TOKO PERTANIAN LMGA AGRO, TEMPAT BELANJA ONLINE PETANI MURAH, AMAN DAN PROMO. SEGERA BELANJA! HUBUNGI KAMI DI : SMS / WA : 081 252 22 117, LAYANAN KONSULTASI PERTANIAN GRATIS HP. 082 141 747 141.

KETIK JUDUL/LABEL ARTIKEL YANG DICARI PADA KOLOM DI BAWAH INI

11/05/22

Tomat Mutiara F 4736 Terbaik Harga Murah Dan Terjangkau - LMGA AGRO

jual benih,tomat,benih mutiara,benih Known You Seed,budidaya tomat,toko pertanian,toko online,lmga agro
Tomat Mutiara F 4736 F1
Tomat Mutiara F 4736 Terbaik Harga Murah Dan Terjangkau. HP 08125222117 (WA/SMS) dan 082141747141 (Telepon) LMGA AGRO. LMGA AGRO toko pertanian terpercaya menyediakan berbagai macam kebutuhan pertanian lengkap untuk bercocok tanam.

Kami jual berbagai macam benih, pestisida, alat pertanian, pupuk, dan sebagainya. LMGA AGRO juga memiliki layanan konsultasi soal pertanian bagi Anda. Kami juga bekerjasama dengan mitra ekspedisi terpercaya seperti Tiki, JNE, KI8, Pos Indonesia, dan lain – lain.

Tomat Mutiara F 4736 tersedia di LMGA AGRO. LMGA AGRO jual benih tomat Mutiara F 4736 kualitas original produksi dari Known You Seed. Dapatkan segera produk benih tomat Mutiara F 4736 F1 segera di LMGA AGRO.

Indonesia sebagai Negara agraris memiliki kekayaan alam hasil pertanian yang berlimpah. Salah satu komoditi hasil pertanian yang berlimpah itu ialah tomat.

Tomat bukanlah asli dari Nusantara, namun merupakan tanaman asli dari Amerika Selatan dan Amerika Tengah. Buah dari tanaman ini mudah sekali diperoleh dalam kehidupan sehari – hari. Warnanya biasanya berupa hijau, merah, serta kuning.

Buah tomat biasa dikonsumsi sebagai bahan makanan, baik secara langsung maupun tidak langsung (olahan makanan). Bentuk olahan makanan berbahan dasar buah ini sangatlah beragam. Contohnya saja seperti salad, jus, manisan, keripik, dan sebagainya.

Selain cita rasanya lezat juga nikmat, tanaman ini mempunyai manfaat cukup banyak. Manfaat – manfaat itu tentu saja sangatlah berkhasiat baik bagi tubuh.

Beberapa contoh manfaat mengkonsumsi tomat bagi tubuh yaitu :

Melembabkan kulit

Kandungan nutrisi berupa kalium dalam tomat sangatlah bermanfaat. Kalium berperan penting dalam melembabkan kulit, sehingga cocok untuk meremajakan kondisi kulit wajah

Menghambat pertumbuhan sel kanker

Kandungan antioksidan likopen dalam tomat sangat baik bagi tubuh. Likopen dapat menghambat tumbuh serta penyebaran sel kanker. Sehingga, resiko tubuh terserang kanker bisa lebih rendah

Mencegah penuaan dini

Penuaan dini menjadi masalah bagi banyak orang. Tentu hal tersebut menjadi masalah serius bisa terus saja tak tertangani. Mengkonsumsi buah tomat yang kaya kandungan vitamin B bisa mengatasi hal tersebut. kandungan vitamin B mampu mencegah penuaan dini, sehingga tetap terlihat awet muda.

Memperlancar sistem metabolisme tubuh

Tomat kaya dengan kandungan nutrisi bermanfaat, salah satunya adalah serat. Serat terbukti mampu memperlancar sistem metabolisme tubuh, sehingga bisa terhindar dari gangguan sistem pencernaan

Baca Juga : Jual Benih Pepaya Unggulan Harga Murah

Peluang Usaha Bisnis Budidaya Tomat Menjanjikan

Berbagai macam kandungan nutrisi bermanfaat dari buah tomat terbukti sangat baik bagi tubuh. Apalagi budidaya tanaman ini tergolong memiliki prospek menguntungkan, sehingga sesuai untuk menambah penghasilan.

Mulai dari pemula hingga petani yang sudah ahli bisa melakukan budidaya tomat sebagai usaha agribisnis. Jika Anda memiliki minat serta kemauan tinggi, maka Anda dapat menjalankannya secara mudah.

Hanya menggunakan modal kecil Anda sudah bisa menjalankan usaha bisnis budidaya tomat. Jika tidak memiliki lahan berukuran besar, maka lahan kecil bisa Anda gunakan sebagai penggantinya.

