BELANJA ONLINE, HUBUNGI KAMI : SMS / WA : 081 252 22 117, KONSULTASI PERTANIAN GRATIS HP. 082 141 747 141.

KETIK JUDUL/LABEL ARTIKEL YANG DICARI PADA KOLOM DI BAWAH INI

08/10/2018

Read

Cara Menanam Sawi dan Memilih Benih Sawi yang Baik

CARA MENANAM SAWI, TANAMAN SAWI, BENIH SAWI, SAWI, BUDIDAYA SAWI, LMGA AGRO, TOKO PERTANIAN, TOKO PERTANIAN TERDEKAT, JUAL BENIH SAWI
Cara Menanam Sawi |
Benih Sawi
Cara Menanam Sawi dan Memilih Benih Sawi yang Baik. Toko pertanian Lmga Agro jual benih sawi harga murah juga diskon.

Hubungi toko pertanian Lmga Agro kontak person bapak Budi telepon : 082141747141, SMS/WA: 08125222117. 

Jual benih sawi murah, berbagai varietas yang kini jadi favorit petani kami juga melayani cara menanam sawi lewat materi konsultasi pertanian Lmga Agro

Tersedia benih tanaman sayuran hijau dan buah unggulan produk dari Perusahaan benih nasional. Apabila berminat silahkan hubungi kami.

Sawi merupakan jenis sayuran hijau yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat. Rev. 22/06/23.

Tanaman sawi masuk dalam keluarga Gruciferae ( brassicaceae ) dan masih kerabat dengan kubis, brokoli, lobak. Sehingga cara menanam sawi pun tidak akan berbeda jauh.

Tanaman sawi saat ini banyak dibudidayakan oleh petani sawi Indonesia. Budidaya sawi oleh petani sawi bisa kita temui pada berbagai wilayah Indonesia.

Olahan sawi dalam bentuk sayur sawi banyak diminati masyarakat Indonesia. Bisa juga sebagai campuran sayur pada makanan seperti bakso, pangsit mie, capcay, hingga nasi goreng serta yang lainnya.

Toko pertanian Lmga Agro buka layanan konsultasi pertanian gratis, cara menanam sawi. Kami juga jual benih sawi terbaru, harga murah serta diskon. Segera beli!! Hubungi marketing online shop kami.

Selain rasanya yang enak, sayur sawi hijau banyak memiliki manfaat bagi kesehatan. 

Manfaat sayur sawi hijau ataupun manfaat sayur sawi putih antara lain bisa untuk mengobati gejala batuk, demam, hingga memperbaiki fungsi ginjal. 

Juga bisa mengobati disentri, keputihan dan bisul. Sawi juga kaya akan kandungan vitamin A dan vitamin C.

Cara Menanam Sawi Dengan Biji Benih Terbaik


Untuk mendapatkan tanaman sawi yang bagus, tentunya kita perlukan teknik cara menanam sawi agar cepat tumbuh menggunakan bibit sawi unggul yang tepat. 

Bagaimana cara menanam sawi yang benar, perlu untuk anda ketahui ketahui oleh masyarakat umum.

Baik cara menanam sawi hijau, sawi putih di lahan tanam terbuka, cara menanam sawi di polybag atau cara menanam sawi dibotol aqua atau hidroponik. 

Cara menanam sawi menggunakan bibit sawi unggul secara lengkap bisa anda konsultasikan dengan tim ahli LMGA AGRO.

Untuk mendukungnya kita perlukan benih tanaman sawi yang berkualitas dan mudah kita dapatkan di pasaran. 

Berikut ini beberapa bibit sawi kualitas hasil dari benih sawi unggul yang kami referensikan, mengingat banyaknya permintaan beberapa jenis benih sawi ini lewat toko pertanian online LMGA AGRO.
  1. Benih sawi Panah Merah : Sawi Tosakan (Caisim), Sawi Shinta (Caisim), Sawi Nauli F1 (Sawi Sendok)
  2. Benih sawi Benih Pertiwi : Sawi Kumala (Caisim), Sawi Flamingo F1 (Sawi Sendok)
  3. Sawi Known You Seed : Benih Sawi Autumn Sun (Sawi Putih)
  4. Benih Sawi Takii Seed : Pak Choy White, Itto, Eikun

Jenis-Jenis Sawi Untuk Menanam Sawi di Kebun


Sebagai informasi tambahan, perlu anda ketahui mengenai beberapa jenis tanaman Brassicaceae yang ada saat ini. 

