TOKO PERTANIAN LMGA AGRO, TEMPAT BELANJA ONLINE PETANI MURAH, AMAN DAN PROMO. SEGERA BELANJA! HUBUNGI KAMI DI : SMS / WA : 081 252 22 117, LAYANAN KONSULTASI PERTANIAN GRATIS HP. 082 141 747 141.

KETIK JUDUL/LABEL ARTIKEL YANG DICARI PADA KOLOM DI BAWAH INI

13/05/22

Jual Benih New Metavy Bibit Timun Unggul Cap Panah Merah Terbaik

jual benih, timun, mentimun, new metavy, cap panah merah, toko pertanian, toko online, lmga agro
Benih New Metavy F1

Jual Benih New Metavy Bibit Timun Unggul Cap Panah Merah Terbaik. HP 082141747141 ( telepon ) dan 08125222117 ( WA/SMS ). Toko pertanian LMGA Agro jual benih New Metavy F1 bibit timun unggul Capa Panah Merah murah dan terbaik. 

Bibit timun unggul cap Panah Merah benih terbaik New Metavy F1 andalan petani karena keunggulannya. Beli segera bibit timun unggul cap Panah Merah terbaik di Toko Pertanian LMGA Agro. 

Jual harga terjangkau promo menarik produk pertanian lengkap kualitas terbaik di kios pertanian online LMGA Agro. Melayani belanja online kebutuhan bercocok tanam harga grosir dan eceran. 

Jual produk pertanian mulai benih hibrida dan unggul tanaman sayuran terbaik bibit timun unggul cap Panah Merah. Tersedia berbagai benih varietas tanaman.

Kami juga menyediakan kebutuhan pupuk berkualitas, pestisida, ZPT hingga alat pertanian sarana prasarana pertanian. Kami menerima layanan konsultasi gratis pertanian.

Bibit timun unggul cap Panah Merah jual benih New Metavy hibrida terbaik di Toko Pertanian LMGA Agro. Hasil panen tinggi, buah tidak pahit dan tahan penyakit. Vigor pertumbuhan kuat dan mudah perawatannya. 

Toko pertanian LMGA Agro belanja online pertanian siap kirim pesanan Anda ke alamat tujuan seluruh wilayah Indonesia. Jasa pengiriman barang oleh mitra terpercaya JNE, KI8 dan Pos Indonesia. 

Bibit timun unggul cap Panah Merah terbaru benih New Metavy benih hibrida. New Metavy F1 timun yang tidak pahit. Timun yang menyegarkan dan menyehatkan pastinya. 

Sebagai bibit timun unggul cap Panah Merah direkomendasikan untuk penanaman pada dataran rendah. Cara menanam timun tidak sulit asalkan tanaman harus diperhatikan kebutuhan hara dan airnya. 


Timun New Metavy F1 Cap Panah Merah Terbaru


Bibit timun unggul cap Panah Merah terbaru murah dan terbaik. Benih hibrida New Metavy memiliki keunggulan yaitu buahnya tidak pahit. 

Benih direkomendasikan untuk penanaman di dataran rendah. Timun terbaik New Metavy F1 tahan virus Gemini dan penyakit busuk batang berlendir atau Gummy Stem Blight ( GSB ). 

Umur panen timun New Metavy F1 ini mulai 36 - 38 HST. Hasil panen berpotensi sampai 60 - 70 ton/hektar. Bobot buah timun New Metavy F1 yaitu 280 - 300 gram per buah.  

Hasil kualitas mentimun tentang ketahanan terhadap penyakitnya, umur waktu panen, bobot buah dan potensi hasil tergantung dari kondisi lingkungan dan cara budidayanya. 

Bibit timun unggul Cap Panah Merah tumbuh kuat dan seragam. Buah timun New Metavy lurus, berwarna hijau merata dan bentuk silindris. 

Mentimun New Metavy tahan layu Fusarium dan batangnya tidak berlendir. Panjang buah sekitar 15 cm dan diameter 3,5 cm. 

