TOKO ONLINE PERTANIAN LMGA AGRO, TEMPAT BELANJA ONLINE PETANI MURAH, AMAN DAN PROMO. BELANJA SILAKAN HUBUNGI KAMI DI : SMS / WA : 081 252 22 117, LAYANAN KONSULTASI PERTANIAN GRATIS HP. 082 141 747 141.

KETIK JUDUL/LABEL ARTIKEL YANG DICARI PADA KOLOM DI BAWAH INI

24/06/20

Jual Benih Timun Batara F1 Terbaik Cap Panah Merah ( 20 gr )

timun batara, budidaya mentimun, manfaat timun, jual benih panah merah, toko pertanian, toko online, lmga agro
Benih Timun Batara F1
Jual Benih Timun Batara F1 Terbaik Cap Panah Merah ( 20 gr ). HP 082141747141 ( khusus telepon ) dan 08125222117 ( khusus SMS/WA ). Toko pertanian Online LMGA Agro jual benih terbaik timun tahan Gemini Virus, umur panen cepat dan produksi tinggi.

Toko Pertanian Online LMGA Agro jual segala kebutuhan bercocok tanam. Antara lain benih hibrida dan unggul buah dan sayuran. Juga tersedia pupuk, pestisida, hormon pertumbuhan dan alat pertanian lengkap dan berkualitas.

Toko pertanian online LMGA Agro melayani konsultasi pertanian gratis. Kami merupakan supplier distributor produk pertanian berpengalaman. Kami didukung perusahaan pertanian kepercayaan dan mitra petani sejak dahulu.

Benih Timun Batara F1 Cap Panah Merah. Benih hibrida terbaik produk PT East West Seed Indonesia ( EWINDO ). Benih tahan Gemini virus, produksi tinggi dan buah tidak pahit.

Kami juga mengajak usaha online sebagai dropship dan reseller produk pertanian. Kami siap kirim pesanan Anda ke seluruh wilayah Indonesia. Barang dijamin aman dan sampai tujuan. Kami bekerja sama dengan jasa pengiriman barang JNE, KI8, Pos Indonesia dan lain-lainnya.

Benih timun Batara F1 cap Panah Merah produk East West Seed Indonesia. Benih hibrida terbaik dan direkomendasikan untuk ditanam di dataran rendah sampai menengah. Peluang usaha menanam timun menguntungkan dan menjanjikan.

Pemeliharaan budidaya timun Batara F1 mudah karena benih timun Batara F1 toleran Gemini Virus. Produksi tinggi dan mempunyai manfaat timun sangat banyak bagi kesehatan tubuh kita.



Karakteristik Timun Batara F1 Cap Panah Merah


Benih timun Batara F1 Cap Panah Merah, benih terbaik toleran Gemini virus. Benih direkomendasikan ditanam di dataran rendah sampai menengah. Umur panen menanam benih timun Batara F1 adalah 38 HST. Bobot buah 200 - 250 gram/buah. Potensi panen 62 ton/ha. 

Timun Batara F1 jenis timun tidak pahit. Buah berwarna hijau gelap dan menyeluruh. Tanaman tumbuh cepat dan vigor. Buah mentimun Batara F1 berukuran medium 22 x 5.2 cm. Buah muncul banyak bagian bawah. Timun Batara F1 cap Panah Merah kemasan 20 gram dan 800 butir benih. 

Timun, disebut dengan nama mentimun atau ketimun. Timun memiliki nama latin Cucumis sativus L. suku labu-labuan atau Cucurbitaceae. Timun merupakan tanaman penghasil buah dan dapat dimakan. 

Buah mentimun dipanen saat belum masak benar. Mentimun seringnya dijadikan sayuran atau minuman penyegar, tergantung jenisnya. Timun Batara F1 tidak pahit sehingga cocok juga untuk buah segar dan dibuat minuman. 

