citruline, asam amino, likopen, kalium dan vitamin A serta C. Semangka kuning kaya kandungan serat dan gula alami aman bagi penderita diabetes. 

Semangka merah terkandung fosfor, zat besi, magnesium, zat besi, selenium,asam folat dan vitamin B6, C, E dan K. Semangka merah juga kaya serat, protein dan niasin. 

Dibandingkan semangka merah, vitamin C dalam semangka kuning lebih banyak. Sehingga semangka kuning SF-5656 berkhasiat mencegah sariawan lebih baik dibandingkan semangka merah. 

Vitamin C tinggi dalam semangka SF-5656 dapat menambah daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit. Semangka merah tetap mengandung vitamin C meski tidak sebanyak semangka kuning. 





Manfaat Buah Semangka SF-5656 Bagi Kesehatan Tubuh


Menjaga Kesehatan Mata

Buah semangka SF-5656 sebagai semangka kuning mengandung vitamin A dan beta-karoten tinggi yang baik untuk menjaga penglihatan kita. Likopen dalam semangka merah pun bermanfaat mencegah menurunnya kemampuan penglihatan. Terutama penglihatan bagi orang-orang usia lanjut.  


Menangkal Radikal Bebas 

Buah semangka mengandung antioksidan tinggi untuk menangkal radikal bebas. Kandungan antiksodan semangka merah lebih tinggi sehingga lebih baik menangkal radikal bebas udara. Likopen merupakan jenis antioksidan sekaligus zat anti kanker yang baik untuk tubuh kita. 


Mengontrol Tekanan Darah

Manfaat buah semangka dipercaya dapat mengontrol tekanan darah. Jika tekanan darah terlalu tinggi maka timbul risiko terkena stroke, gagal ginjal, penyakit jantung dan penyakit serius lainnya. 


Mencegah Sembelit dan Dehidrasi

Buah semangka SF-5656 disukai masyarakat karena cocok sebagai buah pencuci mulut. Hal ini karena buah semangka SF-5656 mengandung air 92% berkhasiat mencegah dehidrasi. Kandungan air tinggi dapat mencegah sembelit dan melancarkan pencernaan. 


Sumber Kolagen yang Baik

Buah semangka terkenal dengan kandungan kolagen alami dan tinggi. Kandungan kolagen alami tinggi cocok dikonsumsi saat sedang menjalani program diet. Buah semangka tidak mengandung lemak sehingga tidak membuat berat badan bertambah. Manfaat semangka juga mampu merawat kesehatan ginjal. 


Mengatasi Radang Sendi

Asupan gizi cukup buah dan sayur dapat mengurangi gejala radang sendi ( Arthritis ) dan mengurangi kerusakan tulang lebih lanjut. Manfaat buah semangka SF-5656 bagi kesehatan karena mengandung Zinc, Selenium, beta-karoten, antioksidan, Vitamin B6 dan C. Kandungan zat gizi tersebut dapat membantu menghilangkan nyeri dan kaku pada otot sendi. 


Mencegah Masalah pada Prostat

Buah semangka mengandung likopen dan memiliki manfaat mampu menurunkan risiko kanker prostat. Likopen merupakan antioksidan dan bertugas membantu tubuh melawan radikal bebas penyebab kanker. 



Persiapan Bibit Cara Menanam Semangka SF-5656


Memulai budidaya semangka SF-5656 sebaiknya dilakukan musim kemarau ( Maret - September ). Persiapan bibit semangka SF-5656 yaitu menyiapkan wadah semai. Wadah untuk menyemai benih bisa berupa tray semai ( baki semai ), polibag, bedeng dan lain-lain. 

Terpenting adalah bahwa pada wadah semai, bagian dasarnya terdapat lubang untuk mengalirnya air. Juga pada bagian samping wadah teriutama polybag plastik, perlu dilubangi untuk lewatnya air siraman. 

Media semai menggunakan campuran tanah : pasir/sekam bakar : kompos/pupuk kandang = 1 : 1 : 1 atau 2 : 1 : 1. Media semai bisa dibuat sendiri atau bisa dibeli di toko pertanian dan sudah dalam bentuk campuran tanah. Masing-masing media tersebut harus diayak halus hingga gembur. 

Setelah itu dimasukkan ke polybag dan biarkan selama 1 hari ditempat teduh dan terlindung dari sinar matahari dan hujan langsung. Sehingga saat benih akan ditanam, tekstur media semai gembur dan tidak padat. 

