TOKO PERTANIAN LMGA AGRO, TEMPAT BELANJA ONLINE PETANI MURAH, AMAN DAN PROMO. SEGERA BELANJA! HUBUNGI KAMI DI : SMS / WA : 081 252 22 117, LAYANAN KONSULTASI PERTANIAN GRATIS HP. 082 141 747 141.

KETIK JUDUL/LABEL ARTIKEL YANG DICARI PADA KOLOM DI BAWAH INI

29/08/22

Jual Benih Berkualitas Jenis Melon di Indonesia Terbaik - LMGA Agro

jual benih, melon, melon hijau, melon kuning, jenis melon, manfaat melon, toko pertanian, lmga agro
Benih Action 88 F1
Cap Kapal Terbang

Jual Benih Berkualitas Jenis Melon di Indonesia Terbaik - LMGA Agro. HP 082141747141 ( telepon ) dan 08125222117 ( WA/SMS ). Toko pertanian LMGA Agro jual benih melon berkualitas harga murah untuk jenis melon di Indonesia. 

Jual benih harga murah jenis melon di Indonesia terbaik tersedia lengkap kios pertanian LMGA Agro supplier produk pertanian. 

Kami menyediakan kebutuhan bercocok tanam mulai benih hibrida dan unggul, pupuk, pestisida, ZPT hingga alat pertanian sarana prasarana. Beli belanja online lengkap harga murah terdekat. 

Toko pertanian LMGA Agro menerima layanan konsultasi gratis pertanian. Harga promo menarik produk pertanian berkualitas jenis melon di Indonesia. 

Jenis melon di Indonesia menjadi salah satu buah favorit karena rasanya manis menyegarkan. Cukup beragam jenis melon dan tidak banyak perbedaan antara jenis melon-melon tersebut.  

Jenis melon di Indonesia biasanya nikmat dalam bentuk buah segar suguhan untuk meja atau campuran es buah dan minuman jus buah. 

Jenis melon di Indonesia selalu ada sepanjang tahun dan paling banyak ketersediaannya saat bulan Puasa datang. Karena nikmat sekali menikmati buah melon untuk berbuka. 

Jenis melon di Indonesia daging buah tebal, rasa manis, kaya kandungan air dan aroma khas harum buah melon. Tanama cocok untuk dataran rendah dan menengah, tanam melon terbaik pada musim kemarau. 

Permintaan buah melon juga naik saat memasuki bulan puasa. Kandungan gizi buah melon cukup tinggi dan kaya serat. 

Benih jenis melon di Indonesia juga cukup banyak pilihan bagi Petani melon. Pemilihan benih berdasarkan lokasi tanam dan selera konsumen buah melon. 

Karena daging buah jenis melon di Indonesia banyak pilihan dan ada buah melon dengan kulit bernet atau jaring dan kulit yang tidak bernet. Cara budidaya melon juga tidak sulit sekalipun bagi pemula. 

Melon Buah Manis dan Segar 

jual benih, melon, melon hijau, melon kuning, jenis melon, manfaat melon, toko pertanian, lmga agro
Buah Melon Favorit di Indonesia

Melon merupakan nama buah sekaligus tanaman penghasil buah melon. Tanaman melon masuk dalam suku labu-labuan atau Cucurbitaceae.

Buah melon nikmat dalam olahan segar sebagai buah meja dan buah irisan kotak atau sebagai campuran es buah. Daging buah melon adalah bagian yang paling nikmat. 

Nama ilmiah melon yaitu Cucumis melo dan jenis melon di Indonesia yaitu honeydew melon atau melon madu. Salah satu manfaat melon paling utama adalah menurunkan tekanan darah tinggi. 

Buah melon sering berkaitan dengan buah untuk penderita hipertensi. Melon memiliki kandungan Natrium rendah namun tinggi Kalium. 

Melon buah terbaik kandungan seratnya. Bagi penderita gangguan pencernaan, memakan buah melon lebih cepat bereaksi daripada makanan tinggi serat lainnya. 