Mentimun merupakan herba lemah melata atau setengah merambat. Mentimun adalah tanaman semusim, setelah berbunga dan berbuah, tanaman lalu mati. Bunga berumah satu ( monoecious ) dan bertipe jantan. Juga ada bunga hermafrodit ( berkelamin ganda ). Tiap tanaman menghasilkan 20 buah. 

Buah berwarna hijau saat muda dan ada lurik putih kekuningan. Semakin masak, kulit buah menjadi hijau pucat sampai putih. Bentuk buah memanjang seperti torpedo. Daging buah timun Batara F1 tidak pahit.


Baca Juga ; Cara Menanam Sawi dan Memilih Benih Sawi yang Baik



Manfaat Timun Batara F1 Cap Panah Merah 


timun batara, budidaya mentimun, jual benih panah merah, manfaat timun, toko pertanian, toko online, lmga agro
Manfaat Timun 
Mentimun sering ditemui ada di berbagai hidangan dari seluruh dunia. Timun Batara memiliki kandungan air cukup banyak dan bersifat menyejukkan. Sering kali, timun dimanfaatkan untuk melembabkan wajah. Potongan timun banyak dipakai untuk menyejukkan wajah. Timun juga dipercaya dapat menurunkan tekanan darah tinggi. 

Timun Batara F1 bersifat diuretik, efek pendingin dan pembersih yang baik untuk kulit. Timun Batara F1 memiliki kandungan air tinggi, vitamin A, B dan C. Timun Batara F1 juga mengandung mineral magnesium, kalium, mangan dan silika. Zat-zat tersebut bermanfaat untuk perawatan kulit. 

Sari dari bauh mentimun sering digunakan sebagai masker wajah untuk mengencangkan kulit. Asam askorbat dan asam caffeic dalam timun Batara F1 dapat menurunkan tingkat retensi air. Berkhasiat untuk mengurangi pembengkakan sekitar mata. 

Kandungan air dalam timun sebanyak 96% dan didalamnya mengandung partikel elektrolit yang bermanfaat menjaga kondisi cairan tubuh. Kondisi cairan tubuh sangat penting dalam proses kinerja usus, mencegah sembelit dan mencegah timbulnya batu ginjal.

Timun Batara F1 kaya akan vitamin K. Vitamin K bermanfaat untuk kesehatan tulang dalam hal membantu penyerapan kalsium.

Timun Batara F1 kaya akan serat dan menjadi sumber serat yang baik. Serat dalam tubuh untuk mencegah menumpuknya kolesterol dan baik untuk kesehatan jantung. Kalium dan Magnesium dalam ketimun berkhasiat mencegah tekanan darah tinggi. Tekanan darah tinggi salah satu pemicu serangan jantung.

Manfaat timun dapat mengendalikan kadar gula darah tubuh kita. Hal ini karena timun mengandung Cucurbita ficifolia dan dapat mencegah lonjakan gula darah. Mentimun memiliki indeks glikemik rendah ( 15 ) sehingga timun tidak meningkatkan gula darah dalam tubuh.



Manfaat Timun Batara F1 Untuk Wajah


Mentimun sudah lama menjadi favorit dalam hal kecantikan wajah. Timun Batara F1 juga dapat dimanfaatkan untuk masker wajah karena kandungan nutri yang tinggi. Dalam 300 gram timun Batara F1 berisi gizi dan nutrisi antara lain : 

- Kalori : 45. 
- Lemak : 0. 
- Karbohidrat : 11 gram. 
- Protein : 2 gram.
- serat : 2 gram.
- Vitamin C : 14% dari rekomendasi asupan harian.
- Vitamin K : 6% dari rekomendasi harian. 
- Magnesium : 10% dari rekomendasi asupan harian. 
- Kalium : 13% dari rekomendasi asupan harian. 
- Mangan : 12% dari rekomendasi asupan harian. 

Timun Batara F1 banyak dimanfaatkan sebagai masker untuk wajah karena bagian tengahnya banyak mengandung air. Selain itu juga mengandung vitamin C, vitamin A, folat dan asam kafeik bersifat antiradang dan antioksidan. 