Benih ditanam di kedalaman 2 cm dengan posisi akar di bawah dan tunas di atas. Kemudian tutup benih menggunakan tanah atau pupuk kandang. Tunas akan muncul di permukaan tanah 3 - 4 hari. Jika menggunakan tray semai, tiap lubang semai diisi satu benih.

Setelah benih ditanam, siramkan air menggunakan sprayer yang butiran airnya halus. Wadah semai terletak ditempat terlidungi. Bila menggunakan wadah polybag, buatkan semacam naungan dan atapnya dari plastik. Naungan dipasang jaring dan dapat dibuka tutup. 

Perawatan persemaian meliputi penyiraman, penjarangan bibit dn pencegahan organisme pengganggu. Penyiraman dilakukan setiap hari dan jangan biarkan kekurangan air tapi juga jangan terlalu lembab. 





Persiapan Lahan Menanam Semangka SF-5656


Bila lahan tempat nanti menanam semangka adalah tanah berpasir, maka tidak perlu pengolahan tanah. Namun bila bukan maka perlu digemburkan dulu. Yaitu dengan cara dicangkul atau dibajak.

Lahan dibersihkan dulu dari rumput-rumput liar, bebatuan dan sisa tanaman sebelumnya. Tingkat keasaman pH tanah untuk menanam semangka SF-5656 adalah 6 - 6,7. Jika < 6 maka perlu ditaburkan kapur Dolomit sebelum membuat bedengan. Kapur Dolomit 3 - 4 ton/ha sampai mendapatkan pH netral bagi tanaman. 

Biasanya setelah pengapuran, tanah dibiarkan 1 minggu dan terkena air hujan. Setelah itu berikan pupuk dasar menggunakan pupuk kandang 20 ton/ha. Biarkan 1 minggu. 

Setelah pemupukan dasar, dibuat bedengan lebar 3 meter ( untuk tanam 1 baris ) sampai 6 - 7 meter ( baris ganda ). Tinggi bedengan 50 cm. Kemudian untuk mengurangi serangan penyakit dan menekan pertumbuhan gulma, lakukan pemasangan mulsa plastik. 

Tiga hari sebelum penanaman bibit, persiapkan membuat lubang tanam di permukaan mulsa. Lubang tanam menggunakan alat pelubang mulsa dan bisa dibeli di Toko Pertanian LMGA Agro. Lubang tanam pada kedalaman 8 - 10 cm. Jarak tanam menanam semangka SF-5656 1 m x 2 m.


Penanaman Bibit Semangka SF-5656 ke Lahan


Bibit di persemaian siap dipindah tanam di lahan setelah memiliki 2 - 3 helai daun atau umur 12 - 14 hari sesudah semai. Sebelum bibit dipindah tanam, lubang tanam disiram air agar bibit tidak stress saat dipindah tanam. Bila perlu, sebelum dipindah, bibit direndam dengan larutan perangsang tumbuh 5 - 10 menit. 

Selanjutnya, memisahkan bibit semangka SF-5656 dari kantong polybag. Siram media dengan air hingga basah. Mengeluarkan bibit harus hati-hati dan jangan sampai merusak akar. Masukkan bibit ke lubang tanam beserta tanahnya. Lalu timbun dengan tanah dan padatkan. Siram air kembali agar terjaga kelembabannya. 

Penanaman sebaiknya pada pagi hari dan harus selesai satu hari. Sehingga bila belum selesai pagi harinya, dapat dilanjutkan sore hari saat matahari tidak terlalu terik. Penanaman harus membuat posisi bibit tegak keatas. Bila sulit ditegakkan maka tekan sedikit tanahnya sampai bibit berdiri tegak. 

Perawatan awal setelah melakukan pindah tanam yaitu penjarangan dan penyulaman. Langkah penjarangan dilakukan bila tanaman terlalu lebat. Caranya memotong dan memangkas daun dan batang yang tidak diperlukan. 

Penyulaman yaitu mengganti bibit mati dengan bibit baru yang sehat. Bersamaan dengan itu, dilakukan penyiangan. Yaitu membuang ranting yang tidak berguna. Ujung ranting sekunder disisakan cukup 2 helai daun. 





Pemeliharaan Pohon Semangka SF-5656


semangka sf-5656, semangka kuning, manfaat buah semangka, jual benih semangka toko pertanian, online shop, lmga agro
Alat Siram Kocor | LMGA Agro 
Penyiraman pohon semangka SF-5656 sebanyak 2 kali sehari pagi dan sore. Jika tanah cenderung lembab maka penyiraman dilakukan 1 kali sehari pagi atau sore. 

