TOKO PERTANIAN LMGA AGRO, TEMPAT BELANJA ONLINE PETANI MURAH, AMAN DAN PROMO. SEGERA BELANJA! HUBUNGI KAMI DI : SMS / WA : 081 252 22 117, LAYANAN KONSULTASI PERTANIAN GRATIS HP. 082 141 747 141.

KETIK JUDUL/LABEL ARTIKEL YANG DICARI PADA KOLOM DI BAWAH INI

17/06/21

Manfaat Cabe Rawit Terpedas Cabai Carika Benih Tunas Agro

manfaat cabe rawit, cabai, benih carika, tunas agro, cara menanam cabe, lmga agro, toko pertanian, toko online
Cabai Carika
Tunas Agro
Manfaat Cabe Rawit Terpedas Cabai Carika Benih Tunas Agro. HP 082141747141 ( telepon ) dan 08125222117 ( SMS/WA ). Toko pertanian online LMGA AGRO jual benih cabe rawit Carika produk Tunas Agro Seed. Cabai rawit rasa pedas namun kaya manfaat cabe rawit. 

Toko pertanian online LMGA AGRO menyediakan kebutuhan bercocok tanam mulai dari benih hibrida dan unggul, pupuk, pestisida, ZPT hingga alat pertanian. Kami menerima layanan konsultasi pertanian gratis. 

Kami siap kirim pesanan Anda ke alamat Anda seluruh wilayah Indonesia. Bersama jasa pengiriman barang JNE, KI8 dan Pos Indonesia. Kami juga mengajak kerja sama sebagai dropship dan reseller toko pertanian LMGA AGRO. 

Manfaat cabe rawit sama baiknya bagi kesehatan seperti manfaat cabe dari jenis cabe lainnya. Seperti manfaat cabe dari jenis cabe merah besar, cabe keriting hingga cabe hijau. Cabai mengandung zat capsaicin yang bisa berkhasiat sebagai obat mengatasi berbagai jenis penyakit. 

Manfaat cabe rawit sangat baik untuk kesehatan meski harus berhati-hati dalam mengkonsumsinya teruta pederita maag. Khasiat cabe terdapat pada cabai Carika dari Tunas Agro. Benih bebas penyakit, hasil buah banyak. 

Cabai Carika merupakan benih cabai hibrida produk berkualitas dari Tunas Agro Seed. Benih cabe Carika jenis cabe rawit terpedas namun menyehatkan. Asalkan cabe tidak dikonsumsi berlebihan. 

Cabe rawit dapat memberikan efek samping dan tidak mengenakkan serta membuat tidak nyaman perut kita. Karena itu untuk beberapa orang dengan penyakit tertentu harus berhati-hati bila ingin merasakan manfaat cabe rawit. 


Cabai Carika Benih Hibrida Tunas Agro


Cabai Carika merupakan benih cabe jenis cabe rawit produk dari Tunas Agro Seed. Cabe Carika tahan patek dan mempunyai tipe buah cabe menggantung. Buah cabe Carika saat muda berwarna putih dan akan berubah merah saat tua. 

Buah cabe Carika pedas dan bentuknya mengerucut. Pohon cabe Carika dari Tunas Agro tumbuh tegak, pertumbuhan pohon cabe sangat cepat dan kuat. Tanaman cabe Carika tahan terhadap serangan penyakit. 

Benih cabe rawit Carika Tunas Agro cocok ditanam di dataran sedang sampai tinggi. Cabai rawit diberi pupuk dengan cara disesuaikan kondisi lahan secara spesifik. Tanaman cabe membutuhkan pupuk meliputi pupuk kandang, pupuk Urea sebanyak 200 - 300 kg/ha dan pupuk TSP serta KCl. 

Cabai rawit biasanya mulai berbuah dan dapat dipanen setelah umur 2,5 - 3 bulan sejak bibit dipindahtanamkan. periode panen cabe rawit berlangsung selama 6 bulan bahkan bisa lebih. 

Umur tanaman cabe rawit dapat mencapai 24 bulan dan frekuensi panen di masa panen dapat dilakukan 15 - 18 kali. Cabe rawit biasanya dimanfaatkan sebagai obat-obatan tradisional. Hal ini karena cabe mengandung senyawa Capsaicin yang banyak khasiatnya bagi kesehatan. 

Cabe rawit memiliki nama latin Capsicum frutescens L. yaitu salah satu tanaman hortikultura dari jenis sayur-sayuran. Dimana pohonnya memiliki buah kecil dengan rasa sangat pedas. Jenis cabe rawit terpedas dari jenis cabe lainnya. Bahkan jenis cabe terpedas di dunia berbentuk cabe kecil/rawit. 