Beberapa manfaat timun Batara F1 untuk kesehatan wajah : 

- Dapat menyejukkan kulit, mengurangi iritasi dan kulit bengkak. Dapat pula mengobati jerawat dan kulit terbakar. 

- Dapat meringankan kondisi ruam pada kulit. Timun Batara F1 dapat mengembalikan kondisi kulit kembali normal dan bebas dari bekas luka. 

- Timun Batara F1 menjaga kulit agar tetap kencang karena adanya kandungan mangan dan kalium didalamnya. 

- Timun bermanfaat untuk menghidrasi kulit karena banyak mengandung air 96% air. Sekaligus berfungsi sebagai lotion pelembab kulit. 

- Timun dapat meringankan kulit terbakar akibat sengatan matahari dan kulit wajah berminyak. Timun bermanfaat membantu mengatasi semua masalah kulit.


Baca Juga : Jual Benih Hibrida Labu Torsten Cepat Panen



Budidaya Timun Batara F1 Cap Panah Merah


timun batara, budidaya mentimun, manfaat timun, jual benih panah merah, toko pertanian, toko online, lmga agro
Alat Siram Kocor
Mentimun atau timun Batara F1 ( Cucumis sativus ) memiliki adaptasi baik di berbagai jenis iklim. Budidaya timun Batara F1 akan maksimal pada kondisi iklim kering dan ada penyinaran penuh. Suhu ideal 21 - 27 derajat Celcius. 

Timun Batara F1 direkomendasikan ditanam di dataran rendah sampai menengah. Budidaya timun Batara F1 secara organik membutuhkan perawatan ekstra karena secara umum rentan hama dan cuaca. 

Budidaya timun Batara F1 menyukai tanah dengan kandungan hara organik cukup banyak. Tekstur tanah yang baik bagi perkembangannya adalah berkadar liat rendah. Nilai pH 6 - 7. 


Pengolahan Lahan Budidaya Timun Batara F1

Persiapan untuk menanam timun Batara F1 dilakukan secara 3 - 4 minggu sebelum tanam. Prosesnya meliputi membajak, membalikkan tanah dan mencangkul tanah.

Tujuan dari pengolahan tanah secara umum adalah memperbaiki struktur tanah dan memperbaiki aerasi tanah. Selain itu bertujuan mendekomposisi gulma dan mempermudah membentuk bedengan. 

Tanah dibajak atau dibalik sedalam 20 - 30 cm. Bila pH tanah kurang dari 6 maka berikan kapur Dolomit sebanyak 1 - 2 ton/hektar. Campurkan saat membolak balik tanah. Setelah selesai membajak, diamkan tanah 1 - 2 minggu. 

Setelah satu minggu, tanah dibuat bedeng-bedeng berukuran lebar 120 cm, tinggi bedengan 40 cm dan lebar jarak antar bedengan 50 cm. Jarak antar bedengan berfungsi sebagai parit saluran air, biasanya dibuat sedalam 30 cm. 

Permukaan bedengan disebarkan pupuk kandang. Sebaiknya pupuk kandang campuran dari kotoran ayam dan kambing/sapi 1 : 1. Cara pemberian pupuk yaitu disebar pada permukaan bedengan lalu diaduk dicampur dengan tanah. Atau bisa juga diberikan pada lubang tanam sebanyak 0.5 - 1 kg per lubang tanam. 

Selain pemberian pupuk kandang, tambahkan pula NPK 300 kg/ha, TSP 100 kg/ha, KCl 100 kg/ha. Setelah pemupukan dasar selesai, tutup permukaan bedengan dengan mulsa plastik lalu biarkan selama 1 - 2 minggu. 