Secara umum yang banyak dibudidayakan Indonesia cara menanam sawi dengan biji dari jenis sawi hijau dan sawi putih. Berikut ini beberapa jenis tanaman sawi.
  • Sawi Putih.Tanaman Sawi putih, daun lebar panjang, tangkai panjang halus, batang pendek bersayap. Warna dominan dengan ujung daun berwarna hijau cerah. Cocok untuk tanam pada daerah kering.
  • Sawi Sendok / Sawi Daging. Tanaman sawi hijau, lebih kecil dari sawi putih. Daun hijau, tangkai daun lebih lebar dan besar serta batang pendek. Cocok untuk tanam pada daerah kering yang pengairannya cukup baik.
  • Caisim / Sawi bakso. Tanaman sawi hijau, tangkai panjang, langsing warna putih kehijauan. Daun lebar, tipis, memanjang dan berwarna hijau. Rasa renyah, segar, sedikit ada rasa pahit. Banyak kita jumpai di pasar dan kita gunakan untuk campuran bakso, pangsit dan makanan lainnya.
  • Sawi Huma. Tanaman sawi hijau daun sempit, panjang warna hijau keputihan. Batang kecil panjang. Ukuran tangkai sedang dan bersayap, banyak tumbuh pada daerah kering seperti tegalan dan huma.Cocok tanam musim kemarau untuk menhindari genangan air.
  • Sawi Keriting. Tanaman sawi juga seperti sawi hijau, hanya bentuk daun keriting. Warna daunnya hijau dan tangkai berwarna putih.
Baca Juga : Budidaya Tanaman Sawi Yang Baik Dan Benar

Cara Menanam Sawi  di Kebun Menguntungkan Petani


Cara menanam sawi serta budidaya sawi sama hal dengan budidaya jenis tanaman kubis-kubisan. Tanaman sawi termasuk salah satu tanaman sayuran hijau yang mudah beradaptasi dan tumbuh baik pada dataran rendah hingga dataran tinggi.  

Cara menanam sawi harus kita lakukan dengan benar serta mendapat bimbingan kalau masih belajar menanam. Cara menanam sawi agar kita peroleh hasil optimal harus memahami syarat tempat tumbuhnya. 

Tanaman sawi bisa tumbuh hingga ketinggian 1200 mdpl. Hanya saja kebanyakan petani hortikultura membudidayakannya pada daerah dengan ketinggian 100 - 500 mdpl.

Cara menanam sawi  bisa sama anda lakukan kondisi lahan tanam kebanyakan budidaya hortikultura lainnya harus memiliki unsur seimbang keasamannya. 

Sehingga apabila tingkat keasaaman tanah terlalu tinggi maka kita harus pemberian kapur tanah agar pH mencapai 6 - 7.

Penyemaian Benih Sawi


CARA MENANAM SAWI, BENIH SAWI, BIBIT SAWI, TOKO PERTANIAN, TOKO PERTANIAN TERDEKAT, LMGA AGRO
Benih Sawi
Cara menanam sawi yang benar melalui beberapa tahapan budidaya. Salah satu yang tahapan budidaya sawi terpenting adalah cara menyemai bibit sawi.

Cara menanam sawi  saat proses pembuatan tempat pembibitan, bisa berupa tempat berbentuk bedengan dengan ukuran 30 cm x 40 cm, beri tanah secukupnya sampai setinggi 3 hingga 5 cm, campurkan pupuk kandang 2 kg, KCL 7,5 gr, Urea 20 gr, hingga TSP 10 gr.

Pembuatan tempat pembibitan sebagai bagian dari cara menanam sawi sebaiknya kita lakukan 2 minggu sebelum benih sawi kita taburkan. 

Kemudian tebar benih sawi dan tutupi dengan tanah bercampur pupuk kandang matang yang halus stebal 1 - 2 cm.

Jaga kelembaban tempat pembibitan hingga tumbuh kecambah dengan daun 2 hingga 3 helai. Pindah pada media semai/polibag yang sudah kita beri media tanah dari tempat pembibitan.

Sehingga satu tanaman mempunyai tempat sendiri - sendiri. Penyiraman kita lakukan berkala untuk menjaga kelembaban dan pelihara media semai tersebut sampai tanaman sawi umur 30 hari.

Baca Juga : Sawi Daging Nauli Diburu Pedagang Pasar

Pengolahan Lahan Tanam Bibit Sawi


Tanaman sawi kalau anda budidaya dengan cara menanam sawi yang benar maka petani akan mendapatkan keutungan dan hasil yang baik.  