Manfaat Cabe Rawit Untuk Kesehatan


manfaat cabe, cabai, cabe rawit, benih carika, cara menanam cabe, jual benih cabe, toko pertanian, toko online. lmga agro
Manfaat Cabe Rawit
Manfaat cabe rawit
dengan cabai Carika baik untuk sistem pencernaan. Karena cabe rawit Carika  dapat dapat memperlancar sistem pencernaan. Mengkonsumsi cabe rawit bermanfaat untuk metabolisme tubuh. 

Manfaat cabe rawit dapat mengurangi nafsu makan yang berlebihan. Berpotensi menurunkan tekanan darah dan meredakan nyeri.  Selain itu manfaat cabe rawit dapat menyembuhkan psoriasis dan mampu menekan resiko penyakit kanker. 

Cabai rawit Carika banyak sekali khasiatnya karena dalam buah cabe terdapat kandungan vitamin B6, asam folat, potassium dan betakaroten. Kandungan dalam manfaat cabe rawit diyakini dapat mencegah tubuh kita dari serangan penyakit jantung. 

Serangan jantung biasanya karena tekanan darah yang tinggi. Sehingga manfaat cabe rawit dapat menstabilkan tekanan darah ke angka normal. Manfaat cabe rawit juga menjaga tekanan darah untuk tetap stabil sehingga kerja jantung bisa optimal. 

Secara lengkap, manfaat cabe rawit bagi manusia adalah : 

- Dapat meringankan rasa sakit. 
- Dapat menurunkan berat badan. 
- Memelihara kesehatan pencernaan. 
- Menjaga kadar gula darah tubuh. 
- Menurunkan resiko penyakit jantung dan pembuluh darah. 
- Menurunkan resiko kanker. 
- Melancarkan pernapasan. 

Manfaat cabe rawit juga dapat menimbulkan efek samping bagi beberapa orang. Salah satu bahaya mengkonsumsi cabai dengan rasanya yang pedas adalah maag. Konsumsi cabe sedikit atau banyak bila sensitif dapat menyebabkan gangguan maag. 

Lambung penderita maag akan mengalami iritasi atau peradangan, akumulasi penyakit maag diantaranya bisa diare, sakit kepala bahkan pegal-pegal seluruh tubuh. 


Cabai Rawit Mudah Ditanam oleh Pemula


Cabai rawit Carika tidak sulit ditanam bahkan oleh pemula sekalipun. Karena harga cabe rawit tidak dapat ditebak, maka orang-orang juga berkeinginan punya pohon cabe di rumah mereka. 

Menanam cabe di rumah sendiri dapat dipanen dalam bentuk cabe hijau. Karena cabe hijau juga dapat dimasak sebagai sambal hijau atau diris untuk masak tumisan. Cabe rawit Carika waktu muda berwarna putih. Cabe rawit muda banyak dimanfaatkan untuk teman makan gorengan. Kebiasaan ini sudah berlangsung lama di masyarakat Indonesia. 

Untuk pemula,  cara menanam cabe pertama yang harus dilakukan yaitu menyediakan tanah. Siapkan benih cabe dan pilih benih sehat dan bebas penyakit. Menanam cabe di rumah biasanya menggunakan pot maka disiapkan juga pot atau polybag. 

Untuk media cara menanam cabe yaitu menggunakan tanah dicampur pupu kandang atau kompos yang bersifat organik. Media masukkan pot lalu siram air hingga basah. Lalu masukkan benih cabe dan siram kembali dengan air bersih. 

Letakkan di tempat aman dan teduh. Setelah daun tanaman cabe rawit mulai muncul maka tanaman harus rutin disiram. Penyiraman dilakukan setiap hari. Tanaman cabe rawit umur 25 hari bisa dipindahkan ke pot/polybag berukuran lebih besar. 

Pupuk yang tepat untuk cara menanam cabe agar tumbuh dengan baik dan berbuah lebat. Gunakan pupuk Urea dan NPK Mutiara 16-16-16. 

Cara menanam cabe sebaiknya ditanam di lokasi terkena cahaya natahari langsung. Manfaat cabe rawit dapat maksimal bila tanaman menerima sinar matahari penuh sepanjang hari. 

Cabai dapat ditanam di tanah bekas panen padi. Tanah sawah setelah menanam padi bersifat gembur dan kaya unsur hara. Tanah ideal budidaya cabe yaitu memiliki air tanah yang cukup. 