Timun New Metavy jenis timun besar atau timun rujak. Tanaman vigor mudah merambat. Buah tumbuh lebat sehingga penting untuk selalu memupuk tanaman secara rutin. 

Pemupukan sumber unsur Phospor dan Kalium minimal harus 4 hari sekali dan hindari pemupukan unsur Nitrogen berlebihan pada awal tanam. 


Baca Juga : Pengendalian Jamur dan Peningkatan Produksi Tanaman dengan Cabrio


Manfaat Timun Tinggi Kandungan Nutrisinya


jual benih, timun, mentimun, new metavy, cap panah merah, toko pertanian, toko online, lmga agro
Buah Mentimun Menyehatkan
Timun memiliki kandungan kalori, lemak, kolesterol dan natrium yang rendah. Dan ini menjadikan timun sangat baik dan dibutuhkan bagi tubuh. 

Timun diketahui ternasuk buah dengan kandungan nutrisi beragam, memiliki vitamin dan kalsium tinggi. Buah timun dengan kulitnya mengandung tinggi vitamin K. 

Vitamin K sangat baik untuk kesehatan tulang. Kandungan Kalsium timun sebesar 19,9 mg berkhasiat membantu proses pembekuan darah. 

Kalsium dan vitamin K bersinergi dan memberikan kontribusi baik untuk kesehatan tulang. Satu cangkir irisan buah timun mengandung sekitar 152 mg Kalium. 

Manfaat Kalium timun untuk menurunkan tekanan darah. Beberapa penelitian menyebutkan bahwa asupan Kalium tinggi membantu menurunkan resiko terjadinya stroke. 

Kalium membantu mencegah serangan penyakit jantung dan yang sejenisnya. Timun mengandung zat anti-inflamasi atau fisetin yang berperan penting untuk kesehatan otak. 

Fisetin mampu mengurangi dampak penyakit neurologis dan membantu mempertahankan fungsi kognitif penderita Alzheimer. 

Manfaat Timun Untuk Menghidrasi Tubuh

Timun dikenal merupakan buah menyegarkan dan mengandung banyak air. Timun terdiri 95,2% air dan berarti sebanyak 5 ons timun terdapat 150 ml air. 

Jumlah tersebut dianggap sudah memnuhi sebanyak 26% kebutuhan air per hari. 

Untuk Mencegah Diabetes

Dalam timun terdapat cucurbitacin yaitu zat yang membantu menurunkan kadar gula darah dalam tubuh. 

Kerja cucurbitacin yaitu dengan cara membantu mengelola pelepasan insulin. Selain itu berperan dalam pengaturan metabolisme glikogen hati. 

Serat pada buah timun mampu mencegah penyakit diabetes tipe 2. 

Untuk Mencegah Hipertensi

Penderita hipertensi umumnya dalam tubuhnya mengandung unsur Sodium tinggi yang membuat kadar air dalam tubuh tidak seimbang. Sehingga mengakibatkan tekanan darah meningkat.  

Minum air timun terbukti dapat menurunkan tekanan darah karena adanya kandungan Kalium pada timun. 

Manfaat Timun Mengatasi Peradangan

Dipercaya timun mengandung anti-inflamasi. Inflamasi dapat memicu beragam masalah kesehatan seperti diabetes, autoimun hingga kanker. Makan timun secara rutin dapat mencegah gangguan kesehatan. 


Baca Juga : Fungisida Sistemik Promefon 250 EC Mengendalikan Penyakit Tanaman


Mentimun Jenis Buah Menyegarkan


jual benih, timun, mentimun, new metavy, cap panah merah, toko pertanian, toko online, lmga agro
Konsultasi Gratis di LMGA Agro

Timun sering disebut juga dengan mentimun atau ketimun. Memiliki nama ilmiah Cucumis sativus L.dan berasal dari suku labu-labuan atau Cucurbitaceae. 