Untuk tujuan pemasarannya, petani tak perlu merasa khawatir. Mengapa ?? Karena jumlah konsumen sebagai tujuan pemasaran agribisnis budidaya tomat sangatlah besar.

Anak – anak kecil hingga orang tua sangat menyukai buah tomat, sehingga tidak sulit mencari konsumen sebagai tujuan pemasarannya. Pabrik – pabrik besar berbahan dasar tomat juga bisa menjadi tujuan pemasaran untuk Anda.

Untuk menjalankan usaha budidaya tomat, petani tentu memerlukan alat – alat pertanian pendukung. Alat – alat pendukung itu contohnya yaitu gunting, cangkul, sprayer, benih, dan lain – lain. Dengan menggunakan alat – alat pertanian pendukung tersebut, maka proses budidaya akan makin mudah.

Jika hasil panen telah diperoleh, maka sekarang Anda hanya perlu untuk memasarkan hasil panen. Restoran, rumah makan, hotel, serta pasar induk bisa menjadi tujuan pemasaran untuk Anda.

Keuntungan agribisnis hasil dari budidaya tomat tergolong cukup menguntungkan. Harga jual tergolong cukup menjanjikan, sehingga keuntungan dapat menjadi semakin banyak.

Baca Juga : Unsur Hara Mikro Maupun Makro Kebutuhan Penting Tanaman

Ancaman OPT Bagi Perkembangan Tanaman Tomat

Walaupun peluang bisnis tomat tergolong menguntungkan, tetapi terkadang terdapat ancaman yang bisa mengganggu. Contoh ancaman itu ialah keberadaan dari OPT (Organisme Pengganggu Tanaman).

Walaupun telah mempunyai ketahanan terhadap opt tertentu, petani tetap harus memiliki kewaspadaan terhadap opt pengganggu. Beberapa contoh opt pengganggu yang perlu petani waspadai ketika membudidayakan tomat yaitu :

Antraknosa

Penyakit antraknosa terjadi akibat serangan jamur Colletotrichum coccodes. Ketika musim hujan, antraknosa cenderung akan semakin parah. Banyaknya genangan air serta lembabnya lingkungan sekitar makin mempermudah penyebaran cendawan Colletotrichum.

Jamur Colletotrichum berkembang pada tingkat kelembaban ≥ 90 % dengan suhu < 32° C. Jamur ini bertahan hidup pada sisa – sisa tanaman yang sudah terinfeksi serta dalam tanah.

Cendawan akan memproduksi spora, lalu spora akan hidup pada bagian daun serta ranting. Ketika awal musim hujan, produksi spora kecil lebih banyak lalu menyebar melalui media air hujan.

Semua bagian tanaman bisa terinfeksi penyakit antraknosa. Serangannya dapat terjadi baik ketika masuk fase vegetatif maupun fase generatif.

Gejala tanaman terinfeksi antraknosa awalnya muncul bercak melingkar berbentuk cekung dengan warna coklat. Pada perkembangannya, bercak itu nantinya membesar serta menyebabkan pembusukan.

Lalat Buah

Lalat buah (Bactrocera sp) merupakan salah satu hama utama bagi banyak tanaman. Tak salah bila hewan ini menjadi musuh utama bagi para petani.

Ukuran tubuh lalat buah berkisar ± 8 mm dengan warna tubuh hijau kehitaman serta sayapnya transparan. Sementara, belatung mudanya memiliki warna putih. Pada tepian ujung sayap terdapat bercak – bercak berwarna coklat kekuningan.

Lalat buah berkembang biak dengan cara bertelur. Telur – telur itu mereka letakkan ke dalam buah dengan menusukkan ovipositornya ke dalam kulit buah. Sekali bertelur, lalat dapat menghasilkan telur sebanyak 100 – 120 butir.

Sesudah 2 – 3 hari, telur akan menetas lalu menjadi larva. Larva akan mengalami 2 kali pergantian kulit, lalu selanjutnya akan menjadi pupa. Sesudah 8 – 11 hari, pupa akan berubah menjadi lalat dewasa.

Hama ini banyak menyerang buah – buahan dan sayur – sayuran. Bahkan ketika serangan parah lalat buah dapat menyebabkan kegagalan panen.

Gejala serangan lalat buah cukup khas daripada gejala patogen lainnya. Saat awal serangan, kondisi buah terlihat baik – baik saja ketika lalat menyuntikkan telur.

Namun, kondisi tersebut segera berubah ketika larva mulai menetas dari telur dan memakan daging buah. Tomat yang telah terserang lalat buah dapat mengalami pembusukan dan di dalamnya muncul belatung.

Bercak Daun

Penyakit bercak daun pada tomat terjadi akibat infeksi jamur Mycovellosiella fulva. Sporanya mampu bertahan hidup tanpa inang selama ± 6 bulan sampai 1 tahun.