Budidaya Cabe Menyenangkan dan Menguntungkan


manfaat cabe rawit, cabai rawit, cara menanam cabe, jual benih cabe, toko pertanian, toko online, lmga agro
Alat Semprot Bibit

Manfaat cabe rawit
diawali dengan budidaya cabe yang baik dan benar. Buah cabe akan tumbuh sehat sehingga dapat dinikmati manfaat cabe rawit dengan maksimal. 

Pemupukan berfungsi untuk memberikan makanan pada tanaman agar tumbuh baik. Waktu pemupukan cabe perlu diketahui dan dilakukan dengan benar. Pupuk anorganik diberikan juga selain pupuk organik tentunya. 

Pemberian pupuk anorganik dilakukan secara berjenjang atau bertahap. Petani cabe biasanya melakukan waktu pemupukan : umur 20 HST diberikan pupuk kandang. 

Tanaman cabe umur 30 HST menggunakan pupuk KCl dan umur 45 HST diberikan pupuk Urea. Memasuki umur 60 HST diberikan pupuk TSP atau NPK Mutiara. Umur lebih 60 HST diberikan pupuk Phonska dalam bentuk larutan atau cair.   

Pemupukan tanaman cabai agar manfaat cabe rawit bisa optimal menggunakan pupuk kandang. Pupuk kandang menggunakan kotoran kambing ditambah kompos akan banyak menyediakan Nitrogen bagi tanaman. Terutama baik untuk pertumbuhan vegetatif tanaman. 

Sebagai pelengkap atau pupuk tambahan, berikan pupuk NPK 16-16-16 ke tanaman cabe dengan interval satu minggu sekali. Pertumbuhan pohon cabe dapat subur bila pemupukan dilakukan 2 minggu sekali sampai panen. 

Untuk 2 minggu pertama, berikan dulu pupuk organik yaitu kompos atau pupuk kandang. Boleh kedua-duanya diberikan saat pemupukan. Pemupukan dapat membuat pohon cabe berbuah lebat.

Biasanya pohon cabe mulai berbuah umur 2,5 - 3 bulan sejak bibit ditanam. Periode panen cabe rawit Carika berlangsung selama 6 bulan bahkan bisa lebih. Lama umur tanaman cabai rawit adalah 24 bulan. 




Manfaat dari Tanam Cabe Carika


Tanam cabe yang baik ini mudah untuk diikuti. Pilihlah bibit cabe dalam kondisi sehat, segar dan kuat serta siap tanam. Masukkan bibit cabe ke dalam lubang tanam yang sudah disiapkan sebelumnya. Setelah ditanam, beri pupuk kandang secukupnya lalu tutup menggunakan tanah. 

Penyiraman sangat penting dalam tanam cabe. Bila musim kemarau, penyiraman tanaman dilakukan setiap hari sekali. Namun bila musim hujan, sesuaikan dengan intensitas air hujan yang mengenai tanaman. 

Manfaat tanam cabe, kita akan mendapatkan buah cabe segar dan baik bagi kesehatan juga kecantikan. Manfaat cabe rawit dapat membunuh sel kanker, melancarkan pencernaan, meningkatkan kinerja otak dan penghilang stress. 

Manfaat cabe rawit dapat mencegah obesitas dan membantu menurunkan berat badan serta membantu pembentukan sel darah merah. Manfaat cabe rawit bersifat anti radang sehingga dapat mengobati panas dalam dan sariawan. 

Manfaat cabe rawit beraneka ragam sudah diketahui sejak lama sebagai obat tradisional. Manfaat cabe rawit menjadi bumbu masakan dan penambah rasa pedas yang dapat menambah nafsu makan. 

Tanaman cabe merupakan tanaman semak dan tumbuh baik di iklim sub-tropis dan tropis. Manfaat cabe rawit dapat mengatasi berbagai penyakit salah satunya mengobati masalah peredaran darah. 

Rasa pedas manfaat cabe rawit berasal dari Capsaicin. Senyawa inilah yang membuat cabe rawit memiliki banyak manfatt. Semakin tinggi kandungan capsaicin maka semakin pedas rasa cabe tersebut. 


Kerja Cabai pada Tubuh Kita


Manfaat cabe, cabai rawit, cara menanam cabe, benih carika, jual benih cabe, toko pertanian, toko online, lmga agro
Budidaya Cabe Rawit

Kerja cabe memberikan manfaat cabe rawit yang luar biasa pada tubuh kita dalam meningkatkan metabolisme tubuh. Dengan mengkonsumsi cabe rawit, kecepatan metabolisme akan meningkat sebanyak 50%. Sampai jarak waktu 3 jam terakhir kita makan cabe. 