Meski melon rasanya manis namun tetap tidak boleh untuk memakan melon berlebihan. Hal ini karena buah melon mengandung sorbitol. 

Yaitu salah satu senyawa gula yang aman bila Anda konsumsi dalam jumlah secukupnya. Namun bila dalam jumlah berlebihan maka menimbulkan gangguan pada perut yaitu masalah gas hingga diare. 

Terdapat tiga jenis melon di Indonesia dan paling populer karena permintaan jenis melon tersebut cukup tinggi. Tiga jenis melon tersebut yaitu Melon Sky Rocket, Golden Melon dan Rock Melon.

Jenis melon di Indonesia golden melon paling manis. Buah memiliki tekstur renyah dan berasa manis. Jenis melon golden melon ini ada 2 yaitu buah berbentuk bulat dan lonjong. 

Jenis melon di Indonesia berdasarkan warna daging buah ada melon hijau dan melon kuning. Melon kulit buah kuning dan juga daging buah berwarna hijau. 

Baca Juga : Jual Benih Melon Pertiwi Terbaik Produk Benih Berkualitas

Jenis Melon di Indonesia Paling Favorit

Melon Sky Rocket

jual benih, melon, melon hijau, melon kuning, jenis melon, manfaat melon, toko pertanian, lmga agro
Benih Monalisa F1
Chia Tai Seed

Sky Rocket jenis melon di Indonesia paling populer karena paling banyak favorit masyarakat Indonesia. Buah berbentuk bulat dan kulit buah tebal. 

Permukaan kulit berjaring, tidak rata dan berwarna hijau. Jaringnya kuning agak coklat muda. Daging buah berwarna hijau kekuningan dan bagian luar kehijauan. 

Bagian dalam dekat biji berwarna kekuningan. Rasa manis dan aroma wangi khas buah melon dan tercium saat buah matang. 

Melon sky rocket asal bibit dari Taiwan dan Jerman. Dahulu banyak petani Indonesia menanam jenis melon ini sehingga orang menganggap asli lokal jenis melon di Indonesia. 


Golden Melon

Jenis melon di Indonesia, golden melon tampilan buah sangat berbeda dengan melon sky rocket. Buah golden melon ada yang bulat dan ada yang lonjong. 

Meski ada dua jenis golden melon namun keduanya sama-sama memiliki permukaan luar yang halus dan tipis, berwarna kekuningan. 

Bagian dalam daging buah berwarna putih kekuningan. Cita rasa sama-sama manis bahkan lebih manis dari sky rocket jenis melon di Indonesua. Tekstur juga lebih renyah golden melon. 

Baca Juga : Buah Melon Unggulan Anti Virus Andalan Petani 

Rock Melon

jual benih, melon, melon hijau, melon kuning, jenis melon, manfaat melon, toko pertanian, lmga agro
Benih Actio Orange
Chia Tai Seed

Buah jenis melon di Indonesia ini juga seringkali salah sebut jenis sky rocket. Perbedaannya tampak bila buah melon ini kita belah. 

Perbedaan pada tampilan kulit luar yaitu rock melon lebih tebal dan tegas garis jaring-jaringnya. Ukuran buah lebih kecil dari dua jenis melon di Indonesia sebelumnya

Daging buah rock melon berwarna orange terang. Rasa buah sangat manis namun tidak banyak mengandung air. Tekstur daging buah lebih padat. 

Rock melon cocok sebagai campuran es buah atau salad buah karena kandungan airnya sedikit. Jenis melon ini juga sering bernama melon kuning. 

Melon Kuning memiliki tekstur cenderung kering, tidak berair. Sedangkan melon hijau tekstur lembut dan berair. Kekurangan melon hijau yaitu buah lebih cepat basi. 

Rock melon sebagai melon kuning lebih nikmat makan langsung dan tentu saja harga melon ini lebih mahal dari melon hijau. 

Dahulu trend jenis melon di Indonesia, orang lebih memilih jenis melon hijau yang lembek, berair dan aroma sangat tajam.