Penyiraman pohon semangka SF-5656 hendaknya dilakukan hati-hati. Penyiraman jangan sampai merusak daun dan batang pohon semangka SF-5656. 

Jika tanah cepat kering maka bisa dilakukan penyiraman 2 kali dalam sehari. Sebaiknya tidak melakukan penyiraman di siang hari meski cuaca sangat panas. Karena justru membuat tanaman menjadi layu. Karena pada dasarnya pohon semangka tahan kekeringan.

Pengaturan posisi ranting pohon semangka SF-5656. Batang utama dan ranting pada sisi bedengan diatur sedemikian rupa supaya rapi. Pengaturan posisi ranting ini memudahkan dalam pemeliharaan. 

Pemupukan susulan dilakukan 5 kali : 

- Pemupukan pertama, umur 7 HST. Pemberian pupuk NPK sebanyak 4,5 gram/tanaman. Ditambah KNO3 2,5 gram per tanaman.

- Pemupukan kedua, umur 14 HST. Pupuk NPK 8,5 gr/tanaman + KNO3 sebanyak 2,5 gr/tanaman. 

- Pemupukan ketiga, umur 21 HST. Pupuk NPK dosis 12,5 gr/tanaman + KCl dosis 15 gr/tanaman. 

- Pemupukan keempat, umur 35 HST. Pupuk NPK dosis 12,5 gr/tanaman + ZA dosis 8,5 gr/tanaman. 

- Pemupukan kelima umur 45 - 50 HST. Pemberian pupuk ZA dosis 10 gr/tanaman. 

Pemasangan ajir sebagai penyangga saat tinggi tanaman 16 - 20 cm. Jarak pemasangan ajir 4 - 10 cm. Biasanya bahan ajir adalah sebatang kayu, bambu, kawat atau bahan lainnya. Ajir sebagai tempat bersandar tanaman, penyangga batang dan tempat merambatnya tanaman. 

Cabang pohon semangka SF-5656 akan tumbuh sesuai arah ajir. Batang tanaman diikatkan pada ajir menggunakan tali salaran khusus untuk tanaman. Tali dapat dibeli di Toko pertanian LMGA Agro online. 



Pemeliharaan Pohon Semangka Setelah Muncul Buah


Proses perempelan terhadap pohon semangka SF-5656 yaitu pemangkasan cabang agar produksi buah bisa maksimal. Caranya : pemangkasan cabang utama setelah ruas ke-5. Kemudian kita pelihara cabang samping sebanyak 3 saja. 

Lakukan juga pemangkasan tunas samping yang baru tumbuh. Tujuan pemangkasan tersebut agar unsur hara terfokus pada cabang yang dipelihara saja. 

Pemeliharaan lebih intensif saat mulai muncul buah pada pohon semangka SF-5656. Perempelan buah yaitu memangkas buah tidak normal. Buah mulai daun pertama sampai daun ke-13 harus dibuang. 

Buah yang dipelihara sampai besar adalah di daun ke-14 keatas. Untuk mendapatkan buah semangka ukuran besar, sisakan 2 - 3 buah per tanaman.  

Ketika buah sudah mulai muncul, buah perlu dialasi dengan jerami atau bambu agar buah tidak mudah busuk. Selain itu perlu juga dilakukan pembalikan buah secara berkala agar warna buah seragam saat dipanen.

Bila pohon semangka SF-5656 sudah sepanjang 50 cm maka mulai pasang seresah. Bila pohon semangka SF-5656 sudah muncul buah, berikan alas untuk buah membesar. 

Perempelan buah dimulai begitu muncul buah yang letaknya di pangkal batang. Sisakan 1 - 4 buah dan letaknya 1 meter dari pangkal batang. 



Hama dan Penyakit Pohon Semangka


semangka Sg-5656, semangka inul kuning, manfaat buah semangka, jual benih semangka, toko pertanian, online shop, lmga agro
Perangkap Yellow Trap | LMGA Agro
Hama Gangsir ( Brachytripes portentosus Licht) 

Bentuk fisiknya seperti jangkrik namun ukuran lebih besar. Aktif di malam hari. Hama menyerang pangkal batang terutama pada tanaman muda, hingga terpotong. 

Pengendalian teknisnya adalah sanitasi kebun, menutup lubang-lubang mulsa tempat tanaman tumbuh menggunakan tanah atau potongan bambu. Untuk tanaman kecil, ditutup dengan gelas plastik berlubang. 