Mentimun merupakan tumbuhan dimana menghasilkan buah dan dapat dimakan. Panen buah mentimun saat belum terlalu matang/masak. 

Memanfaatkan mentimun biasanya sebagai sayuran langsung makan atau lalapan. Atau juga untuk dibuat acar mentimun bahkan sebagai buah membuat rujak. 

Kegunaan mentimun cukup banyak karena itu buah ini banyak dicari di pasar. Harga mentimun juga cukup stabil dan cukup banyak tersedia di pasar.

Budidaya timun dapat diusahakan baik sebagai agribisnis di lahan luas. Juga dapat ditanam di pekarangan rumah, dalam wadah polybag/pot dan untuk kebutuhan rumah tangga. 

Anda dapat juga menanam mentimun untuk usaha kecil-kecilan di rumah area menanam timun tidaklah sulit. Dengan menanam sendiri sebagai konsumsi pribadi karena manfaatnya besar. 

Seperti dapat menurunkan darah tinggi dan melancarkan metabolisme karena mengandung serat tinggi. Kandungan air mentimun tinggi menjadikan timun buah sangat menyegarkan. 

Mentimun salah satu sayuran tidak mengandung tepung sehingga baik untuk mengurangi kadar gula dalam darah. Penampilan mentimun memiliki kulit buah yang tipis. 

Mentimun beradaptasi baik pada hampir semua jenis tanah. Mulai tanah mineral berstruktur ringan hingga tanah berstruktur liat. 

Kemasaman tanah untuk menanam mentimun antara 5,5 - 6,5. Tanah mengandung banyak air sangat disukai mentimun terutama saat pembungaan. 

Mentimun dapat tumbuh hingga ketinggian 1000 - 1200 m dpl dan suhu berkisar antara 21 - 27 derajat Celcius. Mentimun juga mampu tumbuh baik pada dataran rendah. 

Lokasi menanam menanam mentimun harus cukup mendapatkan sinar matahari. Bila kekurangan sinar matahari, tanaman akan tumbuh kurang maksimal. 

Kelembaban relatif timun yaitu 50 - 85%. Curah hujan ideal antara 200 - 400 mm per bulan. 


Baca Juga : Jual Benih Timun Batara F1 Terbaik Cap Panah Merah


Budidaya Timun Hasil Buah Lebat


Budidaya timun akan menghasilkan buah lebat bila tanah mengandung hara organik cukup banyak. Tanaman timun rentan serangan hama dan cuaca.  

Tekstur tanah ideal untuk tumbuh kembang mentimun harus berkadar liat rendah. Tanah memiliki pH 6 - 7. 

Pelaksanaan Pengolahan Lahan

jual benih, timun, mentimun, new metavy, cap panah merah, toko pertanian, toko online, lmga agro
Alat pH-meter

Lakukan pembajakan tanah atau mencangkul, bolak balik tanah hingga kedalaman 20 - 30 cm. Bila pH tanah kurang dari 6, berikan kapur Dolomit tergantung keasaman tanah. 

Berikan Dolomit pada tanah dan biarkan selama 1 - 2 minggu. Selanjutnya setelah 2 minggu, buatlah bedengan budidaya timun. 

Lebar bedengan yaitu 1 meter, tinggi 20 - 30 cm dan panjang sesuaikan dengan kebutuhan. Buat jarak antar bedengan sebagai saluran air sekita 30 cm lebarnya. 

Gunakan mulsa plastik hitam perak untuk menjaga kelembaban tanah. Karena budidaya timun lebih baik pada musim kemarau dengan penyinaran matahari yang penuh. 

Pemakaian mulsa plastik juga untuk melindungi zona perakaran mentimun agar tetap lembab lingkungannya. 

Buatlah lubang pada pemukaan mulsa plastik menggunakan alat pelubang mulas diameter 10 cm. Alat pelubang mulsa dapat beli di Toko Pertanian LMGA Agro. 