Lemak akan terbakar sepanjang hari dan dapat menurunkan berat badan lebih cepat dalam jangka panjang. Cabe rawit hijau sebanyak 10 gram terbukti dapat meningkatkan pembakaran lemak baik pria maupun wanita. 

Setiap orang mendambakan sistem pencernaan yang lancar setiap harinya. Manfaat cabe rawit dapat menstimulasi sistem pencernaan yaitu dengan meningkatkan produksi enzim dan asam lambung. Sehingga terjadi proses metabolisme makanan dalam tubuh.

Bagi pencernaan yang sensitif, proses metabolisme akibat makan cabe rawit dapat menyebabkan diare. Karenanya tetap hati-hati mengkonsumsi cabai dan jangan berlebihan. 

Capsaicin cabe rawit dapat mengatasi keluhan sakit kepala. Capsaicin memberikan sensasi pedas dan meringankan sakit kepala secara alami. Sensasi dan efek rasa pedasnya juga membuat keluarnya lendir pada hidung. Dan secara tak sadar sakit kepala mulai menghilang. 




Peran Vitamin dalam Cabai Rawit Carika


Manfaat cabe rawit mengandung vitamin C dan antioksidan dapat membantu melawan penyakit dan mempercepat proses penyembuhannya. Manfaat cabe hijau berperan dalam mempercepat penyembuhan luka. 

Vitamin C manfaat cabe rawit membantu terbentuknya kolagen kulit dan protein struktural dalam membentuk kulit. Vitamin C melindungi tubuh kita dari serangan berbagai penyakit, memperkuat sistem imun tubuh agar kebal. Bila sistem imun kuat, aktivitas lancar dan tidak mudah sakit. Bila pun sakit, kita akan cepat sembuh.  

Vitamin B2 manfaat cabe rawit berkhasiat untuk menjaga kesehatan mata. Khasiat cabe ini sama dengan vitamin pada tanaman wortel. 

Vitamin B1 manfaat cabe rawit berkhasiat mencegah penyakit beri-beri. Penyakit beri-beri terjadi karena kekurangan vitamin B1. Vitamin B1 diperlukan tubuh untuk memproduksi energi. 

Manfaat cabe rawit mengandung vitamin B6, asam folat, potassium dan betakaroten. Fungsinya mencegah penyakit jantung dan penyakit biasanya disebabakan tekanan darah tinggi serta kolesterol. Mengkonsumsi cabe rawit dapat menangkal kolesterol jahat dalam tubuh.  


Cara Menanam Cabe Rawit di Polybag


Manfaat cabe, cabai rawit, benih Carika, tunas agro, cara menanam cabe, jual benih cabe, toko pertanian, toko online, lmga agro
Tray Semai Untuk Benih Cabe
Cara menanam cabe rawit di polybag
tepat dilakukan di pekarangan rumah dan memanfaatkan lahan kosong di halaman. Cabe rawit Carika cocok tumbuh di dataran sedang sampai tinggi. Dan menyukai suhu pada kisaran 24 - 27 derajat Celcius. 

Budidaya cabe rawit dapat tumbuh dimana saja dan mudah beradaptasi dengan lingkungan. Menyukai penyinaran matahari penuh atau selama 8 jam setiap harinya. 

Cara menanam cabe rawit Carika Tunas Agro di polybag mebutuhkan bahan-bahan sebagai berikut : bibit, media tanam, polybag, alat semprot kecil, sarung tangan, sekop kecil dan pupuk. Agar tanaman cabe nanti cepat tumbuh, lakukan pembibitan cabe dari benih cabe berkualitas Carika Tunas Agro. 

Langkah-langkah pembibitan benih cabe Carika yaitu : 

- Menyiapkan polybag sebagai wadahnya. Tanah dan pupuk kandang perbandingan 3 : 1 sebagai media semai. Masukkan ke polybag dan letakkan di tempat yang tidak kena hujan dan matahari selama 1 minggu.  

- Siapkan benih cabe Carika dan rendam dalam air hangat selama 3 jam. Masukkan benih pada tanah sedalam 1 cm lalu tutup dengan tanah kembali. Benih akan muncul kecambah dalam 4 minggu. 

Begitu benih sudah cukup kuat, dapat dipindahkan ke polybag lebih besar. Pastikan polybag terdapat lubang-lubang untuk lewatnya air siraman. Media tanam menggunakan tanah dan kompos ( 2 : 1 ), tanah + pupuk kandang + sekam ( 1 : 1 : 1 ) atau tanah + pupuk kandang  ( 2 : 1 ). 