Pengendalian kimia menggunakan insektisida berbahan aktif asefat, dectametrin, fipronil dan lain-lain. 


Kutu daun, Aphids dan Thrips

Bentuk fisiknya kecil dan ramping, berwarna kuning pucat kehitaman, memiliki sungut dan tubuh beruas-ruas. Kutu daun aktif di malam hari, menetap dan berkembang biak. 

Kutu daun menyerang tanaman muda, menghisap cairan daun sampai daun berwarna seperti perunggu. Menyerang bagian bawah permukaan daun. Daun lalu mengkerut, keriting, kering dan mati. Kutu daun juga menjadi hama vektor pembawa virus. 

Pengendalian mekanis yaitu sanitasi kebun, membersihkan gulma, pergiliran tanaman bukan dari famili Cucurbitaceae. Pengaturan waktu menanam serempak dan memanfaatkan musuh alami. 

Pengendalian kimia yaitu penyemprotan insektisida berbahan aktif sipermetrin, profenofos, abamectin dan lain-lain. 


Kumbang daun/oteng-oteng ( Aulacophora femoralis )

Kumbang daun aktif di malam hari dan berpindah dari satu tanaman ke tanaman lain dengan cepat. Menyerang daun dan bunga sampai berlubang. Pengendalian alami : menangkap hama langsung di lahan, pergiliran tanaman, pengolahan tanah dengan sempurna, sterilisasi tanah dan musuh alaminya. 

Pengendalian kimiawi yaitu penyemprotan insektisida berbahan aktif profenofos, diafenturon, metidation dan lain-lain. 


Lalat Buah ( Dacus spp. )


Lalat buah adalah pemangsa segala. Sayapnya transparan, berwarna kuning, ada bercak dan belalai. Lalat buah menyerang buah sejak masih kecil, memasukkan telurnya kedalam buah. Telur menetas menjadi larva lalu memakan daging buah. Buah menjadi memar, kuning membusuk, beraroma masam kemudian rontok. 

Pengendalian mekanis : memasang perangkap lalat mengandung metil eugenol, sanitasi kebun dan membalik tanah menggunakan cangkul dengan benar. Buah busuk dibuang dan gunakan musuh alaminya. 

Pengendalian yaitu menyemprotkan insektisida berbahan aktif profenofos, deltametrin, metidation dan lain-lain.


Kutu Kebul ( Bemisia tabaci )

Kutu kebul menyerang daun pada fase imago dan nimfanya. Yaitu dengan menghisap daun sehingga sel-sel dan jaringan daun rusak. Tampak adanya bercak nekrotik pada daun. Kutu kebul dewasa menjadi hama vektor penyebar virus Gemini yang paling ditakuti petani. 

Pengendalian mekanis yaitu memusnahkan tanaman terinfeksi, sanitasi lingkungan, jarak tanam jangan terlalu rapat, rotasi tanaman. Pemasangan perangkap dan memnfaatkan musuh alaminya. 

Pengendalian kimiawi yaitu menyemprotkan akarisida atau insektisida berbahan aktif imidakloprid, karbosulfan, protiofos, diafentiuron dan lain-lain. 


Ulat Grayak ( Spodoptera litura )

Ulat grayak berwarna coklat dan aktif di malam hari. Memakan daun terutama daun muda sampai berlubang dan rusak. Bila daun sudah habis dimakan, pindah menyerang batang muda sampai melubangi buah. Dalam semalam, ulat mampu menghabiskan seluruh tanaman di lahan. 

Pengendalian mekanis yaitu rotasi tanaman, pemakaian zat pheromone Ugratas merah dan memanfaatkan musuh alami. Pengendalian kimiawi yaitu penyemprotan insektisida berbahan aktif sipermetrin, deltametrin, profenofos dan lain-lain. 


Penggerek Buah ( Helicoverpa armigera )

Sejenis ngengat dan larva atau ulatnya menyerang buah sampai busuk. Pengendalian mekanis yaitu buah busuk dibuang dan memanfaatkan musuh alaminya. Dapat juga memanfaatkan Bacillus turingiensis. 

Pengendalian kimiawi menggunakan insektisida berbahan aktif sipermetrin, deltametrin, profenofos dan lain-lain. 


Jenis Penyakit Pohon Semangka



Layu Fusarium ( Fusarium oxysporum

Gejala : tanaman layu seperti kekurangan air sedangkan di pagi dan sore hari tanaman tampak segar. Bila dibiarkan maka dalam waktu 2-3 hari, tanaman akan mati kering, berwarna coklat dan batangnya mengkerut.