Tahapan cara menanam sawi  awal yang baik adalah persiapan lokasi untuk budidaya. Yang perlu kita perhatikan tanaman sawi harus bisa langsung menerima sinar matahari, sehingga lokasi harus terbuka.

Lakukan penggemburan tanah, campurkan dolomit untuk pengapuran jenis tanah yang keasamaannya tinggi. Pengapuran ini kita lakukan selama 2 hingga 4 minggu sebelum tanam.

Pemupukan awal  pada cara menanam sawi  serta memilih benih sawi adalah  aplikasi pupuk kandang matang perkiraan 10 ton/ha. 

Kemudian buat bedengan dengan tinggi 20 hingga 30 cm, lebar 100 hingga 120 cm dan jarak antar bedengan sekitar 25 hingga 30 cm.

Dan lakukan pemupukan pada lahan tanam seminggu sebelum masa tanam dengan TSP 100 kg/hektar dan KCL 75 kg / hektar. 

Bisa juga menggunakan mulsa plastik apabila kondisi daerah mudah tumbuh gulma, dan sering hujan. Sistem tanam bisa doublerow, dengan jarak antar lubang tanam 25 hingga 30 cm.


Penanaman Dan Pemeliharaan  Tanaman  Sawi


Tahapan cara menanam sawi selanjutnya setelah bibit tanaman sawi yang sudah berumur 30 hari pindahkan pada lubang tanam pada lahan tanam yang sudah kita sediakan. Antar lubang tanam tersebut berjarak 25cm x 25cm.

Penanaman yang kita lakukan pada saat musim hujan, usahakan untuk mengurangi genangan air dan mengatur jadwal penyiraman. Hal ini untuk menjaga agar tanaman sawi tidak banyak menerima air.

Untuk penanaman pada saat musim kemarau usahakan kelembaban tanah bedengan terjaga dengan penyiraman rutin, lakukan sehari sekali.

Setelah 10 hari pindah tanam, untuk menjaga kesuburan tanaman bisa anda lakukan pengurangan tanaman. Dengan mencabut tanaman sawi yang terlihat terlalu berdekatan dan salah satunya kurang sehat.


Perawatan Tanaman Sawi


Pengurangan atau penjarangan tanaman sawi pada bedengan lahan tanam, kita juga bisa lakukan juga proses penyulaman.

Penyulaman merupakan penggantian tanaman sawi yang rusak dengan bibit tanaman yang baru dari tempat persemaian. 

Lakukan secara rutin proses penyiangan pada lahan tanam untuk menghindarkan dari serangan gulma. Bisa kita lakukan penyiangan sebanyak 2 hingga 4 kali dalam masa tanam sampai panen.

Pemupukan susulan pada cara menanam sawi yang benar anda lakukan setelah 2 minggu pindah tanam, dengan cara dikocorkan bersamaan penyiraman. Dengan menggunakan pupuk Urea dan KCL dengan perbandingan 2:1.

Pemupukan  tanaman sawi kita lakukan pada sore hari dengan interval pemupukan menyesuaikan kondisi kesuburan tanah. 

Bisa juga dilakukan 5 hari sekali. Sama seperti budidaya tanaman sayuran lainnya, pada tanaman sawi tidak luput dari serangan hama dan penyakit.

Beberapa hama yang sering menyerang antara lainnya : cacing bulu, ulat. Dan untuk penyakit yang menyerang seperti bercak daun, busuk daun, embun tepung, rebah semai, busuk akar, dan serangan virus mosaik.

Penanganan hama serta penyakit tanaman sawi pada cara menanam sawi yang benar adalah dengan menggunakan pestisida yang sesuai dengan jenis hama dan penyakitnya. Dianjurkan untuk sesuai dengan aturan pemakaian.

Selain dengan menggunakan pestisida penanggulangan hayati bisa anda lakukan dengan sanitasi dan mengganti tanaman yang sudah terinfeksi.

Cara menanam sawi juga harus memperhatikan unsur hara dan bahan organik pada tanah. Cara budidaya sawi di tempat yang tercukupi pupuk organiknya akan membuat  tanaman sawi sehat serta memperkecil serangan hama serta penyakit.