Namun seiring waktu kini kesukaan jenis melon di Indonesia beralih dan jenis melon hijau tidak lagi eksklusif. Harga melon kuning lebih mahal karena pemeliharaan tanaman ini juga lebih ekstra. 

Baca Juga : Melon F1 Glamour Bernilai Ekonomis Tinggi

Manfaat Buah Melon Bagi Kesehatan

Manfaat Buah Melon Mengurangi Tekanan Darah

Melon membantu menurukan tekanan darah penderita hipertensi. Buah melon rendah sodium dan kaya potasium. Sehingga mampu membantu menjaga tekanan darah tetap normal. 

Manfaat Buah Melon Menjaga Kesehatan Tulang

Jenis melon di Indonesia mengandung beberapa nutrisi penting untuk memperbaiki dan memelihara tulang. Antara lain Folat, vitamin K dan Magnesium. 

Manfaat Buah Melon Mengontrol Gula Darah

Mengkonsumsi buah melon bagus bagi penderita diabetes atau gula darah tinggi. Buah melon mampu mengontrol gula darah karena jaya serat dan nutrisi untuk mencegah diabetes. 

Manfaat Buah melon Mencegah Hidrasi

Karena buah melon kaya kandungan air dan cocok untuk mencegah hidrasi. Jenis melon di Indonesia seperti melon madu mengandung 90% air dan elektrolit ( Kalium, Magnesium, Natrium, Kalium ). 

Kombinasi air dan unsur elektrolit tersebut membuat buah melon berfungsi untuk menghidrasi tubuh. terutama setelah berolahraga, selama sakit dan menjaga tubuh tidak terhidrasi sepanjang hari.  

Manfaat Buah Melon Menjaga Kesehatan Kulit

Buah melon kaya kandungan vitamin C berfungsi sangat pentinguntuk memproduksi kolagen. Yaitu zat protein penyusun struktural utama memperbaik dan memelihara jaringan kulit. 

Manfaat Buah Melon Sebagai Imunitas Tubuh

Melon bermanfaat membantu meningkatkan sistem imun tubuh. Karena kandungan vitamin C berperan penting dalam mendukung funsi kekebalan tubuh. 

Manfaat Buah melon Melancarkan Sistem Pencernaan

Karena buah melon mengandung serat tinggi dan berbagai nutrisi yang mampu dapat meningkatkan kesehatan pencernaan. Makan buah melon mencegah sembelit dan gangguan perut lainnya. 

Manfaat Buah Melon Menjaga Kesehatan Mata

Melon mempunyai kandungan antioksidan kuat dan sangat penting untuk kesehatan mata. Yaitu Lutein dan Zeaxanthin mampu mencegah memburuknya penglihatan karena usis senja. 

Pohon Melon Kuat Buah Lebat

jual benih, melon, melon hijau, melon kuning, jenis melon, manfaat melon, toko pertanian, lmga agro
Benih Melon Golden
Alisha F1

Lama pohon melon panen mulai umur 3 bulan. Dan ciri-ciri pohon melon siap panen yaitu untuk jenis melon berjaring/net yaitu net tampak jelas dan kasar. 

Permukaan kulit sekitar tangkai tampak retak-retak, warna kulit hijau kekuningan dan tercium aroma buah melon yang khas. 

Pohon melon tubuh kuat dan optimal pada ketinggian 250 - 800 m dpl. Curah hujan ideal yaitu antara 1500 - 2500 mm/tahun. Kelembaban udara yaitu antara 50 - 70%. 

Pohon melon pada dataran rendah dengan ketinggian tempat kurang dari 250 m dpl akan menghasilkan buah berukuran kecil-kecil. Daging buah sedikit kadar air bahkan tidak mengandung air sama sekali. 

Bila curah hujan terlalu tinggi dapat merontokkan bunga dan calon buah melon. Lingkungan terlalu lembab tidak baik bagi pohon melon karena jamur dan bakteri cepat berkembangbiak. 

Lingkungan terlalu basah mengakibatkan terganggunya perkembangan akar tanaman. Jenis melon di Indonesia cocok tumbuh pada tanah andosol yaitu lait berpasir. 