Pengendalian teknis yaitu menanam varietas tahan penyakit layu. Melakukan pengapuran, memusnahkan tanaman yang terserang, perbaikan drainase dan rotasi tanaman. 


Rebah Batang ( Pythium ultimum Trow )

Gejala serangan batang bibit berwarna coklat. Bibit lalu rebah dan mati. Perhatikan pemakaian pupuk kandang, yaitu pupuk harus matang. Jarak tanam lebar untuk mengurangi kelembaban. Benih diberi Propamocarb - HCl 72%. 


Antraknosa (Colletotrichum lagenarium ) 

Gejala : daun terlihat bercak-bercak coklat dan berubah warna kemerahan. Sampai akhirnya daun mati. Bila menyerang buah, tampak bulatan berwarna merah jambu dan lama kelamaan semakin meluas.

Pengendalian : rotasi tanaman, memusnahkan tanaman terinfeksi dan perbaikan drainase tanah. Pengendalian kimia fungisida berbahan aktif Karbendazim dicampur Mankozeb. 


Layu bakteri ( Erwinia tracheiphila )

Tanaman mengalami layu permanen dan bila tanaman dipotong melintang tampak pembuluh xylem menghitam. Tanaman harus dicabut lalu dibakar ( eradikasi ). Penggunaan benih bebas penyakit. 


Powdery mildew ( Spaerotheca fuliginea )

Gejala serangan tampak daun atau batang muda dilapisi semacam tepung berwama putih. Bila seluruh daun terkena maka daun menjadi cokelat dan keriput. Pertumbuhan pohon semangka terhambat dan menjadi lemah.

Pencegahan yauti menanam jauh dari tanaman inangnya, melakukan rotasi tanaman dan kurangi kelembaban. Penyemprotan fungisida berbahan aktif benomyl, pradimefon, oksitioquinoks dan tembaga.


Penyakit virus WMV ( Water Melon Virus )

Gejala : daun melepuh, belang-belang, cenderung berubah bentuk. Pertumbuhan tanaman kerdil dan timbul rekahan membujur pada batang.

Pengendalian teknis : sanitasi lingkungan, mencabut dan membakar tanaman. Pemasangan Mulsa Plastik Hitam Perak (MPHP), dan rotasi tanaman. Pengendalian kimiawi yaitu terhadap hama vektor Aphids maupun Thrips. 



Panen Semangka SF-5656 Known You Seed


Pohon semangka SF-5656 panen umur 75 hari setelah semai. Berat rata-rata buahnya 4 - 5 kg per buah. Tingkat rasa manis semangka SF-5656 adalah 13 Brix. Sangat manis dari rata-rata semangka merah. 

Pohon semangka SF-5656 berdaging kuning bentuk lonjong ( inul ) tahan penyimpanan dan pengangkutan. Ciri-ciri pohon semangka siap panen adalah terjadi perubahan warna buah. Batang buah terlihat mengecil dan semakin mengering. 

Waktu panen pohon semangka SF 5656 hendaknya saat cuaca cerah dan tidak sedang hujan. Tujuannya agar buah dalam kondisi kering sehingga tidak mudah busuk. Pengemasan standart panen semangka adalah menggunakan kotak kayu. Atau menggunakan rajutan benang mirip seperti jala dan ini lebih baik dibandingkan kotak kayu. 

Demikian artikel Kami judul : Pohon Semangka SF-5656 F1 Terbaik Daging Kuning Known You Seed. Hubungi nomer Kami di 082141747141 ( telepon ) dan 08125222117 ( SMS/WA ). Toko pertanian LMGA Agro menyediakan segala kebutuhan bercocok tanam lengkap dan berkualitas. Harga murah. 

Kami siap kirim pesanan Anda mulai benih hibrida buah dan sayur, pupuk, pestisida dan lain-lain ke seluruh wilayah Indonesia. Bersama mitra kami jasa pengiriman barang JNE, KI8, Pos Indonesia dan lain-lain. Kami juga mengajak usaha online bagi dropship dan reseller pertanian. 

Semoga artikel Kami bermanfaat dan menambah wawasan tentang pohon semangka SF-5656 dan budidayanya. Peluang usaha menanam semangka menjanjikan dan menguntungkan. Dapat juga dicoba dalam pot atau lahan sempit di pekarangan rumah. Salam sukses...



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon untuk berkomentar secara bijak dan sesuai bahasan.