Baca Juga : Sawi Dan Selada

Masa Panen Tanaman Sawi


CARA MENANAM SAWI, TANAMAN SAWI, BENIH SAWI, TOKO PERTANIAN, TOKO PERTANIAN TERDEKAT,  LMGA AGRO
Panen Sawi
Cara menanam sawi yang baik bisa panen saat tanaman sawi pada umumnya 20 hari setelah pindah tanam dari persemaian ke lahan tanam. Atau bisa kita hitung sekitar 40 hari dari permulaan pembibitan.

Untuk potensi panen tergantung pada pemeliharaan dan perawatan tanaman selama budidaya. 

Cara menanam sawi yang baik serta benar akan menghasilkan sawi segar  20 ton per hektar apabila kondisi budidaya berhasil.

Untuk tata cara pemanenan, tanaman sawi yang siap panen kita cabut beserta akarnya dan kita cuci. 

Bersihkan kemudian pilah sawi yang bagus kumpulkan tersendiri, kelompokkan dan ikat. Kemudian proses pengemasan dan pengangkutan menuju lokasi pengepulan dan penjualan.

Jual Benih Sawi Terbaru Harga Murah


Jual benih sawi terbaru dengan harga murah adalah solusi ideal bagi para petani yang ingin menghasilkan panen sawi berkualitas tinggi. 

Kami sebagai penyedia benih sawi terpercaya, mengutamakan pengalaman, keahlian, otoritas, dan kepercayaan untuk memberikan layanan yang transaksional, informatif, komersial, dan mudah dinavigasi.

Kami memiliki pengalaman yang luas dalam industri pertanian, khususnya dalam menyediakan benih sawi terbaru

Kami telah bekerja dengan berbagai petani yang berhasil mengembangkan sawi dengan hasil panen yang memuaskan. 

Dengan pengalaman tersebut, kami dapat memberikan rekomendasi yang tepat tentang jenis benih sawi yang sesuai dengan kondisi tanah dan iklim setempat.

Keahlian kami terletak pada pengetahuan mendalam tentang sawi dan teknik pembenihan yang efektif. 

Kami bekerja sama dengan ahli agronomi yang berpengalaman untuk memastikan bahwa benih yang kami jual berkualitas tinggi dan menghasilkan tanaman sawi yang sehat dan produktif. 

Kami selalu memperbarui pengetahuan kami tentang perkembangan terbaru dalam teknologi pertanian, sehingga dapat memberikan benih sawi terbaru yang optimal.

Kami adalah penjual benih sawi yang diakui sebagai otoritas dalam industri ini. Produk benih kami berasal dari produsen terpercaya yang telah teruji dan terbukti menghasilkan panen yang berkualitas. 

Selain itu, kami menyediakan informasi yang komprehensif tentang budidaya sawi, mulai dari persiapan tanah hingga pemeliharaan tanaman. 

Hal ini memastikan bahwa pelanggan kami merasa yakin dan dapat mengandalkan kami sebagai sumber informasi yang terpercaya.

Kepercayaan pelanggan adalah prioritas utama kami. Kami menyediakan layanan pelanggan yang responsif dan ramah, siap membantu dengan pertanyaan dan kebutuhan pelanggan. 

Selain itu, kami menawarkan kebijakan pengembalian yang fleksibel untuk memastikan kepuasan pelanggan.

Jadi, jika Anda mencari benih sawi terbaru dengan harga yang terjangkau, jangan ragu untuk memilih kami sebagai penyedia terpercaya. 

Dengan pengalaman, keahlian, otoritas, dan kepercayaan yang kami miliki. Kami berkomitmen untuk memberikan benih sawi berkualitas tinggi yang dapat membantu petani meraih hasil panen yang sukses. 

Hubungi kami sekarang dan dapatkan benih sawi terbaru dengan harga murah yang menguntungkan Anda.

Demikian sedikit ulasan mengenai benih sawi, cara menanam sawi, tanaman sawi, manfaat sawi hijau dan sawi putih,  sesuai aturan pada umumnya. 

Artikel ini tentunya bisa menjadi informasi mengenai benih-benih sawi unggul yang mungkin bisa kita gunakan untuk mencoba budidaya sawi.

Untuk informasi cara menanam sawi, memilih benih sawi dalam aktifitas budidaya sawi yang baik lebih lanjut  bisa menghubungi toko pertanian online LMGA AGRO. Juga melayani konsultasi mengenai pertanian. Semoga bermanfaat. Terima kasih.

LMGA AGRO

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jika anda ingin komentar Gunakan alamat email yang jelas ( Jangan Anonymous ). Mohon komentar secara bijak dan sesuai bahasan.