Cara Menanam Benih Timun Batara F1 


Bedengan bermulsa dibiarkan selama 1 - 2 minggu. Selanjutnya dua hari sebelum tanam timun Batara F1, dibuat lubang tanam dulu. Yaitu dengan jarak 50 x 60 cm. Kegunaan pemakaian mulsa plastik adalah untuk mempertahankan kelembaban tanah. 

Budidaya timun Batara F1 akan optimal ditanam di musim kemarau dan mendapat penyinaran penuh. Namun zona perakaran timun harus selalu terjaga kelembabannya. Yaitu menggunakan mulsa plastik hitam perak adalah solusi terbaik. 

Pemeliharaan tanaman akan lebih efisien meskipun butuh dana cukup tinggi untuk membeli mulsa plastik. Toko pertanian online LMGA Agro jual mulsa plastik hitam perak. 

Permukaan mulsa dibuat lubang tanam menggunakan alat pelubang mulsa. Toko pertanian Online LMGA Agro jual alat pelubang mulsa, ada 2 jenis untuk lubang pupuk dan lubang tanam. Lubang tanam dibuat dua baris di setiap bedengan. Jarak antar lubang tanam satu baris adalah 40 cm dan antar baris 50 - 60 cm. 


Cara Penanaman benih timun Batara F1. Cara tanam benih timun Batara F1 ditanam sedalam 1 cm dan 1 benih per lubang tanam. Lalu benih ditutup dengan tanah kompos. Lakukan penyiraman setiap pagi dan sore hari. Setelah penanaman 2 hari, biasanya benih mulai tumbuh dan mengeluarkan tunas.  

Tanah menanam timun Batara F1 harus selalu dalam kondisi lembab. Lahan dalam kondisi kekeringan menyebabkan tanaman stress dan buah ketimun berasa pahit. Pengairan sebaiknya diberikan 1 minggu sekali. 

Bila ada tanaman yang mati 4 - 6 hari setelah penanaman, maka lakukan segera penyulaman. Hal ini dilakukan segera guna mendapatkan pertumbuhan yang seragam. Agar kebun selalu bersih maka rutinlah selalu menghilangkan gulma terutama di sekitar tanaman.


Baca Juga : Pupuk Kandang, Jenis dan Manfaatnya Bagi Tanaman



Pemeliharaan Tanam Timun Barata F1


timun batara, budidaya mentimun, manfaat timun, jual benih panah merah, toko pertanian, toko online, lmga agro
Pupuk Pertanian Berkualitas

Pemupukan Susulan

Cara pemupukan susulan menggunakan pupuk NPK. Dosis pupuk diberikan dalam gram/tanaman. 

- Umur 14 HST menggunakan pupuk NPK 20 gram/tanaman dan KCl 10 gram/tanaman. 

- Umur 28 HST menggunakan pupuk NPK 20 gram/tanaman, KCl 10 gram/tanaman dan TSP 10 gram/tanaman. 

- Umur 35 HST menggunakan pupuk NPK 10 gram/tanaman, KCl 10 gram/tanaman dan TSP 10 gram/tanaman. 

- Umur 40 HST menggunakan pupuk NPK 10 gram/tanaman, KCl 10 gram/tanaman dan TSP 10 gram/tanaman. 

- Umur 60 HST menggunakan pupuk KCl 10 gram/tanaman dan TSP 10 gram/tanaman. 

Pupuk susulan menggunakan Pupuk Organik Cair. Diberikan pada umur 2 minggu dan tanaman sudah muncul daun. Pupuk Organik cair dibuat dari kotoran kambing/sapi yang telah matang. 

Kotoran tadi dicampur dengan air bersih dengan takaran 1 kg kotoran kambing/ sapi ditambahkan 1 liter air bersih. Lalu kocok dan aduk hingga menjadi larutan POC. Setelah diaduk, biarkan selama 7 hari. 

Pemberian pupuk organik cair dengan cara diencerkan dengan air dan disiramkan ke setiap lubang tanam timun Batara F1. Kebutuhan pupuk organik cair sebanyak 1 liter untuk 1 m2 lahan.  