Setiap bedengan terdapat dua baris lubang tanam. Berikan pupuk kandang pada tiap lubang tanam. Sebaiknya gunakan pupuk kandang campuran dari kotoran ayam dan kotoran kambing/sapi ( 1 : 1 ). 

Masukkan pupuk pada lubang tanam dan biarkan selama 1 minggu. Persemaian bibit timun unggul cap Panah Merah berlangsung selama 10 hari. 

Sebelumnya rendam benih bibit timun unggul cap Panah Merah dalam air hangat yaitu suhu sekitar 40 - 50 derajat Celcius selama 6 jam. 

Sebaiknya air untuk merendam mengunakan air matang yang dihangatkan. Saat tampak benih yang direndam ada yang mengapung maka jangan gunakan untuk bibit timun unggul cap Panah Merah. 

Persemaian Bibit Timun


jual benih, timun, mentimun, new metavy, cap panah merah, toko pertanian, toko online, lmga agro
Tray Semai Untuk Menyemai Benih

Benih New Metavy F1 kemudian dapat disemai hingga berkecambah. Persemaian bibit timun unggul cap Panah Merah lebih efektif menggunakan tray semai. 

Persemaian menggunakan tray semai lebih praktis dan lebih cepat dalam melakuan penanaman di lahan. Bila untuk budidaya di rumah sebaiknya menggunakan polybag berdiameter kecil. 

Tray semai telah memiliki lubang bagian dasarnya sehingga bibit timun unggul cap Panah Merah akan tumbuh lebih baik. Masukkan benih ke dalam lubang satu per satu. Lalu berikan air secukupnya. 

Penanaman pada bedengan sebaiknya dilakukan pada pagi atau sore hari. Bedengan harus benar-benar bersih dari gulma dan tidak ada air yang menggenang. 

Setiap bedengan terdiri dari dua baris tanaman agar dapat menanam lebih banyak populasi tanaman timun. Irigasi harus dalam kondisi rapi dan dapat mengalirkan air hujan. 

Bedeng lebarnya 1 meter dapat dibuat dua baris tanaman. Dalam dua hari, benih akan berkecambah dan tumbuh tunas lebih tinggi. 

Penanaman setelah 4 hari setelah tanam lakukan kontrol tanaman dan sulam bibit timun unggul cap Panah Merah yang tidak tumbuh atau sakit. Ganti dengan bibit baru yang sehat. 

Bersihkan gulma sekitar tanaman serta berikan air secara rutin setiap hari untuk menjaga kelembaban tanaman. Umur dua minggu setelah tanaman, biasanya daun akan mulai muncul. 

Berikan pemupukan susulan menggunakan pupuk cair.  

Baca Juga : Jual Benih Tomat Hibrida Harga Murah dan Terpercaya | LMGA Agro

Pemasangan Lanjaran

Agar buah tumbuh dengan baik dan berpenampilan mulus, sebaiknya pasang lanjaran atau turus untuk menopang tanaman. Lanjaran membuat tanaman tetap tegak dan membantu tanaman menopang buah. 

Pasang satu lanjaran untuk satu tanaman lalu ikat setiap empat lanjaran dengan meletakkan bambu pada ujung atas. Arahkan cabang tanaman agar dapat melilit dan memanjat lanjaran. 

Pengendalian Hama dan Penyakit

Hama oteng-oteng merupakan hama utama mentimun dan biasanya menyerang daun hingga mengakibatkan kematian pada tanaman. 

Hama ulat tanah biasanya menyerang batang mentimun dimana tempat pangkal keluarnya daun atau buah. Kendalikan hama menggunakan insektisida yang sesuai dan dengan dosis takaran sesuai kemasan.

Toko Pertanian LMGA Agro menerima layanan konsultasi gratis tentang bagaimana mengendalikan hama dan penyakit tanaman. 