Tanah kaya akan kandungan bahan organik sehingga akar mudah tumbuh dan berkembang. Awal tumbuh pohon melon membutuhkan banyak air. 

Sehingga pada fase awal pertumbuhan penting sekali ketersediaannya air bagi tanaman. Pohon melon menyukai suhu udara berkisar antara 25 - 30 derajat Celcius pada siang hari dan tidak terlalu terik. 

Suhu malam hari ideal yaitu antara 18 - 20 derajat Celcius. Wilayah tanam melon dengan suhu kurang dari 18 derajat Celcius menyebabkan tanaman tumbuh tidak optimal. 

Jenis melon di Indonesia biasanya Petani tanam pada lahan terbuka yaitu seperti area persawahan atau ladang. Budidaya jenis melon di Indonesia menggunakan sistem bedengan. 

Baca Juga : Melon F1 Madesta, Melon Orange Tahan Virus

Tanaman Melon Mudah Cara Budidayanya

jual benih, melon, melon hijau, melon kuning, jenis melon, manfaat melon, toko pertanian, lmga agro
Tanaman Melon Buah Lebat

Cara budidaya tanaman melon tidak sulit juga bagi pemula. Tanaman melon menggunakan sistem bedengan dan ada drainase antara dua bedengan. 

Pembuatan sistem drainase harus tepat dan benar agar tanaman tidak tergenang air dalam waktu lama. Tanaman akan sakit, layu atau mati bila tergenang air cukup lama. 

Lingkungan becek menimbulkan resiko serangan penyakit lebih besar pada tanaman melon. Jenis melon di Indonesia mulai budidayanya pada musim kemarau dengan luas lahan minimal 1000 m2. 

Pemilihan varietas jenis melon di Indonesia tergantung dengan permintaan pasar/pembeli. Biasanya Petani memilih melon hibrida, tahan penyakit dan bobot buah besar sehingga harga jualnya tinggi. 

Petani melon biasanya menanam melon dengan cara berpindah-pindah atau melakukan rotasi tanaman pada lahan sawah. Cara tersebut untuk mencegah serangan hama dan penyakit.

Serangan hama dan penyakit sering terjadi bila menanam pada satu tempat dan terus menerus tidak ada rotasi. Tanaman melon masuk dalam kelompok timun-timunan.

Masih berkerabat dekat dengan tanaman semangka, blewah dan timun suri. Seperti tanaman semangka dan suku timun-timunan maka melon tumbuh merambat tidak memanjat. 

Karenanya budidaya jenis melon di Indonesia perlu pemasangan lanjaran agar tanaman tidak tumbuh menjalar pada permukaan tanah. 

Lakukan perkecambahan benih melon sebelum penanaman. Rendam benih dalam air hangat selama 6 - 8 jam. Beli benih hibrida melon bebas hama penyakit ada pada Toko Pertanian LMGA Agro

Benih hibrida dapat langsung Anda tanam setelah perendaman karena benih hibrida mengandung fungisida. Tiriskan benih pada kain basah atau kertas koran basah. 

Biarkan benih selama 1 - 2 hari sampai kemudian berkecambah. Berikan sedikit air untuk menjaga kelembaban pada kain/kertas koran bila tampak kering. 

Persiapan Tanam Benih Bibit Melon 

jual benih, melon, melon hijau, melon kuning, jenis melon, manfaat melon, toko pertanian, lmga agro
Budidaya Melon

Tanam benih benih melon pada polybag atau tray semai. Gunakan media semai yaitu campuran kompos dan tanah halus sudah ayakan. Benamkan benih sedalam 1- 2 cm dalam media. 

Tempat persemaian benih harus terlindung dari hujan dan teduh, tidak langsung kena panas matahari. Gunakan plastik bening sebagai pelindung dan dapat buka tutup. 

Sirami setiap hari agar kelemababan pembibitan melon tetap terjaga. Penyemaian benih melon berlangsung 10 - 14 hari atau sampai muncul 2 - 3 helai daun. Pada fase ini, bibit siap tanam pada lahan. 