Budidaya timun Batara F1 juga memerlukan lanjaran/turus agar tanaman berbuah lebat. Lanjaran terbuat dari bilah bambu panjang 150 - 160 cm. Tancapkan lanjaran disamping lubang tanam timun Batara F1. Lanjaran ditancapkan saat tanaman berumur 2 minggu. 

Lanjaran digunakan untuk melilitkan sulur timun Batara F1 agar rapi. Sulur mentimun tidak bisa melilit sendiri. Sehingga petani perlu membantu melilitkan sulur pada lanjaran yang disediakan. Kerapian sulur dalam melilit ini akan mempengaruhi kualitas pembungaan sehingga buah dapat tumbuh lebat.   

Bila perlu, batang timun Batara F1 dapat diikatkan pada lanjaran. Yaitu menggunakan tali salaran dan dapat dibeli di Toko Pertanian Online LMGA Agro.  



Pengendalian Hama dan Penyakit Ketimun


Pengendalian hama dan penyakit juga menjadi hal penting dalam pemeliharaan tanaman timun Batara F1. Ada beberapa jenis hama yang biasa menyerang tanaman mentimun, yaitu : 

- Wereng hitam atau coklat merusak struktur daun. Daun menjadi kekuningan dan rusak. Bahkan hingga sobek tidak beraturan. Daun yang rusak dapat mengganggu proses fotosintesis tanaman. 

- CMV ( Cucumber Mozaic Virus ) merupakan jenis virus yang khusus menyerang tanaman mentimun. Daun menjadi sasaran terbesar serangan virus. Daun terdapat bercak-bercak coklat kekuningan tidak beraturan. Serangan berat menyebabkan daun rontok. CMV menginfeksi tanaman lewat air hujan, penyiraman dan faktor lainnya. 

Ulat grayak merupakan hama yang sangat merugikan untuk lahan mentimun. Ulat grayak tidak hanya menyerang daun, namun juga batang yang bertunas. Daun terserang ulat grayak akan mudah rusak, bopeng dan berlubang-lubang tidak beraturan. 

- Oteng-oteng ( Epilachna sp. ) menyerang daun dan mengganggu proses fotosintesis daun. Bekas gigitan oteng-oteng berbentuk lingkaran. Pengendalian menggunakan insektisida berbahan aktif Profenofos dan Metidation.

- Thrips menyebabkan pertumbuhan tanaman terhambat dan tumbuh abnormal. Terjadi perubahan warna pada bunga dan buah berguguran. Bekas gigitan pada daun berwarna keperakan. Pengendalian menggunakan insektisida berbahan aktif Profenofos, Imidakloprid, Abamectin.

- Ulat tanah menyerang batang yang menjadi pangkal keluarnya daun atau buah. Pengendalian menggunakan biopestisida dan terbuat dari ekstrak kipait dan gadung. Lalu dicampur dengan air kencing kelinci.


Baca Juga : Panah Merah Indonesia Benih Sahabat Petani



Mengenal Penyakit pada Tanaman Timun


VIRUS GEMINI

Virus Gemini yang sering menyerang adalah ZYMV ( Zucchini Yellow Mosaic Virus ). disebut juga penyakit keriting, membuat tanaman tumbuh abnormal dan terhambat. Daun terdapat bentol-bentol berwarna hijau tua. Daun menjadi mengecil, tanaman kerdil dan bentuk buah tidak normal. 

Bila menyerang pada fase pembungaan, banyak bunga akan gugur. Pengendalian dengan cara monitoring perkembangan kutu kebul sejak awal penanaman. Pengendalian teknis dengan membuang lalu memusnahkan tanaman yang telang terserang. 

Gulma dibersihkan karena menjadi tanaman inang kutu kebul. Bila serangan hebat, semprotkan insektisida berbahan aktif Abamectin, Metidation, Tiametokssam dan Dianfenturion


LAYU FUSARIUM ( Fusarium wilt )

Gejala serangan : sebagian tanaman menguning atau pada helaian daun saja. Tanaman layu, kering lalu mati. Batang yang dibelah melintang, tampak jaringan pembuluh berwarna kecoklatan. 