Perkecambahan spora terdukung dengan tingkat kelembaban dan udara yang berkepanjangan (> 85 %). Suhu antara 4 – 34 C semakin mendukung spora berkecambah. Spora bisa menyebar melalui bantuan media seperti angin,  pakaian pekerja, serangga, dan air.

Biasanya, gejala terjadi pada kedua sisi daun. Daun berumur lebih tua lebih mudah terinfeksi dahulu, lalu kemudian menyebar ke daun muda.

Pada sisi bawahnya, berkembang bercak hijau sampai abu – abu dan potongan beludru. Sementara, pada sisi atas daun muncul bercak berukuran kecil berwarna hijau pucat atau kekuningandengan tepian yang dapat meluas.

Bercak ini terdiri dari struktur penghasil spora serta massa spora (konidia). Seiring waktu, saat bercak – bercak membesar terjadi perubahan warna daun yang terinfeksi dari kuning menjadi coklat.

Daun pun akan mulai menggulung dan mengering. Daun akan rontok sebelum waktunya, sehingga mengakibatkan parahnya daun yang gugur.

Terkadang, patogen ini bisa menyebabkan penyakit pada buah atau bunga dengan aneka gejala. Bunga dapat berubah jadi hitam seta akan mati sebelum pembentukan buah.

Buah hijau serta matang bisa mengembangkan area hitam halus yang tak beraturan di ujung batang. Seiring berkembangnya penyakit, area yang terinfeksi jadi cekung, kasar, serta kering.

Busuk Bakteri

Penyakit busuk bakteri terjadi akibat infeksi bakteri Clavibacter michiganensis. Bakteri bisa bertahan hidup dalam biji, sisa – sisa tanaman, ataupun dalam tanah.

Penularan bisa terjadi melalui biji yang terinfeksi, patogen dalam tanah, ataupun ketika penjepitan. Bakteri berkembang biak pada pembuluh daun serta menghambat transportasi nutrisi dan air.

Akibatnya, tumbuhan terinfeksi mulai layu serta mengering. Tingginya kelembaban tanah dan suhu hangat akan semakin mendukung penyakit busuk bakteri.

Bibit yang telah terinfeksi menghasilkan tumbuhan lemah dan kerdil dengan bintik kecil keputihan pada urat maupun tangkai daun.

Gejala pada tanaman dewasa terjadi melalui penyebaran infeksi primer ke jaringan baru ataupun akibat infeksi sekunder. Daun klorosis antara tulang daun, keriting, serta layu pada daun lebih tua jadi ciri penyebaran secara sistemik.

Kemudian, daun mengalami perubahan warna menjadi coklat lalu rontok. Bagian tangkai umumnya tetap hijau serta melekat kuat pada bagian batang.

Infeksi baru terlihat dengan munculnya luka berwarna coklat tua pada tepian daun serta bintik bulat dengan lingkaran cahaya kuning pada bilah daun. Pada bagian atas daun muncul garis – garis vertical. Batang selanjutnya terbelah secara memanjang lalu membentuk bagian busuk.

Pada bagian buah, muncul bintik – bintik coklat dengan lingkaran cahaya berwarna kuning terang. Ketika penyakit busuk bakteri terus berkembang, maka seluruh tanaman akan mati.

Ulat Grayak

Ulat grayak (Spodpotera frugiperda) merupakan hewan serangga penyebab kerusakan bagi banyak tanaman. Tak mengherankan bila petani sangat terganggu dengan keberadaan ulat grayak.

Telur biasanya terletak dalam kelompok rapat pada sisi bawah daun berisi 100 – 300 butir telur. Larva mempunyai warna coklat muda atau hijau mendekati hitam dengan garis memanjang pada punggung serta sepanjang sisi.

Ngengat memiliki sayap depan coklat berbintik – bintik dengan belang lebih gelap atau lebih cerah. Sementara sayap belakang memiliki warna putih transparan. Ketersediaan makanan serta suhu lingkungan menentukan lamanya fase siklus hidup ngengat.

Larva ulat grayak menyebabkan kerusakan dengan cara memakan semua bagian tanaman. Awalnya larva muda memakan 1 sisi jaringan daun, sementara sisi lainnya tetap utuh.

Bibit bisa termakan sampai tunas serta titik tumbuh mengalami kerusakan. Larva berukuran lebih besar meninggalkan jejak berupa barisan lubang kecil khas, kotoran larva, serta tepi kasar pada daun.

Pangkal tanaman, struktur reproduktif, ataupun buah muda dapat ikut terserang ulat grayak. Dalam kasus serangan parah, ulat grayak mampu mengakibatkan kerontokan yang meluas.