Pemeliharaan Tanaman Cabe 


Penyiraman tanaman cabe menggunakan air bersih. Untuk bibit yang masih kecil, penyiraman air menggunakan alat semprot tanaman. Penyiraman dilakukan 2 kali sehari, pagi dan sore. 

Pasang ajir agar tanaman tetap berdiri tegak dan tidak mudah roboh. Ajir atau lanjaran tanaman cabe dibuat dari batang bambu. Ajir dimanfaatkan juga oleh tanaman sebagai tempat rambatannya. Pohon cabe bisa mencapai tinggi hingga 20 cm. 

Pemangkasan atau perompesan dilakukan agar tanaman cabe tumbuh subur. Kegiatan perompesan pada pohon cabe dimulai hari ke-20 setelah tanam. Pangkas tunas-tunas muda yang tumbuh di sekitar ketiak daun. 

Pemangkasan dilakukan sebanyak 3 kali sampai terbentuk cabang. Pemangkasan ini bertujuan agar tanaman tidak tumbuh ke samping ketika batang belum terlalu kuat. Bila batang tidak kuat menopang akan mudah patah.   

Cara menanam cabe rawit di lahan sawah, tanah harus diolah terlebih dahulu. Cara pengolahan tanah budidaya tanaman cabe menggunakan cara dibajak atau mencangkul. Tujuan pengolahan tanah agar tanah lebih gembur, rata sehinggan nantinya mudah ditanami bibit. 

Ratakan tanah setelah diolah mengguankan bajak atau cangkul. Bersihkan dari gulma atau sampah harus dibuang. Selanjutnya biarkan lahan selama beberapa hari. Sebarkan pupuk kandang secara merata. 

Penggemburan lahan menggunakan cangkul kecil di sekitar tanaman. Penggemburan dilakukan secara merata dan mengelilingi tanaman. Pengemburan atau pendangiran ini dilakukan rutin tiap bulan sekali. 

Tanah untuk budidaya cabai harus diolah terlebih dahulu agar subur dan gembur. Karena kondisi tanah sangat mempengaruhi pertumbuhan tanaman. Oleh karena itu, proses pengolahan tanah tidak boleh dilewatkan karena sangat penting pengaruhnya terhadap pertumbuhan tanaman. 

Manfaat Cabe Rawit dari Hasil Panen Optimal


Dalam luasan 1 hektar bisa ditanam sebanyak 22.500 tanaman cabe. Namun untuk budidaya cabe secara konvensional, populasi cabe di lahan datar sebanyak 15.000 - 16.000 tanaman per hektar. 

Satu pohon cabe Carika menghasilkan sekitar 10 kg buah cabe. Beberapa faktor keberhasilan dapat mempengaruhi jumlah hasil panen cabe. Salah satunya serangan hama penyakit dan penyakit patek paling ditakuti oleh petani cabe.  

Penyakit patek menjadi penyakit penting tanaman cabai karena banyak menyebabkan kerugian bagi petani. Kehilangan hasil panen akibat serangan penyakit Patek diperkirakan mulai 20 - 90%. 

Penyakit patek banyak menyerang hebat di musim hujan. Sehingga Petani perlu banyak persiapan untuk menanam cabe di musim penghujan meskipun menggunakan benih tahan penyakit. Penyebab penyakit patek yaitu jamur Colletotrichum capsici.  

Demikian artikel kami judul : Manfaat Cabe Rawit Terpedas Cabai Carika Benih Tunas Agro. Hubungi nomer kontak Kami di 082141747141 ( telepon ) dan 08125222117 ( SMS/WA ). Toko pertanian online LMGA AGRO menyediakan berbagai kebutuhan bercocok tanam. 

Kami menyediakan berbagai varietas benih hibrida dan unggul produk pabrik benih terkemuka. Juga tersedia pupuk, pestisida, ZPT hingga alat pertannian. Kami siap kirim pesanan Anda ke seluruh wilayah Indonesia bersama JNE, Ki8 dan Pos Indonesia. 

Semoga artikel Kami tentang manfaat cabe rawit dapat menambah wawasan pembaca. Manfaat cabe rawit dari cabai carika Tunas Agro. Rasa cabe yang sangat pedas namun kaya manfaat. Semoga berhasil budidaya cabe dan salam sukses...


RELATED POSTS

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon untuk berkomentar secara bijak dan sesuai bahasan.