Pengendalian : hindari pemupukan Nitrogen berlebihan agar tanaman tidak terlalu sukulen. Perbaiki drainase air agar air tidak menggenang di lahan. Tanaman terserang harus segera dicanut lalu dimusnahkan. Pengendalian menggunakan fungisida Benomil.   


BUSUK BATANG BERLENDIR ( Gummy Stem Blight )

Daun terserang akan muncul bercak tidak beraturan. Terdapat lingkaran konsentris berwarna abu-abu kecoklatan. Batang terinfeksi terdapat cairan berupa getah coklat kehitaman dan keras. 

Pengendalian teknis yaitu sanitasi kebun terutama pada gulma liar, pemangkasan untuk mengurangi kelemababan. Perbaikan drainase agar air tidak menggenang di lahan. Musnahkan tanaman terserang dengan cara dibakar. Pengendalian menggunakan fungisida. 


EMBUN BULU ( Downy mildew )

Daun tampak bercak coklat kehitaman tidak beraturan. Pengendalian melakukan sanitasi kebun, rotasi tanaman dengan selain famili. Aplikasi penyemprotan menggunakan fungisida. Pengendalian penyakit berupa rotasi tanaman dan pembuangan tanaman terserang/sakit. 



Panen Timun Batara F1 Cap Panah Merah 


Timun Batara F1 tumbuh baik umur 20 - 30 HST dan mulai berbuah setelah umur 40 HST. Panen timun Batara setelah 38 HST. Bobot buah 200 - 250 gram/buah. Potensi panen 62 ton/ha. 

Panen timun Batara F1 dilakukan secara bertahap selama 1 - 2 bulan. Panen dilakukan setiap hari atau 2 - 3 hari sekali sesuai kebutuhan dan permintaan pasar. Dalam satu pohon terdapat 1 - 3 buah timun. 

Potensi panen menanam timun Batara F1 sebesar 63 ton/ha. Hal ini menjadikan menanam timun Batara F1 menjadi peluang usaha pertanian menguntungkan dan menjanjikan. 

Panen dengan cara memetik buah secara manual menggunakan tangan. Mentimun yang sudah dipanen lalu dikumpulkan dalam bakul atau karung. 

Pemetikan timun Batara F1 sebaiknya dilakukan sore hari dan keesokan pagi bisa dibawa ke pasar untuk dijual atau didatangi pembeli langsung. Setelah dipetik, buah yang kotor harus dicuci terlebih dahulu lalu dikeringanginkan. 

Sebelum dijual sebaiknya disimpan ditempat sejuk, kering, aman dan ditempat tertutup. Untuk pengangkutan, timun Barata F1 dimasukkan karung jala kemudian diangkut menggunakan mobil. Timun Barata F1 siap edar menuju pasar-pasar tradisional, pasar grosir dan supermarket. Timun dijual dalam berat per kilo.    

Harga jual mentimun sangat tinggi pada hari-hari besar nasional. Hal ini menjadikan budidaya timun Barata F1 berprospek cerah sebagai peluang bisnis. 

Demikian artikel Kami judul : Jual Benih Timun Batara F1 Terbaik Cap Panah Merah ( 20 gr ). Hubungi nomer Kami di 082141747141 ( telepon ) dan 08125222117 ( SMS/WA ). Toko pertanian LMGA Agro jual secara online benih hibrida dan unggul buah dan sayur. 

Kami juga jual secara online shop pupuk, pestisida, hormon pertumbuhan dan alat pertanian. Semoga artikel kami bermanfaat dalam budidaya timun Barata F1 sebagai peluang usaha menjanjikan. Selamat mencoba, salam sukses.... 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon untuk berkomentar secara bijak dan sesuai bahasan.