Tomat Mutiara F 4736 Produk Ampuh Solusi Untuk Budidaya

jual benih,tomat,benih mutiara,benih Known You Seed,budidaya tomat,toko pertanian,toko online,lmga agro
Tomat Mutiara F 4736 Produk Ampuh Untuk Budidaya. 









Agar serangan hama dan penyakit tersebut bisa terantisipasi, ada cukup banyak caranya.

Salah satu cara ampuh dalam mengatasi ancaman itu ialah dengan memakai benih tomat berkualitas terbaik.

Hingga saat ini, banyak sekali produk tomat yang telah beredar. Nah, supaya lebih gampang LMGA AGRO akan merekomendasikan salah satu produk kualitas unggulan, yakni Mutiara F 4736 F1.

Mutiara F 4736 F1 ialah benih tomat sayur hibrida terbaru kualitas unggulan dan terbaik produk Known You Seed. Tomat Mutiara F 4736 F1 cocok untuk petani pilih untuk budidaya karena memiliki berbagai macam keunggulan.

Keunggulan – keunggulan dari produk benih Mutiara F 4736 yaitu :

Benih tomat Mutiara F 4736 memiliki vigor kokoh bertipe semi determinate

Tomat Mutiara F 4736 cocok untuk budidaya pada daerah dataran rendah hingga dataran menengah

Varietas benih tomat Mutiara F 4736 tahan terhadap penyakit layu fusarium, bakteri, serta anti virus Gemini

Penanaman tomat Mutiara F 4736 Known You Seed lebih mudah dan aman karena tahan terhadap hama serta penyakit

Pembentukan buah tomat Mutiara F 4736 tetap mudah dalam kondisi cuaca buruk, sehingga menjadi salah satu favorit petani

Berat buahnya berkisar ± 80 – 100 gram dengan bentuk bulat berwarna pundak hijau lalu berubah jadi merah ketika telah tua

Tektur Mutiara F 4736 cenderung padat beserta keras sehingga lebih pedagang sukai

Mutiara F 4736 sudah bisa panen ketika berumur ± 70 hari sesudah pindah tanam

Potensi hasil panen Mutiara F 4736 mampu mencapai ± 70 ton per ha

Budidaya menggunakan benih Mutiara F 4736 bisa menggunakan metode tanam secara hidroponik

Benih Mutiara F 4736 memiliki sifat genetik anti virus terbaik, sehingga bebas juga aman terhadap serangan keriting maupun kuning

Benih Mutiara F 4736 antivirus tersedia dalam kemasan sachet netto 5 gram

Baca Juga : Harga Bibit Cabe Rawit Panah Merah Hasil Melimpah

Jual Benih Tomat Mutiara F 4736 Harga Murah Di LMGA AGRO


jual benih,tomat,benih mutiara,benih Known You Seed,budidaya tomat,toko pertanian,toko online,lmga agro
Jual Benih Tomat Mutiara F 4736 Murah















Jika pembaca tengah mencari benih tomat Mutiara F 4736, LMGA AGRO ialah tempatnya. LMGA AGRO jual serta menyediakan benih tomat Mutiara F 4736 berkualitas dengan harga terjangkau.

Toko online LMGA AGRO jual benih tomat Mutiara F 4736 murah dan siap mengirimkan dengan jaminan pasti sampai hingga alamat tujuan.

Untuk memastikan pesanan Mutiara F 4736 sampai alamat konsumen, LMGA AGRO bekerjasama dengan banyak mitra pengiriman logistik terpercaya. LMGA AGRO memastikan mitra pengiriman telah teruji kualitasnya dan melayani konsumen sejak lama.

Mitra pengiriman dari LMGA AGRO contohnya seperti JNE, Wahana, JNT, Pos Indonesia, Tiki, KI8, dan sebagainya. Semua pesanan LMGA AGRO jamin pasti sampai ke alamat tujuan.

LMGA AGRO juga menyediakan layanan konsultasi seputar masalah pertanian bagi Anda. Bila Anda tertarik membeli produk yang kami jual ataupun ingin berkonsultasi, segera saja hubungi LMGA AGRO.

Bisa melalui no. telepon 08125222117 (Khusus Layanan WA/SMS) atau 082141747141 (Khusus Layanan Telepon).

Nah, itulah dia artikel bertema tomat Mutiara F 4736 ini kami tuliskan untuk Anda semua. Semoga dapat menambah wawasan untuk semua pembaca.

Bila terdapat hal – hal kurang jelas pembaca bisa langsung saja menghubungi LMGA AGRO melalui no. telepon diatas. Terima kasih atas atensi membaca artikel berjudul Tomat Mutiara F 4736 Terbaik Harga Murah Dan Terjangkau. Salam sukses.

RELATED POSTS

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon untuk berkomentar secara bijak dan sesuai bahasan.