Penyakit yang biasa menyerang tanaman mentimun yaitu busuk daun, tepung putih, antraknosa, bercak daun dan busuk buah. 

Pengendalian penyakit yaitu dengan melakukan kultur teknis yaitu pergiliran tanaman dan membuang bagian tanaman yang rusak atau sakit. Pangkas daun-daun yang layu dan menguning lalu buang atau bakar. 

Panen Mentimun

Mentimun mulai berbunga umur 20 hari setelah tanam dan akan berbuah pada hari ke-40 setelah tanam. Panen pertama biasanya setelah umur 75 hari. 

Panen mentimun dilakukan bertahap dan berkali-kali selama 1 - 1,5 bulan. Panen mentimun berlangsung setiap hari dan dapat memetik sebanyak 1 - 2 buah per tanaman. 

Setelah memetik buah mentimun, letakkan pada tempat teduh/sejuk karena buah mentimun cepat kehilangan kandungan airnya. 

Tanda mentimun siap petik yaitu tangkai buah mulai mengering hingga buah terlepas. Banyak pemetikan bisa sampai 10 - 15 kali pemetikan. 


Baca Juga : Harga Promo Strategi Pemasaran Toko Pertanian Online


Hasil Terbaik Bibit Timun Unggul Cap Panah Merah 

Agar mendapatkan hasil timun terbaik bibit timun unggul cap Panah Merah yaitu pemberian pupuk berimbang. Terapkan rekomendasi pupuk terbaik untuk mendapatkan tanaman tumbuh sehat dan kuat. 

Anda dapat menggunakan pupuk Urea, ZA, KCl dan sedikit pupuk kandang. Berikan pupuk pada lubang pupuk pada bedengan. Atau Anda bisa gunakan sistem kocor bila tidak turun hujan sama sekali. 

Bibit timun unggul cap Panah Merah umur 1 bulan, fokuskan pada pemeliharaan, irigasi dan pengendalian hama penyakit. Hingga sampai bibit timun unggul cap Panah Merah siap panen. 

Waktu tanam menjadi hal penting dalam menanam bibit timun unggul cap Panah Merah. Lakukan penentuan waktu menanam yang benar. 

Bila waktu menanam bersamaan saat banyak petani juga menanam timun maka kemungkinan harga mentimun akan rendah. Karena hasil panen tentu akan melimpah. 

Berbeda jika memutuskan untuk menanam bibit timun unggul cap Panah Merah saat musim hujan. Karena jarang sekali petani bercocok tanam timun saat musim hujan.

Sehingga saat tersebut tepat untuk mendapatkan banyak keuntungan budidaya timun. Namun ada resiko tersendiri bibit timun unggul cap Panah Merah saat musim hujan.

Bila proses perawatan tepat maka musim hujan tidak menjadi masalah besar terutama bila menggunakan bibit timun unggul cap Panah Merah. 

Bibit terbaik tahan penyakit serta pertumbuhan yang kuat. Jual benih New Metavy bibit timun unggul cap Panah Merah terbaik tumbuh kuat saat musim hujan. 

Beli benih terbaik hanya di Toko Pertanian LMGA Agro hubungi kontak Kami di 082141747141 ( telp ) dan 08125222117 ( WA/SMS ). Jual berbagai kebutuhan untuk bercocok tanam lengkap. 

Dapatkan harga promo menarik harga murah terjangkau produk pertanian lengkap berkualitas di Toko Pertanian LMGA Agro. Produk dari berbagai perusahaan pertanian terpercaya andalan Petani. 

Tersedia benih berkualitas hibrida dan unggulan, pupuk, pestisida, ZPT hingga alat sarana prasarana bercocok tanam. Kami menerima layanan konsultasi gratis. 

Beli benih New Metavy hibrida untuk bibit timun unggul cap Panah Merah hasil terbaik. Bibit tahan penyakit dan hasil panen tinggi. Salam sukses....


RELATED POSTS

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon untuk berkomentar secara bijak dan sesuai bahasan.