Gemburkan tanah untuk menanam bibit melon dan buat bedengan dengan lebar 100 - 120 cm, tinggi 30 - 50 cm dan panjang 10 - 15 meter. Jarak antar bedengan 50 - 60 cm. 

Lakukan cek pH tanah bila pH kurang dari 5 maka berikan Dolomit 2 ton/hektar. Pengapuran harus 2 - 3 hari sebelum pemupukan dasar. 

Berikan pupuk dasar yaitu pupuk kandang sebanyak 15 - 20 ton/hektar. Tambahkan pupuk kimia ZA 375 kg/hektar, KCl 375 kg/hektar dan TSP 250 kg/hektar. 

Tebarkan merata pada permukaan bedengan dan aduk tanah lalu biarkan selama 4 hari sebelum menanam bibit. Pasang mulsa plastik hitam perak lalu buat lubang tanam. 

Lubang tanam berjarak antar baris 60 cm dan jarak antar lubang dalam satu baris adalah 50 - 60 cm. Lakukan penanaman bibit jenis melon di Indonesia yang sehat 2 hari setelah memasang mulsa. 

Penanaman Petani lakukan sore hari, satu bibit melon untuk satu lubang tanam. Berikan air setelah penanaman bibit. Keluarkan bibit dari polybag dengan hati-hati. 

Baca Juga : Melon Golden Aroma Buah Besar Andalan Petani

Benih Berkualitas Jenis Melon di Indonesia - Toko Pertanian LMGA Agro

Jenis melon di Indonesia benih berkualitas harga murah Toko Pertanian LMGA Agro. Beli sekarang belanja online dan siap kirim ke alamat Anda hingga sampai tujuan. 

1. Benih Melon Action 88 F1 Kapal Terbang

Pertumbuhan kuat dan kokoh. Benih sangat tahan dari virus Gemini penyebab daun mengeriting dan tahan penyakit kresek ( Downey mildew ). Cocok untuk tanam pada dataran rendah sampai menengah. 

Bentuk buahnya bulat oval dan net jaring buah mudah terbentuk. Daging buah hijau keputihan dan berat rata-rata 2 kg. Kadar gula mencapai kurang lebih 13% Brix. Umur panen 63 - 65 HST. 

2. Benih Melon Monalisa Cap Kapal Terbang

Benih melon hibrida F1 rekomendasi untuk dataran rendah sampai menengah. Paling ideal tanam melon Monalisa F1 pada musim kemarau. Tanaman kokoh dan kuat, tahan virus Gemini dan kresek. 

Buah bulat dan net mudah terbentuk. Kulit buah hijau dan daging buah hijau keputihan. Tekstur buah kerasm tahan penyimpanan dan perjalanan jarak jauh. Berat rerata 2 kg dan kadar manis 13% Brix. 

3. Melon Gracia Cap Panah Merah Hibrida

Melon Gracia F1 cocok untuk dataran rendah, benih tahan virus Gemini dan panen umur 70 HST. Bobot buah sampai 2 kg per buah dan potensi hasil panen mencapai 40 ton/hektar. 

Melon net jelas dan tahan simpan sampai 10 hari. Buah bulat lonjong, net kulit rapat, kulit warna hijau dan kuning setelah lewat ethrel. Daging buah warna hijau keputihan, rasa manis 11% Brix. 

4. Benih Melon Erna dari Benih Mutiara Bumi

Benih jenis melon di Indonesia lokal hibrida tahan virus Gemini dan daging buah hijau keputihan. Benih cocok untuk dataran rendah dan menengah. Bobot buah mencapai 2- 3 kg.

Demikian artikel Kami tentang Jenis Melon di Indonesia. Semoga bermanfaat dan beli benih berkualitas Toko Pertanian LMGA Agro Telp : 0821417417141 atau WA : 08125222117. Salam sukses.

RELATED POSTS

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jika anda ingin komentar Gunakan alamat email yang jelas ( Jangan Anonymous ). Mohon komentar secara bijak dan sesuai bahasan.